Renault 18 tl

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Fangany
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Oct 10, 2018 3:06
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Vario

Renault 18 tl

Post by Fangany »

Ada yg tau harga pasarannya Renault 18 tl beras dan dimana bengkel Renault 18 tl di surabaya. Mohon info nya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

ini mobil sebetulnya cukup simpel perawatannya. mesin masih sederhana menggunakan karburator dan ada beberapa yang sudah dirubah sistem pengapiannya memakai platina. persis seperti kijang 5K.
mau stel klep juga sangat gampang, semua mekanik juga pasti bisa. jika ada kendala dengan mur/baut stelan klepnya, bisa diganti pakai punya mitsubishi lancer atau kijang asalkan dapet yang orisinil. plug and play.
perbaikan lainnya pun cukup mudah karena ruang mesin yang cukup lapang.
tidak perlu bengkel spesialis sebetulnya, asalkan dapet mekanik yang handal, pasti beres kok.....

:beer:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Renault 18 tl

Post by maskopat »

marmut wrote: Wed Oct 10, 2018 3:52 ini mobil sebetulnya cukup simpel perawatannya. mesin masih sederhana menggunakan karburator dan ada beberapa yang sudah dirubah sistem pengapiannya memakai platina. persis seperti kijang 5K.
mau stel klep juga sangat gampang, semua mekanik juga pasti bisa. jika ada kendala dengan mur/baut stelan klepnya, bisa diganti pakai punya mitsubishi lancer atau kijang asalkan dapet yang orisinil. plug and play.
perbaikan lainnya pun cukup mudah karena ruang mesin yang cukup lapang.
tidak perlu bengkel spesialis sebetulnya, asalkan dapet mekanik yang handal, pasti beres kok.....

:beer:
part masih banyak, Om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

untuk part (apapun) musti rajin cari karena ini mobil sangat rare dan sudah berumur. coba ke jayapura motor di atrium senen 0213847177 bicara sama koh miming, mereka melayani kirim lewat kurir juga ke luar daerah.
kalau seperti filter oli, (pasti) bisa dicari persamaannya dengan mesin mobil lain asalkan thread size, inner & outer diameter seal-nya sama. filter bensin juga sangat banyak penggantinya, tidak perlu yang merk purflux, bisa cari merk bosch di toko part vw atau kalau mau gampang lagi cari punya toyota 4K atau punya suzuki carry.
misal ada masalah dengan dinamo starter, carbon brush/kul boleh beli kepunyaan L300 diesel dengan sedikit modifikasi, tukang dinamo mestinya paham. pekerjaan mudah sambil merem juga bisa.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Renault 18 tl

Post by Pugman »

marmut wrote: Wed Oct 10, 2018 4:18 untuk part (apapun) musti rajin cari karena ini mobil sangat rare dan sudah berumur. coba ke jayapura motor di atrium senen 0213847177 bicara sama koh miming, mereka melayani kirim lewat kurir juga ke luar daerah.
kalau seperti filter oli, (pasti) bisa dicari persamaannya dengan mesin mobil lain asalkan thread size, inner & outer diameter seal-nya sama. filter bensin juga sangat banyak penggantinya, tidak perlu yang merk purflux, bisa cari merk bosch di toko part vw atau kalau mau gampang lagi cari punya toyota 4K atau punya suzuki carry.
misal ada masalah dengan dinamo starter, carbon brush/kul boleh beli kepunyaan L300 diesel dengan sedikit modifikasi, tukang dinamo mestinya paham. pekerjaan mudah sambil merem juga bisa.
Jayapura ni kayaknya terkenal ya untuk part mobil-mobil langka bin aneh. Dulu pake Peugeot, orang bengkel juga nyari suka ke Jayapura
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Renault 18 tl

Post by farizfsa »

Pugman wrote: Wed Oct 10, 2018 5:50
marmut wrote: Wed Oct 10, 2018 4:18 untuk part (apapun) musti rajin cari karena ini mobil sangat rare dan sudah berumur. coba ke jayapura motor di atrium senen 0213847177 bicara sama koh miming, mereka melayani kirim lewat kurir juga ke luar daerah.
kalau seperti filter oli, (pasti) bisa dicari persamaannya dengan mesin mobil lain asalkan thread size, inner & outer diameter seal-nya sama. filter bensin juga sangat banyak penggantinya, tidak perlu yang merk purflux, bisa cari merk bosch di toko part vw atau kalau mau gampang lagi cari punya toyota 4K atau punya suzuki carry.
misal ada masalah dengan dinamo starter, carbon brush/kul boleh beli kepunyaan L300 diesel dengan sedikit modifikasi, tukang dinamo mestinya paham. pekerjaan mudah sambil merem juga bisa.
Jayapura ni kayaknya terkenal ya untuk part mobil-mobil langka bin aneh. Dulu pake Peugeot, orang bengkel juga nyari suka ke Jayapura
jayapura motor emg jualan barang2 mobil perancis om, di senen ataupun di fatmawati.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Renault 18 tl

Post by adi100 »

Menarik, saya sebenarnya juga tertarik dgn renault 18 tapi yg vers wagon. Pernah nemu yg kondisi lumayan rapi dan buka harga yg relatif murah. Tapi masih kepikiran mengenai perawatannya saja si
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

adi100 wrote: Wed Apr 21, 2021 23:26 Menarik, saya sebenarnya juga tertarik dgn renault 18 tapi yg vers wagon. Pernah nemu yg kondisi lumayan rapi dan buka harga yg relatif murah. Tapi masih kepikiran mengenai perawatannya saja si

perawatan bagian mana yang masih kepikiran? menurut saya relatif mudah.

drive belt ada 2 atau 3 saya lupa. yang untuk AC pakai lebar 12,5 dan sisanya lebar 9,5. itu ukuran umum semua kendaraan 80 dan 90an dan banyak toko spare parts jual.
nggak pusing timing belt karena sudah pakai chain.
oli mesin dan transmisi juga nggak minta yang aneh-aneh.
paling hanya filter udara saja yang spesifik musti aslinya.

filter bensin? beli saja kepunyaan kijang 5K, banyak bertebaran di nusantara. paling 25 ribu rupiah.

takut overheat? selama motor fan masih asli dan bleeding coolant sudah tuntas, ga akan overheat.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Renault 18 tl

Post by casabalancas »

di Surabaya / Sidoarjo lumayang banyak kok yg rawat renault 18 Om, Om bisa join komunitasnya juga untuk ngobrol-ngobrol di ICRE (Indonesia Classic Renault Enthusiast) yg khusus Renault Classic atau di Renault Indonesia untuk all type Renault. Kalau di facebook bisa di page Komunitas Pemilik dan Penggemar Renault.

Kalau lihat di marketplace sih harganya variatif Om, kemarin ada yg jual hanya 6 juta, tapi yg kondisi mobilnya mulus bisa lebih sampai 40 jutaan
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Renault 18 tl

Post by adi100 »

marmut wrote: Thu Apr 22, 2021 2:37
adi100 wrote: Wed Apr 21, 2021 23:26 Menarik, saya sebenarnya juga tertarik dgn renault 18 tapi yg vers wagon. Pernah nemu yg kondisi lumayan rapi dan buka harga yg relatif murah. Tapi masih kepikiran mengenai perawatannya saja si

perawatan bagian mana yang masih kepikiran? menurut saya relatif mudah.

drive belt ada 2 atau 3 saya lupa. yang untuk AC pakai lebar 12,5 dan sisanya lebar 9,5. itu ukuran umum semua kendaraan 80 dan 90an dan banyak toko spare parts jual.
nggak pusing timing belt karena sudah pakai chain.
oli mesin dan transmisi juga nggak minta yang aneh-aneh.
paling hanya filter udara saja yang spesifik musti aslinya.

filter bensin? beli saja kepunyaan kijang 5K, banyak bertebaran di nusantara. paling 25 ribu rupiah.

takut overheat? selama motor fan masih asli dan bleeding coolant sudah tuntas, ga akan overheat.
Jadi gini, dulu saya juga pernah memelihara mobil perancis, tepatnya peugeot 604. Dan seperti khasnya mobil perancis, naikan suspensinya bener-bener sangat empuk, bahkan jauh lebih empuk daripada mobil pabrikan lain, katakanlah bmw, mercy, atau jejepangan. Tapi, sayangnya, mesinnya beberapa kali mengalami masalah, dan gak setiap bengkel pun mau nerima, padahal ya saya rawat secara baik & benar. Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentan

Itulah yg menyebabkan saya berpikir 2x utk meminang mobil perancis, mengingatkan saya pada kejadian peugeot , apakah memang, dibalik kenyamanannya yg melebihi pabrikan lain, perawatannya & ketahanannya dibawah mobil-mobil lain.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

adi100 wrote: Thu Apr 22, 2021 6:23 . Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentan


kalo itu memang gaada obatnya om...

:mky_03:

18 TL, 505 GR, 740 GL, ketiganya saya ganti sendiri kabel-kabelnya.
dimulai dari yang paling gampang, di engine bay. satu per satu diurut dari mana asalnya, tujuannya kemana, berapa panjangnya, diganti dengan kabel baru.
kabel yang tadinya banyak sambungan/soket, saya langsungkan tanpa soket. karena seringnya di sambungan/soket itu ada karat atau bahkan gosong karena kendor plus usia lanjut.

yang agak repot kabel dashboard karena lokasi yang terbatas, musti ekstra sabar dan bisa sedikit akrobat.

tapi kalo cuman 18 TL sih merem lah om kabelnya, nggak susah kok itu. nggak kaya mobil sekarang kabelnya serem...
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Renault 18 tl

Post by adi100 »

marmut wrote: Thu Apr 22, 2021 7:06
adi100 wrote: Thu Apr 22, 2021 6:23 . Pengalaman paling parah yg saya alami, yaitu kelistrikannya sering sekali bermasalah, mayoritas kabel-kabelnya pada getas, mungkin karna panas. Tapi, dengan sesama pabrikan eropa macem bmw, mercy, atau bahkan amerika seperti chevy, entah kenapa, perkabelan mobil perancis, lebih rentan


kalo itu memang gaada obatnya om...

:mky_03:

18 TL, 505 GR, 740 GL, ketiganya saya ganti sendiri kabel-kabelnya.
dimulai dari yang paling gampang, di engine bay. satu per satu diurut dari mana asalnya, tujuannya kemana, berapa panjangnya, diganti dengan kabel baru.
kabel yang tadinya banyak sambungan/soket, saya langsungkan tanpa soket. karena seringnya di sambungan/soket itu ada karat atau bahkan gosong karena kendor plus usia lanjut.

yang agak repot kabel dashboard karena lokasi yang terbatas, musti ekstra sabar dan bisa sedikit akrobat.

tapi kalo cuman 18 TL sih merem lah om kabelnya, nggak susah kok itu. nggak kaya mobil sekarang kabelnya serem...
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.

Btw, terimas kasih infonya mengenai renault 18 ini. Klo utk daily driver, sebenarnya saya sudah ada mobil lain, ini cuman utk mobil ke-2 / hobi saja si. Dan kebetulan, gak sengaja nemu si renault 18 wagon dan bentuknya unik, jadinya tertarik. Klo tidiak salah, saya sempet browsing, klo mesin utk renault 18 ini, setidaknya memiliki konstruksi yg mirip dengan renault tua lainnya seperti seri 4, 5, 12 ya ?

Dan klo gak salah, ada juga renault 21, apakah ini recommend utk dijadikan mobil ke-2/ hobi, dan apakah naikan suspensinya masih tetep empuk ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

adi100 wrote: Thu Apr 22, 2021 8:15
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.

Btw, terimas kasih infonya mengenai renault 18 ini. Klo utk daily driver, sebenarnya saya sudah ada mobil lain, ini cuman utk mobil ke-2 / hobi saja si. Dan kebetulan, gak sengaja nemu si renault 18 wagon dan bentuknya unik, jadinya tertarik. Klo tidiak salah, saya sempet browsing, klo mesin utk renault 18 ini, setidaknya memiliki konstruksi yg mirip dengan renault tua lainnya seperti seri 4, 5, 12 ya ?

Dan klo gak salah, ada juga renault 21, apakah ini recommend utk dijadikan mobil ke-2/ hobi, dan apakah naikan suspensinya masih tetep empuk ?

tambahan 1 lagi, yang berhubungan dengan selang karet juga mudah getas. selang bensin dan selang vakum.

kalo jadi mobil kedua ya cocok lah, bisa diperbaiki pelan-pelan.

renault 5 dan 12 saya nggak inget, tapi 18 TL ini mesinnya longitudinal.
renault 21 saya sempet nyoba jadi penumpang sesaat, enak kok...

1 minus poin dari 18 TL ini adalah nose dive yang parah saat hard braking dan roda belakang pasti mengunci, otomatis jadi sulit dikendalikan.


p.s :
sayangnya service manual setebal 900an halaman sudah terjual. kalo enggak bisa saya kirimkan ke om.
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Renault 18 tl

Post by adi100 »

marmut wrote: Thu Apr 22, 2021 9:17
adi100 wrote: Thu Apr 22, 2021 8:15
Jadi memang bener ya, klo mobil perancis kelemahannya dikelistrikannya yg sering bermasalah. Karna saya juga pernah pny temen yg melihara sesama mobil perancis seperti citroen pun, juga mengalami masalah yg sama.

Btw, terimas kasih infonya mengenai renault 18 ini. Klo utk daily driver, sebenarnya saya sudah ada mobil lain, ini cuman utk mobil ke-2 / hobi saja si. Dan kebetulan, gak sengaja nemu si renault 18 wagon dan bentuknya unik, jadinya tertarik. Klo tidiak salah, saya sempet browsing, klo mesin utk renault 18 ini, setidaknya memiliki konstruksi yg mirip dengan renault tua lainnya seperti seri 4, 5, 12 ya ?

Dan klo gak salah, ada juga renault 21, apakah ini recommend utk dijadikan mobil ke-2/ hobi, dan apakah naikan suspensinya masih tetep empuk ?

tambahan 1 lagi, yang berhubungan dengan selang karet juga mudah getas. selang bensin dan selang vakum.

kalo jadi mobil kedua ya cocok lah, bisa diperbaiki pelan-pelan.

renault 5 dan 12 saya nggak inget, tapi 18 TL ini mesinnya longitudinal.
renault 21 saya sempet nyoba jadi penumpang sesaat, enak kok...

1 minus poin dari 18 TL ini adalah nose dive yang parah saat hard braking dan roda belakang pasti mengunci, otomatis jadi sulit dikendalikan.


p.s :
sayangnya service manual setebal 900an halaman sudah terjual. kalo enggak bisa saya kirimkan ke om.
mau tny, klo utk distributornya, pake jenis platina / cdi ya ?
Klo masih platina, menggantinya ke cdi, bisa pakai dr mobil apa ya ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

adi100 wrote: Mon May 31, 2021 7:56
mau tny, klo utk distributornya, pake jenis platina / cdi ya ?
Klo masih platina, menggantinya ke cdi, bisa pakai dr mobil apa ya ?

buat engine 841, darisananya ada yang pake platina, ada yang pake cdi.

dulu yang saya pakai sudah dirubah pakai platina. tapi terakhir sempat pasang modul pengganti platina, merknya pertronix. tinggal plug and play.
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Renault 18 tl

Post by adi100 »

marmut wrote: Mon May 31, 2021 9:05
adi100 wrote: Mon May 31, 2021 7:56
mau tny, klo utk distributornya, pake jenis platina / cdi ya ?
Klo masih platina, menggantinya ke cdi, bisa pakai dr mobil apa ya ?

buat engine 841, darisananya ada yang pake platina, ada yang pake cdi.

dulu yang saya pakai sudah dirubah pakai platina. tapi terakhir sempat pasang modul pengganti platina, merknya pertronix. tinggal plug and play.
Klo misal saya ganti pake cdi, bisa pake pny copotan mobil apa ya ?
Ini mesinnya klo tdk salah 1600cc ya, bisakah pake cdi feroza/ escudo/ futura kah ?
Mengingat sama-sama 1600cc
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Renault 18 tl

Post by marmut »

adi100 wrote: Mon May 31, 2021 22:43
Klo misal saya ganti pake cdi, bisa pake pny copotan mobil apa ya ?
Ini mesinnya klo tdk salah 1600cc ya, bisakah pake cdi feroza/ escudo/ futura kah ?
Mengingat sama-sama 1600cc

cdi yang dilihat jumlah silinder, bukan kapasitas mesin.
saya belum pernah coba kalau kepunyaan mobil lain.