Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)

Post by ChZ »

richard t wrote: 29 Jun 2019, 00:22
Mau tanya om ChZ ,
Overheat bulan 9 ., kira2 sebab apa ya ? Apa bayak unit civic turbo yg kena overheat ?
Gak banyak. Nyaris gak ada. Cuma 1 unit itu kan sempat viral. Yang bikin males, gara2 1 unit viral ini kesannya honda berturbo "bermasalah bgt" padahal yang pake mah ketawa ketawa aja... yg overhit uda dpt.unit baru dan sampe skrg masih jalan dipake daily.

Oli jg semua tau itu parameternya banyak. Tp ngomong ampe berbusa busa juga klo udah bigot g bakal mau dengerin... Lol

Walau yang CRV batch awal misuh dikit kena tuas transmisi dan EPS gearbox bonus HU suka hang.

Utk spek indo mesin g ada komplen dan aman aman saja bisa saya pastikan. Skrg uda jln 10k punya saya kondisi remap g ada masalah tuh. Dalam.kondisi 9000km saya pake udah remapan. Bole dicek ke om bebonk.

Nanti ane update stelah serpis brikutnya bulan 10.

Maap baru bales oom
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

slowipah wrote: 25 Jun 2019, 16:14
metalkecil wrote: 25 Jun 2019, 14:15 Numpang tanya sama om2 disini,
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli, :big_dunno:
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli? [emo-mark-F]
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini :big_bored: :(
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks :big_deal:
Kl liat oil life nya segitu ane bs nebak fc nya boros ya om? 8kpl?
Kl di ane yg bisa 6000-7000km oil lifenya dgn fc kira 12kpl, tp ane ganti oli jg tetep di sekitar 8500km/6bln.

Jd dgn borosnya fc diartikan mesin bekerja lbh berat, sering kena macet lah, agreaif driving lah, sehingga menuntut ganti oli lbh cepat. Walopun mgkn ga perlu selebay oil life indicator honda
AVG di mid bisa jd alat ukur yg bagus seberapa berat beban mesin civic/CRV kita.

Coba pake luar kota deh, jamin tu oil life dikit bgt berkurangnya. Sya ngetol pake CRV oil life nyaris gak ngurang krn beban mesinnya ringan...

Civic dalkot dpt 12 km/l indikator selalu 5000
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: 24 Aug 2019, 21:06
slowipah wrote: 25 Jun 2019, 16:14
metalkecil wrote: 25 Jun 2019, 14:15 Numpang tanya sama om2 disini,
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli, :big_dunno:
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli? [emo-mark-F]
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini :big_bored: :(
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks :big_deal:
Kl liat oil life nya segitu ane bs nebak fc nya boros ya om? 8kpl?
Kl di ane yg bisa 6000-7000km oil lifenya dgn fc kira 12kpl, tp ane ganti oli jg tetep di sekitar 8500km/6bln.

Jd dgn borosnya fc diartikan mesin bekerja lbh berat, sering kena macet lah, agreaif driving lah, sehingga menuntut ganti oli lbh cepat. Walopun mgkn ga perlu selebay oil life indicator honda
AVG di mid bisa jd alat ukur yg bagus seberapa berat beban mesin civic/CRV kita.

Coba pake luar kota deh, jamin tu oil life dikit bgt berkurangnya. Sya ngetol pake CRV oil life nyaris gak ngurang krn beban mesinnya ringan...

Civic dalkot dpt 12 km/l indikator selalu 5000
Halo om ChZ dah lama ga post dan review mbl,,
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KSG88 »

Nunggu civic hatchback facelift kapan keluar ya
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)

Post by richard t »

ChZ wrote: 24 Aug 2019, 20:52
richard t wrote: 29 Jun 2019, 00:22
Mau tanya om ChZ ,
Overheat bulan 9 ., kira2 sebab apa ya ? Apa bayak unit civic turbo yg kena overheat ?
Gak banyak. Nyaris gak ada. Cuma 1 unit itu kan sempat viral. Yang bikin males, gara2 1 unit viral ini kesannya honda berturbo "bermasalah bgt" padahal yang pake mah ketawa ketawa aja... yg overhit uda dpt.unit baru dan sampe skrg masih jalan dipake daily.

Oli jg semua tau itu parameternya banyak. Tp ngomong ampe berbusa busa juga klo udah bigot g bakal mau dengerin... Lol

Walau yang CRV batch awal misuh dikit kena tuas transmisi dan EPS gearbox bonus HU suka hang.

Utk spek indo mesin g ada komplen dan aman aman saja bisa saya pastikan. Skrg uda jln 10k punya saya kondisi remap g ada masalah tuh. Dalam.kondisi 9000km saya pake udah remapan. Bole dicek ke om bebonk.

Nanti ane update stelah serpis brikutnya bulan 10.

Maap baru bales oom
Makasi om ChZ atas masukkan nya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Review maintenance tahun kedua / berkala ke-empat.

Seharusnya nih mobil sudah masuk berkala ke-4 / 48 bulan / 40.000 km.

Berhubung odometer masih 12 ribu belum genep jadi sama SA malah disaranin "saya masukin berkala 10.000 saja pak odometernya masih rendah bgt". Good guy Honda. Selama servis di beres ini gak pernah dikemplang malah dimurah-murahin terus. Padahal di buku kan tulisannya "tahun/kilometer mana yang tercapai dulu".

Service di BeRes Honda Mandalatama BSB, Semarang
Oli beli di Ed's Autostore Graha Padma.

Image

Rincian :

Items :
- Q8 Special G/D1 Long Life 5W-30 : 155.000/lt, harga promo. Beli di luar. Dari dulu memang penasaran dengan Q8, dan untuk long-term denger-denger L15B7 lebih bagus dikasih 5w-30. Beberapa user di amerika bilang 0w-20 hanya untuk ngejar EPA rating konsumsi BBM saja.
Total : 4 * x 155.000 = 620.000.

Image

- Oil Filter : 37.000
- HCF-2 CVTF 3.5L : 297.000. Gak disuruh tapi sengaja minta ganti krn sudah 2 taun. Ganti aja tidak flushing.
- Ring tap : 8.000
- Engine Cleaner : 90.000.
- Grease : 30.000

Part (exc. oli) : 462.000 (disc 2.250) = 459.750
Jasa : 671.000 (disc 10%) = 604.000
Total : 1.063.750
Ppn : 106.375
Total : 1.176.105.

Grand Total = 1.896.105.

Image

Catatan :
- Karena ganti CVTF saya request sendiri, maka biaya di atas bisa dikurangi harga oli CVT (tipe HCF-2) untuk tau berapa besar biaya perawatan Civic Turbo di 10.000 km. Tentu saja lebih murah jika dilakukan di luar BeRes.
- Oli kalau di beres H selalu disaranin pake Gold dengan harga relatif mirip. Kemarin saya cek 153k/lt. Dan kalau mau pake oli beres, please seminim-minimnya Gold, paling disarankan E-Pro Turbo 0W-20 (seri baru) jangan Blue. Kalau mau 5w-30 cari merek lain aja. Please don't be a cheapskate. Anda pake Civic bukan Brio atau Agya.
- Ditawarin spooring/balance tapi ane tolak karena habis ganti velg sudah spooring/balance sendiri.

Updates, mainly masalah Oli :
- Sekarang ada tipe oli baru E-Pro Turbo 0W-20. Kalo info nya si ini buat beberapa yang bermasalah dengan penguapan oli, disaranin pake ini aja. Tapi ane rasa memang kayaknya E-Pro Gold biasa kurang cocok buat mesin turbonya.
- Ada product update untuk yang oil life nya "boros". Katanya di update softwarenya, kalau kata teman ane yang kerja jadi FOS di Surabaya Civic/CR-V, tapi kalau kemarin saya nanya SA khusus CR-V aja. Baiknya tanya SA untuk dicek langsung di sistem H3S. Setau ane di web Honda Indonesia jg bisa cek VIN untuk PUD.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Gak kerasa nih mobil udah mau 3 taon aja, baru kemarin servis lagi, dimasukin ke berkala 20k...

berhubung lagi pandemi mobil ga ane bawa sendiri, dijemput staff bengkel Honda Mandalatama BSB.

