All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

mau tanya om.. mbah
reborn 2GD setelah remap, tutup EGR, ganti downpipe pengaruh ke FC kira2 signifikan atau tidak? tambah boros signifikan atau tidak? asumsi pakai biosol + additve
pengen biar tarikan bawah/awal lebih responsif dan turbo lag aga berkurang. maklum mobil kuli, jadi masih mikir FC
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

dori2802 wrote: 22 Sep 2021, 10:40 mau tanya om.. mbah
reborn 2GD setelah remap, tutup EGR, ganti downpipe pengaruh ke FC kira2 signifikan atau tidak? tambah boros signifikan atau tidak? asumsi pakai biosol + additve
pengen biar tarikan bawah/awal lebih responsif dan turbo lag aga berkurang. maklum mobil kuli, jadi masih mikir FC
dgn cara injek gas yg sama ya lebiih irit.....selama tuner nya emg bener hahha
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

andyez86 wrote: 22 Sep 2021, 10:54
dori2802 wrote: 22 Sep 2021, 10:40 mau tanya om.. mbah
reborn 2GD setelah remap, tutup EGR, ganti downpipe pengaruh ke FC kira2 signifikan atau tidak? tambah boros signifikan atau tidak? asumsi pakai biosol + additve
pengen biar tarikan bawah/awal lebih responsif dan turbo lag aga berkurang. maklum mobil kuli, jadi masih mikir FC
dgn cara injek gas yg sama ya lebiih irit.....selama tuner nya emg bener hahha
iya pengalaman saya jg begini, saya pakai ultraboost (waktu jaman sy pasang itu innova sy blom bisa di remap). Penrah coba ke bandung, std vs map 190hp lebih irit map 190hp :mky_01: akhirnya itu map idup terus. Ga pakai yg 205hp karena asap jadi cumi2. Rute dalkot jg sama2 saja rasanya.

Btw, kalau ganti turbo 1gd hybrid sks itu gimana ya, apakah kalau nyetir kalem bisa seirit std juga kah? (setelah di tune ulang tentunya)
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by NestlePureLife »

Mlm gan mau tanya
Barusan remap 2gd feslip 2021
Info dari tunernya lebih baik pakai min dexlite karena sejak feslip ada perbedaan di injectornya lebih lemah jadi tdk disarankan solbus biasa?
Pdhal ambil 2gd ngiler di fcnya 😅
trulu
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 21 Nov 2015, 12:00

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by trulu »

evanbngdor wrote: 22 Sep 2021, 08:22
trulu wrote: 22 Sep 2021, 08:04 permisi suhu2 disini,
biasa kalo tune up anki diesel bagian apa aja ya dan berapa lama sekali?
terima kasih banyak
Kalau diesel paling purging sih, bukan 'tune up'

Saya biasa purging tiap 20rb km sekali
Kalo sudah purging apakah perlu membersihkan contoh throttle bodynya? Saya sudah tutup egr 1 keping plat.
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by camarokid »

tesna wrote: 24 Sep 2021, 21:33
andyez86 wrote: 22 Sep 2021, 10:54
dori2802 wrote: 22 Sep 2021, 10:40 mau tanya om.. mbah
reborn 2GD setelah remap, tutup EGR, ganti downpipe pengaruh ke FC kira2 signifikan atau tidak? tambah boros signifikan atau tidak? asumsi pakai biosol + additve
pengen biar tarikan bawah/awal lebih responsif dan turbo lag aga berkurang. maklum mobil kuli, jadi masih mikir FC
dgn cara injek gas yg sama ya lebiih irit.....selama tuner nya emg bener hahha
iya pengalaman saya jg begini, saya pakai ultraboost (waktu jaman sy pasang itu innova sy blom bisa di remap). Penrah coba ke bandung, std vs map 190hp lebih irit map 190hp :mky_01: akhirnya itu map idup terus. Ga pakai yg 205hp karena asap jadi cumi2. Rute dalkot jg sama2 saja rasanya.

Btw, kalau ganti turbo 1gd hybrid sks itu gimana ya, apakah kalau nyetir kalem bisa seirit std juga kah? (setelah di tune ulang tentunya)
1GD SKS enak om, cuman pastinya sedikit lebih laggy dr turbo std karena dia diameter nya lebih besar. Tp lama lama pake juga nanti unnoticeable kok.

Irit nya 11/12 lah, tergantung kaki kanan.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

NestlePureLife wrote: 25 Sep 2021, 22:57 Mlm gan mau tanya
Barusan remap 2gd feslip 2021
Info dari tunernya lebih baik pakai min dexlite karena sejak feslip ada perbedaan di injectornya lebih lemah jadi tdk disarankan solbus biasa?
Pdhal ambil 2gd ngiler di fcnya 😅
saya pun pakai 2gd 2018 selalu 100% dex, dan walau pakai dex tetep aja berasa irit sih, jkt-bandung-lembang-bandung-jkt cuman abis 300 ribu bbm nya (pakai dex), denger2 sih injector di 2GD 2021 udah piezo electric atau apalah itu, tapi turbo jg udah improvd. klo di remap dapat itu 220hp, compared 2GD lama yang cuman 205hp. kalau mau make mobil lebih dr 5 tahun ya ok saja koq pakai bbm berkualitas.
camarokid wrote: 26 Sep 2021, 09:17
1GD SKS enak om, cuman pastinya sedikit lebih laggy dr turbo std karena dia diameter nya lebih besar. Tp lama lama pake juga nanti unnoticeable kok.

Irit nya 11/12 lah, tergantung kaki kanan.
wah menarik juga.. jadi pengen hauhahahahah. aduh tapi hrs upgrade rem juga ya :hammer: ini klo ganti turbo hrs ganti pipa intercooler gitu2 jg ya?

soal lebih lag dr turbo std, kl menurut dynochart yang saya temuin via googling sih harusnya ngga lebih laggy drpd turbo std ga sih? apa tergantung tuner kali ya? apa turbo 1GD itu ada banyak versi nya ya...
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

Secara teori sih kalau semakin gede turbo semakin laggy, karena dia butuh waktu/udara lebih banyak untuk spool.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

NestlePureLife wrote: 25 Sep 2021, 22:57 Mlm gan mau tanya
Barusan remap 2gd feslip 2021
Info dari tunernya lebih baik pakai min dexlite karena sejak feslip ada perbedaan di injectornya lebih lemah jadi tdk disarankan solbus biasa?
Pdhal ambil 2gd ngiler di fcnya 😅
Om, dapat berapa hp dan nm om?
Sy mau remap masih ngeri2 sedap…
Garansi batal sih ya.
Masih nunggu2 1GD 4x4 dpt harga brp?
Mau tuker innopa ke fortie hihihi
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by camarokid »

camarokid wrote: 26 Sep 2021, 09:17
1GD SKS enak om, cuman pastinya sedikit lebih laggy dr turbo std karena dia diameter nya lebih besar. Tp lama lama pake juga nanti unnoticeable kok.

Irit nya 11/12 lah, tergantung kaki kanan.
wah menarik juga.. jadi pengen hauhahahahah. aduh tapi hrs upgrade rem juga ya :hammer: ini klo ganti turbo hrs ganti pipa intercooler gitu2 jg ya?

soal lebih lag dr turbo std, kl menurut dynochart yang saya temuin via googling sih harusnya ngga lebih laggy drpd turbo std ga sih? apa tergantung tuner kali ya? apa turbo 1GD itu ada banyak versi nya ya...
Upgrade rem sih pilihan om :big_childish: tp sebaik nya di imbang.. Imho buat awal sih ganti brakeline hel + aftermarket rotor (kl yang std udh geter), udh cukup buat improve feel rem nya.

Pipa intercooler wajib sih, karena boost nya kan naik ya.. Biar optimal aja jalur nya.

1GD hybrid ada yang racikan lokal ama yang Thai.. Tp tetep si itu turbo tambah gede pasti ada ngelag nya sedikit, tp ya lama lama biasa. Udh cobain yang versi remap dan piggy soalnya. Peak torque nya juga shifting ke kanan kl dr dyno.

Kalau mau gak lag, bisa di konsider pake turbo 2GD hybrid, enak juga itu.. Waktu itu udh pernah coba bawa.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

trulu wrote: 25 Sep 2021, 23:45
evanbngdor wrote: 22 Sep 2021, 08:22
trulu wrote: 22 Sep 2021, 08:04 permisi suhu2 disini,
biasa kalo tune up anki diesel bagian apa aja ya dan berapa lama sekali?
terima kasih banyak
Kalau diesel paling purging sih, bukan 'tune up'

Saya biasa purging tiap 20rb km sekali
Kalo sudah purging apakah perlu membersihkan contoh throttle bodynya? Saya sudah tutup egr 1 keping plat.
Saya dr baru ngga pernah utak atik throttle body sih. Dr baru jg udah langsung tutup EGR nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by NestlePureLife »

tesna wrote: 26 Sep 2021, 10:04
NestlePureLife wrote: 25 Sep 2021, 22:57 Mlm gan mau tanya
Barusan remap 2gd feslip 2021
Info dari tunernya lebih baik pakai min dexlite karena sejak feslip ada perbedaan di injectornya lebih lemah jadi tdk disarankan solbus biasa?
Pdhal ambil 2gd ngiler di fcnya 😅
saya pun pakai 2gd 2018 selalu 100% dex, dan walau pakai dex tetep aja berasa irit sih, jkt-bandung-lembang-bandung-jkt cuman abis 300 ribu bbm nya (pakai dex), denger2 sih injector di 2GD 2021 udah piezo electric atau apalah itu, tapi turbo jg udah improvd. klo di remap dapat itu 220hp, compared 2GD lama yang cuman 205hp. kalau mau make mobil lebih dr 5 tahun ya ok saja koq pakai bbm berkualitas.
camarokid wrote: 26 Sep 2021, 09:17
1GD SKS enak om, cuman pastinya sedikit lebih laggy dr turbo std karena dia diameter nya lebih besar. Tp lama lama pake juga nanti unnoticeable kok.

Irit nya 11/12 lah, tergantung kaki kanan.
wah menarik juga.. jadi pengen hauhahahahah. aduh tapi hrs upgrade rem juga ya :hammer: ini klo ganti turbo hrs ganti pipa intercooler gitu2 jg ya?

soal lebih lag dr turbo std, kl menurut dynochart yang saya temuin via googling sih harusnya ngga lebih laggy drpd turbo std ga sih? apa tergantung tuner kali ya? apa turbo 1GD itu ada banyak versi nya ya...
Noted gan , abisin tangki sampe kosong dulu tar baru isi dexlite.. btw masi pake ramuan ptt ngga kalau uda dexlite?
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by NestlePureLife »

McLaren wrote: 26 Sep 2021, 14:12
NestlePureLife wrote: 25 Sep 2021, 22:57 Mlm gan mau tanya
Barusan remap 2gd feslip 2021
Info dari tunernya lebih baik pakai min dexlite karena sejak feslip ada perbedaan di injectornya lebih lemah jadi tdk disarankan solbus biasa?
Pdhal ambil 2gd ngiler di fcnya 😅
Om, dapat berapa hp dan nm om?
Sy mau remap masih ngeri2 sedap…
Garansi batal sih ya.
Masih nunggu2 1GD 4x4 dpt harga brp?
Mau tuker innopa ke fortie hihihi
Kurang tau gan dpt brp... info tunernya yg pasti diatas 200
Lagian dibawa ngebut std ngga enak bgt kok hahaha
Oya garansi ga ilang.. tar mau service gratisan di nasmoco juga minta oli bagusan
Belajarmobil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 30 Dec 2020, 23:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota avanza

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Belajarmobil »

Suhu2 ijin tanya, klo serpis kaki2 biasanya dimana?? Yg sekitaran bekasi atau jakut, jaktim, jakpus.. sy cuma mau ganti balljoint sih..

Mau ke jantra, tp gak nahan ngantrinya wkwkwk

Makasih sebelumnya
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

habis service berkala 40rb km di km 46rban.
ganti filter solar walaupun blm nyala indikatornya

dan sepertinya bisa sampai 60rb harusnya... :mky_01: :mky_01:
bbm = biosol + psdk/stp/ptt
Attachments
20210930_135442.jpg
20210930_135442.jpg (233.51 KiB) Viewed 1100 times
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

dori2802 wrote: 30 Sep 2021, 14:01 habis service berkala 40rb km di km 46rban.
ganti filter solar walaupun blm nyala indikatornya

dan sepertinya bisa sampai 60rb harusnya... :mky_01: :mky_01:
bbm = biosol + psdk/stp/ptt
ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

well wrote: 30 Sep 2021, 16:55 ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
belum pernah ganti mbah, baru tadi pertama kali ganti filter solar. karena mikirnya hampir selalu pakai biosol walaupun sll pakai aditip, karena pas service 30rb SA sudah menyarankan. tapi gw blm mau.. nunggu pas km 46rb ini ganti.
saya pikir karena sll pakai aditip setiap isi solar, cukup membantu. dan selalu isi di spbu yg ramai truk-bus.

setelah lihat itu, kayaknya ganti minimal di 50k aja... yg penting ori
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

dori2802 wrote: 30 Sep 2021, 17:15
well wrote: 30 Sep 2021, 16:55 ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
belum pernah ganti mbah, baru tadi pertama kali ganti filter solar. karena mikirnya hampir selalu pakai biosol walaupun sll pakai aditip, karena pas service 30rb SA sudah menyarankan. tapi gw blm mau.. nunggu pas km 46rb ini ganti.
saya pikir karena sll pakai aditip setiap isi solar, cukup membantu. dan selalu isi di spbu yg ramai truk-bus.

setelah lihat itu, kayaknya ganti minimal di 50k aja... yg penting ori
Wih, mantap om.

Ini milih2 SPBU ya?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

dori2802 wrote: 30 Sep 2021, 17:15
well wrote: 30 Sep 2021, 16:55 ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
belum pernah ganti mbah, baru tadi pertama kali ganti filter solar. karena mikirnya hampir selalu pakai biosol walaupun sll pakai aditip, karena pas service 30rb SA sudah menyarankan. tapi gw blm mau.. nunggu pas km 46rb ini ganti.
saya pikir karena sll pakai aditip setiap isi solar, cukup membantu. dan selalu isi di spbu yg ramai truk-bus.

setelah lihat itu, kayaknya ganti minimal di 50k aja... yg penting ori
woow, tergolong bersih nih...
Suhu mgkn bs bantu jawab, kalau campur additive hasilnya bs bagus sprt ini, berarti kotorannya kemana y? apakah mengendap di tanki?
kalau tidak pakai additive kan relatif lbh kotor, artinya kotorannya yg dr tanki tersaring di filter.
Analoginya sprt oli yg mengandung zat detergen bny maka dr itu oli warnanya hitam krn melarutkan kerak2, sedangkan klo yg zat detergennya sedikit warna oli akan lbh terang krn tidak melarutkan kotoran. Mohon info pemikiran sy yg mgkn terbalik balik
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

well wrote: 01 Oct 2021, 10:56
dori2802 wrote: 30 Sep 2021, 17:15
well wrote: 30 Sep 2021, 16:55 ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
belum pernah ganti mbah, baru tadi pertama kali ganti filter solar. karena mikirnya hampir selalu pakai biosol walaupun sll pakai aditip, karena pas service 30rb SA sudah menyarankan. tapi gw blm mau.. nunggu pas km 46rb ini ganti.
saya pikir karena sll pakai aditip setiap isi solar, cukup membantu. dan selalu isi di spbu yg ramai truk-bus.

setelah lihat itu, kayaknya ganti minimal di 50k aja... yg penting ori
woow, tergolong bersih nih...
Suhu mgkn bs bantu jawab, kalau campur additive hasilnya bs bagus sprt ini, berarti kotorannya kemana y? apakah mengendap di tanki?
kalau tidak pakai additive kan relatif lbh kotor, artinya kotorannya yg dr tanki tersaring di filter.
Analoginya sprt oli yg mengandung zat detergen bny maka dr itu oli warnanya hitam krn melarutkan kerak2, sedangkan klo yg zat detergennya sedikit warna oli akan lbh terang krn tidak melarutkan kotoran. Mohon info pemikiran sy yg mgkn terbalik balik
Saya pake aditif, di tangki ya tetap bersih sih Om, di filter yg ada di fuel pump jg ngga ada jelaga sampe kerak gitu.

Mungkin tergantung kotorannya seperti apa kali ya, kalo lumpur ya mungkin mengendap di tangki & fuel pump.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

dori2802 wrote: 30 Sep 2021, 17:15
well wrote: 30 Sep 2021, 16:55 ini filter solarnya sudah jalan brp om? apa blm pernah ganti dr baru?
tergolong bersih
belum pernah ganti mbah, baru tadi pertama kali ganti filter solar. karena mikirnya hampir selalu pakai biosol walaupun sll pakai aditip, karena pas service 30rb SA sudah menyarankan. tapi gw blm mau.. nunggu pas km 46rb ini ganti.
saya pikir karena sll pakai aditip setiap isi solar, cukup membantu. dan selalu isi di spbu yg ramai truk-bus.

setelah lihat itu, kayaknya ganti minimal di 50k aja... yg penting ori
filter solar ori kalo di beres kena berapa om?
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

sintoni wrote: 30 Sep 2021, 17:42
Wih, mantap om.

Ini milih2 SPBU ya?
kebetulan rumah agak dipinggir kota dan banyak pabrik jadi banyak truk dan bus2 antar jemput karyawan. ada bbrp SPBU yg selalu ramai truk/bus. saya isinya disitu mbah. tinggal lihat jam yg biasanya truk/bus belum ramai.
walaupun kadang di tengah kota. dan sll biosol.
well wrote: 01 Oct 2021, 10:56 woow, tergolong bersih nih...
Suhu mgkn bs bantu jawab, kalau campur additive hasilnya bs bagus sprt ini, berarti kotorannya kemana y? apakah mengendap di tanki?
kalau tidak pakai additive kan relatif lbh kotor, artinya kotorannya yg dr tanki tersaring di filter.
Analoginya sprt oli yg mengandung zat detergen bny maka dr itu oli warnanya hitam krn melarutkan kerak2, sedangkan klo yg zat detergennya sedikit warna oli akan lbh terang krn tidak melarutkan kotoran. Mohon info pemikiran sy yg mgkn terbalik balik
kurang paham juga mbah, mgkn karena mobil kerja keras bagai kuli. 3-4 bulan servise 10k km... jadi solar ga sempat ngendap dan muncul gel. penambahan additif juga atas rekomen para mbah2 suhu SM yg saya baca. ternyata efeknya bagus,
saya lihat di yt ada 2gd jalan 31rb an udah item banget filsonya dan sampai muncul gel

forzanetti wrote: 01 Oct 2021, 11:52
filter solar ori kalo di beres kena berapa om?
kena 650rb om, belum jasa. kemarin service 40rb (di km 46k :big_slap: ) kena 1,9jt (Oli bawa sendiri).
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

dori2802 wrote: 01 Oct 2021, 19:46 kena 650rb om, belum jasa. kemarin service 40rb (di km 46k :big_slap: ) kena 1,9jt (Oli bawa sendiri).
wih lumayan juga ya di beres. di luaran kayanya 350-400rban ya?

btw servis rutin di beres boleh ya bawa oli sendiri selain TMO. ga bikin garansi hangus ya om?
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

forzanetti wrote: 03 Oct 2021, 18:41
dori2802 wrote: 01 Oct 2021, 19:46 kena 650rb om, belum jasa. kemarin service 40rb (di km 46k :big_slap: ) kena 1,9jt (Oli bawa sendiri).
wih lumayan juga ya di beres. di luaran kayanya 350-400rban ya?

btw servis rutin di beres boleh ya bawa oli sendiri selain TMO. ga bikin garansi hangus ya om?
setahu ane om filsol ori yg dibawah 500 rb itu Ori Thailand. bukan ori toyota sini, walaupun dari fisik sepertinya sama aja..
boleh om bawa oli sendiri. ane dari awal bawa oli sendiri. oli rekomendasi dari suhu di mari. PTT, Unil, Q8 tapi yg versi ekonomis semua... :big_blushing:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
r0JAK
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 09 Apr 2021, 11:29

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by r0JAK »

dori2802 wrote: 04 Oct 2021, 13:59
forzanetti wrote: 03 Oct 2021, 18:41
dori2802 wrote: 01 Oct 2021, 19:46 kena 650rb om, belum jasa. kemarin service 40rb (di km 46k :big_slap: ) kena 1,9jt (Oli bawa sendiri).
wih lumayan juga ya di beres. di luaran kayanya 350-400rban ya?

btw servis rutin di beres boleh ya bawa oli sendiri selain TMO. ga bikin garansi hangus ya om?
setahu ane om filsol ori yg dibawah 500 rb itu Ori Thailand. bukan ori toyota sini, walaupun dari fisik sepertinya sama aja..
boleh om bawa oli sendiri. ane dari awal bawa oli sendiri. oli rekomendasi dari suhu di mari. PTT, Unil, Q8 tapi yg versi ekonomis semua... :big_blushing:
kalau beli diluar beres...dibawah gopek koq...
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post