Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Salvanost »

Saya cuma copy paste doank pas iseng2 nyari bahan berita buat trid sebelah yg bahas polusi udara di Jakarta

https://doktersehat.com/naik-mobil-yang ... usi-udara/
Banyak orang yang memilih untuk memakai mobil demi menembus kemacetan lalu lintas di kota besar karena bisa membuat mereka terhindar dari polusi udara.

Hal yang berbeda terjadi jika kita memakai sepeda motor, sepeda, atau berjalan kaki yang tentu akan membuat tubuh terpapar langsung polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. Apakah pilihan ini memang lebih baik bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan menutup rapat kaca mobil dan menyalakan pendingin udara, ternyata kadar polusi udara di dalam mobil tetap saja tinggi.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, ada cukup banyak partikel berbahaya di dalam mobil. Hal ini berarti, meskipun kita tidak akan merasakan bau asap gas buang kendaraan, tetap saja memakai mobil saat menembus kemacetan bisa memberikan bahaya bagi kesehatan.

Tanpa kita sadari di dalam kabin mobil yang kita gunakan terdapat bahan kimia dalam konsentrasi tinggi yang bisa memicu stress oksidatif daan mengembangkan gangguan pernapasan, gangguan jantung, hingga menyebabkan penyakit neuro-degeneratif dan kanker.

Michael Bergin, pakar kesehatan dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa meskipun di dalam mobil yang tertutup, kita tetap saja akan terpapar polusi udara dua kali lipat lebih banyak jika berkendara di jam macet.

Dalam penelitiannya yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Atmospheric Environment ini, disebutkan bahwa polutan ini bisa merusak sel-sel dan DNA sehat pada tubuh.

Penelitian yang melibatkan pengguna 30 mobil yang berbeda-beda di Atlanta, Amerika Serikat ini dilakukan dengan cara meletakkan alat khusus yang bisa mendeteksi kondisi udara di dalam mobil yang tertutup rapat saat melaju di jam sibuk.

Apa hasilnya? polusi udara di dalam mobil justru dua kali lebih banyak dari yang kita terima saat berdiri atau berjalan di pinggir jalan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap memakai masker saat menyetir mobil saat jam macet demi menurunkan paparan polusi udara.
Sampai disuruh make masker dalam mobil :big_think:

Kayanya ini ada hubungan sama mode ventilasi sumber udara ambil dalam kabin atau luar kabin (siklus udara kabin mobil)
Dalam catatan mereka, Toyota C-HR memiliki kinerja sistem terburuk dengan hanya mampu memblokir satu persen polutan. Sementara VW Polo dan Ford Fiesta memiliki catatan lebih baik, mampu melebur 35 persen dan 40 persen.

Pada merek lain, seperti Jaguar E-Pace mampu menyaring 43 persen polusi, VW Touran (59 persen), dan kemampuan Astra Vauxhall yang memblokir 83 persen.

Sementara untuk model Mercedes E-Class dicatat mampu memurnikan hingga 90 persen dari udara yang masuk. Hal itu menunjukkan kalau teknologi yang ada pada mobil tersebut mampu melindungi penumpang secara substansial.

Dalam pengujian laboratorium, perbedaan ini terjadi karena tidak adanya standar dari pemerintah yang mengatur sistem penyaringan udara untuk kabin kendaraan.

Catatan lain menyebutkan, kemampuan Ford Fiesta yang mampu menyaring 40 persen udara kotor ke kabin kendaraan, masih berpotensi membuat pengemudinya menghirup hampir 13 juta partikel berbahaya dalam setiap helaan napas.

Analis Emisi, Nick Molden, mengatakan kepada The Sunday Times; "Pengemudi dapat terpapar pada tingkat polusi tinggi, padahal mereka yakin mobil mereka terlindungi oleh sistem penyaringan udara dan ventilasi."
Mistery artikel ini kemungkinan besar cuma bisa dijawan oleh yg ngerti sirkulasi ventilasi Mercedes E-class... Entah apa bedanya sama ventilasi CH-R

Note: kayanya filter udara kabir Mercedes emang bagus punya
Udah ada sertifikasi buat cegah asma dan alergi
Last edited by Salvanost on Tue Jul 30, 2019 18:38, edited 1 time in total.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Salvanost »

https://otodriver.com/article/view/awas ... 8tuHqmlq_U

Jika Anda berpikir bepergian dengan mengemudi mobil pribadi akan mendapat paparan polusi lebih sedikit, ternyata belum tentu benar. Sebab, ternyata justru di dalam mobil juga terjadi polusi udara.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah artikel ilmiah pada situs Alodokter, terungkap bahwa polusi di dalam ruangan 2 sampai 5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi di luar ruangan, salah satunya adalah polusi yang tidak Anda sadari saat sedang berada di dalam mobil.

