Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4728
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Selamat malam SMers sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mereview sebuah mobil, yaitu AN CX5 (2nd gen) Elite 2018.
1.History
2012 : Mazda meluncurkan mobil konsep bernama Minagi di Jepang, yang kemudian berubah menjadi mazda CX-5 pada versi produksinya. Mazda CX5 generasi pertama ini menjadi mobil pertama Mazda yang menggunakan platform Skyactiv Techology . Tak lama kemudian, MMI , meluncurkan CX5 generasi pertama di Indonesia, dengan 2 varian tipe, 1 pilihan mesin, dan 1 varian transmisi, yaitu sport dan touring, bermesin 2.000 CC dan transmisi otomatis 6 percepatan.
2013 awal : MMI menambah 1 varian baru, yaitu tipe Touring dengan velg "17" inch
2013 pertengahan : Secara mengejutkan MMI meluncurkan CX5 dengan kepasitas mesin yang lebih besar, yaitu 2.500 CC yang lebih bertenaga, dengan varian GT dan touring, sedangkan untuk varian sport, tetap menggunakan mesin 2.000 CC. Selain di kapasitas mesin, perbedaannya ada di warna jok yang berubah menjadi beige , cover mesin yang berwarna hitam (2.000 CC warna biru), dan hilangnya jok heater (CMIW)
2014 : MMI memberikan sedikit perubahan pada CX5 2.5, yaitu tuas transmisi menjadi model lurus, dari sebelumnya yang menggunakan model shiftgate.
2015 : MMI meluncurkan CX5 FL, dengan 4 varian dan 2 pilihan mesin , yaitu 2.5 ( GT , Touring, Urban ) , 2.0 (Sport), dengan perbedaan di headlamp, stoplamp, foglamp , grill, dan velg, serta penambahan fitur berupa I- Activesense , I-Stop, SCBS, dll.
2016 : Mazda Indonesia mengalihkan kepemilikan ATPMnya dari MMI ke Eurocars Motor Indonesia, oleh EMI, varian sport dan urban discontinue, sehingga hanya tersisa varian GT dan Touring saja.
2017: EMI meluncurkan Generasi terbaru CX5 (AN CX5) atau CX5 generasi ke2, dengan perubahan di hampir segala sisi, tetapi dengan mesin yang serupa dengan sedikit tuning, yaitu 2.500 CC 6 percepatan. AN CX5 diluncurkan dengan 2 varian, yaitu GT dan Elite
2018: EMI menambah varian baru dari AN CX5, yaitu Touring, varian ini ditempatkan sebagai varian termurah alias entry level dibawah GT dan Elite. Kemudian saat GIAAS 2018, EMI meluncurkan edisi spesial dari AN CX5 yaitu AN CX5 Anniversary edition yang diproduksi secara terbatas, dan merupakan tipe tertinggi , karena harganya yang lebih mahal daripada tipe Elite yaitu 569 juta rupiah, dengan perbedaan pada aksesoris seperti roof rack, paddle shift, dll.
2.Background
Mobil ini dibeli pada saat GIAAS 2018 kemarin untuk menggantikan Honda CRV RE 2010 yg sudah berumur, reviewnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=26207 . Mobil CX5 saya merupakan tipe Elite ,dengan akte lahir CBU Malaysia yg merupakan tipe tertinggi (dibawah Anniv edition), dengan warna special mazda yaitu machine grey. Mobil ini dibeli dengan harga 548 jt, dengan diskon 22,5 jt (20 jt + lucky dip 2,5 jt) dengan bonus merchandise, flazz berlogo mazda & promo diskon aksesoris, dimana bapak saya memasang sun visor dan paddle shift sebagai aksesoris tambahan di CX5 ini. Now, let’s go to the review
3.Exterior
Depan
Terlihat membesar terutama di bagian grillnya, serta headlamp dan foglamp yang mengecil, tetapi tetap terlihat cakep dan mewah.
Samping
Terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, namun dengan desain depan yang lebih panjang dan bagian tengah ke belakang yg juga sedikit lebih panjang dibanding sebelumnya.
Belakang
Terlihat cakep, dan enak dilihat, memang tidak jauh beda dengan sebelumnya, namun bentuk lampunya yg mengecil dan sudah LED menambah kesan mahal pada mobil ini.
Tombol power back doornya
4. Interior
Paling mewah dikelasnya, dengan desain ala2 eropa, dengan BQ yg solid dan material yang berkualitas, serta sukses membuat interior CX5 lama terlihat kuno, serta sukses membuat interior Xtrail T32 dan CRV RW terlihat biasa saja. The best in it’s class pokoknya. Posisi duduk di belakang juga membaik di banding generasi sebelumnya, karena lebih lega dan sandarannya dibuat lebih rebah, karena sudah bisa reclining, walaupun belum bisa selega T32 dan CRV Turbo. Bagasi pun juga lebih luas dibanding sebelumnya, apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan power back door, sehingga memudahkan akses untuk membuka bagasi, namun saying sekali, CX5 masih harus mengakui keunggulan Xtrail dan CRV dalam hal keluasan bagasi. Selain itu lampu interior mobil yg masih halogen menjadi kelemahannya, belum lagi kualitas pencahayaannya kurang terang untuk mobil seharga 500 jt.
Kunci
5. Fitur
Istop:
Kalau sedang tidak aktif, biasanya akan muncul logo berwarna kuning , tetapi lama kelamaan logo i-stop tersebut akan hilang dari layar MID
Kalau sedang aktif, akan muncul logo I-stop berwarna hijau
Cara mematikan / mengaktifkannya cukup mudah, cukup tekan saja tombol I-stop yang berada di bawah kisi2 AC sebelah kanan pengemudi.
Memory seat:
Jok penumpang juga sudah elektrik
Kelebihan utama mobil ini ada di fiturnya. Fitur di mobil ini sangatlah banyak , misalnya di tipe elite, sudah dilengkapi dengan sunroof, Teknologi I-stop, 6 airbags, keyless entry, SCBS , speaker BOSE , sensor parkir depan belakang, kamera parkir, auto brake hold, airvent , adaptive LED Headlamps, foglamp LED, dll. Intinya cocok buat anda yang merupakan gimmick and tech addict. Selain itu, ada beberapa perbedaan dengan tipe GT . Pada tipe Elite ini sudah dilengkapi dengan:
- Head Up Display
- Memory seat
- Lane Departure Warning, Lane-Keep Assist, Blind Spot Monitoring System dan Smart Brake City Support
- Emblem Elite di bawah tulisan cx5
- Front Under Garnish
- Jok penumpang depan sudah elektrik
- Fitur DVD dan navigasi
- CX5 Lisence plate
Itu baru sebagian kecilnya lho. Berikutnya, saya akan menjelaskan fitur yang ada di head unitnya, antara lain:
A. Applications
Berguna untuk memonitor kondisi kendaraan kita. Di dalamnya terdapat 2 menu, yaitu Fuel Economy Monitor dan Vehicle Status Monitor
Pada menu Fuel Economy monitor terdapat status apakah aki i - stop kita sudah aktif atau belum, selain itu juga terdapat indikator berapa rata2 konsumsi BBM kita.
Sedangkan pada menu Vehicle Status Monitor, terdapat sub menu Warning Guidance dan Maintenance
Fungsi warning adalah sebagai peringatan apabila terjadi sesuatu pada kendaraan kita, misalnya aki yg sudah mulai soak, engine problem, dll.
Sedangkan pada sub menu Maintenance, terdapat sub menu Scheduled, tire rotation dan oil change
Scheduled berguna untuk memberitahukan kita, berapa lama lagi perkiraan kita harus servis rutin
Contohnya, tentang penggantian oli. Indikator tersebut berarti 1.343 KM lagi, kita harus mengganti oli kita
B. Entertaiment
Fiturnya sangat banyak terdapat radio (FM & AM ), Sticher ,Bluetooth, dan USB
Selain itu juga terdapat CD , DVD (khusus tipe Elite), dan AUX
Tampilannya sangat baik dengan suara audio bose yg mantap
C. Comunication
Berguna untuk menghubungkan HP kita dengan sistem mobil. Sehingga kita tidak perlu lagi menempelkan HP di telinga saat ingin berkomunikasi sambil menyetir, cukup dengan connect HP kita ke fitur communication tadi saja.
