All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »


tesna wrote:
andyez86 wrote: Fri Oct 29, 2021 7:46

amsoil 10w30 aja cukup koq...seliter 150rb an
akhirnya pakai amsoil 5w-30. selitar 200rb ya udah deh daripada penasaran.

tadi udah lihat2 ptt juga, sekarang ada 2 tipe ya itu 5w-30 nya. dynamic super commonrail sama dynamic commonrail. yang 1 ACEA C3, yang 1 lagi ACEA A5/B5 (ntah dimana perbedaannya :mky_01:

kalau pakai ptt yang super kena 1.1jt sekian, pakai amsoil 1.6 juta pas. tapi ya udah deh biar aja dicoba dariapda penasaran, toh ganti oli juga setahun sekali :D. So far sih menurut gue.. sama aja suara mesinnya huwahuahuahuahua (sama2 pakai dex) :mky_07: :mky_07: :mky_07: ah sudah lah daripada penasaran kan ya :D
IMG_5735.jpg
IMG_5737.jpg
Tungguin break-in dulu om smp dgn 1.000 KM... peak performace nya keluar smp di 3.000 KM.

Apalagi si om kan baru "pindah" dr merek A ke B, gak bs langsung kerasa performanya.

Ane sdh pake smp tuangan ke 2... sesuai kt mbah Omni, emang tambah enak aje.

Ntah krn ane tambah ceratec atau emang efek dr tuangan yg sdh ke 2 kalinya... tambah enteng aje akselerasinya.

Mau tambah halus suara mesinnya kasih SDT 2000. Ane di 2KD sih pake bio + 2EHN (100 ml) + SDT 2000 (100 ml) tiap 40-45 liter bio solar... suara tambah halus & vibrasi jg lumayan tereduksi.

Tapi sudahlah jgn sebut2 merek itu, nanti harganya naik lg, pake Q8 aje atau merek lainnya [emoji5]

Imho ini berdasarkan pengalaman ane pake MD 5W-30 di 2KD, mungkin aja berbeda dgn pengalaman om yah [emoji120]
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

sintoni wrote: Fri Oct 29, 2021 8:32
ac235287 wrote: Fri Oct 29, 2021 8:09 Permisi om turbo atau om-om suhu yg lainnya, kalau innova reborn kita, gardannya boleh dikasi oli gl5 LSD 80w-90 ngga? Kalo boleh apa impact nya? Ane ragu masalah LSD ini.
Aman om..
Tenkyu Om, ane lanjut ganti oli gardan pake yg ada embel2 LSDnya kalo gitu.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

tesna wrote: Fri Oct 29, 2021 10:06
andyez86 wrote: Fri Oct 29, 2021 7:46

amsoil 10w30 aja cukup koq...seliter 150rb an
akhirnya pakai amsoil 5w-30. selitar 200rb ya udah deh daripada penasaran.

tadi udah lihat2 ptt juga, sekarang ada 2 tipe ya itu 5w-30 nya. dynamic super commonrail sama dynamic commonrail. yang 1 ACEA C3, yang 1 lagi ACEA A5/B5 (ntah dimana perbedaannya :mky_01:

kalau pakai ptt yang super kena 1.1jt sekian, pakai amsoil 1.6 juta pas. tapi ya udah deh biar aja dicoba dariapda penasaran, toh ganti oli juga setahun sekali :D. So far sih menurut gue.. sama aja suara mesinnya huwahuahuahuahua (sama2 pakai dex) :mky_07: :mky_07: :mky_07: ah sudah lah daripada penasaran kan ya :D

IMG_5735.jpg
IMG_5737.jpg
Yg ane tau ya om, yg C3 itu buat mobil yg ada Diesel Particulat Filternya, dia low SAPS, buat innova reborn/fortuner diesel baiknya jgn pake ini, pake yg ACEA A5/B5 aja. Takutnya yg C3 ngga kuat kena diesel yg tinggi sulfur macam d indo.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by maastricht889 »

ac235287 wrote: Fri Oct 29, 2021 12:50
tesna wrote: Fri Oct 29, 2021 10:06
andyez86 wrote: Fri Oct 29, 2021 7:46

amsoil 10w30 aja cukup koq...seliter 150rb an
akhirnya pakai amsoil 5w-30. selitar 200rb ya udah deh daripada penasaran.

tadi udah lihat2 ptt juga, sekarang ada 2 tipe ya itu 5w-30 nya. dynamic super commonrail sama dynamic commonrail. yang 1 ACEA C3, yang 1 lagi ACEA A5/B5 (ntah dimana perbedaannya :mky_01:

kalau pakai ptt yang super kena 1.1jt sekian, pakai amsoil 1.6 juta pas. tapi ya udah deh biar aja dicoba dariapda penasaran, toh ganti oli juga setahun sekali :D. So far sih menurut gue.. sama aja suara mesinnya huwahuahuahuahua (sama2 pakai dex) :mky_07: :mky_07: :mky_07: ah sudah lah daripada penasaran kan ya :D

IMG_5735.jpg
IMG_5737.jpg
Yg ane tau ya om, yg C3 itu buat mobil yg ada Diesel Particulat Filternya, dia low SAPS, buat innova reborn/fortuner diesel baiknya jgn pake ini, pake yg ACEA A5/B5 aja. Takutnya yg C3 ngga kuat kena diesel yg tinggi sulfur macam d indo.
Di buku panduan inova disel bener kok om, saya baca memang rekomennya 5w30 ACEA A5 B5. TMO 5W30 disel itu seinget saya speknya dipersisin tp kayanya barang ghaib ketutup oli kebangsaan 15W40
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

tesna wrote: Fri Oct 29, 2021 10:06
andyez86 wrote: Fri Oct 29, 2021 7:46

amsoil 10w30 aja cukup koq...seliter 150rb an
akhirnya pakai amsoil 5w-30. selitar 200rb ya udah deh daripada penasaran.

tadi udah lihat2 ptt juga, sekarang ada 2 tipe ya itu 5w-30 nya. dynamic super commonrail sama dynamic commonrail. yang 1 ACEA C3, yang 1 lagi ACEA A5/B5 (ntah dimana perbedaannya :mky_01:

kalau pakai ptt yang super kena 1.1jt sekian, pakai amsoil 1.6 juta pas. tapi ya udah deh biar aja dicoba dariapda penasaran, toh ganti oli juga setahun sekali :D. So far sih menurut gue.. sama aja suara mesinnya huwahuahuahuahua (sama2 pakai dex) :mky_07: :mky_07: :mky_07: ah sudah lah daripada penasaran kan ya :D

IMG_5735.jpg
IMG_5737.jpg
pake yg dynamic commonrail....lebih tahan solbus...hahahhaaa
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

erwinign wrote: Fri Oct 29, 2021 13:02 Di buku panduan inova disel bener kok om, saya baca memang rekomennya 5w30 ACEA A5 B5. TMO 5W30 disel itu seinget saya speknya dipersisin tp kayanya barang ghaib ketutup oli kebangsaan 15W40
pernah nanya di beres pas mau ganti oli kemarin, TMO 5W30 itu mereka jual 600rb yang botol 4L. langsung saya bilang mau bawa oli sendiri :mky_03:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

forzanetti wrote:
erwinign wrote: Fri Oct 29, 2021 13:02 Di buku panduan inova disel bener kok om, saya baca memang rekomennya 5w30 ACEA A5 B5. TMO 5W30 disel itu seinget saya speknya dipersisin tp kayanya barang ghaib ketutup oli kebangsaan 15W40
pernah nanya di beres pas mau ganti oli kemarin, TMO 5W30 itu mereka jual 600rb yang botol 4L. langsung saya bilang mau bawa oli sendiri :mky_03:
wah ogah deh pake tmo 5w30 harga uda mepet sama amsoil 5w40
pecinta bio solar
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ginting »

Akhirnya ANKI 2GD type G saya hadir di garasi siang ini, so far tidak ada jedug, atau nyentak/nyendal nyendal kalau shifting..
turbo juga gak ada putu, semoga tetap awet.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

ginting wrote: Mon Nov 01, 2021 16:34 Akhirnya ANKI 2GD type G saya hadir di garasi siang ini, so far tidak ada jedug, atau nyentak/nyendal nyendal kalau shifting..
turbo juga gak ada putu, semoga tetap awet.
Wah, selamat mobil barunya om G.