09.30 dijemput, 15.00 mobil dibalikin.

Odo reading : 17.3xx KM. Kebetulan bulan 10 - bulan 3 kemarin rutenya agak lumayan jadi nambahnya cepet. bbrp kali keluar kota juga
Sisa oil Life reading : 650 KM

Rincian pengerjaan :
Parts

- E-PRO TURBO 0-20 4lt. Sekitar 600ribu-an
- Filter Oli 40.000
- Ring tap 8.000
- Filter AC 180.000
- Brake Cleaner 80ribu

Jasa
- 670.000

NB : Harga per item ane gak inget, cuma kira-kira aja,

Total + PPN 10% : 1.816.000

Issues so far :
- Nosel penyemprot air wiper sebelah kiri kemarin nyemprotnya kurang bener, ane kira rusak yak, sempet mampir ke diler lain waktu itu nanya mau ganti kok harganya lumayan jg 200rb/pcs... kemarin waktu serpis sekalian d, eh ternyata tinggal disetel doank. Kayaknya gara2 waktu ane nyuci kesenggol noselnya.

Mechanical & Drivetrain issues :
- none, still good as new. Engine vibration dan noise senyap, CVT senyap dan minim slippage.
- Kemarin pake Q8 5W-30 performanya lumayan bagus, sampe 5000km lebih tidak ada gejala penguapan dan kondisi oli masih sangat baik, belum hitam pekat banget, performance dari awal ganti sampe 5000 km masih konsisten, noise minim, bahkan dibanding E-Pro Turbo 0-20 yang baru ganti, noise nya masih lebih baik Q8 yang udah dipake 5.000 km, yah faktor oli lebih kental jg sih. dan ntah kenapa engine warming up justru ane rasakan lebih cepet pake Q8 daripada E-Pro Turbo. Low RPM responsiveness lebih baik E-Pro Turbo.

Electrical issues :
- Cuma ganti accu di 2019 bulan 5.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Apr 2020, 12:06 Gak kerasa nih mobil udah mau 3 taon aja, baru kemarin servis lagi, dimasukin ke berkala 20k...

berhubung lagi pandemi mobil ga ane bawa sendiri, dijemput staff bengkel Honda Mandalatama BSB.

09.30 dijemput, 15.00 mobil dibalikin.

Odo reading : 17.3xx KM. Kebetulan bulan 10 - bulan 3 kemarin rutenya agak lumayan jadi nambahnya cepet. bbrp kali keluar kota juga
Sisa oil Life reading : 650 KM

Rincian pengerjaan :
Parts

- E-PRO TURBO 0-20 4lt. Sekitar 600ribu-an
- Filter Oli 40.000
- Ring tap 8.000
- Filter AC 180.000
- Brake Cleaner 80ribu

Jasa
- 670.000

NB : Harga per item ane gak inget, cuma kira-kira aja,

Total + PPN 10% : 1.816.000

Issues so far :
- Nosel penyemprot air wiper sebelah kiri kemarin nyemprotnya kurang bener, ane kira rusak yak, sempet mampir ke diler lain waktu itu nanya mau ganti kok harganya lumayan jg 200rb/pcs... kemarin waktu serpis sekalian d, eh ternyata tinggal disetel doank. Kayaknya gara2 waktu ane nyuci kesenggol noselnya.

Mechanical & Drivetrain issues :
- none, still good as new. Engine vibration dan noise senyap, CVT senyap dan minim slippage.
- Kemarin pake Q8 5W-30 performanya lumayan bagus, sampe 5000km lebih tidak ada gejala penguapan dan kondisi oli masih sangat baik, belum hitam pekat banget, performance dari awal ganti sampe 5000 km masih konsisten, noise minim, bahkan dibanding E-Pro Turbo 0-20 yang baru ganti, noise nya masih lebih baik Q8 yang udah dipake 5.000 km, yah faktor oli lebih kental jg sih. dan ntah kenapa engine warming up justru ane rasakan lebih cepet pake Q8 daripada E-Pro Turbo. Low RPM responsiveness lebih baik E-Pro Turbo.

