Corolla Cross Masuk Indo?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by kunaskun »

adri31 wrote: Sun Jul 26, 2020 12:47 berarti akan masuk ya? dalam masa pandemi ini, apakah toyota indo berani launching product baru?
launching zaman now mah irit om, modal bayar youtube live doang, sama paling bayar tim produksi biar bagus.
ga perlu undang2 sana sini, cetak2 alamat, kirim2 undangan, bikin suvenir, cari EO, riweh kaya kawinan.
nah soal jualan ya urusan nanti :mky_04:
toh launching ga launching tetep butuh launching karena sudah masuk jadwal dari tahun2 lalu tentunya. pandemi bsia jadi dianggap bencana saja.
ginting wrote: Sun Jul 26, 2020 13:10 Btw, saya heran sama line up Corolla.
Dulu zaman saya kuliah tahun 90an, itu Corolla sangat mendominasi di jalanan, mulai dari era Twin Cam sampai Great Corolla.
Banyak dosen, pengusaha beli Corolla.
Tapi sekarang kok populasi Corolla jarang saya temukan di parkiran kantor, atau kampus atau di jalanan. Sebagai perbandingan di parkiran Plaza Senayan tempat saya kerja, kalau saya jalan ke parkiran pasti ada nemu 1 Camry, tapi belum tentu ketemu 1 ekor Corolla.

Sejak kapan masy Indonesia gak suka lagi Corolla ini ?

Apalagi sekarang pakai CVT, which is not a winning area of Toyota...

Kalau memakai istilah kaum mendang mending...maka ini Corolla Cross mending pakai 7 sp A/T :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
ya sejak pajak tidak mendukung sedan lagi.
matinya sedan kan bisa dibilang sejak munculnya sedan kecil 1500cc, dilanjut hatchback/city car yg murah karena pajak masuk kategori microbus.
ya CVT pabrikan mana si yang 100% aman apalagi di Indo, kaum mendang mending mana tau (kalau tau juga tetep aja mendang mending) CVT bikinan JATCO yg punyanya di Nissan itu nomor satu dunia.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by FU27 »

ginting wrote: Sun Jul 26, 2020 13:10
technoholic wrote: Sun Jul 26, 2020 12:33 Sudah ada teasernya di youtube toyota id.

Btw, saya heran sama line up Corolla.
Dulu zaman saya kuliah tahun 90an, itu Corolla sangat mendominasi di jalanan, mulai dari era Twin Cam sampai Great Corolla.
Banyak dosen, pengusaha beli Corolla.
Tapi sekarang kok populasi Corolla jarang saya temukan di parkiran kantor, atau kampus atau di jalanan. Sebagai perbandingan di parkiran Plaza Senayan tempat saya kerja, kalau saya jalan ke parkiran pasti ada nemu 1 Camry, tapi belum tentu ketemu 1 ekor Corolla.

Sejak kapan masy Indonesia gak suka lagi Corolla ini ?

Apalagi sekarang pakai CVT, which is not a winning area of Toyota...

Kalau memakai istilah kaum mendang mending...maka ini Corolla Cross mending pakai 7 sp A/T :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Alergi amat oom sama CVT.
isyusupc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Sep 16, 2018 3:43

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by isyusupc »

info nya akan launching pada 6 agustus ya, boleh di info donk kalo ada promo menarik.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

ginting wrote: Sun Jul 26, 2020 13:10

Btw, saya heran sama line up Corolla.
Dulu zaman saya kuliah tahun 90an, itu Corolla sangat mendominasi di jalanan, mulai dari era Twin Cam sampai Great Corolla.
Banyak dosen, pengusaha beli Corolla.
Tapi sekarang kok populasi Corolla jarang saya temukan di parkiran kantor, atau kampus atau di jalanan. Sebagai perbandingan di parkiran Plaza Senayan tempat saya kerja, kalau saya jalan ke parkiran pasti ada nemu 1 Camry, tapi belum tentu ketemu 1 ekor Corolla.

Sejak kapan masy Indonesia gak suka lagi Corolla ini ?

Apalagi sekarang pakai CVT, which is not a winning area of Toyota...

Kalau memakai istilah kaum mendang mending...maka ini Corolla Cross mending pakai 7 sp A/T :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
matinya c segment (civic/corolla) bs dibilang sejak kelahiran b segment (jazz/yaris dkk)...

dulu sedan toyota itu terbagi small (corolla) dan middle (camry/corona) - yg upclass lebih luxury crown (dulu lexus LS blm populer). yang miskin beli corolla, yang menengah beli corona/camry, yang tajir melintir beli crown atau mersi...

skrg corolla naik ke midsize, camry ke fullsize. small ada yaris/vios. bahkan segmen B ini juga terancam punah abis munculnya A segment (agya) yg makin gandrung skrg. jazz aja discontinue di USA, pasar b segment cuma bertahan karena crossover.

ngga cm di indonesia yah, di dunia juga kecenderungannya ke crossover. USA yang kondisi marketnya 11-12 kita, terlaris udah duo rav4 CRV ngalahin camry accord.

btw, c segment justru belakangan mulai bergairah lagi krn d segment (camry/accord) udah terlalu mahal, dan pembelinya eksmud mapan yang karirnya mulai bagus, tp beli sedan macem camry kayak bapak-bapak banget... segmen ini mulai moncer lagi sejak civic turbo muncul dan selalu di segmen ini honda > toyota.

skrg corolla pun switch ke new gen TNGA chassis buat menarik konsumen muda yg suka nyetir. toyota udah ngebaca kayaknya liat mazda dan honda gebuk gebukan lumayan seru sejak all new civic dan mazda3 baru.

tp masalahnya ya itu, corolla dah kadung image nya mobil bapak-bapak korporat juga krn ini mobil dinas kantor sejuta umat. ane sampe hari ini blm liat sebiji pun all new corolla TNGA... dilemanya corolla adalah susah menangin pasar anak muda yang kadung suka civic dan mazda3.

dan ngomongin CVT, for the moment emang masih paling efisien secara power delivery dan development. tapi ke depan sepertinya akan switch ke AT lagi... who knows ? ketika development AT dengan gigi banyak sudah cukup efisien untuk mass-pro dan terbukti bulletproof :big_exellent:

honda saja bau-bau next gen akan pake 10 speed AT... 10 speed AT di accord turbo 2.0 berhasil mempecundangi skyactiv 6-speed mazda by a far margin... nggak mungkin pabrikan transmisi besar seperti aisin yang punya toyota gak sadar.
Last edited by ChZ on Mon Jul 27, 2020 3:18, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Pboyz97 »

FU27 wrote: Sun Jul 26, 2020 14:44
ginting wrote: Sun Jul 26, 2020 13:10
technoholic wrote: Sun Jul 26, 2020 12:33 Sudah ada teasernya di youtube toyota id.

Btw, saya heran sama line up Corolla.
Dulu zaman saya kuliah tahun 90an, itu Corolla sangat mendominasi di jalanan, mulai dari era Twin Cam sampai Great Corolla.
Banyak dosen, pengusaha beli Corolla.
Tapi sekarang kok populasi Corolla jarang saya temukan di parkiran kantor, atau kampus atau di jalanan. Sebagai perbandingan di parkiran Plaza Senayan tempat saya kerja, kalau saya jalan ke parkiran pasti ada nemu 1 Camry, tapi belum tentu ketemu 1 ekor Corolla.

Sejak kapan masy Indonesia gak suka lagi Corolla ini ?

Apalagi sekarang pakai CVT, which is not a winning area of Toyota...

Kalau memakai istilah kaum mendang mending...maka ini Corolla Cross mending pakai 7 sp A/T :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Alergi amat oom sama CVT.


Kalo menurut analisa sotoy saya. orang yg alergi sm CVT itu gak bisa dibilang salah juga , pada dasarnya semua jenis matic, mau at konvensional, CVT, DCT, atau apalah itu istilahnya, sama2 baik, karena udh dirancang dan diperhitungkan dengan matang oleh produsen mobil, dan punya kelebihan dan kekurangan tersendiri .Tinggal menyesuaikan ke kebutuhan masing - masing orang aja seperti apa.

Kebetulan pelihara 2 mobil bertransmisi CVT dirumah, yaitu CRV Turbo prestige dan Yaris joker TRD. CVT itu ada plus minusnya. Bagus buat org yg seneng cruising atau nyetir santai baik dalkot maupun lukot, serta cocok buat org yg mengejar efisiensi, karena rasio perpindahan giginya pendek pendek, dan pas di kecepatan tinggi let's say 100kpj, masih berkutat di rpm rendah , which is good for fuel eficiency . Tapi minusnya kurang oke buat peforma atau buat digeber , karena cvt bukan diperuntukkan untuk high revving, kalo digas dalem , pas rpm tinggi malah agak nahan dan cenderung ngeden tarikannya wkkwkw, mungkin orang yg alergi sm CVT adalah orang yang demen main high rev atau ngincer peformance dan pengen perawatan matic yg lebih murah , karena merawat CVT gak bisa sembarangan, which is lebih mahal daripada at konvensional, dan olinya mesti khusus. Gak bisa sembarangan. Wkwkwk. No offence ya :big_peace: , karena sekali lagi ini merupakan opini pribadi saya dan gak bermaksud untuk menyinggung atau memojokkan siapapun

Kalo soal pernyataan om ginting yg bilang kalo CVT is not a winning area of toyota, saya setuju. Sebagai pengguna yaris joker dan cukup sering nyetir mobilio RS CVT punya temen dan GK5 RS CVT punya om saya + punya crv rw cvt jg dirumah, cvt toyota menurut saya bengek di putaran tengah - atasnya biarpun perpindahannya cukup sigap dan smooth + better than cvtnya nissan. Tapi kalau dibanding cvt honda, toyota jelas kalah telak di bagian ini. Honda saya akui masih the best soal cvtnya, biarpun gak se intimidating 5 at lawas raungannya, tapi surprisingly putaran tengah - atasnya cukup ngisi dan terasa natural penyaluran tenaganya. Pengalaman bawa Mobilio rs cvt temen, impresinya sangat positif terutama di peforma dan handlingnya diluar BQ dan road noisenya yg ya begitulah wkwkwk, which is the best buat LMPV, 4 AT xpander saya aja gak bisa se responsif cvtnya mobilio + handlingnya juga kalah dari mobilio menurut saya. Wkwkwk

Kalo corolla cross masuk indo sih, mending pake 6 atnya ANKI atau ANF saja. Wkwkwk. Sudah lebih dari cukup kok untuk mesinnya altis menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ginting »

Pboyz97 wrote: Mon Jul 27, 2020 3:13
FU27 wrote: Sun Jul 26, 2020 14:44
ginting wrote: Sun Jul 26, 2020 13:10

Btw, saya heran sama line up Corolla.
Dulu zaman saya kuliah tahun 90an, itu Corolla sangat mendominasi di jalanan, mulai dari era Twin Cam sampai Great Corolla.
Banyak dosen, pengusaha beli Corolla.
Tapi sekarang kok populasi Corolla jarang saya temukan di parkiran kantor, atau kampus atau di jalanan. Sebagai perbandingan di parkiran Plaza Senayan tempat saya kerja, kalau saya jalan ke parkiran pasti ada nemu 1 Camry, tapi belum tentu ketemu 1 ekor Corolla.

Sejak kapan masy Indonesia gak suka lagi Corolla ini ?

Apalagi sekarang pakai CVT, which is not a winning area of Toyota...

Kalau memakai istilah kaum mendang mending...maka ini Corolla Cross mending pakai 7 sp A/T :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Alergi amat oom sama CVT.


Kalo menurut analisa sotoy saya. orang yg alergi sm CVT itu gak bisa dibilang salah juga , pada dasarnya semua jenis matic, mau at konvensional, CVT, DCT, atau apalah itu istilahnya, sama2 baik, karena udh dirancang dan diperhitungkan dengan matang oleh produsen mobil, dan punya kelebihan dan kekurangan tersendiri .Tinggal menyesuaikan ke kebutuhan masing - masing orang aja seperti apa.

Kebetulan pelihara 2 mobil bertransmisi CVT dirumah, yaitu CRV Turbo prestige dan Yaris joker TRD. CVT itu ada plus minusnya. Bagus buat org yg seneng cruising atau nyetir santai baik dalkot maupun lukot, serta cocok buat org yg mengejar efisiensi, karena rasio perpindahan giginya pendek pendek, dan pas di kecepatan tinggi let's say 100kpj, masih berkutat di rpm rendah , which is good for fuel eficiency . Tapi minusnya kurang oke buat peforma atau buat digeber , karena cvt bukan diperuntukkan untuk high revving, kalo digas dalem , pas rpm tinggi malah agak nahan dan cenderung ngeden tarikannya wkkwkw, mungkin orang yg alergi sm CVT adalah orang yang demen main high rev atau ngincer peformance dan pengen perawatan matic yg lebih murah , karena merawat CVT gak bisa sembarangan, which is lebih mahal daripada at konvensional, dan olinya mesti khusus. Gak bisa sembarangan. Wkwkwk. No offence ya :big_peace: , karena sekali lagi ini merupakan opini pribadi saya dan gak bermaksud untuk menyinggung atau memojokkan siapapun

Kalo soal pernyataan om ginting yg bilang kalo CVT is not a winning area of toyota, saya setuju. Sebagai pengguna yaris joker dan cukup sering nyetir mobilio RS CVT punya temen dan GK5 RS CVT punya om saya + punya crv rw cvt jg dirumah, cvt toyota menurut saya bengek di putaran tengah - atasnya biarpun perpindahannya cukup sigap dan smooth + better than cvtnya nissan. Tapi kalau dibanding cvt honda, toyota jelas kalah telak di bagian ini. Honda saya akui masih the best soal cvtnya, biarpun gak se intimidating 5 at lawas raungannya, tapi surprisingly putaran tengah - atasnya cukup ngisi dan terasa natural penyaluran tenaganya. Pengalaman bawa Mobilio rs cvt temen, impresinya sangat positif terutama di peforma dan handlingnya diluar BQ dan road noisenya yg ya begitulah wkwkwk, which is the best buat LMPV, 4 AT xpander saya aja gak bisa se responsif cvtnya mobilio + handlingnya juga kalah dari mobilio menurut saya. Wkwkwk

Kalo corolla cross masuk indo sih, mending pake 6 atnya ANKI atau ANF saja. Wkwkwk. Sudah lebih dari cukup kok untuk mesinnya altis menurut saya
@FU27
Saya memang masih agak ragu oom, terus terang, dengan CVT di negara +62 ini, dimana kondisi jalan, kondisi traffic, profile user, belum mendukung ke arah awetnya itu CVT.
Saya tidak menafikan efisiensi yg dihasilkan, kok.
Tapi kalau oom telusuri video di Yutub tentang CVT yang ambyar, either karena salah kelakuan usernya, atau salah oli, maka menurut saya to be honest, untuk NKRI ini masih lebih cocok pakai A/T.
Apalagi biaya perbaikan CVT itu jauh lebih mahal dan seringnya harus ganti segelondongan.
cek aja video Worner matic, Gridoto ke Rizky Matic Pulogebang, dll

Selain itu juga saya lihat CVT itu overheat kalau naek pegunungan, jadi kayaknya kudu banyak ritualnya ini type matic.

@Pboyz97
You summed up my concerns completely, oom :big_deal: :big_deal:
Semoga ke depan CVT makin reliable dan tahan terhadap berbagai variasi type user.

@ChZ
Terima kasih ulasannya yang (as always) bikin kita sangat tercerahkan. :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by sintoni »

Beberapa orang takut sama CVT ya karena stigma jaman dulu.

Ditarik lelet, servis mahal, gampang kepanasan.

Kayak dulu orang ga mau metik semua masih manual.

Lama2 ya diterima jg.

Tapi tetap ane sendiri lebih milih geared matic, tapi ya 6speed keatas.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by kunaskun »

ginting wrote: Mon Jul 27, 2020 5:21 @FU27
Saya memang masih agak ragu oom, terus terang, dengan CVT di negara +62 ini, dimana kondisi jalan, kondisi traffic, profile user, belum mendukung ke arah awetnya itu CVT.
Saya tidak menafikan efisiensi yg dihasilkan, kok.
Tapi kalau oom telusuri video di Yutub tentang CVT yang ambyar, either karena salah kelakuan usernya, atau salah oli, maka menurut saya to be honest, untuk NKRI ini masih lebih cocok pakai A/T.
Apalagi biaya perbaikan CVT itu jauh lebih mahal dan seringnya harus ganti segelondongan.
cek aja video Worner matic, Gridoto ke Rizky Matic Pulogebang, dll

Selain itu juga saya lihat CVT itu overheat kalau naek pegunungan, jadi kayaknya kudu banyak ritualnya ini type matic.
CVT menurut saya akan jadi alternatif transmisi AT.
geared AT gimana juga masih menang jauh, dari segi pemakaian juga teknologi yg mature.
seingat saya CVT sendiri memang seumuran geared AT tapi stagnan mungkin faktor material, teknologi, dsb yg belum mendukung, baru sekarang muncul lagi.

khusus Indo, ya CVT memang secara alamiah gantinya segelondong, karena memang itu housing ga ada isinya kan, sangat sederhana dibandingkan geared AT. masalahnya di Indo ga terbiasa kan ganti segelondong gitu atau perawatan rutin karena di indo ga pemakai ga bengkel biasanya mayoritas ya koboi, yg penting jalan. nah biasanya kadal2in, dikasi CVT ya otomatis ga bisa diperbaiki part by part = ga Indo banget. apalagi di suruh perawatan rajin ganti Oli ATF. lah isi air wiper saja yang penting air, bukan air minimal air minum dalam kemasan supaya ga gampang lumutan dsb.

untuk kendaraan kecil dalkot saja, saya si seneng CVT. ga ada gear hunting yg nyebelin ketika kecepatan tanggung, selalu halus jadi penumpang nyaman, ga ada sensasi nyetir karena karakter CVT yg lemes gitu ga masalah jadi driver santai tenang taunya cuma arahkan steer dan gas rem saja. 4 speed geared AT jelas keteteran di soal ini. apalagi kalau AGS, mendingan CVT kemana2. kemudian di kecepatan cruising juga CVT unggul.
nah masalahnya Indo kan ga cuma dalkot saja. setiap daerah bervariasi. disinilah masalah CVT muncul. diajak jalan jarak jauh di pantura, sensasi lemes khas CVT bikin keteteran untuk salip2an belum lagi "rubber band effect" yg bikin tambah kesel, kalau di geared AT paling masalah di ratio atau power band mesin yg tanggung. nah CVT belum bisa kadalin lemesnya ini. ini juga maslaah buat enthusiast (juga netijen mendang mending yg paling vokal)

diajak naik gunung overheat menurut saya ngga lah. tergantung driver. ya kalau driver indo yg mayoritas tidak (dan ga mau) tahu ya memang pasti overheat seperti halnya banyak yg nganggap mobil bagus dengan geared AT kalau bisa di tanjakan ga mundur tanpa di gas dengan posisi transmisi D :mky_08: juga mirip kejadian di tanjakan curam entah yg bikin jalan memang kepinteran atau driver ga mumpuni jadi mesti lah ada pasukan masyarakat sekitaar khusus ganjal balok. atau overheat/kopling jebol karena maksain nanjak gigi 2 terus2an, karena kalau pake gigi 1 takut mesin rusak karena meraung2. mirip juga di turunan curam, hari gini masih ada aja yg rem ngeblong karena ga pakai gigi rendah atau tahan rem terus2an. ujung2nya yang disalahin ya tentunya "makhluk dunia lain".

overall, disinilah hebatnya daitoyo di indo. produk mesin duit dikasi yg reliable saja, geared AT atau Manual, kuno ga enak dipake tidak masalah, yg penting mayoritas pengguna bahagia. :big_grin: selebihnya baru d CVT, apalagi kalau mayoritas generasi baru, praktis ga ada lagi yg geared AT.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by slapnuts »

Kalau ngomongin masalah CVT zaman now, enak-enak saja sih.
Buat harian halus, ga ada perpindahan gigi, irit, gabikin penumpang mabok dibanding AGS (Automatic yang Galau Sekali) atau transmisi manual jika driver ga pro.
Buat luar kota via tol juga enak, lari 100 rpm ga sampai 2000, mesin gaperlu teriak, irit, senyap.
Luar kota pengen agak narik? pakai saja paddle shift, tahan di rpm 3000 ke atas, kelar.

Pasti ada yang komentar, kan CVT ga fun to drive, rubber band dsb, yah berapa persen sih pengguna yang seperti ini? paling hanya segelintir petrolhead yang suka speeding. Buktinya line up Honda Indo yang CVT semua laku-laku aja mulai dari LCGC sampai Odyssey. Yang penting rajin ganti oli aja maks 30rb km dan jangan kasar makainya.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by PRBS »

mungkin calon buyer yg ingin beli mobil betul2 harus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.. kalau peruntukannya memang untuk daily di dalkot, butuh yg nyaman dan mengejar efisiensi, ya go for cvt.. tapi drawbacknya ya ga bisa buat high performance (bisa sih bisa, tp ga peruntukannya aja)..

yang gaya kakinya masih ga lulus sekolah, suka high rpm, genjot sana sini, hindari cvt.. cari MT or At konvensional, dct, or buruk2nya ags juga gpp..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by lemonadelovers »

Jaman sekarang mana bisa sih user bisa milih geared at atau cvt

Trennya matic udah kearah cvt apalagi klo fwd..

Krna mobil2 kecil ke medium lebarnya cm 1650mm ga memungkinkan dikasih geared at lebih dr 4 speed, ada sih geared at fwd 6 / 8 speed tp mobilnya rata2 lebar 1850mm
Lain halnya klo setupnya rwd

Plus kehematan bbm jg menjadi rating buat mobil itu sendiri
Last edited by lemonadelovers on Tue Jul 28, 2020 2:45, edited 1 time in total.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

slapnuts wrote: Tue Jul 28, 2020 1:53 Kalau ngomongin masalah CVT zaman now, enak-enak saja sih.
Buat harian halus, ga ada perpindahan gigi, irit, gabikin penumpang mabok dibanding AGS (Automatic yang Galau Sekali) atau transmisi manual jika driver ga pro.
Buat luar kota via tol juga enak, lari 100 rpm ga sampai 2000, mesin gaperlu teriak, irit, senyap.
Luar kota pengen agak narik? pakai saja paddle shift, tahan di rpm 3000 ke atas, kelar.

Pasti ada yang komentar, kan CVT ga fun to drive, rubber band dsb, yah berapa persen sih pengguna yang seperti ini? paling hanya segelintir petrolhead yang suka speeding. Buktinya line up Honda Indo yang CVT semua laku-laku aja mulai dari LCGC sampai Odyssey. Yang penting rajin ganti oli aja maks 30rb km dan jangan kasar makainya.
CVT benernya combined dengan enjin yang powerful ntu enak bgt loh... apalagi kl uda masuk powerband. behh... ga ad lawan lah. CVT selalu ada di powerband klo cruise, mo nambah tenaga no hassle injek aj gasnya daleman dikit lsg melesat smooth macem pesawat lg takeoff. tetiba aja kenceng gt

kadang orang keburu nyalahin cvt kalo mobilnya lemot... pdhl bawaan yahh emang enjinnya jg pas-pasan powernya, yg disalahin CVTnya... trus yg dibandingin apel to jeruk, mobil turbodiesel AT vs mobil CVT cc kecil...

pdhl power delivery mobil itu mesin dan transmisi ga bs dipisahin. blom modern cars sangat dipengaruhi software tuning. DSG mutakhir kalo algoritma software nya gak pinter yahh tetep aj bego.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Suryaputra »

Geared AT itu biaya produksinya relatif lbh tinggi, dibanding CVT.
Lbh boros tempat.
Lbh banyak internal partsnya.
Size Lbh besar.
Kelebihannya ya cocok buat driving enthusiast yg main di RPM tinggi terus.

cuman produsen kan jg doing market research, brp orang sih yg spt itu ? :D

karena simplicity itulah, CVT dipilih sm produsen Motor dan mobil.

anyway soal CVT honda terdepan di kelas mbl jepang, ya sy setuju.
bbrp kali nyoba mbl ber CVT dr brand tetangga, rata2 bengek/agak nahan di rpm tengah sampai atas.
belum tau yah klo CVT kelas lexus gmn, blm prnh nyoba jg :D

klo CVT honda, selama posisi gear di D, enak untuk segala kebutuhan, tinggal injek gasnya diurut dan agak dalam aja klo nemu tanjakan.

memang CVT nya honda tidak seresponsif dan punya top speed versi transmisi manual, tapi terbukti figur 0-100 km/h terdepan dgn kelas drivetrain yg sama :D

thread topic dah singit nih :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Jul 28, 2020 2:54 Geared AT itu biaya produksinya relatif lbh tinggi, dibanding CVT.
Lbh boros tempat.
Lbh banyak internal partsnya.
Size Lbh besar.
Kelebihannya ya cocok buat driving enthusiast yg main di RPM tinggi terus.

cuman produsen kan jg doing market research, brp orang sih yg spt itu ? :D

karena simplicity itulah, CVT dipilih sm produsen Motor dan mobil.

anyway soal CVT honda terdepan di kelas mbl jepang, ya sy setuju.
bbrp kali nyoba mbl ber CVT dr brand tetangga, rata2 bengek/agak nahan di rpm tengah sampai atas.
belum tau yah klo CVT kelas lexus gmn, blm prnh nyoba jg :D

klo CVT honda, selama posisi gear di D, enak untuk segala kebutuhan, tinggal injek gasnya diurut dan agak dalam aja klo nemu tanjakan.

memang CVT nya honda tidak seresponsif dan punya top speed versi transmisi manual, tapi terbukti figur 0-100 km/h terdepan dgn kelas drivetrain yg sama :D
geared AT pun sebenernya kbanyakan shifting pointnya terlalu cepet ngejar irit. di cruise speed sering ngga dapet momentum buat nyalip keburu shifting di 2000-2500 RPM. yahh di mesin 3 silinder 1000cc ma mesin diesel ya enak torsinya ngisi di range segini. atau kl diset final gearnya kasar macem avanza.

yg katanya mobil sempurna macem mazda pun suffer di sini, early shifting banget. 6at skyactiv mazda ntu di mesin-mesin under 2500cc nya malah jd lemah syahwat jatohnya. powernya drop terlalu cepet pas shifting.

mesin diesel pun kalo torque nya lemah syahwat kayak 2KD full stock jatohnya malah lemot sekali. turbo blm spool up uda shifting. klo buat full throttle gw ud ngerasain DSG twincharger... ntu bener-bener baru namanya transmisi... asal ngga inget umur clutch dan flywheelnya :ngacir: :upss:

CVT honda yang di mesin NA mahh ga berasa CVT buat dalem kotaan. di HRV adek gw uda remap throttlenya dibuat rada agresif enak bgt buat sruntulan. rpm cepet naik aplg mesin R18 powerbandnya di mid-RPM. jd ngga ada rasa gas lompat terus loyo. adanya gas lompat terus tenaganya ngisi terusss... :big_love:

yg di mesin turbo berasanya krn akumulasi dgn turbo lag... wkwkwkwkw... tp bgitu power masuk yahh larinya kek kesetanan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by kompresorz »

segala cvt ...ags...rame...

mending beli corola cros..kan udah bisa dipesan....


klo kelebihan energi mending modif mobil sendiri aja...biar ada hiburan....
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by sealplayerz »

Corolla cross masuknya kelas hrv atau crv ya? Moga2 sama badaknya dgn versi sedannya
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by AR93 »

sealplayerz wrote: Tue Jul 28, 2020 7:01 Corolla cross masuknya kelas hrv atau crv ya? Moga2 sama badaknya dgn versi sedannya
Dimensi: tepat di tengah-tengahnya
Harga: agak beririsan sama CR-V 2.0 (kata sales kenalan estimasi 400-500)
Power output: mirip2 HR-V 1.8, sedikit dibawah CR-V 2.0
Fitur: susah dicompare sama Honda, kata sales kenalan bakal ada Toyota Safety Sense (di Ahond fitur serupa, Honda SENSING baru ada di Accord), ada power back door (Ahond minimal CR-V Prestige), speedo TFT (di Ahond baru ada di Accord), tapi Corolla Cross gak ada EPB dan sunroofnya non pano.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by timbermaniac123 »

sealplayerz wrote: Tue Jul 28, 2020 7:01 Corolla cross masuknya kelas hrv atau crv ya? Moga2 sama badaknya dgn versi sedannya
kayanya sekelas hrv prestige. 1800cc 400 jutaan
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by Galaxy14 »

AR93 wrote: Tue Jul 28, 2020 13:17
sealplayerz wrote: Tue Jul 28, 2020 7:01 Corolla cross masuknya kelas hrv atau crv ya? Moga2 sama badaknya dgn versi sedannya
Dimensi: tepat di tengah-tengahnya
Harga: agak beririsan sama CR-V 2.0 (kata sales kenalan estimasi 400-500)
Power output: mirip2 HR-V 1.8, sedikit dibawah CR-V 2.0
Fitur: susah dicompare sama Honda, kata sales kenalan bakal ada Toyota Safety Sense (di Ahond fitur serupa, Honda SENSING baru ada di Accord), ada power back door (Ahond minimal CR-V Prestige), speedo TFT (di Ahond baru ada di Accord), tapi Corolla Cross gak ada EPB dan sunroofnya non pano.
Kalo memang seperti yang kaya om bilang, ya mantull :big_exellent:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

Menarik ini mobil, br kali ini saya cukup excited sama toyota jaman now stl corolla wagon krn TNGA. Hrs tes krn kaki2 belakangnya masih torsion beam, cm selain itu sih no complaint. Interiornya ajibbb
moltje
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Aug 22, 2016 7:47

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by moltje »

klo ngintip toyota thai harganya diatas chr

masa disini lebih murah dari chr?

apakah kaya sienta yg beda bgt sama sienta japan?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by evolution21 »

ChZ wrote: Mon Jul 27, 2020 2:46 ngga cm di indonesia yah, di dunia juga kecenderungannya ke crossover. USA yang kondisi marketnya 11-12 kita, terlaris udah duo rav4 CRV ngalahin camry accord.

btw, c segment justru belakangan mulai bergairah lagi krn d segment (camry/accord) udah terlalu mahal, dan pembelinya eksmud mapan yang karirnya mulai bagus, tp beli sedan macem camry kayak bapak-bapak banget... segmen ini mulai moncer lagi sejak civic turbo muncul dan selalu di segmen ini honda > toyota.

skrg corolla pun switch ke new gen TNGA chassis buat menarik konsumen muda yg suka nyetir. toyota udah ngebaca kayaknya liat mazda dan honda gebuk gebukan lumayan seru sejak all new civic dan mazda3 baru.
sepertinya crossover makin laku karena kondisi jalanan makin banyak yg rusak, sedan rawan mentok kali yah

gimanapun sedan tunggangannya lebih enak, stabil dan empuk
hmm bener2 kangen punya sedan, sudah 9 taun pake suv sejak trakhir punya mazda 6

corola tnga handlingnya selevel mazda3/civic ga sih um?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

moltje wrote: Wed Jul 29, 2020 3:42 klo ngintip toyota thai harganya diatas chr

masa disini lebih murah dari chr?

apakah kaya sienta yg beda bgt sama sienta japan?
Feeling saya dibawah chr om. TSS ga ada, speedo jarum+tft mid, head unit blm android auto (ngeselin). Cuma safety basic udah semua kaya 7 airbag. Sayang ga ada interior merah
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by maastricht889 »

Galaxy14 wrote: Tue Jul 28, 2020 17:47
AR93 wrote: Tue Jul 28, 2020 13:17
sealplayerz wrote: Tue Jul 28, 2020 7:01 Corolla cross masuknya kelas hrv atau crv ya? Moga2 sama badaknya dgn versi sedannya
Dimensi: tepat di tengah-tengahnya
Harga: agak beririsan sama CR-V 2.0 (kata sales kenalan estimasi 400-500)
Power output: mirip2 HR-V 1.8, sedikit dibawah CR-V 2.0
Fitur: susah dicompare sama Honda, kata sales kenalan bakal ada Toyota Safety Sense (di Ahond fitur serupa, Honda SENSING baru ada di Accord), ada power back door (Ahond minimal CR-V Prestige), speedo TFT (di Ahond baru ada di Accord), tapi Corolla Cross gak ada EPB dan sunroofnya non pano.
Kalo memang seperti yang kaya om bilang, ya mantull :big_exellent:
Panjang 4.46 meter om. Udah ada yg bocorin brosurnya br aja
User avatar
technoholic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Jun 11, 2014 12:15

Re: Corolla Cross Masuk Indo?

Post by technoholic »

erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 6:59
Galaxy14 wrote: Tue Jul 28, 2020 17:47
AR93 wrote: Tue Jul 28, 2020 13:17

Dimensi: tepat di tengah-tengahnya
Harga: agak beririsan sama CR-V 2.0 (kata sales kenalan estimasi 400-500)
Power output: mirip2 HR-V 1.8, sedikit dibawah CR-V 2.0
Fitur: susah dicompare sama Honda, kata sales kenalan bakal ada Toyota Safety Sense (di Ahond fitur serupa, Honda SENSING baru ada di Accord), ada power back door (Ahond minimal CR-V Prestige), speedo TFT (di Ahond baru ada di Accord), tapi Corolla Cross gak ada EPB dan sunroofnya non pano.
Kalo memang seperti yang kaya om bilang, ya mantull :big_exellent:
Panjang 4.46 meter om. Udah ada yg bocorin brosurnya br aja
Share dong om brosurnya
2E - 7K - 1NZ - 1TR - 2KD - 2GD