Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by officialvlo »

Salam SM-ers, Hari ini saya ingin membahas mobil yang legendary dan terkenal sebagai mobil pejabat di tanah air ini. Mobil ini tiba di tanah air pada tahun 1998, menggantikan Toyota Corona Absolute yang telah hadir dari tahun 80an. Yap betul, Toyota Camry, Versi Hybrid. Sekaligus review pertama Camry Hybrid XV50 di SM (CMIIW ya, soalnya search gak pernah ada yg review yg HV, adanya yg tipe v oleh om chz. Hehe)

Mobil ini saya beli 2012 akhir dan datang pada 2013 awal, dengan usia hampir 6 tahun, dan telah menempuh lebih dari 60ribu kilometer dengan battery pack kedua, well let’s begin the show.


History

Image

Sedikit sejarah tentang mobil ini, Toyota Camry ini, Hadir di Indonesia sejak tahun 1998, Generasi pertama yang hadir di Indonesia sangat terkenal sebagai mobil pejabat, dikarenakan pemerintahan Indonesia menggunakan Toyota Camry sebagai mobil operasional para Menteri dan cabinet. Generasi pertama di Indonesia merupakan Generasi ke-empat yang hadir di Japan. Gen pertama ini di tersedia dengan tipe 2.2 GLX Manual dan 3.0 V6 Grande A/T.

Pada tahun 2002, Generasi kedua pun lahir, generasi ini merupakan facelift yang sangat mencolok di tampilan eksterior terutama di bagian grille dan lampu depan, serta lampu belakang yang lebar dan besar. Mesin yang ditawarkan pun 2.4L VVTI (menggantikan mesin lawas 2.2cc), dan juga 3000cc V6.


Pada tahun 2006, Generasi ketiga dari Camry di Indonesia pun muncul, dengan design yang menurut saya timeless, dan sangat cantik, dan sangat terkenal menggunakan plat RFS/RI (The power of Black Toyota) , tipe yg ditawarkan pun 2.4G untuk trim entry level nya, 2.4V , serta 3.5Q yang terkenal sangat ganas dan powerful. Gen 3 ini pun cukup laris sehingga kita banyak melihat nya di pasar mobkas sampai saat ini. Pada akhir tahun 2009 TAM mengeluarkan Facelift nya dan berubah sedikit di sisi eksterior, yaitu design lampu, grille dan bumper depan dan belakang. Tipe 3.5Q juga dilengkapi sunroof yang absen pada generasi selanjutnya yang menurut saya cukup sangat disayangkan fitur ini disunat.

Dan akhirnya, pada tahun 2012 akhir TAM meluncurkan all new camry dengan varian 2.5G , 2.5V , dan 2.5 Hybrid. Range harga dari tipe G ke hybrid lumayan banyak, sebanyak 1 Yaris J pada masanya. Design pun berubah total dari yang generasi pendahulu nya yang dulu bundar sehingga sekarang agak sedikit mengotak. Driving feel nya? Mari kita bahas satu satu.



Exterior

Imagecamry hybrid 2 by Phil R, on Flickr

Well, just look at those headlights, menurut saya yang membedakan mobil ini dari tipe biasa dan membuatnya sangat ber ciri khas ialah headlights nya, serta grille dan emblem Toyota yang berkelir biru itu sangat berkarakter dan seakan-akan dia berbicara “ I’m Hybrid you suckers ! :mky_04: “ Pindah ke sisi body, dari tampak samping dia sama persis dengan varian V nya, yang membedakan hanya satu, ya Cuma satu, dan bisa ditebak.. Emblem Hybrid nya..

Imagecamry hybrid 3 by Phil R, on Flickr

Pindah ke sisi belakang, Menandakan tegas bahwa ia adalah sesosok hybrid karena emblem hybrid synergy drive nya yang biasa beredar di Prius. Well dari sisi belakang tidak ada perbedaan nya kecuali emblem nya lagi. Mobil ini seperti domba berbulu serigala. Bukan serigala berbulu domba, dari luar ia tampak seperti mobil biasa, padahal ia adalah seekor Hybrid. Sering kali teman saya yang menumpang menjuluki mobil ini mobil setan, karena tiada suaranya jika sedang berjalan pelan dengan EV mode nya. Sayang nya velg dan ban mobil ini masih sama persis dengan tipe V, yaitu Turanza ER33 dengan R17. Ban ini saya kasih 5/5 untuk tread wear nya, currently udah jalan kurang lebih 2 tahun tapi tapak ban masih sekitar 80%an. Cat mobil ini tergolong unik, jika pada malam hari terlihat seperti biru karena efek glitter yang tersiram di seluruh body. Cat hitam Toyota memang perfect, di banding mazda dan Suzuki yang tergolong hitam nya “ butek “ . Mobil ini saya selalu perawatan di showcar Indonesia, sehingga efek glossy wet look nya masih terjaga sampai sekarang ini walau sudah 5 tahun pemakaian. Dan ya, cat mobil ini masih original. :mky_02:

Imagecamry hybrid 4 by Phil R, on Flickr



Interior

Well jujur, mobil ini adalah sedan terempuk yang saya pernah naiki, minggu lalu saya test drive 7 series terbaru, duduk di belakang nya, kesan nya seperti naik mobil ini dengan shock yang sudah rusak. Well mungkin karena unit test drive yang saya naiki kmrn memakai ban RFT. Camry vs f10 ? still camry, karena rft nya, Score camry mungkin saya beri 9/10, bmw F10 8.5/10. Camry VS W204? Camry. Camry VS Alphard? Stil Camry. Okay, yg terakhir mungkin sedikit tidak fair karena ground clearance Alphard yang tinggi, tapi ini serius, HV ini sangat nyaman sekali duduk di belakang nya, Well mobil ini memang saya baru ganti shock belakang nya karena sudah umur, 5 tahun, 60ribu kilometer, dan bocor, jadi saya ganti baru semuanya, dan saya cukup shock melihat shock nya dibalut per. Well. This is all the comfort came from. Pengunaan MacPherson Strut untuk suspensi depan nya dan suspensi belakang nya pun menggunakan Dual Link membuat mobil ini pun sangat nyaman dan tidak limbung dan minim gejala body roll.