Hasil penelitian Environmental Protection Agency juga menyatakan bahwa paparan partikular berbahaya dan karbon hitam yang diderita pengendara mobil pribadi juga lebih tinggi dibandingkan pengendara sepeda, penumpang kereta dan bus.

Salah satunya dikarenakan gas buang dari kendaraan di depan Anda. Walau sudah ada filter AC, namun tak semua partikel berbahaya dapat tersaring, dengan demikian secara tak sadar penumpang menghirup polusi dari asap knalpot kendaraan di depannya.

Saat AC menyala saja bisa terkontaminasi polusi, apalagi sengaja membuka kaca. Kotornya udara kabin juga diperparah dengan penumpang yang merokok maupun vaping.

Dalam artikel yang ditinjuau oleh dr. Kevin Adrian tersebut, terungkap pula bahwa sumber polusi kabin mobil tak cuma bersumber dari hal-hal itu. Bahkan ada pula polusi udara kabin yang penyebabnya dari bahan kimia.

Contohnya adalah aroma khas mobil baru, interior yang baru diperbaiki - aroma lem, maupun aroma sintetik dasbor maupun trim. Zat-zat berbahaya yang biasa timbul dari polusi bahan kimia ini antara lain benzena, toluena dan xilena. Sering kali kadar zat yang ditemukan melebihi standar kualitas udara yang diizinkan.

Jika terekspos secara terus-menerus, bahan-bahan kimia ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pusing, sakit kepala, mual, alergi dan sesak napas.
Kayanya emang ada hubungan sama udara terperangkap di dalam kabin mobil

Ini ada artikel lagi kalau macet parah disarankan buka kaca jendela

https://m.liputan6.com/health/read/3984 ... gle.com%2F

Liputan6.com, Jakarta Jelang arus balik, bagi Anda yang kembali ke rumah menggunakan kendaraan roda empat hendaknya memperhatikan sirkulasi udara di dalam mobil. Hal ini perlu menjadi perhatian terutama ketika macet.

Kalau kena macet, yang mesti diperhatikan adalah para pengguna mobil yang menggunakan AC," kata Agus Dwi Putranto, dokter spesialis paru di Jakarta, ditulis Kamis (6/6/2019).

Agus menyarankan bagi yang menggunakan mobil diminta sering membuka jendela dalam jangka waktu tertentu. Misalnya satu jam sekali.

"Karena dalam kabin tertutup, kita bernapas mengeluarkan CO2 (karbon dioksida). Kalau terlalu banyak di dalam kabin itu berbahaya. Maka dari itu, dalam periode tertentu, jendela harus dibuka," kata Agus.

Membuka kaca mobil secara berkala bertujuan agar CO2 yang ada di dalam kabin bercampur udara dari luar dan normal kembali. Kemudian, Anda harus menutup jendela mobil kembali.

"Kita tidak boleh membuka terlalu lama, tapi juga harus menjaga kualitas udara dalam kabin," ujar pria yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia ini.

Hal ini juga agar polusi udara tidak masuk ke dalam mobil.


Agus mengatakan, sirkulasi di dalam mobil haruslah bersih dari polusi. Caranya adalah dengan re-circulate.

"Jadi udara yang dari dalam masuk kembali. Jangan dari luar. Kan ada mobil yang AC-nya mengambil udara dari luar. Kalau lagi macet terus di luar kendaraan polutan tinggi kita menggunakan dari luar, malah masuk ke dalam kabin," Agus memaparkan.

Hal ini berisiko memasukkan bahan-bahan beracun dan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Salah satunya adalah karbon monoksida./quote]
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by vipere »

jangan2 ini iklan air purifier. [emo-yesno]
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by ak4ng »

Manfaat nanoe atau plasmacluster itu apa dong y? Gimmick?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by martinnn »

Penjualan air purifier meningkat nih
:big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by marmut »

coba sebutin dimana yang ngga ada polusi? di kamar mandi aja kalo lagi bongkar muatan pagi-pagi jelas banget polusinya.
mau idup di kantong plastik vakum?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by ginting »

Salvanost wrote: Tue Jul 30, 2019 18:20 Saya cuma copy paste doank pas iseng2 nyari bahan berita buat trid sebelah yg bahas polusi udara di Jakarta

https://doktersehat.com/naik-mobil-yang ... usi-udara/
Banyak orang yang memilih untuk memakai mobil demi menembus kemacetan lalu lintas di kota besar karena bisa membuat mereka terhindar dari polusi udara.

Hal yang berbeda terjadi jika kita memakai sepeda motor, sepeda, atau berjalan kaki yang tentu akan membuat tubuh terpapar langsung polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. Apakah pilihan ini memang lebih baik bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan menutup rapat kaca mobil dan menyalakan pendingin udara, ternyata kadar polusi udara di dalam mobil tetap saja tinggi.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, ada cukup banyak partikel berbahaya di dalam mobil. Hal ini berarti, meskipun kita tidak akan merasakan bau asap gas buang kendaraan, tetap saja memakai mobil saat menembus kemacetan bisa memberikan bahaya bagi kesehatan.

Tanpa kita sadari di dalam kabin mobil yang kita gunakan terdapat bahan kimia dalam konsentrasi tinggi yang bisa memicu stress oksidatif daan mengembangkan gangguan pernapasan, gangguan jantung, hingga menyebabkan penyakit neuro-degeneratif dan kanker.

Michael Bergin, pakar kesehatan dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa meskipun di dalam mobil yang tertutup, kita tetap saja akan terpapar polusi udara dua kali lipat lebih banyak jika berkendara di jam macet.

Dalam penelitiannya yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Atmospheric Environment ini, disebutkan bahwa polutan ini bisa merusak sel-sel dan DNA sehat pada tubuh.

Penelitian yang melibatkan pengguna 30 mobil yang berbeda-beda di Atlanta, Amerika Serikat ini dilakukan dengan cara meletakkan alat khusus yang bisa mendeteksi kondisi udara di dalam mobil yang tertutup rapat saat melaju di jam sibuk.

Apa hasilnya? polusi udara di dalam mobil justru dua kali lebih banyak dari yang kita terima saat berdiri atau berjalan di pinggir jalan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap memakai masker saat menyetir mobil saat jam macet demi menurunkan paparan polusi udara.
Sampai disuruh make masker dalam mobil :big_think:

Kayanya ini ada hubungan sama mode ventilasi sumber udara ambil dalam kabin atau luar kabin (siklus udara kabin mobil)
Dalam catatan mereka, Toyota C-HR memiliki kinerja sistem terburuk dengan hanya mampu memblokir satu persen polutan. Sementara VW Polo dan Ford Fiesta memiliki catatan lebih baik, mampu melebur 35 persen dan 40 persen.

Pada merek lain, seperti Jaguar E-Pace mampu menyaring 43 persen polusi, VW Touran (59 persen), dan kemampuan Astra Vauxhall yang memblokir 83 persen.

Sementara untuk model Mercedes E-Class dicatat mampu memurnikan hingga 90 persen dari udara yang masuk. Hal itu menunjukkan kalau teknologi yang ada pada mobil tersebut mampu melindungi penumpang secara substansial.

Dalam pengujian laboratorium, perbedaan ini terjadi karena tidak adanya standar dari pemerintah yang mengatur sistem penyaringan udara untuk kabin kendaraan.

Catatan lain menyebutkan, kemampuan Ford Fiesta yang mampu menyaring 40 persen udara kotor ke kabin kendaraan, masih berpotensi membuat pengemudinya menghirup hampir 13 juta partikel berbahaya dalam setiap helaan napas.

Analis Emisi, Nick Molden, mengatakan kepada The Sunday Times; "Pengemudi dapat terpapar pada tingkat polusi tinggi, padahal mereka yakin mobil mereka terlindungi oleh sistem penyaringan udara dan ventilasi."
Mistery artikel ini kemungkinan besar cuma bisa dijawan oleh yg ngerti sirkulasi ventilasi Mercedes E-class... Entah apa bedanya sama ventilasi CH-R

Note: kayanya filter udara kabir Mercedes emang bagus punya
Udah ada sertifikasi buat cegah asma dan alergi
Udara di dalam kabin itu kan berasal dari luar juga...
kalau udara diluar jorok masuk kabin harusnya minimal sudah difilter sedikit dan mencegah asap truk bak cumi cumi masuk.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by bensinsolar »

Di mobil ada ioniser beli 100rb an di ACE, semoga bisa cukup membantu [emo-yesno]
Kalau dikamar baru pake yg proper Plasma Cluster
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Wistuwis »

Kalau produk penyerap bau itu menyerap polusinya juga gak ya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by kunaskun »

nyerap polusi ya disaring. saringan juga banyak level kalau kelas rumahan pake standard HEPA.

ionizer atau plasmacluster semacamnya itu kan melepas banyak muatan ion negatif dan positif ke udara, meniru efek hutan basah di pegunungan, yg bikin udara pegunungan itu bersih dan segar padahal oksigen tipis karena efek ketinggian.

keduanya biasanya digabung jadi bersih d udara ruangan. kalau di mobil ya pake filter AC yang bagus + plasmacluster sejenisnya.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Salvanost »

Sebenarnya daripada ke arah ion
Lebih ke arah filter kabin HEPA

Soalnya Tesla sendiri air filternya HEPA punya dan diklaim sangat bagus

Saat ini standar baku polusi apa ga dicek lewat pm 2.5
Dan filter dengan standar pm 2.5 masih jarang

Dan ternyata ada produknya
https://www.autos.id/berita-otomotif/fe ... bin-mobil/

BUKAN IKLAN :mky_01:
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Wistuwis »

Klo logika saya bau itu dibawa partikel yg berbau. Dan kalau pakai penghilang bau maka partikelnya ikut terhisap sehingga menyebabkan bau hilang. Hehe...
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Salvanost »

Jujur aja saya ga yakin bagus pake filter beginian buat hilangin bau

Saya ada 3 filter ruangan di rumah
Dan 3-3nya kalau udah bau, itu nyemprot anginnya bau juga
Pertanda harus ganti filternya yg harganya muhul
Kalau males ganti ya harus siap2 sama baunya itu

Lebih repot dibanding filter biasa
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by iwing »

saya cuma pake gajah/bagus mobil yang mengandung karbon di mobil. klo artikel di atas, mungkin ada benarnya karena jendela mobil yang gak pernah di buka menyebabkan konsentrasi co2 terlalu tinggi di dalam mobil dan itu gak bagus

produk2 seperti ion2 itu, saya gak yakin. yang utama dibutuhkan tubuh kan oksigen sedangkan di dalam mobil yang jendela jarang dibuka justru co2 nya yang tinggi

karena itu di buku manual mobil pasti disebutin, misal setiap 1 jam, perlu ambil udara dari luar bbrp menit
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by htk »

masuk akal sih...
coba deh karpet mobil yang bahan beludru kita keluarin, kita tepok2 pas siang hari, tuh debu banyak banget...
itu debu yg gak keliatan mata kan muter2 di dalam mobil kita, setelan sirkulasi AC kan kebanyakan muterin udara di dalam mobil, pas kondensor AC yang ngisep udara kabin juga biasanya ada di bawah glove box, mantep deh...

kalo pake plasmacluster kan produk nya cuma mengeluarkan ion2 gitu, bikin kabin gak bau aja...
sama juga produk yang isi nya charcoal, menghilangkan bau aja...
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by fabreguz »

nais info bung salvanos :big_exellent: :big_exellent:
dari dulu sy jg ragu kalo byk yg bilang di dalam kabin mobil aman2 sahaza. karna mobil ttp terpapar dgn udara di luar yg jika penuh polusi ya ttp bs masuk ke kabin [emo-police] [emo-police]
ternyata bner2 ndak aman :big_bored: :big_dunno:
Don't Imageate
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by racho »

hayooo ngakuuu....
siapa aja yang baca trit ini tapi knalpot mobilnya pake knalpot resing?

:big_slap:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by Salvanost »

I suppose that some of those reading this will probably now make mention of high-end air filtering systems — the one available in the Tesla Model X, for instance — and, yes, if you’re rich enough to afford a car with such a system, then the issue doesn’t affect you as much. Everyone else, though…

Intinya: filter udara tesla model X udah canggih buat issue polusi di dalam kabin mobil

https://cleantechnica.com/2017/07/30/ca ... y-thought/

Image

Kalau ga salah hospital grade HEPA filter
Guedeee banget hahaha
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by twa »

honeywell n xiaomi kan ada keluarin tuh car air purifier standart filter HEPA, tinggal colok
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by paidjho »

Salvanost wrote:Sebenarnya daripada ke arah ion
Lebih ke arah filter kabin HEPA

Soalnya Tesla sendiri air filternya HEPA punya dan diklaim sangat bagus

Saat ini standar baku polusi apa ga dicek lewat pm 2.5
Dan filter dengan standar pm 2.5 masih jarang

Dan ternyata ada produknya
https://www.autos.id/berita-otomotif/fe ... bin-mobil/

BUKAN IKLAN :mky_01:
Sepertinya beda fungsi...

Hepa buat filter partikel, spt partikel, debu.

Ion/plasmacluster & ozone, buat anti allergic, menghilangkan bakteri2, jamur, dan menambah jumlah oxygen.
Ion gak efektif buat bau.
Ozon efektif buat bau, tp konsentrasi terlalu besar bisa menyebabkan kanker.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by kunaskun »

paidjho wrote: Tue Aug 06, 2019 13:49 Sepertinya beda fungsi...

Hepa buat filter partikel, spt partikel, debu.

Ion/plasmacluster & ozone, buat anti allergic, menghilangkan bakteri2, jamur, dan menambah jumlah oxygen.
Ion gak efektif buat bau.
Ozon efektif buat bau, tp konsentrasi terlalu besar bisa menyebabkan kanker.
yep, setuju beda. HEPA itu standard untuk filtrasi, untuk yg lain butuh ionizer/ozon/humidifier dsb tapi di Tesla yg segede gitu:

https://electrek.co/2018/06/01/elon-mus ... ir-filter/

"Model S & X also have an acid gas filter, an alkaline gas filter & a carbon monoxide detector that autoswitches car to recirc mode. We should prob tell people about this more. Filters are giant, so too big to fit in Model 3."

kalau dari googling filter Tesla Model X itu ada 2, yang gede banget itu namanya Bioweapon Defense Mode, nah ini grade-nya memang kaya buat doomsday karena surpassed military grade. kenapa gede banget, buat efisiensi dan longevity + Pressurized cabin air mode (kaya di pesawat), gila. harganya? 750 USD part only. mungkin dengan ongkos tembus 1000 USD. worth? menruut saya iya.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Wah ternyata polusi di dalam mobil lebih parah dibanding diluar mobil

Post by paidjho »

kunaskun wrote:
paidjho wrote: Tue Aug 06, 2019 13:49 Sepertinya beda fungsi...

Hepa buat filter partikel, spt partikel, debu.

Ion/plasmacluster & ozone, buat anti allergic, menghilangkan bakteri2, jamur, dan menambah jumlah oxygen.
Ion gak efektif buat bau.
Ozon efektif buat bau, tp konsentrasi terlalu besar bisa menyebabkan kanker.
yep, setuju beda. HEPA itu standard untuk filtrasi, untuk yg lain butuh ionizer/ozon/humidifier dsb tapi di Tesla yg segede gitu:

https://electrek.co/2018/06/01/elon-mus ... ir-filter/

"Model S & X also have an acid gas filter, an alkaline gas filter & a carbon monoxide detector that autoswitches car to recirc mode. We should prob tell people about this more. Filters are giant, so too big to fit in Model 3."

kalau dari googling filter Tesla Model X itu ada 2, yang gede banget itu namanya Bioweapon Defense Mode, nah ini grade-nya memang kaya buat doomsday karena surpassed military grade. kenapa gede banget, buat efisiensi dan longevity + Pressurized cabin air mode (kaya di pesawat), gila. harganya? 750 USD part only. mungkin dengan ongkos tembus 1000 USD. worth? menruut saya iya.
Tesla gedhe krn filter cabin ndak bisa nyaring ukuran partikel 3 micron sebanyak 99.97%...
Kalau ukuran nya kecil, air flow nya nggak bisa besar...