Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 2:49
Iya kacamata penting sekali, pas ganti oli bisa ada cipratan atau ngolong ada butiran pasir.
semua perlengkapan keamanan penting termasuk sarung tangan.
apalagi kalau berurusan dengan oli mesin, saya pakai 2 lapis, sarung tangan kain/sarung tangan palmfit lalu didobel dengan sarung tangan berbahan pvc elastis tebal.
semua perlengkapan keamanan berapapun harganya, banyak yang jual di toko online/offline. lha kalau kulit atau anggota badan lain kenapa-kenapa, mau beli di mana?
yanuarra wrote: ↑Sat Jul 03, 2021 12:18
Hadeh cape banget
Bodo amat lah
Mbah ntar pas pasang jgn lupa divacuum dulu itu tubing dari kompresor ke evap.
Spy awet dan ngga ada kotoran di jalur tubing yg isinya freon dari evap ke kompresor.
Nah keluarin dung vacuum pump nya
Atau mbah dekan pake cara lama...dorong sisa freon di tubing itu berharap isinya akan kosong beneran dan isi freon baru?
Cara itu kl tukang AC bilang flushing dan hny bisa u AC dgn freon jadul alias Freon R22.
Manggil tukang ac yg dilengkapi vakum aja kynya mbah... Bongkar sendirian ternyata cape.. apalagi pasang
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 2:49
Iya kacamata penting sekali, pas ganti oli bisa ada cipratan atau ngolong ada butiran pasir.
semua perlengkapan keamanan penting termasuk sarung tangan.
apalagi kalau berurusan dengan oli mesin, saya pakai 2 lapis, sarung tangan kain/sarung tangan palmfit lalu didobel dengan sarung tangan berbahan pvc elastis tebal.
semua perlengkapan keamanan berapapun harganya, banyak yang jual di toko online/offline. lha kalau kulit atau anggota badan lain kenapa-kenapa, mau beli di mana?
Kl saya
Tiap kl mo servis yg harus ngolong
Maka sehari sblomnya saya doorsmeer kolong, ga harus bersih ampe semprot mitan sgala, asal tanah2 kering, pasir2 rontok jg ud ckup
Jd pas ngolong, resiko kotoran, debu jatuh dsb minim skali
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 2:49
Iya kacamata penting sekali, pas ganti oli bisa ada cipratan atau ngolong ada butiran pasir.
semua perlengkapan keamanan penting termasuk sarung tangan.
apalagi kalau berurusan dengan oli mesin, saya pakai 2 lapis, sarung tangan kain/sarung tangan palmfit lalu didobel dengan sarung tangan berbahan pvc elastis tebal.
semua perlengkapan keamanan berapapun harganya, banyak yang jual di toko online/offline. lha kalau kulit atau anggota badan lain kenapa-kenapa, mau beli di mana?
Iya saya juga beli kapan hari sarung tangan yang tebal, terpakai buat buka baut drain oli.
Di rumah juga banyak potongan kayu bekas bongkar kusen potong 1 meter an buat ganjel kalau dongkrak.
Jadi mobil selain ditahan dongkrak ada kayu juga yang nahan.
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 2:49
Iya kacamata penting sekali, pas ganti oli bisa ada cipratan atau ngolong ada butiran pasir.
semua perlengkapan keamanan penting termasuk sarung tangan.
apalagi kalau berurusan dengan oli mesin, saya pakai 2 lapis, sarung tangan kain/sarung tangan palmfit lalu didobel dengan sarung tangan berbahan pvc elastis tebal.
semua perlengkapan keamanan berapapun harganya, banyak yang jual di toko online/offline. lha kalau kulit atau anggota badan lain kenapa-kenapa, mau beli di mana?
Kl saya
Tiap kl mo servis yg harus ngolong
Maka sehari sblomnya saya doorsmeer kolong, ga harus bersih ampe semprot mitan sgala, asal tanah2 kering, pasir2 rontok jg ud ckup
Jd pas ngolong, resiko kotoran, debu jatuh dsb minim skali
Catat ....
Kemarin habis ngolong. mau cari sumber getar gleg gleg di setir khusus jalan paving jelek. Jumping kena poldur tidak ada gleg gleg.
Ban coba goyang kiri kanan, atas bawah tidak ada speeling.
Check link stabil tidak kocak.
Karet link stabil lapisi ban dalam di besinya, supaya karet lebih gempung. Kalau memang benar ini penyebab saya ganti, ternyata bukan.
Link stabil Innova reborn yang bagian atas sptnya bisa disetel yah(ada 2 baut), tapi entah berapa torsinya ... belum coba kencangkan.