Imageb9IbCHYYSnWnozM9i8yUmg by Phil R, on Flickr

Mobil ini cukup spacious dengan legroom yang sangat lega jika jok depan penumpang dimajukan full kedepan, headrest depan pun bisa dicopot agar pandangan kedepan luas. Dengan lumbar support dan fitur massage, rasanya saya tidak ingin keluar dari mobil ini walau sudah berkendara jauh tetapi tidak merasa Lelah. Di kabin belakang pun sudah dilengkapi dengan tirai manual disisi kiri dan kanan, dan krey otomatis di sisi kaca belakang, yang otomatis turun ketika persneling dipindah ke gigi R, dan naik jika dipindah ke gigi D.

Imagecamry interior 1 by Phil R, on Flickr

Sayang nya jok yang berkelir beige terkesan cepat kotor dan terlihat sekali aus pengunaan di jok supir. Alphard saya karena interior nya black tidak begitu ketara, sedangkan di camry sangat ketara jika ada yang sedikit aus. Jok nya pun sangat empuk, ketika jok belakang di bongkar untuk penggantian battery, saya dikejutkan lg dengan jok belakang yang sangat berat, dan harus diangkut dengan 2 orang. Dan voila , ketika saya tanya montir nya, ternyata memang jok ini berat dikarenakan fitur modul massage nya dan ternyata jok nya ada per nya. Two thumbs up for this HV. Bagasi nya pun sangat luas walaupun lumayan tersita karena battery nya yang berukuran sangat besar, yang terletak di belakang jok belakang. Well jujur, terkadang mobil ini tidak make sense, sepanjang Alphard, tetapi legroom nya jika jok driver depan disetel dengan setelan saya, legroom belakang terasa sedikit sempit, padahal Panjang nya sealphard. Dikarenakan battery yang sedikit memakan space dan kap mesin yang menurut saya sangat Panjang.



Features & Gimmick

ImagevgYMcu%uSN6cwsyVf33Yww by Phil R, on Flickr

Perbedaan mobil ini dengan type V yang kentara ialah pengunaan wood panel yang lebih dark dan juga head unit yang terintregasi dengan hybrid system nya. Head unitnya pun lebih besar disbanding tipe V dan telah dilengkapi GPS Navigation. Head unit nya walau terkesan sedikit “ tua “ interface nya, tetapi tetap fungsional menampilkan pengunaan, dan kapasitas battery nya. Media interface nya pun terbilang lengkap dengan USB,AUX,Bluetooth,DVD dan cd receiver. Dengan JBL Green Edge 8 speaker di mobil yang hening ini. Yang menurut saya performa nya agak sedikit kurang jika dibandingkan dengan Harman Kardon 7logic W204 saya, well maklum JBL Green Edge nya mengejar efisiensi tenaga yang dipakai ke battery sehingga bisa di press pengunaan battery nya, sempat terbesit ingin upgrade sound system di mobil ini, tetapi cukup takut dengan electrical mobil ini yang sangat rumit, well sebetulnya performa audio nya tidak terbilang jelek, cukup saja, range voice nya cukup bagus, hanya terkendala di bass saja karena, ya, mobil ini tidak ada active sub seperti layaknya sedan bmw/merc. Dan juga head unit nya terintregasi langsung dengan rear seat controller yang terletak di armrest belakang. RSC nya (bukan rse mercy ya) dapat mengontrol suhu belakang juga, jangan lupa bahwa HV ini dilengkapi AC 3zone. Voila Toyota, mobil ini sungguh berlimpah fitur. Tirai nya pun dapat dinaik-turunkan dari RSC, termasuk mengontrol head unit depan. Dan juga jok belakang bisa direbahkan sesuai dengan keinginan kita. Sayang nya mobil ini walau dilengkapi dengan fitur massage, tetapi seperti tidak berasa dipijit. Hanya seperti ditekan tekan saja, well mungkin karena badan saya yang sedikit tebal.. :mky_01:

Imagecamry interior 2 by Phil R, on Flickr

Fitur yang melimpah ini membuat saya menganak tirikan F10 jika sedang disupiri, well mobil ini juga sangat fun to drive untuk di bawa. Tetapi image Camry dan Alphard sangat kentara bahwa mobil ini biasanya memakai supir, karena jarang ada yang mau bawa mobil sepanjang hampir 5 meter di kemacetan ibu kota ini. :big_bored:


Engine & Drivetrain Performance

Image%Za9B2SnTl+Xwp708Xe1gg by Phil R, on Flickr

Mesin yang digunakan dengan HV ini pun sedikit berbeda dengan tipe V, Jika tipe V menggunakan mesin Dual VVTI 2AR-FE dengan torsi 230nM dan 181hp, Tipe HV ini menggunakan mesin single VVTi 2AR-FXE yang hanya menghasilkan 170hp, tetapi motor listriknya diclaim dapat memproduksi sekitar 141 hp, dan jika digabung mereka menghasilkan sekitar 310hp, walau angkanya fantastis, tetapi jangan lupa bahwa motor listriknya tidak selalu menghasilkan 141hp, tergantung dari suhu, kapasitas yang tersedia dan factor lain nya yang berperan untuk menggerakan motor listrik nya. Torsi yang di hasilkan pun cukup menajubkan, jika mesin nya hanya dapat menghasilkan 201nM , motor listriknya dapat menghasilkan torsi instan sebesar 273 nM, dan jika digabung, voila. Tidak aneh jika ban mobil ini cepat habis. Jika mode eco nya dimatikan, wheel spin and burnout sangat gampang sekali dilakukan dikarenakan torsi instan yang diberikan oleh motor listrik tersalur langsung ke penggerak roda depan nya. Mesin nya pun dikawinkan dengan E-CVT untuk akslerasi yang smooth dan menunjang Hybrid nya. Saying nya tidak tersedia [cencored] atau triptonic mode, dan mobil ini pun tidak ada sport mode. Well adanya normal mode, Eco mode, EV mode.

ImageloHvQp1wRVSoZrmwxwSjpQ by Phil R, on Flickr


Performa mesin nya sangat memuaskan, 0-100km/h saya rekam dengan hp hanya sekitaran 7-8 detik tergantung kapasitas battery Hybrid nya, sedangkan top speed nya hanya dilimit sampai kecepatan 190km/h , mungkin dikarenakan oleh battery dan CVT nya takut overheat, saya yakin jika dicopot limiter nya bisa mencapai 240km/h. :mky_02:

ImageIMG_8340 by Phil R, on Flickr

Versi mesin bensin dan hibrida sudah dilengkapi Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), hibrida ditambah lagi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan Hill Assist Control (HAC). Fitur terakhir ini memudahkan pengemudi mengendalikan mobil bergerak maju setelah berhenti di tanjakan. Dan tentu, EV mode nya, jika dari kapasitas battery penuh (1bar dibawah full), dapat berjalan 2,5km- 3,2km (full EV Mode) tergantung kondisi jalan dan ac yang dipakai, sampai mesin kehabisan battery nya dan mesin menyala dan mematikan EV Mode secara otomatis. :mky_08:

ImageN9w2h5TiTEeizwpyuVTMow by Phil R, on Flickr

Jika battery sudah drop, maka hanya bisa jalan sekitar 1.8km-2.5km tergantung kontur jalan. Battery nya pun tidak bisa full, dikarenakan fitur regenerative braking nya. Jika pedal gas dilepas, mobil perlahan tapi pasti akan berdeakslerasi, mobil ini sangat irit kampas rem. Sayangnya, Battery bawaan mobil ini menyerah pada tahun ke lima, dikilometer 60ribuan pada April tahun ini, :big_cry: dan cukup merogoh kocek saya lumayan dalam, sebesar 54 juta di bengkel resmi. Banyak yang bertanya, berapa lama sih usia battery ini? Dan jika sudah uzur, apakah bisa tidak ganti battery dan rely sama mesin nya?

ImageC7kGJK1kQWC3rF3M7HsHJA by Phil R, on Flickr

Well jawaban nya, ini perangkat elektronik, tiada yang tahu kapan masa nya akan habis, seperti umur, tiada yang tahu. Toyota menclaim battery nya bisa tahan 5-8 tahun kedepan tergantung dari kondisi pemakaian anda. Sedangkan jika battery anda sudah melewati uzur, biasanya muncul warning “ Check Hybrid System “ dan mobil akan masuk dalam limp mode, limp mode nya cukup unik, rem nya terasa aneh karena regenerative braking nya mati, dan juga kesalnya, dan juga mesin nya terasa pincang seperti underpowered, mungkin terbiasa dengan torsi yang dihasilkan motor listrik, dan jika limp mode, battery nya di cut off. Dan walaupun hanya beberapa battery pack yang drop, itu biasa yang mentrigger check battery system nya nyala, tapi anda harus membeli satu gelondong battery system nya.


Pro’s & Cons

Banyak yang bilang, ah hybrid mahal, maintenance nya mahal, pajak nya mahal, well. If you think it that way, memang tentu mahal, tetapi coba dipikirkan long term nya, Camry V hanya bisa menorehkan 6-7km/l dalkot, sedangkan HV ini bisa menorehkan se jelek jelek nya dan semacet macet nya minimal 12km/l- 15km/l , sayangnya diluar kota hanya bisa 17-19km/l. Tangki bensin nya pun cukup besar 65L. full tank dapat jalan sekitar 700-850 km. maintenance nya pun terbilang murah, despite battery nya selangit harga nya. Dan hanya berumur 5-8 tahun untuk battery nya, but untuk electric motor nya? Well we never know. Untuk pajak nya bulan lalu hanya 8 juta. Well itu saya akali pake data Bekasi, kalau Jakarta mungkin lebih mahal 1-2juta. :big_dunno:






Pro’s nya
- Reliable ciri khas Toyota
- IRIT BANGET.
- NYAMAN BANGET
- Fun to drive BANGET
- Image mobil pejabat


Con’s nya
- MAHAL.
- Battery hanya bisa bertahan 5tahun (in my case)
- Peredam nya agak kurang ya. Mungkin karena efek kabin terlalu hening
- Harga jual jatoh, expected. That’s why probably I will never sell this car.
- Remote nya sering error jika di basement atau parkiran.


Conclusion

Untuk mobil seharga 700jt an apakah mobil ini worth to buy? For me, Yes. Karena ini mobil yang sangat fun to drive, dan sangat nyaman baik menyupir dan disupiri. Tidak seperti Alphard yang tidak cocok untuk nyetir sendiri. Camry ini masih sangat reasonable untuk di setir sendiri setiap hari untuk daily ride. Walaupun saya harus menyediakan uang extra 54jt setiap 5 tahun sekali, tapi menurut saya sebanding dengan keiritan dan performa yang disuguhi mobil ini.

Versi Facelift dari mobil ini pun cukup ganteng, tetapi karena banyak fitur yang disunat, dan diganti dengan beberapa fitur yang menurut saya kurang berguna seperti Roof monitor belakang, dan Qi charging, dan fitur massage nya dihapus, saya lebih prefer versi pre facelift nya, next project saya sedang mencari bumper depan belakang yang facelift dan headlight facelift. Jadilah facelift look, menolak tua.

Overall mobil ini sangat reasonable maupun untuk weekend or daily car, dengan fuel consumption yang sangat irit, dan mobil yang sangat nyaman dan mevvah tentunya. Image mobil pejabat yang sangat melekat di mobil ini membuat “ pejabat-feel “ ketika mengendarai nya. This car is very recommended for you guys who want a economical and practical car yet fun to drive and very luxury in the same time..

Sekian review saya yang acak adut ini, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan review nya sangat jelek.. Im still learning to become a better writer. Salam sm.
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by solar_kerosen »

Gambar pertama , Kakinya ga sopan om seperti melecehkan pengemudi . Kl pengemudinya tersinggung bisa di masukkan ke jurang itu mobil sama penumpangnya :e-naughty:


https://flic.kr/p/2bEHTdb
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by officialvlo »

solar_kerosen wrote: Fri Nov 09, 2018 12:58 Gambar pertama , Kakinya ga sopan om seperti melecehkan pengemudi . Kl pengemudinya tersinggung bisa di masukkan ke jurang itu mobil sama penumpangnya :e-naughty:


https://flic.kr/p/2bEHTdb
Maaf nih om.. tp itu kaki saya ke depan sih karena emg udah terbiasa gitu tiap ari. Kan itu mobil pribadi saya dan driver pribadi saya. Ya menurut saya sih wajar aja ya. Kecuali di depan saya ada orang ato itu kaki saya taro di console tengah. Hehe :big_smile]
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by mike22 »

Kl yg hybrid ini ganti aki tiap brp tahun skali om? Apakah akinya sama dengan camry biasa ato beda?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by alvin23 »

Nambah lg reviewer handal di SM hehe. Jd kl limp mode krn batery minta ganti, jalannya cuma bisa pelan apa gmn om?

Kl beli bekas berarti kudu siapin budget beres2+batterypack ya
Rocky R ADS CVT 2021
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by farizfsa »

Setau ane udh ada spesialis battery hybrid nya di alam sutera
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by alvin23 »

farizfsa wrote: Fri Nov 09, 2018 14:08 Setau ane udh ada spesialis battery hybrid nya di alam sutera
[cencored] sory, saya remove link aja, td ada si search di google di alam sutera

enak juga kalo udh bisa direpair. Camry hybrid irit euy
Rocky R ADS CVT 2021
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by lamatlancah »

you've said well 17 times in your review.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by F272 »

Keren om... baru tadi pagi saya sedikit tertarik sama warna putih...(tapi type V) kebetulan saya ktemu di jalan dan saya sempat foto... knalpot nya menyembul ada 4 lobang di buritan.....serem... velg nya jg saya lihat sudah berlabur hitam....makin serem....[emoji16][emoji16][emoji16][emoji41][emoji41][emoji41]
20181109_080331.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by officialvlo »

mike22 wrote: Fri Nov 09, 2018 13:36 Kl yg hybrid ini ganti aki tiap brp tahun skali om? Apakah akinya sama dengan camry biasa ato beda?

5-6 tahun skali.. hehe , or lebih tepatnya, mobil ini aki nya ya battery itu sendiri, karena ketika mesin di nyalakan, battery nya yang mensuplai energy untuk ac dan lain nya.

alvin23 wrote: Fri Nov 09, 2018 14:03 Nambah lg reviewer handal di SM hehe. Jd kl limp mode krn batery minta ganti, jalannya cuma bisa pelan apa gmn om?

Kl beli bekas berarti kudu siapin budget beres2+batterypack ya

ini masih abal abal om, actually ini sebenernya review kasar nya dulu. belom di edit lg. hehe.

kalo limp mode masih bisa jalan seperti mobil normal kok, cuman ya gitu mesin nya nyala terus dan sedikit pincang dikit dan rem nya agak sedikit aneh. tarikan nya ya seadanya.

iya kalo beli bekas mobil ini harus ready dana lg sekitar 50an lah, but ya tergantung tahun dan kondisi mobil nya juga sih hehe.

alvin23 wrote: Fri Nov 09, 2018 14:25
farizfsa wrote: Fri Nov 09, 2018 14:08 Setau ane udh ada spesialis battery hybrid nya di alam sutera
[cencored] sory, saya remove link aja, td ada si search di google di alam sutera

enak juga kalo udh bisa direpair. Camry hybrid irit euy

kalo gak salah gak ada garansi nya, atau cuman setahun gt garansi nya, n 17 apa 19 juta gitu. and bukan baru battery nya.


lamatlancah wrote: Fri Nov 09, 2018 15:11 you've said well 17 times in your review.


and thats my problem because,,,,,, :big_think: oh its not.
F 272 wrote: Fri Nov 09, 2018 15:16 Keren om... baru tadi pagi saya sedikit tertarik sama warna putih...(tapi type V) kebetulan saya ktemu di jalan dan saya sempat foto... knalpot nya menyembul ada 4 lobang di buritan.....serem... velg nya jg saya lihat sudah berlabur hitam....makin serem....[emoji16][emoji16][emoji16][emoji41][emoji41][emoji41]
20181109_080331.jpg
putihnya memang cakep, baru tadi sy discuss sm driver sy, putihnya kalo yang terawat bener2 ngejreng and eye catching. hehe :big_chicken:
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by ChZ »

Ane khusus log in buat reply di thread ini...

Keren abis, akhirnya ada bahasan bermutu lagi di SM... Hehehe. Appreciate buat effortnya nulis, ane malah lg gak ada mood nulis. :mky_01:

Dan ini mungkin review hybrid vehicle dr perspektif user pertama di indonesia. Saking jarangnya mobil hybrid.

Soal kenyamanan, ini yang menarik, Camry generasi manapun jok baris keduanya jauh lebih enak ketimbang sedan eropa sekelas mau Biem/Mersi... Ruang kaki lapang dan bantingan suspensi juga cenderung soft.

Sedan Jerman itu nyaman nya jadi yang nyupir, kalo duduk belakang IMHO masih nikmat sedan jepang. Ane sudah coba 7er terbaru juga jujur kenyamanannya gak spesial, cuma fun to drive jelas.

Ngomong2 batre hybrid bertahan 5yrs/60k km itu apakah wajar atau faktor jahanamnya lalin jeketi um? Tekor juga kalo blom sampe 100k udah keluar 50jt buat beli battery baru. :mky_01:

kalo lemot pas batre mampus itu beralasan juga sih, since kalo gak ada "boost" torsi motor listrik torsinya cuma setara 2.0liter NA kebanyakan :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by maastricht889 »

Super duper nice review om!! Soal rem, kmrnan saya nyoba camry xv50 2.4g punya sodara feel pedal nya kok lucu ya, diinjek agak dalem baru bener2 kerasa rem nya. Apa di camry hybrid kaya gitu jg?
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by grandis_GT »

nice review om , sekennya ane cek" di olx udah sekitar 200 jutaan ya , serem banget RV nya , mungkin karena baterainya , owner sebelumnya malas beli batre baru jadinya jual murah aja , cmiiw
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by liep »

serasa dejavu tiap liat foto ada tulisan Phil R...sampe buka flickernya krn takut salah masuk..tyt bner...initialnya sama dg nama saya hehehe....Phil**** R*******

btw ini mobil dinas GM ane...klo wakilnya yg seri V

mantap ripiunya om...diripiu skalian semua koleksi mobilnya..tmsk f10 yg mau dijual.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by dizco »

Mobil lumayan langka, di JKT pernah beberapa kali lihat dengan plat standar, di Jateng-Jogja cuma pernah 2x lihat mobil ini, yang pertama standar hitam plat RF* dan satunya lagi hijau plat IV-01
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by maastricht889 »

dizco wrote: Sat Nov 10, 2018 0:08 Mobil lumayan langka, di JKT pernah beberapa kali lihat dengan plat standar, di Jateng-Jogja cuma pernah 2x lihat mobil ini, yang pertama standar hitam plat RF* dan satunya lagi hijau plat IV-01
Di bandung malah lumayan banyak oom hybrid ini
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by matra »

review yg sangat bagus ,,,mantapp
serious om camry hybrid fun to drive????
officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by officialvlo »

matra wrote: Sat Nov 10, 2018 1:32 review yg sangat bagus ,,,mantapp
serious om camry hybrid fun to drive????
makasih om,, ini masih acak adut banget :big_cry: mau edit kmrn uda ga bisa lg hiks.

fun to drive banget om, bayangkan, torsi gabungan bensin ama listrik yang instan , yang kalo kita matiin eco mode nya, langsung wheel spin, padahal ban masih baru banget. ini beda banget sama yang tipe V, kebetulan sempet dapet mobil kantor tipe V, driving experience nya jauh sekali. :big_dunno: mereka seperti 2 mobil yang berbeda. walaupun sama sama camry.


ImageIMG_8328 by Phil R, on Flickr

ini akselerasi 0-100 dengan battery tidak full.. dan kondisi jalan yang padat. biasanya kalo battery full sekitar 7-8 detikan.


dizco wrote: Sat Nov 10, 2018 0:08 Mobil lumayan langka, di JKT pernah beberapa kali lihat dengan plat standar, di Jateng-Jogja cuma pernah 2x lihat mobil ini, yang pertama standar hitam plat RF* dan satunya lagi hijau plat IV-01
Mobil ini emang diproduksi nya gak banyak om, cuman sekitar 1500 unit. mobil saya kebetulan unit ke 122. ( kata org beres)

ijin copas dari antara, penjualan sampai akhir 2017 cuman segini.

Tangerang (ANTARA News) - Toyota Camry Hybrid mendominasi penjualan mobil-mobil bermesin hybrid PT Toyota-Astra Motor (TAM) di pasar otomotif Indonesia.

"Penjualan hybrid Toyota dan Lexus secara total 1.500 dengan komposisi paling besar Camry Hybrid sejumlah 1.200an unit. Alphard tidak banyak, tidak sampai 100-an, sementara Prius lebih banyak dari pada Alphard," kata Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto dalam GIIAS 2017 di ICE - BSD City, Tangerang.

Dia merinci, Camry Hybrid mencatatkan penjualan 1.227 unit sejak diperkenalkan pada 2012, disusul Prius Hybrid dengan jumlah 49 unit sejak 2007 sebagai mobil pertama Toyota bermesin hybrid di Indonesia.


liep wrote: Fri Nov 09, 2018 23:23 serasa dejavu tiap liat foto ada tulisan Phil R...sampe buka flickernya krn takut salah masuk..tyt bner...initialnya sama dg nama saya hehehe....Phil**** R*******

btw ini mobil dinas GM ane...klo wakilnya yg seri V

mantap ripiunya om...diripiu skalian semua koleksi mobilnya..tmsk f10 yg mau dijual.
hehehe wah namanya sama ya, nama saya langka loh sebetulnya :big_biglaugh:

udah di review duluan om f10 nya, boleh di cekidot. hehe

grandis_GT wrote: Fri Nov 09, 2018 18:16 nice review om , sekennya ane cek" di olx udah sekitar 200 jutaan ya , serem banget RV nya , mungkin karena baterainya , owner sebelumnya malas beli batre baru jadinya jual murah aja , cmiiw
iya om, makanya, tapi kalo battery nya udah diganti , RV nya sih seharus nya naik, ada beberapa yg sy liat udah ganti battery harga nya sih 300-400an hehe.

erwinign wrote: Fri Nov 09, 2018 16:51 Super duper nice review om!! Soal rem, kmrnan saya nyoba camry xv50 2.4g punya sodara feel pedal nya kok lucu ya, diinjek agak dalem baru bener2 kerasa rem nya. Apa di camry hybrid kaya gitu jg?
mungkin kampas nya om.
kalo di HV ini malah. kebalikan nya om, dia malah remnya terlalu sensitif, karena efek dari regenerative braking yang membuat mobil ini ngerem sendiri untuk ngecas batterynya, dan jika diinjak pedal rem sedikit dia lgsg nge rem 50%.


kcuali kalo dia masuk limp mode. rasanya kek pake rem yang kampas nya udah abis.


ChZ wrote: Fri Nov 09, 2018 16:35 Ane khusus log in buat reply di thread ini...

Keren abis, akhirnya ada bahasan bermutu lagi di SM... Hehehe. Appreciate buat effortnya nulis, ane malah lg gak ada mood nulis. :mky_01:

Dan ini mungkin review hybrid vehicle dr perspektif user pertama di indonesia. Saking jarangnya mobil hybrid.

Soal kenyamanan, ini yang menarik, Camry generasi manapun jok baris keduanya jauh lebih enak ketimbang sedan eropa sekelas mau Biem/Mersi... Ruang kaki lapang dan bantingan suspensi juga cenderung soft.

Sedan Jerman itu nyaman nya jadi yang nyupir, kalo duduk belakang IMHO masih nikmat sedan jepang. Ane sudah coba 7er terbaru juga jujur kenyamanannya gak spesial, cuma fun to drive jelas.

Ngomong2 batre hybrid bertahan 5yrs/60k km itu apakah wajar atau faktor jahanamnya lalin jeketi um? Tekor juga kalo blom sampe 100k udah keluar 50jt buat beli battery baru. :mky_01:

kalo lemot pas batre mampus itu beralasan juga sih, since kalo gak ada "boost" torsi motor listrik torsinya cuma setara 2.0liter NA kebanyakan :ungg:

AHH OM CHZ. WELCOME BACK. haha. om saya actually terinspirasi sama review xv nya om, trus banyak yg compare mobil itu ama hybrid, jadinya saya buat aja sekalian biar gak pada penasaran. mengingat langka nya mobil ini. Hehe. maaf om ini review nya masih abal2an.. maklum nih nubi.. hehe

mungkin karena faktor jalanan jakarta yang sangat lenggang setahun sekali doang om.

agree banget soal kenyamanan, saya pikir pantat saya yang menipu, tapi setelah bertanya kepada temen yg mencoba duduk mobil ini ama f10, dia blg mobil ini lbh enak. mgkn karena f10 saya masih pake rft..

yes om, ga ada boost nya, ngandelin mesin yg cuman 170hp an ini dan mobil yang berbobot berat karena battery rasanya kek bawa mobil jadul. :big_childish:
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by irdna »

saya pake xv 55
km skrg uda 62 rb
umurnya udah mau 3 thn sih

saya stuju jok nya gampang aus ya ( retak2)
trus masalahnya kalau di xv55 saya itu remotenya suka error sering di anggep key battery low ( udah ganti berkali2 ttp kyk gitu msalahnya )
oh ia saya nyetir sndiri ga pernah pake supir
lumayan lah di bawa ga sejelek anggepan org
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by hosea »

mike22 wrote: Fri Nov 09, 2018 13:36 Kl yg hybrid ini ganti aki tiap brp tahun skali om? Apakah akinya sama dengan camry biasa ato beda?
Yg selalu jadi pertanyaan saya, kalau saya ga mau beli baterei baru seharga 50 juta, apakah bisa dilepas saja batery nya dan diset up sehingga menjadi camry bensin biasa? Tentu dengan keiritan bensin dan tenaga serta fitur yg downgrade ke type V.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by Omnibus »

hosea wrote: Sat Nov 10, 2018 5:06
mike22 wrote: Fri Nov 09, 2018 13:36 Kl yg hybrid ini ganti aki tiap brp tahun skali om? Apakah akinya sama dengan camry biasa ato beda?
Yg selalu jadi pertanyaan saya, kalau saya ga mau beli baterei baru seharga 50 juta, apakah bisa dilepas saja batery nya dan diset up sehingga menjadi camry bensin biasa? Tentu dengan keiritan bensin dan tenaga serta fitur yg downgrade ke type V.
Ga bisa begitu. mesin di tipe hybrid ini 2ar-fxe menganut atkinson cycle yg memang didesign cocok utk hybrid synergy drive vehicles krn typical power delivery nya telat yg memang ditujukan utk fuel efficiency. Kl dipakai tanpa hsd jdnya underpower, meski skrg toyota bikin engine yg kl low rpm menganut otto-cycle tp kl sdh cruising jd atkinson-cycle dan itu jg pakai turbo (toyota 8nr-fts engine)

belum lagi motor listrik yg terpasang dgn tdk aktif jd beban tambahan (drag n weight) trus regenerative energy ngga jalan.

sbg perbandingan camry type v dan g pakai mesin 2ar-fe yg menganut otto-cycle (normal NA spt di mobil2 lain umumnya). Dan bedanya lagi pakai transmisi 6AT torque converter. Sedangkan di type hybrid pakai cvt.

Battery pack hsd di type hybrid rated 245 volt, yg mengganti hrs qualified sebab meski DC tetap bisa kesetrum. Aki 12V tetap ada sebab accessory tetap pakai 12V system.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by ChZ »

officialvlo wrote: Sat Nov 10, 2018 4:23

AHH OM CHZ. WELCOME BACK. haha. om saya actually terinspirasi sama review xv nya om, trus banyak yg compare mobil itu ama hybrid, jadinya saya buat aja sekalian biar gak pada penasaran. mengingat langka nya mobil ini. Hehe. maaf om ini review nya masih abal2an.. maklum nih nubi.. hehe

mungkin karena faktor jalanan jakarta yang sangat lenggang setahun sekali doang om.

agree banget soal kenyamanan, saya pikir pantat saya yang menipu, tapi setelah bertanya kepada temen yg mencoba duduk mobil ini ama f10, dia blg mobil ini lbh enak. mgkn karena f10 saya masih pake rft..

yes om, ga ada boost nya, ngandelin mesin yg cuman 170hp an ini dan mobil yang berbobot berat karena battery rasanya kek bawa mobil jadul. :big_childish:
Tapi liat nih mobil versi hybrid nya memang beda sama liat yang XV50 reguler... terutama jeleknya XV50 reguler itu di grill depan yang modelnya kurang bagus. Wah ya lumayan jg ongkos buat miara mobil hybrid ya um... battery nya juga enggak covered under warranty yang disayangin... :mky_01: jujur si dari dulu penasaran juga dengan reliability mobil hybrid.

Padahal ini Camry XV50 buat saya udah terasa cukup keras buat sebuah Camry, kebetulan terbiasa naik XV40 temen dulu pas kuliah dan msh lebih empuk XV40, tp buat disetir memang jauh peningkatannya di 50.

Ah ya dia masih punya tanggungan berat battery makanya berasa lemah syahwat banget yak um :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by hosea »

Omnibus wrote: Sat Nov 10, 2018 5:42
hosea wrote: Sat Nov 10, 2018 5:06
mike22 wrote: Fri Nov 09, 2018 13:36 Kl yg hybrid ini ganti aki tiap brp tahun skali om? Apakah akinya sama dengan camry biasa ato beda?
Yg selalu jadi pertanyaan saya, kalau saya ga mau beli baterei baru seharga 50 juta, apakah bisa dilepas saja batery nya dan diset up sehingga menjadi camry bensin biasa? Tentu dengan keiritan bensin dan tenaga serta fitur yg downgrade ke type V.
Ga bisa begitu. mesin di tipe hybrid ini 2ar-fxe menganut atkinson cycle yg memang didesign cocok utk hybrid synergy drive vehicles krn typical power delivery nya telat yg memang ditujukan utk fuel efficiency. Kl dipakai tanpa hsd jdnya underpower, meski skrg toyota bikin engine yg kl low rpm menganut otto-cycle tp kl sdh cruising jd atkinson-cycle dan itu jg pakai turbo (toyota 8nr-fts engine)

belum lagi motor listrik yg terpasang dgn tdk aktif jd beban tambahan (drag n weight) trus regenerative energy ngga jalan.

sbg perbandingan camry type v dan g pakai mesin 2ar-fe yg menganut otto-cycle (normal NA spt di mobil2 lain umumnya). Dan bedanya lagi pakai transmisi 6AT torque converter. Sedangkan di type hybrid pakai cvt.

Battery pack hsd di type hybrid rated 245 volt, yg mengganti hrs qualified sebab meski DC tetap bisa kesetrum. Aki 12V tetap ada sebab accessory tetap pakai 12V system.
Thank you for the explanation...learn something new everyday.

Kalau begini, jika pertimbangan beli hybrid hanya kejar efisiensi bbm , jadi not really worth. Dengan selisih penghematan lets say 30%, jika misalnya biaya bbm 1,5 juta per bulan. Maka saving sekitar 5 juta per tahun. Piara mobilnya 6 tahun maka saving 30 juta. Tapi ganti baterai 54 juta..hmmmm.

Tapi kalau juga pertimbangkan faktor extra power (terutama torsi) dan tambahan2 fitur, lain ceritanya.
officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by officialvlo »

hosea wrote: Sat Nov 10, 2018 14:23
Omnibus wrote: Sat Nov 10, 2018 5:42
hosea wrote: Sat Nov 10, 2018 5:06

Yg selalu jadi pertanyaan saya, kalau saya ga mau beli baterei baru seharga 50 juta, apakah bisa dilepas saja batery nya dan diset up sehingga menjadi camry bensin biasa? Tentu dengan keiritan bensin dan tenaga serta fitur yg downgrade ke type V.
Ga bisa begitu. mesin di tipe hybrid ini 2ar-fxe menganut atkinson cycle yg memang didesign cocok utk hybrid synergy drive vehicles krn typical power delivery nya telat yg memang ditujukan utk fuel efficiency. Kl dipakai tanpa hsd jdnya underpower, meski skrg toyota bikin engine yg kl low rpm menganut otto-cycle tp kl sdh cruising jd atkinson-cycle dan itu jg pakai turbo (toyota 8nr-fts engine)

belum lagi motor listrik yg terpasang dgn tdk aktif jd beban tambahan (drag n weight) trus regenerative energy ngga jalan.

sbg perbandingan camry type v dan g pakai mesin 2ar-fe yg menganut otto-cycle (normal NA spt di mobil2 lain umumnya). Dan bedanya lagi pakai transmisi 6AT torque converter. Sedangkan di type hybrid pakai cvt.

Battery pack hsd di type hybrid rated 245 volt, yg mengganti hrs qualified sebab meski DC tetap bisa kesetrum. Aki 12V tetap ada sebab accessory tetap pakai 12V system.
Thank you for the explanation...learn something new everyday.

Kalau begini, jika pertimbangan beli hybrid hanya kejar efisiensi bbm , jadi not really worth. Dengan selisih penghematan lets say 30%, jika misalnya biaya bbm 1,5 juta per bulan. Maka saving sekitar 5 juta per tahun. Piara mobilnya 6 tahun maka saving 30 juta. Tapi ganti baterai 54 juta..hmmmm.

Tapi kalau juga pertimbangkan faktor extra power (terutama torsi) dan tambahan2 fitur, lain ceritanya.
menurut saya sih tetep worth yah, asal jangan dipikirin RV nya nanti. soalnya ya kita beli mobil untuk dinikmatin juga, dont think too much about the economical value. :mky_01:
ChZ wrote: Sat Nov 10, 2018 7:09
officialvlo wrote: Sat Nov 10, 2018 4:23

AHH OM CHZ. WELCOME BACK. haha. om saya actually terinspirasi sama review xv nya om, trus banyak yg compare mobil itu ama hybrid, jadinya saya buat aja sekalian biar gak pada penasaran. mengingat langka nya mobil ini. Hehe. maaf om ini review nya masih abal2an.. maklum nih nubi.. hehe

mungkin karena faktor jalanan jakarta yang sangat lenggang setahun sekali doang om.

agree banget soal kenyamanan, saya pikir pantat saya yang menipu, tapi setelah bertanya kepada temen yg mencoba duduk mobil ini ama f10, dia blg mobil ini lbh enak. mgkn karena f10 saya masih pake rft..

yes om, ga ada boost nya, ngandelin mesin yg cuman 170hp an ini dan mobil yang berbobot berat karena battery rasanya kek bawa mobil jadul. :big_childish:
Tapi liat nih mobil versi hybrid nya memang beda sama liat yang XV50 reguler... terutama jeleknya XV50 reguler itu di grill depan yang modelnya kurang bagus. Wah ya lumayan jg ongkos buat miara mobil hybrid ya um... battery nya juga enggak covered under warranty yang disayangin... :mky_01: jujur si dari dulu penasaran juga dengan reliability mobil hybrid.

Padahal ini Camry XV50 buat saya udah terasa cukup keras buat sebuah Camry, kebetulan terbiasa naik XV40 temen dulu pas kuliah dan msh lebih empuk XV40, tp buat disetir memang jauh peningkatannya di 50.

Ah ya dia masih punya tanggungan berat battery makanya berasa lemah syahwat banget yak um :mky_01:
Agree banget om, dari tampak depan kalo di compare apple to apple bersebelahan, tipe V tampak culun sedangkan si HV lebih gahar. hehe
iya, kalo mereka bikin warranty untuk battery harga nya mungkin naik lagi om 50-100jt :big_childish:

masa sih om? udah lama gak naik xv40, cuman ktnya yg facelift nya xv40 enak banget, jadi penasaran, sempet terbesit mau ambil 3.5Q yg 2011-2012 an. tp mikir lagi, buat apa xv 2 biji,menuh2in garasi :big_biglaugh:
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by veyvez »

salfok wallpaper laptopnya we bare bears.

anyway, nice review om. gak ada rencana modif XVna om seperti F10nya?

gara2 review ini saya langsung follow IGnya, penasaran koleksi mobilnya hehehe
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~