Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

lamatlancah wrote: Wed Jun 17, 2020 6:23 gawat deh kalau pemerintah butuh duit, ujung2nya naekin masukan dari pajak, yg pada akhirnya pada berburu didalam kebun binatang lagi membidik pengusaha UMKM.
yang sedang terjadi khan seperti itu oom... makanya muncul wacana pajak ini pajak itu... lg pada pusing kayaknya.

pertamina diprotes knp ga nurunin harga bbm aja diem.
sealplayerz wrote: Wed Jun 17, 2020 7:50 Wholesales bulan mei makin anjlok aja, banyak yg cmn puluhan unit dalam 1 bulan. :frm_bang_head:
wholesale... stok bulan-bulan lalu pada masih numpuk.

biasanya lebaran stok uda abis ini masih pd numpuk hahahhaa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by benzz89 »

ak4ng wrote:
gadjahalphien wrote: Wed Jun 17, 2020 3:19
benzz89 wrote: Wed Jun 17, 2020 2:32 CNBC Indonesia
https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... ting-harga

Siap2 harga mobil baru ambrol... apalagi harga mobil second.

Yang ngebet ganti mobil baru sabar... sabar...

Yang ngebet jual mobil second buruan... buruan sebelum tambah ambrol harga secondnya [emoji38]
Mungkin yg bakal ambrol adalah apm yg banyak import.

CMIIW
Apm specialis impor malah bisa stop impor dl sampe stok menipis/normal, yg produksi lokal apa bisa stop produksi? :big_think:
Yang namanya perusahaan pasti ada minimum omzet yang harus dipenuhi supaya tidak merugi. Apabila stop impor sama sekali alias nol penjualan karena tidak ada barang sama sekali itu para sales mau makan apa?

Para pesaing ATPM lokal pada banting harga, apabila yang import2 utuh tidak ikut banting harga yah lari lah pembeli ke merek pesaing yang awalnya di range harga yang sama/mirip2, jadi sama2 aja beratnya, hanya buntungnya tidak sebesar ATPM lokal.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Michaelktp »

gadjahalphien wrote: Wed Jun 17, 2020 3:19
benzz89 wrote: Wed Jun 17, 2020 2:32 CNBC Indonesia
https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... ting-harga

Siap2 harga mobil baru ambrol... apalagi harga mobil second.

Yang ngebet ganti mobil baru sabar... sabar...

Yang ngebet jual mobil second buruan... buruan sebelum tambah ambrol harga secondnya [emoji38]
Mungkin yg bakal ambrol adalah apm yg banyak import.

CMIIW
Dengan kondisi begini kok justru APM CBU lebih aman daripada APM yang punya Plant CKD Indo DM. Apalagi secara biaya jauh lebih kecil ditanggung oleh APM CBU. Biaya Plant CKD dan fasilitas pendukung sulit ditekan walaupun operasional Plant nyaris nol. Walaupun APM market leader selama 4 dekade ya tetap kolaps kalau kondisi market seperti ini berlangsung lama. Enakan santai APM CBU secara tidak perlu main volume. Tinggal urusan container dan B/L shipping Lines, clearance cargo di Bea Cukai, pasok unit ke warehouse dan finalnya distribusi ke dealer. Case closed bebas merdeka seperti yang barusan terjadi di AUDM.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Penjualan mobil di Indonesia pada semester 1 2020 turun drastis dibandingkan semester 1 2019.

Secara wholesales, dari 483.648 unit pada semester 1 2019 menjadi 260.933 unit, turun 46%. Secara retail sales turun 42,1% dari 501.708 menjadi 290.597 unit.

Wholesales adalah pengiriman dari APM ke dealer, retail sales adalah pengiriman dari dealer ke konsumen. Market share yang tertulis berasal dari retail sales.

Data: Gaikindo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by piraku »

sealplayerz wrote:Penjualan mobil di Indonesia pada semester 1 2020 turun drastis dibandingkan semester 1 2019.