D.Naviagtion
Cukup lengkap, dan fitur ini hanya tersedia di tipe Elite saja. Sangat berguna bagi anda yang sering nyasar ketika berpergian hahaha . Pengaturannya dapat diatur dalam 2 mode yaitu 2Dimensi dan 3 Dimensi.
E Settings
Berisi pengaturan tentang safety system Mazda yaitu I- Activesense seperti Blind spot Monitoring System, dll.
6. Mesin
Mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2.500 CC Skyactiv – G, dengan tenaga 190 HP dan torsi 251 NM, yg dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.
7. Driving impression
Masuk ke mobil ini , posisi duduknya sangat ergonomis, dibanding cx5 generasi sebelumnya, posisi duduk di AN CX5 ini sedikit lebih rendah, dan termasuk yg paling ergonomis dikelasnya. Kemudian di setir juga terdapat banyak tombol, seperti cruise control, tombol audio dan telpon, serta info untuk mengganti frekuensi radio.
Mengemudikan mobil ini sangat fun to drive, feedbacknya terasa natural dan feel remnya pas, megikuti semua keinginan kita. Selain itu mobil ini juga stabil even dibawa dalam kecepatan tinggi sekalipun, lebih stabil dibanding crv maupun xtrail, apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan mode manual, walaupun cara pengoperasiannya masih dengan cara menaik – turunkan tuas transmisi seperti model sebelumnya , tetapi untungnya sudah dilengkapi dengan sport mode , walaupun tanpa paddle shift. Seandainya paddle shift dijadikan fitur asli dari AN CX5, bukan opsional seperti saat ini, pasti bakal lebih fun to drive lagi.
Selain itu handling mobil ini juga terbaik dikelasnya, gak ada gejala limbung saat melibas tikungan, dan bobot setirnya juga lebih enteng dibanding model sebelumnya. Perpindahan transmisi 6 speednya juga smooth dan sigap, sehingga menambah kesan fun to drive dari mobil ini . Sayangnya, bantingan suspensi menjadi kelemahannya, walaupun jauh lebih empuk dibanding model sebelumnya, CX5 masih belum bisa mengalahkan CRV dan Xtrail dalam hal kenyamanan dan keempukan suspensi. Selain itu konsumsi BBM mobil ini juga termasuk irit, 1: 8,5 dalkot kalau kaki gak sekolah, kalau kaki2 sekolah bisa dapet 1:13-14, beda tipis dengan model sebelumnya yg mencatat 1: 11 – 12 dalkotnya
8. Conclusion
Kelebihan :
-Fitur melimpah
- Desain exterior dan interior
- Mesin bertenaga
- Irit BBM
- Handling oke
- Fun to drive
- Transmisi sigap dan smooth
- Value for money
- Interior quality terbaik di kelasnya
- Speaker BOSE
- Kaya feedback
- Teknologi hampir menyamai mobil eropa
- Sistem navigasi
- Jok pengemudi dan penumpang sudah elektrik
- Keheningan dan peredaman kabin yang terbaik di kelasnya
Kelemahan:
- Bantingan suspensi gak empuk2 amat
- Row 2 agak sempit
- Bagasi gak seluas lawan2nya
- Lampu kabin masih halogen
- Speedo blm digital
- Sparepart mahal dan inden lama
- Citra merek
- Velg 19 inchnya sekilas agak kekecilan
Selama 5 bulan pemakaian, belum ada masalah yang berarti, semoga awet sampai 5 tahun kedepan
Kesimpulannya , this car is still the best medium on it’s class for me, dengan semua kelebihan dan kekurangannya. Intinya mobil ini cocok untuk anda yang:
- Gak mikirin RV dan brand
- Ingin mobil dengan interior dan teknologi mobil eropa, namun merasa mobil eropa terlalu mahal
- Tech and gimmick enthusiast
- Driving enthusiast
- Ingin medium SUV yang fun to drive, fitur banyak , dan style + prestige yg gak malu2in buat mobil jepang
Sebaliknya, jangan beli mobil ini apabila anda:
- Masih mikirin brand dan Resale value (Mobil itu dibeli buat dinikmatin, bukan buat investasi, kalo mau buat investasi beli rumah / tanah / emas aja hehehe)
- Mementingkan kenyamanan
- Mencari mobil dengan bantingan suspensi yang empuk
- Mencari mobil dengan bagasi yang luas dan row 2 yang lega
With my old CX5
That’s all of my review, mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat. Thank you
1.History
2012 : Mazda meluncurkan mobil konsep bernama Minagi di Jepang, yang kemudian berubah menjadi mazda CX-5 pada versi produksinya. Mazda CX5 generasi pertama ini menjadi mobil pertama Mazda yang menggunakan platform Skyactiv Techology . Tak lama kemudian, MMI , meluncurkan CX5 generasi pertama di Indonesia, dengan 2 varian tipe, 1 pilihan mesin, dan 1 varian transmisi, yaitu sport dan touring, bermesin 2.000 CC dan transmisi otomatis 6 percepatan.
2013 awal : MMI menambah 1 varian baru, yaitu tipe Touring dengan velg "17" inch
2013 pertengahan : Secara mengejutkan MMI meluncurkan CX5 dengan kepasitas mesin yang lebih besar, yaitu 2.500 CC yang lebih bertenaga, dengan varian GT dan touring, sedangkan untuk varian sport, tetap menggunakan mesin 2.000 CC. Selain di kapasitas mesin, perbedaannya ada di warna jok yang berubah menjadi beige , cover mesin yang berwarna hitam (2.000 CC warna biru), dan hilangnya jok heater (CMIW)
2014 : MMI memberikan sedikit perubahan pada CX5 2.5, yaitu tuas transmisi menjadi model lurus, dari sebelumnya yang menggunakan model shiftgate.
2015 : MMI meluncurkan CX5 FL, dengan 4 varian dan 2 pilihan mesin , yaitu 2.5 ( GT , Touring, Urban ) , 2.0 (Sport), dengan perbedaan di headlamp, stoplamp, foglamp , grill, dan velg, serta penambahan fitur berupa I- Activesense , I-Stop, SCBS, dll.
2016 : Mazda Indonesia mengalihkan kepemilikan ATPMnya dari MMI ke Eurocars Motor Indonesia, oleh EMI, varian sport dan urban discontinue, sehingga hanya tersisa varian GT dan Touring saja.
2017: EMI meluncurkan Generasi terbaru CX5 (AN CX5) atau CX5 generasi ke2, dengan perubahan di hampir segala sisi, tetapi dengan mesin yang serupa dengan sedikit tuning, yaitu 2.500 CC 6 percepatan. AN CX5 diluncurkan dengan 2 varian, yaitu GT dan Elite
2018: EMI menambah varian baru dari AN CX5, yaitu Touring, varian ini ditempatkan sebagai varian termurah alias entry level dibawah GT dan Elite. Kemudian saat GIAAS 2018, EMI meluncurkan edisi spesial dari AN CX5 yaitu AN CX5 Anniversary edition yang diproduksi secara terbatas, dan merupakan tipe tertinggi , karena harganya yang lebih mahal daripada tipe Elite yaitu 569 juta rupiah, dengan perbedaan pada aksesoris seperti roof rack, paddle shift, dll.
2.Background
Mobil ini dibeli pada saat GIAAS 2018 kemarin untuk menggantikan Honda CRV RE 2010 yg sudah berumur, reviewnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=26207 . Mobil CX5 saya merupakan tipe Elite ,dengan akte lahir CBU Malaysia yg merupakan tipe tertinggi (dibawah Anniv edition), dengan warna special mazda yaitu machine grey. Mobil ini dibeli dengan harga 548 jt, dengan diskon 22,5 jt (20 jt + lucky dip 2,5 jt) dengan bonus merchandise, flazz berlogo mazda & promo diskon aksesoris, dimana bapak saya memasang sun visor dan paddle shift sebagai aksesoris tambahan di CX5 ini. Now, let’s go to the review
3.Exterior
Depan
Terlihat membesar terutama di bagian grillnya, serta headlamp dan foglamp yang mengecil, tetapi tetap terlihat cakep dan mewah.
Samping
Terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, namun dengan desain depan yang lebih panjang dan bagian tengah ke belakang yg juga sedikit lebih panjang dibanding sebelumnya.
Belakang
Terlihat cakep, dan enak dilihat, memang tidak jauh beda dengan sebelumnya, namun bentuk lampunya yg mengecil dan sudah LED menambah kesan mahal pada mobil ini.
Tombol power back doornya
4. Interior
Paling mewah dikelasnya, dengan desain ala2 eropa, dengan BQ yg solid dan material yang berkualitas, serta sukses membuat interior CX5 lama terlihat kuno, serta sukses membuat interior Xtrail T32 dan CRV RW terlihat biasa saja. The best in it’s class pokoknya. Posisi duduk di belakang juga membaik di banding generasi sebelumnya, karena lebih lega dan sandarannya dibuat lebih rebah, karena sudah bisa reclining, walaupun belum bisa selega T32 dan CRV Turbo. Bagasi pun juga lebih luas dibanding sebelumnya, apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan power back door, sehingga memudahkan akses untuk membuka bagasi, namun saying sekali, CX5 masih harus mengakui keunggulan Xtrail dan CRV dalam hal keluasan bagasi. Selain itu lampu interior mobil yg masih halogen menjadi kelemahannya, belum lagi kualitas pencahayaannya kurang terang untuk mobil seharga 500 jt.
Kunci
5. Fitur
Istop:
Kalau sedang tidak aktif, biasanya akan muncul logo berwarna kuning , tetapi lama kelamaan logo i-stop tersebut akan hilang dari layar MID
Kalau sedang aktif, akan muncul logo I-stop berwarna hijau
Cara mematikan / mengaktifkannya cukup mudah, cukup tekan saja tombol I-stop yang berada di bawah kisi2 AC sebelah kanan pengemudi.
Memory seat:
Jok penumpang juga sudah elektrik
Kelebihan utama mobil ini ada di fiturnya. Fitur di mobil ini sangatlah banyak , misalnya di tipe elite, sudah dilengkapi dengan sunroof, Teknologi I-stop, 6 airbags, keyless entry, SCBS , speaker BOSE , sensor parkir depan belakang, kamera parkir, auto brake hold, airvent , adaptive LED Headlamps, foglamp LED, dll. Intinya cocok buat anda yang merupakan gimmick and tech addict. Selain itu, ada beberapa perbedaan dengan tipe GT . Pada tipe Elite ini sudah dilengkapi dengan:
- Head Up Display
- Memory seat
- Lane Departure Warning, Lane-Keep Assist, Blind Spot Monitoring System dan Smart Brake City Support
- Emblem Elite di bawah tulisan cx5
- Front Under Garnish
- Jok penumpang depan sudah elektrik
- Fitur DVD dan navigasi
- CX5 Lisence plate
Itu baru sebagian kecilnya lho. Berikutnya, saya akan menjelaskan fitur yang ada di head unitnya, antara lain:
A. Applications
Berguna untuk memonitor kondisi kendaraan kita. Di dalamnya terdapat 2 menu, yaitu Fuel Economy Monitor dan Vehicle Status Monitor
Pada menu Fuel Economy monitor terdapat status apakah aki i - stop kita sudah aktif atau belum, selain itu juga terdapat indikator berapa rata2 konsumsi BBM kita.
Sedangkan pada menu Vehicle Status Monitor, terdapat sub menu Warning Guidance dan Maintenance
Fungsi warning adalah sebagai peringatan apabila terjadi sesuatu pada kendaraan kita, misalnya aki yg sudah mulai soak, engine problem, dll.
Sedangkan pada sub menu Maintenance, terdapat sub menu Scheduled, tire rotation dan oil change
Scheduled berguna untuk memberitahukan kita, berapa lama lagi perkiraan kita harus servis rutin
Contohnya, tentang penggantian oli. Indikator tersebut berarti 1.343 KM lagi, kita harus mengganti oli kita
B. Entertaiment
Fiturnya sangat banyak terdapat radio (FM & AM ), Sticher ,Bluetooth, dan USB
Selain itu juga terdapat CD , DVD (khusus tipe Elite), dan AUX
Tampilannya sangat baik dengan suara audio bose yg mantap
C. Comunication
Berguna untuk menghubungkan HP kita dengan sistem mobil. Sehingga kita tidak perlu lagi menempelkan HP di telinga saat ingin berkomunikasi sambil menyetir, cukup dengan connect HP kita ke fitur communication tadi saja.
D.Naviagtion
Cukup lengkap, dan fitur ini hanya tersedia di tipe Elite saja. Sangat berguna bagi anda yang sering nyasar ketika berpergian hahaha . Pengaturannya dapat diatur dalam 2 mode yaitu 2Dimensi dan 3 Dimensi.
E Settings
Berisi pengaturan tentang safety system Mazda yaitu I- Activesense seperti Blind spot Monitoring System, dll.
6. Mesin
Mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2.500 CC Skyactiv – G, dengan tenaga 190 HP dan torsi 251 NM, yg dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.
7. Driving impression
Masuk ke mobil ini , posisi duduknya sangat ergonomis, dibanding cx5 generasi sebelumnya, posisi duduk di AN CX5 ini sedikit lebih rendah, dan termasuk yg paling ergonomis dikelasnya. Kemudian di setir juga terdapat banyak tombol, seperti cruise control, tombol audio dan telpon, serta info untuk mengganti frekuensi radio.
Mengemudikan mobil ini sangat fun to drive, feedbacknya terasa natural dan feel remnya pas, megikuti semua keinginan kita. Selain itu mobil ini juga stabil even dibawa dalam kecepatan tinggi sekalipun, lebih stabil dibanding crv maupun xtrail, apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan mode manual, walaupun cara pengoperasiannya masih dengan cara menaik – turunkan tuas transmisi seperti model sebelumnya , tetapi untungnya sudah dilengkapi dengan sport mode , walaupun tanpa paddle shift. Seandainya paddle shift dijadikan fitur asli dari AN CX5, bukan opsional seperti saat ini, pasti bakal lebih fun to drive lagi.
Selain itu handling mobil ini juga terbaik dikelasnya, gak ada gejala limbung saat melibas tikungan, dan bobot setirnya juga lebih enteng dibanding model sebelumnya. Perpindahan transmisi 6 speednya juga smooth dan sigap, sehingga menambah kesan fun to drive dari mobil ini . Sayangnya, bantingan suspensi menjadi kelemahannya, walaupun jauh lebih empuk dibanding model sebelumnya, CX5 masih belum bisa mengalahkan CRV dan Xtrail dalam hal kenyamanan dan keempukan suspensi. Selain itu konsumsi BBM mobil ini juga termasuk irit, 1: 8,5 dalkot kalau kaki gak sekolah, kalau kaki2 sekolah bisa dapet 1:13-14, beda tipis dengan model sebelumnya yg mencatat 1: 11 – 12 dalkotnya
8. Conclusion
Kelebihan :
-Fitur melimpah
- Desain exterior dan interior
- Mesin bertenaga
- Irit BBM
- Handling oke
- Fun to drive
- Transmisi sigap dan smooth
- Value for money
- Interior quality terbaik di kelasnya
- Speaker BOSE
- Kaya feedback
- Teknologi hampir menyamai mobil eropa
- Sistem navigasi
- Jok pengemudi dan penumpang sudah elektrik
- Keheningan dan peredaman kabin yang terbaik di kelasnya
Kelemahan:
- Bantingan suspensi gak empuk2 amat
- Row 2 agak sempit
- Bagasi gak seluas lawan2nya
- Lampu kabin masih halogen
- Speedo blm digital
- Sparepart mahal dan inden lama
- Citra merek
- Velg 19 inchnya sekilas agak kekecilan
Selama 5 bulan pemakaian, belum ada masalah yang berarti, semoga awet sampai 5 tahun kedepan
Kesimpulannya , this car is still the best medium on it’s class for me, dengan semua kelebihan dan kekurangannya. Intinya mobil ini cocok untuk anda yang:
- Gak mikirin RV dan brand
- Ingin mobil dengan interior dan teknologi mobil eropa, namun merasa mobil eropa terlalu mahal
- Tech and gimmick enthusiast
- Driving enthusiast
- Ingin medium SUV yang fun to drive, fitur banyak , dan style + prestige yg gak malu2in buat mobil jepang
Sebaliknya, jangan beli mobil ini apabila anda:
- Masih mikirin brand dan Resale value (Mobil itu dibeli buat dinikmatin, bukan buat investasi, kalo mau buat investasi beli rumah / tanah / emas aja hehehe)
- Mementingkan kenyamanan
- Mencari mobil dengan bantingan suspensi yang empuk
- Mencari mobil dengan bagasi yang luas dan row 2 yang lega
With my old CX5
That’s all of my review, mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat. Thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Nice review om. Mobil ini selalu berhasil bikin saya noleh pas di jalan karena kegantengannya, apalagi yang warna soul red, terlihat cantik dibawah pantulan lampu di malam hari.
Kekedapan kabin dibandingkan gen 1 bagaimana om, apakah bedanya signifikan? Kalau dibandingkan CRV dan Xtrail bagaimana kekedapannya?
Kekedapan kabin dibandingkan gen 1 bagaimana om, apakah bedanya signifikan? Kalau dibandingkan CRV dan Xtrail bagaimana kekedapannya?
-
- SM Specialist
- Posts: 4730
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Nice Review om Pboyz97
Saya jadi teringat, kalo tidak salah tahun 2012 saya langsung TD CX5 warna biru dg varian GT di Mazda Bogor, hari itu adalah hari pertama launching CX5 ...mobil yang bagus dan hampir saja saya beli.. walau akhir nya malah beli Outlander Sport [emoji16][emoji16][emoji16]
Saya jadi teringat, kalo tidak salah tahun 2012 saya langsung TD CX5 warna biru dg varian GT di Mazda Bogor, hari itu adalah hari pertama launching CX5 ...mobil yang bagus dan hampir saja saya beli.. walau akhir nya malah beli Outlander Sport [emoji16][emoji16][emoji16]
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Review yg sangat menarik om TS, sangat dijelaskan fitur2 yg melimpah di CX-5 Elite, sampai2 ane baru sadar ada fitur itu jg di Mazda 2 GT ane,
Zoom-zoom
Zoom-zoom
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
- Location: Republic Of CH
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Review super lengkap,,, good job... bikin video review om ,, biar SM ada reviewer yg handal selain chriz,,,
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Review nya bagus n baru tau variannya ada banyak. Menurut saya secara keseluruhan design CX-5 yg awal maupun all new model ini ga cantik n kurang proporsional (subyektif ya), tapi per bagian design-nya emang futuristik banget. Sementara klo CX-3, CX-9 proporsional menurut saya. Yang paling saya suka di generasi sebelumnya bagian spion nya, ada sein tapi posisi tersembunyi, jadi tetep keliatan sporty n ga mengganggu design spion nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Om kira2 apakah ada perbedaan pajak antara cbu japan dan malay? Kalo fitur tidak berubah ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Warna mobilnya cakep... Lebh cakep dari merahnya Mazda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
pagi2 mendung, buka SM, cek thread, baca ripiu, baca komen dan ada ginianr12qiSonH4ji wrote: ↑Sun Jan 27, 2019 23:53 Review yg sangat menarik om TS, sangat dijelaskan fitur2 yg melimpah di CX-5 Elite, sampai2 ane baru sadar ada fitur itu jg di Mazda 2 GT ane,
Zoom-zoom
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
AN CX5 yg warna hitam sll buat ane penasaran sma it mobil, dgn design mobil yg skg trus dikasih warna hitam..
Perfect buat ngaca di body mobil ini..
Note: kalo mobilnya kinclong yahhhh,,,
Perfect buat ngaca di body mobil ini..
Note: kalo mobilnya kinclong yahhhh,,,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Kl headlampnya gmn om?
Terang dan tembus hujankah?
Terang dan tembus hujankah?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
keren emang mazda, dari foto aja saya ngebayangin naik mobil ini ga akan pernah bosen karena banyak yg bisa 'dimainkan' di dalam nya
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Apr 01, 2015 16:06
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Itu beneran om, dalkot separah2nya dpt 1 : 8.5 ? kalau normal dalkot 1: 13-14 ? Wah kl emang bener segitu, bisa menggantikan xtrail T32 saya nih, yang dalkot cuma dpt 1:6an.. Daerah Jaksel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
keren ripiunya, ga skalian bikin ripiu mazda 6 estate om? sptnya bakalan dkasih mbl buat test krn rajin beli mazda hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Kemarin di ig nya permaisuri ada cx5 item ganti velg ke enkei gile keren banget
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Nice Om.
Enjoy your new ride !
Jinba-ittai spirit is yours now !
Enjoy your new ride !
Jinba-ittai spirit is yours now !
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Mar 30, 2016 9:08
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Good review Oom. Semoga awet dan membawa rejeki.
Dulu sempet pengen ini mobil. Sekarang mobil kantor pake ini.
Saya bisa mengerti kenapa reviewer2 mobil banyak yang suka Mazda. Tapi karena pake supir jadi cuma bisa ngerasain jadi penumpang yang sepertinya ngga dapet perhatian dari Mazda sebanyak pengemudi. Menurut saya yang bikin kerasa keras bukan suspensinya tapi tempat duduknya yang kurang empuk. Mungkin pantat saya yang tipis. Desain jok depan juga mengurangi visibiltas penumpang belakang dan memberikan kesan sempit.
Tapi untuk pengemudi dan fitur kayaknya ini salah satu yang terbaik.
Dulu sempet pengen ini mobil. Sekarang mobil kantor pake ini.
Saya bisa mengerti kenapa reviewer2 mobil banyak yang suka Mazda. Tapi karena pake supir jadi cuma bisa ngerasain jadi penumpang yang sepertinya ngga dapet perhatian dari Mazda sebanyak pengemudi. Menurut saya yang bikin kerasa keras bukan suspensinya tapi tempat duduknya yang kurang empuk. Mungkin pantat saya yang tipis. Desain jok depan juga mengurangi visibiltas penumpang belakang dan memberikan kesan sempit.
Tapi untuk pengemudi dan fitur kayaknya ini salah satu yang terbaik.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Mobil kantor + sopir kok Mazda om.. ?Johnrambo wrote: ↑Mon Jan 28, 2019 9:06 Good review Oom. Semoga awet dan membawa rejeki.
Dulu sempet pengen ini mobil. Sekarang mobil kantor pake ini.
Saya bisa mengerti kenapa reviewer2 mobil banyak yang suka Mazda. Tapi karena pake supir jadi cuma bisa ngerasain jadi penumpang yang sepertinya ngga dapet perhatian dari Mazda sebanyak pengemudi. Menurut saya yang bikin kerasa keras bukan suspensinya tapi tempat duduknya yang kurang empuk. Mungkin pantat saya yang tipis. Desain jok depan juga mengurangi visibiltas penumpang belakang dan memberikan kesan sempit.
Tapi untuk pengemudi dan fitur kayaknya ini salah satu yang terbaik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Keren bgt reviewnya , headlamp cx5 seksi bgt dgn projectornya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 635
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Kanebo kering IN ACTION hahaha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Dec 12, 2015 14:43
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Great review Pboyz97! Mobil ini memang paling value for money di kelas suv 500jtan. Sayang fitur Tire Pressure Monitoring Systemnya disunat di generasi ini. Trus arm restnya juga kurang maju buat saya. Back light di tombol pintu driver cuma power window driver aja, harusnya tombol yg lain dikasi back light juga. Dan spion gak auto fold waktu dikunci. Other than that, this car is great sampe bini cinta berat lebih milih sering pake ini daripada w205
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 469
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Lengkap banget review nya Om, jadi bikin pengen punya mobil ini hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Nais ripiu om.
Salah satu mobil impian ane ini.
Lumayan jg konsumsi BBM nya om, ini pake bensin oktan berapa ya?
Salah satu mobil impian ane ini.
Lumayan jg konsumsi BBM nya om, ini pake bensin oktan berapa ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 587
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
Cakep review n mobilnya om.
Gaya ulasannya kaya in dept tour Om B.
Gaya ulasannya kaya in dept tour Om B.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018
lampu kabin halogen? bukannya bohlam pijar biasa?
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL