Tour de java dengan citycar (2500km)

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

kunaskun wrote: 29 Mar 2020, 20:54
vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 19:51 Jd keinget cerita jaman dulu om saya pernah busan seoul sekitar 350km pake mobil ini. Kia RAY EV. KWRnya kia. Bawa mobil istri pas pindah kota. Ring 13 velg kaleng pake dop. Top speednya cuma 130 kalau turunan. Masalahnya bus akap aja lari 120. Jd goyangnya ampun deh. Jadi di tol cukup 80 90 saja. Dibawah 80 kena denda nanti kalau terlalu lambat. Cuma enaknya mobil ini ada arm rest dan cruise control buat di tol jalan jauh lumayan membantu.

Tdnya dia mau pake towing, ngapain bayar mahal2 12jt. Mendingan dijalanin aj walaupun perlu charging 4x sepanjang perjalanan. Rangenya cuma 100km. Ngirit2 heater pas musim dingin. Pemanas jok dan setir ga diidupin biar rangenya ga berkurang hehe. Jd pake jaket tebel dan sarung tangan. Sengaja juga ga jalan malam biar ga idupin lampu.

Memang kbetulan saya tiap 100km pasti berhenti karena kencing. Dr 20 ke 80% cuma 35 menit.
njir antik bener. ngingetin nissan cube, pintu suicide asimetrik. :upss:
Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

FU27 wrote: 29 Mar 2020, 20:22 Kelihatan nyaman dan lega mobilnya oom. Tapi bosen juga klo cuma kuat 130. KWR aja bisa 140, masih sisa gasnya, dan bisa jalan 400KM sekali isi bensin.

BTW itu bannya masih lumayan lebar, kaya ban granmax, lebar 165.

Mobil listrik memang terkenal top speednya agak payah. Tp akselerasinya lumayan cepet kisaran 15 detik. Yah dinikmati aja om road trip mah 80 90 jg gpp hehe :big_blushing:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by PRBS »

FU27 wrote: 29 Mar 2020, 20:22 Kelihatan nyaman dan lega mobilnya oom. Tapi bosen juga klo cuma kuat 130. KWR aja bisa 140, masih sisa gasnya, dan bisa jalan 400KM sekali isi bensin.

BTW itu bannya masih lumayan lebar, kaya ban granmax, lebar 165.
ignis napasnya panjang kok om FU27, 160kmh masih ada napas.. masih stabil (di aspal mulus ya hahaha).. kalo jalan gelombang sesuai review om vince, dia ga nyaman karena suspensinya stiff bgt, dan jarak sumbu roda depan dgn belakang terlalu pendek.. (masih panjangan brio dan agya/la)
IMG_20200330_093026.jpg
IMG_20200330_093026.jpg (84.57 KiB) Viewed 708 times
150kmh masih di 4000an.. tapi ya sekali lagi, kalau gelombang bisa loncat2 mobilnya..
Last edited by PRBS on 30 Mar 2020, 09:58, edited 1 time in total.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by geofreyap »

Pertanyaannya, itu bumper depan copot gimana ?
Apakah sebelumnya ada accident atau apa ?
:big_think:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by kunaskun »

vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 23:54 Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
ohhh pantesan :big_exellent: :big_love: EV small cube vehicle. asik banget buat inner city. :mky_08:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by maastricht889 »

vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 23:54
kunaskun wrote: 29 Mar 2020, 20:54
vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 19:51 Jd keinget cerita jaman dulu om saya pernah busan seoul sekitar 350km pake mobil ini. Kia RAY EV. KWRnya kia. Bawa mobil istri pas pindah kota. Ring 13 velg kaleng pake dop. Top speednya cuma 130 kalau turunan. Masalahnya bus akap aja lari 120. Jd goyangnya ampun deh. Jadi di tol cukup 80 90 saja. Dibawah 80 kena denda nanti kalau terlalu lambat. Cuma enaknya mobil ini ada arm rest dan cruise control buat di tol jalan jauh lumayan membantu.

