Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
saywhat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 16 Oct 2013, 00:53

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by saywhat »

evolution21 wrote: 12 Oct 2020, 11:33
Profith83 wrote: 12 Oct 2020, 10:31 7 speed DSG nya yang basah atau kering yah om? katanya yang kering sering problem DSG nya.
Mitanya Pertamax atu Pertamax Turbo? kalau saya lihat spek mesinnya torquenya flat artinya berturbo
Max.Power [PS(kW) @rpm] 105 @ 5,000
Max.Torque [Nm@rpm) 175 @ 1,500-4,100

Turbo 1200 CC rentan sekali dengan kualitas bahan bakar. Sptnya minta Pertamax Turbo yah seperti CRV.
Tapi kalau irit sih sepadan dengan pengeluaran BBM nya.
Luar kota full toll 1L berapa KM?
7 speed basah
setau saya yg sering trouble yg model golf mk6 , utk mk7 dan polo jarang denger

bensin minimal ron 95, tp saya rasain llebih enak pake ron 98

untungnya sekarang ketersediaan ron 98 sudah makin merata, jadi berani dipake sampe ke gunung2 gitu um.., asalkan perssiapkan full tank dl dari rumah
utk kons bbm tol only saya blom cek, tapi combine 1:13
buat perbandingan di rute yg sama saya pake grandis 1:9

lg cari mobil perang juga um?
Menarik nih om, ane lg mulai hunting2 mobil perang dan polo masuk nominasi tp seken aja kayanya. Perawatan so far gimana? Lg nimbang antara polo second, papanja second, calya brio atau sirion baru. Mobil yg akan digunakan utk asal2an (lbh tepatnya berbagai kebutuhan kali ya)
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by evolution21 »

so far masih normal um dengan pemakaian utk mobil perang
masih 1 bulan sekali masuk ke proyek2 jalanan rusak semi offroad
makin berasa seneng krn bodynya yg mungil enak buat blusukan, puter balik, dsb

gc nya jg tergolong tinggi utk ukuran city car, so far blom pernah mentok

km udah nyentuh 4rb
utk transmisi dry clutch ini memang sudah ada perbaikan jauh ketimbang jamannya golf tsi mk6
ga ada gejala ndut2an, di polo 2020 , sudah bener2 smooth
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Kuroboy »

Saya miara Chevy Trax FL 2017 bln September sama ANTB 2019. Utk mobil perang condong k yg Trax, km on going 55 rb an, ga ada masalah berarti d mobil ini yg notabene jorok pakenya (polisi tidur dihajar, sering kena macet, pake seadanya ga ada treatment khusus). BBM mesti pake Pertabo, FC dalkot 1:11an, seboros2nya mobil ini 1:10,2an krna macet2an dan sering idle bwt nyalain AC. Ga ada rattle sama sekali, kaki2 jg aman, paling cuma rem selalu bunyi dari awal pake. Tapi ga masalah. Dari awal pemakaian sampe skrg km 55rb kampas rem masi tebel blm ganti, sama bengkelnya bilang masi bagus, mgkn masi bisa 10 rb km katanya.
:frm_snipper: :snipersmile:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by fajarrian »

grand livina L11 cvt 2013, di tahun ke 6 langsung jajan banyak, jajan kaki2 di kilometer 80rban, engine mounting, slongsong koil. di 100rban ganti fuel pump.
suzuki splash 2015 AT, 5 tahun 43rb baru jajan shock depan doang sepasang, next engine mounting
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 15:26 grand livina L11 cvt 2013, di tahun ke 6 langsung jajan banyak, jajan kaki2 di kilometer 80rban, engine mounting, slongsong koil. di 100rban ganti fuel pump.
suzuki splash 2015 AT, 5 tahun 43rb baru jajan shock depan doang sepasang, next engine mounting
Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by fajarrian »

DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 15:26 grand livina L11 cvt 2013, di tahun ke 6 langsung jajan banyak, jajan kaki2 di kilometer 80rban, engine mounting, slongsong koil. di 100rban ganti fuel pump.
suzuki splash 2015 AT, 5 tahun 43rb baru jajan shock depan doang sepasang, next engine mounting
Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 16:15
DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 15:26 grand livina L11 cvt 2013, di tahun ke 6 langsung jajan banyak, jajan kaki2 di kilometer 80rban, engine mounting, slongsong koil. di 100rban ganti fuel pump.
suzuki splash 2015 AT, 5 tahun 43rb baru jajan shock depan doang sepasang, next engine mounting
Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
Lah shock nya hebat bener bsa panjang umur gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by fajarrian »

DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:49
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 16:15
DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02

Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
Lah shock nya hebat bener bsa panjang umur gt
Yoi hu, terakhir di cek empat2nya masih bagus banget. Yanh Row ke 3 emang ga pernah dinaikin sih
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 517
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Greenhunter »

fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 16:15
DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 15:26 grand livina L11 cvt 2013, di tahun ke 6 langsung jajan banyak, jajan kaki2 di kilometer 80rban, engine mounting, slongsong koil. di 100rban ganti fuel pump.
suzuki splash 2015 AT, 5 tahun 43rb baru jajan shock depan doang sepasang, next engine mounting
Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
Perbaiki kaki kaki gini di beres atau bengkel umum ?

@DOHC, apakah beres di surabaya bisa ganti bushing crossmember saja ? Yang recomended beres jemur / a yani / basra ?
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by fajarrian »

Greenhunter wrote: 03 Jan 2021, 20:23
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 16:15
DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02

Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
Perbaiki kaki kaki gini di beres atau bengkel umum ?

@DOHC, apakah beres di surabaya bisa ganti bushing crossmember saja ? Yang recomended beres jemur / a yani / basra ?

di bengkel kaki2 dan spesialis nissan om, buset kalo diberes gabisa service racksteer langsung suruh ganti segelondong, total total bisa dapet vario. mending ke spesialis nissan om, disurabaya harusnya ada sih spesialis nissan dan harusnya bisa juga ngerjain kaki2, coba aja join grup di facebook galiloi nanya2 disitu
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by P47hos »

Greenhunter wrote: 03 Jan 2021, 20:23 Perbaiki kaki kaki gini di beres atau bengkel umum ?

@DOHC, apakah beres di surabaya bisa ganti bushing crossmember saja ? Yang recomended beres jemur / a yani / basra ?
Ya di bengkel spesialis Nissan lebih reasonable harganya. Bengkel resmi itu mahal di biaya jasa
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Greenhunter wrote: 03 Jan 2021, 20:23
fajarrian wrote: 03 Jan 2021, 16:15
DOHC wrote: 03 Jan 2021, 16:02

Nahh ini yg dtunggu2

Om, itu grand livina l11 hr15de cvt nya mmg ud ganti kaki2 apa aja ?
lumayan hu, long tierod, low arm, link stabil, bush crosmember, support shock, pin kaliper pake agya, service racksteer. tapi shock empatnya2 masih perawan nih dari baru, kilometer udah 105an
Perbaiki kaki kaki gini di beres atau bengkel umum ?

@DOHC, apakah beres di surabaya bisa ganti bushing crossmember saja ? Yang recomended beres jemur / a yani / basra ?
D surabaya saya ga tau om

Tp kl d jakarta, beres jual bushing doank, berarti harusnya mreka jg bsa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by wicaksono99 »

Mobil perang sehari-hari pakai all new ertiga suzuki sport AT. Mobil sudah pakai 9 bulan kilometer dah 21rb. Sekarang rata2 weekday pemakaian sekitar 150km. Sejauh ini belum ada pergantian, dari servis rutin semua free untuk jasa & sparepart sampai 3 tahun atau 50rb km. Yang sedikit menggangu paling bunyi krit-krit dari doortrim kalau pocket pintu diisi minuman botol (mungkin doortrim agak berat trus meleyot kali yah). Dari interior lumayan kedap & luas, mertua keseringan naik new ertiga ketika masuk ke old ertiga langsung kerasa sempit. Tidak ada pergantian sparepart tapi di 16rb km saya masukin provis buat TUSS. Hasilnya enak respon mesinnya, tarikan sangat enteng, mesin halus & bbm cuma diisi revvo 89 (pakai pertalite/pertamax apalagi pertabo jadi gak enak blas). Sebelumnya pakai pertalite + oktan booster norival dan sekarang udh ga enak lagi pakai campuran itu. Sekarang konsumsi bbm seboros-borosnya kena macet jahanam kota jakarta - bekasi dapet 13,5kpl... Jalan konstan di dalkot tol tanpa gangguan macet bisa 21kpl.. Rata2 dalkot - tol dengan kemacetan standar dapat diatas 16kpl.
Ban dah ganti ke goodyear assurance triplemax 195/65 R15 (naik 1 step dari standar enasave 185/65 R15). Oli dari 3rb km pertama langsung ganti amsoil SS 0w-20 ganti pas kilometer kelipatan 10rb.
Minggu lalu jalan2 ke waduk jatiluhur cirata dah enak banget, nanjak2 ekstrim tinggal pakai O/D off kondisi AC+double blower on penumpang 4 org.. pas turunan turun ke gigi L juga hanya membantu sedikit singkat karna habis oper gigi langsung mesin idle lagi di 1000rpm..jadi bener2 performa rem yg dipakai disini *sepertinya karena efek TUSS jadi mobil minim engine break. Pelihara suzuki emang awet dan ga bikin kantong kempes sih :mky_01:
ryanto
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 16 May 2021, 21:27
Location: Jogja
Daily Vehicle: Kijang Kapsul 97

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ryanto »

Kijang Kapsul 97 pembelian seken 2019 bulan oktober. habis ngopeni mobil temen yang uda teronggok didekat kandang sapi. wkkk. Porsneling minim maju 4 , 1 mndur. bushing ban depan yg bagian belakang (gak tau istilahnya) oblak kanan dan kiri, pemakaian sampai sekarang, aman cuma nahan aja suaranya glodak2 ktika melibas jalan jelek, buat belok kanan/kiri mentog pasti goyang2. udah ganti Tierod sama baljoint skali, sekarang uda bunyi lagi. mungkin karena gak segera ganti bushing kale ya. Powersteering bocor/rembes bagian atas sjak beli blm pernah servis asal nambahin oli terusan. Pack2 mesin rembes dimana2, tiap seminggu skali pasti nambah oli mesin. AC gak maksimal. pernah servis bongkar kompresor, bersihkan eva. dingin bener2 gak maksimal. tp ya cukupan buat ngilangin embuh kala ujan. Shock dpan ganti 1 set diharga 300 an. belakang per kanan uda agak gak beres. mobil serasa miring kanan dikit bngt. body uda kyk mobil jaman perang dunia II, keropos dimana2, bahkan pilar A sebelah kanan kropos + talang air krpos sampe toel (copot) sebagian. interior terutama bagian pintu udah pada copot dari pengaitnya (yg dari kayu dibungkus bahan jok kulit). Nah dengan sedemikian brutal nya keadaan, ini mobil hampir tiap hari kluar nempuh kurang lbh 20-30KM, sesekali keluar agak jauh bisa sampe 40-70km (buat kuliah), masih juga sanggup nemani saya dengan santai. lari takpernah lbh dari 70kpj. the best lah toh ini mobil pertama saya. ngimpi mau ganti unit, cm belum ada uang aja (boro2 beli buat servis aja blm punya) wkkk... Kijang Kapsul JAYA!
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1954
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by alvin23 »

wicaksono99 wrote: 14 Apr 2021, 12:56 Mobil perang sehari-hari pakai all new ertiga suzuki sport AT. Mobil sudah pakai 9 bulan kilometer dah 21rb. Sekarang rata2 weekday pemakaian sekitar 150km. Sejauh ini belum ada pergantian, dari servis rutin semua free untuk jasa & sparepart sampai 3 tahun atau 50rb km. Yang sedikit menggangu paling bunyi krit-krit dari doortrim kalau pocket pintu diisi minuman botol (mungkin doortrim agak berat trus meleyot kali yah). Dari interior lumayan kedap & luas, mertua keseringan naik new ertiga ketika masuk ke old ertiga langsung kerasa sempit. Tidak ada pergantian sparepart tapi di 16rb km saya masukin provis buat TUSS. Hasilnya enak respon mesinnya, tarikan sangat enteng, mesin halus & bbm cuma diisi revvo 89 (pakai pertalite/pertamax apalagi pertabo jadi gak enak blas). Sebelumnya pakai pertalite + oktan booster norival dan sekarang udh ga enak lagi pakai campuran itu. Sekarang konsumsi bbm seboros-borosnya kena macet jahanam kota jakarta - bekasi dapet 13,5kpl... Jalan konstan di dalkot tol tanpa gangguan macet bisa 21kpl.. Rata2 dalkot - tol dengan kemacetan standar dapat diatas 16kpl.
Ban dah ganti ke goodyear assurance triplemax 195/65 R15 (naik 1 step dari standar enasave 185/65 R15). Oli dari 3rb km pertama langsung ganti amsoil SS 0w-20 ganti pas kilometer kelipatan 10rb.
Minggu lalu jalan2 ke waduk jatiluhur cirata dah enak banget, nanjak2 ekstrim tinggal pakai O/D off kondisi AC+double blower on penumpang 4 org.. pas turunan turun ke gigi L juga hanya membantu sedikit singkat karna habis oper gigi langsung mesin idle lagi di 1000rpm..jadi bener2 performa rem yg dipakai disini *sepertinya karena efek TUSS jadi mobil minim engine break. Pelihara suzuki emang awet dan ga bikin kantong kempes sih :mky_01:
Skrg TUSS brapaan om?
Rocky R ADS CVT 2021
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by wicaksono99 »

alvin23 wrote: 17 May 2021, 10:13
wicaksono99 wrote: 14 Apr 2021, 12:56 Mobil perang sehari-hari pakai all new ertiga suzuki sport AT. Mobil sudah pakai 9 bulan kilometer dah 21rb. Sekarang rata2 weekday pemakaian sekitar 150km. Sejauh ini belum ada pergantian, dari servis rutin semua free untuk jasa & sparepart sampai 3 tahun atau 50rb km. Yang sedikit menggangu paling bunyi krit-krit dari doortrim kalau pocket pintu diisi minuman botol (mungkin doortrim agak berat trus meleyot kali yah). Dari interior lumayan kedap & luas, mertua keseringan naik new ertiga ketika masuk ke old ertiga langsung kerasa sempit. Tidak ada pergantian sparepart tapi di 16rb km saya masukin provis buat TUSS. Hasilnya enak respon mesinnya, tarikan sangat enteng, mesin halus & bbm cuma diisi revvo 89 (pakai pertalite/pertamax apalagi pertabo jadi gak enak blas). Sebelumnya pakai pertalite + oktan booster norival dan sekarang udh ga enak lagi pakai campuran itu. Sekarang konsumsi bbm seboros-borosnya kena macet jahanam kota jakarta - bekasi dapet 13,5kpl... Jalan konstan di dalkot tol tanpa gangguan macet bisa 21kpl.. Rata2 dalkot - tol dengan kemacetan standar dapat diatas 16kpl.
Ban dah ganti ke goodyear assurance triplemax 195/65 R15 (naik 1 step dari standar enasave 185/65 R15). Oli dari 3rb km pertama langsung ganti amsoil SS 0w-20 ganti pas kilometer kelipatan 10rb.
Minggu lalu jalan2 ke waduk jatiluhur cirata dah enak banget, nanjak2 ekstrim tinggal pakai O/D off kondisi AC+double blower on penumpang 4 org.. pas turunan turun ke gigi L juga hanya membantu sedikit singkat karna habis oper gigi langsung mesin idle lagi di 1000rpm..jadi bener2 performa rem yg dipakai disini *sepertinya karena efek TUSS jadi mobil minim engine break. Pelihara suzuki emang awet dan ga bikin kantong kempes sih :mky_01:
Skrg TUSS brapaan om?
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11246
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
alasan tuss ga enak pake bensin oktan tinggi kenapa katanya om?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1563
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by darrelund »

Omnibus wrote: 17 May 2021, 16:18
wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
alasan tuss ga enak pake bensin oktan tinggi kenapa katanya om?
nah ini om, saya masih bingung sampe skrg. kan klo kebanyakan mobil bensin oktan semakin tinggi semakin bagus, klo abis di tuss semakin rendah oktan jadi makin bagus. bisa berbanding terbalik gitu
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by wicaksono99 »

Omnibus wrote: 17 May 2021, 16:18
wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
alasan tuss ga enak pake bensin oktan tinggi kenapa katanya om?
Sebenernya bukan ga enak om.. tapi kalau udah ngerasain oktan rendah setelah tuss bener2 responnya lebih agresif oktan rendah dibanding oktan tinggi. Tapi kalau dibandingin pakai oktan tinggi sblm tuss dan setelah tuss ya tetep enak juga setelah tuss jadi gak kecekik naikan rpmnya.
Saya gak nanya ke bengkelnya karna saya sendiri udh tau konsepnya. Simpelnya campuran udara & bahan bakar yang masuk ke ruang mesin lebih dingin dan lebih lancar alirannya dibanding mobil sebelum tuss, jadi bbm oktan rendah lebih cepat ngerespon pembakarannya saat api dilentikan sama busi dibanding bbm oktan tinggi karna oktan tinggi butuh suhu yang lebih panas buat cepet terbakar.
Kenapa mobil standar pakai oktan tinggi lebih enak respon mesinnya..ya karna bentuk jalur masuk udara yang bisa dibilang seadanya (sesuai cetakan head yg dibuat pabrikan) yg ngebuat campuran udara & bahan bakar yg masuk ke ruang bakar suhunya lebih panas apalagi ditambah kompresi mesin tinggi jadi lebih cepet respon pembakaran bbm oktan tingginya (kalau pakai oktan rendah ya ngelitik karna dah kebakar duluan sebelum busi melentikan api).

Teorinya gak usah dipusingkan lah tinggal terima mesin enak buat dipake, karna alat buat pengujian di lab juga mahal harganya diatas 3M-an itupun hanya beberapa parameter yg mau diliat.. setara BPPT divisi motor bakar dan propulsi aja belum punya alatnya. Yg mau tau alatnya bisa cek LaVision Engine Master/ Flow Master. Saya tau alat ini karna tahun lalu saya kerja didistributor penjualan alat lab ini, skrng udh nggak..hehe...

Menurut pendapat saya ya:
Kenapa pembuat kebijakan mengklaim harus mulai menggunakan bbm oktan tinggi lebih ramah lingkungan dibanding oktan rendah? karena buat mengakomodir produsen kendaraan ICE yang dituntut produktivitasnya meningkat dan efisien dengan output kendaraan yang banyak. Mana sempet produsen ngebagusin head silinder yg malah nambah cost & waktu produksinya, jadi bbmnya yg ditinggikan oktannya.

Sejauh ini sih new ertiga udh tuss jalan 8rb km (total km mobil udah 24rb km) malah nikmat aja tuh pakai revvo 89, knalpot juga kering bersih (belum pernah dibersihin setelah tuss) beda sama sebelumnya yg hitam kaya areng baru dipake beberapa ribu km juga.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11246
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

wicaksono99 wrote: 18 May 2021, 15:08
Omnibus wrote: 17 May 2021, 16:18
wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
alasan tuss ga enak pake bensin oktan tinggi kenapa katanya om?
Sebenernya bukan ga enak om.. tapi kalau udah ngerasain oktan rendah setelah tuss bener2 responnya lebih agresif oktan rendah dibanding oktan tinggi. Tapi kalau dibandingin pakai oktan tinggi sblm tuss dan setelah tuss ya tetep enak juga setelah tuss jadi gak kecekik naikan rpmnya.
Saya gak nanya ke bengkelnya karna saya sendiri udh tau konsepnya. Simpelnya campuran udara & bahan bakar yang masuk ke ruang mesin lebih dingin dan lebih lancar alirannya dibanding mobil sebelum tuss, jadi bbm oktan rendah lebih cepat ngerespon pembakarannya saat api dilentikan sama busi dibanding bbm oktan tinggi karna oktan tinggi butuh suhu yang lebih panas buat cepet terbakar.
Kenapa mobil standar pakai oktan tinggi lebih enak respon mesinnya..ya karna bentuk jalur masuk udara yang bisa dibilang seadanya (sesuai cetakan head yg dibuat pabrikan) yg ngebuat campuran udara & bahan bakar yg masuk ke ruang bakar suhunya lebih panas apalagi ditambah kompresi mesin tinggi jadi lebih cepet respon pembakaran bbm oktan tingginya (kalau pakai oktan rendah ya ngelitik karna dah kebakar duluan sebelum busi melentikan api).

Teorinya gak usah dipusingkan lah tinggal terima mesin enak buat dipake, karna alat buat pengujian di lab juga mahal harganya diatas 3M-an itupun hanya beberapa parameter yg mau diliat.. setara BPPT divisi motor bakar dan propulsi aja belum punya alatnya. Yg mau tau alatnya bisa cek LaVision Engine Master/ Flow Master. Saya tau alat ini karna tahun lalu saya kerja didistributor penjualan alat lab ini, skrng udh nggak..hehe...

Menurut pendapat saya ya:
Kenapa pembuat kebijakan mengklaim harus mulai menggunakan bbm oktan tinggi lebih ramah lingkungan dibanding oktan rendah? karena buat mengakomodir produsen kendaraan ICE yang dituntut produktivitasnya meningkat dan efisien dengan output kendaraan yang banyak. Mana sempet produsen ngebagusin head silinder yg malah nambah cost & waktu produksinya, jadi bbmnya yg ditinggikan oktannya.

Sejauh ini sih new ertiga udh tuss jalan 8rb km (total km mobil udah 24rb km) malah nikmat aja tuh pakai revvo 89, knalpot juga kering bersih (belum pernah dibersihin setelah tuss) beda sama sebelumnya yg hitam kaya areng baru dipake beberapa ribu km juga.
iya bener sih

alat flowbench kl ga salah di bengkel modif Engine Plus ada. cuma sptnya provis lbh banyak handle pasien dgn tuss nya itu. lbh terjangkau harganya kayanya.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by kompresorz »

:big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

demen dah....teori gak usah dipusingin....

pada kebanyakan teori emang....

tinggal cobain aja....

mirip trit mau beli mobil aja galau tanya sana sini...masih ky bocah x ya....tar beli juga enggak... :wkkk:


ky kijang gw yang sudah tuningan....pake pertadek malah tenaga ketahan...skrg solar murni 100 persen sudah mendekati 100ribu km...sehari hari gaspol....


tanpa aditif....tanpa vitamin...belgedes....ditakut takutin solar begini begonolah...


akhirnya pada dibikin jadi babu sama mobil....isi 1 tangki tuang vitamin 1 sendok.... :wkkk:


pada gak mau belajar sama owner aliran anti menstrim sih....alias anti siksa diri....


:big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2492
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by KielConstantine »

wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
alvin23 wrote: 17 May 2021, 10:13 Skrg TUSS brapaan om?
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
Itu harga kg berubah2 donk ud lama..

Si om jasin masih sehat kan ?


Anaknya cewe smua tuu.... bingung mau nerusin bengkel nurunin ke siapa ..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11246
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

KielConstantine wrote: 19 May 2021, 00:26
wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
alvin23 wrote: 17 May 2021, 10:13 Skrg TUSS brapaan om?
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
Itu harga kg berubah2 donk ud lama..

Si om jasin masih sehat kan ?


Anaknya cewe smua tuu.... bingung mau nerusin bengkel nurunin ke siapa ..
ya ke mantunya kali mbah

jij ngga tertarik daftar jd mantu? :big_slap:

btw mobil mbah yg mana yg di tuss? ripiu dikit donk mbah. :big_grin:
pathfinder
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 25 Oct 2016, 20:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by pathfinder »

ryanto wrote: 16 May 2021, 21:46 Kijang Kapsul 97 pembelian seken 2019 bulan oktober. habis ngopeni mobil temen yang uda teronggok didekat kandang sapi. wkkk. Porsneling minim maju 4 , 1 mndur. bushing ban depan yg bagian belakang (gak tau istilahnya) oblak kanan dan kiri, pemakaian sampai sekarang, aman cuma nahan aja suaranya glodak2 ktika melibas jalan jelek, buat belok kanan/kiri mentog pasti goyang2. udah ganti Tierod sama baljoint skali, sekarang uda bunyi lagi. mungkin karena gak segera ganti bushing kale ya. Powersteering bocor/rembes bagian atas sjak beli blm pernah servis asal nambahin oli terusan. Pack2 mesin rembes dimana2, tiap seminggu skali pasti nambah oli mesin. AC gak maksimal. pernah servis bongkar kompresor, bersihkan eva. dingin bener2 gak maksimal. tp ya cukupan buat ngilangin embuh kala ujan. Shock dpan ganti 1 set diharga 300 an. belakang per kanan uda agak gak beres. mobil serasa miring kanan dikit bngt. body uda kyk mobil jaman perang dunia II, keropos dimana2, bahkan pilar A sebelah kanan kropos + talang air krpos sampe toel (copot) sebagian. interior terutama bagian pintu udah pada copot dari pengaitnya (yg dari kayu dibungkus bahan jok kulit). Nah dengan sedemikian brutal nya keadaan, ini mobil hampir tiap hari kluar nempuh kurang lbh 20-30KM, sesekali keluar agak jauh bisa sampe 40-70km (buat kuliah), masih juga sanggup nemani saya dengan santai. lari takpernah lbh dari 70kpj. the best lah toh ini mobil pertama saya. ngimpi mau ganti unit, cm belum ada uang aja (boro2 beli buat servis aja blm punya) wkkk... Kijang Kapsul JAYA!
Kijang memang tiadaduanya wkwkwkwk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2492
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: 19 May 2021, 01:56
KielConstantine wrote: 19 May 2021, 00:26
wicaksono99 wrote: 17 May 2021, 15:20
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
Itu harga kg berubah2 donk ud lama..

Si om jasin masih sehat kan ?


Anaknya cewe smua tuu.... bingung mau nerusin bengkel nurunin ke siapa ..
ya ke mantunya kali mbah

jij ngga tertarik daftar jd mantu? :big_slap:

btw mobil mbah yg mana yg di tuss? ripiu dikit donk mbah. :big_grin:
Enggak tussbol mbah :big_biglaugh:
Calon bini ane pernah nyuplai spareparts bosch bbrapa kali ke si om jasin . Aki , busi, wiper bgitu2 lah .

Curhat lah doi... wkwkwkwkwk katanya orangnya baek bener. Mau pergi pameran , anak buahnya disuru naek mercynya dy tuh. Pergi bareng . Sering beliin makanan jg, ud kek anggep anak sendiri hahahaha
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post