Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by W42d »

Omnibus wrote: Mon Oct 12, 2020 13:15
W42d wrote: Mon Oct 12, 2020 12:58
Bener om, saya juga ngalamin. Jelek bener dah karatan gt, padahal mbl blm tua2 bgt. Brio 2015, gagang wiper dah karatan. Akhirnya beli cat semprot botolan, tahan sampe skrg. Apa mgkn kualitasnya lbh jelek dari cat pyl*x.
Ikut nambahin, brio saya th 2015, skrg KM 80K, ganti shock support di 30k, kampas rem 50k.
75k kmrn muncul suara kaya ngelitik kecil, muncul di rpm 2k, taunya shield knalpot bautnya longgar. Terus skrg auto tensioner dah mulai bunyi2, rack steer mulai bunyi kl kena jalanan yg berlubang tajam2 atau poldur kecil2. Kemarin coba di grease ulang, lmyn pas muter steer berasa lbh smooth, tp ga ngobatin bunyi2. Sisanya cuma ganti2 oli mesin tiap 7k ma oli matic 25K. Kaki2 lain masih ckp bagus. Cukup oke mnrt saya, consider saya pakai tein stech dan ban 195/50r15.
Uda sempet nanya2 part kaki di beres. Shock assy 1jt/pcs, lower arm assy 700k/pcs.
kayanya pakai cat air itu wkwkwk .... maksudnya water-based paint biar eco friendly gitu...

rack steer di bagian belakangnya ada baut setelan. itu hrs dibuka, dibersihkan sampai bersih, dan digrease ulang dalamnya. (sebelum dibuka tandain pakai spidol jd pas pasang setelan bautnya di posisi semula.)
setelah terbuka di bagian dalamnya ada Per (dimensinya mirip spt per klep) yg nahan/mendorong silinder penyetel speleng setir (backlash rack n pinion). kl grease nya kering, per itu bunyi kl lewat jalan jelek. lalu nanti pasang per nya lagi hrs lurus di tengah2 sblm bautnya dipasang lagi.

ini bukan remedi satu2nya. tapi salah satu remedi dr sekian banyak sumber bunyi yg ada di kaki2 depan honda yg klotakan itu wkwkwkwk.
Terima kasih info nya om. Masalahnya saya bukan suhu DIY seperti om, cuma ngandelin bengkel umum. Nanti coba saya tanyakan apakah bisa mengerjakan atau tidak, salah2 malah makin parah bukan makin baik.
Btw, spring yang dimaksud ini kan om?
Screenshot_20201013-113017_Drive.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Poporing »

Jelas banget manual servicenya.. itu buat brio?
Punya yg hrv 1.5 om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

W42d wrote: Tue Oct 13, 2020 4:08
Terima kasih info nya om. Masalahnya saya bukan suhu DIY seperti om, cuma ngandelin bengkel umum. Nanti coba saya tanyakan apakah bisa mengerjakan atau tidak, salah2 malah makin parah bukan makin baik.
Btw, spring yang dimaksud ini kan om?
Screenshot_20201013-113017_Drive.jpg
betul om itu. selamat mencoba di bengkel he he...
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by MSU »

W42d wrote: Tue Oct 13, 2020 4:08
Omnibus wrote: Mon Oct 12, 2020 13:15
W42d wrote: Mon Oct 12, 2020 12:58
Bener om, saya juga ngalamin. Jelek bener dah karatan gt, padahal mbl blm tua2 bgt. Brio 2015, gagang wiper dah karatan. Akhirnya beli cat semprot botolan, tahan sampe skrg. Apa mgkn kualitasnya lbh jelek dari cat pyl*x.
Ikut nambahin, brio saya th 2015, skrg KM 80K, ganti shock support di 30k, kampas rem 50k.
75k kmrn muncul suara kaya ngelitik kecil, muncul di rpm 2k, taunya shield knalpot bautnya longgar. Terus skrg auto tensioner dah mulai bunyi2, rack steer mulai bunyi kl kena jalanan yg berlubang tajam2 atau poldur kecil2. Kemarin coba di grease ulang, lmyn pas muter steer berasa lbh smooth, tp ga ngobatin bunyi2. Sisanya cuma ganti2 oli mesin tiap 7k ma oli matic 25K. Kaki2 lain masih ckp bagus. Cukup oke mnrt saya, consider saya pakai tein stech dan ban 195/50r15.
Uda sempet nanya2 part kaki di beres. Shock assy 1jt/pcs, lower arm assy 700k/pcs.
kayanya pakai cat air itu wkwkwk .... maksudnya water-based paint biar eco friendly gitu...

