All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

osbertc0ol wrote: 30 Mar 2021, 16:23
Clonz wrote: 30 Mar 2021, 11:22
dori2802 wrote:hari kamis kemarin service 2GD di Auto2K km 26K.
Shockbreaker belakang udah bocor 22-nya. apa pengaruh penggantian Ban (235/50/18) dan Per (jamex) ya mbah? pdhl dulu pakai ipah bensin 2011 5 tahun baru bermasalah shockbreaker..
tapi untungnya masih bisa klaim. dan hari ini sparepart sudah diganti dan free... :mky_02: :mky_02:
Sama. Mirip saya shock lemes d km 15rban. Ban sama.
gw 2thn 30k nih udah gaenak banget shock nya, geter2 parah gitu hahaha.
pengen claim kok ga keliatan ada rembes yak hadeh.....
shock original sih ga usah dipikirin deh, harga udah paling murah dibandingkan shock KW/aftermarket yang lain. dah gitu terlalu letoy, apalagi klo dipasangin sama per aftermarket.

kisah perjalanan suspensi innova gw:

- shock std + per std + ban std ==> ahhh apa ini bagai kapal laut
- shock kayaba excel G + per std + ban+velg std ==> much better
- shock kayaba excel G + per eibach + ban 235/50/18 ==> bagaikan gerobak (tp masih lebih enakan ini drpd fortuner std...)
- shock std baru + per eibach + ban 235/50/18 ==> empukan tapi saking empuknya sering mentok stopper, klo lewat poldur ngayun2 bgt, (setup ini cuman bertahan sebulan, abis itu langsung ganti)
- shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.


anyway, disc brake di toko langganan gue ngga ada jual bendix. adanya TRW. di toko lain merk RCB. Well enkoh nya sih bilang bendix ada keluhan makanya ga masukin lagi dia, tp yah namanya jg org jualan yaaaa. jadi gue masih bingung nih ganti disc brake apa ahhaha :mky_01:

apa runstop sekalian ya? (no dont recommend me a brembo/BBK, budget ga sampe segitu ahahha)
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

tesna wrote: 31 Mar 2021, 09:08 - shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.
itu sih kombinasi paling sip om... tapi modalnya juga lumayan..
pengen cakep, bagus, dan murah... <-- gw Banget. tapi ya imposible... :big_dunno:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

dori2802 wrote: 31 Mar 2021, 10:23
tesna wrote: 31 Mar 2021, 09:08 - shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.
itu sih kombinasi paling sip om... tapi modalnya juga lumayan..
pengen cakep, bagus, dan murah... <-- gw Banget. tapi ya imposible... :big_dunno:
loh tapi shock tokico itu ngga gitu mahal loh dibanding original, klo original kan kalau ngga salah 1.3 juta depan belakang, tokico ini klo ngga salah inget 1.7 juta deh. lebih mahal tapi ya ga jauh2 amat. shock jamex, profender, tein, bilstein, apalagi coilover baru deh harganya lumayan jauh diatasnya. so menurut gue tokico ini shock yg paling value for money buat innova hahaha

gw yakin ganti shock aja tanpa ganti per udah bikin handling jauh lebih improved.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

tesna wrote: 31 Mar 2021, 12:11
dori2802 wrote: 31 Mar 2021, 10:23
tesna wrote: 31 Mar 2021, 09:08 - shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.
itu sih kombinasi paling sip om... tapi modalnya juga lumayan..
pengen cakep, bagus, dan murah... <-- gw Banget. tapi ya imposible... :big_dunno:
loh tapi shock tokico itu ngga gitu mahal loh dibanding original, klo original kan kalau ngga salah 1.3 juta depan belakang, tokico ini klo ngga salah inget 1.7 juta deh. lebih mahal tapi ya ga jauh2 amat. shock jamex, profender, tein, bilstein, apalagi coilover baru deh harganya lumayan jauh diatasnya. so menurut gue tokico ini shock yg paling value for money buat innova hahaha

gw yakin ganti shock aja tanpa ganti per udah bikin handling jauh lebih improved.
Setuju, tokico sih alternatif/substitusi banget kalo misalnya ngga mau pake yg ori. Karena harga bisa dibilang sama2 aja. Cuma beda karakter.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