Secara wholesales, dari 483.648 unit pada semester 1 2019 menjadi 260.933 unit, turun 46%. Secara retail sales turun 42,1% dari 501.708 menjadi 290.597 unit.

Wholesales adalah pengiriman dari APM ke dealer, retail sales adalah pengiriman dari dealer ke konsumen. Market share yang tertulis berasal dari retail sales.

Data: Gaikindo
Aneh, sepander digabung, ertelu dipisah. Biar keliatan banyak kali ya.

Wholesale masih kecil kecil angkanya. Pabrik masih stop produksi kah?
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bangrosi »

sealplayerz wrote:Penjualan mobil di Indonesia pada semester 1 2020 turun drastis dibandingkan semester 1 2019.

Secara wholesales, dari 483.648 unit pada semester 1 2019 menjadi 260.933 unit, turun 46%. Secara retail sales turun 42,1% dari 501.708 menjadi 290.597 unit.

Wholesales adalah pengiriman dari APM ke dealer, retail sales adalah pengiriman dari dealer ke konsumen. Market share yang tertulis berasal dari retail sales.

Data: Gaikindo
WoooW bulan juni Innova turun tahta,Alphard jadi No#1 mantap orang indonesia.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kompresorz »

wuihhhhh.....


alpad laris manis tanjung kimpul....


iyalah berasa mafioso....



dapat info keluar baru....


langsung DP ah ...walo 1 tahun lagi baru masuk....

:ngacir:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Dogies »

Kasihan si guling and idungpesek...
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bangrosi »

kompresorz wrote:wuihhhhh.....


alpad laris manis tanjung kimpul....


iyalah berasa mafioso....



dapat info keluar baru....


langsung DP ah ...walo 1 tahun lagi baru masuk....

:ngacir:
Mungkin efek facelift terbaru alphardnya dan brand mobil yg gk nyusahin.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kompresorz »

bangrosi wrote: Thu Jul 16, 2020 4:50
kompresorz wrote:wuihhhhh.....


alpad laris manis tanjung kimpul....


iyalah berasa mafioso....



dapat info keluar baru....


langsung DP ah ...walo 1 tahun lagi baru masuk....

:ngacir:
Mungkin efek facelift terbaru alphardnya dan brand mobil yg gk nyusahin.
walo ky bus org tau itu mobil bagus...sbelum facelif jg udah laris manis tanjung kimpul.....


disopirin cepat tidur.....

nyetir sendiri jg mantap........beda lah dengan bawa mobil ky bapau atau segede tempe walo lari 250.....mobil besar tuh reallll man....machoooo


dan modelnya booooooo....blink blink....

awet pula...di rumah udah 97 ribu km gak pernah ganti kaki2....

pdhl udah rute jakarta medan...medan jakarta...terbang2an di jalan ktemu jalan gelombang sampe bodi bawah tatakan ban serep kena aspal penyok.....balapan sama innova....

cuma CVT aja yg kena...emang kodrat tuh matik amsiong....salahnya beli mobil di IU....mknya jgn beli sama tempat bgtuan....

beli di auto 2000...yang pasti aja....gak rusak bisa klaim ganti transmisi baru....

:ngacir:
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Dogies wrote: Thu Jul 16, 2020 3:31 Kasihan si guling and idungpesek...
Hypenya guling udh abis. Fenboy sama sales nya udh gak serame dulu waktu awal2 wuling muncul dgn confero walopun gagal jadi avanza killer gegara xpander rush terios baru meluncur malah hypenya makin menurun walopun diluncurin tipe baru kyk cortez yg gagal jadi kijang innova killer, formo yg gagal jadi granmax blindvan killer, maupun almaz yg gagal jadi crv hrv killer.
Bwt dungpesek mah gak pernah hype, mungkin gegara merek yg aneh susah diucapin.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

Anjriittt itu si kaleng susah banget di-lengserkan dari tahta (21.537 unit, semester 1/2020)
Apa yang beli dah mati rasa, gak bisa bedain mobil yang proper buat dikendarain ? (Mobilio / Xpander / Ertiga / Livina ? ) :big_weee: :big_slap:

Even sekacrut-kacrutnya Grand Livina HR15DE resing super CVTC, kalau ditawarin beli second, ane akan beli Livina dibanding Avanza / Xenia second .
Mobil dibeli buat dinikmati, bukan dihitung pakai kalkukator 4 biji nilai resale value-nya. [emo-yesno]

Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

sealplayerz wrote: Thu Jul 16, 2020 7:30
Dogies wrote: Thu Jul 16, 2020 3:31 Kasihan si guling and idungpesek...
Hypenya guling udh abis. Fenboy sama sales nya udh gak serame dulu waktu awal2 wuling muncul dgn confero walopun gagal jadi avanza killer gegara xpander rush terios baru meluncur malah hypenya makin menurun walopun diluncurin tipe baru kyk cortez yg gagal jadi kijang innova killer, formo yg gagal jadi granmax blindvan killer, maupun almaz yg gagal jadi crv hrv killer.
Bwt dungpesek mah gak pernah hype, mungkin gegara merek yg aneh susah diucapin.
300 jt dapat mobil cina...

walau fitur melimpah ruah dan tampangnya mewah pun...

tetep it's a chinese car. second atau malah third tier brand... dibawa ke tongkrongan logonya g menjual. ga menjual di kalangan millenial kelas menengah kota.

yg generasi boomer tau sndiri konservatif bgt urusan mobil, klo bkn petrolhead mahh boro-boro ngelirik, ngerti aja kaga. aplg generasi boomer ini rata-rata uda mapan, mana ada yang mau CRV atau Innova tuanya ganti mobil cina... kecuali emang mau coba-coba... krn kebanyakan duit...
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 8:01
Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
ada om... partnya murah meriah... dmn2 ada...

gw seneng bgt pake avanza... drpd xpander lincah kaga ugal kliatan noraknya kyk okb krn kliatan mobil keluaran baru.

avanza lbh ga kliatan okb norak di jalan... model facelift terakhir ama model keluaran awal jg kaga pada bisa bedain... bagasi jok d isi peralatan perang kotor-kotor jg bodo amat...

nyetir ala supir rental jg pada cuek ud terbiasa liat avanza ugal...

coba lah om, seru loh, skali-skali bikin onar di jalan dan pepet pepetan ama angkot tanpa mikir...

udah gt kondisi bocel-bocel aj masih ditawar tinggi... yg jual hepi, pedagang hepi, ekonomi berputar...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

piraku wrote: Wed Jul 15, 2020 18:37 Aneh, sepander digabung, ertelu dipisah. Biar keliatan banyak kali ya.

Wholesale masih kecil kecil angkanya. Pabrik masih stop produksi kah?
Xpander sama xpander cross dan juga brio rs sama brio satya kan masi 1 tipe beda kasta trim aja makanya digabung, lain halnya sama ertiga xl7, mobilio brv, jazz hrv, avanza rush, xenia terios udh beda tipe walopun basisnya sama mereknya sama. Malah kalo dipisah banyak yg protes kyk kasus brio rs sama brio satya yg dulu dipisah.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by piraku »


sealplayerz wrote:
piraku wrote: Wed Jul 15, 2020 18:37 Aneh, sepander digabung, ertelu dipisah. Biar keliatan banyak kali ya.

Wholesale masih kecil kecil angkanya. Pabrik masih stop produksi kah?
Xpander sama xpander cross dan juga brio rs sama brio satya kan masi 1 tipe beda kasta trim aja makanya digabung, lain halnya sama ertiga xl7, mobilio brv, jazz hrv, avanza rush, xenia terios udh beda tipe walopun basisnya sama mereknya sama. Malah kalo dipisah banyak yg protes kyk kasus brio rs sama brio satya yg dulu dipisah.
Kalau brio dan satya pisah justru reasonable karena satya lcgc dapet keringanan pajak. Kalau ertiga dan xl7 org awam bakal bilang itu ertiga. Beda dg brv mobilio kentara bgt beda exteriornya, avanza rush apalagi dimensi pun ikut berubah.

