Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

dimastap wrote:Om, ada yang bisa bantu? Saya pakai GNKI at diesel 2012 dan baru saja ganti Downpipe di Budi Knalpot sekitar sebulan yang lalu.
Setelah penggantian Downpipe memang terasa ada tenaga yang meningkat tapi gak terlalu berarti, tapi konsumsi BBM jauh lebih boros.

Apakah penggantian DP harus diikuti oleh penggantian part lain seperti filter udara aftermarket atau lain2?

Mohon pencerahannya.

Thanks.

hmm sy juga pake dp BK om setahun yang lalu, dan dari ganti sempet pake freeflow af sebentar trus balik lagi pake paper filter sih fc mirip"...
mungkin nginjek gas dan lalin juga mempengaruhi...kondisi perawatan mblnya juga om..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Turboman »

dimastap wrote:Om, ada yang bisa bantu? Saya pakai GNKI at diesel 2012 dan baru saja ganti Downpipe di Budi Knalpot sekitar sebulan yang lalu.
Setelah penggantian Downpipe memang terasa ada tenaga yang meningkat tapi gak terlalu berarti, tapi konsumsi BBM jauh lebih boros.

Apakah penggantian DP harus diikuti oleh penggantian part lain seperti filter udara aftermarket atau lain2?

Mohon pencerahannya.

Thanks.
Diameter pipa nya 2,5 - 3" aja kan ?

sambungan2 nya bagus semua pasangnya ?
dimastap
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 09 Aug 2016, 16:37

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dimastap »

Turboman wrote:
dimastap wrote:Om, ada yang bisa bantu? Saya pakai GNKI at diesel 2012 dan baru saja ganti Downpipe di Budi Knalpot sekitar sebulan yang lalu.
Setelah penggantian Downpipe memang terasa ada tenaga yang meningkat tapi gak terlalu berarti, tapi konsumsi BBM jauh lebih boros.

Apakah penggantian DP harus diikuti oleh penggantian part lain seperti filter udara aftermarket atau lain2?

Mohon pencerahannya.

Thanks.
Diameter pipa nya 2,5 - 3" aja kan ?

sambungan2 nya bagus semua pasangnya ?
iya pipanya 3".
Bagaimana memastikan bahwa sambungannya bagus?
kalau dari suara sih memang suara sedikit lebih "ngecezz" (suara khas turbo)

Boros nya sangat terasa ketika jalan macet, waktu pakai DP standar masih bisa bertahan fuel meternya. tetapi setelah penggantian DP dia terasa boros.. :big_cry:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by arfs »


Buset dah, asap hitam nya kyk cumi-cumi keluarin tinta :mky_02:
Pas drift handbrake u-turn dah kyk lihat WRC rally tarmac. :big_exellent:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

Sayang bukan innova hitam yang dipake, ada lsd dan power nya gede, yg putih powernya masih pas2an dan gak ada lsd
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 06 Oct 2015, 07:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by arfyano »

Permisi om, salam kenal semua..
Saya baru beli Innova diesel 2012, manual, KM jalan 75rb. Kebetulan ini pengalaman pertama saya pakai diesel comon rail, sebelumnya pake panther grand turing. Utk maintenance innova ini pertama kali apa ya om? kira2 butuh biaya brp kl saya lakuin di bengkel resmi. Trims utk jwbnnya
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

arfyano wrote:Permisi om, salam kenal semua..
Saya baru beli Innova diesel 2012, manual, KM jalan 75rb. Kebetulan ini pengalaman pertama saya pakai diesel comon rail, sebelumnya pake panther grand turing. Utk maintenance innova ini pertama kali apa ya om? kira2 butuh biaya brp kl saya lakuin di bengkel resmi. Trims utk jwbnnya

hmm
*mesin
- ganti semua cairan (oli mesin, oli gardan, oli transmisi, minyak ps dan rem)
- purging
- kuras tangki
- ganti semua filter (cabin, solar, udara)

untuk kaki sepertinya sih masih oke, paling ganti SA aja kalau dari baru ga pernah ganti...balik record pengguna sebelumnya gimana..

cek-cek fungsi acnya sekalian bersih besar ajah..jadi tau recordnya setelah kita pegang..

bukan mobil repot om, jadi ga harus ke beres, bengkel yg paham innova banyak, dan ga hapal harga, bisa crosscheck sendiri :mky_01:

-
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
ariutomo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 24 Aug 2016, 06:15

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by ariutomo »

Bang salam kenal. Sy pemakai innova d4d 2005 bekas bpk sy.

Mau nanya, ini tiba2 ipah saya ada semacem rembesan di area kuping egr sampai meler diarea blkng intake manifold. Itu kira2 bocor egrnya dmn ya? Pengaruhnya apa ya? Rencana mau sy bw ke beres.

Thanks
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 16 Oct 2014, 16:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by MarYuko »

permisi om...

mau nanya ukuran cakram depan sama center ring nya GNKI berapa mm ya??

beda kh ukuran nya sama innova gen 1??


Sent from my iPhone using Tapatalk
corncorn
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Sep 2016, 10:42

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by corncorn »

Suhu, ada yang tahu wiring diagram selector dastek q+?Jadi cerita nya saya mau ganti yang selector gratisan dan akan diganti dengan selector asli dari unichip.Kalau selector gratisan 2 kabel,kalau yang asli unichip 3 kabel
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Turboman »

corncorn wrote:Suhu, ada yang tahu wiring diagram selector dastek q+?Jadi cerita nya saya mau ganti yang selector gratisan dan akan diganti dengan selector asli dari unichip.Kalau selector gratisan 2 kabel,kalau yang asli unichip 3 kabel
bawa ke installer dastek nanti sekalian dipasangin
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Turboman »

MarYuko wrote:permisi om...

mau nanya ukuran cakram depan sama center ring nya GNKI berapa mm ya??

beda kh ukuran nya sama innova gen 1??


Sent from my iPhone using Tapatalk
disc 250 mm

sama
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by arfs »

Om turboman mau tanya dong, kalau mau purging di mesin diesel itu sebaiknya sesudah atau sebelum ganti filter solar?
Karena sebentar lagi GNKI saya mau servis 50rb km. Thanks before.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by billyd1773dz »

Image

ntah cara kerjanya gmn.... girbok 4speed jadi 5speed tampa ngerubah girbok...


tebakan gw ngakalin lockup clutch torqueconverter.... saat di gigi 4 clutch yg unlock (typical A340 apalagi yg pke transgo), kemudian lockup efeknya seperti pindah gigi karena rpm turun...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Turboman »

arfs wrote:Om turboman mau tanya dong, kalau mau purging di mesin diesel itu sebaiknya sesudah atau sebelum ganti filter solar?
Karena sebentar lagi GNKI saya mau servis 50rb km. Thanks before.
bebas

purging gak lewatin filter solar
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by paidjho »

billyd1773dz wrote:Image

ntah cara kerjanya gmn.... girbok 4speed jadi 5speed tampa ngerubah girbok...


tebakan gw ngakalin lockup clutch torqueconverter.... saat di gigi 4 clutch yg unlock (typical A340 apalagi yg pke transgo), kemudian lockup efeknya seperti pindah gigi karena rpm turun...
Kalau pakai prinsip overdrive untuk tranny at jadul, mungkin kah?
OD nya buat control pressure nya, di gear 4 ada 2 setting parameter pressure.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

corncorn wrote:Suhu, ada yang tahu wiring diagram selector dastek q+?Jadi cerita nya saya mau ganti yang selector gratisan dan akan diganti dengan selector asli dari unichip.Kalau selector gratisan 2 kabel,kalau yang asli unichip 3 kabel
Pnp itu di dastek nya dah ada soket nya buat colok selector unichip
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
corncorn
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Sep 2016, 10:42

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by corncorn »

htannis wrote:
corncorn wrote:Suhu, ada yang tahu wiring diagram selector dastek q+?Jadi cerita nya saya mau ganti yang selector gratisan dan akan diganti dengan selector asli dari unichip.Kalau selector gratisan 2 kabel,kalau yang asli unichip 3 kabel
Pnp itu di dastek nya dah ada soket nya buat colok selector unichip

Masalah nya.Socket nya dipotong ni om.Beli bekas punya temen.Apakah ada solusi nya om?.Dari pada kebengkel cuma pasang begitu aja,mending pasang sendiri pikir nya.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

corncorn wrote:
htannis wrote:
corncorn wrote:Suhu, ada yang tahu wiring diagram selector dastek q+?Jadi cerita nya saya mau ganti yang selector gratisan dan akan diganti dengan selector asli dari unichip.Kalau selector gratisan 2 kabel,kalau yang asli unichip 3 kabel
Pnp itu di dastek nya dah ada soket nya buat colok selector unichip

Masalah nya.Socket nya dipotong ni om.Beli bekas punya temen.Apakah ada solusi nya om?.Dari pada kebengkel cuma pasang begitu aja,mending pasang sendiri pikir nya.
Heh? Soket selector asli unichip dipotong? Wah kl gitu mah harus ke bengkel lah atau kl mau coba2 aja colok sendiri
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
corncorn
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Sep 2016, 10:42

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by corncorn »

Iya om.Yang dipotong Socket dari kabel nyolok ke dastek nya.Kalau dari selector nyambung ke kabel masih ada socket nya
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

Karakter dan suara mesin ketika memakai oli mobil mx 15-40 sedikit lebih teredam.
Penggantian oli terakhir, memakai Kendall DX super D XA, SAE 10w-30 di kemasan botol tertulis API CJ 4, CI4, CH4. Menurut buku manual, oli dengan kekentalan 10-30 masih direkomen, kalau yang 5-30 malah hanya direkomendasikan untuk suhu lingkungan dibawah 10 derajat C. CMIIW. Untuk penggantian oli kali ini, Dipakai oli yang lebih encer, dengan harapan mesin berputar lebih ringan.
Sekalian ganti filter oli, rupanya toko memberikan filter oli yang lebih tinggi dimensinya, beda tipe, tapi bisa pakai, ya sudah dipakai saja, 70 ribu, toyota mungkin kw. Tipenya 90915-yzzd4, yang bawaan 90915-TB001. Next lebih baik beli filter oli sakura aja, asli, dan lebih murah Cuma 30 ribu, ganti filter bareng ganti oli.
Hasil test jarak dekat, getaran mesin lebih terasa dan suara mesin terdengar sedikit lebih berisik. Yang pasti putaran mesin lebih ringan. Belum dites di tol dan luar kota, penilaian sementara cukupan, nanti di report kalau jarak pakai sudah sekitar 5000 km. harga diatas Q8-t800, beli di TODA.
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

Baru ganti oli Kendall DX super SAE 10w-30. Karena alasan sudah 7 bulan, jadilah ganti oli total jarak tempuh sekitar 5500.
Ringkasan pemakaian oli ini.
-Akselerasi ringan, mudah mencapai top speed ( manual gigi 5, rpm masih dibawah 3ribu he he he. )
-Suara sedikit lebih berisik, dibanding olie buntut 40.
-Hampir ga ada penguapan, menurut pengecekan dipstick, hingga akhir ganti oli.
-Oli kurasan, di coba pakai ke sepeda motor beat, menurut feeling masih cukup bagus dan berani pakai hingga 1 bulan kedepan.
-Intinya ini oli bagus, cuma karena faktor redaman yang kurang, dan harga dan pemakaian km rendah, berikutnya sih pakai oli buntut 40.
standard aja, tapi Q8-t800 masih ada stok 2 liter, jadi ganti ke oli ini, di Toda 100 an ribu /ltr.
aguschips
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 01 Nov 2016, 14:53

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by aguschips »

mau nanya master,...
fuel cooler sekarang harganya berapa ya ..
kalau di semarang yang jual fuel cooler dimana ya ..
boostedgang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 30 Sep 2016, 08:26

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by boostedgang »

aguschips wrote:mau nanya master,...
fuel cooler sekarang harganya berapa ya ..
kalau di semarang yang jual fuel cooler dimana ya ..
coba ke autocenter semarang
Boost it
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

aguschips wrote:mau nanya master,...
fuel cooler sekarang harganya berapa ya ..
kalau di semarang yang jual fuel cooler dimana ya ..
Kl oem ke yg jual sparepart toyota. Kl mau aftermarket beli aja cooler kyk hayden atau b&m
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post