Giman impresinya om?
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Sonzz »

ginting wrote: Mon Nov 01, 2021 16:34 Akhirnya ANKI 2GD type G saya hadir di garasi siang ini, so far tidak ada jedug, atau nyentak/nyendal nyendal kalau shifting..
turbo juga gak ada putu, semoga tetap awet.
Mantap om. The powah of 2GD masih menarik
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

ginting wrote: Mon Nov 01, 2021 16:34 Akhirnya ANKI 2GD type G saya hadir di garasi siang ini, so far tidak ada jedug, atau nyentak/nyendal nyendal kalau shifting..
turbo juga gak ada putu, semoga tetap awet.
Mantap om.

Bagaimana impresinya dibanding dengan MUX
Belajarmobil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Dec 30, 2020 16:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota avanza

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Belajarmobil »

ac235287 wrote: Fri Oct 29, 2021 12:45
sintoni wrote: Fri Oct 29, 2021 8:32
ac235287 wrote: Fri Oct 29, 2021 8:09 Permisi om turbo atau om-om suhu yg lainnya, kalau innova reborn kita, gardannya boleh dikasi oli gl5 LSD 80w-90 ngga? Kalo boleh apa impact nya? Ane ragu masalah LSD ini.
Aman om..
Tenkyu Om, ane lanjut ganti oli gardan pake yg ada embel2 LSDnya kalo gitu.
Klo ane pake gl5 tapi yg bukan LSD om.. minggu kmrn ane bawa t4 mbah marmut..

Gmn om rasanya pake yg LSD? ane jg blom paham itu bedanya ama yg LSD
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ginting »

Profith83 wrote: Tue Nov 02, 2021 3:21
ginting wrote: Mon Nov 01, 2021 16:34 Akhirnya ANKI 2GD type G saya hadir di garasi siang ini, so far tidak ada jedug, atau nyentak/nyendal nyendal kalau shifting..
turbo juga gak ada putu, semoga tetap awet.
Mantap om.

Bagaimana impresinya dibanding dengan MUX
Impresinya sih :

- Mobil ini biasa saja. tidak ada feel special, bangga, hype.
- Bantingan lebih enak suspensi mux jauuuhhh..
- Stir lebih enak ANKI (lebih enteng, dan ratio lock to locknya kayaknya lebih sempit)..
- Tarikan lebih enteng dan gesit ANKI (std vs std).
- Kursi enakan MuX jauuhh.apalagi MUx joknya pakai kulit asli. sedangkan ANKI ini tadinya aslinya fabric. ujug ujug tanpa diminta, dikasih sales sarung jok. saya bilang ke istri agar dilepas saja. tapi istri bilang jangan. yo wess.
Kursi MuX juga lebih panjang sekitar 2 cm. dimana kursi menopang paha sampai belakang lutut. Kursi baris ke 3 juga kursi MuX lebih tinggi hingga bahu tertopang. kursi ANKI lebih pendek sandarannya.
- getaran lebih enak di ANKI. namun demikian ada yang hilang yaitu suara Rnggg...Rnnggggg...Rnnnngggg dari mesin MuX kalau digas dikit dikit..
(bukan krang..krang..krang...)

- Dari sisi akomodasi dan jumlah penumpang, menang ANKI.
ANKI bisa 8 orang (sesuai jumlah seatbelt) yaitu 2+3+3 ; sedang di MUX itu 2+3+2.
Tapi kalau di MuX itu maka penupang baris kedua, semua berebut sebelah pinggir karena kalau dapat di middle, maka kursinya kayak undakan, kita duduknya tinggi rasanya..dan sandarannya keras juga (ada cup holder dan arm rest)

- Bagasi lebih luas ANKI.

- Roof rail ANKI belum ada. kalau MUX sudah ada dari pabrikan.

Saya masih sering cari cari pencetan start stop button..eh ternyata gak ada... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Kesimpulan :
semua mobil ada plus minusnya.
yang penting dinikmati saja dan disyukuri.
gak perlu juga jadi fan-boy. gak dibayar juga.
gibin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Jun 14, 2008 6:22

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by gibin »

Malam om semua, minta advisnya ya.

Ane baru ambil ANKI bensin seken 2017, KM 54rb.
Kemarin langsung servis 50rb (ganti oli mesin, oli gardan, minyak rem, filter udara, balancing, dll) di Auto2000, pemilik sebelumnya terakhir servis pas KM 40rban.

Beberapa minggu ini mobil dipakai PP Bandung Jakarta kerasa hal2 yg kurang nyaman:
- Saat kecepatan >80 Kph kadang suka rada goyang/ga smooth tarikannya.
- Kadang suka kerasa jeduk di perpindahan gigi 1, 2,3 (pas pelan/sedang).
- transmisi overall tidak se-smooth 4AT punya All new Ertiga.

Kira2 perlu treatment apa ya, apa ganti oli transmisi, spooring, atau lainnya?
Trims sebelumnya yaa
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by adiputra4 »

gibin wrote: Thu Nov 04, 2021 14:10 Malam om semua, minta advisnya ya.

Ane baru ambil ANKI bensin seken 2017, KM 54rb.
Kemarin langsung servis 50rb (ganti oli mesin, oli gardan, minyak rem, filter udara, balancing, dll) di Auto2000, pemilik sebelumnya terakhir servis pas KM 40rban.

Beberapa minggu ini mobil dipakai PP Bandung Jakarta kerasa hal2 yg kurang nyaman:
- Saat kecepatan >80 Kph kadang suka rada goyang/ga smooth tarikannya.
- Kadang suka kerasa jeduk di perpindahan gigi 1, 2,3 (pas pelan/sedang).
- transmisi overall tidak se-smooth 4AT punya All new Ertiga.

Kira2 perlu treatment apa ya, apa ganti oli transmisi, spooring, atau lainnya?
Trims sebelumnya yaa
Yg goyang itu apanya om ?

Matic jeduk/gak smooth kemungkinan besar ATF kurang, kalau KM udah 50 rebuan better sekalian ganti om
gibin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Jun 14, 2008 6:22

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by gibin »

adiputra4 wrote: Thu Nov 04, 2021 14:38
gibin wrote: Thu Nov 04, 2021 14:10 Malam om semua, minta advisnya ya.

Ane baru ambil ANKI bensin seken 2017, KM 54rb.
Kemarin langsung servis 50rb (ganti oli mesin, oli gardan, minyak rem, filter udara, balancing, dll) di Auto2000, pemilik sebelumnya terakhir servis pas KM 40rban.

Beberapa minggu ini mobil dipakai PP Bandung Jakarta kerasa hal2 yg kurang nyaman:
- Saat kecepatan >80 Kph kadang suka rada goyang/ga smooth tarikannya.
- Kadang suka kerasa jeduk di perpindahan gigi 1, 2,3 (pas pelan/sedang).
- transmisi overall tidak se-smooth 4AT punya All new Ertiga.

Kira2 perlu treatment apa ya, apa ganti oli transmisi, spooring, atau lainnya?
Trims sebelumnya yaa
Yg goyang itu apanya om ?

Matic jeduk/gak smooth kemungkinan besar ATF kurang, kalau KM udah 50 rebuan better sekalian ganti om

Goyang, mirip kendaraan brebet karena pembakaran ga stabil om.

Untuk oli ATF ada rekomendasi selain yg TMO? Merk dan spesifikasinya.

Terima kasih
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by adiputra4 »

gibin wrote: Fri Nov 05, 2021 0:23
adiputra4 wrote: Thu Nov 04, 2021 14:38
gibin wrote: Thu Nov 04, 2021 14:10 Malam om semua, minta advisnya ya.

Ane baru ambil ANKI bensin seken 2017, KM 54rb.
Kemarin langsung servis 50rb (ganti oli mesin, oli gardan, minyak rem, filter udara, balancing, dll) di Auto2000, pemilik sebelumnya terakhir servis pas KM 40rban.

Beberapa minggu ini mobil dipakai PP Bandung Jakarta kerasa hal2 yg kurang nyaman:
- Saat kecepatan >80 Kph kadang suka rada goyang/ga smooth tarikannya.
- Kadang suka kerasa jeduk di perpindahan gigi 1, 2,3 (pas pelan/sedang).
- transmisi overall tidak se-smooth 4AT punya All new Ertiga.

Kira2 perlu treatment apa ya, apa ganti oli transmisi, spooring, atau lainnya?
Trims sebelumnya yaa
Yg goyang itu apanya om ?

Matic jeduk/gak smooth kemungkinan besar ATF kurang, kalau KM udah 50 rebuan better sekalian ganti om

Goyang, mirip kendaraan brebet karena pembakaran ga stabil om.

Untuk oli ATF ada rekomendasi selain yg TMO? Merk dan spesifikasinya.

Terima kasih
Coba di cek pengapiannya om, busi, koil, TB.. kalo habis service mending balik lg aja ke auto2000 om service.. kan biasanya ada garansi 7 hari tuh kalo mobil knp2

Kalo ATF sih banyak ya, saya rekomen Aisin dexron VI atau Valvoline Maxlife dex 6, atau Q8 Auto JK.. sesuai budget aja

Saran saya mending di flush / gerlong.. kalo jedug kemungkinan ATF kurang, ATF kurang oli lebih cepat teroksidasi karena panas..
setelah ATF diganti pastikan level ATF nya gak kurang om biar ga jedug lagi..
Belajarmobil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Dec 30, 2020 16:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota avanza

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Belajarmobil »

Om2 n Suhu2.. mau tanya, ANKI ane kok seminggu belakangan bunyi putu ya waktu cold start pagi?
Kurang lebih selama 5 menit awal pas baru dihidupin
gibin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Jun 14, 2008 6:22

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by gibin »

adiputra4 wrote: Fri Nov 05, 2021 5:41
gibin wrote: Fri Nov 05, 2021 0:23
adiputra4 wrote: Thu Nov 04, 2021 14:38

Yg goyang itu apanya om ?

Matic jeduk/gak smooth kemungkinan besar ATF kurang, kalau KM udah 50 rebuan better sekalian ganti om

Goyang, mirip kendaraan brebet karena pembakaran ga stabil om.

Untuk oli ATF ada rekomendasi selain yg TMO? Merk dan spesifikasinya.

Terima kasih
Coba di cek pengapiannya om, busi, koil, TB.. kalo habis service mending balik lg aja ke auto2000 om service.. kan biasanya ada garansi 7 hari tuh kalo mobil knp2

Kalo ATF sih banyak ya, saya rekomen Aisin dexron VI atau Valvoline Maxlife dex 6, atau Q8 Auto JK.. sesuai budget aja

Saran saya mending di flush / gerlong.. kalo jedug kemungkinan ATF kurang, ATF kurang oli lebih cepat teroksidasi karena panas..
setelah ATF diganti pastikan level ATF nya gak kurang om biar ga jedug lagi..
Trims om, coba hunting olinya dulu.
Kemarin mampir Auto2000, SAnya nyaranin pakai TMO buat oli ATFnya. Pakai bawaan, khawatir gejala tetep aja
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

gibin wrote:
adiputra4 wrote: Fri Nov 05, 2021 5:41
gibin wrote: Fri Nov 05, 2021 0:23
Goyang, mirip kendaraan brebet karena pembakaran ga stabil om.

Untuk oli ATF ada rekomendasi selain yg TMO? Merk dan spesifikasinya.

Terima kasih
Coba di cek pengapiannya om, busi, koil, TB.. kalo habis service mending balik lg aja ke auto2000 om service.. kan biasanya ada garansi 7 hari tuh kalo mobil knp2

Kalo ATF sih banyak ya, saya rekomen Aisin dexron VI atau Valvoline Maxlife dex 6, atau Q8 Auto JK.. sesuai budget aja

Saran saya mending di flush / gerlong.. kalo jedug kemungkinan ATF kurang, ATF kurang oli lebih cepat teroksidasi karena panas..
setelah ATF diganti pastikan level ATF nya gak kurang om biar ga jedug lagi..
Trims om, coba hunting olinya dulu.
Kemarin mampir Auto2000, SAnya nyaranin pakai TMO buat oli ATFnya. Pakai bawaan, khawatir gejala tetep aja
aisin afw vi bagus om buat trans 2gd
pecinta bio solar
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

Belajarmobil wrote: Tue Nov 02, 2021 15:05
ac235287 wrote: Fri Oct 29, 2021 12:45
sintoni wrote: Fri Oct 29, 2021 8:32

Aman om..
Tenkyu Om, ane lanjut ganti oli gardan pake yg ada embel2 LSDnya kalo gitu.
Klo ane pake gl5 tapi yg bukan LSD om.. minggu kmrn ane bawa t4 mbah marmut..

Gmn om rasanya pake yg LSD? ane jg blom paham itu bedanya ama yg LSD
Udah ganti oli gardan pakai speedline gl5 full synthetic LSD, harga 100k/liter. Spec 75w-90. Berdasarkan butt-o-meter ane, mobil pas awal jalan terasa lebih ringan dari sebelumnya waktu pakai bardhal 80w-90. Ini merek inggris, import ke indonesia, jarang yg pake , tp ngga nemu pds buat oli gardannya, buat oli mesin nya ada pds dan teregister di API. Buat semua oli speedline, udah SNI. Menirut ane oli gardan nya worth to buy hahaha, 100 rb/liter udah full synt.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

ac235287 wrote: Wed Nov 10, 2021 3:10

Udah ganti oli gardan pakai speedline gl5 full synthetic LSD, harga 100k/liter. Spec 75w-90. Berdasarkan butt-o-meter ane, mobil pas awal jalan terasa lebih ringan dari sebelumnya waktu pakai bardhal 80w-90. Ini merek inggris, import ke indonesia, jarang yg pake , tp ngga nemu pds buat oli gardannya, buat oli mesin nya ada pds dan teregister di API. Buat semua oli speedline, udah SNI. Menirut ane oli gardan nya worth to buy hahaha, 100 rb/liter udah full synt.
oli gardan tuh ngaruh banget ya. beberapa hari yg lalu 2gd gue di service di beres auto 2000 (karena uji emisi diesel sangat terbatas juga tempatnya, jadi lah sekalian service rutin kecuai oli mesin)

oli gardan aja yg diganti sama dia, abis itu rasanya jadi rada berat. gue pikir sugesti aja, tapi abis baca post ini jadi kepikiran.... :big_think: klo oli gardan ori toyota apa bikin berat??? sblm nya pakai ptt klo ngga salah.... tp itu terakhir ganti 2 tahun yg lalu alias 15 ribu km yg lalu.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

tesna wrote: Wed Nov 10, 2021 7:14
ac235287 wrote: Wed Nov 10, 2021 3:10

Udah ganti oli gardan pakai speedline gl5 full synthetic LSD, harga 100k/liter. Spec 75w-90. Berdasarkan butt-o-meter ane, mobil pas awal jalan terasa lebih ringan dari sebelumnya waktu pakai bardhal 80w-90. Ini merek inggris, import ke indonesia, jarang yg pake , tp ngga nemu pds buat oli gardannya, buat oli mesin nya ada pds dan teregister di API. Buat semua oli speedline, udah SNI. Menirut ane oli gardan nya worth to buy hahaha, 100 rb/liter udah full synt.
oli gardan tuh ngaruh banget ya. beberapa hari yg lalu 2gd gue di service di beres auto 2000 (karena uji emisi diesel sangat terbatas juga tempatnya, jadi lah sekalian service rutin kecuai oli mesin)

oli gardan aja yg diganti sama dia, abis itu rasanya jadi rada berat. gue pikir sugesti aja, tapi abis baca post ini jadi kepikiran.... :big_think: klo oli gardan ori toyota apa bikin berat??? sblm nya pakai ptt klo ngga salah.... tp itu terakhir ganti 2 tahun yg lalu alias 15 ribu km yg lalu.
ti ati om

oli gardan nya TMO itu biasa single grade yg SAE 90 , jauh lebi berat jadinya drpd PTT yg multigrade

kcuali dikasi nya TMO gear oil yg 75-85 (tp ini jg musti spesial order dan lebi mahalll)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

Belajarmobil wrote: Sat Nov 06, 2021 16:37 Om2 n Suhu2.. mau tanya, ANKI ane kok seminggu belakangan bunyi putu ya waktu cold start pagi?
Kurang lebih selama 5 menit awal pas baru dihidupin
gpp itu...tunggu aja sampe oli nya naik..hahhaha tarikan masih enak2 aja kan?mblnya masih ada warranty??
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

DOHC wrote: Wed Nov 10, 2021 7:23

ti ati om

oli gardan nya TMO itu biasa single grade yg SAE 90 , jauh lebi berat jadinya drpd PTT yg multigrade

kcuali dikasi nya TMO gear oil yg 75-85 (tp ini jg musti spesial order dan lebi mahalll)
ishh alamat ganti oli gardan lagi dong ini :)) ok thanks info nya ommm
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18