Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

erwin95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by erwin95 »

Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by michaelgiri93 »

kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwin95 wrote:Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
Mungkin maksudnya Multiflow dan Corrugated. Kalo untuk kendinginannya jelas lebih bagus Multiflow, karena lebih banyak dsm halus sirip2nya, dan flownya ngga single kaya Corrugated. Kelemahannya kalo kompresor jebol pasti harus ganti kondensornya, tidak seperti Corrugated masih bs diflushing. Kalo saya pribadi lebih memilih Multiflow.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel. Dan otomatis AC akan terjadi jika tercapai kedinginan maksimal di Evaporator, kalo ngga ada otomatisnya, ada problem di sistem AC nya dan jadi salah satu penyebab Kompresor jebol karena jalan terus tanpa ada cut-off.
Last edited by kemuningauto on Wed Jul 10, 2019 5:42, edited 1 time in total.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by michaelgiri93 »

kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oh begitu
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oh begitu
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by michaelgiri93 »

kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.

Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
meteor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:28

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by meteor »

om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
User avatar
afifyulianto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Aug 15, 2018 10:49
Location: Surabaya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by afifyulianto »

Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

meteor wrote:om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
Ngga usah bos. Mungkin tarikan awal akan lebih enteng. Tapi kalo udah speed di atas 130 km/h dan dengan rpm di atas 4.000 otomatis tekanan High Pressure akan tinggi dan otomatis akan mati sendiri Compressor untuk mencegah jebol karena sudah ada parts di sistem AC yang namanya "Pressure Switch".

Kecuali udah ngga ada parts tersebut, baru bisa dimatiin AC nya untuk meringankan beban mesin dan dinyalain blower (1-2-3-4) nya aja gapapa.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

afifyulianto wrote:Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
Kurang bagus, lebih ke penyegar ruangan. Apalagi kalo Evaporator mobil yang dipake setiap hari dan udah 3-4 tahunan ngga pernah dibersihin. Sama aja kaya baju kotor disemprot2 pewangi, ngga akan bikin bersih. Harusnya diturunin dan disikat.


Contoh Evaporator Belakang Evalia ini.
IMG_20190628_172415.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by michaelgiri93 »

kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 6:02
michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.

Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
Oke om
Nanti saya cek itu semua
Makasih ya om info²nya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33
iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33
iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33 Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesana
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19
iwing wrote: thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesana
X-Over ngga perlu buka dashboard, lewat bawah dia.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by IGedeAmat »

Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Mungkin lebih ke mencegah selip Clutchnya Compressor kalo mobil yang Compressornya di bawah, dan biar lebih enteng tarikan.

Kalo kesedot Compressor ngga bisa, karena Compressor tertutup rapat dengan 2 buah selang (suction dan discharge).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Herman7103 »

IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?
:glodak:
HR15DE 2014
syamil2013
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
Location: Bogor
Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by syamil2013 »

WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Herman7103 wrote:
IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?
Hmm menurut saya ngga terlalu ngefek kalo cuma genangan kecil dan sesekali. Kecuali tiap hari terus2an, apalagi deket air laut baru deh cepet karatan.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

syamil2013 wrote:WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Om kemuning...

Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
Mazda2_CX3 AC.jpg
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752

Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....

Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

josomba wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Om kemuning...

Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
Mazda2_CX3 AC.jpg
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752

Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....

Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).
Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.

Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.

Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.

Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id