Pernah kencangin link stabil bagian atas?
semua perlengkapan keamanan penting termasuk sarung tangan.
apalagi kalau berurusan dengan oli mesin, saya pakai 2 lapis, sarung tangan kain/sarung tangan palmfit lalu didobel dengan sarung tangan berbahan pvc elastis tebal.
semua perlengkapan keamanan berapapun harganya, banyak yang jual di toko online/offline. lha kalau kulit atau anggota badan lain kenapa-kenapa, mau beli di mana?
Kl saya
Tiap kl mo servis yg harus ngolong
Maka sehari sblomnya saya doorsmeer kolong, ga harus bersih ampe semprot mitan sgala, asal tanah2 kering, pasir2 rontok jg ud ckup
Jd pas ngolong, resiko kotoran, debu jatuh dsb minim skali
Catat ....
Kemarin habis ngolong. mau cari sumber getar gleg gleg di setir khusus jalan paving jelek. Jumping kena poldur tidak ada gleg gleg.
Ban coba goyang kiri kanan, atas bawah tidak ada speeling.
Check link stabil tidak kocak.
Karet link stabil lapisi ban dalam di besinya, supaya karet lebih gempung. Kalau memang benar ini penyebab saya ganti, ternyata bukan.
Link stabil Innova reborn yang bagian atas sptnya bisa disetel yah(ada 2 baut), tapi entah berapa torsinya ... belum coba kencangkan.
Pernah kencangin link stabil bagian atas?
Saya kencengin ga pake torsi tp ukur panjang ulir kiri dan kanan harus sama
Kcuali link stabil baru, ini kayanya baru bsa d torsi
Link stabil Innova reborn yang bagian atas sptnya bisa disetel yah(ada 2 baut), tapi entah berapa torsinya ... belum coba kencangkan.
kalau sama dengan fortuner, 70 n.m.
Siap om, terima kasih
DOHC wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 4:52
Saya kencengin ga pake torsi tp ukur panjang ulir kiri dan kanan harus sama
Kcuali link stabil baru, ini kayanya baru bsa d torsi
Terima kasih om. Coba saya kencengin. Mungkin kalau kanan 1/2 putaran berarti kiri juga 1/2 putaran, supaya sama yah.
BTW saya curiga getarnya dari kolom setir tapi yang bagian atas dekat setir. Pernah pegang pas goyang,
dari dalam kabin, batang setir yang bawah ada getar dikit sekali, nah sampai atas getar lumayan.
Lebih ke arah konstruksinya memang seperti itu ... Kalau Honda enak tuh setirnya gak ada gleg2x kena paving keriting
Tapi coba nanti diseretin. Ini kerjaan rada males, soalnya dongkrak lagi dan lepas ban.
Saya gak punya dongrak buaya, jadinya pakai dongkrak asli hahaha
Oh iya dongkrak aslinya itu saya kasih potongan karet ban luar waktu dongkrak, supaya permukaan yang nempel ke chasis/member agak rata. Ban bekas saya potong sekitar 4x4 cm.
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 6:49
BTW saya curiga getarnya dari kolom setir tapi yang bagian atas dekat setir. Pernah pegang pas goyang,
dari dalam kabin, batang setir yang bawah ada getar dikit sekali, nah sampai atas getar lumayan.
mbah, coba periksa dirumah dulu deh... tapi musti berdua.
1 orang puter setir kiri-kanan-kiri-kanan dengan cepet, 1 lagi meriksa steering shaft yang dari steering wheel sampe ke deket steering rack dengan cara digenggam tangan.
(semoga) nanti bisa ketauan dari mana sumbernya.
Saya gak punya dongrak buaya, jadinya pakai dongkrak asli hahaha
...........
wah ini sih beneran aliran siksa diri dalam arti harafiahnya. boleh beli dongkrak buaya om, toh itung2 krn ga bayar serpis di bengkel dialihkan jd tools. kita itu makin tua, hidup itu singkat, kl memang hobi ya harus ngoprek mobil dgn cara termudah dan menyenangkan. bikin kita less stress, bukan more stress.
dongkrak hidrolik sy ada 3 biji, jack stand 6 biji. baru itu menyenangkan utk angkat mengangkat. tapi ..... om jangan ikutin jejak saya. ada disini yg ikut jejak sy sampe jumlah TW miliknya lebih banyak drpd jumlah celana dalamnya. itu juga bukan solusi yg masuk akal.
*maaf bukan menggurui. cuma pengen om lbh menikmati DIY aja.
Profith83 wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 6:49
BTW saya curiga getarnya dari kolom setir tapi yang bagian atas dekat setir. Pernah pegang pas goyang,
dari dalam kabin, batang setir yang bawah ada getar dikit sekali, nah sampai atas getar lumayan.
mbah, coba periksa dirumah dulu deh... tapi musti berdua.
1 orang puter setir kiri-kanan-kiri-kanan dengan cepet, 1 lagi meriksa steering shaft yang dari steering wheel sampe ke deket steering rack dengan cara digenggam tangan.
(semoga) nanti bisa ketauan dari mana sumbernya.
*kondisi mesin mati dan dingin sangat disarankan.
btw, ini sy setuju. kl ga salah ada bushingnya ya diantara joint itu. itu bushing kl udah pecah jg bikin oblak.
Saya gak punya dongrak buaya, jadinya pakai dongkrak asli hahaha
...........
wah ini sih beneran aliran siksa diri dalam arti harafiahnya. boleh beli dongkrak buaya om, toh itung2 krn ga bayar serpis di bengkel dialihkan jd tools. kita itu makin tua, hidup itu singkat, kl memang hobi ya harus ngoprek mobil dgn cara termudah dan menyenangkan. bikin kita less stress, bukan more stress.
dongkrak hidrolik sy ada 3 biji, jack stand 6 biji. baru itu menyenangkan utk angkat mengangkat. tapi ..... om jangan ikutin jejak saya. ada disini yg ikut jejak sy sampe jumlah TW miliknya lebih banyak drpd jumlah celana dalamnya. itu juga bukan solusi yg masuk akal.
*maaf bukan menggurui. cuma pengen om lbh menikmati DIY aja.
btw, ini sy setuju. kl ga salah ada bushingnya ya diantara joint itu. itu bushing kl udah pecah jg bikin oblak.
ada bushing (entah tembaga/kuningan/logam lain) atau bearing (entah ball atau needle) di dalam steering column. atau bisa jadi kombinasi.
kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun, mungkin saja si bushing kena (aus).
saya pernah nemu kasus begini di afansa gen 3. saya tau persis apa yang musti diperbaiki, tapi saya tolak karena nggak yakin si empunya mobil mau bayar bon yang saya sodorkan senilai 1 (satu) piece 731/10 nr.17.
Omnibus wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 7:38
. ada disini yg ikut jejak sy sampe jumlah TW miliknya lebih banyak drpd jumlah celana dalamnya.
berpikir positif saja, siapa tau dari TW itu bisa mengumpulkan pundi-pundi lalu membeli pabrik celana dalam kelak dan menguasai percelana dalaman seluruh negri ini sampai mancanegara.
btw, ini sy setuju. kl ga salah ada bushingnya ya diantara joint itu. itu bushing kl udah pecah jg bikin oblak.
ada bushing (entah tembaga/kuningan/logam lain) atau bearing (entah ball atau needle) di dalam steering column. atau bisa jadi kombinasi.
kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun, mungkin saja si bushing kena (aus).
saya pernah nemu kasus begini di afansa gen 3. saya tau persis apa yang musti diperbaiki, tapi saya tolak karena nggak yakin si empunya mobil mau bayar bon yang saya sodorkan senilai 1 (satu) piece 731/10 nr.17.
bon nya sodorin dimuka aja mbah lain kali. dgn tulisan kecil2 dibawahnya:
"tagihan ini bukan pembayaran final. owner diharapkan melunasi tagihan tambahan bila ada. dengan menerima bon ini berarti owner setuju akan persyaratan yg berlaku."
btw, ini sy setuju. kl ga salah ada bushingnya ya diantara joint itu. itu bushing kl udah pecah jg bikin oblak.
ada bushing (entah tembaga/kuningan/logam lain) atau bearing (entah ball atau needle) di dalam steering column. atau bisa jadi kombinasi.
kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun, mungkin saja si bushing kena (aus).
saya pernah nemu kasus begini di afansa gen 3. saya tau persis apa yang musti diperbaiki, tapi saya tolak karena nggak yakin si empunya mobil mau bayar bon yang saya sodorkan senilai 1 (satu) piece 731/10 nr.17.
Keputusan bijak mbah
Ga kbayang owner nya.. avansa koq dikasi bon premium gt, bsa kejang kelojotan dia
Omnibus wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 7:38
. ada disini yg ikut jejak sy sampe jumlah TW miliknya lebih banyak drpd jumlah celana dalamnya.
berpikir positif saja, siapa tau dari TW itu bisa mengumpulkan pundi-pundi lalu membeli pabrik celana dalam kelak dan menguasai percelana dalaman seluruh negri ini sampai mancanegara.
amiiinnnnnn .......
jangan lupa angkat sy jadi salah satu direkturnya ya.