All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45
DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19
Harrishk wrote: Fri Jul 15, 2022 20:31 Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kuras pakai oli matic apa?
Mungkin dijelasin getar karena apa?
Misal karena matic bengong mau pindah gigi?
Biasanya getar karena RPM terlalu rendah?
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by gwsecretc »

DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 12:10 Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45
DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19
Harrishk wrote: Fri Jul 15, 2022 20:31 Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

gwsecretc wrote:
DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 12:10 Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45
DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19 Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. [emoji120]
Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Jangan tunggu lama2 om, lgsg ganti aja biar ga penasaran [emoji28][emoji120]

Untuk masalah shifting, saya jg sama mengalami getar di shift ke gigi 5. Udsh ganti ptt lv1, dulu kayaknya agak hilang, skrg masu ke kilometer 5000an sejak ganti ptt lv1, kayaknya getarnya tetep ada lagi. Udah give up biarin aja deh haha
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

Profith83 wrote: Sat Jul 16, 2022 10:47
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45
DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19

Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kuras pakai oli matic apa?
Mungkin dijelasin getar karena apa?
Misal karena matic bengong mau pindah gigi?
Biasanya getar karena RPM terlalu rendah?
Sebelum nya Saya pake Ptt Atf Lv1 , lalu ada yang bilang takutnya spek tidak cocok, jadinya saya kuras ulang pakai Punya toyota,

Kalau saat Rpm Rendah jalan di km 40-80 gt mobil terasa getar. Seperti brebet. Apa lagi kalau muatan lebih. Mobil serasa berat sekali waktu perpindahan gigi.

Tetapi hari ini saya coba test jalan dengan kondisi ac tidak nyala, getaran itu seperti lebih minim dan mbl lebih enteng. Apa ada kaitannya dgn ac? Tapi ini saya masih coba2 sih.
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

gwsecretc wrote: Sat Jul 16, 2022 12:09
DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 12:10 Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45
DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19

Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Nahh hampir sama seperti yg saya rasakan nih om, tetapi terakhir sebelum saya kuras pake oli Matic toyota, saya pake ptt Lv1 , dan baru jalan skitar 8000km. Berhubung dengar dr bbrp org takut spek ptt kurang cocok sama mbl, jadi saya kuras balikin ke oli Toyota, ternyata getar nya masih tidak ilang. Tetapi itu dia om, hai ini saya cb test jalan keliling tanpa nyalain ac, getaran itu lebih hilang dan mbl rasanya lebih enteng, masih bingung apakah ada kaitannya dengan ac? Mohon pencerahannya 🙏
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by blloewy »

:mky_02: Misi om...mau nanya2 ttg Innova.
Innova Gen 1 msh worth kah dibeli mengingat usianya yg sdh 15 thn lebih?
Budget mevet jd nyari innova u gantikan Lipindut yg space nya sdh terbatas begitu Bocil sdh mulai gede2 :big_grin:
Bedanya Innova Gen 1 ama yg sdh Euro apa aja ya? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sun Jul 17, 2022 0:02 :mky_02: Misi om...mau nanya2 ttg Innova.
Innova Gen 1 msh worth kah dibeli mengingat usianya yg sdh 15 thn lebih?
Budget mevet jd nyari innova u gantikan Lipindut yg space nya sdh terbatas begitu Bocil sdh mulai gede2 :big_grin:
Bedanya Innova Gen 1 ama yg sdh Euro apa aja ya? :big_think:
Ta jawap d tret penyamun ya mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 16:29
gwsecretc wrote: Sat Jul 16, 2022 12:09
DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16

padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45


Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Nahh hampir sama seperti yg saya rasakan nih om, tetapi terakhir sebelum saya kuras pake oli Matic toyota, saya pake ptt Lv1 , dan baru jalan skitar 8000km. Berhubung dengar dr bbrp org takut spek ptt kurang cocok sama mbl, jadi saya kuras balikin ke oli Toyota, ternyata getar nya masih tidak ilang. Tetapi itu dia om, hai ini saya cb test jalan keliling tanpa nyalain ac, getaran itu lebih hilang dan mbl rasanya lebih enteng, masih bingung apakah ada kaitannya dengan ac? Mohon pencerahannya 🙏
Justru saya sejak ganti PTT LV 1 berkurang getaran jauh.
Dulu masih bawaan pabrik pernah kena macet di tanjakan selama 40 menit jam 1 siang.
Nah habis gitu deoan kosong saya tancap gas.... lah getar .....

Sejak ganti PTT LV1 bekurang jauh.
Pastikan kondisi oli ATF jangan terlalu full.
Habis jalan jauh, matikan 10 menit.
Kemudian nyalain lagi, mainin bolak balik PRND + - bolak balik 3 kali. Tiap berhenti tunggu 1 detik.

Mesin keadaan nyala buka baut check/overflow pakai kunci L. Oli ATF keluar agak lumayan kecepatan sedang atau kecepatan pelan bagus.

Tapi kakau gak keluar artinya kurang.
Keluar terlalu kencang juga jelek....

Waktu itu punya saya kekuar terlalu kencang saya biarin sampai sedang, tutup lagi
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

Profith83 wrote: Sun Jul 17, 2022 10:28
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 16:29
gwsecretc wrote: Sat Jul 16, 2022 12:09

Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini



Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Nahh hampir sama seperti yg saya rasakan nih om, tetapi terakhir sebelum saya kuras pake oli Matic toyota, saya pake ptt Lv1 , dan baru jalan skitar 8000km. Berhubung dengar dr bbrp org takut spek ptt kurang cocok sama mbl, jadi saya kuras balikin ke oli Toyota, ternyata getar nya masih tidak ilang. Tetapi itu dia om, hai ini saya cb test jalan keliling tanpa nyalain ac, getaran itu lebih hilang dan mbl rasanya lebih enteng, masih bingung apakah ada kaitannya dengan ac? Mohon pencerahannya 🙏
Justru saya sejak ganti PTT LV 1 berkurang getaran jauh.
Dulu masih bawaan pabrik pernah kena macet di tanjakan selama 40 menit jam 1 siang.
Nah habis gitu deoan kosong saya tancap gas.... lah getar .....

Sejak ganti PTT LV1 bekurang jauh.
Pastikan kondisi oli ATF jangan terlalu full.
Habis jalan jauh, matikan 10 menit.
Kemudian nyalain lagi, mainin bolak balik PRND + - bolak balik 3 kali. Tiap berhenti tunggu 1 detik.

Mesin keadaan nyala buka baut check/overflow pakai kunci L. Oli ATF keluar agak lumayan kecepatan sedang atau kecepatan pelan bagus.

Tapi kakau gak keluar artinya kurang.
Keluar terlalu kencang juga jelek....

Waktu itu punya saya kekuar terlalu kencang saya biarin sampai sedang, tutup lagi

Nahh tempo hari pas di bengkel A saya kuras isi Ptt Lv1 di isi 11 L , lalu pas saya ngerasain tidak enak. Saya coba ke bengkel B dan ternyata pas di cek dr kolong mbl, Oli Atf nya keluar agak deras jadi di kurangin. Setelah itu hasil nya masih sama tidak berubah.

Karena merasa risih, akhirnya saya coba kurang ulang ganti pake oli atf toyota. Ternyata masih sama.
Tapi saya semakin yakin ini ada kaitannya dengan AC , karena waktu saya coba test jalan tanpa AC, getaran itu berkurang jauh dan hampir tidak ada. Tapi saya masih bingung ada part apa yg bermasalah, saya baca2 di google ada yang bilang bearing ac / pulley tensioner. Jadi saya masih mencari informasi dan berharap segera ketemu permasalahannya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Harrishk wrote: Sun Jul 17, 2022 14:20
Profith83 wrote: Sun Jul 17, 2022 10:28
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 16:29

Nahh hampir sama seperti yg saya rasakan nih om, tetapi terakhir sebelum saya kuras pake oli Matic toyota, saya pake ptt Lv1 , dan baru jalan skitar 8000km. Berhubung dengar dr bbrp org takut spek ptt kurang cocok sama mbl, jadi saya kuras balikin ke oli Toyota, ternyata getar nya masih tidak ilang. Tetapi itu dia om, hai ini saya cb test jalan keliling tanpa nyalain ac, getaran itu lebih hilang dan mbl rasanya lebih enteng, masih bingung apakah ada kaitannya dengan ac? Mohon pencerahannya 🙏
Justru saya sejak ganti PTT LV 1 berkurang getaran jauh.
Dulu masih bawaan pabrik pernah kena macet di tanjakan selama 40 menit jam 1 siang.
Nah habis gitu deoan kosong saya tancap gas.... lah getar .....

Sejak ganti PTT LV1 bekurang jauh.
Pastikan kondisi oli ATF jangan terlalu full.
Habis jalan jauh, matikan 10 menit.
Kemudian nyalain lagi, mainin bolak balik PRND + - bolak balik 3 kali. Tiap berhenti tunggu 1 detik.

Mesin keadaan nyala buka baut check/overflow pakai kunci L. Oli ATF keluar agak lumayan kecepatan sedang atau kecepatan pelan bagus.

Tapi kakau gak keluar artinya kurang.
Keluar terlalu kencang juga jelek....

Waktu itu punya saya kekuar terlalu kencang saya biarin sampai sedang, tutup lagi

Nahh tempo hari pas di bengkel A saya kuras isi Ptt Lv1 di isi 11 L , lalu pas saya ngerasain tidak enak. Saya coba ke bengkel B dan ternyata pas di cek dr kolong mbl, Oli Atf nya keluar agak deras jadi di kurangin. Setelah itu hasil nya masih sama tidak berubah.

Karena merasa risih, akhirnya saya coba kurang ulang ganti pake oli atf toyota. Ternyata masih sama.
Tapi saya semakin yakin ini ada kaitannya dengan AC , karena waktu saya coba test jalan tanpa AC, getaran itu berkurang jauh dan hampir tidak ada. Tapi saya masih bingung ada part apa yg bermasalah, saya baca2 di google ada yang bilang bearing ac / pulley tensioner. Jadi saya masih mencari informasi dan berharap segera ketemu permasalahannya.
Kalau getaran, coba ngolong apakah transmission mounting atau engine mounting sudah ambles karet retak parah?
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by gwsecretc »

Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 16:29
gwsecretc wrote: Sat Jul 16, 2022 12:09
DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16

padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
Saya juga pakai ukuran ini di anki disel (BS turanza t005a 215/65r16), udah lumayan menolong ngurangin limbung, mantul” saat kena poldur juga berkurang dan handling juga jadi lebih enak dari ecopia bawaan. Next mungkin akan coba ganti shock sesuai saran om” disini
Harrishk wrote: Sat Jul 16, 2022 2:45


Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Kalo saya, biasanya pas jalan 60 ke 80kmh dia pindah ke gigi 5 rpm nya jadi kayak agak kerendahan jadi getar. Terus pas muatan full 8 orang juga kalo shifting di low rpm sering getar. Tapi terakhir saya kuras atf nya pakai ptt lv1 getarnya malah berkurang jauh, nyaris ga terasa kalo ga sensitif” amat :big_biglaugh:
Nahh hampir sama seperti yg saya rasakan nih om, tetapi terakhir sebelum saya kuras pake oli Matic toyota, saya pake ptt Lv1 , dan baru jalan skitar 8000km. Berhubung dengar dr bbrp org takut spek ptt kurang cocok sama mbl, jadi saya kuras balikin ke oli Toyota, ternyata getar nya masih tidak ilang. Tetapi itu dia om, hai ini saya cb test jalan keliling tanpa nyalain ac, getaran itu lebih hilang dan mbl rasanya lebih enteng, masih bingung apakah ada kaitannya dengan ac? Mohon pencerahannya 🙏
Ya wajar aja sih om, karena ac emang menambah beban yang cukup berat pada mesin.

Lagian om, masalah getar ini keknya emang udah karakter at nya anki, saya juga sering dengar keluhan yang sama pada mobil teman” saya.., beda sama anki mt, bebas getaran

Kalo saya ya om, biar ga getar paling agak dibejek, ato pake mode manual s nya, biar shifting rpm agak tinggi.

Kalo atf ptt lv1 menurut web nya sih udah comply atf ws, jadi ga masalah. Udah banyak user yang pakai dan juga puas termasuk saya sendiri. Shifting lebih halus dan selip nya berkurang dibanding tmo bawaan..

Untuk masalah volume atf emang anki sensitif, kejadian di mobil saya juga sama, mau jumlah pas ato kebanyakan yah tetap getar jg transmisinya, malah volume kebanyakan buat shiftingnya jadi telat dan tarikan jadi berat..
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Mrvin »

Harrishk wrote: Fri Jul 15, 2022 20:31 Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
mungkin dicoba dulu dicabut accu nya selama 30 menit an

biar ECU sama TCU nya learning ulang

memang kadang TCU nya rada-rada :big_childish:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

tanya mbah... kampas rem depan aftermarket buat reborn diesel yg kualitasnya mirip ori.
kalau Bendix Metal king gmn mbah?

mohon pencerahannya...
terima kasih
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by iwansiagian »

dori2802 wrote:tanya mbah... kampas rem depan aftermarket buat reborn diesel yg kualitasnya mirip ori.
kalau Bendix Metal king gmn mbah?

mohon pencerahannya...
terima kasih
Saya pake armv ceramic om. Udah jalan 15ribu km, tol transjawa Bekasi sampe Probolinggo udah 2x bolak-balik. Udah jalur pegunungan yang turun naik kerja keras rem. Puas banget ga ada getar sama sekali rem kecepatan di atas 100km/jam.
Belajarmobil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Dec 30, 2020 16:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota avanza

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Belajarmobil »

Salam suhu sekalian..

Ijin bertanya, apa suhu2 ada yg pernah ganti oli matic anki 2.4 dengan 2 merk yg beda?

Sy rencana mau pake aisin afw VI sejumlah 4 liter, kemudian pake Q8 auto MV 4 liter..

Jd pertama dorong pake aisin 4 liter sampe habis.. trus terakhir pake q8 nya 4 liter

Apa ada efek nya om klo semisal kecampur / ada sisa aisin nya?
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by piggypig77 »

Halo semua mau nanya ada pertanyaan yg menggelitik selama ini, venturer bensin 2019 saya kok waktu idle dan rpm sekitar 600-700 rpm geter banget ya?

Biasa geter waktu ac on + gear posisi D sambil berenti atau mesin dingin dan di D

Pernah di cek bengkel resmi dan spesialis kaki kaki katanya engine mounting + transmission mounting masih bagus, apa iya mesin 1TR ini getar?
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

Belajarmobil wrote: Thu Jul 21, 2022 15:48 Salam suhu sekalian..

Ijin bertanya, apa suhu2 ada yg pernah ganti oli matic anki 2.4 dengan 2 merk yg beda?

Sy rencana mau pake aisin afw VI sejumlah 4 liter, kemudian pake Q8 auto MV 4 liter..

Jd pertama dorong pake aisin 4 liter sampe habis.. trus terakhir pake q8 nya 4 liter

Apa ada efek nya om klo semisal kecampur / ada sisa aisin nya?
Pernah nanya ke yg jualan q8..
Dia tidak menyarankannya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

piggypig77 wrote: Thu Jul 21, 2022 17:27 Halo semua mau nanya ada pertanyaan yg menggelitik selama ini, venturer bensin 2019 saya kok waktu idle dan rpm sekitar 600-700 rpm geter banget ya?

Biasa geter waktu ac on + gear posisi D sambil berenti atau mesin dingin dan di D

Pernah di cek bengkel resmi dan spesialis kaki kaki katanya engine mounting + transmission mounting masih bagus, apa iya mesin 1TR ini getar?
Numpang jawap ya om dr sesamai pemakai reborn lelet metik jg

Kl d saya, mo lg idle, atau pas lamer tahan d D skalipun ga ad geter2 samsek, padahal mobil ud 6 taon dan odo tembus 100 rb tp alus nya bener2 alus



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 1:52



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900



rebon ngana yang ketinggian broer...
mesin 12 silinder segaris mustinya bisa 450 rpm.




















:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Jul 22, 2022 2:44
DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 1:52



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900



rebon ngana yang ketinggian broer...
mesin 12 silinder segaris mustinya bisa 450 rpm.




















:ngacir:

Lah sgitu malah masi kliwat rendah itu

Mustinya idle di 2500 atau 3000 rpm, biar lebi panas enjin nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by piggypig77 »

DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 1:52
piggypig77 wrote: Thu Jul 21, 2022 17:27 Halo semua mau nanya ada pertanyaan yg menggelitik selama ini, venturer bensin 2019 saya kok waktu idle dan rpm sekitar 600-700 rpm geter banget ya?

Biasa geter waktu ac on + gear posisi D sambil berenti atau mesin dingin dan di D

Pernah di cek bengkel resmi dan spesialis kaki kaki katanya engine mounting + transmission mounting masih bagus, apa iya mesin 1TR ini getar?
Numpang jawap ya om dr sesamai pemakai reborn lelet metik jg

Kl d saya, mo lg idle, atau pas lamer tahan d D skalipun ga ad geter2 samsek, padahal mobil ud 6 taon dan odo tembus 100 rb tp alus nya bener2 alus



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900
600 rpm itu waktu berenti di D om nahan rem, idle anki bensin bisa di setel?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

piggypig77 wrote: Fri Jul 22, 2022 4:52
DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 1:52
piggypig77 wrote: Thu Jul 21, 2022 17:27 Halo semua mau nanya ada pertanyaan yg menggelitik selama ini, venturer bensin 2019 saya kok waktu idle dan rpm sekitar 600-700 rpm geter banget ya?

Biasa geter waktu ac on + gear posisi D sambil berenti atau mesin dingin dan di D

Pernah di cek bengkel resmi dan spesialis kaki kaki katanya engine mounting + transmission mounting masih bagus, apa iya mesin 1TR ini getar?
Numpang jawap ya om dr sesamai pemakai reborn lelet metik jg

Kl d saya, mo lg idle, atau pas lamer tahan d D skalipun ga ad geter2 samsek, padahal mobil ud 6 taon dan odo tembus 100 rb tp alus nya bener2 alus



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900
600 rpm itu waktu berenti di D om nahan rem, idle anki bensin bisa di setel?
600 berarti cuman sdikit d atas garis ya, kl di saya seh di pertengahan antara 500 ama 1000 kl nahan rem dan ac nyala

Idle ga bsa d stel om, tp TB coba d bersihin dulu aj, siapa tau kotor
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by piggypig77 »

DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 5:08
piggypig77 wrote: Fri Jul 22, 2022 4:52
DOHC wrote: Fri Jul 22, 2022 1:52

Numpang jawap ya om dr sesamai pemakai reborn lelet metik jg

Kl d saya, mo lg idle, atau pas lamer tahan d D skalipun ga ad geter2 samsek, padahal mobil ud 6 taon dan odo tembus 100 rb tp alus nya bener2 alus



Ad yg ga beres itu berarti di venturer om, idle nya rendah bener, d saya kisaran 800 ampe 900
600 rpm itu waktu berenti di D om nahan rem, idle anki bensin bisa di setel?
600 berarti cuman sdikit d atas garis ya, kl di saya seh di pertengahan antara 500 ama 1000 kl nahan rem dan ac nyala

Idle ga bsa d stel om, tp TB coba d bersihin dulu aj, siapa tau kotor
Iya tp ga selalu geter kadang iya kadang engga cuma munculnya ya pas di D tahan rem. TB udh pernah di bersihin, kayaknya jalan terakhir pasang peredam aspal full lantai buat redam getaran, anki diesel temen yg pasang peredam aspal jadi alus
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by benzz89 »


piggypig77 wrote: Iya tp ga selalu geter kadang iya kadang engga cuma munculnya ya pas di D tahan rem. TB udh pernah di bersihin, kayaknya jalan terakhir pasang peredam aspal full lantai buat redam getaran, anki diesel temen yg pasang peredam aspal jadi alus
Imho coba si om lebih in deep cleaning TB, MAF sensor, Filter bensin, Filter tangki bensin, Filter udara (ganti baru kl sdh kotor sekali) & cek/ganti busi (ane ganti pakai yg double tip iridium)

Kasus persis sama kaya camry ane 2AZ-FE, kadang rpm drop pas lg stop & go, kadang normal jg. Ane sdh service ke auto 2k suruh bebersih (tune up) tp malah idle rpm jd tinggi di seribu rpm lebih (tdk di learning) pas serah terima ke ane, pake 2 mingguan baru normal lg, tapi gak lama muncul lg penyakitnya. Sdh suruh cek engine & transmission mounting jg normal tdk ada yg pecah.

Akhirnya ane lakukan hal2 yg ane sebutkan diatas, TB dibuka & dibersihkan (bukan cuman dibersihkan pakai cleaner tanpa dibuka), MAF sensor dibersihkan, hasilnya getar berkurang, lalu berikutnya ganti busi, ganti filter udara, bebersih filter bensin yg di tangki, hilang penyakitnya. Ganti busi terakhir aja om, coba dicek dulu 1 per 1 kondisinya bgm itu busi, punya ane ada 1 yg agak miring electrodenya kl diperhatikan secara detail, jd ane ganti semuanya meski odo baru 30 ribu.

Jujurly gak yakin sih pasang peredam bisa hilangin problem getaran yg tdk selalu terjadi yg disebabkan (mungkin) kurang bebersih di bagian2 yg ane sebutkan diatas & pengapian yg kurang sempurna dr busi, apalagi kl sebelum2nya memang tidak ada gejala diatas, terkecuali pas dr baru keluar showroom sdh ada gejala spt itu, nah itu sdh bawaan orok, kemungkinan pasang peredam bs jd solusi.

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Fri Jul 22, 2022 7:28
piggypig77 wrote: Iya tp ga selalu geter kadang iya kadang engga cuma munculnya ya pas di D tahan rem. TB udh pernah di bersihin, kayaknya jalan terakhir pasang peredam aspal full lantai buat redam getaran, anki diesel temen yg pasang peredam aspal jadi alus
Imho coba si om lebih in deep cleaning TB, MAF sensor, Filter bensin, Filter tangki bensin, Filter udara (ganti baru kl sdh kotor sekali) & cek/ganti busi (ane ganti pakai yg double tip iridium)

Kasus persis sama kaya camry ane 2AZ-FE, kadang rpm drop pas lg stop & go, kadang normal jg. Ane sdh service ke auto 2k suruh bebersih (tune up) tp malah idle rpm jd tinggi di seribu rpm lebih (tdk di learning) pas serah terima ke ane, pake 2 mingguan baru normal lg, tapi gak lama muncul lg penyakitnya. Sdh suruh cek engine & transmission mounting jg normal tdk ada yg pecah.

Akhirnya ane lakukan hal2 yg ane sebutkan diatas, TB dibuka & dibersihkan (bukan cuman dibersihkan pakai cleaner tanpa dibuka), MAF sensor dibersihkan, hasilnya getar berkurang, lalu berikutnya ganti busi, ganti filter udara, bebersih filter bensin yg di tangki, hilang penyakitnya. Ganti busi terakhir aja om, coba dicek dulu 1 per 1 kondisinya bgm itu busi, punya ane ada 1 yg agak miring electrodenya kl diperhatikan secara detail, jd ane ganti semuanya meski odo baru 30 ribu.

Jujurly gak yakin sih pasang peredam bisa hilangin problem getaran yg tdk selalu terjadi yg disebabkan (mungkin) kurang bebersih di bagian2 yg ane sebutkan diatas & pengapian yg kurang sempurna dr busi, apalagi kl sebelum2nya memang tidak ada gejala diatas, terkecuali pas dr baru keluar showroom sdh ada gejala spt itu, nah itu sdh bawaan orok, kemungkinan pasang peredam bs jd solusi.
Busi bawaan rebon mahalnya bener2 bahlul mbah

4 biji cetiaw itu, lbi mahal dr batu makam punya

Kl odo belom cepeceng seh mending jgn dganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: