Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

Halo rekan-rekan SMers semua.. Salam kenal.. ini adalah postingan pertama saya di SM. Selama ini saya jadi silent reader aja, namun berhubung selama 1 tahun 3 bulan ini ada yang mengganjal dengan mobil Xpander Ultimate 2019 saya yaitu masalah bunyi di stir yang mengganggu dan membuat saya nggak nyaman dalam berkendara, jadi saya posting ini buat cerita sekalian review dan nanya ke rekan-rekan terutama yang punya Xpander.

Jadi begini ceritanya, setelah bertahun-tahun menabung dan menjual mobil lama saya (Vios 2003) akhirnya tanggal 3 Agustus 2019 yang lalu saya serah terima Xpander Ultimate 2019. Seminggu saya bawa, saya mulai mendengar bunyi-bunyian aneh di sekitar stir. Bunyi itu seperti bunyi alat musik marakas yang digoyang pelan-pelan (tik tik tik..) atau bisa juga seperti bunyi serpihan-serpihan logam/plastik yang saling beradu. Bunyi itu muncul waktu stir dibelokin ke kiri atau kanan, baik pada saat mobil berhenti maupun jalan. Seumur-umur saya bawa mobil dari berbagai merek, belum pernah saya merasakan bunyi-bunyi di stir. Xpander ini memang produk Mitsubishi pertama yang saya kendarai. Bunyi itu sepertinya berasal di area stirnya, bukan di bawah mobil atau kaki-kaki. Suaranya memang kecil tapi sangat mengganggu bagi saya.

Waktu service 1000 km, saya komplain ke bengkel resmi di dealer saya beli mobil itu. Trus stirnya dibuka dan kata mekaniknya ada kabel yang kusut dan udah dibenerin. Sama kepala bengkelnya saya juga diajak ke stock mobil Xpander Ultimate yang ada disana untuk memastikan apakah bunyi itu juga ada. Dan ternyata bunyi marakas itu juga terdengar di mobil stock itu tapi suaranya jaauuuuhhh lebih kecil, hampir tak terdengar kalo gak bener2 fokus dengerinnya. Beda dengan mobil saya yang lebih keras dan lebih terdengar bunyinya.

Waktu itu sang kepala bengkel mengatakan bahwa bunyi-bunyi itu memang adalah karakter mobilnya jadi nggak bisa diapa-apain. Saya kurang terima dengan penjelasan itu, saya cuma berpikir: masa' Mitsubishi dengan nama besarnya, bikin mobil ada bunyi-bunyi seperti itu di stirnya? Masa' Xpander yang udah di impor kemana-mana ada bunyi-bunyi di stirnya? Kemudian saya kirim email ke Mitsubishi ([email protected]) buat komplain soal ini.

Akhirnya tanggal 12 November 2019 dilakukan pemeriksaan ulang dan perbaikan dan ditangani langsung oleh kepala bengkelnya. Menurut keterangan beliau, bagian setir telah dibongkar dan dilakukan pengecekan termasuk pada part clock spring dan EPS. Dan hasil pengecekan menurut beliau adalah bagus semua tidak ada masalah apa-apa. Namun ternyata bunyi-bunyi itu tetap ada dan tetap mengganggu bagi saya. Dari pihak bengkel katanya hal ini akan dilaporkan ke pihak teknikal pusat MMKSI.

Kemudian, pada tanggal 19 November 2019 saya dikabarkan bahwa akan dilakukan penggantian clock spring dan barang telah dipesankan ke pusat (MMKSI).

Pada tanggal 29 November 2019, pihak Beres kembali menginfokan bahwa clock spring Xpander telah datang dan dapat dilakukan penggantian. Pada tanggal 3 Desember 2019 pagi, mobil kembali saya bawa ke Beres dan dilakukan penggantian clock spring dan pengetesan. Besar harapan saya bahwa setelah clock spring diganti maka bunyi-bunyi di stir itu akan hilang sehingga saya bisa merasakan kenyamanan menyetir Xpander seperti yang di-iklankan. Namun ternyata bunyi-bunyi tersebut tetap ada. Sang Kepala Bengkel mengatakan bahwa bunyi tetap ada tapi agak berkurang. Beliau juga kembali menjelaskan bahwa di mobil-mobil Mitsubishi lainnya seperti Mirage dan Pajero juga terdengar bunyi-bunyi itu, bahkan pada mobil barunya. Jadi bagi orang-orang yang tidak sensitif terhadap bunyi mungkin tidak akan mendengar bunyi itu, namun bagi yang sensitif bunyi seperti saya apalagi yang sudah mengetahui suara dari bunyi itu pasti akan terdengar bunyi itu. Kesimpulannya, beliau mengatakan bunyi-bunyi itu adalah karakter dari mobil. Dan sepertinya beliau sudah tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bunyi itu. Dan saya kembali kirim email komplain ke Mitsubishi.

Saat service 10rb km di bulan Februari 2020, saya coba ke Beres Mitsu lain tapi masih 1 kota, dan saya komplain juga soal bunyi stir itu. Di Beres ini malah tanggapannya lebih nggak enak, dengan santainya mekaniknya bilang itu udah karakter mobil (tanpa dicek dulu), ibaratnya seperti kaset yang pitanya terulur dan ketarik lagi pas stir dibelokin. Hadeeeehhhh..

Karena nggak ada kabar apa-apa lagi baik dari Beres maupun dari Mitsubishi/MMKSI (email saya ke mereka memang nggak pernah ditanggapi sama sekali), bulan Juni 2020 saya kirim email lagi dan bilang mau lempar masalah ini ke Medsos. Saya juga kirim melalui aplikasi My Mitsubishi. Apalagi saat itu malah tambah masalah ada bunyi cetok di sekitaran airbag kalo stir dibelokin.

Dan tanggal 17 Juni 2020 saya dikabarin pihak Beres bahwa mereka diminta pusat untuk melakukan pemeriksaan ulang terkait keluhan steering noise. Berhubung saat itu pandemi dan saya juga belum sempat, akhirnya saya ke Beres tanggal 11 September 2020 sekalian ganti fuel pump dan service 20rb km. Namun pada saat itu hanya dilakukan pemeriksaan atas bunyi di stir dan tidak ada perbaikan apapun. Kata Kepala Bengkelnya, hasil pemeriksaan akan dilaporkan ke MMKSI.

Pada tanggal 24 September 2020, saya dikabarkan bahwa akan dilakukan penggantian steering column assy beserta motor electric steering-nya dan barangnya sedang dipesan. Kemudian baru pada tanggal 27 Oktober 2020, dilakukanlah penggantian spareparts itu. Setelah dilakukan penggantian, bunyi cetok di sekitar airbag hilang, tapi ternyata bunyi marakas itu tetap ada namun frekuensinya berkurang dan suaranya lebih kecil. Kecewa lah saya, karena ternyata belum selesai juga penderitaan..

Pada saat itu, beliau lagi-lagi menyampaikan bahwa bunyi itu adalah karakter Xpander. Bahkan katanya di Xpander Cross juga ada bunyi itu. Memang saya akui di mobil stock yang dulu pernah saya dengerin juga ada bunyi itu, bahkan di 3 mobil dinas kantor Xpander Exceed juga ada. Namun, bunyinya tidak sekeras dan sesering di mobil saya. Di mobil-mobil itu, harus bener-bener fokus dengerin baru terdengar (saking kecilnya) dan tidak setiap belok akan terdengar, sedangkan di mobil saya, bahkan saat audio saya nyalakan keras-keras dan hujan deraspun tetap terdengar jelas setiap stir diputar.

Beberapa hari ini, saya merasa bunyi-bunyi di stir itu kembali keras seperti dulu lagi seperti sebelum dilakukan penggantian. Pusing saya musti bagaimana lagi.. Ngenesnya, ternyata penggantian steering column assy dan motor electric steering merupakan biaya dari bengkel bukan dari MMKSI. Bahkan MMKSI katanya sudah lepas tanggung jawab dan minta ke bengkel untuk memberi penjelasan bahwa itu adalah karakter mobil. Namun karena dalam rangka pelayanan dan untuk kepuasan konsumen, pihak dealer (Beres) berinisiatif untuk melakukan penggantian steering column assy dan motor electric steering itu dengan biaya tanggungan Beres. Namun sayang, penggantian itu belum juga menyelesaikan masalah.

Rasanya pengen saya jual itu mobil dan ganti yang lain yang bukan mitsubishi.. Tapi mikir-mikir lagi karena harga jual bisa turun 30-40jt.. Rugi.. Hehehe.. Apalagi dulu pas beli niatnya mau dipake jangka panjang.. Awalnya jual mobil Vios 2003 dan ganti Xpander Ultimate biar gak sering ke bengkel, ini malah kata istri saya sejak ganti Xpander jadi lebih sering ke bengkel..

Saya salut dan respek banget sama pihak Beres (terutama Kepala Bengkelnya Pak F) yang cukup peduli dengan komplain yang saya sampaikan, dan saya kecewa sekali dengan MMKSI yang tidak 1 kalipun membalas email saya bahkan terkesan tidak peduli dengan komplain saya.

Begitulah masalah yang terjadi di Xpander Ultimate 2019 saya yang saat ini baru menempuh 8700an km itu (gara-gara bunyi di stir jadi parno kalo bawa ke luar kota takut kenapa-kenapa).. Kalo masalah lain selama ini saya pakai sih bisa dibilang nggak ada yang signifikan lah. Kalo masalah rattle, ada rattle di dashboard kanan dan jok tengah kiri. Sementara ini saya akalin dengan mengganjel dashboard kanan (jepit karet door guard yg tebal antara dashboard dan pintu kanan) dan melipat jok tengah kiri. Bunyi pletak di bagian atas juga ada. Soal mesin ya sama lah dengan kebanyakan review yang udah ada, agak lemot di putaran bawah tapi setelahnya enak. Tanjakan juga masih kuat-kuat aja. Lampu depan kurang terang. Masalah shock belakang yang bocor nggak terjadi di mobil saya, masih aman.. Aki juga masih oke-oke aja. Kalo soal kenyamanan, memang nyaman sih nyetir Xpander, apalagi kalo gak terganggu dengan bunyi-bunyi di stir.. Suspensi juga enak, tapi limbungnya memang berasa.

Nah akhir kata, saya ingin menanyakan ke rekan-rekan SMers pemilik Xpander, apakah di stirnya ada bunyi-bunyian seperti itu juga (seperti bunyi alat musik marakas yang digoyang pelan-pelan tik tik tik.. atau bisa juga seperti bunyi serpihan-serpihan logam/plastik yang saling beradu)? Apakah memang bunyi-bunyi di stir itu adalah karakter Xpander?

Atau mungkin ada rekan-rekan yang bisa ngasih saran, apalagi yang harus saya lakukan?

Mohon maaf kalo jadinya cerita dan curhat saya panjang banget.. Dan terima kasih untuk perhatian dan tanggapan rekan-rekan SMers semua..
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by FR6 »

Waduh, turut berduka Om.
kebetulan saya juga pelihara ini mobil.
tapi saya ga ada bunyi2 .. bunyi nya kaya garpu/sendok beradu gitu kah?? :big_think:
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

Makasih om.. Bunyinya seperti serpihan-serpihan logam yg beradu gitu. Jadi kalo stir dibelokin, di dalemnya kayak ada serpihan-serpihan yg ikut bergeser.. Seperti ada yg patah di dalem trus patahannya ikut geser-geser waktu Stir dibelokin. Saya ada rekamannya sih, tapi gak tau caranya kalo mau kirim suara gimana.
Last edited by wodha on Tue Nov 24, 2020 12:30, edited 1 time in total.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by biznatch »

Saya pemakai sport AT. Nope, gak ada suara stir. Adanya rattle di daerah dashboard dan pintu belakang.

Telinganya terlalu sensitif aja kali om? Coba tes mobil jenis lain yg pake EPS juga. Apakah ada suara ydm?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by ChZ »

Pengguna sport AT '19 dan tidak ada bunyi. kemarin keluhan cm masalah rem belakang saja. Odometer read 27k.

Kalau beres sdh angkat tangan dan MMKSI tdk tanggung jawab bawa ke bengkel onderstel/power steering luaran... cm saya tdk tau kalo situ domisili mana jd tidak punya rekomen.

Kalau di jateng / semarang saya ada langganan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Omnibus »

sy pernah nonton video nya jaya auto, mobilnya apa lupa tp bukan xpander. itu bisa jadi bunyi dr plat saklar klakson.

item yg direpair sy salut, sdh disentuh semua. clockspring, bahkan sampai steering column. tapi ada 1 yg belum. yaitu steering wheel nya sendiri, lengkap dgn pencetan klakson (jd 1 sm airbag sptnya). mungkin ada bagian yg menonjol sehingga bergesekan kl diputar. sebetulnya ga perlu diganti seandainya setelah diperiksa bisa di amplas (dihaluskan). tp kl dikasih ganti unit assy utk steering wheel ya bagus. atau coba tuker steering wheelnya dgn unit lain utk test.

nothing to lose utk dicoba.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by sintoni »

Setubuh sama mbah Omni, kadang hal kecil sepele yg dilewatin yg mungkin bisa bikin masalah.
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by AGSA »

Saya jg pengguna xpander ultimate 2018 dgn odo 6 rb km on clock mobil saya mmg ada bunyi tik tik d daerah setir tp tdk terlalu keras. Saya blm ada komplain ke beres sih perihal bunyi itu. Malah kaki2 depan yg lmyn berisik yg saya sering komplain tp ya ttp aja bunyi
meepo
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Jan 24, 2017 2:21

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by meepo »

Xpander gls 2019 kantor saya tahun juga gitu om, ada suara tiktiktik tapi sekarang udah ilang setelah dibawa sopir servis ke beres
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Pboyz97 »

Turut prihatin om, sebagai ex user xpander ultimate 2017 dari awal 2018 - dijual bulan september lalu. Semoga mobilnya bisa pulih seperti sedia kala dan dikasih jalan yg terbaik

Soal masalah yg om alami, tidak terjadi di mobil saya, yg merupakan xpander batch awal, selama 2,5 tahun pemakaian dan dijual pas odo 25rb , gak ada bunyi2an seperti yg om alami, trouble pada mobil saya cuma:
- Idle up, rpm naik turun sendiri pas tahun pertama di km 10rban
- AC ga dingin yg berujung penggantian kompresor AC pas tahun ke 2 di km 20rban

Dan soal bunyi disetir itu kayanya bukan karakter mobil deh, karena saya gak pernah mengalami selama 2,5 tahun pemakaian. Coba om servis di bengkel spesialis kaki2 atau power steering diluar bengkel resmi, siapatau ketemu solusinya dan masalahnya bisa cepat selesai
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Poporing »

setir sy jg bunyi gesekan metal kalo diputer cepet2(tp bukan xpander) .. udah dicek mbah marmut, itu berasal di bonggol yg di bawah setir.... sy lupa apa nama kerennya... haha
awal2 sih samar suaranya, tp skrg sedikit lebih nyaring. hahaha
nyimak aja ah...
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

biznatch wrote: Tue Nov 24, 2020 13:07 Saya pemakai sport AT. Nope, gak ada suara stir. Adanya rattle di daerah dashboard dan pintu belakang.

Telinganya terlalu sensitif aja kali om? Coba tes mobil jenis lain yg pake EPS juga. Apakah ada suara ydm?
Saya pernah bawa innova reborn dan maszda biante gak ada bunyi itu sih om.. Tapi di xpander lain ada bunyi itu juga walaupun jauh lebih kecil suaranya (kalo gak fokus gak kedengeran) daripada punya saya..

ChZ wrote: Tue Nov 24, 2020 13:53 Pengguna sport AT '19 dan tidak ada bunyi. kemarin keluhan cm masalah rem belakang saja. Odometer read 27k.

Kalau beres sdh angkat tangan dan MMKSI tdk tanggung jawab bawa ke bengkel onderstel/power steering luaran... cm saya tdk tau kalo situ domisili mana jd tidak punya rekomen.

Kalau di jateng / semarang saya ada langganan...
Ada niat ke bengkel luaran sih, tapi kepikiran soal garansi.. Bakalan hangus gak sih garansinya kalo mobil dioprek di bengkel selain Beres?

Makasih sarannya Om..

Omnibus wrote: Tue Nov 24, 2020 14:05 sy pernah nonton video nya jaya auto, mobilnya apa lupa tp bukan xpander. itu bisa jadi bunyi dr plat saklar klakson.

item yg direpair sy salut, sdh disentuh semua. clockspring, bahkan sampai steering column. tapi ada 1 yg belum. yaitu steering wheel nya sendiri, lengkap dgn pencetan klakson (jd 1 sm airbag sptnya). mungkin ada bagian yg menonjol sehingga bergesekan kl diputar. sebetulnya ga perlu diganti seandainya setelah diperiksa bisa di amplas (dihaluskan). tp kl dikasih ganti unit assy utk steering wheel ya bagus. atau coba tuker steering wheelnya dgn unit lain utk test.

nothing to lose utk dicoba.
Nah iya om, memang steering wheel nya cuma pernah dibenerin aja kabel2nya yg katanya kusut. Saya juga curiga bunyinya berasal dari bagian steering wheel nya. Tapi waktu saya tanya ke kepala bengkel nya, katanya steering wheel nya gak papa makanya gak termasuk yg diganti.

Sarannya oke juga tuh Om, coba nanti pas kalo ke Beres lagi minta dicek ulang steering wheel nya dan dicoba ganti steering wheel dengan unit lain yg ada di bengkel.. Semoga aja boleh hehehe..

Makasih sarannya Om..

AGSA wrote: Tue Nov 24, 2020 14:55 Saya jg pengguna xpander ultimate 2018 dgn odo 6 rb km on clock mobil saya mmg ada bunyi tik tik d daerah setir tp tdk terlalu keras. Saya blm ada komplain ke beres sih perihal bunyi itu. Malah kaki2 depan yg lmyn berisik yg saya sering komplain tp ya ttp aja bunyi
Wah thn 2018 odo baru 6rb? Ternyata ada yg lebih rendah dari mobil saya hehehe..

Berarti di mobil om ada bunyi tik tik juga tapi gak sampe mengganggu ya? Wah jangan2 di tipe ultimate memang ada bunyi begitu.. Apa mungkin kuping saya lebih sensitif ya? Jadi kedengeran banget dan bikin gak nyaman nyetir..

Kalo gluduk di kaki depan, saya pernah tanya Beres, katanya udah banyak yg komplain soal itu dan katanya memang karakter mobil FWD begitu.. :big_bored:

Makasih infonya om..
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

Pboyz97 wrote: Tue Nov 24, 2020 16:27 Turut prihatin om, sebagai ex user xpander ultimate 2017 dari awal 2018 - dijual bulan september lalu. Semoga mobilnya bisa pulih seperti sedia kala dan dikasih jalan yg terbaik

Soal masalah yg om alami, tidak terjadi di mobil saya, yg merupakan xpander batch awal, selama 2,5 tahun pemakaian dan dijual pas odo 25rb , gak ada bunyi2an seperti yg om alami, trouble pada mobil saya cuma:
- Idle up, rpm naik turun sendiri pas tahun pertama di km 10rban
- AC ga dingin yg berujung penggantian kompresor AC pas tahun ke 2 di km 20rban

Dan soal bunyi disetir itu kayanya bukan karakter mobil deh, karena saya gak pernah mengalami selama 2,5 tahun pemakaian. Coba om servis di bengkel spesialis kaki2 atau power steering diluar bengkel resmi, siapatau ketemu solusinya dan masalahnya bisa cepat selesai
Kenapa dijual om? Harga jualnya turun jauh nggak?

Makasih sarannya Om, kayaknya memang musti coba ke bengkel luar nih, udah hopeless juga Beres bisa benerin. Tapi garansi gak hangus ya kalo mobil dioprek di bengkel luar?


sintoni wrote: Tue Nov 24, 2020 14:34 Setubuh sama mbah Omni, kadang hal kecil sepele yg dilewatin yg mungkin bisa bikin masalah.
Iya sih om.. Kadang memang terlalu fokus ke hal besar, ternyata masalahnya sepele..

Makasih om..

Poporing wrote: Tue Nov 24, 2020 16:39 setir sy jg bunyi gesekan metal kalo diputer cepet2(tp bukan xpander) .. udah dicek mbah marmut, itu berasal di bonggol yg di bawah setir.... sy lupa apa nama kerennya... haha
awal2 sih samar suaranya, tp skrg sedikit lebih nyaring. hahaha
nyimak aja ah...

Kalo di mobil saya kayaknya bukan gesekan metal, tapi lebih seperti bunyi serpihan2 logam yang bergeser dan saling tabrakan.. Kalo stir diputar pelan2 pun bunyi, apalagi putar cepet2.. Bikin esmosi.. Hehehe..

Makasih tanggapannya om..
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by bfront »

saya sering pake expander ultimate 2018 punya sodara, nggak ada bunyi2an di setir kok.
dan kuping saya termasuk rewel dengan bunyi2an mengganggu, jadi nggak mungkin kalo bunyi tapi nggak kedengeran.
agungbhaskara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
Daily Vehicle: GK5 CVT

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by agungbhaskara »

pengalaman saya bawa xpander ultimate 2018 ada bunyi tik..tik..tik gitu saat putar stir.. kecil memang, sudah berjalan 20.000an km ngga ada masalah apapun
mungkin sayanya cuek sama bunyian, kebiasaan bawa H tegak yang jauuhh lebih berisik dan banyak bunyi ghaib nya hahay :mky_01:
GD8 MT - GB3 5AT - DD1 CVT - NC1W 4AT - GK5 RS CVT - who's next?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by pengendiesel »

Saya kok malah penasaran kenapa fuel pump udah diganti om? Umur masih 1 taon
albertsimm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
Location: Medan

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by albertsimm »

pengendiesel wrote: Wed Nov 25, 2020 1:12 Saya kok malah penasaran kenapa fuel pump udah diganti om? Umur masih 1 taon
Sepertinya hari itu mitsubishi ada melakukan recall fuel pump untuk xpander om
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

bfront wrote: Tue Nov 24, 2020 23:40 saya sering pake expander ultimate 2018 punya sodara, nggak ada bunyi2an di setir kok.
dan kuping saya termasuk rewel dengan bunyi2an mengganggu, jadi nggak mungkin kalo bunyi tapi nggak kedengeran.
Hmm.. Berarti gak semua Xpander Ultimate ada bunyi nih, berarti itu bukan karakter mobil.. Kalo kata kepala bengkel Beres nya, di kota saya ini cuma saya doang yang komplain soal bunyi2an ini. Jadi gak begitu ditanggapin sama MMKSI, gak seperti masalah shock belakang yang bocor itu yang komplainnya dari seluruh Indonesia.

Makasih infonya om bfront..
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by kandlcorp »

kalo dibilang karakter mirage, saya pernah ngerawat tu mobil hampir 7 taun, ga ada bunyi sih om
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

agungbhaskara wrote: Wed Nov 25, 2020 0:32 pengalaman saya bawa xpander ultimate 2018 ada bunyi tik..tik..tik gitu saat putar stir.. kecil memang, sudah berjalan 20.000an km ngga ada masalah apapun
mungkin sayanya cuek sama bunyian, kebiasaan bawa H tegak yang jauuhh lebih berisik dan banyak bunyi ghaib nya hahay :mky_01:
Wah ada lagi yang senasib.. Jadi selama ini aman2 aja ya walaupun ada bunyi di stir? Soalnya saya agak2 parno kalo bawa mobil jauh2 keluar kota gara2 ada bunyi2an itu.. Takut ada apa2, walaupun Beresnya sih udah bilang aman, tapi tetep aja kepikiran.

Enak ya kalo bisa cuek sama bunyi2an.. Saya mencoba cuek tapi nggak bisa, tetep aja bunyinya mengganggu kadang bikin senewen sendiri.. Mungkin ada tips gak om gimana caranya bisa cuek? :big_smile]

Makasih om..
wodha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Nov 23, 2020 5:07

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by wodha »

albertsimm wrote: Wed Nov 25, 2020 1:30
pengendiesel wrote: Wed Nov 25, 2020 1:12 Saya kok malah penasaran kenapa fuel pump udah diganti om? Umur masih 1 taon
Sepertinya hari itu mitsubishi ada melakukan recall fuel pump untuk xpander om
Betul sekali.. Memang ada recall buat ganti fuel pump..

kandlcorp wrote: Wed Nov 25, 2020 1:41 kalo dibilang karakter mirage, saya pernah ngerawat tu mobil hampir 7 taun, ga ada bunyi sih om
Nah tuh kan.. Saya juga kurang percaya kalo bunyi2an itu karakter mobil yang katanya bahkan ada di mirage, pajero, Xcross.. Masa' sih sekelas Mitsu bikin mobil ada bunyi2an begitu dibiarin aja..

Makasih infonya om kandlcorp..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Pboyz97 »

wodha wrote: Tue Nov 24, 2020 17:39

Kenapa dijual om? Harga jualnya turun jauh nggak?

Makasih sarannya Om, kayaknya memang musti coba ke bengkel luar nih, udah hopeless juga Beres bisa benerin. Tapi garansi gak hangus ya kalo mobil dioprek di bengkel luar?



