Chevrolet stop jualan di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ChZ »

FU27 wrote: 19 Feb 2020, 13:09 Pantesan udah announce jauh2 hari dan cuci gudang. Gak taunya ada berita mengejutkan lagi. Kemungkinan abis ini, ga ada lagi yang beli stok sisanya.
berakhir jadi besi tua... atau dikampakin... lumayan buat stok spare part...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by maastricht889 »

sealplayerz wrote: 19 Feb 2020, 11:00 yah intinya GM udah mundur pasar setir kanan dunia yg tersisa yaitu australia selandia baru sama thailand. GM korea juga banyak masalah jadi kalo misalkan akan tutup udah gak kaget.
Kl singapur, malaysia gimana om? Banyak itu taxi pake chevy epica diesel, trs orlando beberapa
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Omnibus »

Jambangan wrote: 19 Feb 2020, 11:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
FAN BOY

FAN BOY .......

What cha' gonna do ......

What cha' gonna do if we run from you




:big_grin:


(#Bad Boyz)
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by sealplayerz »

erwinign wrote: 19 Feb 2020, 13:41
sealplayerz wrote: 19 Feb 2020, 11:00 yah intinya GM udah mundur pasar setir kanan dunia yg tersisa yaitu australia selandia baru sama thailand. GM korea juga banyak masalah jadi kalo misalkan akan tutup udah gak kaget.
Kl singapur, malaysia gimana om? Banyak itu taxi pake chevy epica diesel, trs orlando beberapa
Belum nemu beritanya tapi kalo gak salah yg di singapura malaysia filipina itu cuman atpm distributor bukan anak perusahaan langsung GM jadi bergantung pasokannya sama GM thailand yg baru dijual pabriknya ke great wall motors sama GM korea. Yg tutup itu anak perusahaan langsung dari GM di pasar RHD dunia. Cmiiw
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Tampanman »

Jambangan wrote: 19 Feb 2020, 11:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
Banyak orang yang logikanya terbalik, jualan ga laku malah salahkan pasar, padahal mereka yang tidak bisa berinovasi, menyesuaikan produk dengan selera pasar..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Turboman »

GM sudah mengubur nama baiknya sendiri di banyak negara........

GM = Gemblung Motor ?
Screenshot_2020-02-20-00-07-24-689_com.google.android.youtube.jpg
Screenshot_2020-02-20-00-07-24-689_com.google.android.youtube.jpg (75.84 KiB) Viewed 542 times
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ginting »

Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Andhyka »

ginting wrote: 20 Feb 2020, 00:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Betul juga sih tipe yang sudah discontinue malah banyak peminatnya.

Enaknya punya mobil discontinue yaitu bebas dari perubahan facelift (3 tahunan) dan juga ganti model all-new (6 tahunan).

Mercy C300 1-2 tahun lagi ganti model total, Vellfire/Alphard juga sama tahun 2022 keluar model all-new. Honda Jazz ganti model tahun ini, Mazda2 model barunya rilis tahun depan.

Sudah hampir dipastikan all-new Alphard kalo launching, banyak owner sebelumnya pada buruan jual yang lama untuk beli yang baru.

Mobil discontinue akan abadi dan selalu baru, karena tidak akan pernah digantikan oleh facelift/all-new.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by FU27 »

ginting wrote: 20 Feb 2020, 00:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Mungkin ya. Buat dikampak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Turboman »

ginting wrote:Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
Liat index harga spare parts nya

Panther kan parts nya murah2

Cepi ?
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by bensinsolar »

Cari partsnya bakal susah ni, bener2 drastic action tp necessary. Replacement bwt SE Asia dengan product tier 2/3 (Wuling etc) & Australia dengan product tier 1 (Buick, Cadillac & Corvette as HSV)
Dari awal ud berasa aneh produk Wuling masa dijadikan Chevrolet Captiva, ya mending tutup sekalian, keluarkan mobil sesuai nameplate aslinya, biar para fansboy Wuling ga boasting/salah persepsi Chevrolet = Wuling.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by casabalancas »

Orang makin kesini makin smart, kalau mau ngerawat mobil yang partsnya mahal mending ngerawat mobil premium saja, ngapain merk2 nanggung macam chevy gini. Analisa bodoh saya, mungkin GM kalau malah all out dengan Cadilac untuk melawan Mercy, BMW, Lexus malah bisa survive dan cetak untung besar, apalagi sudah punya brand history sebagai mobil kenegaraan dan mobil pemimpin-pemimpin besar
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by iwing »

ginting wrote: 20 Feb 2020, 00:23 Mari kita coba lihat dari sisi opportunity.

jangan2 pasca tutup malah product chevy (bekas) banyak dicari orang..
panther juga bakal disuntik mati, tp malah banyak yg cari bekasnya.
klo orang seperti saya, sama dengan cari masalah wkkwkwkwk. sangat berbeda dibanding panther
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Turboman »

Utk produk Chevy yg dicari2 orang / barang koleksi :
- Yg buatan sebelum 1970
- Opel Blazer
- Holden Commodore HSV (sampe yg edisi terakhir)
- Corvette & mesin LS nya

HSV sejak dia diskontinu aja harga seken nya pelan2 naik melebihi harga baru-nya, apalagi dgn pengumuman Chevy out from Oz

Monggo tambahken
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by jivos »

bantu up dl deh...
indahnya slg b'bagi info .... :mky_03:

mendadak trit chevrolet..tiban meniban ini trit dg newcomernya :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ChZ »

Tampanman wrote: 19 Feb 2020, 18:11
Jambangan wrote: 19 Feb 2020, 11:35 Kasian fanboy2nya
Dikira selama ini pasar indon yg ga open minded
Ternyata brand nya sendiri cabut dari pasar RHD
Banyak orang yang logikanya terbalik, jualan ga laku malah salahkan pasar, padahal mereka yang tidak bisa berinovasi, menyesuaikan produk dengan selera pasar..
ibaratnya nilai jelek karena tdk belajar tapi nyalahin orang yang pinter krn belajar...

ada byk brand non-mainstream yg bisa survive dan mencetak penjualan bagus dgn brand awareness yang kuat... terus salah pasarnya dimana? mazda, mitsubishi passenger sempat jeblok tapi naik lagi.

GM kan bukan brand miskin, one of the oldest automakers dan market cap nya besar... membawahi banyak brand.

Yang sempat di atas juga turun krn salah kelola (batu makam) ... mgk orang orang ini lupa VW itu mainstream di Jerman dan Fiat itu mainstream di Italia...

nanti mereknya jd mainstream malah dihujat... cuma orang sok hipster yang pengen tampil beda aja makanya nyalahin market yang ga bisa nerima productnya.

GM brand awarenessnya di US lumayan bagus jg krn punya barang macem Camaro dan Corvette....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: 04 Sep 2010, 10:44

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by pcx »

Sayang banget merk Holden yg dah lama jadi kebanggaan Aussie akhirna jg ikut disuntik mati

:weekk:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Michaelktp »

Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Pugman »

Michaelktp wrote: 29 May 2020, 16:26 Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.
Vauxhall itu dijual ke PSA Peugeot Citroen kan ya? Makanya kemarin lihat reviewnya Mat Watson saya agak heran, produk Vauxhall pakai platform Peugeot padahal seingat saya Vauxhall itu grup nya GM.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Michaelktp »

Pugman wrote: 29 May 2020, 16:53
Michaelktp wrote: 29 May 2020, 16:26 Holden memang disayangkan segera disuntik mati tahun depan secara sudah berkiprah selama 164 tahun yang berarti menyusul Oldsmobile, Saturn, Pontiac, Hummer dan SAAB masuk liang kubur. Brand-brand korban inefisiensi yang dilakukan oleh GM Global.
Opel, Lotus dan Vauxhall masih "beruntung" karena masih sempat laku dijual oleh GM Global ke investor lain.
Sementara Suzuki dan Isuzu jauh lebih beruntung lagi karena mempunyai power dan market yang kuat untuk putus hubungan dengan GM Global. Suzuki dengan penguasaan pasar mobil di India sementara Aliansi GM- Isuzu akhirnya berakhir sejak tahun 2016 secara Mitsubishi Corp trading company terbesar Japan bukan MMC menjadi pemegang saham mayoritas Isuzu Motor menggantikan posisi GM Global di Isuzu sejak tahun 1972. Karena kuatnya pasar D-Cab dan Light Truck Isuzu di Thai DM.
Vauxhall itu dijual ke PSA Peugeot Citroen kan ya? Makanya kemarin lihat reviewnya Mat Watson saya agak heran, produk Vauxhall pakai platform Peugeot padahal seingat saya Vauxhall itu grup nya GM.
Absolutely right, brow. Sejak tahun 2017 Vauxhall bersama Opel sekalian dijual ke PSA Groupe setelah lebih dari 90 tahun dibawah naungan GM Global.
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by impactful »

holden...

jadi ingat tunggangan semasa seragam putih biru...
gemini diesel 1982, spion tanduk, seminggu cuma beli solar Rp 2rb... waktu itu harga solar brp ya... ga sampai 400 kynya...
puter2 sampai pacet - celaket - cangar (suhu @Chz paham rute ini)

waktu dijual laku Rp 7jt (1996/7) :big_blushing:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Michaelktp »

pcx wrote: 19 Nov 2019, 14:52
Chevrolet merk mainstream di +62 saat era 70-80an. Masa itu populer sbg mobil fleet seperti Apanja skrg ini tapi mid 80an semasa kecil ane ingat kalo chevrolet Trooper populer banget sbg Mid SUV dijel sperti ANF & ANPS skrg ini bahkan ada Trooper yg enjin petrol jg :frm_salut:


Mulai awal 90an baru merk ini perlahan meredup karena mulai kalah bersaing dgn merk Jepun yg semakin agresif hingga akhirna skrg drop ke titik terendah ini :e-snooty:

Ane inget kalo byk Chevrolet dijel 7 seaater di era 80an dan mayoritas dijadikan mobil2 fleet antar jemput anak2 sekolah. Bibi ane jg punya dan ane sring numpang jadi masih inget suara enjin dijelna yg khas wkwkwk ternyata enjin dari Isuzu tho :mrgreen:

Versi PU na: Luv juga byk banget masa itu sbg armada angkutan barang2 dan sring diisi overload tapi ngacir trus full power :frm_tumbleft:
Mayoritas toko2 bangunan masa itu pasti punya Luv wkwkwkwk

Luv emank kondang sbg pick up yg enak digeber dgn GC rendah dan dijel powerful :frm_salut:
Dulu semasa abg bangor hopeng skul sering curi pakai Luv bokapna utk jalan2 dalkot tengah malem bareng ane. Setir kadang ngawur dan pernah dicegat pick up polisi karena ngelanggar jalan 1 arah. Disuruh nepi malah nekad kabur dan saat dikejar tentu kijang kancil pick up ga bisa mepetin lha wong doi nekad geber si Luv sampe 160 km/jam. ane sampe berdoa aza waktu liat jarum speedona wkwkwk edan :mrgreen:

:drinking:
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ginting »

Michaelktp wrote: 29 May 2020, 18:22
pcx wrote: 19 Nov 2019, 14:52
Chevrolet merk mainstream di +62 saat era 70-80an. Masa itu populer sbg mobil fleet seperti Apanja skrg ini tapi mid 80an semasa kecil ane ingat kalo chevrolet Trooper populer banget sbg Mid SUV dijel sperti ANF & ANPS skrg ini bahkan ada Trooper yg enjin petrol jg :frm_salut:


Mulai awal 90an baru merk ini perlahan meredup karena mulai kalah bersaing dgn merk Jepun yg semakin agresif hingga akhirna skrg drop ke titik terendah ini :e-snooty:

Ane inget kalo byk Chevrolet dijel 7 seaater di era 80an dan mayoritas dijadikan mobil2 fleet antar jemput anak2 sekolah. Bibi ane jg punya dan ane sring numpang jadi masih inget suara enjin dijelna yg khas wkwkwk ternyata enjin dari Isuzu tho :mrgreen:

Versi PU na: Luv juga byk banget masa itu sbg armada angkutan barang2 dan sring diisi overload tapi ngacir trus full power :frm_tumbleft:
Mayoritas toko2 bangunan masa itu pasti punya Luv wkwkwkwk

Luv emank kondang sbg pick up yg enak digeber dgn GC rendah dan dijel powerful :frm_salut:
Dulu semasa abg bangor hopeng skul sering curi pakai Luv bokapna utk jalan2 dalkot tengah malem bareng ane. Setir kadang ngawur dan pernah dicegat pick up polisi karena ngelanggar jalan 1 arah. Disuruh nepi malah nekad kabur dan saat dikejar tentu kijang kancil pick up ga bisa mepetin lha wong doi nekad geber si Luv sampe 160 km/jam. ane sampe berdoa aza waktu liat jarum speedona wkwkwk edan :mrgreen:

:drinking:
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
Sekarang kan banyak tuh Opel Blazer swap engine dengan mesin Panther.
Mungkin sepuluh tahun lagi banyak Trailblazer swap engine mesin MUX atau DMAX wkwkkww
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by gadjahalphien »

impactful wrote: 29 May 2020, 17:51 holden...

jadi ingat tunggangan semasa seragam putih biru...
gemini diesel 1982, spion tanduk, seminggu cuma beli solar Rp 2rb... waktu itu harga solar brp ya... ga sampai 400 kynya...
puter2 sampai pacet - celaket - cangar (suhu @Chz paham rute ini)

waktu dijual laku Rp 7jt (1996/7) :big_blushing:
Beneran se irit itu kah om?
2000/400 = 5 liter
Untuk jalur pacet-celaket-cangar

Dg rute naik turun yg sungguh ngangenin.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Michaelktp »

ginting wrote: 29 May 2020, 23:02
Michaelktp wrote: 29 May 2020, 18:22
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
Sekarang kan banyak tuh Opel Blazer swap engine dengan mesin Panther.
Mungkin sepuluh tahun lagi banyak Trailblazer swap engine mesin MUX atau DMAX wkwkkww
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Yup sudah pasti itu next 10 years hahaha.
Mengikuti kebiasaan GM Global yang memang jago mix platform dan mesin dari brand anak usahanya. Paling mudah terlihat pada Chevy SpinDies dan Suzuki ErtiDies yang serasa 1 platform dengan mesin 1.3 D Multijet dari Fiat.
Memang banyak sekali Opel Blazer swap engine dengan diesel Panther bahkan saya pernah dengar Opel Blazer swap dengan mesin diesel Mitsubishi L300 dan fine-fine saja hehehe. Luar biasa sebenarnya brand ini dan turunannya karena terasa universal banget.
Itu semua pasti karena rasa penasaran bagaimana performa Opel Blazer jika bermesin diesel secara Opel Blazer CKD Indo DM sejak tahun 1996 tidak ada mesin diesel. PT. GMI beralasan takut kalau Blazer diesel akan menggangu penjualan Chevrolet Trooper dan itu alasan tak logis. Oleh karena itu 2 varian Opel Blazer yang dirakit di Pondok Ungu Plant semuanya dirakit dengan mesin bensin dari Holden displacement 2.2L
Padahal yang sebenarnya adalah ironi karena benih perpecahan Aliansi GM-Isuzu perlahan mulai terjadi dengan Isuzu meluncurkan Panther tanpa rebadge Chevycars dan Blazer brand Opel bukan Chevrolet. Selain tanpa varian mesin diesel juga teknik marketing yang salah besar secara brand Opel lebih identik dengan sedan bukan SUV.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post