Electrical issues :
- Cuma ganti accu di 2019 bulan 5.
cibo pk amsoil signature 0w20 dong ah.
kelas keraton.
bisa pakai 1 thn or 10rb km.
tp tergantung indikator oil life jg ya.

di toko ijo jual cmn 185-190rb per 946 ml.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Apr 2020, 12:28 cibo pk amsoil signature 0w20 dong ah.
kelas keraton.
bisa pakai 1 thn or 10rb km.
tp tergantung indikator oil life jg ya.

di toko ijo jual cmn 185-190rb per 946 ml.
tar kalo ud lulus dari bengkel resmi a.k.a lepas garansi baru deh coba macem-macem :ngacir: menarik, abis ini deh.

hooh tergantung oil life, rata-rata si minta di 5000-6000an kalo kek ane yah, rute sehari-hari rumah kantor rumah kantor gym maen dan traffic ga terlalu padat.

kemarin Q8 minta di 5600.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Pboyz97 »

KSG88 wrote: 25 Aug 2019, 17:48 Nunggu civic hatchback facelift kapan keluar ya
udah launch pas bulan februari kemarin, dan cuma ada 1 tipe aja keknya, RS CVT. tipe S dan tipe E yg kek di PFL udah gak ada lagi. kurang worth sih buat saya , karena cuma beda emblem, velg, dan printilan doang + harganya juga udah 500 jt. mending beli NIK lama yg PFL atau ke CRV sekalian yg dimensinya lebih gede dan 7 seater, atau kalo mau merek lain bisa lirik Mazda 3 hatchback atau altis V di rentang harga yg sama
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 03 Apr 2020, 12:33
Suryaputra wrote: 03 Apr 2020, 12:28 cibo pk amsoil signature 0w20 dong ah.
kelas keraton.
bisa pakai 1 thn or 10rb km.
tp tergantung indikator oil life jg ya.

di toko ijo jual cmn 185-190rb per 946 ml.
tar kalo ud lulus dari bengkel resmi a.k.a lepas garansi baru deh coba macem-macem :ngacir: menarik, abis ini deh.

hooh tergantung oil life, rata-rata si minta di 5000-6000an kalo kek ane yah, rute sehari-hari rumah kantor rumah kantor gym maen dan traffic ga terlalu padat.

kemarin Q8 minta di 5600.
ya ada bbrp beres emg gak ijinin bw oli dr luar,

tp ini di beres dkt rumah, bebas bawa oli merk apapun, yg penting viskositas di rentang 10w30 - 0w20,
mau bawa oli merk Wuling jg Ok :big_blushing:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: 03 Apr 2020, 13:44
KSG88 wrote: 25 Aug 2019, 17:48 Nunggu civic hatchback facelift kapan keluar ya
udah launch pas bulan februari kemarin, dan cuma ada 1 tipe aja keknya, RS CVT. tipe S dan tipe E yg kek di PFL udah gak ada lagi. kurang worth sih buat saya , karena cuma beda emblem, velg, dan printilan doang + harganya juga udah 500 jt. mending beli NIK lama yg PFL atau ke CRV sekalian yg dimensinya lebih gede dan 7 seater, atau kalo mau merek lain bisa lirik Mazda 3 hatchback atau altis V di rentang harga yg sama
diliat dong tanggal postnya jangan asal nyamber... :mky_05:
Suryaputra wrote: 03 Apr 2020, 14:15
ya ada bbrp beres emg gak ijinin bw oli dr luar,

tp ini di beres dkt rumah, bebas bawa oli merk apapun, yg penting viskositas di rentang 10w30 - 0w20,
mau bawa oli merk Wuling jg Ok :big_blushing:
kemarin waktu Q8 itu juga ganti nya di BeRes, gw nanya garansi aman ga? aman ternyata.

cm yang ini khusus ane pengen tau bedanya ajah pih jd sengaja pake oli honda :ngacir:

CRV ud pake sih tapi tetep aja feelnya beda pasti, mana CRV jg mesinnya masih std :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by kingpower »

ChZ wrote: 03 Apr 2020, 12:06 Gak kerasa nih mobil udah mau 3 taon aja, baru kemarin servis lagi, dimasukin ke berkala 20k...

berhubung lagi pandemi mobil ga ane bawa sendiri, dijemput staff bengkel Honda Mandalatama BSB.

09.30 dijemput, 15.00 mobil dibalikin.

Odo reading : 17.3xx KM. Kebetulan bulan 10 - bulan 3 kemarin rutenya agak lumayan jadi nambahnya cepet. bbrp kali keluar kota juga
Sisa oil Life reading : 650 KM

Rincian pengerjaan :
Parts

- E-PRO TURBO 0-20 4lt. Sekitar 600ribu-an
- Filter Oli 40.000
- Ring tap 8.000
- Filter AC 180.000
- Brake Cleaner 80ribu

Jasa
- 670.000

NB : Harga per item ane gak inget, cuma kira-kira aja,

Total + PPN 10% : 1.816.000

Issues so far :
- Nosel penyemprot air wiper sebelah kiri kemarin nyemprotnya kurang bener, ane kira rusak yak, sempet mampir ke diler lain waktu itu nanya mau ganti kok harganya lumayan jg 200rb/pcs... kemarin waktu serpis sekalian d, eh ternyata tinggal disetel doank. Kayaknya gara2 waktu ane nyuci kesenggol noselnya.

Mechanical & Drivetrain issues :
- none, still good as new. Engine vibration dan noise senyap, CVT senyap dan minim slippage.
- Kemarin pake Q8 5W-30 performanya lumayan bagus, sampe 5000km lebih tidak ada gejala penguapan dan kondisi oli masih sangat baik, belum hitam pekat banget, performance dari awal ganti sampe 5000 km masih konsisten, noise minim, bahkan dibanding E-Pro Turbo 0-20 yang baru ganti, noise nya masih lebih baik Q8 yang udah dipake 5.000 km, yah faktor oli lebih kental jg sih. dan ntah kenapa engine warming up justru ane rasakan lebih cepet pake Q8 daripada E-Pro Turbo. Low RPM responsiveness lebih baik E-Pro Turbo.

Electrical issues :
- Cuma ganti accu di 2019 bulan 5.
Irit banget ya om odo nya. Mau 3 tahun belum 20rb.
Menurut feel, enakan 5-30 q8 apa 0-20 nya honda oem om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

kingpower wrote: 03 Apr 2020, 15:59
Irit banget ya om odo nya. Mau 3 tahun belum 20rb.
Menurut feel, enakan 5-30 q8 apa 0-20 nya honda oem om?
mobilnya nganggur 6 bulan dari awal pembelian, dan emang mostly cuma dipake rumah kantor rumah kantor senin - sabtu 20 kilometer PP + gym 4x seminggu. Jadi jalan tiap hari tapi kebanyakan ndekemnya lah oom wkwkwkwk.

Review setelah semingguan pake ya oom... ntah kenapa saya lebih berasa secure pake Q8. Dari Q8 ke E-Pro Turbo itu berasa mesinnya mau rontok kalo high rev... kasar banget. Dulu saya pake Q8 adem ayem aja high-rev mesinnya lebih tenang, dan ntah kenapa responsiveness di high revnya jauh enakan kalo pake Q8...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Field Report : 3-years of usage

Merayakan sudah hilangnya garansi :ngacir:
Odometer berjalan : 20.3xx .
Modifikasi :
- Rep. AMG 18"
- Tyre : 225/45/18 Falken Ziex ZE914
- APEX Power Flow Filter
- Remap by Auto CarTrix, on wheel 218hp (dastek dyno).

Perawatan terakhir ganti oli lagi dengan Q8 Longlife Special G / D1 5W-30 walaupun indikator oli masih menunjukkan ada sisa 3000-an kilometer. karena pandemi jadi mobil ini jarang dipake, krn gantian dengan CR-V tiap seminggu sekali, drpd CR-V nya nganggur kelamaan ga pernah road trip :mky_01:

Lagian terakhir pake oli epro turbo kurang memuaskan, rasanya sama sama aja dengan gold biasa :big_weee:

20.000 memang mileage yang masih sangat rendah untuk menilai reliability sebuah mobil, apalagi mobil jepang sudah pasti bebas trobel dijalankan sampai odometer segini. Tapi beberapa yang worth noting :

- Masih belum ada gejala masalah di cooling system yang dikhawatirkan oleh banyak sekali pengguna. Disetir bejek-bejek pun indikator temperatur selalu stabil. Saya cuma sanggup sampai 180 km/h karena satu-satunya lurusan yang memungkinkan hajar segini di kota saya itu penuh truk dan bus jadi hrs extra cautious. Sampai kecepatan segitu mobilnya masih sanggup nambah lagi cuma saya tidak pede dengan performa remnya. Sepertinya butuh upgrade rem. Ban Falken ZE914 yang terpasang di saya juga performa pengeremannya agak kurang.

- Saya harap sudah tidak ada yang percaya mitos oli boros karena interval sy membuktikan tidak, di both Civic-CR-V. Setiap minggu selalu cek level oli dan selalu masih sangat stabil kondisinya. Ganti di 5.000 - 6.000 km selalu kalau menurut indikator, tapi saya ikut interval waktu 6 bulan. Tidak ada kaitan dengan jenis oli yang dipakai, Q8, epro gold, epro turbo semua intervalnya seginian, karena sensornya ada di fuel flow meter bukan di olinya.

- Saya tergolong yang nyetir tidak terlalu alus, jalan kosong dikit hajar gaspol selalu. Sejauh ini tidak ada gejala premature wear di CVT, belum terdeteksi selip berlebihan. Terakhir ganti oli CVT tahun lalu dengan HCF-2.

- Komponen seperti belt dan bearings semua masih aman tidak ada premature wear juga. Kalau patokannya HR-V, mobil ini jelas jauh lebih awet.

- Battery sudah ganti 1x di tengah 2019, terakhir cek di beres dibilang sdh agak lemah. pdhl terakhir kontrol di SnD 2 bulan lalu masih bagus. Kalau memang bener sdh lemah harusnya masih dalam masa garansi 18 bulan. Entah apa karena mobil ini jarang dijalankan...

- Kaki-kaki masih tidak ada bunyi apapun, sesuatu yang tidak saya expect dari sebuah Honda mengingat saya kadang agak males ngerem ketemu lobang dan jalan jerawatan, serta ban pakai profil 45. Steering rack juga masih tidak ada bunyi apapun. Senyap seperti baru semua.

- Interior rattle masih tidak ada.

- Susah tidak sih perawatannya ? Kalau membawa mobil ke bengkel sendiri itu termasuk susah, sekarang ada pick-up and delivery service. kalau bayar sejuta buat per servis 6 bulan atau setahun sekali berat, rasanya mending piara LCGC atau LMPV saja. Itu padahal tariff beres, kalau tariff luar beres saya yakin ga sampe sejuta per tahun ongkos perawatannya. Dengan asumsi oli keraton Q8 5W-30 yang harganya cuma 600 ribu dan honda HCF-2 yang murah 3 liter cuma 300 ribuan ganti tiap 2 taun. BBM saya selalu oktan 98, dan tidak terasa memberatkan karena konsumsinya selalu di atas 1:10. Mahal ? Ya gakpapa sih diisi ron 90, mesin tidak akan jebol, cuma apa gak sayang wong performa maksimalnya paling bagus di ron 98 mapping... karena kelebihan mobil ini tidak di fitur atau luxuries seperti dua rivalnya yah maksimalin aja sekalian, remap dikit ngejer golf GTI mampu lah.

intinya miara mobil begini jangan jadi cheapskate. buat saya biaya merawat mobil ini terbayarkan setiap kali ketemu jalan kosong dan bejeg sampe puas tanpa rasa was-was mesin kayak disiksa krn pake barang murah :big_grin: karena jika perawatan anda cheapskate : oli murah, bensin murah, ya nanti menyesalnya di akhir. sudah selama pemakaian tidak menikmati performa maksimal awetnya juga terkompromikan :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KSG88 »

Setuju dan kagum dgn om Chz
TOP
Tjhoox
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 26 Apr 2017, 16:45

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Tjhoox »

ChZ wrote: 12 Oct 2020, 10:41 Field Report : 3-years of usage

- Saya tergolong yang nyetir tidak terlalu alus, jalan kosong dikit hajar gaspol selalu. Sejauh ini tidak ada gejala premature wear di CVT, belum terdeteksi selip berlebihan. Terakhir ganti oli CVT tahun lalu dengan HCF-2.
Bro ChZ , boleh diskusi , ciri2 premature wear di CVT dan feel slip berlebihan di CVT Cibo ini gmn y?

Cibo gw , sudah remap dgn KTuner V2 - 180 Hp on wheel (+/- 250 Hp on Machine) - setting boost max 1.5 Bar (Map 22 Psi), sudah pasang CVT Cooler (Oli CVT pakai Q8)

Gw selalu parno dgn kelemahan CVT Cibo , khawatir mulai scoring di belt CVT nya , atau tiba2 putus di tgh jalan :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Tjhoox wrote: 12 Oct 2020, 11:21 Bro ChZ , boleh diskusi , ciri2 premature wear di CVT dan feel slip berlebihan di CVT Cibo ini gmn y?

Cibo gw , sudah remap dgn KTuner V2 - 180 Hp on wheel (+/- 250 Hp on Machine) - setting boost max 1.5 Bar (Map 22 Psi), sudah pasang CVT Cooler (Oli CVT pakai Q8)

Gw selalu parno dgn kelemahan CVT Cibo , khawatir mulai scoring di belt CVT nya , atau tiba2 putus di tgh jalan :big_childish:
premature wear di komponen apapun di mobil biasanya saya deteksi dari mulai muncul bunyi-bunyi aneh dari komponen bergerak. sejauh ini saya belum mendengar suara aneh dari komponen CVT jadi bisa saya asumsikan masih sangat aman.

selip berlebihan mirip selip transmisi pada umumnya saja om... rpm nya naik tinggi tapi gak seimbang dengan larinya. berasa ngegerung aja tapi mobilnya nggak laju, biasanya di CVT ini yang susah bedain antara memang karakter asli atau sudah selip :big_biglaugh: krn karakter CVT pada umumnya lumayan selip.

setau saya hondata / ktuner memang punya tune berbeda antara varian CVT dan manual, kalau saya better stick ke rekomendasi mereka saja jangan custom map sendiri demi keawetan CVT.

belt CVT putus sebenernya kasus sangat langka sekali om, lebih umum cerita overheat :mky_01: di USA odometernya pada ganas ganas pecah telor ampe 100k miles banyak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by kingpower »

Baru 20rban km mah harusnya masih aman2 aja ini mobil.

Punya ane aja udah 60rban masih ok aja. Umur mobil juga baru 2 tahun. Paling kemaren ac kurang dingin yang ternyata perlu diisi ulang freon nya menurut SA nya. Sisanya still run very well.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

kingpower wrote: 12 Oct 2020, 12:19 Baru 20rban km mah harusnya masih aman2 aja ini mobil.

Punya ane aja udah 60rban masih ok aja. Umur mobil juga baru 2 tahun. Paling kemaren ac kurang dingin yang ternyata perlu diisi ulang freon nya menurut SA nya. Sisanya still run very well.
mantap om udah sampe 60k, bisa jadi encouragement buat yang ragu ngambil karena banyak berita jelek beredar... :mky_01:

yakin sih kalo soal mechanical parts ngga akan fail cepet, di CRV banyak yang odonya gondrong gondrong dipake trip luar kotaan jg masih pada strong.

kaki kaki masih aman semua sampai odo segitu oom?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 12 Oct 2020, 11:44 ----------
selip berlebihan mirip selip transmisi pada umumnya saja om... rpm nya naik tinggi tapi gak seimbang dengan larinya. berasa ngegerung aja tapi mobilnya nggak laju, biasanya di CVT ini yang susah bedain antara memang karakter asli atau sudah selip :big_biglaugh: krn karakter CVT pada umumnya lumayan selip.

-----------
mantafftt update nya om mods

saatnya ganti cvt fluid pakai amsoil cvt om. beda rasanya om. di trit koleksi tools ane udah post, gerobak kasta sudra ane aja njess udah pake, masa civic turbo engga om :upss:

om, kl Q8 engine oil yg dipake, msh simpen botolnya ngga? di belakang ada spec HTO-06 nya ngga? konon itu spec utk engine honda berturbo pakenya oli itu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 12 Oct 2020, 13:28
mantafftt update nya om mods

saatnya ganti cvt fluid pakai amsoil cvt om. beda rasanya om. di trit koleksi tools ane udah post, gerobak kasta sudra ane aja njess udah pake, masa civic turbo engga om :upss:

om, kl Q8 engine oil yg dipake, msh simpen botolnya ngga? di belakang ada spec HTO-06 nya ngga? konon itu spec utk engine honda berturbo pakenya oli itu.
tar abis ini full pake keraton semua, kmrn garansi masih malu malu :big_biglaugh: ane 2x bawa Q8 ke beres aja dibilang SA nya kalo ada apa apa saya gak nanggung pak...

kmrn gw bilang aja pak tenang aja oli saya lbh mahal dipake mobil mobil bagus... :big_biglaugh:

botolnya ud dibuang om, saya ga inget tapi setau saya ga ada cap apa-apa... cm ada GM Dexos1 aja sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by maastricht889 »

Omnibus wrote: 12 Oct 2020, 13:28
ChZ wrote: 12 Oct 2020, 11:44 ----------
selip berlebihan mirip selip transmisi pada umumnya saja om... rpm nya naik tinggi tapi gak seimbang dengan larinya. berasa ngegerung aja tapi mobilnya nggak laju, biasanya di CVT ini yang susah bedain antara memang karakter asli atau sudah selip :big_biglaugh: krn karakter CVT pada umumnya lumayan selip.

-----------
mantafftt update nya om mods

saatnya ganti cvt fluid pakai amsoil cvt om. beda rasanya om. di trit koleksi tools ane udah post, gerobak kasta sudra ane aja njess udah pake, masa civic turbo engga om :upss:

om, kl Q8 engine oil yg dipake, msh simpen botolnya ngga? di belakang ada spec HTO-06 nya ngga? konon itu spec utk engine honda berturbo pakenya oli itu.
Gr2 ini saya jd kebelet pingin ganti ATF ama oli mesin pake Ams SS om :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

erwinign wrote: 12 Oct 2020, 14:56
Omnibus wrote: 12 Oct 2020, 13:28
ChZ wrote: 12 Oct 2020, 11:44 ----------
selip berlebihan mirip selip transmisi pada umumnya saja om... rpm nya naik tinggi tapi gak seimbang dengan larinya. berasa ngegerung aja tapi mobilnya nggak laju, biasanya di CVT ini yang susah bedain antara memang karakter asli atau sudah selip :big_biglaugh: krn karakter CVT pada umumnya lumayan selip.

-----------
mantafftt update nya om mods

saatnya ganti cvt fluid pakai amsoil cvt om. beda rasanya om. di trit koleksi tools ane udah post, gerobak kasta sudra ane aja njess udah pake, masa civic turbo engga om :upss:

om, kl Q8 engine oil yg dipake, msh simpen botolnya ngga? di belakang ada spec HTO-06 nya ngga? konon itu spec utk engine honda berturbo pakenya oli itu.
Gr2 ini saya jd kebelet pingin ganti ATF ama oli mesin pake Ams SS om :big_biglaugh:
mencoba segala sesuatu itu harus om, supaya hidup makin bergairah. tapi .... awas ketagihan hihihihi
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 12 Oct 2020, 14:49
tar abis ini full pake keraton semua, kmrn garansi masih malu malu :big_biglaugh: ane 2x bawa Q8 ke beres aja dibilang SA nya kalo ada apa apa saya gak nanggung pak...

kmrn gw bilang aja pak tenang aja oli saya lbh mahal dipake mobil mobil bagus... :big_biglaugh:

botolnya ud dibuang om, saya ga inget tapi setau saya ga ada cap apa-apa... cm ada GM Dexos1 aja sih.
yg amsoil signature series 5w30 ada tulisan meet HTO-06 nya om, just info. boleh lah banding2, pengen denger ulasannya Om Chz Q8 vs Amsoil SS di honda berturbo. :ungg:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post