Tdnya dia mau pake towing, ngapain bayar mahal2 12jt. Mendingan dijalanin aj walaupun perlu charging 4x sepanjang perjalanan. Rangenya cuma 100km. Ngirit2 heater pas musim dingin. Pemanas jok dan setir ga diidupin biar rangenya ga berkurang hehe. Jd pake jaket tebel dan sarung tangan. Sengaja juga ga jalan malam biar ga idupin lampu.

Memang kbetulan saya tiap 100km pasti berhenti karena kencing. Dr 20 ke 80% cuma 35 menit.
njir antik bener. ngingetin nissan cube, pintu suicide asimetrik. :upss:
Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 18 Oct 2019, 11:00

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by Pororo »

vincewonk wrote: 28 Mar 2020, 16:11
FU27 wrote: 28 Mar 2020, 07:54 Baca thread ini, jadi kepengen roadtrip pakai karimun, tapi mau ganti per, sok, dan rodanya dulu biar lebih proper.
Betul om citycar ga berarti ga bisa jalan jauh koq. Asal sabar aja. Jujur menurut saya lebih nyaman suspensi karimun drpd ignis. Yg penting ada niat om, biar mobil kecil standar tetep bs road trip. :mky_02:
Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by ginting »

Pororo wrote: 01 Apr 2020, 14:32
vincewonk wrote: 28 Mar 2020, 16:11
FU27 wrote: 28 Mar 2020, 07:54 Baca thread ini, jadi kepengen roadtrip pakai karimun, tapi mau ganti per, sok, dan rodanya dulu biar lebih proper.
Betul om citycar ga berarti ga bisa jalan jauh koq. Asal sabar aja. Jujur menurut saya lebih nyaman suspensi karimun drpd ignis. Yg penting ada niat om, biar mobil kecil standar tetep bs road trip. :mky_02:
Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
Tiba-tiba teringat Wong Jowo yg kerja di Medan, mudik dia dari Medan ke Jogja naek Karimun Wagon R.
Kita sama sama nginap di Penginapan Rizal Taman Raja, Tungkal Ulu, Jambi.
Kenapa mobil kecil dipakai jalan sejauh itu ? Ya, adanya cuma itu..yg penting alon alon asal kelakon aja...
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by F272 »

oot dikit....Jalur Sumatera beberapa kali ktemu mobil2 mungil nopol B yang kondisi kotor tanda perjalanan nya jauh...mulai nissan March..agya/ayla dkk...

Image

Seru jg pasti jalan2 pake mobil mungil...apalagi sambil bertualang macam Zein Calvin Story... https://www.youtube.com/channel/UCTOCAO ... xJqrQa7fuw

:big_grin: :big_grin:
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 18 Oct 2019, 11:00

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by Pororo »

ginting wrote: 01 Apr 2020, 16:12
Pororo wrote: 01 Apr 2020, 14:32
vincewonk wrote: 28 Mar 2020, 16:11

Betul om citycar ga berarti ga bisa jalan jauh koq. Asal sabar aja. Jujur menurut saya lebih nyaman suspensi karimun drpd ignis. Yg penting ada niat om, biar mobil kecil standar tetep bs road trip. :mky_02:
Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
Tiba-tiba teringat Wong Jowo yg kerja di Medan, mudik dia dari Medan ke Jogja naek Karimun Wagon R.
Kita sama sama nginap di Penginapan Rizal Taman Raja, Tungkal Ulu, Jambi.
Kenapa mobil kecil dipakai jalan sejauh itu ? Ya, adanya cuma itu..yg penting alon alon asal kelakon aja...
Salam kenal om ginting
Sepertinya berkesan sekali ya pertemuan tersebut om...
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 18 Oct 2019, 11:00

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by Pororo »

F 272 wrote: 02 Apr 2020, 07:17 oot dikit....Jalur Sumatera beberapa kali ktemu mobil2 mungil nopol B yang kondisi kotor tanda perjalanan nya jauh...mulai nissan March..agya/ayla dkk...


Image

Seru jg pasti jalan2 pake mobil mungil...apalagi sambil bertualang macam Zein Calvin Story... https://www.youtube.com/channel/UCTOCAO ... xJqrQa7fuw

:big_grin: :big_grin:
Mau icip-icip longtrip pakai mobil kutu om....??
Sepertinya akan semakin merinding membaca trip story-nya om
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by F272 »

Pororo wrote: 02 Apr 2020, 09:31
F 272 wrote: 02 Apr 2020, 07:17 oot dikit....Jalur Sumatera beberapa kali ktemu mobil2 mungil nopol B yang kondisi kotor tanda perjalanan nya jauh...mulai nissan March..agya/ayla dkk...


