Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

Tahun 2020 sekarang susah cari produk dibawah 350 jt segede Innova dan diesel
Atau
seharga HRV 310, hatchback 2 baris dan cukup tinggi.

Tapi yang bandel ... apa yah?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

erwinign wrote: 29 Sep 2020, 13:39
MSU wrote: 29 Sep 2020, 13:34
benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
ini-lah alasannya saya masih pake mobil yang umur 20thn :big_biglaugh:
produksi baru2 yang saya lihat robust cuma avxen & innova lama...minus-nya ya pelat avxen rada tipis
benar sekali mungkin produsen2 mobil jaman sekarang fokus-nya bukan durability lg...tp kompromi jg spy konsumen tetap ganti2 mobil setelah bbrp tahun.
kl browsing, yg dibilang reliability bagus rata2 mobil2 tua : merc w123 (diesel), accord, camry, dst
Soal bandel2an yg om bilang saya tau2 kepikiran mazda 6 yg dipake polisi/mazda yg mesin 2.0-2.5 sky keitung bandel jg ngga ya om? Udah 3 generasi mazda 6 berturut2 dipake polisi, bahkan yg jadul 2008 masih projector 3 biji kecil2 di kota saya ada yg masih jalan terus dan servisnya selalu di beres mazda. Yg mazda 6 polisi model nagare th 2012an aja di kota saya aja diisi premium/pertalite ttp jalan
imho... sbenernya keluhan mobil modern skrg lbh banyak di masalah build quality sehh. klo soal durability rasanya tidak jauh berbeda.

blakangan pegang mobil di atas 5 taon smua rasanya mekanikal robust2 aja... bahkan mobil dengan reputasi build quality tercaur yang pernah ada : HRV.

cuma yah emang glitch atau defect kecil-kecilnya jau lbh banyak... trutama di sektor elektronik.

gatau yah awet atau tidak tergantung perbandingannya apa seh, aplg skrg era tren crossover berbasis small hatchback, front wheel drive. dijamin cepet koit kaki kakinya. apalagi di indonesia perbandingannya selalu kijang dan avanza :mky_01:

bayangin konstruksi kaki kakinya kadang ngga jauh berbeda, tp dkasih bodi lebih berat dan roda lbh besar, otomatis beban ke powertrain dan suspensi lbh tinggi yang akhirnya bikin partnya lbh cepet premature wear. HRV dan GK5 saja rasanya banyak yg bilang jau lbh robust GK5... bahkan masda saja ngga lepas dari problem kaki kaki bunyi klo baca di trit sebelah.

gatau yah apa krn dikembangin di negara yang jalannya banyakan mulus...

yang sedan sedan justru rerata awet klo saya liat. Golf saya 8 taun kaki kakinya msh kenceng semua ngga brisik, dan liat bill service jg relatif dikit ganti kaki kaki. jau lbh mahal maintenance powertrainnya :ngacir:

makanya preference saya selalu sedan atau hatchback. kepentok poldur lbh rela daripada harus bayarin ke bengkel buat cek kaki kaki :ngacir:
Last edited by ChZ on 29 Sep 2020, 14:53, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 14:28 Tahun 2020 sekarang susah cari produk dibawah 350 jt segede Innova dan diesel
Atau
seharga HRV 310, hatchback 2 baris dan cukup tinggi.

Tapi yang bandel ... apa yah?
ada om...

isuzu panther grand touring. itupun kalo rela 300 jt dihabisin buat beli mobil teknologi 80an.

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

ChZ wrote: 29 Sep 2020, 14:40
Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 14:28 Tahun 2020 sekarang susah cari produk dibawah 350 jt segede Innova dan diesel
Atau
seharga HRV 310, hatchback 2 baris dan cukup tinggi.

Tapi yang bandel ... apa yah?
ada om...

isuzu panther grand touring. itupun kalo rela 300 jt dihabisin buat beli mobil teknologi 80an.

:ngacir:

Ngeri om .....
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 24 Dec 2018, 18:29

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Fertille »

epevert wrote: 28 Sep 2020, 19:05
Jenson wrote:
Herman7103 wrote: 27 Sep 2020, 18:41 Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
Thanks bgt om sarannya. Nanti pas servis 40rb ini saya mau cba kuras dan ganti oli CVT nya, moga2 bisa beres. Kebetulan warranty saya sudah habis, apakah ad yg pernah cba, kalaj part vital sperti transmisi yg faulty merka bsa ganti?
Tahun lalu mobilio saya ganti CVT masih dicover beres H..walau KM udah 145rb umur mobil di 33-34bulan...

Padahal saya tdk ajukan, pas service rutin ganti oli cvt udah ada rontokan part campur di oli cvt nya...(padahal blm ada gejala eror tiap saya pakai)langsung mrk sarankan ganti CVT..tanpa biaya sepeserpun...cuma lama aja 3mgg

Ganti oli CVT saya selalu di 20rb KM..
Apa ini ada kaitan nya sama CVT lio batch2 awal memang ada "defect" ya? :big_think:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by pengendiesel »

Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
HaykelAdityawarman wrote: 29 Sep 2020, 09:23
Profith83 wrote: 24 Sep 2020, 10:52 Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.

Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....

Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.

Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
Nah ini yang aneh heran, padahal di grup fb anki banyak banget yang komplen abcdefg, terutama rem getar...tapi sepertinya image kijang sudah terlalu kuat sehingga banyak yang tutup mata terhadap kelemahan2 'kecil' ini.
Kijang = sudah pasti kuat. (?)

Yang ane lihat banyak member sm yang bilang (takut) fwd kaki2nya sering rewel.
Well, ane pernah pelihara ogl sampe km 80rb, masalah kaki2 cuma pernah ganti sepasang shock belakang yang bocor, itupun garansi. Di luar itu gak pernah ganti apa2 di sektor kaki2.
Kalo dibandingin sama problem2 di anki, biaya dan waktu ngebengkelnya sih jauh enak ogl banget. Atau cuma ane aja yang lagi hoki?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: 29 Sep 2020, 15:23
Nah ini yang aneh heran, padahal di grup fb anki banyak banget yang komplen abcdefg, terutama rem getar...tapi sepertinya image kijang sudah terlalu kuat sehingga banyak yang tutup mata terhadap kelemahan2 'kecil' ini.
Kijang = sudah pasti kuat. (?)

Yang ane lihat banyak member sm yang bilang (takut) fwd kaki2nya sering rewel.
Well, ane pernah pelihara ogl sampe km 80rb, masalah kaki2 cuma pernah ganti sepasang shock belakang yang bocor, itupun garansi. Di luar itu gak pernah ganti apa2 di sektor kaki2.
Kalo dibandingin sama problem2 di anki, biaya dan waktu ngebengkelnya sih jauh enak ogl banget. Atau cuma ane aja yang lagi hoki?
wkwkwkwkwk grup FB mobil apa aj rasanya isinya keluhan smua. kadang bikin yang beli jd overthinking :mky_07:

rasanya awet tidaknya kaki kaki itu tergantung rute sehari hari jg sehh.

contoh temen saya tinggal di surabaya timur daerah pakuwon city pakai honda freed, CRV gen 1, sering bgt kaki kakinya rewel. klo orang tinggal di surabaya timur pasti ngerti betapa sadisnya ntu jalanan :mky_01:

tp saya pake FWD selama ini di kota saya bae bae aja ga pernah masalah. VW Golf MK6 8 taon angkut di odo 100k jg kaki kakinya tidak rewel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by rakyatwkwkland »

pengendiesel wrote: 29 Sep 2020, 15:23
Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
HaykelAdityawarman wrote: 29 Sep 2020, 09:23

klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
Nah ini yang aneh heran, padahal di grup fb anki banyak banget yang komplen abcdefg, terutama rem getar...tapi sepertinya image kijang sudah terlalu kuat sehingga banyak yang tutup mata terhadap kelemahan2 'kecil' ini.
Kijang = sudah pasti kuat. (?)

Yang ane lihat banyak member sm yang bilang (takut) fwd kaki2nya sering rewel.
Well, ane pernah pelihara ogl sampe km 80rb, masalah kaki2 cuma pernah ganti sepasang shock belakang yang bocor, itupun garansi. Di luar itu gak pernah ganti apa2 di sektor kaki2.
Kalo dibandingin sama problem2 di anki, biaya dan waktu ngebengkelnya sih jauh enak ogl banget. Atau cuma ane aja yang lagi hoki?
Hehehe...

Nubie ijin berpendapat om

Menurut ane hal2 begini sedikit banyak ada faktor sugesti juga lah. Ibarat kata berhubung ipah imej nya kaki2 bandel, meskipun ntuh shock minta jajan di km 100k tetep dibilang bandel, atau anki yg batch awal2 ada yg kena shock bocor jg tetep aja org2 spt tutup mata, lain kisah kalo batumakam GL yg jajan shock di km 80k pasti dibilang rewelan karena yah banyak yg complain. Contoh lain, spt mazda yg terkenal bq nya sgt jempolan, padahal tetep aja kalo liat dari case orang lain salah satunya yg ane liat ya mazda 2 kadang2 ya ada aja random case dashboard rattle dikit2 tapi orang cenderung lebih maklum gitu, krn dah kebentuk imej kl mazda pasti bq bagus. Coba hrv, dashboardnya baru bunyi dikit aja, orang2 pasti lgsg pada mencaci maki berhubung honda dah terkenal yg ckd bq nya busuk.

Itu hanya pendapat pribadi ane.
Mohon maaf kalau ada salah kata... :big_smile]
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

pengendiesel wrote:
Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
HaykelAdityawarman wrote: 29 Sep 2020, 09:23 klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
Nah ini yang aneh heran, padahal di grup fb anki banyak banget yang komplen abcdefg, terutama rem getar...tapi sepertinya image kijang sudah terlalu kuat sehingga banyak yang tutup mata terhadap kelemahan2 'kecil' ini.
Kijang = sudah pasti kuat. (?)

Yang ane lihat banyak member sm yang bilang (takut) fwd kaki2nya sering rewel.
Well, ane pernah pelihara ogl sampe km 80rb, masalah kaki2 cuma pernah ganti sepasang shock belakang yang bocor, itupun garansi. Di luar itu gak pernah ganti apa2 di sektor kaki2.
Kalo dibandingin sama problem2 di anki, biaya dan waktu ngebengkelnya sih jauh enak ogl banget. Atau cuma ane aja yang lagi hoki?
Punya saya versi facelift dari OGL nya om mesin L11, saya kendarai untuk transportasi keluarga di area Sumsel dari mei 2014 sampai dengan sekarang odo 87.966 Km (foto terlampir) belum pernah ganti part kaki kaki seperti SA, Tie rod, bushing dll. Untuk sektor kaki kaki cuma pernah 2 X saja lumasi bearing roda depan doank di beres (ongkos ngak nyampe Rp 300 ribu). Cuma memang untuk oli mesin selama ini belum pernah beli oli palsu karena selalu beli di beres kalau dulu pakai NGO 5W30 API SN, lalu pakai oli Motul H-Tech 100 plus 5W30 API SN dan juga pernah pakai oli mesin Schaeffer supreme 9000 5W30 API SN dimana kesamaannya semua oli tsb oli synthetic karena saya punya prinsip Engine HR15DE twin VTC di mobil saya ini memang Wajib memakai oli synthetic dan selalu ganti filter oli mesinnya saat ganti oli karena BBM nya selalu diisi premium ron 88 tanpa additive, agar suara mesinnya tetap halus dan tidak ada sludge di lubang pengisian olinya(foto terlampir)dan kalau lihat dari boreroskop jg clean.
IMG_20200929_160713.jpg
IMG_20200929_160713.jpg (41.91 KiB) Viewed 329 times
IMG_20200928_142636.jpg
IMG_20200928_142636.jpg (65.46 KiB) Viewed 329 times
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by epevert »

Fertille wrote:
epevert wrote: 28 Sep 2020, 19:05
Jenson wrote: Thanks bgt om sarannya. Nanti pas servis 40rb ini saya mau cba kuras dan ganti oli CVT nya, moga2 bisa beres. Kebetulan warranty saya sudah habis, apakah ad yg pernah cba, kalaj part vital sperti transmisi yg faulty merka bsa ganti?
Tahun lalu mobilio saya ganti CVT masih dicover beres H..walau KM udah 145rb umur mobil di 33-34bulan...

Padahal saya tdk ajukan, pas service rutin ganti oli cvt udah ada rontokan part campur di oli cvt nya...(padahal blm ada gejala eror tiap saya pakai)langsung mrk sarankan ganti CVT..tanpa biaya sepeserpun...cuma lama aja 3mgg

Ganti oli CVT saya selalu di 20rb KM..
Apa ini ada kaitan nya sama CVT lio batch2 awal memang ada "defect" ya? :big_think:
Ga ngerti juga om....cuma kata orang beres H nya sih di internal mereka memang sudah ada 'catatan' kalo ada case CVT trouble disaranin swap...

Makanya kemarin saya langsung disarankan SAnya utk ganti unit transimisi baru....kebetulan service record saya tertib di beres situ juga..
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

epevert wrote:
Fertille wrote:
epevert wrote: 28 Sep 2020, 19:05 Tahun lalu mobilio saya ganti CVT masih dicover beres H..walau KM udah 145rb umur mobil di 33-34bulan...

Padahal saya tdk ajukan, pas service rutin ganti oli cvt udah ada rontokan part campur di oli cvt nya...(padahal blm ada gejala eror tiap saya pakai)langsung mrk sarankan ganti CVT..tanpa biaya sepeserpun...cuma lama aja 3mgg

Ganti oli CVT saya selalu di 20rb KM..
Apa ini ada kaitan nya sama CVT lio batch2 awal memang ada "defect" ya? :big_think:
Ga ngerti juga om....cuma kata orang beres H nya sih di internal mereka memang sudah ada 'catatan' kalo ada case CVT trouble disaranin swap...

Makanya kemarin saya langsung disarankan SAnya utk ganti unit transimisi baru....kebetulan service record saya tertib di beres situ juga..
Kebetulan adik gue yg cewek pakai mobilio tahun 2014, saya sebagai abangnya selalu ingatkan my sister agar jangan lupa tiap 30 ribu Km harus kuras dan ganti oli CVT nya pakai oli CVT Honda karena yang saya baca CVT Mobixxx, paling seringnya kerusakan transmisi matik CVT nya disebabkan sabuk baja yang putus wkwkwk. Bila sudah putus, sabuk baja transmisi matik tsb akan menyebabkan komponen lainnya menjadi rusak. Salah satu yang rusak adalah sensor CVT yang berada di dalam transmisinya. Sensor ini bertugas membaca kinerja transmisi matik CVT agar bekerja sesuai dengan perintah dari ECM (Electronic Control Modul). Selain itu, pecahan sabuk baja juga rentan merusak bagian pulley transmisi matik CVT nya.


Sebenarnya owner mobil CVT ngak perlu takut, selama perawatan seperti penggantian oli transmisi matik CVT dilakukan dengan benar akan memperpanjang umur pemakaian transmisi matic.

Source
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... mponen-ini

https://m.liputan6.com/otomotif/read/32 ... bermasalah

Semoga bermanfaat.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: 29 Sep 2020, 19:04
epevert wrote:
Fertille wrote:
Apa ini ada kaitan nya sama CVT lio batch2 awal memang ada "defect" ya? :big_think:
Ga ngerti juga om....cuma kata orang beres H nya sih di internal mereka memang sudah ada 'catatan' kalo ada case CVT trouble disaranin swap...

Makanya kemarin saya langsung disarankan SAnya utk ganti unit transimisi baru....kebetulan service record saya tertib di beres situ juga..
Kebetulan adik gue yg cewek pakai mobilio tahun 2014, saya sebagai abangnya selalu ingatkan my sister agar jangan lupa tiap 30 ribu Km harus kuras dan ganti oli CVT nya pakai oli CVT Honda karena yang saya baca CVT Mobixxx, paling seringnya kerusakan transmisi matik CVT nya disebabkan sabuk baja yang putus wkwkwk. Bila sudah putus, sabuk baja transmisi matik tsb akan menyebabkan komponen lainnya menjadi rusak. Salah satu yang rusak adalah sensor CVT yang berada di dalam transmisinya. Sensor ini bertugas membaca kinerja transmisi matik CVT agar bekerja sesuai dengan perintah dari ECM (Electronic Control Modul). Selain itu, pecahan sabuk baja juga rentan merusak bagian pulley transmisi matik CVT nya.


Sebenarnya owner mobil CVT ngak perlu takut, selama perawatan seperti penggantian oli transmisi matik CVT dilakukan dengan benar akan memperpanjang umur pemakaian transmisi matic.

Source
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... mponen-ini

https://m.liputan6.com/otomotif/read/32 ... bermasalah

Semoga bermanfaat.
jgn 30 rebu km om,

di beres honda jakarta, rata2 malah skrg ud saranin nya per 20 rebu km

oli atf cvt HCF2 honda itu murah banget koq.. ganti per 20 rebu jg masi ga berasa berat d kantong

yg di ANGL 2014 CVT om jg jgn ampe tralu jauh.. 30-40 rebu jg ud bole d tap.. ga mahal2 amat kan drpd ganti girbok

itung2 investasi murah utk jangka panjang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: 29 Sep 2020, 19:04
epevert wrote:Ga ngerti juga om....cuma kata orang beres H nya sih di internal mereka memang sudah ada 'catatan' kalo ada case CVT trouble disaranin swap...

Makanya kemarin saya langsung disarankan SAnya utk ganti unit transimisi baru....kebetulan service record saya tertib di beres situ juga..
Kebetulan adik gue yg cewek pakai mobilio tahun 2014, saya sebagai abangnya selalu ingatkan my sister agar jangan lupa tiap 30 ribu Km harus kuras dan ganti oli CVT nya pakai oli CVT Honda karena yang saya baca CVT Mobixxx, paling seringnya kerusakan transmisi matik CVT nya disebabkan sabuk baja yang putus wkwkwk. Bila sudah putus, sabuk baja transmisi matik tsb akan menyebabkan komponen lainnya menjadi rusak. Salah satu yang rusak adalah sensor CVT yang berada di dalam transmisinya. Sensor ini bertugas membaca kinerja transmisi matik CVT agar bekerja sesuai dengan perintah dari ECM (Electronic Control Modul). Selain itu, pecahan sabuk baja juga rentan merusak bagian pulley transmisi matik CVT nya.


Sebenarnya owner mobil CVT ngak perlu takut, selama perawatan seperti penggantian oli transmisi matik CVT dilakukan dengan benar akan memperpanjang umur pemakaian transmisi matic.

Source
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... mponen-ini

https://m.liputan6.com/otomotif/read/32 ... bermasalah

Semoga bermanfaat.
jgn 30 rebu km om,

di beres honda jakarta, rata2 malah skrg ud saranin nya per 20 rebu km

oli atf cvt HCF2 honda itu murah banget koq.. ganti per 20 rebu jg masi ga berasa berat d kantong

yg di ANGL 2014 CVT om jg jgn ampe tralu jauh.. 30-40 rebu jg ud bole d tap.. ga mahal2 amat kan drpd ganti girbok

itung2 investasi murah utk jangka panjang
Om adik gue yg cewek tuh tahunya cuma pakai mobil.doank, kalau saya suruh kuras dan ganti tiap 20 ribu Km, gue sebagai abangnya kagak yakin dia mau, tiap tahun kuras dan ganti oli CVT mobilnya wkwkwk, jadi saya sarankan 30 ribu Km aja biar 2 tahun sekali kuras dan ganti oli CVT nya di beres. Sebenarnya sih memang lebih bagus kalau ganti dan kuras oli CVT di
20 ribu Km cuma kalau cewek yg cuma tahunya pakai mobil doank disurus tiap tahun ganti oli CVT mobilnya gue ngak yakin bakal dilaksanakan wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
Yoke steer penyakit apa om di ANKI?
Fertille wrote: 29 Sep 2020, 14:50
Apa ini ada kaitan nya sama CVT lio batch2 awal memang ada "defect" ya? :big_think:
CVT lio ane sih msh aman dan responsive, lio gen 1 thn 2015. km 60k ganti oli setiap 15k. tp taun pertama ganti di 25k wkwkw.
tahun 2017 sy inget ada update software untuk CVT, yg saya rasain kalo jalan pelan itu CVT lock nya di 15kmh, setelah update jadi di 19kmh.

Moga2 aman terus deh
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2492
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by KielConstantine »

Skarang malah pada ngomongin ngeri/takut pake mobil dgn matic cevete...

Yg transmisinya Dual Clutch apa kabar ? :big_weee:

Trans matic enakan A/T Torque converter konvensional aja.. Ud paling joss. Awet & reliable. Seusai judul "sangat minim perawatan" :big_comfort:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

pengendiesel wrote: 29 Sep 2020, 15:23
Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
Nah ini yang aneh heran, padahal di grup fb anki banyak banget yang komplen abcdefg, terutama rem getar...tapi sepertinya image kijang sudah terlalu kuat sehingga banyak yang tutup mata terhadap kelemahan2 'kecil' ini.
Kijang = sudah pasti kuat. (?)

Yang ane lihat banyak member sm yang bilang (takut) fwd kaki2nya sering rewel.
Well, ane pernah pelihara ogl sampe km 80rb, masalah kaki2 cuma pernah ganti sepasang shock belakang yang bocor, itupun garansi. Di luar itu gak pernah ganti apa2 di sektor kaki2.
Kalo dibandingin sama problem2 di anki, biaya dan waktu ngebengkelnya sih jauh enak ogl banget. Atau cuma ane aja yang lagi hoki?
kalau GL 2007 banding Innova sebelum 2012 jauh om kualitasnya, tidak bisa dibandingkan.
Saya sendiri yang mengendarai ke 2 mobil tersebut. Dengan rute yang sama dan gaya nyetir yang sama, bahkan lebih asal2x an nyetir Innova.
GL di thn ke 5 habis semua kaki kaki. Dari Shockbreaker, support shock. Belum parah sih tapi terasa banget. Itupun kata SA dan mekanik harus check bearing dll.
Estimasi waktu itu shock saja dan ongkos untuk 4 roda sekitar 3.8 - 4.2 jt. Jadi males deh, akhirnya kujual

Innova 2012 sampai 2017 saya pakai tidak ada problem sama sekali. 2017-2019 dipakai anak dan istri dibuat jumping sana dan sini tidak ada yang rusak.
Long tie road saja yang rusak karena kalau parkir seringnya mobil diem. setir diputar habis ...
osbertc0ol wrote: 29 Sep 2020, 20:54
Yoke steer penyakit apa om di ANKI?
Batang setir yang kocak. Kalau di jalan paving sedikit keriting saja terasa gredek2x.
Tidak semua ANKI seperti ini. Punya saya parah banget
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: 29 Sep 2020, 15:57
Hehehe...

Nubie ijin berpendapat om

Menurut ane hal2 begini sedikit banyak ada faktor sugesti juga lah. Ibarat kata berhubung ipah imej nya kaki2 bandel, meskipun ntuh shock minta jajan di km 100k tetep dibilang bandel, atau anki yg batch awal2 ada yg kena shock bocor jg tetep aja org2 spt tutup mata, lain kisah kalo batumakam GL yg jajan shock di km 80k pasti dibilang rewelan karena yah banyak yg complain. Contoh lain, spt mazda yg terkenal bq nya sgt jempolan, padahal tetep aja kalo liat dari case orang lain salah satunya yg ane liat ya mazda 2 kadang2 ya ada aja random case dashboard rattle dikit2 tapi orang cenderung lebih maklum gitu, krn dah kebentuk imej kl mazda pasti bq bagus. Coba hrv, dashboardnya baru bunyi dikit aja, orang2 pasti lgsg pada mencaci maki berhubung honda dah terkenal yg ckd bq nya busuk.

Itu hanya pendapat pribadi ane.
Mohon maaf kalau ada salah kata... :big_smile]
menarik om. ada permainan sugesti dari "perceived quality" di sini.

misal soal CVT transmission breakdown di 100k, karena sudah terbiasa tersugesti bahwa CVT = rewel, CVTnya minta overhaul di 100k saja sudah dibilang rewel. padahal saya sering lihat beberapa Alphard, Camry yang sudah overhaul transmisi di odometer kurang lebih sama 100k-an. Odyssey 2001 temen saya overhaul transmisi juga. AT semua tuh bukan CVT.

Sama seperti DSG = rewel padahal yang wet di tiguan dan GTI pada awet-awet.

perceived quality tidak selalu salah sih, kadang bisa lahir dari pengalaman user yang kolektif, kadang bisa karena satu dua kasus saja. kijang innova punya reputasi kuat karena pengalaman kolektif usernya, HRV punya reputasi build quality busuk itu juga pengalaman user kolektif, apalagi di awal-awal sempat viral.

saya kira yang bikin pengalaman bermobil di indonesia unik karena ketika orang define "indonesia" itu luas dari sabang sampai merauke. infrastruktur jalanan berbeda, kebiasaan orang berbeda, cuaca juga berbeda - beda. tidak usah jauh-jauh sampai beda pulau, beda kota saja beda.

saya pakai mobil di semarang tentu beda kebiasaannya dengan gimana orang jakarta pakai mobil. semarang rutenya relatif short, cuaca lebih panas karena dekat pantai, lebih sering banjir, sedangkan jakarta rute panjang-panjang dengan tingkat kemacetan tinggi, dan banyak tol, penghasilan relatif lebih tinggi jadi pakai mobil juga relatif lebih pendek masa pakainya krn mampu ganti mobil minimal 5-7 tahun sekali. itu saja sudah membedakan behavior konsumennya.

di sinilah makanya SM menerapkan 3S = Suka, Sikat, Senang. beli mobil apa yang disuka dan tidak usah terlalu overthinking, makin dipikirin makin keluar penyakitnya, yah kayak manusia lah, makin takut sakit malah makin gampang sakit karena imun tubuh menurun :big_grin:

dibeli, rusak bawa ke bengkel, enjoy.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

ChZ wrote: 30 Sep 2020, 09:22
rakyatwkwkland wrote: 29 Sep 2020, 15:57
Hehehe...

Nubie ijin berpendapat om

Menurut ane hal2 begini sedikit banyak ada faktor sugesti juga lah. Ibarat kata berhubung ipah imej nya kaki2 bandel, meskipun ntuh shock minta jajan di km 100k tetep dibilang bandel, atau anki yg batch awal2 ada yg kena shock bocor jg tetep aja org2 spt tutup mata, lain kisah kalo batumakam GL yg jajan shock di km 80k pasti dibilang rewelan karena yah banyak yg complain. Contoh lain, spt mazda yg terkenal bq nya sgt jempolan, padahal tetep aja kalo liat dari case orang lain salah satunya yg ane liat ya mazda 2 kadang2 ya ada aja random case dashboard rattle dikit2 tapi orang cenderung lebih maklum gitu, krn dah kebentuk imej kl mazda pasti bq bagus. Coba hrv, dashboardnya baru bunyi dikit aja, orang2 pasti lgsg pada mencaci maki berhubung honda dah terkenal yg ckd bq nya busuk.

Itu hanya pendapat pribadi ane.
Mohon maaf kalau ada salah kata... :big_smile]
menarik om. ada permainan sugesti dari "perceived quality" di sini.

misal soal CVT transmission breakdown di 100k, karena sudah terbiasa tersugesti bahwa CVT = rewel, CVTnya minta overhaul di 100k saja sudah dibilang rewel. padahal saya sering lihat beberapa Alphard, Camry yang sudah overhaul transmisi di odometer kurang lebih sama 100k-an. Odyssey 2001 temen saya overhaul transmisi juga. AT semua tuh bukan CVT.

Sama seperti DSG = rewel padahal yang wet di tiguan dan GTI pada awet-awet.

perceived quality tidak selalu salah sih, kadang bisa lahir dari pengalaman user yang kolektif, kadang bisa karena satu dua kasus saja. kijang innova punya reputasi kuat karena pengalaman kolektif usernya, HRV punya reputasi build quality busuk itu juga pengalaman user kolektif, apalagi di awal-awal sempat viral.

saya kira yang bikin pengalaman bermobil di indonesia unik karena ketika orang define "indonesia" itu luas dari sabang sampai merauke. infrastruktur jalanan berbeda, kebiasaan orang berbeda, cuaca juga berbeda - beda. tidak usah jauh-jauh sampai beda pulau, beda kota saja beda.

saya pakai mobil di semarang tentu beda kebiasaannya dengan gimana orang jakarta pakai mobil. semarang rutenya relatif short, cuaca lebih panas karena dekat pantai, lebih sering banjir, sedangkan jakarta rute panjang-panjang dengan tingkat kemacetan tinggi, dan banyak tol, penghasilan relatif lebih tinggi jadi pakai mobil juga relatif lebih pendek masa pakainya krn mampu ganti mobil minimal 5-7 tahun sekali. itu saja sudah membedakan behavior konsumennya.

di sinilah makanya SM menerapkan 3S = Suka, Sikat, Senang. beli mobil apa yang disuka dan tidak usah terlalu overthinking, makin dipikirin makin keluar penyakitnya, yah kayak manusia lah, makin takut sakit malah makin gampang sakit karena imun tubuh menurun :big_grin:

dibeli, rusak bawa ke bengkel, enjoy.
Satu lg mods

Kayanya ga bisa dpkul rata smua cvt itu ringkih, DSG itu ringkih, geared TC itu awet. .. itu namanya upaya generalisir

CvT aisin d alphard kemri dkk itu well known robust koq, ga kalah ama geared at.. sila gugel aisin cvt K series

Geared TC pasti awet ? Yeah rite, ntuh metik honda d civic EK, oddysey gen awal, jaman accord sblom CM apa kabar tuh..

DSG ampas ? Yg drt clutch maybe yes maybe no, tp wet clucth DSG ga kg koq.. banyak jg metik2 DSG nya VAG tembus odo tinggi koq, palagi dipake di negeri eropa sana yg dingin2 salju
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

DOHC wrote: 30 Sep 2020, 09:36
Satu lg mods

Kayanya ga bisa dpkul rata smua cvt itu ringkih, DSG itu ringkih, geared TC itu awet. .. itu namanya upaya generalisir

CvT aisin d alphard kemri dkk itu well known robust koq, ga kalah ama geared at.. sila gugel aisin cvt K series

Geared TC pasti awet ? Yeah rite, ntuh metik honda d civic EK, oddysey gen awal, jaman accord sblom CM apa kabar tuh..

DSG ampas ? Yg drt clutch maybe yes maybe no, tp wet clucth DSG ga kg koq.. banyak jg metik2 DSG nya VAG tembus odo tinggi koq, palagi dipake di negeri eropa sana yg dingin2 salju
nah stuju geared TC ahond itu justru malah terkenal kurang awet... baru era nya yg uda 5AT itu pada robust. yah temen ane ntu om odyssey overhaul di 130k-an.

kadang dari manufacturer juga sering ngasih revisi diem diem sih di service interval... ky ahond misalnya tetiba ubah jadwal ganti CVTF ke 20k/2yrs. atawa revisi desain mekanikalnya di tengah life cycle. ini yg bikin makin random, trmasuk kasus jedug nya ANKI awal yang di batch blakangan udah mulai ga ad.

saya pas mau ambil MK6 TSI malah dibilang ama bos bengkel pewe udah ambil GTI MK5 aja tranny nya lebih kuat dan lebih enak pakenya :big_biglaugh: ada beberapa orang yg pake Tiguan juga tidak pernah breakdown transmisinya :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by HaykelAdityawarman »

ChZ wrote: 29 Sep 2020, 12:49
klo saya liat behavior konsumen spt ini ya saya melakukan yang sama jg. aplg bisnis otomotif itu berat bgt persaingannya. ga bisa ngandelin income cuma dari jualan mobil, tp spare parts dan services juga. klo pabrikan ngotot bikin over engineered cars yg tidak memerlukan perbaikan saya rasa hari ini pabrikan mobil ud tinggal dikit yang hidup.
Nah, krn fakta seperti ini jadi tdk realistis klo mau punya mobil yang dipakai long-term tapi gamau ada maintenance sama sekali... satu2nya cara buat pakai mobil dengan zero maintenance ya ganti setiap 2-3 taun sekali...

Menurut ane pribadi sih beban banget kaya gitu, pilihannya antara depresiasi yang terlalu gede atau depresiasi kecil tapi mobil hampir dipastikan boring... life’s too short to drive boring cars :D
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

namanya TEROT. bukan tie road, salah itu, nggak bener. yang bener TEROT.
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by epevert »

HaykelAdityawarman wrote:
ChZ wrote: 29 Sep 2020, 12:49
klo saya liat behavior konsumen spt ini ya saya melakukan yang sama jg. aplg bisnis otomotif itu berat bgt persaingannya. ga bisa ngandelin income cuma dari jualan mobil, tp spare parts dan services juga. klo pabrikan ngotot bikin over engineered cars yg tidak memerlukan perbaikan saya rasa hari ini pabrikan mobil ud tinggal dikit yang hidup.
Nah, krn fakta seperti ini jadi tdk realistis klo mau punya mobil yang dipakai long-term tapi gamau ada maintenance sama sekali... satu2nya cara buat pakai mobil dengan zero maintenance ya ganti setiap 2-3 taun sekali...

Menurut ane pribadi sih beban banget kaya gitu, pilihannya antara depresiasi yang terlalu gede atau depresiasi kecil tapi mobil hampir dipastikan boring... life’s too short to drive boring cars :D
Hal ini yg saya lakukan di mobil perang saya om...ambil baru, semua perawatan di bengkel resmi..manfaatin garansi mobilnya...kebetulan memang sblm covid 10rb KM itu paling 60-70hari saya...
Enaknya sistem gini biaya perawatan rutin sudah fix..dan kita bisa prediksi

Skrg mobil perang ke 3 sudah...tiap 3thn max atau 150rb KM ya jual....
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

marmut wrote:namanya TEROT. bukan tie road, salah itu, nggak bener. yang bener TEROT.
Koreksi boleh ya om, yang saya tahu dan sering saya baca tuh penulisannya ""tie rod"".
Kalau di artikel otomotif ditulis sbb:

Mobil-mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, ada dua buah komponen yang rawan bermasalah.

Komponen tersebut adalah long tie rod dan tie rod end, keduanya biasa disebut juga sebagai tie rod saja.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by josomba »

Herman7103 wrote: 30 Sep 2020, 10:16
marmut wrote:namanya TEROT. bukan tie road, salah itu, nggak bener. yang bener TEROT.
Koreksi boleh ya om, yang saya tahu dan sering saya baca tuh penulisannya ""tie rod"".
Kalau di artikel otomotif ditulis sbb:

Mobil-mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, ada dua buah komponen yang rawan bermasalah.

Komponen tersebut adalah long tie rod dan tie rod end, keduanya biasa disebut juga sebagai tie rod saja.
Oom herman, nampaknya kalau disini beberapa makhluk suka bercanda agak sarkas, suka ga ngeh nih .... :big_grin:
Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

josomba wrote:
Herman7103 wrote: 30 Sep 2020, 10:16
marmut wrote:namanya TEROT. bukan tie road, salah itu, nggak bener. yang bener TEROT.
Koreksi boleh ya om, yang saya tahu dan sering saya baca tuh penulisannya ""tie rod"".
Kalau di artikel otomotif ditulis sbb:

Mobil-mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, ada dua buah komponen yang rawan bermasalah.

Komponen tersebut adalah long tie rod dan tie rod end, keduanya biasa disebut juga sebagai tie rod saja.
Oom herman, nampaknya kalau disini beberapa makhluk suka bercanda agak sarkas, suka ga ngeh nih .... :big_grin:
Ups my sorry, saya memang ngak ngeh wkwkwk. I am sorry.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post