tesna wrote: 31 Mar 2021, 12:11
loh tapi shock tokico itu ngga gitu mahal loh dibanding original, klo original kan kalau ngga salah 1.3 juta depan belakang, tokico ini klo ngga salah inget 1.7 juta deh. lebih mahal tapi ya ga jauh2 amat. shock jamex, profender, tein, bilstein, apalagi coilover baru deh harganya lumayan jauh diatasnya. so menurut gue tokico ini shock yg paling value for money buat innova hahaha

gw yakin ganti shock aja tanpa ganti per udah bikin handling jauh lebih improved.
Noted hu... nunggu rembes lagi yg orinya (habis diganti), bisa jadi alternatif utk ngimbangi per jamex yg cenderung lebih empuk vs per bawaan
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

dori2802 wrote:
tesna wrote: 31 Mar 2021, 12:11
loh tapi shock tokico itu ngga gitu mahal loh dibanding original, klo original kan kalau ngga salah 1.3 juta depan belakang, tokico ini klo ngga salah inget 1.7 juta deh. lebih mahal tapi ya ga jauh2 amat. shock jamex, profender, tein, bilstein, apalagi coilover baru deh harganya lumayan jauh diatasnya. so menurut gue tokico ini shock yg paling value for money buat innova hahaha

gw yakin ganti shock aja tanpa ganti per udah bikin handling jauh lebih improved.
Noted hu... nunggu rembes lagi yg orinya (habis diganti), bisa jadi alternatif utk ngimbangi per jamex yg cenderung lebih empuk vs per bawaan
Lo pake per jamex lowering kit + shock bawaan om?

Saya tempo hari jg pake itu, mantul kanan kiri, di tol jg ga berani terlalu kenceng karena getarannya kerasa semua, ga keras, tapi mantul2 banget bikin ga pede mau cruising lebih dr 100km/h

Sempet saya ganti shock std pake shocknya jamex, nah ini lebih keredam mantul2nya, cruising 140km/h masih enak. tp kalau ada jalan lubang atau jalan ga rata, lgsg keras kebanting2nya. Jedak jeduk semua.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

Clonz wrote: 31 Mar 2021, 14:07
dori2802 wrote:
tesna wrote: 31 Mar 2021, 12:11
loh tapi shock tokico itu ngga gitu mahal loh dibanding original, klo original kan kalau ngga salah 1.3 juta depan belakang, tokico ini klo ngga salah inget 1.7 juta deh. lebih mahal tapi ya ga jauh2 amat. shock jamex, profender, tein, bilstein, apalagi coilover baru deh harganya lumayan jauh diatasnya. so menurut gue tokico ini shock yg paling value for money buat innova hahaha

gw yakin ganti shock aja tanpa ganti per udah bikin handling jauh lebih improved.
Noted hu... nunggu rembes lagi yg orinya (habis diganti), bisa jadi alternatif utk ngimbangi per jamex yg cenderung lebih empuk vs per bawaan
Lo pake per jamex lowering kit + shock bawaan om?

Saya tempo hari jg pake itu, mantul kanan kiri, di tol jg ga berani terlalu kenceng karena getarannya kerasa semua, ga keras, tapi mantul2 banget bikin ga pede mau cruising lebih dr 100km/h

Sempet saya ganti shock std pake shocknya jamex, nah ini lebih keredam mantul2nya, cruising 140km/h masih enak. tp kalau ada jalan lubang atau jalan ga rata, lgsg keras kebanting2nya. Jedak jeduk semua.
saya masih aman sih om. tiap hari cruising Bogor - Cikupa. selap selip kalau kosong ya hajar 120-130an. mau coba tambah dumper
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

kalau ganti shock depan apa sudut ban depan berubah atau perlu spooring?
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by k1493nk »

well wrote:kalau ganti shock depan apa sudut ban depan berubah atau perlu spooring?
Ada baut pengaturan camber, bisa diatur sendiri atau minta tukang spooring untuk mengatur, biasanya mereka malas untuk setting camber.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

k1493nk wrote: 01 Apr 2021, 13:16
well wrote:kalau ganti shock depan apa sudut ban depan berubah atau perlu spooring?
Ada baut pengaturan camber, bisa diatur sendiri atau minta tukang spooring untuk mengatur, biasanya mereka malas untuk setting camber.
artinya kalau tukang spooring yg mengatur berarti mobil harus di spooring ulang ya saat ganti shock?
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by k1493nk »