Karena pengen ganti suasana aja (lg kepincut mobil diesel atau mobil manual atau mobil sedan) yg jadinya ganti mobil manual sekarang kwwkkw+ udah pernah kena depannya. Sundul depan sih, cuma gak parah, yg diganti cuma bemper sm grill doang . Kalo soal harga jual, kayanya standar ya. Beli nov 2017, mobil sampe rumah di bulan des 2017 tapi nopol bulan januari 2018 wkkw di harga 245 jt, jual akhir september lalu laku 180an jt ke pemakai di tanggerang, banten, dengan odometer 25rb asli dan laku 1 bulan kemudian abis saya iklanin agustus lalu + beberapa minus:
- bodi baret alus sana sini
- grill depan kanan retak dikit
- bemper depan kalo diketok gasama kaya panel bodi lainnya , kaya panel pintu dan bemper belakang, keliatan kaya bekas dempulan, kalo diketok dan perbaikkannya kurang maksimal, jadi keliatan bgt gap bagian kiri dan kanan bemper ga rata, cuma kalo difoto gak keliatan sih, mesti liat langsung dari jarak deket baru keliatan
- cat dibagian fender belakang kanan jg bekas tambelan atau dempul, karena pernah kena tembok sehingga catnya ngelupas



cuma lainnya seperti interior , mesin, dan kaki2 masih bagus + service record di beres mitsu

Kalo kondisi istimewa dan mulus mungkin bisa laku 190-200 kalo ke pemakai langsung

masalah garansi kayanya gak bakal hangus asal pinter ngakalinnya aja, malah menurut saya servis di bengkel luaran bisa lebih bagus daripada beres, tapi tergantung pinter2nya kita cari bengkel spesialis yg bagus aja dan biayanya jg jauh lebih murah dibanding beres, karena cuma bagian yg kita keluhkan saja yg diganti, kalo beres kan semuanya diganti + kena biaya jasa juga wkwk. saran saya, coba aja nanya ke komunitasnya, nanti ketemu kok refrensi bengkel non beres buat xpander yg bagus
Last edited by Pboyz97 on Wed Nov 25, 2020 5:22, edited 2 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Pboyz97 »

wodha wrote: Wed Nov 25, 2020 1:42
agungbhaskara wrote: Wed Nov 25, 2020 0:32 pengalaman saya bawa xpander ultimate 2018 ada bunyi tik..tik..tik gitu saat putar stir.. kecil memang, sudah berjalan 20.000an km ngga ada masalah apapun
mungkin sayanya cuek sama bunyian, kebiasaan bawa H tegak yang jauuhh lebih berisik dan banyak bunyi ghaib nya hahay :mky_01:
Wah ada lagi yang senasib.. Jadi selama ini aman2 aja ya walaupun ada bunyi di stir? Soalnya saya agak2 parno kalo bawa mobil jauh2 keluar kota gara2 ada bunyi2an itu.. Takut ada apa2, walaupun Beresnya sih udah bilang aman, tapi tetep aja kepikiran.

Enak ya kalo bisa cuek sama bunyi2an.. Saya mencoba cuek tapi nggak bisa, tetep aja bunyinya mengganggu kadang bikin senewen sendiri.. Mungkin ada tips gak om gimana caranya bisa cuek? :big_smile]

Makasih om..
saya bantu jawab ya, upgrade audio aja om, kaya speaker, HU dll, siapatau bisa ngurangin bunyinya minimal terdengar lebih sedikit lah kalo dari dalem mobil
Last edited by Pboyz97 on Wed Nov 25, 2020 5:16, edited 2 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
dhanuindra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Mon Nov 20, 2017 3:47
Location: semarang
Daily Vehicle: bhb2017

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by dhanuindra »

Kalau tambah peredam bukannya dalam kabin tambah sunyi ya, makin kedengaran dong bunyi stirnya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review dan Masalah Bunyi di Stir Xpander Ultimate 2019

Post by Pboyz97 »

dhanuindra wrote: Wed Nov 25, 2020 4:59 Kalau tambah peredam bukannya dalam kabin tambah sunyi ya, makin kedengaran dong bunyi stirnya
kalo itu tergantung dari mana, kalo dari kolong memang tambah sunyi, tapi kalo dari dalem mobil , ya mending upgrade audio aja wkkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV