2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

Akibat blakangan si babeh memberi sinyal mau nuker sijuki seples di rumah...

pilihannya antara boyota yasir bapau tua atau new honda brio... (tolong jangan ada yang komen kenapa splash nya diganti, atau mending yasir daripada brio, saya nggak lagi minta advice, lagian yang pake bakalnya bkn saya).

itung-itung penasaran juga dengan new honda brio. dari awal nongol ampe 2 taon berselang blom pernah pegang, bahkan naek teksi onlen pun blom pernah dapet. sebagai fenboi ahond yang miara 3 biji di rumah ane merasa bersoda... eh berdosa blom pernah nyentuh lineup paling pasaran :big_childish:

akhirnya pada hari rabu siang kemarin yang panas terik... setelah menyelesaikan urusan di bank dan perut sudah meronta-ronta... tapi napsu ngetes mobil lebih gede daripada napsu makan... ya uda mampir ke diler ahond dekat kantor.

disambut sangat hangat dan ramah oleh mba-mba seles konter... bilang mau ngeliat brio, khan kali ini beneran cari mobil bukan td td gak jelas jd no pehape intended... :big_peace: jd gak ada guilty feeling TD nya.

dan sebuah brio satya E CVT koneng sudah terparkir di parkiran dealer....

yang posisinya sedikit ketutup pantat sivik ane... :ngacir:

Sebenernya Honda Brio ini ganti generasi atau ganti baju doang sih ?

begitulah nyinyiran netijen maha sotoy dan mendang mending club waktu mobil ini pertama diperkenalkan.Menurut klaim HPM ini adalah Brio generasi dua, sedangkan menurut netijen ini cuma brio lama ganti baju. Mirip perdebatan ANGL vs OGL.

Ntahlah, tapi kalau patokan new model adalah total model change, jadi Brio bisa dibilang adalah generasi kedua. Ubahannya lebih niat dari OGL ke ANGL.

Debut New Brio ini dimulai dengan munculnya konsep "Honda Small RS Concept" di IIMS 2018, waktu lord johnpeace masih di HPM, yang sebenernya obvious juga ini Honda Brio baru. Mukanya persis Mobilio.

Image
Honda small RS concept, masa sih nggak obvious kalo ini Brio baru?

Ibarat kata sebuah filem sekuel, HPM kayak udah ngasih teaser yang ngebocorin karakter mana yang bakal mati, macem trailernya x-men : dark phoenix (2019).

Dan waktu yang ditunggu-tunggu tiba juga... di GIIAS 2018, mobil kutu andalan Honda ini berganti model yang.... 80% mirip small RS concept. Told ya. tidak sampe setengah taun model konsep dan model produksinya muncul.

Image
masih ada lord Johnpeace. nama yang sering dihujatin padahal tugas doi cuma jualan, bukan product planning :mky_04:

Design : A More "Serious" Hatchback

Berbeda dengan Brio bokong tepos sebelumnya, Brio generasi kedua ini dibuat lebih serius, nggak sok-sok mau edgy dengan pantat tepos yang akhirnya bagasinya cuma luas buat ukuran hamster dewasa. Pernah sekali waktu ada nganter temen ke bandara dengan Brio lama, koper full size nya harus ditaro di tengah akhirnya karena gak muat.

Image
bagasi menyedihkan Brio lama...

Segitu menyedihkannya Brio lama urusan bagasi...

Jadi ubahan terbesar mobil ini adalah panjang yang nambah 190mm, dengan lebar dan tinggi yang memper-memper saja dengan yang lama. Muncung depan dibuat seperti Mobilio, mengikuti gaya desain Honda masa kini. tapi bilah grillnya dibuat lebih tipis. Buat tipe Satya warna krum, buat RS warna hitam.

Image

Image

dan lampu belakang... C-shaped, mengikuti gaya lampu Jazz dan Civic :big_grin: polosan ala base trim, tidak ada kit-kit-an, tapi sangat mudah convert satya ke RS, tinggal nambah diffuser dan spoiler. buktinya banyak skali di jalanan satya pantatnya diubah jadi RS.

Image

velg untuk tipe Satya E 14inch kurus dengan ban eco khas mobil ekonomis. yang tipe RS lebih macho dengan bridgestone potenza series :big_grin:

The Lazy "Salam Satu Dasbor" Interior

Honda terkenal dengan kemalasannya ngubah desain dasbor, yang akhirnya membuat dash Brio terbaru ya cuma 11-12 dengan Brio lama. Tidak banyak yang perlu dikomentari.

Image

Image

Doortrimnya dari zaman Brio paling pertama itu ya masih sama persis. Bagian yang paling saya tidak suka dari Brio lama.

Build quality ? di kelas ini tidak ada yang spesial sekali build qualitynya. Agak tidak relevan ngomongin build quality di mobil ekonomis, apalagi ngarep dikasih bahan-bahan kualitas tinggi. Namanya juga mobil asal jalan.

Tapi untuk space, jangan diragukan :big_grin: tinggi ane 175cm masih bisa leluasa gerakin kaki di baris kedua. Bagasinya juga cukup besar untuk jempol kaki seekor FRD...

Image

Image

Unexpectedly Nice to Drive

Enjin mobil ini L12B 90PS dengan CVT, tidak banyak yang bisa dikomentari. Sedikit catatan bahwa unit tes saya sudah perlu servis berkala, dan memang terasa sekali seperti mesin yang sudah perlu servis... sebenarnya powernya tidak kecil, cukupan, tidak meledak-ledak, menurut klaim beberapa media sekitar 12 detikan 0-100. Mirip dengan Suzuki Ignis. Biarpun khas mesin L, torsi puncaknya agak tinggi, jadi low-end torque nya sedikit terkorbankan. Tapi begitu mobil ini masuk speed 60 ke atas, powernya akan terus mengisi.

Feeling saya filter udaranya sudah kotor sekali jadi tarikannya agak terhambat... yah mobil TD berusia 2 taun dan odometer 15 ribu. CVTnya sendiri bekerja dengan baik, tanpa ada terlalu banyak rubber-band effect.

Image

Kehematan saya tidak sempat ngetes, yang pasti ya pokoknya dalem kota pasti bisa lebih dari 1:10 dan luar kota katanya bisa 1:20. andai ada yang mau minjemin lebih lama... :mky_01:

Yang membuat saya surprise justru adalah di sektor kaki-kaki dan kenyamanan. Saat mau melewati rel kereta api saya sudah siap mencari celah untuk menjatuhkan mobil ini : kaki-kakinya pasti glodakan!

.... eh? Lewat begitu saja tanpa ada suara glodakan berisik ala kaki-kaki Honda lawas. Hanya "dep dep" biasa. Bukan "GRADAKGRADAKGRRRRTTTKLOTOKKLOTOK".

Konon katanya Brio terbaru ini memang sudah dilengkapi bushing suspensi baru, dan itu memang terasa sekali. Bahkan kualitas redaman kaki-kaki seperti ini seperti hanya satu level di bawah Civic FK.

Lalu soal handling... Pertama setirnya ringan, ok ini sebenarnya bukan masalah sama sekali. Tetap ada sedikit resistance dari jalan terasa, tapi bukan yang superb sekali. Ya sudah, kita tidak membeli mobil ini untuk handling. Mungkin tipe RS dengan ban Potenza nya punya feedback lebih bagus.

Kedua, dengan bobot bertambah 20kg, sebenarnya sangat wajar kalau mobil ini lebih terasa lamban dan tidak lincah. Tapi nyatanya tidak. Brio baru - justru terasa sangat lincah. Titik gravitasinya lebih rendah, moncong mobil lebih nurut, stabilizer bar belakang lebih besar juga bikin bagian pantat tidak terlalu banyak sway dan flexing. Mungkin saja Honda juga ada bermain dengan rigiditas bodinya.

Bahkan menurut klaim mobil ini lebih cepat mengitari Sentul 0,5 detik dari Brio lama. :big_exellent:

Jika ini sebuah Honda Jazz, saya akan biasa-biasa saja karena memang wajar. Tetapi level refinement seperti ini di sebuah Honda Brio... benar-benar exceptional.

It is... really that impressive :big_chicken:

Honda is raising the bar, and ready to fight, again.

Honda adalah salah satu most hated brand di internet, entahlah, forum otomotif membencinya, netijen menghujatnya, reviewer mengkritik keras build qualitynya.

Tapi kritikan keras adalah pecutan untuk berkembang semakin baik, dan Honda berhasil menerjemahkan setiap kritikan dengan hasil. A sweet revenge.

Anda menginginkan dasbor baru ? Honda memberikannya di 2016, bahkan menjadi satu-satunya mobil LCGC yang dilengkapi AC digital. Lalu ingin kenyamanan dan bagasi ? Well, tidak berlebihan jika Honda juga telah memberikannya, malah jauh melebihi ekspektasi.

Saya mengendarai mobil ini jadi teringat Honda Jazz GD. Mobil itu murah, praktis, serbaguna, dan sederhana, dengan sedikit sentuhan fun dan bergaya anak muda sekali. Tidak heran, Brio baru ini juga diminati sangat banyak orang, termasuk anak muda. Saat Honda Jazz RS sudah seharga 300 juta.

Harganya mulai dari 150 juta-an (Satya) sampai 200 juta-an (RS). Tipe yang dites harganya 170 juta-an (Satya E CVT), tipe automatic termurah. Sekarang dapat free service all-in seperti merek-merek lain hingga 4 tahun / 50.000 KM.

Competitor : Toyota Agya 1.2 TRD AT, Daihatsu Ayla 1.2 AT, Suzuki Ignis 1.2 AMT
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by KielConstantine »

Ooo jadi ente diem2 nulis review lagi :ngacir:

Mantap ya Brio baru, enggak disangka-sangka handlingnya bagus.


Enggak heran tiap gw visit bengkel si teddy rev. Ada aja brio baru masuk. Ada yg remap; ada yg upgrade kaki-kaki.

Yang extreme pernah nemu brio baru masih kinyis, jok masih disarungin ala showroom. Tapi mesin ud di-swap pake mesin jazz L15. Trus cangkok turbo + intercooler. Transmisinya manual tentunya.

Malah pernah ada nemu yg udh pake BBK AP racing depan 4 piston... :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Ibet »

Nice review om Chz ..

Next time coba yang RS om, denger - denger suspension nya beda dengan yang Satya?
Mungkin karena hal - hal yg om jabarin, harga sekennya sangat bertahan .. bahkan buat yang model lama ..

om @KielConstantine ..
Saya pernah lihat di IG nya Engine+, ada Brio pake K24 .. luar nya standar abis
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 07 Aug 2020, 15:14 Ooo jadi ente diem2 nulis review lagi :ngacir:

Mantap ya Brio baru, enggak disangka-sangka handlingnya bagus.


Enggak heran tiap gw visit bengkel si teddy rev. Ada aja brio baru masuk. Ada yg remap; ada yg upgrade kaki-kaki.

Yang extreme pernah nemu brio baru masih kinyis, jok masih disarungin ala showroom. Tapi mesin ud di-swap pake mesin jazz L15. Trus cangkok turbo + intercooler. Transmisinya manual tentunya.

Malah pernah ada nemu yg udh pake BBK AP racing depan 4 piston... :drinking:
bused nyariin gw ternyata :mky_07:

nahh iya brio itu mobil bahan bgt. buat di dressup cakep, buat main trackday kecil-kecil juga asik. emang khas honda banget.

platform mobil bahan, tp bisa buat kerja keras... :ngacir:

yang brand new L15 warna kuning bukan ? gw liat yang di ig honda night runners jg swap L15. cuma lupa pake turbo apa enggak.

Brio dikasih BBK ini gw takut bodinya kalah ama remnya saking kecilnya :big_biglaugh:
Ibet wrote: 07 Aug 2020, 15:20 Nice review om Chz ..

Next time coba yang RS om, denger - denger suspension nya beda dengan yang Satya?
Mungkin karena hal - hal yg om jabarin, harga sekennya sangat bertahan .. bahkan buat yang model lama ..

om @KielConstantine ..
Saya pernah lihat di IG nya Engine+, ada Brio pake K24 .. luar nya standar abis
nahhh tp entahlah mobil test diler2 rata-rata satya eui.... itu dia di pricelist selisihnya 20jt lebih satya dan RS... khan bikin penasaran masa cm beda suspensi dan ban :ungg: yahh enasave vs potenza sih bannya, ini uda gila sendiri.

nah soal resale value... kalo gw liat emang kastanya brio ini beda sama agya ayla... agya ayla di mata orang kebanyakan itu yah mobil murah aj, kaleng kembar the sequel. tapi buat noni noni kuliahan brio lebih eye catchy, lebih kiyut, dan pasti kliatan lebih gengsi. buat yang laki nih mobil gampang di modif.

liat brio modifan di jalan itu banyak bener rasanya, jauh lebih banyak drpd GK modifan. :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by maastricht889 »

Nice repiew koh!! Pernah nyetir satya cvt buttlift punya e temen. Ndak nyangka sih ini brio plg proper. Duduk belakang enak banget, power delivery jg pas banget, vibes di dalem ndak se-prihatin naik brio setrika. Dari awale yang benci brio jadi seneng brio gara2 buttlift ini. Kerasa pas banget, padahal pas awal launched anak brio podo ngenyek model pantat e wkwkwkwk.

Beda satya sama RS, yg tak tau kyk part ac gitu di satya pakek sanden, rs pakek denso
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by carlzeiss »

Dirumah ada satya e , dan lebih milih bawa satya buat ngeliuk di kemacetan jakarta dibanding bawa almas hahaha , lebih enak aja dan empuk banget suspensinya beda sama ahond kebanyakan , Good Job Honda !
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Omnibus »

L12 ga pake egr valve ternyata ya. itu dummy doang gitu ya.

keren sih, mobil gaul banget. warna fav kl ga kuning, putih ya.

odometer berapa mod pas di test? GK ane 11k udah glodakan. ganti shock support rubber beres sih masalahnya. good for another 10k wkwkwkwkwk abis itu glodakan lagi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by DOHC »

Mods

Cobain brio gen paling awal deh, yg masi CBU thai 1.3 cc, palagi yg manual.. djamin brio gen ini bakal anda ga lirik

Saya ud perna coba sendiri brio 1.3 manual, anjayy, itu tarikan, selap selip, body ukuran skecil badan blackpink.. resep mantep buat nyetir pecicilan d dalkot

Tp lupakan bentuk brio gen ini, konon kl liat lebi dr 5 menit, mata lgs katarak matur

Ohh btw lg

OGL ke AnGL itu mala menurut saya upgrade paling niat dr batu makam loh, ktimbang endless upgrade mreka dl buat serena c23 atau bahkan utk xtrel t31 nya

At least dr OGL ke AnGL itu mesin rubah banyak, girbok ganti, dan konon ad perbaikan d kaki2 jg
Last edited by DOHC on 07 Aug 2020, 17:28, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by sintoni »

Mending yaris lahhhh..


Kaborrrrrrrr.

:big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

erwinign wrote: 07 Aug 2020, 15:57 Nice repiew koh!! Pernah nyetir satya cvt buttlift punya e temen. Ndak nyangka sih ini brio plg proper. Duduk belakang enak banget, power delivery jg pas banget, vibes di dalem ndak se-prihatin naik brio setrika. Dari awale yang benci brio jadi seneng brio gara2 buttlift ini. Kerasa pas banget, padahal pas awal launched anak brio podo ngenyek model pantat e wkwkwkwk.

Beda satya sama RS, yg tak tau kyk part ac gitu di satya pakek sanden, rs pakek denso
nahh rear seat nya itu pertama duduk... kok ntah kenapa bisa enak banget wkwkwkw sandarannya enak, busa jok juga lumayan tebel.

biasa klo part kadang ga menentu tergantung batch produksi kayaknya. kyk civic turbo hatch yg gw kirain tipe E dan sedan dapet BS Turanza ternyata ada jg yang dapet Yokohama advan dB.
carlzeiss wrote: 07 Aug 2020, 17:08 Dirumah ada satya e , dan lebih milih bawa satya buat ngeliuk di kemacetan jakarta dibanding bawa almas hahaha , lebih enak aja dan empuk banget suspensinya beda sama ahond kebanyakan , Good Job Honda !
hahahaha nahh iya empuknya itu gak nyangka bgt sih... empuk tp gak limbung berlebihan.
Omnibus wrote: 07 Aug 2020, 17:13 L12 ga pake egr valve ternyata ya. itu dummy doang gitu ya.

keren sih, mobil gaul banget. warna fav kl ga kuning, putih ya.

odometer berapa mod pas di test? GK ane 11k udah glodakan. ganti shock support rubber beres sih masalahnya. good for another 10k wkwkwkwkwk abis itu glodakan lagi
hahahaha oh ya baru nyadar itu di foto egr valvenya dummy...

warna kuningnya yang ntah kenapa jadi sering bgt liat :mky_01: liat brio warna putih ama item justru brasa hambar bgt, ngga dapet funky nya.

odometer 15k om... nahh ane yakin sih beres ahond ga akan seniat om omni gantiin rubber bushing... hahahaha. emg penyakit ahond lama-lama itu kualitas bushingnya rada-rada.
DOHC wrote: 07 Aug 2020, 17:26 Mods

Cobain brio gen paling awal deh, yg masi CBU thai 1.3 cc, palagi yg manual.. djamin brio gen ini bakal anda ga lirik

Saya ud perna coba sendiri brio 1.3 manual, anjayy, itu tarikan, selap selip, body ukuran skecil badan blackpink.. resep mantep buat nyetir pecicilan d dalkot

Tp lupakan bentuk brio gen ini, konon kl liat lebi dr 5 menit, mata lgs katarak matur

Ohh btw lg

OGL ke AnGL itu mala menurut saya upgrade paling niat dr batu makam loh, ktimbang endless upgrade mreka dl buat serena c23 atau bahkan utk xtrel t31 nya

At least dr OGL ke AnGL itu mesin rubah banyak, girbok ganti, dan konon ad perbaikan d kaki2 jg
dl pertama banget muncul, coba brio 1.3 AT... maknyus sih. larinya brasa enteng dibanding GE saat itu.

sayang bgt ahond maksa mau masuk ke LCGC jadi 1.3 discontinued. speedy little devil. ane jg ngebayangin all new ini pake mesin L13 100hp itu gimana larinya... aplg dikasi CVT yang lebih pinter drpd 5ATnya. andai ahond ga maksa masuk kelas LCGC mungkin all new brio pake L13... wkwkwkkw.

yang MT cuma pernah coba satya MT 2014 punya atasan kantor dl dititipin 3 bulan :mky_01: agak kurang jambak atasnya.

yg ga kuat dari brio lama itu pertama bentuk dashnya aduhai busuknya... kdua suara GRADAKGRADAKGRRRTTTTTKLOTAKKLOTAK waktu lewat rel kreta. dl pertama coba 1.3 AT itu mo ngumpat lewat rel kreta :ungg: kasar bener.

klo punya brio buat project car wajib si minimal naik ke L15 :big_grin:

nahh soal model change...

sbenernya ane awalnya jg mikir apa yang jadi patokan sebuah brand buat nentuin itu model change atau enggak... krn ada banyak kasus spt OGL-ANGL dan altis gen 10 dan 10.5 yang powertrain ganti... ini macem BMW juga kadang masih pake old engine sebelum feslip akhirnya pake mesin baru. Brio pun awalnya gt brio gen 1.5 ganti CVT dan dash di 2016, 2018 baru all new model.

akhirnya ane masuk satu kesimpulan, full model change = body shell dan panelnya ganti menyeluruh. di ANGL dan altis 10.5 itu bodyshell keseluruhan ngga ganti cuma ganti beberapa parts. smentara kasus brio bodyshell nya ganti total :mky_01:

kalo batumakam ngga nyerah sama lipina mungkin livina gen 2 bukan xpander ganti muka... tp GL generasi 2 total body change dengan HR15 dual injector dan CVT... :big_grin:
sintoni wrote: 07 Aug 2020, 17:27 Mending yaris lahhhh..


Kaborrrrrrrr.

:big_smoking:
yaris terlalu resing, ane ga sanggup... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 07 Aug 2020, 17:13 L12 ga pake egr valve ternyata ya. itu dummy doang gitu ya.

keren sih, mobil gaul banget. warna fav kl ga kuning, putih ya.

odometer berapa mod pas di test? GK ane 11k udah glodakan. ganti shock support rubber beres sih masalahnya. good for another 10k wkwkwkwkwk abis itu glodakan lagi
ahh itu mah krn kebetulan aj mbah beli nya si GK5

kl beli nya si brio, blom 10 rebu km jg ud pasti ganti ini itu

ganti jok, ganti mesin, ganti per, ganti ban dan velg imut2 nya, ganti peredam, ganti girbok

:big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 07 Aug 2020, 19:30
Omnibus wrote: 07 Aug 2020, 17:13 L12 ga pake egr valve ternyata ya. itu dummy doang gitu ya.

keren sih, mobil gaul banget. warna fav kl ga kuning, putih ya.

odometer berapa mod pas di test? GK ane 11k udah glodakan. ganti shock support rubber beres sih masalahnya. good for another 10k wkwkwkwkwk abis itu glodakan lagi
ahh itu mah krn kebetulan aj mbah beli nya si GK5

kl beli nya si brio, blom 10 rebu km jg ud pasti ganti ini itu

ganti jok, ganti mesin, ganti per, ganti ban dan velg imut2 nya, ganti peredam, ganti girbok

:big_weee: :big_weee:
ga sekalian aja ganti bpkb mbah.... lebih murah jatohnya drpd gonta ganti parts ngeteng gitu ha ha ha
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by alexdonovan »

Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 04:14 Nice review Om. Pertanyaanku... Speed limiter di 145 km/h itu masih ada ga?
masih om, sadly :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by alvin23 »


ChZ wrote:
liat brio modifan di jalan itu banyak bener rasanya, jauh lebih banyak drpd GK modifan. :mky_07:
Brio is the new Jazz kan memang.

Sejak ada Brio, yg dijadiin bahan ya mobil ini wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

alvin23 wrote: 08 Aug 2020, 10:42
Brio is the new Jazz kan memang.

Sejak ada Brio, yg dijadiin bahan ya mobil ini wkwk
drpd beli jazz garatus juta ga dikasih ama babeh dibeliin brio... diacak acak... wkwkwkwkw...

selisih harga brio satya ma jazz GK RS bisa jadiin brio buat mainan trackday... swap enjin ke L15, ganti clutch, coilover, semislick... :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Or4cle »

Yang punya Brio rawat baik - baik tuh mobil ...
Siapa tau di 30 tahun mendatang jadi " the next Wonder / Estilo "

Jadi inceran buat bahan swap ke engine K-series
Atau jgn2 ntar ada engine Honda yg lebih powerful bisa di-swap ke engine bay Brio.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 08 Aug 2020, 12:44 Yang punya Brio rawat baik - baik tuh mobil ...
Siapa tau di 30 tahun mendatang jadi " the next Wonder / Estilo "

Jadi inceran buat bahan swap ke engine K-series
Atau jgn2 ntar ada engine Honda yg lebih powerful bisa di-swap ke engine bay Brio.
nahh ada potensi gt kayanya om... resale value brio kan kuat bgt tuh. njess aja jarang ada yang bikin projek gila gilaan... brio K24 uda banyak, brio turbo banyak...

mungkin nanti ada yg gila pesen enjin K20C1 dimasukin ke Brio :big_grin: 400hp+
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: 08 Aug 2020, 13:01
Or4cle wrote: 08 Aug 2020, 12:44 Yang punya Brio rawat baik - baik tuh mobil ...
Siapa tau di 30 tahun mendatang jadi " the next Wonder / Estilo "

Jadi inceran buat bahan swap ke engine K-series
Atau jgn2 ntar ada engine Honda yg lebih powerful bisa di-swap ke engine bay Brio.
nahh ada potensi gt kayanya om... resale value brio kan kuat bgt tuh. njess aja jarang ada yang bikin projek gila gilaan... brio K24 uda banyak, brio turbo banyak...

mungkin nanti ada yg gila pesen enjin K20C1 dimasukin ke Brio :big_grin: 400hp+
Brio modif roda 6 buat kontes ya ada jg ko :big_biglaugh: . Bener sih, harga seken brio nahan banget ko sama oprekable. Sama buat ukuran honda, steering rack brio jg kuat ngadepi jalanan indo kata e slh satu bengkel kaki2 terkenal di smg
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by alexdonovan »

