cylinder head strada triton melenting

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

Salam hangat SM
mohon arahan dr teman teman SM..
singkat cerita.....
mobil ane overheat karna thermostat gak bekerja denga baik (info bengkel umum) nah akhirnya di lepas tu thermostat oleh mekanik bngkl nya agar saya bisa lanjut perjalanan..
setelah sampe tujuan sekitar 20km dr bgnkl, cek air radiator berkurang sekitar 1liter, dan di cadangan malah melimpah..

telpon ke beres pekanbaru - riau
mereka diagnosa paking head, head bengkok (karna pernah overheat)
dan mereka saran mobil masuk bngkl buat di cek.
dikarenakan saya lg di medan - sumut, saya di arahin ke Sumatera Berlian Motor
sampe di beres tersebut, mereka estimasi biaya 25jt (ganti cylinder head) tanpa mereka bongkar buat cek apa yg rusak.
saran dr beres pekanbaru coba bongkar head dan ukur, kalo belum parah bisa di potong head, dan ganti paking.
beres sumut gak mau bongkar buat cek, mereka mau bongkar kalo ganti.
akhirnya saya di oper ke sardana berlian motor medan.
sampe disana mereka estimasi 8jt untuk perbaikan, hari ini tanggal 5 mereka lakukan bongkar.
yang mau saya tanyakan
info : selama saya pakai 2 hari rutin cek air dan suhu di amper panas, tenaga mobil tidak ada perubahan (cuma suhu panas lama naik, dan cepat turun)

1. bolehkah pemapasan head dilakukan?
2. adakah angka tertentu batas kebengkokan head yg bisa di papas?
3. apakah setelah papas masih bisa pakai biosolar?
4. estimasi 8jt biaya perbaikan wajar kah?

terimakasih smers
:big_blushing:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by htannis »

Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong

1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by ChZ »

Idem dengan jawaban oom htannis...

Solusi klw head melenting... papas head. Selama bengkel yang kerjakan profesional, papas head cenderung aman. Asal papasnya gak miring aja aman kok. Kalo miring dipapas lagi, tapi bahaya kalo terlalu banyak.

Masih bisa pakai bio solar... Krn diesel bukan bensin. Diesel justru butuh kompresi tinggi.

Biaya... btul diliat dulu apa yang diganti (papas head, lalu adakah parts yang kira-kira perlu diganti menurut mereka?)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong

1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Karna di bengkel umum tidak punya stok, mereka udah cari ke rekanan g ada stok juga, saya minta tolong di akalin karna saya mau lanjutin perjalanan, solusi nya lepas thermostat kata mekanik.

siap om htannis, nanti coba saya telpon beres apa saja yg di ganti
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

ChZ wrote:........
Biaya... btul diliat dulu apa yang diganti (papas head, lalu adakah parts yang kira-kira perlu diganti menurut mereka?)
Dr dulu biasa serahin ke BERES aja om, jd kemarin telpon ke beres langganan di pekanbaru, mereka bantu hub beres dimedan..
info dr beres pekanbaru mereka pernah nanganin beberapa unit, tp ttp di cek dlu parah atau tidak nya..

yang g enak waktu di beres SUMATERA BERLIAN MOTOR, mekanik bilang harus ganti cylinder head, Harus!!
saya minta cek dlu apa nya, mereka g mau cek, ini positif ganti, kalo mau ganti kita bongkar kata nya.

saya lapor ke beres d pekanbaru, beres pekanbaru kaget karna mereka g mau bongkar boil saya, info dr beres pku mereka bnyak yg scrap deksel kok, BONGKAR DULU, CEK UDAH PARAH APA MASIH BISA SCRAP.. KALO MASIH BISA KENAPA HARUS GANTI.
saya di cuekin dr jam 7 pagi sampe jam 2 siang, malah mekanik yang nama nya "ramli" saranol ke bengkel temen dia di daerah medan juga, saya g mau karna g pernah ke bgnkl umum.
akhir nya saya di pindahin ke beres SARDANA BERLIAN MOTOR, nah sampe disana saya di tanganin pak NUR, info dr pak nur tetap harus bongkar, cek, kalo masih bisa scrap kita lakukan scrap, kalo gak bisa kita harus ganti..
estimasi scrap 8jt.
saya lapor masalah biaya ke beres pekanbaru, mereka agak kaget juga, tp merka bilang, coba d bongkar nanti kita liat apa saja yg d ganti.

sebenr nya kalo merka bilang harus ganti ya pasti saya ok kan juga, yg g enak nya mereka belum cek udh bilang harus ganti.
ohh gt ya om, cuma takut rasio kompresi naik malah g tahan lama boil nya om..
sori ummm edisi curhat di terlantarin ber jam jam heheheh
:big_deal:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by htannis »

Atau pilihan lagi cari cylinder head copotan di jakarta harusnya banyak, tinggal plek doang ongkos kira2 2 jt kalau turun head diluar packing yg harus di ganti
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by ChZ »

banyakin wrote: Dr dulu biasa serahin ke BERES aja om, jd kemarin telpon ke beres langganan di pekanbaru, mereka bantu hub beres dimedan..
info dr beres pekanbaru mereka pernah nanganin beberapa unit, tp ttp di cek dlu parah atau tidak nya..

yang g enak waktu di beres SUMATERA BERLIAN MOTOR, mekanik bilang harus ganti cylinder head, Harus!!
saya minta cek dlu apa nya, mereka g mau cek, ini positif ganti, kalo mau ganti kita bongkar kata nya.

saya lapor ke beres d pekanbaru, beres pekanbaru kaget karna mereka g mau bongkar boil saya, info dr beres pku mereka bnyak yg scrap deksel kok, BONGKAR DULU, CEK UDAH PARAH APA MASIH BISA SCRAP.. KALO MASIH BISA KENAPA HARUS GANTI.
saya di cuekin dr jam 7 pagi sampe jam 2 siang, malah mekanik yang nama nya "ramli" saranol ke bengkel temen dia di daerah medan juga, saya g mau karna g pernah ke bgnkl umum.
akhir nya saya di pindahin ke beres SARDANA BERLIAN MOTOR, nah sampe disana saya di tanganin pak NUR, info dr pak nur tetap harus bongkar, cek, kalo masih bisa scrap kita lakukan scrap, kalo gak bisa kita harus ganti..
estimasi scrap 8jt.
saya lapor masalah biaya ke beres pekanbaru, mereka agak kaget juga, tp merka bilang, coba d bongkar nanti kita liat apa saja yg d ganti.

sebenr nya kalo merka bilang harus ganti ya pasti saya ok kan juga, yg g enak nya mereka belum cek udh bilang harus ganti.
ohh gt ya om, cuma takut rasio kompresi naik malah g tahan lama boil nya om..
sori ummm edisi curhat di terlantarin ber jam jam heheheh
:big_deal:
Tipikal jawaban BeRes... ga mau repot langsung bilang asal ganti aja... Makanya saya kalo cari solusi jarang ke BeRes. BeRes jarang mau ngakal soalnya.

Kasus sama seperti disc brake bergelombang... ada batas toleransi seberapa tipis itu disc bisa dibubut. Namanya material dari metal ketika dikepras pasti akan ada perubahan struktur yang berpengaruh ke kekuatan materialnya. Begitu pula dengan cylinder head, kalo memang bisa dipapas kenapa harus ganti full?

Papas dikit gakpapa pake bio, tapi kalau sudah papas banyak sebaiknya jangan, takutnya karena struktur material berubah dan clearance volume di kepala silinder semakin sempit, tekanan kompresi meningkat, malah nanti bisa melenting lagi, sukur-sukur gak pecah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..

apa bener ya om om SMers???
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by marmut »

kalo 0,1mm masih bisa di bubut. masalahnya, dudukan camshaft ikut melengkung nggak? coba camshaft dipasang trus diputer perlahan masih lancar normal apa ada seret pas di bagian tertentu.
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

marmut wrote:kalo 0,1mm masih bisa di bubut. masalahnya, dudukan camshaft ikut melengkung nggak? coba camshaft dipasang trus diputer perlahan masih lancar normal apa ada seret pas di bagian tertentu.
siap, besok telpon mekanik beres nya om
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by Profith83 »

htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong

1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Tanya om.
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.

Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.

Ingin tahu saja system kerjanya.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by imsus2c »

banyakin wrote:Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..

apa bener ya om om SMers???
Batas toleransi papas head antar mesin/pabrikan bisa beda beda.
Biasanya kalau dilepas, nanti di permukaan cylinder head-nya itu ada semacam coakan yg menandakan batas aman maksimum seberapa banyak bisa dipapas. Ngga usah dihabiskan mapas-nya, yang penting udah lurus (center).
Sekiranya sampai batas coakan tadi masih belum dapat center-nya, ya mau ngga mau ganti head
Tapi biasanya bengkel bubut yg pengalaman papas head, pasti paham lah sebarapa aman bisa dipapas atau harus minta ganti


Dan bengkok 0.1 mm masih dalam toleransi ini maksudnya apa ya?

Toleransi kalau head masih aman untuk dipapas sebanyak 0.1mm?
Atau toleransi masih aman kalau bengkok 0.1 mm bisa di"biarkan" saja (ngga perlu papas head), karena berasumsi tercover sama packing-nya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by imsus2c »

Profith83 wrote:
htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong

1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Tanya om.
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.

Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.

Ingin tahu saja system kerjanya.
Setau saya, thermostat terbuka karena material pegas-nya bereaksi terhadap suhu, bukan karena tekanan.
Makanya thermostat bisa beda beda sensitivitas nya (tergantung material pegas). Ada yg suhu 70an sudah melar, ada yg 80an ada yg 90an.

Saya kalau beli thermostat, sebelum saya pasang biasanya saya test sederhana dulu. Taruh dipanci, kasih air trus direbus.
Nanti saat panas (tapi belum mendidih), kelihatan kok pegas (per) nya melar. Setelah melar, langsung cemplungin air dingin, langsung mengkeret lagi.
Memang test sederhana ini ngga akurat untuk tahu sampai suhu berapa pegas-nya bereaksi.
Tapi minimal tahu kalau panas dia melar, kalau dingin mengkerut :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by RVR »

Ada 2 faktor yg harus dikonfirm di service manual book (beres wajib punya):
1. Batas maximum kebengkokan yg masih bisa direpair/scrap/papas
2. Batas minimum ketinggian cyl.head yg ga boleh dilewati sebagai control seberapa besar boleh dipapas untuk menghilangkan kebengkokan
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

imsus2c wrote:
banyakin wrote:Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..

apa bener ya om om SMers???


Dan bengkok 0.1 mm masih dalam toleransi ini maksudnya apa ya?

Toleransi kalau head masih aman untuk dipapas sebanyak 0.1mm?
Atau toleransi masih aman kalau bengkok 0.1 mm bisa di"biarkan" saja (ngga perlu papas head), karena berasumsi tercover sama packing-nya...
jd gini om, kan boil saya tinggal di BeRes sumut, jd saya pantau via telpon..
semalam sore saya telpon
kurang lebih gini perkakapan nya hehehe

saya : bagaimana dengan kendaraan saya

kekanik beres : itu bengkok 0.10mm pak, jd kita lalukan pemotongan cylinder head, kemungkinan hari ini siap skur dan bersih2.

saya: 0.10mm masib bisa di perbaiki apa harus ganti pak?

mekanik : 0.10mm masih bisa di pebaiki, kita potong dan ganti paking saja.

gt kira2 ummmmm
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

imsus2c wrote:
Profith83 wrote:
htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong

1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Tanya om.
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.

Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.

Ingin tahu saja system kerjanya.
Setau saya, thermostat terbuka karena material pegas-nya bereaksi terhadap suhu, bukan karena tekanan.
Makanya thermostat bisa beda beda sensitivitas nya (tergantung material pegas). Ada yg suhu 70an sudah melar, ada yg 80an ada yg 90an.

Saya kalau beli thermostat, sebelum saya pasang biasanya saya test sederhana dulu. Taruh dipanci, kasih air trus direbus.
Nanti saat panas (tapi belum mendidih), kelihatan kok pegas (per) nya melar. Setelah melar, langsung cemplungin air dingin, langsung mengkeret lagi.
Memang test sederhana ini ngga akurat untuk tahu sampai suhu berapa pegas-nya bereaksi.
Tapi minimal tahu kalau panas dia melar, kalau dingin mengkerut :mrgreen:

ikut nyimak omm
banyakin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 15 Aug 2015, 09:10

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by banyakin »

RVR wrote:Ada 2 faktor yg harus dikonfirm di service manual book (beres wajib punya):
1. Batas maximum kebengkokan yg masih bisa direpair/scrap/papas
2. Batas minimum ketinggian cyl.head yg ga boleh dilewati sebagai control seberapa besar boleh dipapas untuk menghilangkan kebengkokan
wajib punya ya om..
kembali lg ke cerita saya di awal om..
saya kan masuk 2 BeRes.

1. Sumatera Berlian Motor
Mereka tidak pernah perbaiki, harus ganti, g perduli bengkok parah atau bengkok dikit.
mereka gak mau bongkar kalo kita g acc buat ganti cylinder head.

2. Sardana Berlian Motor
Mereka harus cek, seberapa bengkok..
nanti baru bisa di ambil keputusan buat ganti atau bisa di perbaiki (sama dengan beres di daerah saya pekanbaru Pt.Suka Fajar)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by Turboman »

di sana gak ada bengkel swasta yg qualified ?

termostat WAJIB terpasang, krn mesin kerja harus dgn rentang suhu tertentu

suhu coolant kelewat dingin malah bikin BBM boros dan mesin pendek umur
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by ginting »

kalau suhu terlalu panas ===> meleenting.
suhu terlalu dingin ===> pembakaran tidak sempurna. tenaga kurang joss....Deposit jelaga banyak, mesin jorok..
nanti musti lekas skir / skur klep .... selain boros..

//sekedar tambahan dari nubitol
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: cylinder head strada triton melenting

Post by marmut »

Profith83 wrote: Tanya om.
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.

Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.

Ingin tahu saja system kerjanya.
thermostat itu seperti sebuah klep/pintu pembatas antara air panas yang berada di blok mesin dan air yang suhunya lebih dingin yang berada di radiator.

setiap mesin harus berada di suhu sekitar 90-98 derajat celcius (tergantung dari tiap pabrik pembuatnya) supaya mesin bisa bekerja optimal.
dibawah 85 derajat, bensin tidak akan terbakar sempurna dan jadi boros.
diatas 100 derajat, logam mudah memuai dan bisa mengakibatkan friksi berlebih.

tugas thermostat menjaga supaya mesin berada di suhu kerja optimalnya. saat suhu mencapai 90-92 derajat, thermostat mulai membuka sedikit supaya air yang berada di blok mesin bisa bersirkulasi dengan air yang berada di radiator (yang suhunya lebih rendah).
saat suhu mencapai 95-98 derajat, thermostat membuka penuh supaya sirkulasi lebih cepat.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post