Ga masalah sih, cuma rada ga fair aja buat ertiga. Toh xl7 jg ertiga yg ditambahin pernak pernik aja.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

sealplayerz wrote: Thu Jul 16, 2020 7:30 Hypenya guling udh abis. Fenboy sama sales nya udh gak serame dulu waktu awal2 wuling muncul dgn confero walopun gagal jadi avanza killer gegara xpander rush terios baru meluncur malah hypenya makin menurun walopun diluncurin tipe baru kyk cortez yg gagal jadi kijang innova killer, formo yg gagal jadi granmax blindvan killer, maupun almaz yg gagal jadi crv hrv killer.
Bwt dungpesek mah gak pernah hype, mungkin gegara merek yg aneh susah diucapin.
IMHO, kayanya faktor corona. jadi yang beli mobil bener2 yg butuh, dan situasi gini, pasti yg beli juga akan mikir2 beli mobil non DaiToyo, ngeri2 tar jajan2 bikin repot. karena ekonomi akan terus gini sampe tahun depan kan. faktor merek saja. kalau ga ada corona bisa jadi itu merek jepang juga ketar ketir.
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 8:01 Anjriittt itu si kaleng susah banget di-lengserkan dari tahta (21.537 unit, semester 1/2020)
Apa yang beli dah mati rasa, gak bisa bedain mobil yang proper buat dikendarain ? (Mobilio / Xpander / Ertiga / Livina ? ) :big_weee: :big_slap:

Even sekacrut-kacrutnya Grand Livina HR15DE resing super CVTC, kalau ditawarin beli second, ane akan beli Livina dibanding Avanza / Xenia second .
Mobil dibeli buat dinikmati, bukan dihitung pakai kalkukator 4 biji nilai resale value-nya. [emo-yesno]

Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
fleet mungkin? pabrik dan perusahaan sudah beroperasi lagi, jadi ada pengadaan lagi :big_grin:

yang dinikmati dari keluarga duo kaleng ya future value, dan ga rusak2 katanya.
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Senargitar »

Wuling hypenya sudah hilang dari sebelum corona, lihat aja dari bulan desember lanjut januari sampai februari.. itu trendnya turun
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Thu Jul 16, 2020 8:07
sealplayerz wrote: Thu Jul 16, 2020 7:30
Dogies wrote: Thu Jul 16, 2020 3:31 Kasihan si guling and idungpesek...
Hypenya guling udh abis. Fenboy sama sales nya udh gak serame dulu waktu awal2 wuling muncul dgn confero walopun gagal jadi avanza killer gegara xpander rush terios baru meluncur malah hypenya makin menurun walopun diluncurin tipe baru kyk cortez yg gagal jadi kijang innova killer, formo yg gagal jadi granmax blindvan killer, maupun almaz yg gagal jadi crv hrv killer.
Bwt dungpesek mah gak pernah hype, mungkin gegara merek yg aneh susah diucapin.
300 jt dapat mobil cina...

walau fitur melimpah ruah dan tampangnya mewah pun...

tetep it's a chinese car. second atau malah third tier brand... dibawa ke tongkrongan logonya g menjual. ga menjual di kalangan millenial kelas menengah kota.

yg generasi boomer tau sndiri konservatif bgt urusan mobil, klo bkn petrolhead mahh boro-boro ngelirik, ngerti aja kaga. aplg generasi boomer ini rata-rata uda mapan, mana ada yang mau CRV atau Innova tuanya ganti mobil cina... kecuali emang mau coba-coba... krn kebanyakan duit...
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 8:01
Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
ada om... partnya murah meriah... dmn2 ada...

gw seneng bgt pake avanza... drpd xpander lincah kaga ugal kliatan noraknya kyk okb krn kliatan mobil keluaran baru.

avanza lbh ga kliatan okb norak di jalan... model facelift terakhir ama model keluaran awal jg kaga pada bisa bedain... bagasi jok d isi peralatan perang kotor-kotor jg bodo amat...

nyetir ala supir rental jg pada cuek ud terbiasa liat avanza ugal...

coba lah om, seru loh, skali-skali bikin onar di jalan dan pepet pepetan ama angkot tanpa mikir...

udah gt kondisi bocel-bocel aj masih ditawar tinggi... yg jual hepi, pedagang hepi, ekonomi berputar...
Justru ane dah eneg sama kelakuan oknum Avanza / Xenia di jalanan. Di sini ane sebut oknum biar gak dibilang pukul rata semua yang pakai Avanza / Xenia sruntulan seenak jidat.