ChZ wrote: 08 Aug 2020, 09:09

masih om, sadly :big_childish:
Om Bebonk bisa remove kah? :big_grin:

Jadi inget dulu bawa Civic Nouva aja bisa diatas 145 di toll... padahal karbu 1300 cc pakai ban gede
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Suryaputra »

alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 13:36
ChZ wrote: 08 Aug 2020, 09:09

masih om, sadly :big_childish:
Om Bebonk bisa remove kah? :big_grin:

Jadi inget dulu bawa Civic Nouva aja bisa diatas 145 di toll... padahal karbu 1300 cc pakai ban gede
sy pernah japri om bebonk,
bisa remove speed limiter di brio dan lio :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by sintoni »

Masa masuk sih enjin gay Brio dimasukin K20 an gitu?

Kalau B series masuk mungkin ya.

Kalau ane sih ga osa swap2an, tinggal exhos coiloper intek velg ban sama PnP lah sudah wenak.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

erwinign wrote: 08 Aug 2020, 13:12
Brio modif roda 6 buat kontes ya ada jg ko :big_biglaugh: . Bener sih, harga seken brio nahan banget ko sama oprekable. Sama buat ukuran honda, steering rack brio jg kuat ngadepi jalanan indo kata e slh satu bengkel kaki2 terkenal di smg
aaah baru tau pantes ga pernah ada keluhan rack steer di brio... yahh mungkin dikembanginnya jg di india yang ga kalah caurnya ma sini :big_grin:
alexdonovan wrote: 08 Aug 2020, 13:36
Om Bebonk bisa remove kah? :big_grin:

Jadi inget dulu bawa Civic Nouva aja bisa diatas 145 di toll... padahal karbu 1300 cc pakai ban gede
bisa banget, banyak yg bisa malah... :big_grin:
sintoni wrote: 08 Aug 2020, 14:01 Masa masuk sih enjin gay Brio dimasukin K20 an gitu?

Kalau B series masuk mungkin ya.

Kalau ane sih ga osa swap2an, tinggal exhos coiloper intek velg ban sama PnP lah sudah wenak.
duh bro toni kemana aja... ngertinya cuma 1NZ mesin resing terbaik ga lepel main brio brio an...

lokal punya


thai punya




stock look semua tuh ga ada di wide body semua... wkwkwkwkw... enjin bay brio jgn dibayangin kayak enjin bay jazz GE yang maha sempit itu.

enteng, mesin masuk apa aja, sleeper material bgt sih.

emang honda juara lah bikin mobil balap... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by Or4cle »

sintoni wrote: 08 Aug 2020, 14:01 Masa masuk sih enjin gay Brio dimasukin K20 an gitu?

Kalau B series masuk mungkin ya.

Kalau ane sih ga osa swap2an, tinggal exhos coiloper intek velg ban sama PnP lah sudah wenak.
Honda seri K itu mesinnya gak besar, kotak segi empat, panjang sisinya hampir sama.

Kalau mesin Prelude (seri H22) baru gak masuk, CMIIW...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda Brio - Short Afternoon Drive

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 08 Aug 2020, 15:01
sintoni wrote: 08 Aug 2020, 14:01 Masa masuk sih enjin gay Brio dimasukin K20 an gitu?

Kalau B series masuk mungkin ya.

Kalau ane sih ga osa swap2an, tinggal exhos coiloper intek velg ban sama PnP lah sudah wenak.
Honda seri K itu mesinnya gak besar, kotak segi empat, panjang sisinya hampir sama.

Kalau mesin Prelude (seri H22) baru gak masuk, CMIIW...
nahh iya H22 itu makanya favorit swapnya cm yang main accord dan prelude.

di kelas civic ke bawah lbh suka main B atau K, selain itu partnya lbh berlimpah K... apalagi B. masih jadi favorit buat project car.

K swap klo gak salah kurang populer krn mahal... tp skali ada yang main sih powernya gak main-main... wkwkwkwkw... kebukti masih dipake sampe skrg keluar factory aja K20 turbo udah 300hp.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post