Image

Seru jg pasti jalan2 pake mobil mungil...apalagi sambil bertualang macam Zein Calvin Story... https://www.youtube.com/channel/UCTOCAO ... xJqrQa7fuw

:big_grin: :big_grin:
Mau icip-icip longtrip pakai mobil kutu om....??
Sepertinya akan semakin merinding membaca trip story-nya om
Halooo Om @Pororo salam kenal dari saya... 272roadventure...hehehe

Foto diatas saya ambil di jalur antara Jambi - Pekanbaru...om pasti udah apal yah jalur itu hahaha... ada satu kejadian di Juni 2014 saya kehabisan solar..semua SPBU solar nya ga ada..truk2 pada ngetem nungu solar datang.. beruntung ada 1 SPBU di tengah kebun sawit (kanan jalan, arah Pku) buka dan lengkap semua bahan bakar tersedia...sejak itu saya ogah menyia2an kesempatan lg..pas ada spbu langsung isi fultank hahaha..
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 18 Oct 2019, 11:00

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by Pororo »

[/quote]

Mau icip-icip longtrip pakai mobil kutu om....??
Sepertinya akan semakin merinding membaca trip story-nya om
[/quote]

Halooo Om @Pororo salam kenal dari saya... 272roadventure...hehehe

Foto diatas saya ambil di jalur antara Jambi - Pekanbaru...om pasti udah apal yah jalur itu hahaha... ada satu kejadian di Juni 2014 saya kehabisan solar..semua SPBU solar nya ga ada..truk2 pada ngetem nungu solar datang.. beruntung ada 1 SPBU di tengah kebun sawit (kanan jalan, arah Pku) buka dan lengkap semua bahan bakar tersedia...sejak itu saya ogah menyia2an kesempatan lg..pas ada spbu langsung isi fultank hahaha..
[/quote]

Salam kenal juga Suhu...
Jika ditelisik aspalnya berarti masih dikawasan prov jambi om
Riau ciri khasnya, dominan jalan beton, beton aspal tipis

Jambi entah bagaimana aspal jalannya sangat baik, akhir tahun lalu bahkan mereka aspal lagi (itu yang didaerah perbatasan lho ya)

Rute paling hot biasanya Jambi-Palembang; khususon sungai lilin, bayung lencir; betung juga seru
Pokoknya "berasalah" kalau sudah masuk prov sumatera selatan (no offence lho ya) mengutip istilah salah satu member disini "it's base on butt o meter"

Lintas timur... memang SOLAR kadang agak menantang Om, banyak peminat dan tangkinya gede-gede... :big_grin:

Saya sendiri untuk premium atau pertalite rulenya 1/2 kosong maka segera isi
Biasa utk 950 Km tsb saya 2 kali isi diperjalanan sekalian rehat sekejap
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by FU27 »

Pororo wrote: 01 Apr 2020, 14:32
vincewonk wrote: 28 Mar 2020, 16:11
FU27 wrote: 28 Mar 2020, 07:54 Baca thread ini, jadi kepengen roadtrip pakai karimun, tapi mau ganti per, sok, dan rodanya dulu biar lebih proper.
Betul om citycar ga berarti ga bisa jalan jauh koq. Asal sabar aja. Jujur menurut saya lebih nyaman suspensi karimun drpd ignis. Yg penting ada niat om, biar mobil kecil standar tetep bs road trip. :mky_02:
Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
Banyak cerita juga di komunitas KWR klo soal mudik antar pulau. Yang jelas hemat banget longtrip pakai KWR, saya ngerasain juga kemarin pas udah bosan total, jalan ke puncak pakai KWR, cuma jalan doank. Bawa perbekalan dari rumah, dan berhenti sekali di drive thru buat beli makan. Parkir di riung gunung untuk makan, lalu pulang. Itu indikator bensin cuma ilang 1 bar.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

erwinign wrote: 31 Mar 2020, 22:06
vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 23:54
kunaskun wrote: 29 Mar 2020, 20:54

njir antik bener. ngingetin nissan cube, pintu suicide asimetrik. :upss:
Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata. Toyota sienna kebanyakan dipakai buat mobil celebrity, substitusinya kia carnival
Attachments
Barang wajib rhd di korea.
Barang wajib rhd di korea.
unnamed.jpg (15.41 KiB) Viewed 575 times
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by F272 »

vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:11
erwinign wrote: 31 Mar 2020, 22:06
vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 23:54

Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata.
Bisa bantu jelasin buat apa tangan robot itu om...? sekalian ceritanya panjangin bagaimana pengalaman hidup selama 7th di Korea dan pastinya banyak Road Trip yang sudah dilalui selama di Korea...saya pernah dapat bocoran (pernah dapat foto2nya) ...om disana banyak Road Trip pake Kia Sedona, pake Motor Matic besar...(moge?) ... pake Kia sedan yang ukuran gede ..apatuh namanya... hahaha ayo om ceritakan..eh gapapa lah oot dikit hehehe...
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

Pororo wrote: 01 Apr 2020, 14:32
vincewonk wrote: 28 Mar 2020, 16:11
FU27 wrote: 28 Mar 2020, 07:54 Baca thread ini, jadi kepengen roadtrip pakai karimun, tapi mau ganti per, sok, dan rodanya dulu biar lebih proper.
Betul om citycar ga berarti ga bisa jalan jauh koq. Asal sabar aja. Jujur menurut saya lebih nyaman suspensi karimun drpd ignis. Yg penting ada niat om, biar mobil kecil standar tetep bs road trip. :mky_02:
Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
Yg paling menyenangkan pas naik citycar, karena jalan lebih pelan bisa keluar lihat pemandangan. Dan membuat saya belajar lebih sabar. Dan seneng banget liat di mid 1:25. Hehehe.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

F 272 wrote: 02 Apr 2020, 18:17
vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:11
erwinign wrote: 31 Mar 2020, 22:06

Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata.
Bisa bantu jelasin buat apa tangan robot itu om...? sekalian ceritanya panjangin bagaimana pengalaman hidup selama 7th di Korea dan pastinya banyak Road Trip yang sudah dilalui selama di Korea...saya pernah dapat bocoran (pernah dapat foto2nya) ...om disana banyak Road Trip pake Kia Sedona, pake Motor Matic besar...(moge?) ... pake Kia sedan yang ukuran gede ..apatuh namanya... hahaha ayo om ceritakan..eh gapapa lah oot dikit hehehe...
Ngambil karcis om. Atau megangin smartphone buat buka gate bayar parkir. Kan kalo pake rhd berarti gatenya jadi jauh banget.

Tar dokumentasinya saya cari dulu hehehe. Foto2 lama itu.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by maastricht889 »

vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:11
erwinign wrote: 31 Mar 2020, 22:06
vincewonk wrote: 29 Mar 2020, 23:54

Memang insipirasinya dr nissan cube om. Nissan cube sempet laris bgt di korea. Karena setir kanan banyak org yg kesulitan. Begitu keluar kia ray ini yg notabene sbenernya didesain sbg mobil listrik dan jd mobil listrik pertama hyundai group, semua org beli ray dan lupa dengan cube
Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata. Toyota sienna kebanyakan dipakai buat mobil celebrity, substitusinya kia carnival
Wahahahahaha beneeeeeerrrr banget om, gangnam pusatnya ES300h sama sedikit RX. Keren2 kl pemandangan mobil begitu udah sampe gangnam, kia K9 yg langka dan aneh aja ada sampe G63. Mulai dr apgeujong rodeo sampe express bus terminal itu biasa banyak mobil bagus2. Plg puas kl saya lihat permobilan korea di BEAT360 kia sama hyundai motorsport seoul, gile itu showroom terniat dan keren (terutama yg hyundai, showroom porsche di zuffenhausen pun nggak seniat itu dekorasinya).

Soal kia ray, kayanya banyak yg bawanya ugal ya om, di gang2 kecil aja sy lihat digeber banget gasnya (tetep larinya segitu sih hahaha).

Kayanya preferences orang sana itu either hyundai/kia kl lokalan or eropa/amerikaan sekalian ya om, terutama pd own yg diesel2. Santafe TM-DM-pesut diesel semua, carnival baru pasti diesel, sampe sekecil jeep renegade diesel semua.

Mobil korea yg bikin saya amazed = Genesis G80, EQ900 sama carnival yg limousine itu aduh bagus banget dan feel americannya kentel di carnival
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 18:31
vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:11
erwinign wrote: 31 Mar 2020, 22:06

Wow mobil RHD berarti di korea agak banyak dong om? Pas disana sy sekali lihat mobil RHD cuma copen plg baru di hongdae. Selain itu kl brand jepang yg plg banyak CRV (LHD), ES300h LHD, sama smpt liat sienna (mungkin gara2 LHD pabrikan jepang alokasi spek USDM buat di korea).

Lucu itu kia ray, kaya container 4 roda kl dari jauh, apalg warna biru twotone atap putih trs nyetirnya kenceng
Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata. Toyota sienna kebanyakan dipakai buat mobil celebrity, substitusinya kia carnival
Wahahahahaha beneeeeeerrrr banget om, gangnam pusatnya ES300h sama sedikit RX. Keren2 kl pemandangan mobil begitu udah sampe gangnam, kia K9 yg langka dan aneh aja ada sampe G63. Mulai dr apgeujong rodeo sampe express bus terminal itu biasa banyak mobil bagus2. Plg puas kl saya lihat permobilan korea di BEAT360 kia sama hyundai motorsport seoul, gile itu showroom terniat dan keren (terutama yg hyundai, showroom porsche di zuffenhausen pun nggak seniat itu dekorasinya).

Soal kia ray, kayanya banyak yg bawanya ugal ya om, di gang2 kecil aja sy lihat digeber banget gasnya (tetep larinya segitu sih hahaha).

Kayanya preferences orang sana itu either hyundai/kia kl lokalan or eropa/amerikaan sekalian ya om, terutama pd own yg diesel2. Santafe TM-DM-pesut diesel semua, carnival baru pasti diesel, sampe sekecil jeep renegade diesel semua.

Mobil korea yg bikin saya amazed = Genesis G80, EQ900 sama carnival yg limousine itu aduh bagus banget dan feel americannya kentel di carnival
Kalau ada waktu om naik subway ke 주엽역 juyeop station di Ilsan. Naik taksi ke hyundai motorstudio. Bisa test drive beberapa model terbaru yang ada disana. Must visit buat petrolhead. Jepang ada sentimen negatif juga berhubungan dengan sejarah dan kompetisi. Dan mobil jepang harganya ngga murah. Gangnam kebanyakan mobil inventaris kantor jadi ya bgitu deh mobilnya. Cukup seragam.

Suv van medium besar pasti diesel, karena versi bensinnya ngga ada om. Mobil impor memang 88% diesel. Kebanyakan yg beli bensin kelas avante sonata. Harga bensin yg super mahal jd biang keroknya. Dan kebanyakan yang punya mobil impor sering dipake jalan jauh. Kebalikan dengan disini. Papanya teman saya punya G350 diesel di korea sudah jalan 195rb dalam 2tahun.

Memang genesis marketnya paling besar di amerika om. Jadi product developmentnya kebanyakan disana. Carnival limousin didesain high roof supaya ownernya bisa ganti baju didalam hehe. Ada optional rak bajunya juga di third row. Chevrolet express van jg banyak disana.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

Lanjut lagi soal kuliner pas road trip.

Hot cui mie deket hotel
20200320_202341.jpg
20200320_202341.jpg (359.22 KiB) Viewed 552 times
20200320_203743_HDR.jpg
20200320_203743_HDR.jpg (508.79 KiB) Viewed 552 times
Istri kaget banget pas makan bakso ada kereta lewat hahaha
20200320_210941_HDR.jpg
20200320_210941_HDR.jpg (523.65 KiB) Viewed 552 times
20200320_210215.jpg
20200320_210215.jpg (361.91 KiB) Viewed 552 times
20200320_211128_HDR.jpg
20200320_211128_HDR.jpg (568.7 KiB) Viewed 552 times
Dapet rekomendasi pas di bantukl soal mie lethek. Enak mienya, lebih enak daripada mie kuning biasa.
20200318_210538(2).jpg
20200318_210538(2).jpg (393.13 KiB) Viewed 552 times
Heha skyview rekomendasi warga juga. Viewnya bagus dan konsepnya menarik. Tp entah kenapa ini tempat mahal bgt buat saya. Parkir depan gedungnya 25rb vip valet. Bisa nyebrang ke parkiran dengan jalan berbatu 5rb. Masuk bayar 15rb. Titik2 fotonya ada yg bayar lagi. Jujur menurut saya ripoff tempatnya.
20200318_190008_HDR.jpg
20200318_190008_HDR.jpg (607.98 KiB) Viewed 552 times
Sate klathak pak pong. Dapet rekomendasi dari warga sekitar. Aneh aj pake ruji sepeda hehehe.
20200317_140607.jpg
20200317_140607.jpg (507.52 KiB) Viewed 552 times
Entah kenapa saya suka banget makan house of wok. Apalagi nasi goreng murah. Murah dan porsisnya wow. Udah dari kecil saya demen haha
20200319_211809.jpg
20200319_211809.jpg (392.56 KiB) Viewed 552 times


Soto sampah yang mengagumkan. Cuma 5rb perak dan rasanya cukup worth buat harganya. Hasil ngobrol2 dengan driver maxim
20200318_132556_HDR.jpg
20200318_132556_HDR.jpg (754.26 KiB) Viewed 552 times
Last edited by vincewonk on 02 Apr 2020, 19:17, edited 3 times in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by maastricht889 »

vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:47
erwinign wrote: 02 Apr 2020, 18:31
vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:11

Dibilang banyak ngga juga. Cuma 2.7%. Cape bgt om pake rhd. Saya pernah pakai Celica VVTL-i 1thn. Selalu penasaran sama Celica yg enginenya dibuat yamaha dan katanya versi vtecnya toyota. Kemana2 bawa tangan robot seperti di attachment.

Selama 7thn saya tinggal di korea ada liat 3x dengan mata sendiri, kia ray terguling di depan mata. Suspensi super empuk ditambah center of gravity yg bener2 aneh, jd resep buat roll over. Yang versi improvement banyak ubahan di sistem traction controlnya, saya rasa kalau ikut elk test penasaran hasilnya.

Sebelum boikot jepang, mobil jepang paling laris itu lexus es. Khususnya didaerah gangnam, jumlah es300 bisa dikatakan setara dengan hyundai sonata. Dan nicknamenya lexus es itu gangnam sonata. Toyota sienna kebanyakan dipakai buat mobil celebrity, substitusinya kia carnival
Wahahahahaha beneeeeeerrrr banget om, gangnam pusatnya ES300h sama sedikit RX. Keren2 kl pemandangan mobil begitu udah sampe gangnam, kia K9 yg langka dan aneh aja ada sampe G63. Mulai dr apgeujong rodeo sampe express bus terminal itu biasa banyak mobil bagus2. Plg puas kl saya lihat permobilan korea di BEAT360 kia sama hyundai motorsport seoul, gile itu showroom terniat dan keren (terutama yg hyundai, showroom porsche di zuffenhausen pun nggak seniat itu dekorasinya).

Soal kia ray, kayanya banyak yg bawanya ugal ya om, di gang2 kecil aja sy lihat digeber banget gasnya (tetep larinya segitu sih hahaha).

Kayanya preferences orang sana itu either hyundai/kia kl lokalan or eropa/amerikaan sekalian ya om, terutama pd own yg diesel2. Santafe TM-DM-pesut diesel semua, carnival baru pasti diesel, sampe sekecil jeep renegade diesel semua.

Mobil korea yg bikin saya amazed = Genesis G80, EQ900 sama carnival yg limousine itu aduh bagus banget dan feel americannya kentel di carnival
Kalau ada waktu om naik subway ke 주엽역 juyeop station di Ilsan. Naik taksi ke hyundai motorstudio. Bisa test drive beberapa model terbaru yang ada disana. Must visit buat petrolhead. Jepang ada sentimen negatif juga berhubungan dengan sejarah dan kompetisi. Dan mobil jepang harganya ngga murah. Gangnam kebanyakan mobil inventaris kantor jadi ya bgitu deh mobilnya. Cukup seragam.

Suv van medium besar pasti diesel, karena versi bensinnya ngga ada om. Mobil impor memang 88% diesel. Kebanyakan yg beli bensin kelas avante sonata. Harga bensin yg super mahal jd biang keroknya. Dan kebanyakan yang punya mobil impor sering dipake jalan jauh. Kebalikan dengan disini. Papanya teman saya punya G350 diesel di korea sudah jalan 195rb dalam 2tahun.

Memang genesis marketnya paling besar di amerika om. Jadi product developmentnya kebanyakan disana. Carnival limousin didesain high roof supaya ownernya bisa ganti baju didalam hehe. Ada optional rak bajunya juga di third row. Chevrolet express van jg banyak disana.
Wah yg di ilsan gila keren banget om. Kl mau test drive harus ada sim internasional ya om?

Bener itu om, kayanya carnival hi-limousine inspirasinya dr chevy itu, smpt liat bbrp. Gara2 carnival bagus dan ada hi roof kayanya rival2nya babak belur semua ya om (pasaran banget kaya alphard disana, juga buat santafe-sorento). Kl kata salesnya di beat360, carnival bensin tetep ada cuma sama komplainnya kaya sini om (boros). Mobil yg sizenya dr kecil sampe sonata-avante kayanya memang either bensin/hybrid ya disana om, termasuk genesis jg pada berani ambil yg 3.3T/3.8. Kia niro smpt beberapa kali lihat jg menarik itu om, sedikit niru countryman + hybrid.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by vincewonk »

erwinign wrote: 02 Apr 2020, 19:11
vincewonk wrote: 02 Apr 2020, 18:47
erwinign wrote: 02 Apr 2020, 18:31

Wahahahahaha beneeeeeerrrr banget om, gangnam pusatnya ES300h sama sedikit RX. Keren2 kl pemandangan mobil begitu udah sampe gangnam, kia K9 yg langka dan aneh aja ada sampe G63. Mulai dr apgeujong rodeo sampe express bus terminal itu biasa banyak mobil bagus2. Plg puas kl saya lihat permobilan korea di BEAT360 kia sama hyundai motorsport seoul, gile itu showroom terniat dan keren (terutama yg hyundai, showroom porsche di zuffenhausen pun nggak seniat itu dekorasinya).

Soal kia ray, kayanya banyak yg bawanya ugal ya om, di gang2 kecil aja sy lihat digeber banget gasnya (tetep larinya segitu sih hahaha).

Kayanya preferences orang sana itu either hyundai/kia kl lokalan or eropa/amerikaan sekalian ya om, terutama pd own yg diesel2. Santafe TM-DM-pesut diesel semua, carnival baru pasti diesel, sampe sekecil jeep renegade diesel semua.

Mobil korea yg bikin saya amazed = Genesis G80, EQ900 sama carnival yg limousine itu aduh bagus banget dan feel americannya kentel di carnival
Kalau ada waktu om naik subway ke 주엽역 juyeop station di Ilsan. Naik taksi ke hyundai motorstudio. Bisa test drive beberapa model terbaru yang ada disana. Must visit buat petrolhead. Jepang ada sentimen negatif juga berhubungan dengan sejarah dan kompetisi. Dan mobil jepang harganya ngga murah. Gangnam kebanyakan mobil inventaris kantor jadi ya bgitu deh mobilnya. Cukup seragam.

Suv van medium besar pasti diesel, karena versi bensinnya ngga ada om. Mobil impor memang 88% diesel. Kebanyakan yg beli bensin kelas avante sonata. Harga bensin yg super mahal jd biang keroknya. Dan kebanyakan yang punya mobil impor sering dipake jalan jauh. Kebalikan dengan disini. Papanya teman saya punya G350 diesel di korea sudah jalan 195rb dalam 2tahun.

Memang genesis marketnya paling besar di amerika om. Jadi product developmentnya kebanyakan disana. Carnival limousin didesain high roof supaya ownernya bisa ganti baju didalam hehe. Ada optional rak bajunya juga di third row. Chevrolet express van jg banyak disana.
Wah yg di ilsan gila keren banget om. Kl mau test drive harus ada sim internasional ya om?

Bener itu om, kayanya carnival hi-limousine inspirasinya dr chevy itu, smpt liat bbrp. Gara2 carnival bagus dan ada hi roof kayanya rival2nya babak belur semua ya om (pasaran banget kaya alphard disana, juga buat santafe-sorento). Kl kata salesnya di beat360, carnival bensin tetep ada cuma sama komplainnya kaya sini om (boros). Mobil yg sizenya dr kecil sampe sonata-avante kayanya memang either bensin/hybrid ya disana om, termasuk genesis jg pada berani ambil yg 3.3T/3.8. Kia niro smpt beberapa kali lihat jg menarik itu om, sedikit niru countryman + hybrid.
Van paling laku sebenernya starex om alias h1. Cuma itu disana keitung commercial car. Pajaknya cuma 350rb setahun. Dcab juga murah sekali disana. Mertua pakai ssangyong rexton sports cuma 350rb.

Carnival paling laku buat passenger van. H1 ada jg yg hi roof, namanya starex limousine. Yg antik sih ssangyong turismo. Mesin dan transmisinya oke tuh om dari mercedes lama. Tp sisanya ya bgitu lah hahaha.

Hybrid insentifnya banyak om. Asuransi, pajak, dan parkir. Untuk taksi, mobil rental dan penyandang cacat kebanyakan LPG om. Jadi cara mereka subsidi disana agak beda. Bensin cuma ada oktan 98 dan 100. LPG disubsidi, tp pas mau beli mobilnya harus ada bukti surat usaha rental mobil/penyandang cacat/mau jadi taksi. Harganya sepertiga gasoline.

Genesis eq900 kia k9 itu ada yang v8 om. Tp sejak ada 3.3T itu paling laku. Irit dan tenaganya besar.

FYI, sepengalaman saya sim internasional indonesia tidak diterima di jepang dan korea. Karena negara kita ga terdaftar di geneva convention. Harap waspada kalau ada rental yg mau terima, bgitu ada tabrakan bisa habis dompet betulin. Di klausul asuransinya ada pasal yang mengatur soal ini.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by ginting »

Pororo wrote: 02 Apr 2020, 09:26
ginting wrote: 01 Apr 2020, 16:12
Pororo wrote: 01 Apr 2020, 14:32

Saya sudah 6x lah om mudik pakai Karimun rute Pekanbaru - Bangka PP (kurleb 950 km exlude penyebrangan laut)
Semua standar... ya asal sabar dan coba memahami kapasitas mobil aja om.
Kasus saya ya memang karena ini senjata satu-satunya tapi ternyata ada kesenangan tersendiri juga mengarungi lintas timur dengan mobil imut ini.
Kadang ditengah suasana kerja tiba-tibe terlintas saja feel melibas jalanan lintas timur itu

Duh pengen mudik tapi kondisi rasanya sangat tidak mendukung
Tiba-tiba teringat Wong Jowo yg kerja di Medan, mudik dia dari Medan ke Jogja naek Karimun Wagon R.
Kita sama sama nginap di Penginapan Rizal Taman Raja, Tungkal Ulu, Jambi.
Kenapa mobil kecil dipakai jalan sejauh itu ? Ya, adanya cuma itu..yg penting alon alon asal kelakon aja...
Salam kenal om ginting
Sepertinya berkesan sekali ya pertemuan tersebut om...
Salam kenal oom Pororo,

Ya, bagi saya itu berkesan karena membayangkan kondisi orangnya (capeknya) untuk rute sejauh itu. salut saya oom sama orang Indonesia yang mudik..energinya rruarr biasa... :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Tour de java dengan citycar (2500km)

Post by supriyadi »

Ada kenalsn orang kerja di IKPP juga, lebaran kemarin. 2 keluarga mudik ke Solo dari Pekanbaru pake Ayla. Enjoy ajakstanya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post