well wrote:
k1493nk wrote: 01 Apr 2021, 13:16
well wrote:kalau ganti shock depan apa sudut ban depan berubah atau perlu spooring?
Ada baut pengaturan camber, bisa diatur sendiri atau minta tukang spooring untuk mengatur, biasanya mereka malas untuk setting camber.
artinya kalau tukang spooring yg mengatur berarti mobil harus di spooring ulang ya saat ganti shock?
Kalau ga merubah tinggi mobil harusnya ga perlu.
Mbl tambah tinggi camber tambah positif begitu pula kebaikannya.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

well wrote: 01 Apr 2021, 11:55 kalau ganti shock depan apa sudut ban depan berubah atau perlu spooring?
kalau saya sih setiap kali bongkar kaki2, atau ada part kaki2 yang diganti ya saya spooring ulang. namanya jg dibongkar pasti settingan berubah2. harga spooring ga seberapa tapi bsia hemat ban (dan konsumsi bbm tentunya) klo spooringnya pas.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by osbertc0ol »

tesna wrote: 31 Mar 2021, 09:08
shock original sih ga usah dipikirin deh, harga udah paling murah dibandingkan shock KW/aftermarket yang lain. dah gitu terlalu letoy, apalagi klo dipasangin sama per aftermarket.

kisah perjalanan suspensi innova gw:

- shock std + per std + ban std ==> ahhh apa ini bagai kapal laut
- shock kayaba excel G + per std + ban+velg std ==> much better
- shock kayaba excel G + per eibach + ban 235/50/18 ==> bagaikan gerobak (tp masih lebih enakan ini drpd fortuner std...)
- shock std baru + per eibach + ban 235/50/18 ==> empukan tapi saking empuknya sering mentok stopper, klo lewat poldur ngayun2 bgt, (setup ini cuman bertahan sebulan, abis itu langsung ganti)
- shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.


anyway, disc brake di toko langganan gue ngga ada jual bendix. adanya TRW. di toko lain merk RCB. Well enkoh nya sih bilang bendix ada keluhan makanya ga masukin lagi dia, tp yah namanya jg org jualan yaaaa. jadi gue masih bingung nih ganti disc brake apa ahhaha :mky_01:

apa runstop sekalian ya? (no dont recommend me a brembo/BBK, budget ga sampe segitu ahahha)
gw sepertinya akan coba kombinasi ini nanti
shock Monroe OES + Per eibach + Mich ps4 215 55 17 (atau kemungkinan bakal tuker lm705)

nanti gw update deh paling minggu depan hahaha.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by osbertc0ol »

osbertc0ol wrote: 02 Apr 2021, 00:46
tesna wrote: 31 Mar 2021, 09:08
shock original sih ga usah dipikirin deh, harga udah paling murah dibandingkan shock KW/aftermarket yang lain. dah gitu terlalu letoy, apalagi klo dipasangin sama per aftermarket.

kisah perjalanan suspensi innova gw:

- shock std + per std + ban std ==> ahhh apa ini bagai kapal laut
- shock kayaba excel G + per std + ban+velg std ==> much better
- shock kayaba excel G + per eibach + ban 235/50/18 ==> bagaikan gerobak (tp masih lebih enakan ini drpd fortuner std...)
- shock std baru + per eibach + ban 235/50/18 ==> empukan tapi saking empuknya sering mentok stopper, klo lewat poldur ngayun2 bgt, (setup ini cuman bertahan sebulan, abis itu langsung ganti)
- shock tokico + per eibach + ban 235/50/18 ==> perfect (buat gw). ga terlalu keras, ga terlalu empuk, di tol juga enak, jalan jelek masih manusiawi, lewat poldur ngayun nya cuman 1x.


anyway, disc brake di toko langganan gue ngga ada jual bendix. adanya TRW. di toko lain merk RCB. Well enkoh nya sih bilang bendix ada keluhan makanya ga masukin lagi dia, tp yah namanya jg org jualan yaaaa. jadi gue masih bingung nih ganti disc brake apa ahhaha :mky_01:

apa runstop sekalian ya? (no dont recommend me a brembo/BBK, budget ga sampe segitu ahahha)
gw sepertinya akan coba kombinasi ini nanti
shock Monroe OES + Per eibach + Mich ps4 215 55 17 (atau kemungkinan bakal tuker lm705)

nanti gw update deh paling minggu depan hahaha.
abis ganti monrore OES depan blakang.
Config Monroe OES + Eibach + Mich ps4 215 55 17

Overall jauh lebih enak. well gatau jg sih ya soalnya shock depan udah mokad... bener2 ga bisa balik lagi hahaha padahal baru odo 30k. shock belakang sih masih ok, tp yasudahlah sudah terlanjur beli depan blakang.
Depan rebound polisi tidur cm 1x, tapi masih empuk, dan peredaman bagus. cukup puas.

blakang sedikit lbh keras. tp masih ok. lets see harusnya 1000km nanti bisa empuk dikit.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

McLaren wrote: 04 Apr 2021, 20:27 Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
saya mbah...
per Jamex itu :
1. besaran pernya lebih kecil vs Per ori
2. kalau belum di pasang tinggi per = per ori

karena faktor no 1, pas di pasang otomatis body langsung turun karena tidak se stif per bawaan.
cenderung empuk, jadi kalau sering bawa barang banyak sepertinya tidak di sarankan.
saya rencana mau pasang dumper mbah utk ngimbangin terlalu empuknya itu.
shock breaker saya yg belakang udah bocor.. mgkn karena trll sering ngayun efek per jamex yg cenderung empuk ini

tapi utk tampilan lebih bagus mbah, karena tidak terlalu kopong jadinya.
Ban 235/50/18
cmiiw
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

dori2802 wrote: 05 Apr 2021, 14:58
McLaren wrote: 04 Apr 2021, 20:27 Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
saya mbah...
per Jamex itu :
1. besaran pernya lebih kecil vs Per ori
2. kalau belum di pasang tinggi per = per ori

karena faktor no 1, pas di pasang otomatis body langsung turun karena tidak se stif per bawaan.
cenderung empuk, jadi kalau sering bawa barang banyak sepertinya tidak di sarankan.
saya rencana mau pasang dumper mbah utk ngimbangin terlalu empuknya itu.
shock breaker saya yg belakang udah bocor.. mgkn karena trll sering ngayun efek per jamex yg cenderung empuk ini

tapi utk tampilan lebih bagus mbah, karena tidak terlalu kopong jadinya.
Ban 235/50/18
cmiiw
Siap mbah..
berarti saking empuknya sampai mentok jedug2 yaa mbah?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

dori2802 wrote: 05 Apr 2021, 14:58
McLaren wrote: 04 Apr 2021, 20:27 Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
saya mbah...
per Jamex itu :
1. besaran pernya lebih kecil vs Per ori
2. kalau belum di pasang tinggi per = per ori

karena faktor no 1, pas di pasang otomatis body langsung turun karena tidak se stif per bawaan.
cenderung empuk, jadi kalau sering bawa barang banyak sepertinya tidak di sarankan.
saya rencana mau pasang dumper mbah utk ngimbangin terlalu empuknya itu.
shock breaker saya yg belakang udah bocor.. mgkn karena trll sering ngayun efek per jamex yg cenderung empuk ini

tapi utk tampilan lebih bagus mbah, karena tidak terlalu kopong jadinya.
Ban 235/50/18
cmiiw
waow, saya pakai eibach yg besi per nya lebih gendut dr per bawaan (efek nya jg jadi lebih keras) aja jadi agak sering mentok stopper klo pake shock std, jd ngga enak. Apalagi klo lagi di tol layang japex tuh.. ampuun. coba diganti shock yang agak keras aja deh buat ngimbangin, sy sendiri pakai tokico dan puas so far.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by casabalancas »

McLaren wrote: 04 Apr 2021, 20:27 Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
saya justru mau menanyakan sebaliknya, apa ada yang udah merasakan per standar tapi shock menggunakan jamex mono tube / twin tube ?

apakah bedanya menggunakan shock mono tube dengan twin tube, karena selisih harganya juga lumayan kalau untuk 1 mobil
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

tesna wrote: 05 Apr 2021, 23:08
dori2802 wrote: 05 Apr 2021, 14:58
McLaren wrote: 04 Apr 2021, 20:27 Mumpung lg bahas Per dan Strut..