rack steer di bagian belakangnya ada baut setelan. itu hrs dibuka, dibersihkan sampai bersih, dan digrease ulang dalamnya. (sebelum dibuka tandain pakai spidol jd pas pasang setelan bautnya di posisi semula.)
setelah terbuka di bagian dalamnya ada Per (dimensinya mirip spt per klep) yg nahan/mendorong silinder penyetel speleng setir (backlash rack n pinion). kl grease nya kering, per itu bunyi kl lewat jalan jelek. lalu nanti pasang per nya lagi hrs lurus di tengah2 sblm bautnya dipasang lagi.

ini bukan remedi satu2nya. tapi salah satu remedi dr sekian banyak sumber bunyi yg ada di kaki2 depan honda yg klotakan itu wkwkwkwk.
Terima kasih info nya om. Masalahnya saya bukan suhu DIY seperti om, cuma ngandelin bengkel umum. Nanti coba saya tanyakan apakah bisa mengerjakan atau tidak, salah2 malah makin parah bukan makin baik.
Btw, spring yang dimaksud ini kan om?
Screenshot_20201013-113017_Drive.jpg
setahu saya...kalo buka2 bagian ini tar ringan-berat stir feeling-nya bisa berubah..
ya mudah2an bengkelnya bisa balikin seperti awal lagi om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Oct 13, 2020 2:25
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 8:49
Itu cuman yg rakitan kerawang aj mods

Saya dah perna coba naek hrv di aussie

Wuihhh bumi langit ama hrv d rumah.. bahkan gluduk2 nya aj nyaris ga kedengeran.. minim banget walaupun ad..

Demikian pula dgn crv atau civic nya, biar kata cuman entry level 1.8 ama 2.0 RA enjin, tp build quality nya jauhh.. solid, kerapetan panel smuanya mantep
Jenson wrote: Mon Oct 12, 2020 16:59
Bener nih, rakitan Karawang emang acakadut. Jadi inget dlu pernah punya Brio gen awal CBU Thai, walopun pake material plastik cheapo, rakitannya solid kaga ada rattling. Selang 2 tahun naik Brio CKD punya temen, buset goyang dombret kriyet2. Uda plastik cheapo lebih kasar lg materialnya :big_dunno: . Pas ane kasi coba bawq Brio ane yg CBU Thai pun dia mengamini kualitas kek bumi ama langit. Sayang itu Brio tutup usia (baik di Indonesia dan punya ane, ancur ditabrak org gila nerobos traffic light).

HRV CKD saya jga sami mawon, gap panel renggamg kek bajaj. Tapi ya, satu2nya yg saya salut, GK 5 CKD saya yg Blacktop edition malah lumayan BQ nya. Ampe sekarang gaada rattling dan gaada jajan. KM 60k jalan thn ke 6, pake di jalan seruntulan gas pol hajar lobang kanan kiri. Ajib nih hatchback ala LMPV :big_grin: Mau dijual pun jd sayang
makanya ni dibanding negara tetangga macem malon atau thai lumayan jau kualitasnya... kliatan kalo bandingin trio sedan ama lineup lain :big_dunno: apalagi dbandingin grade jdm bisa bikin miris hati :big_dunno:

trio sedan itu solid loh, civic FB dulu pake usia mobil uda 6 taon bekas modip dll plastiknya memang busuk tp ga ad rattle, SX4 aj masih ada rattle nya. kaki kaki yg ane expect sedan ga bakal survive malah kuat bgt 60 rebu ga ad tanda tanda brisik klotak klotak kaya yg karawang punya. ntu di sebelah ada yg pake civic turbo ampe 60k jg masih senyap. HRV adik ane skrg odo 36k aj udah mulai klotakklotak kaki kakinya.

bahkan klo mengabaikan kualitas plastik civic FB lebih solid drpd CRV turbo buatannya :ungg:

nah ngomong2 GK ane jg penasaran ini mobil untuk ukuran ahond made in karawang lumayan jarang keluhan dbanding brio atau HRV/CRV... apa krn populasinya tidak sebanyak mereka yak. yah ada bbrp komplen rattle2 cuma untuk yg krusial macem kaki kaki koq lbh jarang :big_think:
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
iye bener ....

tapi sebagian krn human error ane

1. krn beli mobil lain ladder frame suv yg notabene lbh meredam suara2 ambience. jd pas nyetir GK berasa lebih raw.

2. selalu lupa ngencengin suara radio spy suara ambience ga kedengeran.

abis suara raungan mesinnya, music to my ears. :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:29
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
iye bener ....

tapi sebagian krn human error ane

1. krn beli mobil lain ladder frame suv yg notabene lbh meredam suara2 ambience. jd pas nyetir GK berasa lebih raw.

2. selalu lupa ngencengin suara radio spy suara ambience ga kedengeran.

abis suara raungan mesinnya, music to my ears. :big_exellent:
Raungan mesin L15 cvt earth dream ?? :big_think:

Boro2 mbah, rpm dbawah cenggo mulu, dbejeg jg cuman nggunnngggg bentar, bunyi belt cvt d serut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

MSU wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28

setahu saya...kalo buka2 bagian ini tar ringan-berat stir feeling-nya bisa berubah..
ya mudah2an bengkelnya bisa balikin seperti awal lagi om

betul sekali om.
dijamin pasti berubah.

maka dari itu pentingnya komunikasi antara mekanik dengan pemilik mobil, setelah dipretelin, musti di stel kembali sambil dikomunikasikan dengan pemilik apakah putatan setirnya sudah cukup ringan atau terlalu berat?
kalau terlalu ringan, ada kemungkinan bunyi glodakan atau klutuk-klutuk halus.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 6:33
Raungan mesin L15 cvt earth dream ?? :big_think:

Boro2 mbah, rpm dbawah cenggo mulu, dbejeg jg cuman nggunnngggg bentar, bunyi belt cvt d serut
:big_biglaugh:

itu derita yg ga punya paddle shift mbah rektor
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Oct 13, 2020 6:35
MSU wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28

setahu saya...kalo buka2 bagian ini tar ringan-berat stir feeling-nya bisa berubah..
ya mudah2an bengkelnya bisa balikin seperti awal lagi om

betul sekali om.
dijamin pasti berubah.

maka dari itu pentingnya komunikasi antara mekanik dengan pemilik mobil, setelah dipretelin, musti di stel kembali sambil dikomunikasikan dengan pemilik apakah putatan setirnya sudah cukup ringan atau terlalu berat?
kalau terlalu ringan, ada kemungkinan bunyi glodakan atau klutuk-klutuk halus.
mbah rektor,

"kalau mau ada perbaikan harus berani menghadapi perubahan." menurut buku primbon BBLAR halaman terakhir sebelum daftar pustaka.

sebelumnya sy jg ragu tp kl ga dicoba selamanya ga akan tau. ternyata selama kita perhatikan betul prosedurnya, bisa balik lagi kok ke spec asal malah bisa lebih enak kl jago fine tuning.

ga ada yg aneh dan ga ada yg spesial ttg prosedurnya asal hati2. ditandain spidol dan diukur dulu free play setirnya pakai penggaris atau meteran baju.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:42
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 6:33
Raungan mesin L15 cvt earth dream ?? :big_think:

Boro2 mbah, rpm dbawah cenggo mulu, dbejeg jg cuman nggunnngggg bentar, bunyi belt cvt d serut
:big_biglaugh:

itu derita yg ga punya paddle shift mbah rektor
Yg ga ad paddle shift bisa jg seh mbah, pindahin ke S, otomatis bsa maen rpm tinggi

Cuman tetep ngguuuuuuunggg nya ganggu banget

Masi lebi enak lipindut malah, dibejeg ad suara nggiinngg melengking.. bunyi oli dibakar ampe abis, sungguh nikmat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 6:54
Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:42
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 6:33
Raungan mesin L15 cvt earth dream ?? :big_think:

Boro2 mbah, rpm dbawah cenggo mulu, dbejeg jg cuman nggunnngggg bentar, bunyi belt cvt d serut
:big_biglaugh:

itu derita yg ga punya paddle shift mbah rektor
Yg ga ad paddle shift bisa jg seh mbah, pindahin ke S, otomatis bsa maen rpm tinggi

Cuman tetep ngguuuuuuunggg nya ganggu banget

Masi lebi enak lipindut malah, dibejeg ad suara nggiinngg melengking.. bunyi oli dibakar ampe abis, sungguh nikmat
ohhohoho kirain bunyi ngiiinngg nya dr one-way clutch pulley alternator yg udah mau minta jajan. tp kl ini bunyinya pas gas dilepas..

yah GK bagaimanapun kategori murmerceng ... ga nyusahin n sering bikin senyum aja udah bagus.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:46


mbah rektor,

"kalau mau ada perbaikan harus berani menghadapi perubahan." menurut buku primbon BBLAR halaman terakhir sebelum daftar pustaka.

sebelumnya sy jg ragu tp kl ga dicoba selamanya ga akan tau. ternyata selama kita perhatikan betul prosedurnya, bisa balik lagi kok ke spec asal malah bisa lebih enak kl jago fine tuning.

ga ada yg aneh dan ga ada yg spesial ttg prosedurnya asal hati2. ditandain spidol dan diukur dulu free play setirnya pakai penggaris atau meteran baju.

betul sekali mbah shifu ketua....
pilih wanita sebagai pasangan seumur hidup aja berani, masa begituan doang takut? kalo sampe steering rack kenapa-kenapa tinggal beli baru, yang jual ngamprak dimana-mana....

:big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:29
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
iye bener ....

tapi sebagian krn human error ane

1. krn beli mobil lain ladder frame suv yg notabene lbh meredam suara2 ambience. jd pas nyetir GK berasa lebih raw.

2. selalu lupa ngencengin suara radio spy suara ambience ga kedengeran.

abis suara raungan mesinnya, music to my ears. :big_exellent:
oh ternyata sama aj yahh... resing sensashoonnn dong mbah...

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:29
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
iye bener ....

tapi sebagian krn human error ane

1. krn beli mobil lain ladder frame suv yg notabene lbh meredam suara2 ambience. jd pas nyetir GK berasa lebih raw.

2. selalu lupa ngencengin suara radio spy suara ambience ga kedengeran.

abis suara raungan mesinnya, music to my ears. :big_exellent:
Wkwkwk, saya pernah nyetir GK5 kluaran awal 2016 sebelum floating HU persis (udah ada soft panel di dash tapi velg masih lama, HU JVC biasa) itu waktu lewat paving2 di PIK aja kaca depan rattling geter2 om (derderderrrrr). Tp kaki2 masih kenceng semua, cuma noise bannya ajegile dah wkt di pavingan PIK. Bbrp waktu nyetir GE8 juga kaki2nya masih setrong2, pdhl udah 50rb an km
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

erwinign wrote: Tue Oct 13, 2020 7:29
Wkwkwk, saya pernah nyetir GK5 kluaran awal 2016 sebelum floating HU persis (udah ada soft panel di dash tapi velg masih lama, HU JVC biasa) itu waktu lewat paving2 di PIK aja kaca depan rattling geter2 om (derderderrrrr). Tp kaki2 masih kenceng semua, cuma noise bannya ajegile dah wkt di pavingan PIK. Bbrp waktu nyetir GE8 juga kaki2nya masih setrong2, pdhl udah 50rb an km
memang bener rasanya beli mobil jangan tanggung, suv beli lederfrem sekalian, atau sedan skalian...

ane justru curiga kadang mobil jenis crossover ini tidak didesain untuk jadi heavy duty... hanya sedan yang dipaksain kasi ban gede + bodi gede, jgn2 ini malah yang bikin cenderung lbh ga awet daripada counterpart jenis sedan atawa hatchback nya. aplg jalanan djahanam +62 dan gaya nyetir slonongboy mentang2 ground clearance tinggi poldur dihajar seenak jidad...

crossover baru awet klo uda kelas midsize macem crv cx5 dkk... klo di bawah itu kaki kakinya rasanya ga ad yang beres. ntahlah kalo kia seltos atau hyungdie konak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Tue Oct 13, 2020 7:26
Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 6:29
DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 5:28
Gk5 minim keluhan ??

Tuh sila kontek mbah omnibus

GK5 nya doi baru 15 rebu km, tp ud glotak2 steering rack nya
iye bener ....

tapi sebagian krn human error ane

1. krn beli mobil lain ladder frame suv yg notabene lbh meredam suara2 ambience. jd pas nyetir GK berasa lebih raw.

2. selalu lupa ngencengin suara radio spy suara ambience ga kedengeran.

abis suara raungan mesinnya, music to my ears. :big_exellent:
oh ternyata sama aj yahh... resing sensashoonnn dong mbah...

:ngacir:
:wkkk: :wkkk:

erwinign wrote: Tue Oct 13, 2020 7:29
Wkwkwk, saya pernah nyetir GK5 kluaran awal 2016 sebelum floating HU persis (udah ada soft panel di dash tapi velg masih lama, HU JVC biasa) itu waktu lewat paving2 di PIK aja kaca depan rattling geter2 om (derderderrrrr). Tp kaki2 masih kenceng semua, cuma noise bannya ajegile dah wkt di pavingan PIK. Bbrp waktu nyetir GE8 juga kaki2nya masih setrong2, pdhl udah 50rb an km
nah itu krn belom tembak vet sana sini kl kata mbah dohc.

kaca depan rattling geter2? tembak vet.
rem geter? tembak vet.
ban dengung? tembak vet.
kaki2 klotakan? tembak vet.
kuping berdenging? tembak vet juga.






.............. :glodak:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Tue Oct 13, 2020 7:34 ---------
crossover baru awet klo uda kelas midsize macem crv cx5 dkk... klo di bawah itu kaki kakinya rasanya ga ad yang beres. ntahlah kalo kia seltos atau hyungdie konak...
om, jangankan masdut cx5. itu bukannya om yg upgrade dr cx5 ke cx9 aja ripiunya ada bunyi di kaki2 depan ya kl ga salah.

menurut ane yg jd biang keladi kl ada common part, berasal dari adiknya yg dipake di kakaknya dgn body lebih besar dan lebih berat.

makanya walaupun ane ga ngerti2 banget krn awam kl beli mobil paling ngga ane suka ngolong2 dikit atau liat engine bay nya konstruksi kaki2nya. itupun ga jadi jaminan sih. bisa aja keliatan kokoh tapi bahannya dr ancuran rengginang.

:big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 8:24
om, jangankan masdut cx5. itu bukannya om yg upgrade dr cx5 ke cx9 aja ripiunya ada bunyi di kaki2 depan ya kl ga salah.

menurut ane yg jd biang keladi kl ada common part, berasal dari adiknya yg dipake di kakaknya dgn body lebih besar dan lebih berat.

makanya walaupun ane ga ngerti2 banget krn awam kl beli mobil paling ngga ane suka ngolong2 dikit atau liat engine bay nya konstruksi kaki2nya. itupun ga jadi jaminan sih. bisa aja keliatan kokoh tapi bahannya dr ancuran rengginang.

:big_biglaugh:
dari sblm jaman crossover crossoveran dl ahond GE dan emprit juga gt mbah... emprit kaki kakinya uda 70k++ tunggu aj tuh orkestra kaki kaki depan... pdhl njess GE rasanya masih setrong ampe kilo segitu. ane pernah dititipin emprit temen suruh bawain bengkel doi ngomel dibenerin kanan eh besoknya kiri kena... :big_biglaugh:

crossover makin sadis lg siksaannya :big_bored: yang ajaib brarti CRV ntu kuat jg ga pernah ada rewel kaki kaki depannya... yang gen 4 tuh setrong jarang denger keluhan biar dikata downgrade parts. gen 5 jg keluhan kaki kaki depan masalah bautnya kaga kenceng aj...

udah bener lah kayaknya beli SUV ladder sekalian, dibangun dari sasis truk pake light duty pasti kuat... mau kenceng beli wagon atau sedan... :ngacir: saya koq ga merasa kesulitan daily pake sedan jalan kriting2 dikit jg awet awet aj kaki kaki... banjir baru SUVnya keluar :big_grin:

panjenengan awam saya apaan mbah... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by W42d »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 5:22
W42d wrote: Tue Oct 13, 2020 4:08
Terima kasih info nya om. Masalahnya saya bukan suhu DIY seperti om, cuma ngandelin bengkel umum. Nanti coba saya tanyakan apakah bisa mengerjakan atau tidak, salah2 malah makin parah bukan makin baik.
Btw, spring yang dimaksud ini kan om?
Screenshot_20201013-113017_Drive.jpg
betul om itu. selamat mencoba di bengkel he he...
Siap om, nanti konsultasi dl. Dulu si bengkel pernah bilang, kl rack steer bunyi2, buat ngurangin sedikit plgan baut adjusternya dikencengin, tp efeknya stir jadi lebih berat. Cuman karena saya masih merasa ga trlalu mengganggu ya saya biarin dl utk sementara. Tapi bengkel ga pernah ngmg untuk regrease si. Kemarin itu pas minta regrease rack steer aja bengkelnya agak kaget, karena ga banyak yg request regrease. Saya coba regrease jg setelah tengok2 postingan om Omnibus disini. Clamp juga inden dulu di beres, karena mereka ga stock barang beginian. Beres malah nyaranin pakai clamp buat selang ato pake cable ties.
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by W42d »

Poporing wrote: Tue Oct 13, 2020 4:12 Jelas banget manual servicenya.. itu buat brio?
Punya yg hrv 1.5 om?
Maaf om, ga punya saya. Kemarin saya nemunya pas searching2 di google. Tp ini agak membingungkan, karena section AT nya trans CVT. Padahal gambar2 lain menunjukan model nya masih yg old sblm facelift, dashboard kodok dan bumper model lama. Mgkn aslinya punya brio thai karena kalo ga salah disana AT nya pake CVT.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 8:24
-


makanya walaupun ane ga ngerti2 banget krn awam kl beli mobil paling ngga ane suka ngolong2 dikit atau liat engine bay nya konstruksi kaki2nya. itupun ga jadi jaminan sih. bisa aja keliatan kokoh tapi bahannya dr ancuran rengginang.

:big_biglaugh:


ga ngerti2 banget? :big_think:
awam? :big_think:
suka ngolong2 dikit? :big_think:

kayaknya ada yang gak beres..... tapi apa ya? :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Oct 13, 2020 14:38
Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 8:24
-


makanya walaupun ane ga ngerti2 banget krn awam kl beli mobil paling ngga ane suka ngolong2 dikit atau liat engine bay nya konstruksi kaki2nya. itupun ga jadi jaminan sih. bisa aja keliatan kokoh tapi bahannya dr ancuran rengginang.

:big_biglaugh:


ga ngerti2 banget? :big_think:
awam? :big_think:
suka ngolong2 dikit? :big_think:

kayaknya ada yang gak beres..... tapi apa ya? :big_think:
ya kalo ngolong kelamaan di showroom auto dicyduk satpam nya, mbah rektorrr :mky_03:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Jenson »

ChZ wrote: Tue Oct 13, 2020 2:25
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 8:49
Itu cuman yg rakitan kerawang aj mods

Saya dah perna coba naek hrv di aussie

Wuihhh bumi langit ama hrv d rumah.. bahkan gluduk2 nya aj nyaris ga kedengeran.. minim banget walaupun ad..

Demikian pula dgn crv atau civic nya, biar kata cuman entry level 1.8 ama 2.0 RA enjin, tp build quality nya jauhh.. solid, kerapetan panel smuanya mantep
Jenson wrote: Mon Oct 12, 2020 16:59
Bener nih, rakitan Karawang emang acakadut. Jadi inget dlu pernah punya Brio gen awal CBU Thai, walopun pake material plastik cheapo, rakitannya solid kaga ada rattling. Selang 2 tahun naik Brio CKD punya temen, buset goyang dombret kriyet2. Uda plastik cheapo lebih kasar lg materialnya :big_dunno: . Pas ane kasi coba bawq Brio ane yg CBU Thai pun dia mengamini kualitas kek bumi ama langit. Sayang itu Brio tutup usia (baik di Indonesia dan punya ane, ancur ditabrak org gila nerobos traffic light).

HRV CKD saya jga sami mawon, gap panel renggamg kek bajaj. Tapi ya, satu2nya yg saya salut, GK 5 CKD saya yg Blacktop edition malah lumayan BQ nya. Ampe sekarang gaada rattling dan gaada jajan. KM 60k jalan thn ke 6, pake di jalan seruntulan gas pol hajar lobang kanan kiri. Ajib nih hatchback ala LMPV :big_grin: Mau dijual pun jd sayang
makanya ni dibanding negara tetangga macem malon atau thai lumayan jau kualitasnya... kliatan kalo bandingin trio sedan ama lineup lain :big_dunno: apalagi dbandingin grade jdm bisa bikin miris hati :big_dunno:

trio sedan itu solid loh, civic FB dulu pake usia mobil uda 6 taon bekas modip dll plastiknya memang busuk tp ga ad rattle, SX4 aj masih ada rattle nya. kaki kaki yg ane expect sedan ga bakal survive malah kuat bgt 60 rebu ga ad tanda tanda brisik klotak klotak kaya yg karawang punya. ntu di sebelah ada yg pake civic turbo ampe 60k jg masih senyap. HRV adik ane skrg odo 36k aj udah mulai klotakklotak kaki kakinya.

bahkan klo mengabaikan kualitas plastik civic FB lebih solid drpd CRV turbo buatannya :ungg:

nah ngomong2 GK ane jg penasaran ini mobil untuk ukuran ahond made in karawang lumayan jarang keluhan dbanding brio atau HRV/CRV... apa krn populasinya tidak sebanyak mereka yak. yah ada bbrp komplen rattle2 cuma untuk yg krusial macem kaki kaki koq lbh jarang :big_think:
Kalo GK si di jalan populasinya spertinya cukup lumayan ya padahal, penjualan juga walau naik turun lebih kurang masi dapat seribuan unit sebulan, jauh lebi banyak d jalan drpd Yasir. Kalo soal cat2 si memang acakadut juga, pas dellivery masi inget d pintu ad bekas lem :big_biglaugh: ini mobil 260jt dah kaya prakarya anak sekolah aja pikir saya. Tp ya itu, salutnya kaki2 awet, gaada rattling. Plastik masih solid. Bingng juga racikan apa yg beda :big_think:. Malah teman saya ad yg punya GE8, umur beda 2 taun nasib jauh beda di tahun yg sama dengan saya (tahun ke 6) sudah ganti power window karena kacanya stuck dan pintu bagasi mati (gabisa dibuka sama sekali).
cfoek
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Nov 17, 2020 17:37
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by cfoek »

agak susah ya kalau 10 tahun tanpa harus masuk bengkel, namanya juga buatan pasti ada yang tidak awet atau buatannya tidak sempurna jadinya macet atau rusak , cuman kalau yang minim setau ku ya panther tu awet, zebra tuh ya awet hahahaha pengalaman pribadi kalau rusak tu juga mudah partsnya gak sampai mbolongin kantong