Masih mending ketemu Brio / Jazz walaupun identik dgn mobil ABG / anak muda tapi lebih paham aturan tata-krama di jalanan.

Mungkin karena kebanyakan Avanza / Xenia itu fleet properti kantoran, jadi dipakai seenaknya aja karena toh bukan mobil sendiri. Atau mungkin karena Avanza / Xenia identik mobil robust, perawatan murah, muat banyak dan dijadikan mobil pertama buat naik kelas dari roda dua. Jadi kelakuan bawa motor masih terbawa saat bawa mobil di jalanan.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Or4cle »

kunaskun wrote: Thu Jul 16, 2020 13:20
sealplayerz wrote: Thu Jul 16, 2020 7:30 Hypenya guling udh abis. Fenboy sama sales nya udh gak serame dulu waktu awal2 wuling muncul dgn confero walopun gagal jadi avanza killer gegara xpander rush terios baru meluncur malah hypenya makin menurun walopun diluncurin tipe baru kyk cortez yg gagal jadi kijang innova killer, formo yg gagal jadi granmax blindvan killer, maupun almaz yg gagal jadi crv hrv killer.
Bwt dungpesek mah gak pernah hype, mungkin gegara merek yg aneh susah diucapin.
IMHO, kayanya faktor corona. jadi yang beli mobil bener2 yg butuh, dan situasi gini, pasti yg beli juga akan mikir2 beli mobil non DaiToyo, ngeri2 tar jajan2 bikin repot. karena ekonomi akan terus gini sampe tahun depan kan. faktor merek saja. kalau ga ada corona bisa jadi itu merek jepang juga ketar ketir.
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 8:01 Anjriittt itu si kaleng susah banget di-lengserkan dari tahta (21.537 unit, semester 1/2020)
Apa yang beli dah mati rasa, gak bisa bedain mobil yang proper buat dikendarain ? (Mobilio / Xpander / Ertiga / Livina ? ) :big_weee: :big_slap:

Even sekacrut-kacrutnya Grand Livina HR15DE resing super CVTC, kalau ditawarin beli second, ane akan beli Livina dibanding Avanza / Xenia second .
Mobil dibeli buat dinikmati, bukan dihitung pakai kalkukator 4 biji nilai resale value-nya. [emo-yesno]

Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
fleet mungkin? pabrik dan perusahaan sudah beroperasi lagi, jadi ada pengadaan lagi :big_grin:

yang dinikmati dari keluarga duo kaleng ya future value, dan ga rusak2 katanya.
Bisa jadi Om Kusnakun. Mungkin banyak pembelian buat fleet, armada kantoran.

Salut buat Toyota, bisa membaca kebutuhan pasar buat entry point paling dasar di kelas low MPV. Yang penting tidak kehujanan, bisa muat se-RT, mesin awet dak rusak2, sparepart murmer.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 16:19
kunaskun wrote: Thu Jul 16, 2020 13:20
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 8:01 Anjriittt itu si kaleng susah banget di-lengserkan dari tahta (21.537 unit, semester 1/2020)
Apa yang beli dah mati rasa, gak bisa bedain mobil yang proper buat dikendarain ? (Mobilio / Xpander / Ertiga / Livina ? ) :big_weee: :big_slap:

Even sekacrut-kacrutnya Grand Livina HR15DE resing super CVTC, kalau ditawarin beli second, ane akan beli Livina dibanding Avanza / Xenia second .
Mobil dibeli buat dinikmati, bukan dihitung pakai kalkukator 4 biji nilai resale value-nya. [emo-yesno]

Apa yang bisa dinikmati dari seekor Avanza / Xenia ? :big_peace: :ngacir:
fleet mungkin? pabrik dan perusahaan sudah beroperasi lagi, jadi ada pengadaan lagi :big_grin:

yang dinikmati dari keluarga duo kaleng ya future value, dan ga rusak2 katanya.
Bisa jadi Om Kusnakun. Mungkin banyak pembelian buat fleet, armada kantoran.

Salut buat Toyota, bisa membaca kebutuhan pasar buat entry point paling dasar di kelas low MPV. Yang penting tidak kehujanan, bisa muat se-RT, mesin awet dak rusak2, sparepart murmer.
Memang itu nilai jual avanza/xenia sih "worry less, live more". Buat orang-orang yang awam otomotif termasuk perawatannya itu Avanza/Xenia sih primadona. Perawatan ala kadarnya aja minimal 5-7 tahun ngga ada masalah pasti itu mobil. Setelah itu mau dijual jg gampang banget. Pasang iklan pagi, maksimal siang juga udah laku asal harganya masuk akal
:mky_01:

Bukan untuk kaum mendang-mending sih itu Avanza/Xenia. Memang pasarnya sudah terbentuk dan banyak banget loyalis Avanza. Temen saya juga ada yg setia dengan Avanza, pertama punya 2006 tipe G, tuker tambah tahun 2012 tipe G, terakhir 2019 kemarin tuker tambah Veloz. Alasannya ya simpel "ngga pernah nyusahin selama dipake, jual lagi juga gampang bangtet&harga tinggi"
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ak4ng »

Uwkwkwk dari jaman avanza K3DE lalu K3VE owe amat sangat merasakan nikmatnya pake ni mobil, kondisi laher depan ancur goyang2 ga karuan masi kuat digaspol 160 tanpa takut copot ban nya :big_comfort: even support shock depan pecahh karetnya udh kebelah 2 atas dan bawah masih berdiri tegak sanggup jalan dari bogor ke tasik :upss: :big_biglaugh: juga entah berapa kali kena oli palsu ga bikin ni mesin jebol :big_weee: pokoe apapun mobil nya, wajib ada si irit nan kencang sebiji di rumah :big_biglaugh:

#salamantidiperbudak
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 16:09
Justru ane dah eneg sama kelakuan oknum Avanza / Xenia di jalanan. Di sini ane sebut oknum biar gak dibilang pukul rata semua yang pakai Avanza / Xenia sruntulan seenak jidat.

Masih mending ketemu Brio / Jazz walaupun identik dgn mobil ABG / anak muda tapi lebih paham aturan tata-krama di jalanan.

Mungkin karena kebanyakan Avanza / Xenia itu fleet properti kantoran, jadi dipakai seenaknya aja karena toh bukan mobil sendiri. Atau mungkin karena Avanza / Xenia identik mobil robust, perawatan murah, muat banyak dan dijadikan mobil pertama buat naik kelas dari roda dua. Jadi kelakuan bawa motor masih terbawa saat bawa mobil di jalanan.
nah makanya cobalah beli... rasakan sensasinya berasa jd raja jalanan...

jgn jadi pengemudi baek-baek terus... bosen. :ngacir:

gw masih mending ketemu avanza sruntulan drpd agya/ayla/sigra/calya/dll pelan-pelan... (maap) mayoritas penggunanya kalo gak taksi onlen lg nyari alamat, first time driver (anak SMA atau mahasiswa/i baru bisa nyetir), atau kalangan emak emak tidak pernah salah.

jd lane hogger di jalanan sering bgt... ga ngerti jalur, di klakson budeg, nyetir lurus aja kaga bisa, bikin yang mau nyalip mesti ancang2 dr jaoh. gw model kek gini sengaja pepetin spionnya biar kaget.

avanza sruntulan tinggal ikutin aja. cepet nyampe tujuan... mayan ad yang bukain jalan. jaga jarak aman biar klo doi klontang duluan kita bisa menghindar... :ngacir:
evanbngdor wrote: Fri Jul 17, 2020 0:54 Memang itu nilai jual avanza/xenia sih "worry less, live more". Buat orang-orang yang awam otomotif termasuk perawatannya itu Avanza/Xenia sih primadona. Perawatan ala kadarnya aja minimal 5-7 tahun ngga ada masalah pasti itu mobil. Setelah itu mau dijual jg gampang banget. Pasang iklan pagi, maksimal siang juga udah laku asal harganya masuk akal
:mky_01:

Bukan untuk kaum mendang-mending sih itu Avanza/Xenia. Memang pasarnya sudah terbentuk dan banyak banget loyalis Avanza. Temen saya juga ada yg setia dengan Avanza, pertama punya 2006 tipe G, tuker tambah tahun 2012 tipe G, terakhir 2019 kemarin tuker tambah Veloz. Alasannya ya simpel "ngga pernah nyusahin selama dipake, jual lagi juga gampang bangtet&harga tinggi"
tul betul...

user avanza be like, 10 thn kaki-kaki cm butuh spooring dan ganti ban, mesin cm butuh ganti oli, bensin premium pake jorok jg hajar aj terus... kijang paket hemat. meanwhile pesaingnya 3 thn aj udah keseleo kaki-kakinya dgn usage yang sama. minimal udah klotok-klotok ntu steering rack atau link stabilizer... malah ad yang 20-30k shocknya ud almarhum.

resale value ngga penting ? iya ngga penting smua mobil jatoh, tp mana ada mobil resale valuenya drop lakunya cepet... ga ad dalam sejarah permobilan. rv tinggi means high demand on second car market... sesederhana itu. penyelamat pas lagi BU mendadak... tawarin ke rentalan mobil jg pasti diangkut.

user avanza mahh paham bgt mereka beli avanza buat apa... :big_peace: they don't spend 200 mio on a new avanza for nothing.

dan jgn lupa indonesia ga cm pulau jawa... di daerah-daerah yg jalannya blom pada aspal dan kriting semua platform avanza itu yang paling tahan disiksa...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Rakean »

ChZ wrote: Fri Jul 17, 2020 2:31
Or4cle wrote: Thu Jul 16, 2020 16:09
Justru ane dah eneg sama kelakuan oknum Avanza / Xenia di jalanan. Di sini ane sebut oknum biar gak dibilang pukul rata semua yang pakai Avanza / Xenia sruntulan seenak jidat.

Masih mending ketemu Brio / Jazz walaupun identik dgn mobil ABG / anak muda tapi lebih paham aturan tata-krama di jalanan.

Mungkin karena kebanyakan Avanza / Xenia itu fleet properti kantoran, jadi dipakai seenaknya aja karena toh bukan mobil sendiri. Atau mungkin karena Avanza / Xenia identik mobil robust, perawatan murah, muat banyak dan dijadikan mobil pertama buat naik kelas dari roda dua. Jadi kelakuan bawa motor masih terbawa saat bawa mobil di jalanan.
nah makanya cobalah beli... rasakan sensasinya berasa jd raja jalanan...

jgn jadi pengemudi baek-baek terus... bosen. :ngacir:

gw masih mending ketemu avanza sruntulan drpd agya/ayla/sigra/calya/dll pelan-pelan... (maap) mayoritas penggunanya kalo gak taksi onlen lg nyari alamat, first time driver (anak SMA atau mahasiswa/i baru bisa nyetir), atau kalangan emak emak tidak pernah salah.

jd lane hogger di jalanan sering bgt... ga ngerti jalur, di klakson budeg, nyetir lurus aja kaga bisa, bikin yang mau nyalip mesti ancang2 dr jaoh. gw model kek gini sengaja pepetin spionnya biar kaget.