Ada yang pernah coba per jamex dan shock standar ngga yaa?
saya mbah...
per Jamex itu :
1. besaran pernya lebih kecil vs Per ori
2. kalau belum di pasang tinggi per = per ori

karena faktor no 1, pas di pasang otomatis body langsung turun karena tidak se stif per bawaan.
cenderung empuk, jadi kalau sering bawa barang banyak sepertinya tidak di sarankan.
saya rencana mau pasang dumper mbah utk ngimbangin terlalu empuknya itu.
shock breaker saya yg belakang udah bocor.. mgkn karena trll sering ngayun efek per jamex yg cenderung empuk ini

tapi utk tampilan lebih bagus mbah, karena tidak terlalu kopong jadinya.
Ban 235/50/18
cmiiw
waow, saya pakai eibach yg besi per nya lebih gendut dr per bawaan (efek nya jg jadi lebih keras) aja jadi agak sering mentok stopper klo pake shock std, jd ngga enak. Apalagi klo lagi di tol layang japex tuh.. ampuun. coba diganti shock yang agak keras aja deh buat ngimbangin, sy sendiri pakai tokico dan puas so far.
SA baru di ganti akhir maret kemarin mbah... jadi nunggu rembes lagi aja baru ganti tokico/monroe
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

sedikit sharing apa yg saya alami terkait dengan Ban 2GD

saya upgrade kira2 pertengahan Jan 21 ke ukuran 235/50/18 (toyo Tranpath)
awal februari ganti per jamex agar body lebih turun biar lebih cakep penampakan
akhir maret ganti SA belakang yg rembes
ban semua sudah dibalancing. tapi TIDAK SAYA SPOORING karena beranggapan di awal januari saya sudah spooring pas masih pakai ban standard

dari awal maret udah mulai muncul gejala stir narik ke kiri dan geter kalau lari > 120
setelah baca2 disini dan sharing teman, disuruh finish balancing. kebetulan ngantor di bogor (rumah di cikupa), pas istirahat siang kamis kemarin bawa ke Jagorawi Motor untk finish balance.
ownernya (udah senior banget, termasuk pegawainya) bilang, kita cek dl yak.. trs ban depan di copot.
dan baru ketahuan ternyata satu sisi ban sudah kemakan parah, udah kelihatan benangnya. untung ga meledos aja pas di tol. ban depan lagi..
sampai si engkoh geleng2 lihatnya. akhirnya di copot semua ban dan dicek
untungnya si engkoh punya ban bekas merk toyo juga tahun 2017 dan masih tebel 4 Biji..! rezeki bangetlah. mana di kasih murah lagi (bayar 3 doang)
akhirnnya ban di ganti semua, di balance ulang semua, terus di tambah yg depan di finish balance. baru spooring.
Plus pasang Dumper utk per belakang

pas selesai, dan dibawa balik lewat tol... serasa bawa mobil baru.. dibawa kenceng anteng tenang...yg belakang juga udah ga ngayun lagi
dari pengalaman itu, jadi tahu Ritual Spooring itu memang wajib setiap kali ada part baru di sektor kaki2..seperti yg mbah2 SM bilang di mari

:big_exellent: :big_deal:
Attachments
20210409_085749.png
20210409_085749.png (649.83 KiB) Viewed 1766 times
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

dori2802 wrote: 09 Apr 2021, 09:29 sedikit sharing apa yg saya alami terkait dengan Ban 2GD

saya upgrade kira2 pertengahan Jan 21 ke ukuran 235/50/18 (toyo Tranpath)
awal februari ganti per jamex agar body lebih turun biar lebih cakep penampakan
akhir maret ganti SA belakang yg rembes
ban semua sudah dibalancing. tapi TIDAK SAYA SPOORING karena beranggapan di awal januari saya sudah spooring pas masih pakai ban standard

dari awal maret udah mulai muncul gejala stir narik ke kiri dan geter kalau lari > 120
setelah baca2 disini dan sharing teman, disuruh finish balancing. kebetulan ngantor di bogor (rumah di cikupa), pas istirahat siang kamis kemarin bawa ke Jagorawi Motor untk finish balance.
ownernya (udah senior banget, termasuk pegawainya) bilang, kita cek dl yak.. trs ban depan di copot.
dan baru ketahuan ternyata satu sisi ban sudah kemakan parah, udah kelihatan benangnya. untung ga meledos aja pas di tol. ban depan lagi..
sampai si engkoh geleng2 lihatnya. akhirnya di copot semua ban dan dicek
untungnya si engkoh punya ban bekas merk toyo juga tahun 2017 dan masih tebel 4 Biji..! rezeki bangetlah. mana di kasih murah lagi (bayar 3 doang)
akhirnnya ban di ganti semua, di balance ulang semua, terus di tambah yg depan di finish balance. baru spooring.
Plus pasang Dumper utk per belakang

pas selesai, dan dibawa balik lewat tol... serasa bawa mobil baru.. dibawa kenceng anteng tenang...yg belakang juga udah ga ngayun lagi
dari pengalaman itu, jadi tahu Ritual Spooring itu memang wajib setiap kali ada part baru di sektor kaki2..seperti yg mbah2 SM bilang di mari

:big_exellent: :big_deal:
Nah itu kesalahannya, apa di bengkel kaki2 tempat ganti per jamex itu ngga menyarankan untuk spooring Om?

Karena wajib hukumnya itu ganti part kaki-kaki itu harus spooring ulang meskipun baru jalan 10 km pun, karena setelannya pasti akan berubah semua. Kecuali cuma ganti brake pad nah itu oke lah gak usah spooring.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

evanbngdor wrote: 09 Apr 2021, 09:36 Nah itu kesalahannya, apa di bengkel kaki2 tempat ganti per jamex itu ngga menyarankan untuk spooring Om?

Karena wajib hukumnya itu ganti part kaki-kaki itu harus spooring ulang meskipun baru jalan 10 km pun, karena setelannya pasti akan berubah semua. Kecuali cuma ganti brake pad nah itu oke lah gak usah spooring.
iya mbah...
waktu ganti per jamex minta tolong tmn kantor, selesai g ada ngomong apa2. pas ganti SA di beres juga ga ada omongan suruh spooring.

dan jadi keinget yg C26 habis ganti ban dan ganti SA belakang belum spooring juga... :mky_01:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by maastricht889 »

dori2802 wrote: 09 Apr 2021, 09:29 sedikit sharing apa yg saya alami terkait dengan Ban 2GD

saya upgrade kira2 pertengahan Jan 21 ke ukuran 235/50/18 (toyo Tranpath)
awal februari ganti per jamex agar body lebih turun biar lebih cakep penampakan
akhir maret ganti SA belakang yg rembes
ban semua sudah dibalancing. tapi TIDAK SAYA SPOORING karena beranggapan di awal januari saya sudah spooring pas masih pakai ban standard

dari awal maret udah mulai muncul gejala stir narik ke kiri dan geter kalau lari > 120
setelah baca2 disini dan sharing teman, disuruh finish balancing. kebetulan ngantor di bogor (rumah di cikupa), pas istirahat siang kamis kemarin bawa ke Jagorawi Motor untk finish balance.
ownernya (udah senior banget, termasuk pegawainya) bilang, kita cek dl yak.. trs ban depan di copot.
dan baru ketahuan ternyata satu sisi ban sudah kemakan parah, udah kelihatan benangnya. untung ga meledos aja pas di tol. ban depan lagi..
sampai si engkoh geleng2 lihatnya. akhirnya di copot semua ban dan dicek
untungnya si engkoh punya ban bekas merk toyo juga tahun 2017 dan masih tebel 4 Biji..! rezeki bangetlah. mana di kasih murah lagi (bayar 3 doang)
akhirnnya ban di ganti semua, di balance ulang semua, terus di tambah yg depan di finish balance. baru spooring.
Plus pasang Dumper utk per belakang

pas selesai, dan dibawa balik lewat tol... serasa bawa mobil baru.. dibawa kenceng anteng tenang...yg belakang juga udah ga ngayun lagi
dari pengalaman itu, jadi tahu Ritual Spooring itu memang wajib setiap kali ada part baru di sektor kaki2..seperti yg mbah2 SM bilang di mari

:big_exellent: :big_deal:
Nah ini om menarik, saya jd kepikiran sesuatu. Kl spooring gitu apakah kudu pake mesin ya? Di bengkel kaki2 langganan saya, mgkn either karena cust preference cr murah-penting stir lurus or spooring pake mesin mahal makanya tiap saya onderstel kesana mesti cm adjust tierod biar stir lurus.

Aman nggak ya buat kondisi kaki2 jangka panjang cm gitu doang dr sisi spooring?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

spooring tuh wajib pakai mesin, karena beda 1 derajat pun udah berefek besar. mesin spooring pun ngga semuanya sama, dan mesin sama beda tempat pun bisa beda hasilnya (tergantung dari itu mesin d maintain dengan baik kah, dikalibrasi kah, mekanik/teknisi berpengalaman kah.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post