Coolant bisa aja rembes keluar om dr reservoirnya om kalau over filling isi diatas F, kayanya dari tutup pentil kecil yg warna item itu.Profith83 wrote:Tapi yang anehnya tuh tiap kali dimasukin F turunnya ke setengahnya, pernah dipakai 2-3 bulan. Tiap 2 atau 3 hari tetap pakai.benzz89 wrote: ↑31 May 2021, 14:452KD kayanya memang proses buang anginnya lama om... di ane jg begitu sampe tes kompresi cooling system segala ke beres, kirain ada yg bocor halus kali, hasil tes gak ada yg bocor.Profith83 wrote:Tanya dong om.
Innova saya thn 2012 G AT diesel.
Coolant saya ganti di July 2020. Setelah saya ganti, mobil dipakai tiap 2-3 hari sekali karena Covid.
Sampai sekarang setiap sekitar 2 minggu sd 1 bulan sekali air coolant berkurang, jadinya di tengah2x antara L dan F.
Setiap kali diisi sampai F, satu sampai 2 kali pakai tetap di F.
Setelah beberapa kali pakai turun lagi dan selali di tengah antara L dan F .... ada yang pernah alami hal yang sama? kenapa yah?
Capek isi setipa 2 minggu atau 1 bulan sekali. Total kira kira sudah masuk 8 liter lebih, padahal waktu kuras cuma keluar 6 sd 7 liter, lupa tepatnya berapa. waktu kura yang dibuka cuma baut plastik kupu di radiator.
Dicheck tidak ada kebocoran, jadi bingung. Kalau bocor dari mana bocornya?
Tapi dulu sebelum diganti coolant selalu di posisi F
Kl posisi coolant di reservoir sdh anteng (tidak turun2 lg) antara L & F ya sudah diamkan saja om, berarti sdh selesai dia proses buang anginnya.
Ngobrol2 ama SA beres mereka jg bilang begitu hrs nambah2 terus, bahkan pertama kali sehabis kuras coolant pasti dihajar itu reservoir sampai posisi di B (paling atas) krn sdh yakin pasti turun banget sampe ke L, lalu hrs tambah beberapa kali lg sampai F.
Kasus di 2KD ane itu ta hajar sampai di atas F sikit, lalu sering2 cek beberapa hari & ada bekas rembesan di reservoir (kaya meluap) setelah itu dia sdh anteng pas di bawah F dikit (waktu dingin di pagi hari) & ane sdh gak nambah2 lagi hingga saat ini. Kalau lagi jalan sih pasti diatas F posisinya.
Masalahnya krn WFH maka proses buang anginnya terkesan jd tambah lama lagi krn mobil jarang jalan, ini jg sama kasusnya di ane, kl mobil jalan tiap hari & jaraknya jauh2 pasti lebih cepat buang angin & stabilnya itu posisi coolant di reservoir. Semoga membantu yah om.
Turunnya selalu tengah antara L dan F(Pagi hari). Kalau habis pakai selalu diatas F.
Isi lagi sampai F, jalan 1 sd 2 minggu. Lah turunnya kok sama di tengah antara L dan F, padahal sebelumnya dipakai 2-3 bulan juga turun pas di tengah antara L dan F
Apa karena ada udara yang terjebak yah?
BTW kalau mesin kepanasan, mobil kijang LGX dulu kan ada air dari penampungan bisa tumpah, nah kalau sekarang apa bisa air penampungan tumpah yah? karena tidak lihat selang overflow/pembuangannya
Waktu proses leaking tes di beres kan mesin jalan terus & tutup reservoir sering di buka tutup, waktu berangkat pagi2 posisi di F nah pas balik dr bengkel besok paginya langsung di L, turun jauh.
Beres suruh datang lagi utk di cek ulang, tp krn ane penasaran feeling kayanya anginnya sdh banyak kebuang saat leaking test jd ane pake jalan aja dulu beberapa hari, ehh msh turun dikit sekali, lalu top up deh sampai diatas F, gak lama rembes dr atas reservoir, setelah itu turun sikit lg & stabil sampai sekarang, ya sdh ane diemin aja di F kurang sikit posisinya kl pagi2.
Coba si om buka tutup reservoir lalu hidupkan mesin 30-60 menit, tujuannya spy apabila masih ada angin yg kejebak di dalam cooling system bisa keluar. Besok paginya cek lagi, apabila ada penurunan maka top up sampai F lagi.
Setelah itu cek lg apakah msh ada penurunan, kl msh ada coba ulangi cara diatas tp durasinya lebih pendek aja sekitar 15-30 menit. Imho buang angin sambil idle spt ini kayanya lebih cepat banding sambil jalan & reservoir tertutup. Ini berdasar pengalaman ane waktu leaking test di beres yah om.