avanza sruntulan tinggal ikutin aja. cepet nyampe tujuan... mayan ad yang bukain jalan. jaga jarak aman biar klo doi klontang duluan kita bisa menghindar... :ngacir:
evanbngdor wrote: Fri Jul 17, 2020 0:54 Memang itu nilai jual avanza/xenia sih "worry less, live more". Buat orang-orang yang awam otomotif termasuk perawatannya itu Avanza/Xenia sih primadona. Perawatan ala kadarnya aja minimal 5-7 tahun ngga ada masalah pasti itu mobil. Setelah itu mau dijual jg gampang banget. Pasang iklan pagi, maksimal siang juga udah laku asal harganya masuk akal
:mky_01:

Bukan untuk kaum mendang-mending sih itu Avanza/Xenia. Memang pasarnya sudah terbentuk dan banyak banget loyalis Avanza. Temen saya juga ada yg setia dengan Avanza, pertama punya 2006 tipe G, tuker tambah tahun 2012 tipe G, terakhir 2019 kemarin tuker tambah Veloz. Alasannya ya simpel "ngga pernah nyusahin selama dipake, jual lagi juga gampang bangtet&harga tinggi"
tul betul...

user avanza be like, 10 thn kaki-kaki cm butuh spooring dan ganti ban, mesin cm butuh ganti oli, bensin premium pake jorok jg hajar aj terus... kijang paket hemat. meanwhile pesaingnya 3 thn aj udah keseleo kaki-kakinya dgn usage yang sama. minimal udah klotok-klotok ntu steering rack atau link stabilizer... malah ad yang 20-30k shocknya ud almarhum.

resale value ngga penting ? iya ngga penting smua mobil jatoh, tp mana ada mobil resale valuenya drop lakunya cepet... ga ad dalam sejarah permobilan. rv tinggi means high demand on second car market... sesederhana itu. penyelamat pas lagi BU mendadak... tawarin ke rentalan mobil jg pasti diangkut.

user avanza mahh paham bgt mereka beli avanza buat apa... :big_peace: they don't spend 200 mio on a new avanza for nothing.

dan jgn lupa indonesia ga cm pulau jawa... di daerah-daerah yg jalannya blom pada aspal dan kriting semua platform avanza itu yang paling tahan disiksa...
cuma mo bahas yg seruntulan vs lane hogger...

walau sama2 menyebalkan.. lane hogger itu jauh2 lebih menyebalkan dibanding ngadepin driver yg seruntulan :big_biglaugh:

lane hogger juga kadang2 hanya driver dan tuhan yg tau mo ngapa2in, kadang udah pelan terus suka rem sendiri padahal depan kosong :big_peace:

udah gitu kadang tipikal driver lane hogger, adalah kaum2 pencinta WA atau line, dimanapun dan apapun kondisi nya main HP teruuusss, kampret emang
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Rakean »

sealplayerz wrote: Wed Jul 15, 2020 14:30 Penjualan mobil di Indonesia pada semester 1 2020 turun drastis dibandingkan semester 1 2019.

Secara wholesales, dari 483.648 unit pada semester 1 2019 menjadi 260.933 unit, turun 46%. Secara retail sales turun 42,1% dari 501.708 menjadi 290.597 unit.

Wholesales adalah pengiriman dari APM ke dealer, retail sales adalah pengiriman dari dealer ke konsumen. Market share yang tertulis berasal dari retail sales.

Data: Gaikindo
wih triton istimiwir mengalahkan ladder frame SUV :big_biglaugh:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Rakean wrote: Fri Jul 17, 2020 4:19
cuma mo bahas yg seruntulan vs lane hogger...

walau sama2 menyebalkan.. lane hogger itu jauh2 lebih menyebalkan dibanding ngadepin driver yg seruntulan :big_biglaugh:

lane hogger juga kadang2 hanya driver dan tuhan yg tau mo ngapa2in, kadang udah pelan terus suka rem sendiri padahal depan kosong :big_peace:

udah gitu kadang tipikal driver lane hogger, adalah kaum2 pencinta WA atau line, dimanapun dan apapun kondisi nya main HP teruuusss, kampret emang
true... musuh tiap pagi itu... lane hogger.

baru aja kemaren ada orang pake agya... pelan-pelan banget di lajur kanan, pas disalip ternyata asik main hp... :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7