2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by sendguruh »

akhirnya ada review yg 2.0.... mantabbbb mas chz, suwun mas...

mnrt sya, worth diliat dr sisi maintenance dan cost operasional yg selisihnya banyak (bs nenggak premium, idealnya pertalite/pertamax) dan space bagasi yang lbh luas, apalagi klo bs diskon 50jt (denger2 sdh 42jt)
toh rata2 digunakan utk perkotaan, dan baris ke-3 sgt jarang dipake di CRV 1.5T... jg yg dicari adalah kenyamanan dan tentunya modelnya lbh baru dr Xtrail
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by sendguruh »

kekedapan suara baik ban, angin dan lainnya dibanding yg 1.5T sama apa beda mas?
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by soraksorai »

mantap review-nya, soalnya ane juga penasaran nih, yg versi 2.0 CVT kok gak ada yg review ya...
thank bro Chz...

kesimpulan ane:
- dibanding CRV Gen sebelumnya yg 2.0 AT, yg CVT ini lebih responsif ya....
- dibanding CRV 1.5 Turbo, tarikan bawahnya, enakan yg 2.0 CVT tapi tarikan atasnya 'nendang' yg 1.5 turbo.
- kalo gak ngangkut 7 penumpang, rasanya worthed versi 2.0 CVT
- kalo gak suka ngebut, rasanya worthed versi 2.0 CVT

pertanyaan ane:
- kalo 2.0 CVT dibadingin sama 2.4 AT lama, tarikan bawah-nya enak mana?
- apakah ada data akselerasi 0-100 kpj untuk CRV 2.0 CVT?
- soal bbm, apakah yg 1.5 turbo harus diisi Pertamax Turbo? Bisa bonjrot nih... wkwkwkwkkk...
- soal pajak gimana ya? yg 2.0 ini tahunan bayar berapa? apa lebih mahal ketimbang yg 1.5 turbo?

matur nuwun sanget nggih bro...

*laginimbang2crvturbo
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Feb 24, 2018 11:08 Masa fanboy H pilih X-Trail ?.. :frm_bang_head:

Mau cuman 2.0L enginenya, ttp H the best lah :ngacir:
Ampun pih... :ngacir:
liep wrote: Sat Feb 24, 2018 12:32 Thx ripiunya om...ud ane liat di video jg..btw kedapnya dan enaknya bantingan gmana? Sama dg xtrail? Nambah dikit dpt voxy ya hehe...btw baris ke2 bisa direbahkan sampe gmana? Ga bisa maju mundur? Cocok buat suami yg beliin bini buat anjem...emak2 bgitu sampe lgs matiin mesin hehe
Krn bantingan sama dengan Prestige jadi bantingannya emang enak CR-V daripada X-Trail, kekedapan so-so lah. Baris 2 bisa maju-mundur kok, persis Prestige tanpa baris ketiga.
nugroho bagor wrote: Sat Feb 24, 2018 12:34 Bagaimana kalau beli RE di normalin lagi,gak sampai 400 kali...... :ngacir:
Gak sampe lah um, RE skrg pasarannya dah drop banget :mky_01: memang sayang beli CR-V baru tanpa beli versi turbo...
fizrmen wrote: Sun Feb 25, 2018 8:00 meh dasar antek ahond dan kroni-kroninya :ngacir:
dasar pecinta replektor :ngacir:
Duvebriliant0 wrote: Sun Feb 25, 2018 10:37 yang crv ini ada tipe manualnya ga ya??
ngga ada om
sendguruh wrote: Sun Feb 25, 2018 12:49 akhirnya ada review yg 2.0.... mantabbbb mas chz, suwun mas...

mnrt sya, worth diliat dr sisi maintenance dan cost operasional yg selisihnya banyak (bs nenggak premium, idealnya pertalite/pertamax) dan space bagasi yang lbh luas, apalagi klo bs diskon 50jt (denger2 sdh 42jt)
toh rata2 digunakan utk perkotaan, dan baris ke-3 sgt jarang dipake di CRV 1.5T... jg yg dicari adalah kenyamanan dan tentunya modelnya lbh baru dr Xtrail
Yoai om... ane rasa pasarnya memang fleet untuk operasional kantor atau perusahaan yang mikir biaya maintenance.
sendguruh wrote: Mon Feb 26, 2018 4:24 kekedapan suara baik ban, angin dan lainnya dibanding yg 1.5T sama apa beda mas?
sama aja sih mas sekilas
soraksorai wrote: Mon Feb 26, 2018 9:37 mantap review-nya, soalnya ane juga penasaran nih, yg versi 2.0 CVT kok gak ada yg review ya...
thank bro Chz...

kesimpulan ane:
- dibanding CRV Gen sebelumnya yg 2.0 AT, yg CVT ini lebih responsif ya....
- dibanding CRV 1.5 Turbo, tarikan bawahnya, enakan yg 2.0 CVT tapi tarikan atasnya 'nendang' yg 1.5 turbo.
- kalo gak ngangkut 7 penumpang, rasanya worthed versi 2.0 CVT
- kalo gak suka ngebut, rasanya worthed versi 2.0 CVT

pertanyaan ane:
- kalo 2.0 CVT dibadingin sama 2.4 AT lama, tarikan bawah-nya enak mana?
- apakah ada data akselerasi 0-100 kpj untuk CRV 2.0 CVT?
- soal bbm, apakah yg 1.5 turbo harus diisi Pertamax Turbo? Bisa bonjrot nih... wkwkwkwkkk...
- soal pajak gimana ya? yg 2.0 ini tahunan bayar berapa? apa lebih mahal ketimbang yg 1.5 turbo?

matur nuwun sanget nggih bro...

*laginimbang2crvturbo
Jujur ngomong tarikan bawah enak 2.0 CVT daripada 2.4 AT sekalipun, tapi begitu dah bejeg rasanya mulai kedodoran... :mky_01: dah coba full throttle rasanya lambat banget mau dapet 100 kph.

0-100 nya mungkin asumsi kasar sekitar 11 detikan yah, setau saya yang RE dan RM 0-100 nya 12 detikan...

Di fueltanknya sih oktan 91 minimal om... dengan kata lain jika sudah ada tulisan begitu berarti garansi tidak akan hangus kalo ngisi oktan 92, tapi ya feel performanya beda banget. Udah coba di Civic HB S saya jauh lebih nampol oktan 98, klo 92 agak ditahan-tahan tenaganya. Terutama di putaran bawah ya.

Nah klo soal pajak ane gelap um... mungkin masih lbh murah 2.0 CVT karena harga OTRnya lebih rendah :mky_01: kan PKB diitung dari harga OTR klo gak salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by marmut »

i love single overhead camshaft.
nggak perlu naikin RPM tinggi-tinggi buat ngejar peak torque.
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by sendguruh »

ChZ wrote: Tue Feb 27, 2018 3:05
Jujur ngomong tarikan bawah enak 2.0 CVT daripada 2.4 AT sekalipun, tapi begitu dah bejeg rasanya mulai kedodoran... :mky_01: dah coba full throttle rasanya lambat banget mau dapet 100 kph.

0-100 nya mungkin asumsi kasar sekitar 11 detikan yah, setau saya yang RE dan RM 0-100 nya 12 detikan...
satu lg mas chz, nanya lagi,
enak mn tarikannya antara crv 2.0 dan outlander sport 2.0? mn yg lbh yahud utk nyalip antara figur 40-60 dan 60-80? feeling aja...
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Swedeppon »

saya sendiri baru tahu yg RW3 masih ada 2.0, saya kira cuma ada 2.4 buat lowest trim, 1.5cvt dan 1.5 prestige
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by fizrmen »

Swedeppon wrote: Tue Feb 27, 2018 14:00 saya sendiri baru tahu yg RW3 masih ada 2.0, saya kira cuma ada 2.4 buat lowest trim, 1.5cvt dan 1.5 prestige
2.4 hanya di mamarikaaaaaa *freedom intensifies
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
jhns
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Feb 05, 2009 7:26

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by jhns »

wah, akhirnya nemu yang review CR-V 2.0 😁 juga..
deArsenal
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Oct 21, 2016 15:15

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by deArsenal »

gan.. fitur auto tail gate di 2.0 ini dappat ga?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by mike22 »

deArsenal wrote: Wed May 16, 2018 9:30 gan.. fitur auto tail gate di 2.0 ini dappat ga?
Disini om bukan gan, ga ada itu cm ada di prestige...
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by FU27 »

Mobil dinas level Sr. Manager di kantor nih. Dashboardnya cakepan RM (sama2 trim basic, 2.0). Mungkin buat yang biasa pake mesin gede, CRV 2.0 ini berasa kedodoran, tapi saya pake RM 2.0 punya bos kok tetep enak ya, mungkin karena masih kaum jelata yang kebagian mobil 1.3L aja.
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by herry_chen »

om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by alvin23 »

herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 4:15 om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
mobil sebelumnya apa? cukupan sih, gak selemot innova at bensin
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by herry_chen »

alvin23 wrote: Mon Aug 13, 2018 5:25
herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 4:15 om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
mobil sebelumnya apa? cukupan sih, gak selemot innova at bensin
mobil saat ini
city 2015 ( di pakai istri untuk comuter antar anak skull, saya jarang pakai cuman tau rasanya gimana)
sinta V 2018 , ini saya pakai sendiri, kalo isi sendiri reponsif, kalo isi 3 dewasa 3 anak udah mulai kedodoran
nah gimana dengan crv ini ya haaa
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by alvin23 »

herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 13:38
alvin23 wrote: Mon Aug 13, 2018 5:25
herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 4:15 om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
mobil sebelumnya apa? cukupan sih, gak selemot innova at bensin
mobil saat ini
city 2015 ( di pakai istri untuk comuter antar anak skull, saya jarang pakai cuman tau rasanya gimana)
sinta V 2018 , ini saya pakai sendiri, kalo isi sendiri reponsif, kalo isi 3 dewasa 3 anak udah mulai kedodoran
nah gimana dengan crv ini ya haaa
oh ya masih lebih oke om dibanding sienta itu, kerasa lebih kenceng dikit hehe
mungkin sama kyk city nya lah krn crv body lbh berat
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by pradit_d »

Tumben review nya singkat, tapi tetap ok n informatif.
Entah kenapa kok buat ane rasanya crv 2.0 ini kayak mobil yg terlupakan, mirip datsun cross lah. Awal keluar tau ada tipe ini cuman baru ngeh lagi setelah baca review dari mod chz.
:big_peace:
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by herry_chen »

alvin23 wrote: Mon Aug 13, 2018 13:43
herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 13:38
alvin23 wrote: Mon Aug 13, 2018 5:25
mobil sebelumnya apa? cukupan sih, gak selemot innova at bensin
mobil saat ini
city 2015 ( di pakai istri untuk comuter antar anak skull, saya jarang pakai cuman tau rasanya gimana)
sinta V 2018 , ini saya pakai sendiri, kalo isi sendiri reponsif, kalo isi 3 dewasa 3 anak udah mulai kedodoran
nah gimana dengan crv ini ya haaa
oh ya masih lebih oke om dibanding sienta itu, kerasa lebih kenceng dikit hehe
mungkin sama kyk city nya lah krn crv body lbh berat
oo kalo min bisa setara sedan 1.5 masih ok lah ya,
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by kunaskun »

mirip dengan pikiran saya, harga segitu, ya saya si pilih xtrail. kecuali nyari eksistensi saja = penampilan, karena baru tau 99% mirip yang versi turbo non prestige. sedangkan crv turbo prestige saja saya entah kenapa jarang lihat = tebakan karena harganya sudah mirip pjs dakar atau fortuner vrz = lebih mevvah. tapi ini situasi di desa ya dimana: ahond = european cars, triple elips = kasta jelata kecuali venturer/vrz keatas, merek lain = sekelas wuling
AdiP495
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Aug 12, 2018 1:02
Location: Mojokerto
Daily Vehicle: Outlander PX

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by AdiP495 »

Berikut ini pajak tahunan (PKB) yang dikenakan
AN CRV 2.0 Rp. 5.300.000
AN CRV Turbo 1.5 Rp. 5.700.000
AN CRV Prestige Rp. 6.300.000
AN Civic hatchback Rp. 5.500.000
AN Civic sedan Rp. 6.340.000
Ini untuk th 2018, kalau mobil ke 2 angka2 tsb diatas tambah lagi 1/3.
Buat om ChZ soal bayar pajak mah peanut laa
artob
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sun Jan 13, 2013 11:17

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by artob »

Sepakat sih, rasanya lebih value for money Xtrail yang 2.5...
tapi lagi mikir, mending mana ya kalo dibanding Captiva yang AWD? Secara AWD nya akan lebih mumpuni untuk menjelajah segala medan...
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Fri Feb 23, 2018 17:26 Bagi yang nggak tau, sistem VTEC di R-series (R18 dan R20) ini berkebalikan dibanding VTEC di K maupun B series. VTEC nya berfokus pada economy, sehingga hanya ada eco-cam saja yang bekerja pada putaran rendah, justru VTEC dis-engage waktu putaran tinggi (pernah dibahas oom egibaio di review Civic FD1 nya).
Chris, ane ada quick question sedikit.

Beda karakteristik K20 Civic FD2 2.0 vs R20 Civic FB 2.0 gimana yah? Mengingat keduanya di pairing with good ol 5 a/t konvensional.

Klo mau cari driving pleasure lebih enak nyetir K20 ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by ChZ »

herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 4:15 om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
Klo kayak kasus oom pindah dari Sienta V, ya pastinya akan terasa jauh lebih powerful CR-V (dan I guarantee you, lebih irit dibanding Sienta.)

Kalo dibandingin CR-V 2.0 previous gen (RE1 dan RM1) , masih lebih enak ini karena transmisi CVT (yang bilang transmisi CVT jelek kayaknya belom pernah ngerasain bolotnya mesin R series klo dikasih 5-speed...)

Sekedar buat city commuting, bahkan untuk yang ngebejek gas nya suka agak dalem ya lumayan oke kok... Tp patokan saya si baru layak beli kalo dapet harga di bawah HR-V Prestige atau minimal mepet deh. Itung-itung beli suspensi dan platform barunya plus mesin 200cc lebih gede.
pradit_d wrote: Mon Aug 13, 2018 13:46 Tumben review nya singkat, tapi tetap ok n informatif.
Entah kenapa kok buat ane rasanya crv 2.0 ini kayak mobil yg terlupakan, mirip datsun cross lah. Awal keluar tau ada tipe ini cuman baru ngeh lagi setelah baca review dari mod chz.
Singkat karena cuma ngobrolin mesinnya aja oom :big_peace:
kunaskun wrote: Mon Aug 13, 2018 16:48 mirip dengan pikiran saya, harga segitu, ya saya si pilih xtrail. kecuali nyari eksistensi saja = penampilan, karena baru tau 99% mirip yang versi turbo non prestige. sedangkan crv turbo prestige saja saya entah kenapa jarang lihat = tebakan karena harganya sudah mirip pjs dakar atau fortuner vrz = lebih mevvah. tapi ini situasi di desa ya dimana: ahond = european cars, triple elips = kasta jelata kecuali venturer/vrz keatas, merek lain = sekelas wuling
artob wrote: Tue Aug 14, 2018 6:05 Sepakat sih, rasanya lebih value for money Xtrail yang 2.5...
tapi lagi mikir, mending mana ya kalo dibanding Captiva yang AWD? Secara AWD nya akan lebih mumpuni untuk menjelajah segala medan...
Tanpa liat brand, mengesampingkan faktor lemon units, reliability, memang lebih worth it beli X-Trail T32 atau Captiva AWD, fitur lebih oke tenaga lebih gede.

tapi soal suspensi utk skrg ga ada yang ngalahin sih enaknya suspensi CR-V RW / Gen 5. So, a bit of a dilemma, mungkin klo pake supir akan lebih suka naikannya RW meski yang 2.0 (orang duduk belakang mana mikir kenceng/kaga). Emang marketnya fleet sih, disupirin, dan low maintenance cost (irit bbm, bensin bisa pake pertalet aja buat kantor-kantor yang cheapskate). Klo setir sendiri bakal ambil Captiva/T32 krn tenaga gede tp murah.

Di worldwide T32 juga terkenal cheaper daripada RW... Price positioning antara CX-CRV-XTrail di belahan dunia manapun sama, CX paling mahal, CR-V tengah-tengah, XTrail paling murah.

Di kampung halaman ane malah itu ciarpi turbo prestoge udah kayak kacang goreng... dimana-mana liat :mky_01: ya vierzet ma dokar lebih banyak lagi sih... termasuk yang kelakuannya kampungan juga banyak... :ngacir:
AdiP495 wrote: Tue Aug 14, 2018 1:13 Berikut ini pajak tahunan (PKB) yang dikenakan
AN CRV 2.0 Rp. 5.300.000
AN CRV Turbo 1.5 Rp. 5.700.000
AN CRV Prestige Rp. 6.300.000
AN Civic hatchback Rp. 5.500.000
AN Civic sedan Rp. 6.340.000
Ini untuk th 2018, kalau mobil ke 2 angka2 tsb diatas tambah lagi 1/3.
Buat om ChZ soal bayar pajak mah peanut laa
Pajak saya di tipe HB 8juta-an jatohnya :big_slap: :frm_bang_head: damn progressive tax
KielConstantine wrote: Tue Aug 14, 2018 13:46
Chris, ane ada quick question sedikit.

Beda karakteristik K20 Civic FD2 2.0 vs R20 Civic FB 2.0 gimana yah? Mengingat keduanya di pairing with good ol 5 a/t konvensional.

Klo mau cari driving pleasure lebih enak nyetir K20 ?
R engine karakter powerband nya cenderung lebih rata dibanding K, orang awam, apalagi biasa pegang diesel, dikasih mesin K pertama responnya pasti "ah honda lemot g bisa lari" ... ya iya belom release the beast di 4000+ :mky_07: padahal klo dah lari 400meter VRZ atau Dakar std juga dilibas... :ngacir:

Buat karakter yang suka bejek gas sampe limiter K engine bakal lebih nagih... Tp buat yang santai akan lebih suka R. K engine suara dan larinya gak boong oom... Meskipun borosnya juga gak bohong :ngacir: ane coba FD2 nya fizrmen ada rasa "kosong" nya di low-end dibanding FB ane yang 200cc lebih kecil.

Itu K24Z9 di CR-V RM kalo dikasi transmisi manual atau CVT bisa 8 detikan 0-100nya. Saking dikasih matic lemot gitu jadi dudul larinya :frm_bang_head: sudah coba K24 engine paired with MT di Accord CM5 VTIL MT 2005 dan itu rasanya perpaduan paling pas untuk K engine Honda (yang dijual HPM)...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by krniawnhdr »

ChZ wrote: Wed Aug 15, 2018 3:08
herry_chen wrote: Mon Aug 13, 2018 4:15 om, mau tanya nih
banyak yg bilang kalo 2.0 ini lemod
nah apa bener2 lemod?
bingung juga mau cari unit tesdrive 2.0 di showroom gak ada unitnya

nah apakah yg bilang lemod itu rata2 terbiasa pakai mesin dengan cc besar jadi terasa lemod
sedangkan untuk yg terbiasa pakai mesin 1,5, akan berkali lain
Klo kayak kasus oom pindah dari Sienta V, ya pastinya akan terasa jauh lebih powerful CR-V (dan I guarantee you, lebih irit dibanding Sienta.)

Kalo dibandingin CR-V 2.0 previous gen (RE1 dan RM1) , masih lebih enak ini karena transmisi CVT (yang bilang transmisi CVT jelek kayaknya belom pernah ngerasain bolotnya mesin R series klo dikasih 5-speed...)

Sekedar buat city commuting, bahkan untuk yang ngebejek gas nya suka agak dalem ya lumayan oke kok... Tp patokan saya si baru layak beli kalo dapet harga di bawah HR-V Prestige atau minimal mepet deh. Itung-itung beli suspensi dan platform barunya plus mesin 200cc lebih gede.
pradit_d wrote: Mon Aug 13, 2018 13:46 Tumben review nya singkat, tapi tetap ok n informatif.
Entah kenapa kok buat ane rasanya crv 2.0 ini kayak mobil yg terlupakan, mirip datsun cross lah. Awal keluar tau ada tipe ini cuman baru ngeh lagi setelah baca review dari mod chz.
Singkat karena cuma ngobrolin mesinnya aja oom :big_peace:
kunaskun wrote: Mon Aug 13, 2018 16:48 mirip dengan pikiran saya, harga segitu, ya saya si pilih xtrail. kecuali nyari eksistensi saja = penampilan, karena baru tau 99% mirip yang versi turbo non prestige. sedangkan crv turbo prestige saja saya entah kenapa jarang lihat = tebakan karena harganya sudah mirip pjs dakar atau fortuner vrz = lebih mevvah. tapi ini situasi di desa ya dimana: ahond = european cars, triple elips = kasta jelata kecuali venturer/vrz keatas, merek lain = sekelas wuling
artob wrote: Tue Aug 14, 2018 6:05 Sepakat sih, rasanya lebih value for money Xtrail yang 2.5...
tapi lagi mikir, mending mana ya kalo dibanding Captiva yang AWD? Secara AWD nya akan lebih mumpuni untuk menjelajah segala medan...
Tanpa liat brand, mengesampingkan faktor lemon units, reliability, memang lebih worth it beli X-Trail T32 atau Captiva AWD, fitur lebih oke tenaga lebih gede.

tapi soal suspensi utk skrg ga ada yang ngalahin sih enaknya suspensi CR-V RW / Gen 5. So, a bit of a dilemma, mungkin klo pake supir akan lebih suka naikannya RW meski yang 2.0 (orang duduk belakang mana mikir kenceng/kaga). Emang marketnya fleet sih, disupirin, dan low maintenance cost (irit bbm, bensin bisa pake pertalet aja buat kantor-kantor yang cheapskate). Klo setir sendiri bakal ambil Captiva/T32 krn tenaga gede tp murah.

Di worldwide T32 juga terkenal cheaper daripada RW... Price positioning antara CX-CRV-XTrail di belahan dunia manapun sama, CX paling mahal, CR-V tengah-tengah, XTrail paling murah.

Di kampung halaman ane malah itu ciarpi turbo prestoge udah kayak kacang goreng... dimana-mana liat :mky_01: ya vierzet ma dokar lebih banyak lagi sih... termasuk yang kelakuannya kampungan juga banyak... :ngacir:
AdiP495 wrote: Tue Aug 14, 2018 1:13 Berikut ini pajak tahunan (PKB) yang dikenakan
AN CRV 2.0 Rp. 5.300.000
AN CRV Turbo 1.5 Rp. 5.700.000
AN CRV Prestige Rp. 6.300.000
AN Civic hatchback Rp. 5.500.000
AN Civic sedan Rp. 6.340.000
Ini untuk th 2018, kalau mobil ke 2 angka2 tsb diatas tambah lagi 1/3.
Buat om ChZ soal bayar pajak mah peanut laa
Pajak saya di tipe HB 8juta-an jatohnya :big_slap: :frm_bang_head: damn progressive tax
KielConstantine wrote: Tue Aug 14, 2018 13:46
Chris, ane ada quick question sedikit.

Beda karakteristik K20 Civic FD2 2.0 vs R20 Civic FB 2.0 gimana yah? Mengingat keduanya di pairing with good ol 5 a/t konvensional.

Klo mau cari driving pleasure lebih enak nyetir K20 ?
R engine karakter powerband nya cenderung lebih rata dibanding K, orang awam, apalagi biasa pegang diesel, dikasih mesin K pertama responnya pasti "ah honda lemot g bisa lari" ... ya iya belom release the beast di 4000+ :mky_07: padahal klo dah lari 400meter VRZ atau Dakar std juga dilibas... :ngacir:

Buat karakter yang suka bejek gas sampe limiter K engine bakal lebih nagih... Tp buat yang santai akan lebih suka R. K engine suara dan larinya gak boong oom... Meskipun borosnya juga gak bohong :ngacir: ane coba FD2 nya fizrmen ada rasa "kosong" nya di low-end dibanding FB ane yang 200cc lebih kecil.

Itu K24Z9 di CR-V RM kalo dikasi transmisi manual atau CVT bisa 8 detikan 0-100nya. Saking dikasih matic lemot gitu jadi dudul larinya :frm_bang_head: sudah coba K24 engine paired with MT di Accord CM5 VTIL MT 2005 dan itu rasanya perpaduan paling pas untuk K engine Honda (yang dijual HPM)...
jangan lupain santa fe gan.. secara harga dia masuk dikelas yang sama..hehe
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Wed Aug 15, 2018 3:08 R engine karakter powerband nya cenderung lebih rata dibanding K, orang awam, apalagi biasa pegang diesel, dikasih mesin K pertama responnya pasti "ah honda lemot g bisa lari" ... ya iya belom release the beast di 4000+ :mky_07: padahal klo dah lari 400meter VRZ atau Dakar std juga dilibas... :ngacir:

Buat karakter yang suka bejek gas sampe limiter K engine bakal lebih nagih... Tp buat yang santai akan lebih suka R. K engine suara dan larinya gak boong oom... Meskipun borosnya juga gak bohong :ngacir: ane coba FD2 nya fizrmen ada rasa "kosong" nya di low-end dibanding FB ane yang 200cc lebih kecil.

Itu K24Z9 di CR-V RM kalo dikasi transmisi manual atau CVT bisa 8 detikan 0-100nya. Saking dikasih matic lemot gitu jadi dudul larinya :frm_bang_head: sudah coba K24 engine paired with MT di Accord CM5 VTIL MT 2005 dan itu rasanya perpaduan paling pas untuk K engine Honda (yang dijual HPM)...
Noted deh. Artinya main problem si FD 2.0 di tranny aja yg lemot parah yah. Such a waste of good engine..

Gile jg sih kalo si RM K24 dipair sama CVT, setara old CX-5 larinya dengan nilai plus perawatan lebih gampang + bisa minum premios.

Pantesan beberapa tahun lalu sempet baca postingan you, pengen bener berburu CM5 Manual wkwkwkwkwk.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: