Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by pendoli »

hai all

nyambung dari thread review voxy sebelumnya:
download/file.php?id=38475

kini ogut mau iseng review compare trio roti tawar Toyota ini dari size S, M, ke L

jadi ceritanya mertua beli Alphard G 2019 ANH30 tanpa compare dengan saingan2 laen karena... ya maunya alphard. padahal dah ada voxy juga di rumah akhirnya voxy jadi jarang kepake deh. dan ogut sering kena tugas jadi driver deh :ungg: yes well but anyway karena ga jago review ogut coba bandingkan aja ya dengan pengalaman ogut pernah punya sienta dan sedang miara voxy juga


Pax comfort
Sienta Q Nanggung di semua row (3)
Voxy Row 2 ok, Row 3 manusiawi (2)
Alphard G Row 2 n 3 legaa. Pax depan masi dapet ottoman pula. (1)

Driver comfort
Sienta Q shifter AT di lantai bikin ngga ergonomis :( (3)
Voxy good commanding position (1)
Alphard G arm rest driver ngga seenak voxy, mungkin karena gw pendek yah (163cm) kalo tinggian kayanya enak2 aja (2)

NVH
Sienta Q better than LMPVs (3)
Voxy better than sienta sih (2)
Alphard G better than voxy. wind noise baru muncul di atas 100kpj. motor juga ga terlalu kedengeran. (1)

Performance
Sienta Q cukup ajah buat gw (3)
Voxy Power memadai dan ngga berasa bawa mobil gede (2)
Alphard G Power memadai banget buat dalkot jakarta dan tol2 sekitarnya. manuver berasa lebih gede dari voxy sih tapi ngga parah banget. (1)

FC
Sienta Q cc berbicara, paling hemat (1)
Voxy ga beda jauh sama sienta sih, kayanya masih di 1:8 kombi (2)
Alphard G FC di bawah voxy. Auto start stopnya kaya ga berasa dah abis mati langsung nyala lagi akhirnya seringan dimatiin. (3)

ICE
Sienta Q HU lemot. (3)
Voxy HU mendingan dari sienta, speaker mendem n kurang terutama buat row 3 (2)
Alphard G HU paling mendingan si. dapet monitor pun. tapi suara rada lebih mendem dari voxy standar. volume harus dikencengin dikit. (1)

Features ketiganya udah ada HSA dan VSC
Sienta Q ngga ada yg standout. (3)
Voxy sun & moon roof (2)
Alphard G sun n moon roofs, wireless charger, PBD, cam360, gorden, air purifier, etc (1)

angka2 di belakang itu urutan di tiap kategori. kalo dijumlahin ala2 scoring si jadinya
Sienta: 19
Voxy: 13
Alphard: 10

kesimpulan pribadi gw: kalau nyetir sendiri ya masi lebih enak voxy sih dibanding sienta atau alphard. tapi sebagai penumpang ya enak alphard kemana-mana. keunggulan dimensi kecilan sienta malah ga tercapai karena radius putar kegedean haha kecuali pake resep downsize velg itu si

bonus pics
sienta side.jpeg
sienta side.jpeg (205.17 KiB) Viewed 2284 times
alphard side.jpeg
alphard side.jpeg (216.46 KiB) Viewed 2284 times
let me know kalau mau ada foto/review bagian spesifik dari alphard atau voxy yah.

oia ada satu lagi: buat gw penumpang row 3 paling gampang keluar tu di voxy, baru sienta, trus terakhir alphard. karena gw ga tau cara lipet bangku tengah alphard hahaha jadinya maksa lewat gang mulu :big_chicken:
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by satriakarisma »

Nice compare & review Om.
Tapi kok jadinya sienta score-nya paling tinggi ya?

Kalau bantingan paling pas yang mana Om?
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: 09 Jan 2016, 15:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by JukeJoken »

Kalau Sienta sepengalaman ane 3 tahun pake , durability kurang Om.. pas tahun pertama dan kedua pake , shockbreaker depan dah ganti , bearing support depan dah ganti , lower arm satu set juga udah ganti , mounting mesin dah kena 2 biji , komponen di rem apa gitu saya lupa ada yang pecah , tensioner pulley juga udah ganti pas tahun kedua , sekarang tensioner dah masalah lagi.

kalau sisi plusnya , Tenaganya oke. Respon CVTnya juga dibanding merek lain menurut saya lebih oke. Handlingnya juga oke banget , lincah , lebih enak dari Xpander ane yang digembar gembokkan suspensinya mirip Evo 10 :mky_04: suspensinya juga nyaman banget , kecuali tipe V , bannya pake 195 50 , terlalu tipis , pas ane naikin ke 195 50 kayak tipe Q (tipe V sama Q profil bannya beda) , jadi lebih enak. tapi sekarang ane ganti 195 60 jadi empuk banget.

kalau soal Head unit , yang punya model lama kayak saya lebih bagus dari yang facelift , soalnya yang lama itu HUnya dari Kenwood , seri DDX.
sama satu hal yang nyebelin , tangki bensinnya kecil , 35 liter doang , jadi rangenya gak jauh jauh banget kalau jalan.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by doge »

Reviewnya agak obvious sih outcomenya... Cmn scoringnya ini bacanya gimana? Skor lbh kecil lbh bagus gitu?
:ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by kunaskun »

sistem scoring kayanya model penalti ya? jadi paling kecil angka maka terbaik.

hasil akhir sudah jelas ya, duit ga boong. apalagi untuk ukuran toyota yg paling jago urusan ginian.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Sistem scoringnya semakin kecil semakin bagus soalnya berdasarkan ranking.

Jadi karena si Apat ranking 1 nya paling banyak ya berarti juara dah.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by pendoli »

Nah benerr skor paling kecil paling bagus wkwkwk maap agak aneh ya scoringnya 🀣

@satriakarisma
Buat bantingan sebagai penumpang enakan alphard.. buat driver enakan voxy dikit klo lagi penuh yah
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by pendoli »

doge wrote: ↑02 Dec 2020, 12:29 Reviewnya agak obvious sih outcomenya... Cmn scoringnya ini bacanya gimana? Skor lbh kecil lbh bagus gitu?
Yesh very obvious si sesuai stereotipe di masyarakat
Yaa siapa tau berguna buat yang lagi cross shopping voxy baru vs alphard x seken wkwk bedanya ga jauh si
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 03 Sep 2017, 23:10
Location: bandung

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by clk230i »

dari harga juga keliatan
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 13 Mar 2015, 11:14

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by stealthy »

pendoli wrote: ↑02 Dec 2020, 10:32
oia ada satu lagi: buat gw penumpang row 3 paling gampang keluar tu di voxy, baru sienta, trus terakhir alphard. karena gw ga tau cara lipet bangku tengah alphard hahaha jadinya maksa lewat gang mulu :big_chicken:
Kalo di ANH20 di bawah jok baris 2 bagian belakang ada kaya pedal gitu om untuk diinjak dan di dorong
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by pendoli »

stealthy wrote: ↑02 Dec 2020, 16:31
pendoli wrote: ↑02 Dec 2020, 10:32
oia ada satu lagi: buat gw penumpang row 3 paling gampang keluar tu di voxy, baru sienta, trus terakhir alphard. karena gw ga tau cara lipet bangku tengah alphard hahaha jadinya maksa lewat gang mulu :big_chicken:
Kalo di ANH20 di bawah jok baris 2 bagian belakang ada kaya pedal gitu om untuk diinjak dan di dorong
Nah iyak kaya voxy tuh
Kalo anh30 kayanya ga ada, dan andai ada pun walau jok tengah dah paling depan n maju, masi kecil celah pintunya πŸ˜…
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by rakyatwkwkland »

Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by yudhisuwandono »

om, sy baru punya yg uk S, merk honda tapi.. pengen naik ke M aja dulu, ga kuat kalo ke L mah.
tanya, kl radius putarnya sienta dan voxy kurleb sama kah ?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by kunaskun »

rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 17:47 Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
kalau kata temen dan beberapa kenalan, alphard gen 3 si lebih bagus bantingannya daripada sebelumnya tapi ya ga sampe wow. terlebih kalau udah biasa naik mobil kelas 1M akan terasa sebenernya alphard itu biasa banget dari segi kenyamanan total. NVH biasa, bantingan biasa, bangku biasa, yang luar biasa ya karena bentuk kotak jadi lega banget = indo banget.

dan bener dibandingkan serena C27/c26 atau voxy atau noah pun ga sampe 2x lebih bagus :mky_03:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by pengendiesel »

pendoli wrote: ↑02 Dec 2020, 15:32
doge wrote: ↑02 Dec 2020, 12:29 Reviewnya agak obvious sih outcomenya... Cmn scoringnya ini bacanya gimana? Skor lbh kecil lbh bagus gitu?
Yesh very obvious si sesuai stereotipe di masyarakat
Yaa siapa tau berguna buat yang lagi cross shopping voxy baru vs alphard x seken wkwk bedanya ga jauh si
Nice review om :big_exellent:
Sienta sama voxy udah pasti dihajar sama kakak tertuanya :big_biglaugh:

Tapi misal faktor harga dimasukkan sebagai pertimbangan juga....harga voxy sekian kalinya harga sienta, harga alphard sekian kalinya harga sienta n sekian kalinya harga voxy, apakah rankingnya masih sama? Gampangnya, harga alphard sekitar 2-2,5x lipat harga voxy, apakah masih worth it kalo dibandingkan voxy dengan semua plus minusnya?
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by rakyatwkwkland »

kunaskun wrote: ↑02 Dec 2020, 19:43
rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 17:47 Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
kalau kata temen dan beberapa kenalan, alphard gen 3 si lebih bagus bantingannya daripada sebelumnya tapi ya ga sampe wow. terlebih kalau udah biasa naik mobil kelas 1M akan terasa sebenernya alphard itu biasa banget dari segi kenyamanan total. NVH biasa, bantingan biasa, bangku biasa, yang luar biasa ya karena bentuk kotak jadi lega banget = indo banget.

dan bener dibandingkan serena C27/c26 atau voxy atau noah pun ga sampe 2x lebih bagus :mky_03:
Nah itu, artinya emang ane ga salah ya kalo dari segi kenyamanan total alphard bisa dibilang biasa banget untuk mobil 1M. Ane inget di thread lain pernah ada orang yang bilang kalo doi ngebandingin grand sedona dan alphard transformer punya dia, bahkan masih enakan grand sedona kemana2.

Kalo buat ane pribadi sih, ane ngerasa kurang worthed ya untuk boil 1M dengan kenyamanan begitu. Tapi untuk orang lain belum tentu, dan bener apa kata oom kalo alphard punya nilai jual interior yang lega. Ane tambahin lagi, selain interior lega, juga model interiornya ya menurut ane pribadi beneran terkesan premium dari segi desain. Lah dilalah, lega+model keren/mevvah+krum2an everywhere = selera orang indo bangettt
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by jessboy »

nice review om dgn sistem scoring yg unik :big_peace:
memang dari harga sudah bicara ya
tapi kalau masukin faktor value for money sih voxy lebih ok ya
krn dgn harga 1/2 dari alphard dapet kenyamanan yg hampir mendekati alphard
cuma menurut saya ground clearance voxy agak rendah ya
saya bbrp kali bawa ke mall kena gasruk terus kolongnya :(
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by kunaskun »

rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 21:36 Nah itu, artinya emang ane ga salah ya kalo dari segi kenyamanan total alphard bisa dibilang biasa banget untuk mobil 1M. Ane inget di thread lain pernah ada orang yang bilang kalo doi ngebandingin grand sedona dan alphard transformer punya dia, bahkan masih enakan grand sedona kemana2.

Kalo buat ane pribadi sih, ane ngerasa kurang worthed ya untuk boil 1M dengan kenyamanan begitu. Tapi untuk orang lain belum tentu, dan bener apa kata oom kalo alphard punya nilai jual interior yang lega. Ane tambahin lagi, selain interior lega, juga model interiornya ya menurut ane pribadi beneran terkesan premium dari segi desain. Lah dilalah, lega+model keren/mevvah+krum2an everywhere = selera orang indo bangettt
ya, mayoritas pengguna kendaraan di indo ya = toyota indo :big_biglaugh:
apalagi bicara soal kenyamanan, enak dipake, enak dinaiki coba diliat youtuber indo = mayoritas pengguna kendaraan = terlalu banyak bias :big_biglaugh: mesti cek ke user pribadi terus salign dibandingkan satu sama lain, cobain sendiri baru ketahuan aslinya. :ungg:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by ChZ »

akhirnya ada review mpv toyota yang bukan avanza innova :ngacir:
rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 17:47 Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
alphard di indonesia memang menang image. sebenarnya naikannya ga seberapa special...

saya pernah naik ANH20 alphard kalo dibandingin sama E52 Elgrand sih brasa jelek bener bantingannya. E52 Elgrand jauh lebih superior. pdhl itu elgrand ATPM vs alphard IU full spek...

dan di alpat gen 2 ini buat posisi supir agak ngeselin, krn postur bonnet yang pesek akhirnya ruang roda agak sedikit mengganggu legroom driver. pake sepatu atau sendal yang agak gede dijamin sering nyangkut dah.

AGH30 vellfire saya jg pernah coba ni jujur yah jauh lebih nyaman dr alpat previous gen, cuma tetep brasanya mobil kelas 500 juta nyamannya... bukan mobil kelas 1 miliar. nyamannya on-par saja dengan new CR-V turbo... bahkan owner vellfire nya barusan beli CRV 2.000cc baru waktu itu bilang koq vellfire sama CRV ga beda jauh gini naikannya malah lebih demen bawa CRV...

bahkan kalo mau ekstrem sy naik hiace langsung ga inget blas apa itu alphard... jauhhhhhhh enakan hiace. cuma ya hiace memang dalemnya plastik tidak ada interior trimming yang mevvah dan fitur penunjang luxury...

+ limbungnya alpat lbh terasa dibanding elgrand karena mobil ini kalo liat posturnya jangkung bener kayak APV luxio... tingginya nyaris 1.9m smentara elgrand cuma 1.8m...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by adityabp »

ChZ wrote: ↑03 Dec 2020, 09:38 ...
dan di alpat gen 2 ini buat posisi supir agak ngeselin, krn postur bonnet yang pesek akhirnya ruang roda agak sedikit mengganggu legroom driver. pake sepatu atau sendal yang agak gede dijamin sering nyangkut dah.
...
Baca yg dibold, tetiba inget pas naik mikrolet APV trus duduk di depan, lah jadi kayak duduk di warteg krn kaki kiri naik krn nginjek spakbor.
:big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by ChZ »

adityabp wrote: ↑03 Dec 2020, 10:06
Baca yg dibold, tetiba inget pas naik mikrolet APV trus duduk di depan, lah jadi kayak duduk di warteg krn kaki kiri naik krn nginjek spakbor.
:big_biglaugh:
nahh waktu saya duduk di kursi driver alpat juga brasa nyupir alpat rasa nyupir APV gini :mky_05: ya emang mobil ini duduk di blakang enaknya cuma ya gak kayak APV juga sih nyetirnya.

untung aja gen 3 udah gak gini
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: ↑03 Dec 2020, 09:38 akhirnya ada review mpv toyota yang bukan avanza innova :ngacir:
rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 17:47 Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
alphard di indonesia memang menang image. sebenarnya naikannya ga seberapa special...

saya pernah naik ANH20 alphard kalo dibandingin sama E52 Elgrand sih brasa jelek bener bantingannya. E52 Elgrand jauh lebih superior. pdhl itu elgrand ATPM vs alphard IU full spek...

dan di alpat gen 2 ini buat posisi supir agak ngeselin, krn postur bonnet yang pesek akhirnya ruang roda agak sedikit mengganggu legroom driver. pake sepatu atau sendal yang agak gede dijamin sering nyangkut dah.

AGH30 vellfire saya jg pernah coba ni jujur yah jauh lebih nyaman dr alpat previous gen, cuma tetep brasanya mobil kelas 500 juta nyamannya... bukan mobil kelas 1 miliar. nyamannya on-par saja dengan new CR-V turbo... bahkan owner vellfire nya barusan beli CRV 2.000cc baru waktu itu bilang koq vellfire sama CRV ga beda jauh gini naikannya malah lebih demen bawa CRV...

bahkan kalo mau ekstrem sy naik hiace langsung ga inget blas apa itu alphard... jauhhhhhhh enakan hiace. cuma ya hiace memang dalemnya plastik tidak ada interior trimming yang mevvah dan fitur penunjang luxury...

+ limbungnya alpat lbh terasa dibanding elgrand karena mobil ini kalo liat posturnya jangkung bener kayak APV luxio... tingginya nyaris 1.9m smentara elgrand cuma 1.8m...
Yg bikin bantingan anh20 gak enak krna suspensi belakangnya blm multilink/ double wishbone
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: 04 Sep 2014, 09:06

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by adty »

ChZ wrote: ↑03 Dec 2020, 09:38 akhirnya ada review mpv toyota yang bukan avanza innova :ngacir:
rakyatwkwkland wrote: ↑02 Dec 2020, 17:47 Nice comparation oom! :off_good_job:

Btw, berhubung oom punya ketiga-tiganya, ane mau nanya pendapat oom. Untuk alphard yang generasi ini, apakah naikannya sudah jauh lebih nyaman dari generasi2 sebelumnya?

Karena terus terang ane pernah numpang naik alphard gen 1, yang masuk indo masih lewat IU itu loh. Entah lah, tapi menurut ane naikannya seperti kurang sesuai dengan selisih harga kelas di bawahnya. Padahal sepertinya kondisi kaki2 masih sehat dan masih senyap, odo juga masih cukup rendah (atau emang dasar ekspektasi ane yang ketinggian yak? wkwkwkwk :big_slap: ) sebagai perbandingan, ane juga pernah numpang naik batumakam biskuit serena c26 dengan kondisi kaki dah gluduk2, odo lebih tinggi. Tapi impresi ane, ane ngerasa kalau dua mobil itu dibandingkan, melihat harga alphard yang biasanya 2x lipat harga c26, kalo menurut pendapat pribadi ane naikan dan peredaman NVH alphard kayanya gak nyampe 2x lipatnya dari c26 deh... Jadi ane merasa sebenernya selisih harga yang segitu banyak yang paling berasa cuma kabin yang jauh lebih luas, interior yang lebih mewah dan tentunya bq yang lebih baik, sama engine yang rada gedean dikit.

Tapi sebenernya untuk alphard gen 1 dan 2 ane gak heran, karena suspensinya masih torsion beam! Nah, yang generasi transformer ini kan udah double wishbone, mungkin oom sebagai owner alphard dan voxy bisa memberikan pendapat bagaimana perbandingan kenyamanannya. Apakah selisih kenyamanannya sebanding dengan selisih harganya?

Terima kasih oom :big_smile]
alphard di indonesia memang menang image. sebenarnya naikannya ga seberapa special...

saya pernah naik ANH20 alphard kalo dibandingin sama E52 Elgrand sih brasa jelek bener bantingannya. E52 Elgrand jauh lebih superior. pdhl itu elgrand ATPM vs alphard IU full spek...

dan di alpat gen 2 ini buat posisi supir agak ngeselin, krn postur bonnet yang pesek akhirnya ruang roda agak sedikit mengganggu legroom driver. pake sepatu atau sendal yang agak gede dijamin sering nyangkut dah.

AGH30 vellfire saya jg pernah coba ni jujur yah jauh lebih nyaman dr alpat previous gen, cuma tetep brasanya mobil kelas 500 juta nyamannya... bukan mobil kelas 1 miliar. nyamannya on-par saja dengan new CR-V turbo... bahkan owner vellfire nya barusan beli CRV 2.000cc baru waktu itu bilang koq vellfire sama CRV ga beda jauh gini naikannya malah lebih demen bawa CRV...

bahkan kalo mau ekstrem sy naik hiace langsung ga inget blas apa itu alphard... jauhhhhhhh enakan hiace. cuma ya hiace memang dalemnya plastik tidak ada interior trimming yang mevvah dan fitur penunjang luxury...

+ limbungnya alpat lbh terasa dibanding elgrand karena mobil ini kalo liat posturnya jangkung bener kayak APV luxio... tingginya nyaris 1.9m smentara elgrand cuma 1.8m...
Pantesan tetangga depan saya dua kali ganti Elgrand E52 dari yg pre FL dan FL, padahal sebelumnya pakai ANH20. Saya pernah coba ANH20 dan dirumah ada C26 yg udah ganti ban ke Michelin (aslinya Ecopia yang begitulah) emang rasanya ga jauh beda sih. Kalo nyetir malah enakan C26 despite tenaganya yg lemes di awal tp kalo udah kenceng lebih enak dan fun to drive
Penikmat roti tawar beroda
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by well »

JukeJoken wrote: ↑02 Dec 2020, 11:33 Kalau Sienta sepengalaman ane 3 tahun pake , durability kurang Om.. pas tahun pertama dan kedua pake , shockbreaker depan dah ganti , bearing support depan dah ganti , lower arm satu set juga udah ganti , mounting mesin dah kena 2 biji , komponen di rem apa gitu saya lupa ada yang pecah , tensioner pulley juga udah ganti pas tahun kedua , sekarang tensioner dah masalah lagi.

kalau sisi plusnya , Tenaganya oke. Respon CVTnya juga dibanding merek lain menurut saya lebih oke. Handlingnya juga oke banget , lincah , lebih enak dari Xpander ane yang digembar gembokkan suspensinya mirip Evo 10 :mky_04: suspensinya juga nyaman banget , kecuali tipe V , bannya pake 195 50 , terlalu tipis , pas ane naikin ke 195 50 kayak tipe Q (tipe V sama Q profil bannya beda) , jadi lebih enak. tapi sekarang ane ganti 195 60 jadi empuk banget.

kalau soal Head unit , yang punya model lama kayak saya lebih bagus dari yang facelift , soalnya yang lama itu HUnya dari Kenwood , seri DDX.
sama satu hal yang nyebelin , tangki bensinnya kecil , 35 liter doang , jadi rangenya gak jauh jauh banget kalau jalan.
Mr Jukejoken, mohon info dong, sienta ganti ban 195/60 apa beloknya tidak gasruk apa2 y? apa penampilannya masih proper? Ane jg pengguna sienta V, rencana mau ganti 195/60 juga supaya empuk.
pakai merk apa bannya?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Compare Roti Tawar size S - M - L: sienta - voxy - alphard

Post by well »

Ane baru aja lihat di youtube alphard dibandingkan dengan wuling victory lewat bny speedbum jalan 80km/h
menurut video yg ane lihat sih si alphard guncangannya lebih kerasa dibanding wuling victory
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post