Tanya problem mobil ane gan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

malam warga serayamotor,

curhat sedikit boleh gan? mobil ane honda jazz idsi punya keluhan sebagai berikut

1. kalau idle/stasioner getaran berasa ke kabin/kursi apalagi kalo kompressor ac nyala.
2. pada saat kopling di angkat pertama kali mau jalan (gigi 1), berasa getar ke kabin, saya lihat rpm drop bgt ampe sekitar 300, saya imbangin tambah gas agak dalam sekitar 1000rpm biar halus dan gak getar, jadi kurang nyaman kalo jalan pelan stop and go ( ini masalah sudah ad semnjak saya beli , sudah ganti kopling set tp yg aftermarket msih ada walupun minim ga sperti sebelumnya tp msih getar)
3. pas jalan misal kecepatan 60km, posisi mobil melaju kan agak cepat, saya lepas gas berasa engine break, dan ketika saya gas kembali koq jalanya mobil kaya ndut2an dulu di awal baru dia halus lagi. tp anehnya kalo saya nyalakan ac, gejala ndut2an msih ad tp ga tlalu berasa d bandingkan ga pake ac, aneh.
4. kalo pas buka pintu mobil kan , lampu hazard kedap kedip bentar tu, koq rpm seraya ngayun kecil gtu y gan, apakah kelistrikan kurang stabil?

udah di bawa ke Beres honda, d tune up ganti oli, filter oli, busi, masih ada aja. di bongkar koplingnya katanya per damper kopling ane dah kocak,apa benar? mohon bantuan dan sharenya ya gan siapa tau ada yg mengalamin, matur nuwun... :D
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 24 Apr 2007, 19:26

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by v4ldi5 »

Coba bantu jwb ya. coba periksa engine mounting, bersihkan throttle body, injector cleaning, carbon cleaning, cek idle speed valve, pcv. Udah di scan belum di bengkel resmi kalo memang ada masalah dibagian mesin dan kelistrikan pasti ketahuan sumber masalahnya.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by solar_kerosen »

agan udah waktunya ganti mobil baru..............
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Profith83 »

solar_kerosen wrote:agan udah waktunya ganti mobil baru..............
hahaha ... ada benarnya juga :
1. Mobil sudah terlalu lama yang artinya pasti ada saja yang rusak
2. Untuk mensiasati diatas ... perhatikan kata saya "Mensiasati" dibutuhkan yang ahli di bidangnya atau yang setidaknya suka otomotif dan tahu proses pembakaran mobil dari bensin masuk ke filter, kemudian ada throttle untuk jalur masuk udara, ada ruang bakar, ada injector. nah semua yang berhubungan dengan pembakaran itu harus dipastikan bersih dahulu. Filter udara. Engine mounting mungkin juga, tetapi dari ceritanya sepertinya bukan engine mounting.

Kalau yang ditulis di nomer 2 itu mengerti semua berarti bisa memelihara mobil lebih dari 6 tahun.
Kalau bingung berarti benar yang dikatakan Solar_Kerosen ... yaitu waktunya beli mobil baru
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Mozawa »

Coba jawab
1. engine mounting udah keras alias getas.
2. Bisa jadi penyakitnya di kopling.. atau matahari..per kopling yg kocak atau terlalu keras nggak sesuai spec bisa juga jadi penyebab..., untuk honda kalau pakai kopling yg nggak ori juga bisa jadi penyebab. Karena spek beda dari orinya.... untuk matahari yang aus dan gak rata juga bisa jadi penyebabnya., makanya disarankan ganti 1 set kampas kopling plus matahari.
3. Coba di tune up. Bisa jadi injector kotor , tb kotor , setelan valve gak seragam atau gak sesuai .atau hal lain.
4. Hal lumrah.. ada beban listrik , pengaruh ke rpm walau sedikit...kalau pengaruhnya besar dan sangat mengganggu harus di cek.,,bisa jadi pasokan dari alternator gak bagus sehingga aki cepat soak.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dieselman228 »

dodo16 wrote:malam warga serayamotor,

curhat sedikit boleh gan? mobil ane honda jazz idsi punya keluhan sebagai berikut

1. kalau idle/stasioner getaran berasa ke kabin/kursi apalagi kalo kompressor ac nyala.
2. pada saat kopling di angkat pertama kali mau jalan (gigi 1), berasa getar ke kabin, saya lihat rpm drop bgt ampe sekitar 300, saya imbangin tambah gas agak dalam sekitar 1000rpm biar halus dan gak getar, jadi kurang nyaman kalo jalan pelan stop and go ( ini masalah sudah ad semnjak saya beli , sudah ganti kopling set tp yg aftermarket msih ada walupun minim ga sperti sebelumnya tp msih getar)
3. pas jalan misal kecepatan 60km, posisi mobil melaju kan agak cepat, saya lepas gas berasa engine break, dan ketika saya gas kembali koq jalanya mobil kaya ndut2an dulu di awal baru dia halus lagi. tp anehnya kalo saya nyalakan ac, gejala ndut2an msih ad tp ga tlalu berasa d bandingkan ga pake ac, aneh.
4. kalo pas buka pintu mobil kan , lampu hazard kedap kedip bentar tu, koq rpm seraya ngayun kecil gtu y gan, apakah kelistrikan kurang stabil?

udah di bawa ke Beres honda, d tune up ganti oli, filter oli, busi, masih ada aja. di bongkar koplingnya katanya per damper kopling ane dah kocak,apa benar? mohon bantuan dan sharenya ya gan siapa tau ada yg mengalamin, matur nuwun... :D
Hmm mobil udah jalan brp km om? Kyknya perawatan rutinnya kurang yah? Maap kalau salah..dan memang mobil udah berumur..

1. Engine mounting dan trans mounting om udah saatnya ganti deh

2. Itu mungkin sekitaran kopling om..kalau kopling ga pernah ganti dari baru mending ganti 1 set om..drpd ketemu 1 tp ternyata ada yg lain masalah dikopling krn imho bongkarnya sulit juga..

3. Hmm sy pernahh bgtu di ipah bengsin kena di filter udara mampet banget, kenapa? Imho ketika kita kepas gas kan katup tb menutup, begiru kita gas lagi katup tb kebuka tp pas dibuka udaranya kyk kecekek akibat filter udara mampet....coba lagi awal jalan agak nahan ga rpmnya....cmiiw

4. Cek alternatornya mngkn sekalian akinya dan semua sistem listriknya...
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by b8099ok »

Idle control valve koit ya? Bersihin, klo ga bisa jg, lembiru,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Kaleng »

dodo16 wrote: 4. kalo pas buka pintu mobil kan , lampu hazard kedap kedip bentar tu, koq rpm seraya ngayun kecil gtu y gan, apakah kelistrikan kurang stabil?
Seingat saya standard pas buka pintu mobil tidak ada lampu hazard yang kedip. Apa mungkin ini modif dari pemilik sebelumnya atau mungkin fitur dari alarm aftermarket yang om pakai?
Terus dari penjelasan om ketika lampu hazard ini kedip pas buka pintu rpm ngayun, bagaimana jika pintu tidak ditutup tapi om nyalain lampu hazard apakah juga ngayun?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by b8099ok »

Alarmnya disambung ke lampu kecil ga? Klo disambung, biasa idle control jd on off tu. Jd cepet mokat.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

v4ldi5 wrote:Coba bantu jwb ya. coba periksa engine mounting, bersihkan throttle body, injector cleaning, carbon cleaning, cek idle speed valve, pcv. Udah di scan belum di bengkel resmi kalo memang ada masalah dibagian mesin dan kelistrikan pasti ketahuan sumber masalahnya.
Udah bersih2 throtle body gan, sekalian tune up, carbon clean, d scan gda masalah d beres, iacv jg msih bgus kata engineernya, ya itu mreka suspect di koplingnya kan ad pernya tu yg d kampas katanya sudah kocak jdi ga meredam
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

Profith83 wrote:
solar_kerosen wrote:agan udah waktunya ganti mobil baru..............
hahaha ... ada benarnya juga :
1. Mobil sudah terlalu lama yang artinya pasti ada saja yang rusak
2. Untuk mensiasati diatas ... perhatikan kata saya "Mensiasati" dibutuhkan yang ahli di bidangnya atau yang setidaknya suka otomotif dan tahu proses pembakaran mobil dari bensin masuk ke filter, kemudian ada throttle untuk jalur masuk udara, ada ruang bakar, ada injector. nah semua yang berhubungan dengan pembakaran itu harus dipastikan bersih dahulu. Filter udara. Engine mounting mungkin juga, tetapi dari ceritanya sepertinya bukan engine mounting.

Kalau yang ditulis di nomer 2 itu mengerti semua berarti bisa memelihara mobil lebih dari 6 tahun.
Kalau bingung berarti benar yang dikatakan Solar_Kerosen ... yaitu waktunya beli mobil baru
Iya klo ilmu itu aq udah ngerti gan secara engineering dan teori, cuman krena ga pernah pegang mobil, mksudnya ini mobil pertama jdi ya learning curve kaya gni gan, sekalian tnya pendapat sesepuh d mari biar perbaikan lebih efektif g salah sasaran. Semua jalur dri filter bensin sampe injektor, sampe koil busi d cek smua d beres honda ya itu ktnya normal smua -_-
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

Mozawa wrote:Coba jawab
1. engine mounting udah keras alias getas.
2. Bisa jadi penyakitnya di kopling.. atau matahari..per kopling yg kocak atau terlalu keras nggak sesuai spec bisa juga jadi penyebab..., untuk honda kalau pakai kopling yg nggak ori juga bisa jadi penyebab. Karena spek beda dari orinya.... untuk matahari yang aus dan gak rata juga bisa jadi penyebabnya., makanya disarankan ganti 1 set kampas kopling plus matahari.
3. Coba di tune up. Bisa jadi injector kotor , tb kotor , setelan valve gak seragam atau gak sesuai .atau hal lain.
4. Hal lumrah.. ada beban listrik , pengaruh ke rpm walau sedikit...kalau pengaruhnya besar dan sangat mengganggu harus di cek.,,bisa jadi pasokan dari alternator gak bagus sehingga aki cepat soak.
Nah itu dlu aq tk ganti kopling set gak ori kyna gan, waktu iyu merk exedy, feeling aq si sma kaya gan, klo matahari di selep/bubut ratain itu mnrut agan gmna? Tune up full udah gan smpe ganti busi, filter udara, bersih filter bensin smua d beres.bensin selalu pertamax
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

dieselman228 wrote:
dodo16 wrote:malam warga serayamotor,

curhat sedikit boleh gan? mobil ane honda jazz idsi punya keluhan sebagai berikut

1. kalau idle/stasioner getaran berasa ke kabin/kursi apalagi kalo kompressor ac nyala.
2. pada saat kopling di angkat pertama kali mau jalan (gigi 1), berasa getar ke kabin, saya lihat rpm drop bgt ampe sekitar 300, saya imbangin tambah gas agak dalam sekitar 1000rpm biar halus dan gak getar, jadi kurang nyaman kalo jalan pelan stop and go ( ini masalah sudah ad semnjak saya beli , sudah ganti kopling set tp yg aftermarket msih ada walupun minim ga sperti sebelumnya tp msih getar)
3. pas jalan misal kecepatan 60km, posisi mobil melaju kan agak cepat, saya lepas gas berasa engine break, dan ketika saya gas kembali koq jalanya mobil kaya ndut2an dulu di awal baru dia halus lagi. tp anehnya kalo saya nyalakan ac, gejala ndut2an msih ad tp ga tlalu berasa d bandingkan ga pake ac, aneh.
4. kalo pas buka pintu mobil kan , lampu hazard kedap kedip bentar tu, koq rpm seraya ngayun kecil gtu y gan, apakah kelistrikan kurang stabil?

udah di bawa ke Beres honda, d tune up ganti oli, filter oli, busi, masih ada aja. di bongkar koplingnya katanya per damper kopling ane dah kocak,apa benar? mohon bantuan dan sharenya ya gan siapa tau ada yg mengalamin, matur nuwun... :D
Hmm mobil udah jalan brp km om? Kyknya perawatan rutinnya kurang yah? Maap kalau salah..dan memang mobil udah berumur..

1. Engine mounting dan trans mounting om udah saatnya ganti deh

2. Itu mungkin sekitaran kopling om..kalau kopling ga pernah ganti dari baru mending ganti 1 set om..drpd ketemu 1 tp ternyata ada yg lain masalah dikopling krn imho bongkarnya sulit juga..

3. Hmm sy pernahh bgtu di ipah bengsin kena di filter udara mampet banget, kenapa? Imho ketika kita kepas gas kan katup tb menutup, begiru kita gas lagi katup tb kebuka tp pas dibuka udaranya kyk kecekek akibat filter udara mampet....coba lagi awal jalan agak nahan ga rpmnya....cmiiw

4. Cek alternatornya mngkn sekalian akinya dan semua sistem listriknya...
iya gan feeling aq jg engine mounting dah saatnya ganti, mobil dah jalan 120ribu km, filter udara ya?kmren udah d ganti pas d tune up koq tp msh ada gejalanya ya, 2 bengkel vonis koplingnya gan, jadi nyendal2 kalo d gas.

b8099ok wrote:Alarmnya disambung ke lampu kecil ga? Klo disambung, biasa idle control jd on off tu. Jd cepet mokat.
kayakna dari alarmnya gan, kedip2 bentar gtu klod buka pintu, kirain standarnya semua mobil kek gtu.

Kaleng wrote:
dodo16 wrote: 4. kalo pas buka pintu mobil kan , lampu hazard kedap kedip bentar tu, koq rpm seraya ngayun kecil gtu y gan, apakah kelistrikan kurang stabil?
Seingat saya standard pas buka pintu mobil tidak ada lampu hazard yang kedip. Apa mungkin ini modif dari pemilik sebelumnya atau mungkin fitur dari alarm aftermarket yang om pakai?
Terus dari penjelasan om ketika lampu hazard ini kedip pas buka pintu rpm ngayun, bagaimana jika pintu tidak ditutup tapi om nyalain lampu hazard apakah juga ngayun?
iya mungkin dri alarmnya gan pas d pasang pemilik sblumnya, klo buka pintu kan lampu kedap kedip bentar tu, iya rpm agak ngayun, kecil si, tp getaran kerasa, ini terjadi kalo ada elektrikal yg nyala, kaya power window d naikin misalnya rpm agak ngayun, tp klo mesih dah panas bgt kyna gejala dh g krasa/ilang.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by keong »

Udah dijawab semua, engine mounting ganti dulu semuanya, cara yg dilakuin ke mesin dah bener, masalah hazard, bikin standar aja kelistrikan mobilnya, pasti gr2 modul alarm itu
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 18 Aug 2015, 10:06

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Arteezy »

Om biayanya sepertinya akan keluar banyak.. Apa ga cari mobil baru om?
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 11 Sep 2013, 08:26
Contact:

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by anakgembrot »

menurut ane ini mslah di pengapiannya om

mnurut gw beres ga jago diagnosis penyakit, cr bengkel spesialis cr second opinion
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by syafimsa »

saya pernah pake jazz gd3 tp yg vtec, coba saya bantu jawab yah om TS

1. coba cek enjin mounting, saya juga gitu getaran masuk kabin. saya ganti satu set ilang itu geter2.
2. mungkin di bagian kopling itu, saya dulu pake cvt punya jadi gaapal maap um TS
3. itu pas di gigi brpa? agak rancu sih pertanyaannya, kalo rpm ada disekitaran 2-3rb mungkin iya rada ndut2an gitu tp kalo pas di rpm 3rban keatas kayanya gaakan ngalamin gitu (di mbl saya skrg manual bgtu, AFAIK)
4. sama kaya suhu2 diatas, kalo dinyalain hazzard tok tanpa buka mbl apa ngayun2 rpmnya? setau saya kalo bagian klistrikan ya paling lampu jd redup dikit pas nyalain vakum kliner yg dicolokin ke lighter (contohnya begitu).
Arteezy wrote:Om biayanya sepertinya akan keluar banyak.. Apa ga cari mobil baru om?
mendingan ngeluarin duit 5-10jt utk benerin mbl lama, buat dpt mbl dengan resale value saat ini + 30-50jt paling yo dpt nya sitikar, kalo beli seken lagi yo ntar nambah lagi pr nya. mending yg ada dibenerin om, toh jazz GD3 mobil yg enak kok dan prawatannya ga aneh2. apalagi kalo sehat wuuu :mky_02:
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

keong wrote:Udah dijawab semua, engine mounting ganti dulu semuanya, cara yg dilakuin ke mesin dah bener, masalah hazard, bikin standar aja kelistrikan mobilnya, pasti gr2 modul alarm itu
thanks masukanya om keong dan semua warga serayamotor d sni, rencana emang mau saya ganti engine mounting sama kopling set dengan yang original honda
Arteezy wrote:Om biayanya sepertinya akan keluar banyak.. Apa ga cari mobil baru om?
nah itu om, masih sayank sama boil ini , boil pertama ygb menemani gw nemuin calon jodoh hahaha. udah estimate si dari jauh keluar 5jutaan lebih tp g p2 lah,klo beli mobil baru malah kluar duit bnyk lgi trs mobil bagus2 cmn d range 200jutaan.
anakgembrot wrote:menurut ane ini mslah di pengapiannya om

mnurut gw beres ga jago diagnosis penyakit, cr bengkel spesialis cr second opinion
udah ke bengkel lain katanya bilang koplingnya juga gan gtu

syafimsa wrote:saya pernah pake jazz gd3 tp yg vtec, coba saya bantu jawab yah om TS

1. coba cek enjin mounting, saya juga gitu getaran masuk kabin. saya ganti satu set ilang itu geter2.
2. mungkin di bagian kopling itu, saya dulu pake cvt punya jadi gaapal maap um TS
3. itu pas di gigi brpa? agak rancu sih pertanyaannya, kalo rpm ada disekitaran 2-3rb mungkin iya rada ndut2an gitu tp kalo pas di rpm 3rban keatas kayanya gaakan ngalamin gitu (di mbl saya skrg manual bgtu, AFAIK)
4. sama kaya suhu2 diatas, kalo dinyalain hazzard tok tanpa buka mbl apa ngayun2 rpmnya? setau saya kalo bagian klistrikan ya paling lampu jd redup dikit pas nyalain vakum kliner yg dicolokin ke lighter (contohnya begitu).
Arteezy wrote:Om biayanya sepertinya akan keluar banyak.. Apa ga cari mobil baru om?
mendingan ngeluarin duit 5-10jt utk benerin mbl lama, buat dpt mbl dengan resale value saat ini + 30-50jt paling yo dpt nya sitikar, kalo beli seken lagi yo ntar nambah lagi pr nya. mending yg ada dibenerin om, toh jazz GD3 mobil yg enak kok dan prawatannya ga aneh2. apalagi kalo sehat wuuu :mky_02:
yg nomor 1 aq feeling kuat di engine mounting gan, maklum kan dah 10 tahun.
yg nomor 3 intinya pas kita lagi jalan gitu cruishing, lepas gas berasa engine break , dan ketika kita gas balik, mobil nyendal2 gitu d awal baru dia smooth jalanya..
yg nomor 4, kalo ada klistrikan lain yg nyala kaya power windows, atau lampu hazard jg rpm brasa agak ngayun tp kecil,sering terjadi, kadang ga berasa. kalo aq ngirainya itu voltase drop gtu..

dlu ganti enjin mounting ori honda apa yg aftermarket om macam merek NOK klo d toko sparepart?
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by pernahmiskin »

sekedar saran
Googling komunitas jazz di kota om
Gabung, tar minta referensi bengkel langganan komunitas tsb...
Biasanya tokcer, harga ga ngorok....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by syafimsa »

dodo16 wrote: yg nomor 1 aq feeling kuat di engine mounting gan, maklum kan dah 10 tahun.
yg nomor 3 intinya pas kita lagi jalan gitu cruishing, lepas gas berasa engine break , dan ketika kita gas balik, mobil nyendal2 gitu d awal baru dia smooth jalanya..
yg nomor 4, kalo ada klistrikan lain yg nyala kaya power windows, atau lampu hazard jg rpm brasa agak ngayun tp kecil,sering terjadi, kadang ga berasa. kalo aq ngirainya itu voltase drop gtu..

dlu ganti enjin mounting ori honda apa yg aftermarket om macam merek NOK klo d toko sparepart?
dimainin kopling apa tetep ga ngaruh om? mungkin kalo langsung gas tanpa mainin kopling jd begitu (bawa rush manual sih kaya gitu, tp di FD1 ane sih gatau ya. wong rpm dipanteng di 3-4rb trs hehe)

apa sudah di cek voltase aki nya om? kesehatan busi gmn? pdhl yg nguras tenaga aki kalo ga audio ya headlamp...

saya ganti orijinal honda om, satu set (matic 3 biji, manual 4) beli di atrium dianterin temen dpt 2.4 jt (katanya bisa dpt lebih murah dr ini, gua aja bodo yg main tebus) terus ganti di bengkel langganan di bogor um ongkosnya 3 lembar biru ama filter sebungkus..
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: 26 Mar 2011, 13:18

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by FMEAKD »

Bawa ke beres... Beli kopling set baruu
Beli engine mounting baru
Kuras oli transmisi manualnya... Kalo belum kuras...
Budget pasti sekitar 4-5 jutaan
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

syafimsa wrote:
dodo16 wrote: yg nomor 1 aq feeling kuat di engine mounting gan, maklum kan dah 10 tahun.
yg nomor 3 intinya pas kita lagi jalan gitu cruishing, lepas gas berasa engine break , dan ketika kita gas balik, mobil nyendal2 gitu d awal baru dia smooth jalanya..
yg nomor 4, kalo ada klistrikan lain yg nyala kaya power windows, atau lampu hazard jg rpm brasa agak ngayun tp kecil,sering terjadi, kadang ga berasa. kalo aq ngirainya itu voltase drop gtu..

dlu ganti enjin mounting ori honda apa yg aftermarket om macam merek NOK klo d toko sparepart?
dimainin kopling apa tetep ga ngaruh om? mungkin kalo langsung gas tanpa mainin kopling jd begitu (bawa rush manual sih kaya gitu, tp di FD1 ane sih gatau ya. wong rpm dipanteng di 3-4rb trs hehe)

apa sudah di cek voltase aki nya om? kesehatan busi gmn? pdhl yg nguras tenaga aki kalo ga audio ya headlamp...

saya ganti orijinal honda om, satu set (matic 3 biji, manual 4) beli di atrium dianterin temen dpt 2.4 jt (katanya bisa dpt lebih murah dr ini, gua aja bodo yg main tebus) terus ganti di bengkel langganan di bogor um ongkosnya 3 lembar biru ama filter sebungkus..
nah kalo mainin kopling baru dia halus om ga ndut2an/nyendal2 di awal..., dulu gak kaya gini deh, lepas gas trs saya gas lgi smooth enteng wuzz2 mantep gtu..

wah sama harganya kaya d beres sekitar 2,3 juta 1 set om EM ori honda, tp ongkos pasang hadeuhhhh >.<. busi dah ganti baru, aki baru ganti, audio cmn head unit doank pioneer. ni mau meluncur ke beres dulu ah.
FMEAKD wrote:Bawa ke beres... Beli kopling set baruu
Beli engine mounting baru
Kuras oli transmisi manualnya... Kalo belum kuras...
Budget pasti sekitar 4-5 jutaan
ni meluncur ke beres om, semoga lancar, amiin.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: 26 Mar 2011, 13:18

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by FMEAKD »

Gimana om dodo. Udah berhasil belum ke beresnya?
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Jun 2016, 00:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

FMEAKD wrote:Gimana om dodo. Udah berhasil belum ke beresnya?
Kmren ke beres, mau beli kopling set kan sama engine mounting soalnya dn crita keluhan ane, sama mreka d suruh d cek dlu, general check up critanya.

Pas d cek ternyata katanya engine mounting masih bagus smua (nah lo), kopling set jg barangnya ga ready mesti inden dlu, trs hasil cek mereka laher tensioner oblak, drive belt ad retak, seal crankshaft depan ad rembes, carte oli ad rembes, seal1/2 bulan ad rembes, haduhhh makin nyut2an haha

Krena ane adjanji jdi ane ga lanjutin dlu, minggu dpan ke beres lgi ktnya kopling set bru dateng minggu bsok, rncna pasang kopling set minggu dpan jdinya.

Mana SAnya Rada sinting kyna,d tanya harga part yg d sbutin udah jelek jawabnya kurang tau, taunya lgsung harga ongkosnya mana mahal pula jutaan hadeuwh jdi ane pending dlu minggu dpan.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Profith83 »

dodo16 wrote:
FMEAKD wrote:Gimana om dodo. Udah berhasil belum ke beresnya?
Kmren ke beres, mau beli kopling set kan sama engine mounting soalnya dn crita keluhan ane, sama mreka d suruh d cek dlu, general check up critanya.

Pas d cek ternyata katanya engine mounting masih bagus smua (nah lo), kopling set jg barangnya ga ready mesti inden dlu, trs hasil cek mereka laher tensioner oblak, drive belt ad retak, seal crankshaft depan ad rembes, carte oli ad rembes, seal1/2 bulan ad rembes, haduhhh makin nyut2an haha

Krena ane adjanji jdi ane ga lanjutin dlu, minggu dpan ke beres lgi ktnya kopling set bru dateng minggu bsok, rncna pasang kopling set minggu dpan jdinya.

Mana SAnya Rada sinting kyna,d tanya harga part yg d sbutin udah jelek jawabnya kurang tau, taunya lgsung harga ongkosnya mana mahal pula jutaan hadeuwh jdi ane pending dlu minggu dpan.
Ini yang saya bilang, kalau mobil tua ada saja jajannya. Udah keluar duit belum tentu masalah selesai. Bisa bisa yang tidak rusak diganti dan masalah yang aslinya masih ada.
Belum lagi kelihatan "AKAN" rusak yang lain.
Yang paling bahaya adalah "AKAN" rusak tetapi dibilang harus diganti ... wah bisa habis banyak duit.
Susah juga kalau gak diganti karena akan rusak. Kalau diganti semua bisa bisa satu mobil bisa habis 15 - 25 jt an yah, tergantung kerusakan.

yah tetapi memang kalau mau dipertahankan bisa saja, asal mesin, transmisi, power steering, AC semua masih bagus gak papa. paling banyak habis 25 jt an.
Cuma nelusuri juga tidak gampang.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post