Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by benzz89 »


KielConstantine wrote:
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 18:56
KielConstantine wrote: Tue May 18, 2021 17:26 Itu harga kg berubah2 donk ud lama..

Si om jasin masih sehat kan ?


Anaknya cewe smua tuu.... bingung mau nerusin bengkel nurunin ke siapa ..
ya ke mantunya kali mbah

jij ngga tertarik daftar jd mantu? :big_slap:

btw mobil mbah yg mana yg di tuss? ripiu dikit donk mbah. :big_grin:
Enggak tussbol mbah :big_biglaugh:
Calon bini ane pernah nyuplai spareparts bosch bbrapa kali ke si om jasin . Aki , busi, wiper bgitu2 lah .

Curhat lah doi... wkwkwkwkwk katanya orangnya baek bener. Mau pergi pameran , anak buahnya disuru naek mercynya dy tuh. Pergi bareng . Sering beliin makanan jg, ud kek anggep anak sendiri hahahaha
Harga tussbol kayanya bervariasi tergantung besaran displacement mesinnya.

Sekitar taon 2016/2017 ane pernah bawa mazdut 8 ke sana & ketemu ama si Om Jasin.

Liat2 menu disana & harga2nya, ternyata mazdut 8 yg 2.300 CC kena 12 atau 13 jeti gitu deh, ditawar lg sdh gak bisa, cuman bs dicicil 0% pakai kartu kredit BCA.

Ngobrol2 & disuruh tes2 beberapa mobil bintang & baling2 disana (tes ngegas doang sih) disuruh ngerasain entengnya RPM mesin naik dr idle sampai redline pake bengsin RON rendah (pertalite) & busi jg yg pengapian rendah.

Jd memang ini ilmunya berbanding terbalik ama PnP yg naik kompresi & BBM hrs oktan tinggi serta busi jg hrs yg pengapian tinggi. Mesin jd cenderung lebih panas suhu kerjanya.

Ane pernah PnP santa fe gen 1 di firna protechnik + pasang dastek unichip di rev engineering, emang enak sih mobil jd enteng banget.

Start langsung gigi 2 jg bs jalan mobilnya, sebelumnya pasti mesin mati. Sudah gitu jd jarang2 ganti gigi & mobil jd lebih lama meluncurnya tanpa di gas, ada sensasi tersendiri kl di ingat2 moment itu.

Toel2 gas dikittt pake banget sdh mengakselerasi mobil, jd pegel kaki kanan (seriusan ini kaga boong), bengsin jelas lebih irit, cuman aja kaki jd sering beringas kaga sekolah walhasil bengsin yah sama aja banding sebelum PnP + dastek. Cuman ya itu krn papas head & kompresi naik jd bbm hrs pertamax plus waktu itu.

Krn penasaran ama tussbol pengen nyobain, tapi liat harganya ane mundur teratur deh, krn memang itu mazdut 8 antara mau dipake lama lg atau mau dijual, tp akhirnya diputuskan dijual.

Sayang tussbol kl gak dipake lama mobilnya, BEP biayanya jd gak cocok. Boros itu mazdut 8 sama kaya santa fe yg 2.400 CC rerata 1:6-7 bengsinnya.

Kl mobil baru langsung tussbol kayanya gak tega yah... langsung diperawanin itu mesinnya, apalagi modelnya kaya si mbah suhu plof Omnibus, yg mana yg boleh pegang mobil dia cuman 2 orang katanya yaitu 1. Orang fabriek. 2. Dia sendiri... orang lain nehiii... tukang ban aja gak boleh sentuh itu velgnya Hahahah... [emoji1787]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 5:01
Ane pernah PnP santa fe gen 1 di firna protechnik + pasang dastek unichip di rev engineering, emang enak sih mobil jd enteng banget.

kl kemri item garage queen odo siceng setaun udah diapain aja om kilikannya? yaa barangkali para mbah si mbah klep n mbah marmut yg lg nungguin lungsurannya kl tau jd berani bayar lbh mahal.

ama 1 lagi om, om kan sering nih ngilik2 mobil gitu. pada akhirnya suka dukanya enakan mana pake/pelihara mobil stock sm mobil kilikan om? efek samping yg ga ngenakinnya ada ga, atau semuanya happy story nih?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 5:01
Ane pernah PnP santa fe gen 1 di firna protechnik + pasang dastek unichip di rev engineering, emang enak sih mobil jd enteng banget.

kl kemri item garage queen odo siceng setaun udah diapain aja om kilikannya? yaa barangkali para mbah si mbah klep n mbah marmut yg lg nungguin lungsurannya kl tau jd berani bayar lbh mahal.

ama 1 lagi om, om kan sering nih ngilik2 mobil gitu. pada akhirnya suka dukanya enakan mana pake/pelihara mobil stock sm mobil kilikan om? efek samping yg ga ngenakinnya ada ga, atau semuanya happy story nih?
Kemri itu mobil insaf om... 100% full stock, biasa ane gatel deh taon ke 2 or ke 3 mulai obok2, tp Kemri selamat dr tgn jail. XV40 bantingannya sdh plng cocok ama butt O meter ane, empuk2 membuai kaya santa fe gen 1.

Santa fe M/T gen 1 itu project ababil, taon ke 5 di obrak abrik deh, gegara itu mobil stop & go nya capek... berat, di salib melulu ama mobil lain. Hrs diapain nih mobil spy enak stop & go nya. Kl RPM atasnya sih super bengis, enak banget. Ya sdh lah pasang dastek unichip di rev krn lg hype taon 2006.

Sdh pasang dastek oke lumayan enak, lalu keracunan di modcom pd PNP di firna, penasaran jg akhirnya cobain deh sekalian bebersih silinder head biar kinclong... makin enak lg, saking enaknya itu santa fe pernah jd kaya fast & furious, 2 ban naik keatas saat ane rem mendadak & ngonci lalu banting setir, sdh yakin sih pasti tebalik nih mobil sepersekian detik saat kejadian dgn sgt2 sadar di otak ane.

Ajaib... 2 ban kanan depan belakang yg naik itu balik lg, lalu 2 ban kiri depan & belakangnya naik sedikit lalu normal lg, keringat dingin & lemes tp langsung gas poll lg krn takut diteriakin orang dibelakang ane hahahah...

Modif2 mobil di jaman itu yg ABS, EBD, BA dll msh barang mevvah yah kaya begini, santa fe gen 1 taon 2001 itu msh polosan kaga ada apa2. Rem mendadak lalu ngonci, banting setir malah kaya ketabok itu setirnya banting lg ke arah berlawanan, puji Tuhan kaga ada kecelakaan apapun saat itu, nyerempet jg kaga sama sekali.

Moral of the story... bahaya modif mesin terlalu kencang tp dibarengi oleh sektor pengereman, tp kl blom ada ABS & teman2nya yah nasib deh. PNP sih enak kl buat racing kenceng2an apalagi buat di RPM atasnya, nah kl tussbol kayanya kebalikannya deh, Enak buat jalan2 santuy di RPM bawah tengah, beda menu memang, tp ane sendiri blom ngerasain, meski penasaran sih.

Ane sih yakin dua2nya pst enak buat mesin, cuman ya itu tussbol kl mobil baru kayanya sayang banget sdh di obok2, tp kl sdh lepas garansi sdh jalan sekian puluh ribu KM kok harganya berasa kemahalan yah buat mesin2 berdisplacment besar.

Jujur msh bingung sih antara PNP & tussbol itu sama atau tidak, menurut om Turbo sih sama aja, cuman nama dagang aja. Kl mau PNP better ke Ko. Imam Autodyn di pasar baru katanya, harga jauh lebih bersahabat, part boleh bawa sendiri & org nya perfectionist. Kl di tussbol kan part semua hrs dr mrk.

Imho polish aja gak perlu porting sih sdh enaklah harusnya, boleh dicoba DIY tuh mbah suhu plof Omnibus... beli tools2nya, bongkar head sih hrs nya gak terlalu sulit lah buat sekelas mbah suhu, sdh bnyk jg yg DIY di YT. Buat yg pure hobbyist perfectionist macam mbah suhu sih ane jamin pasti ketagihan...

Jamin deh, bukan kompor meleduk ini mbah suerrr, ane aja kl ingat2 sensasinya jd pengen lg... tp kl ane sdh sekelas mbah suhu sih sdh ane DIY lah, ada kepuasan tersendiri yg tdk terbayarkan berapapun juga... hahahaha [emoji1787]

Jd ingat itu santa fe di tanjakan cipularang yg pada ngeden semua mobil yg nanjak disana, ane gas pol gigi 4 sampe red line kaga ada habisnya itu nafas mesinnya, take off libas semua mobil, ambil lajur paling kanan, pasang sein kanan, nyalain lampu dim, masuk gigi 5 gas pol lg kaga ada lawannya... anjayyy nikmatnya... kebayarlah kepuasan bantin duit yg ane keluarin buat PNP + Dastek Unichip... kok ane sounds jd kaya Om Kompre yah wakwkwkwk [emoji1787]
svaerd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Jun 18, 2019 7:10

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by svaerd »

APV gimana, apalagi yg arena & captain seat
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by evanbngdor »

svaerd wrote: Wed May 19, 2021 8:15 APV gimana, apalagi yg arena & captain seat
APV kalo dapet kondisi yg oke sih layak dipertimbangkan banget ya.

Secara harga OK, ngga beda jauh dengan Carry tp naikannya jauh bgt rasanya. Saya lebih pegang APV Arena jg kalo dibandingin sama Luxio soal kenyamanan sebagai penumpang
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 8:04
Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 5:01
Ane pernah PnP santa fe gen 1 di firna protechnik + pasang dastek unichip di rev engineering, emang enak sih mobil jd enteng banget.

kl kemri item garage queen odo siceng setaun udah diapain aja om kilikannya? yaa barangkali para mbah si mbah klep n mbah marmut yg lg nungguin lungsurannya kl tau jd berani bayar lbh mahal.

ama 1 lagi om, om kan sering nih ngilik2 mobil gitu. pada akhirnya suka dukanya enakan mana pake/pelihara mobil stock sm mobil kilikan om? efek samping yg ga ngenakinnya ada ga, atau semuanya happy story nih?
Kemri itu mobil insaf om... 100% full stock, biasa ane gatel deh taon ke 2 or ke 3 mulai obok2, tp Kemri selamat dr tgn jail. XV40 bantingannya sdh plng cocok ama butt O meter ane, empuk2 membuai kaya santa fe gen 1.

Santa fe M/T gen 1 itu project ababil, taon ke 5 di obrak abrik deh, gegara itu mobil stop & go nya capek... berat, di salib melulu ama mobil lain. Hrs diapain nih mobil spy enak stop & go nya. Kl RPM atasnya sih super bengis, enak banget. Ya sdh lah pasang dastek unichip di rev krn lg hype taon 2006.

Sdh pasang dastek oke lumayan enak, lalu keracunan di modcom pd PNP di firna, penasaran jg akhirnya cobain deh sekalian bebersih silinder head biar kinclong... makin enak lg, saking enaknya itu santa fe pernah jd kaya fast & furious, 2 ban naik keatas saat ane rem mendadak & ngonci lalu banting setir, sdh yakin sih pasti tebalik nih mobil sepersekian detik saat kejadian dgn sgt2 sadar di otak ane.

Ajaib... 2 ban kanan depan belakang yg naik itu balik lg, lalu 2 ban kiri depan & belakangnya naik sedikit lalu normal lg, keringat dingin & lemes tp langsung gas poll lg krn takut diteriakin orang dibelakang ane hahahah...

Modif2 mobil di jaman itu yg ABS, EBD, BA dll msh barang mevvah yah kaya begini, santa fe gen 1 taon 2001 itu msh polosan kaga ada apa2. Rem mendadak lalu ngonci, banting setir malah kaya ketabok itu setirnya banting lg ke arah berlawanan, puji Tuhan kaga ada kecelakaan apapun saat itu, nyerempet jg kaga sama sekali.

Moral of the story... bahaya modif mesin terlalu kencang tp dibarengi oleh sektor pengereman, tp kl blom ada ABS & teman2nya yah nasib deh. PNP sih enak kl buat racing kenceng2an apalagi buat di RPM atasnya, nah kl tussbol kayanya kebalikannya deh, Enak buat jalan2 santuy di RPM bawah tengah, beda menu memang, tp ane sendiri blom ngerasain, meski penasaran sih.

Ane sih yakin dua2nya pst enak buat mesin, cuman ya itu tussbol kl mobil baru kayanya sayang banget sdh di obok2, tp kl sdh lepas garansi sdh jalan sekian puluh ribu KM kok harganya berasa kemahalan yah buat mesin2 berdisplacment besar.

Jujur msh bingung sih antara PNP & tussbol itu sama atau tidak, menurut om Turbo sih sama aja, cuman nama dagang aja. Kl mau PNP better ke Ko. Imam Autodyn di pasar baru katanya, harga jauh lebih bersahabat, part boleh bawa sendiri & org nya perfectionist. Kl di tussbol kan part semua hrs dr mrk.

Imho polish aja gak perlu porting sih sdh enaklah harusnya, boleh dicoba DIY tuh mbah suhu plof Omnibus... beli tools2nya, bongkar head sih hrs nya gak terlalu sulit lah buat sekelas mbah suhu, sdh bnyk jg yg DIY di YT. Buat yg pure hobbyist perfectionist macam mbah suhu sih ane jamin pasti ketagihan...

Jamin deh, bukan kompor meleduk ini mbah suerrr, ane aja kl ingat2 sensasinya jd pengen lg... tp kl ane sdh sekelas mbah suhu sih sdh ane DIY lah, ada kepuasan tersendiri yg tdk terbayarkan berapapun juga... hahahaha [emoji1787]

Jd ingat itu santa fe di tanjakan cipularang yg pada ngeden semua mobil yg nanjak disana, ane gas pol gigi 4 sampe red line kaga ada habisnya itu nafas mesinnya, take off libas semua mobil, ambil lajur paling kanan, pasang sein kanan, nyalain lampu dim, masuk gigi 5 gas pol lg kaga ada lawannya... anjayyy nikmatnya... kebayarlah kepuasan bantin duit yg ane keluarin buat PNP + Dastek Unichip... kok ane sounds jd kaya Om Kompre yah wakwkwkwk [emoji1787]
tadinya ane berharap om banyak ceritain yg ga enaknya. supaya sy bisa teredam jd org normal lagi. soalnya ga perlu dikomporin kl namanya ngilik udah dr jaman baheula ane om. mulai dr escudo pake cam high profile, PnP, weber 2 barrel, header, free flow exhaust, diceperin sampe potong jantung stopper, dalemnya full audio + 2 subs masih menang juga kl trek2an sm temen2 SMA. sampe dijadiin bahan taruhan ama temen2 yg lain. sampe pernah digiring masuk komdak sama polisi bermoge (dikejar pake sirine) gara2 trek2an sm escudo juga depan hotel mulia (dateng dr arah PS) pas di traffic light dia hajar lampu merah dr jalur sebrang ke arah taman ria, ane berhenti dan ga lawan arah tp ikut dikandangin. dilepas gara2 polisinya sama2 org sunda ane ajak ngomong sunda 🤭🤣
corolla twin cam pake weber four barrel, header, free flow exhaust, sampe muter 270° lawan arah di tikungan marissa warung buncit. terakhir mobil kebakar di depan gonzaga dibantuin matiin api sama cewe turun dr mobil (stranger) dia kasih APAR ke ane.
puncaknya ane nyeting crown super salon manual bokap spy ga boyo. test drive keluar sekalian beli mcd ke sarinah bareng kakak ane. dlm perjalanan kita kecelakaan fatal, mobil kebalik berapa kali, kita berdua kelempar keluar mobil krn ga pake seatbelt. yes, young n stupid. kakak ane ga selamet tp ane selamet. i was the driver. guilty nya berasa sampai skrg.

saat ini itu GK udah enteng bgt buat ane. kemaren pulang dr ikea kota baru parahyangan di tol ane geber sampe suara mesin pas ngoper paddle shift nya bikin anak2 ane kagum. tapi yg besar udah ketakutan kl ane narik2. antara takut sm excited.
intinya om, ane merasa ini suatu hal yg hrs ane hindari spy yg dulu kejadian, menjadi pelajaran mahal, trauma yg ane hrs tanggung seumur hidup terutama perasaan bersalahnya (sampe digampar kakak, digampar temen2 almarhum kakak pas dulu kejadian), jangan sampai terulang lagi. bukannya ga bisa ane bikin mobil lebih kenceng lagi cuma kl malah jadi sumber kesedihan buat apa. yah ane malah curcol jadinya. :mky_03:

ini emang hobi tp ane juga harus membatasi diri supaya hanya positifnya aja yg nampak, dampak negatifnya jangan kejadian lagi. kursus defense driving pengen sih tp kayanya udah ketuaan. malah perlunya kursus mengontrol emosi aja kalo ada spy kl ada yg nantangin jangan dijabanin. paling ga skrg ane jabaninnya nempel2 aja ga pernah nyalip, meskipun seringkali bisa. banyak mikir panjang skrg om.

"young n stupid dulu, skrg old n wise" - by rifat sungkar
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by wicaksono99 »

kompresorz wrote: Tue May 18, 2021 12:39 :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

demen dah....teori gak usah dipusingin....

pada kebanyakan teori emang....

tinggal cobain aja....

mirip trit mau beli mobil aja galau tanya sana sini...masih ky bocah x ya....tar beli juga enggak... :wkkk:


ky kijang gw yang sudah tuningan....pake pertadek malah tenaga ketahan...skrg solar murni 100 persen sudah mendekati 100ribu km...sehari hari gaspol....


tanpa aditif....tanpa vitamin...belgedes....ditakut takutin solar begini begonolah...


akhirnya pada dibikin jadi babu sama mobil....isi 1 tangki tuang vitamin 1 sendok.... :wkkk:


pada gak mau belajar sama owner aliran anti menstrim sih....alias anti siksa diri....


:big_biglaugh:
Vitamin asal bener vitamin seperti oktan booster (bukan pil koplo abal2) sih berasa nambah performanya untuk mesin kendaraan standar pabrikan. Soalnya sblmnya saya pemakai vitamin ini di kendaraan, tapi habis tuss udh ga pakai lagi karna malah seperti ada pembakaran yg ketahan, beda antara pertalite oktan 90 dengan revvo 89 aja berasa banget untuk sensitifitas saya ngendarain mobilnya..

Kalau solbus sih asal sering ganti filter solar di mobilnya aja karna solbus lebih kental dan berbuih dibanding dexlite/pertadex. Walaupun di pompa spbunya juga udh ada filternya sebelum keluar nozzle.
KielConstantine wrote: Tue May 18, 2021 17:26
wicaksono99 wrote: Mon May 17, 2021 8:20
alvin23 wrote: Mon May 17, 2021 3:13 Skrg TUSS brapaan om?
terakhir kemarin sekitar 2 bulan yang lalu sih 7jt om.
Itu harga kg berubah2 donk ud lama..

Si om jasin masih sehat kan ?


Anaknya cewe smua tuu.... bingung mau nerusin bengkel nurunin ke siapa ..
Mungkin beda mobil beda perubahan harganya om..

Om jasin sehat kok, bengkel reputasi kaya begini memang serba salah kalau salah nerusin.. Buka cabang aja masih mikir2 takutnya kualitasnya ga sebagus pusat.. Udh pernah buka franchise juga kan tapi gak berjalan bagus jadi mungkin trauma juga.
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 5:01
KielConstantine wrote:
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 18:56 ya ke mantunya kali mbah

jij ngga tertarik daftar jd mantu? :big_slap:

btw mobil mbah yg mana yg di tuss? ripiu dikit donk mbah. :big_grin:
Enggak tussbol mbah :big_biglaugh:
Calon bini ane pernah nyuplai spareparts bosch bbrapa kali ke si om jasin . Aki , busi, wiper bgitu2 lah .

Curhat lah doi... wkwkwkwkwk katanya orangnya baek bener. Mau pergi pameran , anak buahnya disuru naek mercynya dy tuh. Pergi bareng . Sering beliin makanan jg, ud kek anggep anak sendiri hahahaha
Harga tussbol kayanya bervariasi tergantung besaran displacement mesinnya.

Sekitar taon 2016/2017 ane pernah bawa mazdut 8 ke sana & ketemu ama si Om Jasin.

Liat2 menu disana & harga2nya, ternyata mazdut 8 yg 2.300 CC kena 12 atau 13 jeti gitu deh, ditawar lg sdh gak bisa, cuman bs dicicil 0% pakai kartu kredit BCA.

Ngobrol2 & disuruh tes2 beberapa mobil bintang & baling2 disana (tes ngegas doang sih) disuruh ngerasain entengnya RPM mesin naik dr idle sampai redline pake bengsin RON rendah (pertalite) & busi jg yg pengapian rendah.

Jd memang ini ilmunya berbanding terbalik ama PnP yg naik kompresi & BBM hrs oktan tinggi serta busi jg hrs yg pengapian tinggi. Mesin jd cenderung lebih panas suhu kerjanya.

Ane pernah PnP santa fe gen 1 di firna protechnik + pasang dastek unichip di rev engineering, emang enak sih mobil jd enteng banget.

Start langsung gigi 2 jg bs jalan mobilnya, sebelumnya pasti mesin mati. Sudah gitu jd jarang2 ganti gigi & mobil jd lebih lama meluncurnya tanpa di gas, ada sensasi tersendiri kl di ingat2 moment itu.

Toel2 gas dikittt pake banget sdh mengakselerasi mobil, jd pegel kaki kanan (seriusan ini kaga boong), bengsin jelas lebih irit, cuman aja kaki jd sering beringas kaga sekolah walhasil bengsin yah sama aja banding sebelum PnP + dastek. Cuman ya itu krn papas head & kompresi naik jd bbm hrs pertamax plus waktu itu.

Krn penasaran ama tussbol pengen nyobain, tapi liat harganya ane mundur teratur deh, krn memang itu mazdut 8 antara mau dipake lama lg atau mau dijual, tp akhirnya diputuskan dijual.

Sayang tussbol kl gak dipake lama mobilnya, BEP biayanya jd gak cocok. Boros itu mazdut 8 sama kaya santa fe yg 2.400 CC rerata 1:6-7 bengsinnya.

Kl mobil baru langsung tussbol kayanya gak tega yah... langsung diperawanin itu mesinnya, apalagi modelnya kaya si mbah suhu plof Omnibus, yg mana yg boleh pegang mobil dia cuman 2 orang katanya yaitu 1. Orang fabriek. 2. Dia sendiri... orang lain nehiii... tukang ban aja gak boleh sentuh itu velgnya Hahahah... [emoji1787]
Mobil baru langsung tuss sih malah lebih enak om, diskonannya gede 20% kalau odo masih dibawah 2rb km. Cuma kalau mobil garage queen mah kalau mikir BEP ya ga bakal BEP, tapi kalau nyari fun drivingnya ya dapet. Salahnya saya baru tau tuss setelah beli new ertiga jalan 5rb km, udh ga dapet diskonan. Pas udh ngerasain tau gitu sebelumnya ambil cortez turbo dah.. Soalnya kalau turbo harusnya efeknya bakal lebih berasa dibanding mesin NA.. Memang penyesalan delalu datang terakhir 🤣🤣
Btw setelah mobil saya di tuss juga malah menang giveaway diskon 2jt lagi tapi saya dah ga ada mobil lg.. Wkwkwkwk (sebelumnya ikutan kuisnya di IG nyaris dapet mulu). Dahlah emang sue bener.. :big_dunno:
Masih ada nih evouchernya, kayanya masa berlaku masih 1 bulan lg. Ditawarin ke komunitas pada ntar2 doang.. pada mikir2 ga mau keluar duit gede kali yak, pada demennya pasang bodykit, lampu2, headunit, jok paten, velg dan segala macem tetek bengek yg menurut saya hanya kosmetik belaka.. Hehehe... :big_think:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 8:04
Omnibus wrote: kl kemri item garage queen odo siceng setaun udah diapain aja om kilikannya? yaa barangkali para mbah si mbah klep n mbah marmut yg lg nungguin lungsurannya kl tau jd berani bayar lbh mahal.

ama 1 lagi om, om kan sering nih ngilik2 mobil gitu. pada akhirnya suka dukanya enakan mana pake/pelihara mobil stock sm mobil kilikan om? efek samping yg ga ngenakinnya ada ga, atau semuanya happy story nih?
Kemri itu mobil insaf om... 100% full stock, biasa ane gatel deh taon ke 2 or ke 3 mulai obok2, tp Kemri selamat dr tgn jail. XV40 bantingannya sdh plng cocok ama butt O meter ane, empuk2 membuai kaya santa fe gen 1.

Santa fe M/T gen 1 itu project ababil, taon ke 5 di obrak abrik deh, gegara itu mobil stop & go nya capek... berat, di salib melulu ama mobil lain. Hrs diapain nih mobil spy enak stop & go nya. Kl RPM atasnya sih super bengis, enak banget. Ya sdh lah pasang dastek unichip di rev krn lg hype taon 2006.

Sdh pasang dastek oke lumayan enak, lalu keracunan di modcom pd PNP di firna, penasaran jg akhirnya cobain deh sekalian bebersih silinder head biar kinclong... makin enak lg, saking enaknya itu santa fe pernah jd kaya fast & furious, 2 ban naik keatas saat ane rem mendadak & ngonci lalu banting setir, sdh yakin sih pasti tebalik nih mobil sepersekian detik saat kejadian dgn sgt2 sadar di otak ane.

Ajaib... 2 ban kanan depan belakang yg naik itu balik lg, lalu 2 ban kiri depan & belakangnya naik sedikit lalu normal lg, keringat dingin & lemes tp langsung gas poll lg krn takut diteriakin orang dibelakang ane hahahah...

Modif2 mobil di jaman itu yg ABS, EBD, BA dll msh barang mevvah yah kaya begini, santa fe gen 1 taon 2001 itu msh polosan kaga ada apa2. Rem mendadak lalu ngonci, banting setir malah kaya ketabok itu setirnya banting lg ke arah berlawanan, puji Tuhan kaga ada kecelakaan apapun saat itu, nyerempet jg kaga sama sekali.

Moral of the story... bahaya modif mesin terlalu kencang tp dibarengi oleh sektor pengereman, tp kl blom ada ABS & teman2nya yah nasib deh. PNP sih enak kl buat racing kenceng2an apalagi buat di RPM atasnya, nah kl tussbol kayanya kebalikannya deh, Enak buat jalan2 santuy di RPM bawah tengah, beda menu memang, tp ane sendiri blom ngerasain, meski penasaran sih.

Ane sih yakin dua2nya pst enak buat mesin, cuman ya itu tussbol kl mobil baru kayanya sayang banget sdh di obok2, tp kl sdh lepas garansi sdh jalan sekian puluh ribu KM kok harganya berasa kemahalan yah buat mesin2 berdisplacment besar.

Jujur msh bingung sih antara PNP & tussbol itu sama atau tidak, menurut om Turbo sih sama aja, cuman nama dagang aja. Kl mau PNP better ke Ko. Imam Autodyn di pasar baru katanya, harga jauh lebih bersahabat, part boleh bawa sendiri & org nya perfectionist. Kl di tussbol kan part semua hrs dr mrk.

Imho polish aja gak perlu porting sih sdh enaklah harusnya, boleh dicoba DIY tuh mbah suhu plof Omnibus... beli tools2nya, bongkar head sih hrs nya gak terlalu sulit lah buat sekelas mbah suhu, sdh bnyk jg yg DIY di YT. Buat yg pure hobbyist perfectionist macam mbah suhu sih ane jamin pasti ketagihan...

Jamin deh, bukan kompor meleduk ini mbah suerrr, ane aja kl ingat2 sensasinya jd pengen lg... tp kl ane sdh sekelas mbah suhu sih sdh ane DIY lah, ada kepuasan tersendiri yg tdk terbayarkan berapapun juga... hahahaha [emoji1787]

Jd ingat itu santa fe di tanjakan cipularang yg pada ngeden semua mobil yg nanjak disana, ane gas pol gigi 4 sampe red line kaga ada habisnya itu nafas mesinnya, take off libas semua mobil, ambil lajur paling kanan, pasang sein kanan, nyalain lampu dim, masuk gigi 5 gas pol lg kaga ada lawannya... anjayyy nikmatnya... kebayarlah kepuasan bantin duit yg ane keluarin buat PNP + Dastek Unichip... kok ane sounds jd kaya Om Kompre yah wakwkwkwk [emoji1787]
tadinya ane berharap om banyak ceritain yg ga enaknya. supaya sy bisa teredam jd org normal lagi. soalnya ga perlu dikomporin kl namanya ngilik udah dr jaman baheula ane om. mulai dr escudo pake cam high profile, PnP, weber 2 barrel, header, free flow exhaust, diceperin sampe potong jantung stopper, dalemnya full audio + 2 subs masih menang juga kl trek2an sm temen2 SMA. sampe dijadiin bahan taruhan ama temen2 yg lain. sampe pernah digiring masuk komdak sama polisi bermoge (dikejar pake sirine) gara2 trek2an sm escudo juga depan hotel mulia (dateng dr arah PS) pas di traffic light dia hajar lampu merah dr jalur sebrang ke arah taman ria, ane berhenti dan ga lawan arah tp ikut dikandangin. dilepas gara2 polisinya sama2 org sunda ane ajak ngomong sunda [emoji2960][emoji1787]
corolla twin cam pake weber four barrel, header, free flow exhaust, sampe muter 270° lawan arah di tikungan marissa warung buncit. terakhir mobil kebakar di depan gonzaga dibantuin matiin api sama cewe turun dr mobil (stranger) dia kasih APAR ke ane.
puncaknya ane nyeting crown super salon manual bokap spy ga boyo. test drive keluar sekalian beli mcd ke sarinah bareng kakak ane. dlm perjalanan kita kecelakaan fatal, mobil kebalik berapa kali, kita berdua kelempar keluar mobil krn ga pake seatbelt. yes, young n stupid. kakak ane ga selamet tp ane selamet. i was the driver. guilty nya berasa sampai skrg.

saat ini itu GK udah enteng bgt buat ane. kemaren pulang dr ikea kota baru parahyangan di tol ane geber sampe suara mesin pas ngoper paddle shift nya bikin anak2 ane kagum. tapi yg besar udah ketakutan kl ane narik2. antara takut sm excited.
intinya om, ane merasa ini suatu hal yg hrs ane hindari spy yg dulu kejadian, menjadi pelajaran mahal, trauma yg ane hrs tanggung seumur hidup terutama perasaan bersalahnya (sampe digampar kakak, digampar temen2 almarhum kakak pas dulu kejadian), jangan sampai terulang lagi. bukannya ga bisa ane bikin mobil lebih kenceng lagi cuma kl malah jadi sumber kesedihan buat apa. yah ane malah curcol jadinya. :mky_03:

ini emang hobi tp ane juga harus membatasi diri supaya hanya positifnya aja yg nampak, dampak negatifnya jangan kejadian lagi. kursus defense driving pengen sih tp kayanya udah ketuaan. malah perlunya kursus mengontrol emosi aja kalo ada spy kl ada yg nantangin jangan dijabanin. paling ga skrg ane jabaninnya nempel2 aja ga pernah nyalip, meskipun seringkali bisa. banyak mikir panjang skrg om.

"young n stupid dulu, skrg old n wise" - by rifat sungkar
Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by satriakarisma »

Omnibus wrote: Wed May 19, 2021 9:16
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 8:04
Omnibus wrote:
kl kemri item garage queen odo siceng setaun udah diapain aja om kilikannya? yaa barangkali para mbah si mbah klep n mbah marmut yg lg nungguin lungsurannya kl tau jd berani bayar lbh mahal.

ama 1 lagi om, om kan sering nih ngilik2 mobil gitu. pada akhirnya suka dukanya enakan mana pake/pelihara mobil stock sm mobil kilikan om? efek samping yg ga ngenakinnya ada ga, atau semuanya happy story nih?
Kemri itu mobil insaf om... 100% full stock, biasa ane gatel deh taon ke 2 or ke 3 mulai obok2, tp Kemri selamat dr tgn jail. XV40 bantingannya sdh plng cocok ama butt O meter ane, empuk2 membuai kaya santa fe gen 1.

Santa fe M/T gen 1 itu project ababil, taon ke 5 di obrak abrik deh, gegara itu mobil stop & go nya capek... berat, di salib melulu ama mobil lain. Hrs diapain nih mobil spy enak stop & go nya. Kl RPM atasnya sih super bengis, enak banget. Ya sdh lah pasang dastek unichip di rev krn lg hype taon 2006.

Sdh pasang dastek oke lumayan enak, lalu keracunan di modcom pd PNP di firna, penasaran jg akhirnya cobain deh sekalian bebersih silinder head biar kinclong... makin enak lg, saking enaknya itu santa fe pernah jd kaya fast & furious, 2 ban naik keatas saat ane rem mendadak & ngonci lalu banting setir, sdh yakin sih pasti tebalik nih mobil sepersekian detik saat kejadian dgn sgt2 sadar di otak ane.

Ajaib... 2 ban kanan depan belakang yg naik itu balik lg, lalu 2 ban kiri depan & belakangnya naik sedikit lalu normal lg, keringat dingin & lemes tp langsung gas poll lg krn takut diteriakin orang dibelakang ane hahahah...

Modif2 mobil di jaman itu yg ABS, EBD, BA dll msh barang mevvah yah kaya begini, santa fe gen 1 taon 2001 itu msh polosan kaga ada apa2. Rem mendadak lalu ngonci, banting setir malah kaya ketabok itu setirnya banting lg ke arah berlawanan, puji Tuhan kaga ada kecelakaan apapun saat itu, nyerempet jg kaga sama sekali.

Moral of the story... bahaya modif mesin terlalu kencang tp dibarengi oleh sektor pengereman, tp kl blom ada ABS & teman2nya yah nasib deh. PNP sih enak kl buat racing kenceng2an apalagi buat di RPM atasnya, nah kl tussbol kayanya kebalikannya deh, Enak buat jalan2 santuy di RPM bawah tengah, beda menu memang, tp ane sendiri blom ngerasain, meski penasaran sih.

Ane sih yakin dua2nya pst enak buat mesin, cuman ya itu tussbol kl mobil baru kayanya sayang banget sdh di obok2, tp kl sdh lepas garansi sdh jalan sekian puluh ribu KM kok harganya berasa kemahalan yah buat mesin2 berdisplacment besar.

Jujur msh bingung sih antara PNP & tussbol itu sama atau tidak, menurut om Turbo sih sama aja, cuman nama dagang aja. Kl mau PNP better ke Ko. Imam Autodyn di pasar baru katanya, harga jauh lebih bersahabat, part boleh bawa sendiri & org nya perfectionist. Kl di tussbol kan part semua hrs dr mrk.

Imho polish aja gak perlu porting sih sdh enaklah harusnya, boleh dicoba DIY tuh mbah suhu plof Omnibus... beli tools2nya, bongkar head sih hrs nya gak terlalu sulit lah buat sekelas mbah suhu, sdh bnyk jg yg DIY di YT. Buat yg pure hobbyist perfectionist macam mbah suhu sih ane jamin pasti ketagihan...

Jamin deh, bukan kompor meleduk ini mbah suerrr, ane aja kl ingat2 sensasinya jd pengen lg... tp kl ane sdh sekelas mbah suhu sih sdh ane DIY lah, ada kepuasan tersendiri yg tdk terbayarkan berapapun juga... hahahaha [emoji1787]

Jd ingat itu santa fe di tanjakan cipularang yg pada ngeden semua mobil yg nanjak disana, ane gas pol gigi 4 sampe red line kaga ada habisnya itu nafas mesinnya, take off libas semua mobil, ambil lajur paling kanan, pasang sein kanan, nyalain lampu dim, masuk gigi 5 gas pol lg kaga ada lawannya... anjayyy nikmatnya... kebayarlah kepuasan bantin duit yg ane keluarin buat PNP + Dastek Unichip... kok ane sounds jd kaya Om Kompre yah wakwkwkwk [emoji1787]
tadinya ane berharap om banyak ceritain yg ga enaknya. supaya sy bisa teredam jd org normal lagi. soalnya ga perlu dikomporin kl namanya ngilik udah dr jaman baheula ane om. mulai dr escudo pake cam high profile, PnP, weber 2 barrel, header, free flow exhaust, diceperin sampe potong jantung stopper, dalemnya full audio + 2 subs masih menang juga kl trek2an sm temen2 SMA. sampe dijadiin bahan taruhan ama temen2 yg lain. sampe pernah digiring masuk komdak sama polisi bermoge (dikejar pake sirine) gara2 trek2an sm escudo juga depan hotel mulia (dateng dr arah PS) pas di traffic light dia hajar lampu merah dr jalur sebrang ke arah taman ria, ane berhenti dan ga lawan arah tp ikut dikandangin. dilepas gara2 polisinya sama2 org sunda ane ajak ngomong sunda 🤭🤣
corolla twin cam pake weber four barrel, header, free flow exhaust, sampe muter 270° lawan arah di tikungan marissa warung buncit. terakhir mobil kebakar di depan gonzaga dibantuin matiin api sama cewe turun dr mobil (stranger) dia kasih APAR ke ane.
puncaknya ane nyeting crown super salon manual bokap spy ga boyo. test drive keluar sekalian beli mcd ke sarinah bareng kakak ane. dlm perjalanan kita kecelakaan fatal, mobil kebalik berapa kali, kita berdua kelempar keluar mobil krn ga pake seatbelt. yes, young n stupid. kakak ane ga selamet tp ane selamet. i was the driver. guilty nya berasa sampai skrg.

saat ini itu GK udah enteng bgt buat ane. kemaren pulang dr ikea kota baru parahyangan di tol ane geber sampe suara mesin pas ngoper paddle shift nya bikin anak2 ane kagum. tapi yg besar udah ketakutan kl ane narik2. antara takut sm excited.
intinya om, ane merasa ini suatu hal yg hrs ane hindari spy yg dulu kejadian, menjadi pelajaran mahal, trauma yg ane hrs tanggung seumur hidup terutama perasaan bersalahnya (sampe digampar kakak, digampar temen2 almarhum kakak pas dulu kejadian), jangan sampai terulang lagi. bukannya ga bisa ane bikin mobil lebih kenceng lagi cuma kl malah jadi sumber kesedihan buat apa. yah ane malah curcol jadinya. :mky_03:

ini emang hobi tp ane juga harus membatasi diri supaya hanya positifnya aja yg nampak, dampak negatifnya jangan kejadian lagi. kursus defense driving pengen sih tp kayanya udah ketuaan. malah perlunya kursus mengontrol emosi aja kalo ada spy kl ada yg nantangin jangan dijabanin. paling ga skrg ane jabaninnya nempel2 aja ga pernah nyalip, meskipun seringkali bisa. banyak mikir panjang skrg om.

"young n stupid dulu, skrg old n wise" - by rifat sungkar
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Thu May 20, 2021 1:46 Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma wrote: Thu May 20, 2021 2:01
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed May 19, 2021 9:16
paling ga skrg ane jabaninnya nempel2 aja ga pernah nyalip, meskipun seringkali bisa. banyak mikir panjang skrg om.

bapak saya sewaktu masih aktif nyetir selalu ngomong ngga ada bosennya, ngingetin ke saya,

"jangan pernah nempel kendaraan di depan kecuali lagi balapan di sirkuit. segera lewatin atau jaga jarak cukup supaya bisa menghindar kalau terjadi sesuatu."

turut berduka mbah...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 3:56
benzz89 wrote: Thu May 20, 2021 1:46 Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma wrote: Thu May 20, 2021 2:01
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:
Wah my condolences for your sad story mbah

Baru tau ternjata bekas jagoan asaf dulunya

Btw kuningan situ waktu belom ad lrt mrt atau sgala rt laen nya, emg enak bgt tu buat mentokin spido.. dl junior satu sma saya (saya nya baru aja lulus smu waktu itu) jg ad yg kejadian di kuningan situ, cuman arah dr sebaliknya, dr turunan kuningan ke arah taman lawang sana.. bawa rav4 terbang pas turunan hantem pager tembok dan rumah ampe roboh, kl ga salah almarhum smua, kcuali ad 1 sekarat yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu May 20, 2021 4:18
Omnibus wrote: Wed May 19, 2021 9:16
paling ga skrg ane jabaninnya nempel2 aja ga pernah nyalip, meskipun seringkali bisa. banyak mikir panjang skrg om.

bapak saya sewaktu masih aktif nyetir selalu ngomong ngga ada bosennya, ngingetin ke saya,

"jangan pernah nempel kendaraan di depan kecuali lagi balapan di sirkuit. segera lewatin atau jaga jarak cukup supaya bisa menghindar kalau terjadi sesuatu."

turut berduka mbah...
nempelnya pake jarak kok mbah, bukan model slipstreaming gitu :upss:
itu di YT kompilasi dashcam ada yg nempel sampe pas pindah jalur bikin orang lain mau celaka. ga kaya gitu mbah, sy mah kalah jg ga apa2 wong menang di jalanan juga ga dapet hadiah apa2. yg ada dapet sumpah serapah dr orang2.

begitu itu kl sy lbh ke eksperimen psikologis sih, pengen tau brp lama org di depan bisa bertahan dgn ditandem. msh dlm safe zone, ga ugal2an. kl udah mulai ugals biasanya sy yg ngendorin berarti sy yg kalah mental. :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu May 20, 2021 4:21
Wah my condolences for your sad story mbah

Baru tau ternjata bekas jagoan asaf dulunya

Btw kuningan situ waktu belom ad lrt mrt atau sgala rt laen nya, emg enak bgt tu buat mentokin spido.. dl junior satu sma saya (saya nya baru aja lulus smu waktu itu) jg ad yg kejadian di kuningan situ, cuman arah dr sebaliknya, dr turunan kuningan ke arah taman lawang sana.. bawa rav4 terbang pas turunan hantem pager tembok dan rumah ampe roboh, kl ga salah almarhum smua, kcuali ad 1 sekarat yah
bukan jagoan asaf mbah. itu pas kebetulan aja ada musuhnya, org ane lg jalan santai, dia jg jalan santai, cuma krn kita sama2 knalpot resing wkwkwk jdnya ketrigger. stupai nya ga ngeh kl disitu emang lg dimonitor makanya sepi. kena deh.

kuningan jaman dulu emang banyak makan korban. terutama tempat tkp ane. yah begitulah ......

makanya ik mah skrg ganti oli aja, tembak vet sana sini, ngelap2 bersih2in valve cover. cari aman mbah ..... :upss:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by josomba »

Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 3:56
benzz89 wrote: Thu May 20, 2021 1:46 Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma wrote: Thu May 20, 2021 2:01
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:
Mbah turut berduka n jd pelajaran juga buat ane ke supaya tahan diri ga bandel kebut mengebut...


Tapi di ujung akhir baca, ane cengengesan juga liat kalimat "baru tau pacarnya ada 4" :big_peace:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 4:34 . kl udah mulai ugals biasanya sy yg ngendorin berarti sy yg kalah mental. :mky_03:


ketentuan darimana ini? :big_biglaugh:

justru ngendorin itu bukti otak masih/sudah sehat dan mental kuat.

kalo ada yang ngebut-ngebut dijalan biarin aja. mereka belon lahir, kita udah kebut-kebutan di cokroaminoto depan keris gallery, asaf, sudirman.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu May 20, 2021 4:59
Mbah turut berduka n jd pelajaran juga buat ane ke supaya tahan diri ga bandel kebut mengebut...


Tapi di ujung akhir baca, ane cengengesan juga liat kalimat "baru tau pacarnya ada 4" :big_peace:
memang alm ini orangnya baik jd temen2nya banyak dr kampus sm dr ex sma nya, msh baru tingkat 1 kuliah dulu. ane tau cuma 2 pacarnya, yg 1 kebetulan kakaknya pacar ane dulu. jd kita kakak ade cowo2, mrk kakak ade cewe2, pacaran n sering double date lah kita. yg 2 lagi ini ane kaga tau sama sekali. pas tau, weewww kalah set ternyata ane wkwk.

justru krn dia org baik jd yg menyayangkannya banyak. n ane paling deket emang sm alm ini. jd perasaan kehilangan n guilty nya itu besar bgt. ortu ane jg terpuruk secara mental n itu yg bikin jd cambuk buat ane utk bisa "nebus dosa" membahagiakan mrk. dan syukurnya ane lumayan bisa jd anak yg dibanggakan pada akhirnya.

tp Tuhan itu baik, sy mau bersaksi disini. dlm segala pergumulan sy dlm melewati masa2 sulit itu, semua urusan sy dipermudah. ga sampai kekurangan apapun. sampai stlh menikah sy dikasih 2 anak cowo. yg pertama ada kemiripan sm alm kakak sy mukanya. yg anak kedua mirip sm saya. jadi sy kaya dikasih Tuhan kesempatan kedua utk melihat kembali, kira2 begini nih kl seandainya dulu ga ada kejadian. jd tugas sy skrg menjaga anak2 itu. dan selalu bersyukur Tuhan itu amat baik.

meskipun sy mikir juga, gmn kl mrk jd petrolhead ya. hmm ...... sebatas gantol sm tembak vet sana sini aja dah masih boleh. :mky_03: :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu May 20, 2021 5:05
Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 4:34 . kl udah mulai ugals biasanya sy yg ngendorin berarti sy yg kalah mental. :mky_03:


ketentuan darimana ini? :big_biglaugh:

justru ngendorin itu bukti otak masih/sudah sehat dan mental kuat.

kalo ada yang ngebut-ngebut dijalan biarin aja. mereka belon lahir, kita udah kebut-kebutan di cokroaminoto depan keris gallery, asaf, sudirman.
iya sih mbah, ngendorin artinya mental kuat. kuat menerima kekalahan sebelum bertempur. :big_biglaugh: :big_weee:

bener kok ga ada gunanya. menang ga dapet hadiah, kalah pun ga masalah.

maksudnya ane sih bukan spt rival gitu tandemnya ya. lbh kepada speeding harmony aja, sama2 kenceng tp bersahabat aja pdhl ga kenal. nah si pasangannya ini jg gaya nyetirnya hrs yg seimbang sm kita, yg kita suka. kl kita ga nyaman dgn cara dia ngerem atau pindah jalur ya ga akan ditandemin.
begitu ada lagi peserta baru yg ngikut n dia ga enak nyetirnya, nah kita ngalah deh. party pooper dah itu sebutannya.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 3:56
benzz89 wrote: Thu May 20, 2021 1:46 Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma wrote: Thu May 20, 2021 2:01
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:

Telat baca yang ini ...

Turut berduka atas masa lalu om Omni, semoga feeling guilty dan psikis dipulihkan setelah curhat ini.
Ternyata dulu om masas modifnya dah kelas berat, sampai maenin profile kem, Weber carb, dah kebayang deh bunyinya kayak mesin jahit.
Mobil ane dulu di PnP gak mau di slip cyl. head, berisik kalo dipapas dan ngejar durability bukan seedar kencang-kencangnya hasil dari kompresi tinggi doang.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Thu May 20, 2021 4:21
Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 3:56
benzz89 wrote: Thu May 20, 2021 1:46 Wah turut berduka utk kakaknya si om yah... ngerik kali suhu kita ini ternyata anak asaf. Bad boys jg yah dulunya, pantes skrng jd perfectionist spt ini.

Kl ketemu ama Om kompre & suhu Omnibus di tol sih ane minggir aja deh, gak berani lawan yg extrem2 kaya begini, gak bakalan menang punya hahahaha

Ane mah ngilik2 cuman spy mobilnya enak aja, gak mau sampai extreme jg, spy tetap enak buat harian. Tussbol sih kayanya enak buat harian, apalagi ditambah remap or piggyback makin maknyus
satriakarisma wrote: Thu May 20, 2021 2:01
Wah gak kebayang rasanya.
turut berduka ya Om Omni
tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:
Wah my condolences for your sad story mbah

Baru tau ternjata bekas jagoan asaf dulunya

Btw kuningan situ waktu belom ad lrt mrt atau sgala rt laen nya, emg enak bgt tu buat mentokin spido.. dl junior satu sma saya (saya nya baru aja lulus smu waktu itu) jg ad yg kejadian di kuningan situ, cuman arah dr sebaliknya, dr turunan kuningan ke arah taman lawang sana.. bawa rav4 terbang pas turunan hantem pager tembok dan rumah ampe roboh, kl ga salah almarhum smua, kcuali ad 1 sekarat yah
Gw msh ingat kejadian ini mbah delko, kayaknya kisaran taon 2009-2010.
Anak ABG 5 orang, sopir terpental yangkut di balkon, gak pakai seat belt.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu May 20, 2021 5:05
Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 4:34 . kl udah mulai ugals biasanya sy yg ngendorin berarti sy yg kalah mental. :mky_03:


ketentuan darimana ini? :big_biglaugh:

justru ngendorin itu bukti otak masih/sudah sehat dan mental kuat.

kalo ada yang ngebut-ngebut dijalan biarin aja. mereka belon lahir, kita udah kebut-kebutan di cokroaminoto depan keris gallery, asaf, sudirman.
Makanya paling bener pake 1KR-GTE

Ya ga mbah ??

Rpm ud menjerit2 deket redline, tp larinya tetep santuyyy
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Thu May 20, 2021 5:52
Telat baca yang ini ...

Turut berduka atas masa lalu om Omni, semoga feeling guilty dan psikis dipulihkan setelah curhat ini.
Ternyata dulu om masas modifnya dah kelas berat, sampai maenin profile kem, Weber carb, dah kebayang deh bunyinya kayak mesin jahit.
Mobil ane dulu di PnP gak mau di slip cyl. head, berisik kalo dipapas dan ngejar durability bukan seedar kencang-kencangnya hasil dari kompresi tinggi doang.
wah banyak yg support. makasih om. sptnya kejadian xtra ordinary lain juga emang ga bakal bisa lupa meski seiring waktu bisa nerimo. kata banyak orang, semua udah jalannya. meski sy jg perang batin, jalan dr mana org sy yg nyetir n i made mistake. akhirnya menyalahkan diri sendiri terus.

nah sebetulnya alm kk ane ini jg doyan modif. itu escudo modif warisan dr dia, bekas mobil dia. suaranya ya gahar. sebelumnya dia dikasih masdut astina, end up ban empat2nya di atas di daerah pasar rebo masuk ngejeger bengkel ketok magic hehe, motor ownernya ketiban dibawah mobil. waktu itu dia selamat. single occupant ga bawa siapa2. krn begitu jd diganti ke mobil pelan, dibeliin escudo. eh dimodif.
kl corolla twin cam itu ane punya. abis kebakar ruang mesinnya di jalanan ane standarin lagi. kapok. untung ga kebakar 1 mobil. itu gara2 keenakan ngebut2 jd overheat n bensin nyembur keluar dr barrelnya. krn oversized jg sih kegedean ukurannya wkwkwkwk. drivability ancur2an tp rpm atasnya nagih. maklum DIY amatiran, semua ngerjain sendiri dgn ilmu n bajet terbatas. tools jg cuma modal kunci2 cungkwo.

akhirnya puncak keganasan kenceng2an itu bukan di mobil yerman meski ane bbrp kali dibeliin krn nilai sekolah bagus, tp puncaknya pas temen beli moge n ane ikut2an. moge seceng cc itu beda level tarikannya sm mobil. disini barulah sadar betapa kendaraan bermotor bisa menghancurkan hidup kita kl ga bisa ngontrolnya dan malah benda yg mengontrol kita. :big_biglaugh:

sweet spot itu sebetulnya kl menurut ane kl dapet mobil yg stock condition nya udah kenceng, kita cuma perlu pelihara aja spy ttp dlm top condition. ga perlu modif. ga takut trouble. jiwa tenang. tp dipake ga bikin sebel krn tenaganya kecil.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Or4cle wrote: Thu May 20, 2021 6:10
DOHC wrote: Thu May 20, 2021 4:21
Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 3:56



tq om2 .... udah lama sih kejadiannya lbh dr 25 taun. tkp nya depan rs mmc kuningan, lg ngebut 160an, tiba2 depan ada truk pasang lampu utk agustusan, ane hindari malah kejadian, truknya sih akhirnya ga ketabrak. kl ketabrak dlm speed segitu sih lbh parah kayanya. mobilnya ga parah gimana, cuma krn ga pake seatbelt aja jd fatal. waktu itu ane jg msh umur belasan (dibawah 17) sim nembak, ilang pula bareng dompet pas kejadian. untungnya ane hafal tuh nomer sim jd bisa diurusin lg sm pihak berwajib. mrk sampe aneh liat org hafal nomer sim. krn dulu ane hrs masuk bui kena pasal kelalaian mengakibatkan hilangnya nyawa orang. tp komandan polisinya berhati nurani, dia lepasin kasusnya krn iba sm ortu ane yg sdh kehilangan 1 anak, masa 1 laginya dibui. apalagi ga ada unsur mabok2an atau ga dlm pengaruh obat2an.

sejak itu apakah jd insyaf ga ngebut2 lagi? masih tp msh mikir lah krn suka ada momen2 flashback.
biasanya ane ga pernah cerita ke siapa2 tp krn ini di forum n ane anonim jd curcol. makasih udah support krn sebetulnya perlu utk bercerita kepada seseorang krn guilty feelingnya ga akan hilang. di lingkungan terdekat untungnya ortu ane tdk menyalahkan. tp salah satu kakak, paman, dan bbrp teman alm kakak ada yg secara brutal menyerang fisik dan psikis, bekasnya sih ke psikis ya. well, jangan sampai ngalamin deh, ga enak bgt. belom lagi liat pacar2 alm kakak yg pada nangis. kita baru tau kl pacarnya ada 4. dateng n pada nangis. untung belum nikah n punya anak, lbh gimana lg dah ga tau.

ok BTT (back to tussboll),
sebetulnya kl jaman karbu, ga tau kl skrg, mobil di PnP apalagi ganti2 jeroan emang enak rpm atasnya tp pas idle ga bisa sehalus stock. ini yg bikin ga tenang dipake harian, takut mogok di jalan. tp ane pernah liat sih skyline R34 gt-t (matic) punya kenalan yg dimodif top secret, wah itu sih idlenya halus bgt kaya ga diapa2in tuh mesin. dipikir2 baru keinget, gara2 liat mobil itu ane jd tau yg namanya modif proper tuh spt apa. selevel sm hasil kerjanya papadakis racing :big_biglaugh:
Wah my condolences for your sad story mbah

Baru tau ternjata bekas jagoan asaf dulunya

Btw kuningan situ waktu belom ad lrt mrt atau sgala rt laen nya, emg enak bgt tu buat mentokin spido.. dl junior satu sma saya (saya nya baru aja lulus smu waktu itu) jg ad yg kejadian di kuningan situ, cuman arah dr sebaliknya, dr turunan kuningan ke arah taman lawang sana.. bawa rav4 terbang pas turunan hantem pager tembok dan rumah ampe roboh, kl ga salah almarhum smua, kcuali ad 1 sekarat yah
Gw msh ingat kejadian ini mbah delko, kayaknya kisaran taon 2009-2010.
Anak ABG 5 orang, sopir terpental yangkut di balkon, gak pakai seat belt.
Tepat skali mbah

Mental ampe balkon

Kasian tu rumah, beberapa bulan sblomnya pager dhajar sedan, supir abis ajeb2... ehh stelah kejadian rav4 terbang, kl ga salah ad kejadian minor lg, d tabrak motor abis ajeb2 jg.. mati kl ga sala

Stelah d bkin separator permanen kayanya baru ga ad kasus lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Thu May 20, 2021 6:28
Or4cle wrote: Thu May 20, 2021 5:52
Telat baca yang ini ...

Turut berduka atas masa lalu om Omni, semoga feeling guilty dan psikis dipulihkan setelah curhat ini.
Ternyata dulu om masas modifnya dah kelas berat, sampai maenin profile kem, Weber carb, dah kebayang deh bunyinya kayak mesin jahit.
Mobil ane dulu di PnP gak mau di slip cyl. head, berisik kalo dipapas dan ngejar durability bukan seedar kencang-kencangnya hasil dari kompresi tinggi doang.
wah banyak yg support. makasih om. sptnya kejadian xtra ordinary lain juga emang ga bakal bisa lupa meski seiring waktu bisa nerimo. kata banyak orang, semua udah jalannya. meski sy jg perang batin, jalan dr mana org sy yg nyetir n i made mistake. akhirnya menyalahkan diri sendiri terus.

nah sebetulnya alm kk ane ini jg doyan modif. itu escudo modif warisan dr dia, bekas mobil dia. suaranya ya gahar. sebelumnya dia dikasih masdut astina, end up ban empat2nya di atas di daerah pasar rebo masuk ngejeger bengkel ketok magic hehe, motor ownernya ketiban dibawah mobil. waktu itu dia selamat. single occupant ga bawa siapa2. krn begitu jd diganti ke mobil pelan, dibeliin escudo. eh dimodif.
kl corolla twin cam itu ane punya. abis kebakar ruang mesinnya di jalanan ane standarin lagi. kapok. untung ga kebakar 1 mobil. itu gara2 keenakan ngebut2 jd overheat n bensin nyembur keluar dr barrelnya. krn oversized jg sih kegedean ukurannya wkwkwkwk. drivability ancur2an tp rpm atasnya nagih. maklum DIY amatiran, semua ngerjain sendiri dgn ilmu n bajet terbatas. tools jg cuma modal kunci2 cungkwo.

akhirnya puncak keganasan kenceng2an itu bukan di mobil yerman meski ane bbrp kali dibeliin krn nilai sekolah bagus, tp puncaknya pas temen beli moge n ane ikut2an. moge seceng cc itu beda level tarikannya sm mobil. disini barulah sadar betapa kendaraan bermotor bisa menghancurkan hidup kita kl ga bisa ngontrolnya dan malah benda yg mengontrol kita. :big_biglaugh:

sweet spot itu sebetulnya kl menurut ane kl dapet mobil yg stock condition nya udah kenceng, kita cuma perlu pelihara aja spy ttp dlm top condition. ga perlu modif. ga takut trouble. jiwa tenang. tp dipake ga bikin sebel krn tenaganya kecil.
Wuuihhh om masas , jaman segitu Corolla sma Astina mobil gaul anak muda banget.
Kayaknya golden age modif otomotif di jaman 1990 - 2000an. Jaman segitu PnP sangat lumrah, sekarang lebih ke colok-colokan piggy dah melejit. Untuk profile kem jarang diutak-atik padahal jantung performa siklus 4 tak ya di situ, lebih hard-core di jaman om Omni :big_biglaugh:

Ane mulai belajar otomotif dari motor 2 tak di era akhir 90-an. Pulang kuliah langsung nongkrong di bengkel jalan Panjang ; gonta-ganti karburator / knalpot, riset sudut squish cylinder head, dll. Dulu di jln panjang & Gatsu plong belum ada busway, jadi abis setting langsung tancap start. Beruntungnya saat beli mobil pertama, jazz di taon 2005 napsu modif sudah terarah, cuma PnP, header, knalpot full set sudah lumayan terasa beda dibanding stock car. Idem seperti kata om, mobil yang penting perawatannya kalo telaten dirawat top performa sllu terjaga :big_exellent:
Last edited by Or4cle on Thu May 20, 2021 8:49, edited 1 time in total.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Thu May 20, 2021 6:37
Or4cle wrote: Thu May 20, 2021 6:10
DOHC wrote: Thu May 20, 2021 4:21

Wah my condolences for your sad story mbah

Baru tau ternjata bekas jagoan asaf dulunya

Btw kuningan situ waktu belom ad lrt mrt atau sgala rt laen nya, emg enak bgt tu buat mentokin spido.. dl junior satu sma saya (saya nya baru aja lulus smu waktu itu) jg ad yg kejadian di kuningan situ, cuman arah dr sebaliknya, dr turunan kuningan ke arah taman lawang sana.. bawa rav4 terbang pas turunan hantem pager tembok dan rumah ampe roboh, kl ga salah almarhum smua, kcuali ad 1 sekarat yah
Gw msh ingat kejadian ini mbah delko, kayaknya kisaran taon 2009-2010.
Anak ABG 5 orang, sopir terpental yangkut di balkon, gak pakai seat belt.
Tepat skali mbah

Mental ampe balkon

Kasian tu rumah, beberapa bulan sblomnya pager dhajar sedan, supir abis ajeb2... ehh stelah kejadian rav4 terbang, kl ga salah ad kejadian minor lg, d tabrak motor abis ajeb2 jg.. mati kl ga sala

Stelah d bkin separator permanen kayanya baru ga ad kasus lg
Jalan di situ lurus panjang dari Kuningan, menikung dan menurun ke jalan Latuharhari, kalo kekencangan ya bablass.