Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
- Daily Vehicle: Pesot solar
Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.
Lanjut ke exterior om
Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.
Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.
Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup
Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax
Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.
Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.
Lanjut ke exterior om
Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.
Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.
Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup
Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax
Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.
Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
akhirnya.... Mr. Jekri..... ntap.
wih, pertamax ternyata.
wih, pertamax ternyata.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
manteeep, salah satu euro jadul dambaan ane nih. lekukan lampu belakangnya itu bohay banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Tadinya ane mau komen duluan... tapi gak berani... nunggu masternya polpo pertamax deh [emoji16]marmut wrote:akhirnya.... Mr. Jekri..... ntap.
wih, pertamax ternyata.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Bodynya gak keliatan mobil tahun 2003 yah, ane juga suka ama bentuk stop lampnya, masih enak diliat sih secara keseluruhan exteriornyaqushay20019 wrote:manteeep, salah satu euro jadul dambaan ane nih. lekukan lampu belakangnya itu bohay banget
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Untuk sparepart fastmoving gmn ya um? Kudu pesan ke luar atau disini ada yg nyetok.. Di sby utara seinget ane ada bengkel spesialis volvo, tp ya gitu banyak yg ngejogrok di pinggir jalan.. entah nunggu sparepart atau karena yg lain..
Tp sy cukup terkesan sama brand ini, apalagi setelah ada kejadian kontainer ngguling & salah satunya nyodok volvo..
Tp sy cukup terkesan sama brand ini, apalagi setelah ada kejadian kontainer ngguling & salah satunya nyodok volvo..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4580
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Nice review om, salah 1 volvo favorit saya karena desainnya yg timeless dan nyaman hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5694
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Nais ripiu om, ane penasaran sama enjin inline 5 nya.
Apa ini enjin kerjasama bareng VW? Soalnya di luar negeri beberapa mobil VW jg pake enjin inline 5 2.0T.
Apa ini enjin kerjasama bareng VW? Soalnya di luar negeri beberapa mobil VW jg pake enjin inline 5 2.0T.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
- Daily Vehicle: Pesot solar
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
hihihi
sama ford om setau saya soalne di generasi ini, masih di pegang ford CMIIW
Standaran
Thanks om
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
om boleh ceritain waktu dapet ini kondisi gimana dan perbaikan atau perawatan apa yg dilakukan sampai mobil sehat utk dipakai harian. kalo ada sekalian damage cost nya.hehe. terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.
Selamat oom S60nya. Ikut salut.
Selamat oom S60nya. Ikut salut.
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
thestoneroses wrote: ↑Thu Oct 01, 2020 9:21 Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.
Selamat oom S60nya. Ikut salut.
saya ikut komen tapi bukan suhu, cuma anggota kerehore asuhan mbah DOHC....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11323
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
kerehore kok beli stahlwille berkali2 dlm 1 quarter. Indonesia aja ekonomi minus 2x dlm 2 quarter berturut2.marmut wrote: ↑Thu Oct 01, 2020 11:38thestoneroses wrote: ↑Thu Oct 01, 2020 9:21 Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.
Selamat oom S60nya. Ikut salut.
saya ikut komen tapi bukan suhu, cuma anggota kerehore asuhan mbah DOHC....
btw nice volvonya om TS ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Jan 07, 2010 4:38
- Location: jkt|bdg|jog
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
kenal sama mobil nya...jd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.
Lanjut ke exterior om
Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.
Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.
Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup
Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax
Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.
Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
- Daily Vehicle: Pesot solar
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
- Daily Vehicle: Pesot solar
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
hehehe ommas_amoh wrote: ↑Thu Oct 01, 2020 13:03kenal sama mobil nya...jd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.
Lanjut ke exterior om
Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.
Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.
Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup
Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax
Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.
Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Nice review om, mobilnya cakep. Semoga dengan review ini nambah orang yang berani pakai mobil yang non-mainstream kaya gini...
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT
Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Mantap reviewnya, oomjd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.
Lanjut ke exterior om
Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.
Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.
Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup
Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax
Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.
Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
Kalau saya ngelihat mobil bentuknya yang membulat (tp masih ada tarikan garis tegasnya), saya jadi ingat addegan sekitar tahun 2003, dimana mobil Volvo milik komisaris kami (namanya JB Sumarlin) selalu parkir di kantor.
Rasanya kesan pejabatnya kental sekali.
Makanya bagi saya kok pengusaha kalau pakai Volvo kok rasa rasa gak pas..Volvo lebih cocok untuk image Pejabat apalagi pakai tiang bendera yg dubungkus dasi hitam di depan..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
Sempetin donk...
Anyway, nice review Om..
Ini volvo dulu saya naksir banget, dulu pernah niat mau cari juga antara 406, S40 atau S60. Dan S60 sebenarnya pilihan utama, tapi jodohnya ama 406.
Mobil Eropa bekas itu memang perlu perhatian lebih, baik saat cari atau memilikinya. Tapi memang saya rasa cukup sebanding lah yang di dapat (kalau dapat unit bagus).
Mobil Jepang umur yang sama memang far less maintenance, tapi dari beberapa kali saya cari mobil bekas, bawa atau nebeng mobilnya teman, rata-rata mobil Jepang segmen midle to low itu usia di atas 5 tahun itu kakinya glodakan dan sudah ga enak entah limbung lebay atau keras banget. Beberapa mobil Eropa yang pernah saya coba, bahkan biarpun bunyi glodakan dari arm atau link sudah terdengar, tapi suspensinya masih nyaman.
Intinya memang semuanya tergantung apa yang kita cari, mesin mobil eropa saya rasa bukan isu utama, tapi elektronik, software dan transmisi matic yang suka aneh2 dan mahal.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Nov 17, 2020 15:12
- Location: Kediri
- Daily Vehicle: Suzuki ignis
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
nice review om.. ini volvo lagi naik perkara disundul kontainer. dan trit ini dibuat. bener bener bikin ngiler.jd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
trus saya pengen numpang nanya nih om, kalo kita beli printilan 'misal' di fcpeuor.com. nah itu ntar pajak dll gimana om ya? kenanya apa ga mahal banget?
pengen beli printilan di cina sama jepang nih om buat cedricnya kakak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
setahu saya pembelian ritel, delivery via kurir atau post gitu akan kena pajak.Tuna wrote: ↑Wed Jan 20, 2021 12:07nice review om.. ini volvo lagi naik perkara disundul kontainer. dan trit ini dibuat. bener bener bikin ngiler.jd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
trus saya pengen numpang nanya nih om, kalo kita beli printilan 'misal' di fcpeuor.com. nah itu ntar pajak dll gimana om ya? kenanya apa ga mahal banget?
pengen beli printilan di cina sama jepang nih om buat cedricnya kakak.
dulu sih up to USD 100 - bebas pajak.
terakhir saya dengar - batas bebas pajak makin diturunkan, kalo gak salah up to USD 50 doang
bayar pajak biasanya di di kantor pos atau di bea cukai. sekitar 27% kata teman saya.
masih lebih murahlah daripada beli sendiri di part supplier yang suka nokok
wkwkwkw
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Nov 17, 2020 15:12
- Location: Kediri
- Daily Vehicle: Suzuki ignis
Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003
lumayan juga 27% om. 10 jt kita kena 2.7. di singapore cuma 7% euyginting wrote: ↑Tue Feb 23, 2021 15:06setahu saya pembelian ritel, delivery via kurir atau post gitu akan kena pajak.Tuna wrote: ↑Wed Jan 20, 2021 12:07nice review om.. ini volvo lagi naik perkara disundul kontainer. dan trit ini dibuat. bener bener bikin ngiler.jd200 wrote: ↑Sat Sep 26, 2020 6:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.
Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review , Sekian dan terima kasih
trus saya pengen numpang nanya nih om, kalo kita beli printilan 'misal' di fcpeuor.com. nah itu ntar pajak dll gimana om ya? kenanya apa ga mahal banget?
pengen beli printilan di cina sama jepang nih om buat cedricnya kakak.
dulu sih up to USD 100 - bebas pajak.
terakhir saya dengar - batas bebas pajak makin diturunkan, kalo gak salah up to USD 50 doang
bayar pajak biasanya di di kantor pos atau di bea cukai. sekitar 27% kata teman saya.
masih lebih murahlah daripada beli sendiri di part supplier yang suka nokok
wkwkwkw