Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by piggypig77 »

romi10 wrote: Thu Jan 07, 2021 6:23
piggypig77 wrote: Thu Jan 07, 2021 5:28
MaddMaxx wrote: Thu Jan 07, 2021 0:55

bener bgt ini om, padahal kalo bandinginnya sama2 pake lite alias pertalite vs dexlite, hasilnya mirip2 aja. cuma yaa mau gimana lg mental orang kita masih suka pake yg subsidi biarpun sanggup beli ipah disel cash keras :big_peace:
Sebenarnya innova diesel ga akan lbh murah kl jarak tempuhnya sedikit soalnya harga beli lbh mahal n perawatannya juga, apalagi misalkan pake dex
Perawatan innova diesel tiap taun cm ganti oli doang (700-800rb) tanpa harus tune up kaya mobil bengsin, mahal dari mana yak? paling 2 taun sekali ganti oli gardan, oli matic sama purging..itu pun cm sekitar gopek

Justru innova diesel menurut saya mobil dengan perawatan paling murah selama ane gonta ganti mobil.
Olinya kan lebih banyak dan tiap berapa kali servis harus ganti filter solar, soal tune up mbl bensin ga selalu kok dan ini dibilang sama owner bengkel terkenal di forum ini
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by romi10 »

piggypig77 wrote: Thu Jan 07, 2021 17:47
romi10 wrote: Thu Jan 07, 2021 6:23
piggypig77 wrote: Thu Jan 07, 2021 5:28

Sebenarnya innova diesel ga akan lbh murah kl jarak tempuhnya sedikit soalnya harga beli lbh mahal n perawatannya juga, apalagi misalkan pake dex
Perawatan innova diesel tiap taun cm ganti oli doang (700-800rb) tanpa harus tune up kaya mobil bengsin, mahal dari mana yak? paling 2 taun sekali ganti oli gardan, oli matic sama purging..itu pun cm sekitar gopek

Justru innova diesel menurut saya mobil dengan perawatan paling murah selama ane gonta ganti mobil.
Olinya kan lebih banyak dan tiap berapa kali servis harus ganti filter solar, soal tune up mbl bensin ga selalu kok dan ini dibilang sama owner bengkel terkenal di forum ini
Iya betul om olinya lebih banyak, tp bener2 cm ganti oli doang kok kl saya selalu di shop n drive (pake rimula r5) , baru sekali doang di km 70rb ganti filter solar karena nyala indikator dan baru sekali doang juga purging di dutamas pas km 80rb, tp mesin tuh ga pernah kehilangan performa sm sekali meski cm ganti oli tok. Tokcer kali ya bahasanya.

Kl sepengalaman saya owning experience yg bensin tu kl ga rutin di tune up, ganti busi dan pake bensin yg bagusan, mesinnya jd ngelitik dan performa menurun alias lemot dan boros, jd ada extra cost lagi selain ganti oli supaya performanya tetap terjaga.
Coffeefarmer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Jan 05, 2017 11:22

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by Coffeefarmer »

Sebenarnya yg bensinpun juga tidak berbeda perlakuan servicenya dengan diesel Om. Di beres jg hanya service ganti oli tanpa penggunaan chemical cleaning. Saya memilih untuk aplikasi chemical sendiri dg carbon cleaner dan setiap 5000 km aplikasi Redline CFSC. Bedanya memang ada check busi dan interval penggantian busi.
Bensin pake RON90 kalau pas liburan keluarga baru isi pertamax/pturbo + RL.
Diesel campur biosol+pertadex.
Kelebihan yg bensin TR itu pakai timming chain, jd pemakaian km tinggi2 gak kuatir kondisi TBelt. Walaupun di diesel jg asal ngikuti km service, check dan ganti TBelt, pasti aman. Just info mobil saya berganti pada km sekitar 120-160rban dg umur 5 tahun. Tidak ada service significant kecuali ganti SB, kopling set saat km140an ribu, karet joint hub transmisi.
Yg diesel maupun bensin setiap ganti oli sekalian ganti filter oli.
Mungkim itulah kelebihan TAM kasih pilihan mesin yg tidak perlu terlalu canggih namun semua bandel dan minim perawatan. masalah penggunaan BBM apa aja dilahap.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by piggypig77 »

romi10 wrote: Fri Jan 08, 2021 3:45
piggypig77 wrote: Thu Jan 07, 2021 17:47
romi10 wrote: Thu Jan 07, 2021 6:23

Perawatan innova diesel tiap taun cm ganti oli doang (700-800rb) tanpa harus tune up kaya mobil bengsin, mahal dari mana yak? paling 2 taun sekali ganti oli gardan, oli matic sama purging..itu pun cm sekitar gopek

Justru innova diesel menurut saya mobil dengan perawatan paling murah selama ane gonta ganti mobil.
Olinya kan lebih banyak dan tiap berapa kali servis harus ganti filter solar, soal tune up mbl bensin ga selalu kok dan ini dibilang sama owner bengkel terkenal di forum ini
Iya betul om olinya lebih banyak, tp bener2 cm ganti oli doang kok kl saya selalu di shop n drive (pake rimula r5) , baru sekali doang di km 70rb ganti filter solar karena nyala indikator dan baru sekali doang juga purging di dutamas pas km 80rb, tp mesin tuh ga pernah kehilangan performa sm sekali meski cm ganti oli tok. Tokcer kali ya bahasanya.

Kl sepengalaman saya owning experience yg bensin tu kl ga rutin di tune up, ganti busi dan pake bensin yg bagusan, mesinnya jd ngelitik dan performa menurun alias lemot dan boros, jd ada extra cost lagi selain ganti oli supaya performanya tetap terjaga.
Denger2 misal kayak 2GD ato sejenisnya diisi biosol bisa lebih cepet interval ganto filsol. Busi tergantung dari bawaan dpt busi apa, kalo kayak iridium bisa antara 50-100.000 km baru ganti. ANKI 1TR di rumah pernah coba isi premium masih aman ga ngelitik tapi abis itu di dastek mobilnya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Wed Jan 06, 2021 4:28
mr_mytplx wrote: Wed Jan 06, 2021 4:13
Lha ini contohnya alm ayah saya. Di usia 60-70 dia lbh suka naik suzuki carry jadul di banding sedan, soalnya lebih gampang keluar masuknya katanya.
yang ane heran terkadang mobil dengan lantai tinggi macem carry atau kijang ini justru lebih diminati user usia lansia dibanding MPV roti tawar pdhl secara aksesibilitas teorinya (dan praktiknya) lebih bagus roti tawar...
Masalahnya ngga semua lansia berselera dengan roti tawar, meskipun secara aksesibilitas pintu geser selebar pintu rumah udah pasti lebih mudah
:mky_01:

Yg jelas mobil tinggi macem MPV atau Minibus gitu lebih disenengin para lansia apalagi yg punya masalah HNP karena dr posisi berdiri ngga usah membungkuk&agak ngejongkok buat duduk kayak naik sedan. Mendingan manjat dikit pas naik, merosotin badan pas turun dr mobil
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Ini mobil emang badak, ortu sampe skrg masih punya di Kalimantan untuk sehari2 yang varian G manual.

Beli dari baru November 2004 sampe sekarang.

Pas awal2 aja dirawat dengan baik pas anak2nya belum nikah, sekarang karena anak2nya sudah tinggal sendiri mah ga terawat yg penting bisa jalan, ganti oli jg seingetnya aja.

Rasanya cuma penyakit2 usia aja kayak paking rembes sama kondensor ac bocor.

Ane ks penampakan biar ga dibilang hoax.

Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

sintoni wrote: Sat Jan 09, 2021 1:58 Nais ripiu om.

Ini mobil emang badak, ortu sampe skrg masih punya di Kalimantan untuk sehari2 yang varian G manual.

Beli dari baru November 2004 sampe sekarang.

Pas awal2 aja dirawat dengan baik pas anak2nya belum nikah, sekarang karena anak2nya sudah tinggal sendiri mah ga terawat yg penting bisa jalan, ganti oli jg seingetnya aja.

Rasanya cuma penyakit2 usia aja kayak paking rembes sama kondensor ac bocor.

Ane ks penampakan biar ga dibilang hoax.

Image
ampun coco skrg jadi peternak toyota... kijang aja punya 2 biji...

memang ngeri lah bosqu ini :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by sintoni »

ChZ wrote: Sat Jan 09, 2021 2:20
ampun coco skrg jadi peternak toyota... kijang aja punya 2 biji...

memang ngeri lah bosqu ini :ngacir:
Makasih kak, soalnya menurut SMer favorit ane: "Semua akan Toyota pada Waktunya".

Oh ya kak, mau laporan 1NZ 500 WHP sudah dilego kak, sudah tua jadi ganti mobil agak pelan kak.

:big_blushing:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

sintoni wrote: Sat Jan 09, 2021 2:27
Makasih kak, soalnya menurut SMer favorit ane: "Semua akan Toyota pada Waktunya".

Oh ya kak, mau laporan 1NZ 500 WHP sudah dilego kak, sudah tua jadi ganti mobil agak pelan kak.

:big_blushing:
agak pelan? ganti pelali donk... :ngacir: khan pelali lebih pelan dari yasir 500WHP
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

sintoni wrote: Sat Jan 09, 2021 1:58 Nais ripiu om.

Ini mobil emang badak, ortu sampe skrg masih punya di Kalimantan untuk sehari2 yang varian G manual.

Beli dari baru November 2004 sampe sekarang.

Pas awal2 aja dirawat dengan baik pas anak2nya belum nikah, sekarang karena anak2nya sudah tinggal sendiri mah ga terawat yg penting bisa jalan, ganti oli jg seingetnya aja.

Rasanya cuma penyakit2 usia aja kayak paking rembes sama kondensor ac bocor.

Ane ks penampakan biar ga dibilang hoax.

Image
Kijang inofa type G itu mobil incognito tauke tauke d glodok mbah

Berarti mbah itu termasuk sala satu tauke tsb :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by sintoni »

ChZ wrote: Sat Jan 09, 2021 2:31
agak pelan? ganti pelali donk... :ngacir: khan pelali lebih pelan dari yasir 500WHP
Ditunggu ripiunya kalau ga males ya kak. :big_blushing:


DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 2:38
Kijang inofa type G itu mobil incognito tauke tauke d glodok mbah

Berarti mbah itu termasuk sala satu tauke tsb :mky_03:
Maklum mbah, mobil enak + luas + leleyabel.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 2:38 Kijang inofa type G itu mobil incognito tauke tauke d glodok mbah

Berarti mbah itu termasuk sala satu tauke tsb :mky_03:
tauke glodok pinangsia mabes kota pakenya bukan type G mbah, tapi type E :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Fri Jan 08, 2021 8:12 Masalahnya ngga semua lansia berselera dengan roti tawar, meskipun secara aksesibilitas pintu geser selebar pintu rumah udah pasti lebih mudah
:mky_01:

Yg jelas mobil tinggi macem MPV atau Minibus gitu lebih disenengin para lansia apalagi yg punya masalah HNP karena dr posisi berdiri ngga usah membungkuk&agak ngejongkok buat duduk kayak naik sedan. Mendingan manjat dikit pas naik, merosotin badan pas turun dr mobil
dan inilah hebatnya innova, ANKI saja pas bener sepantat itu jok, pas juga untuk merosot turun. makanya tambah laku lagi buat mobil harian lansia atau berumur. avanza juga pas tapi pintunya kecil. saya tahu ini juga karena temen ada yg ribet cari mobil untuk ortu yg sudah 70 tahun tapi masih fit, naik MPV roti tawar manapun ogah, karena ga bisa merosot pas turun pas naik mesti angkat kaki dan pantat. malah belakangan kepengen sienta karena flat bench 2nd row dan sama juga bisa merosot naik turunnya.

kalau dipikir2 hal kecil gini yg ga ada di mobil lainnya. :upss:
User avatar
3xuo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sun May 06, 2007 9:00

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by 3xuo »

Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

3xuo wrote: Sun Jan 10, 2021 5:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
Saya pemakai inofa anki bensin metik, dan november kmaren br aj lepas inofa V manual 2006

Kl om ga bgitu pentingin powerrr powerrr powerrr.. ga sgitu ngotot pengen mentokin speedo mulu maka anki bensin ud lebi dr ckup koq, pake pertalit saya selama psbb dalkot slalu dapet nyaris 1:9 jakarta, full tol transjawabahn dpt 1:12.5, waktu kondisi jakarta sblom korona dapet nya slalu 1:8an.. padahal saya nyetir bukan aliran siksa diri yg nginjek gas takut2, dan anki saya metik pula, dan sering ngaso d mobil jg jd genset berjem2

Kl dbandingin inofa sblom anki, ud jauh banget irit nya

Dl pake inofa lama jg cuman rutin ganti oli doank, dilepas pas odo 230an rebu, nyaris ga ad masalah apapun.. ini anki bensin jg mirip ama inofa lama, jd mustinya sama lah minim perawatan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by chaprizone »

3xuo wrote: Sun Jan 10, 2021 5:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
imho, pendapat newbie, kalau gk mau upgrade performa & maunya pakek dexlite mending pake yg bensin aja Om, yg disel baru krasa lebih worth klo mau upgrade performa & mau isi solbus
:big_okay:
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by MaddMaxx »

ngomongin bagus mana innova bensin vs disel emang gada habisnya. yg jelas keduanya teruji sangat reliable asal dirawat bener2. tinggal dicocokin aja sama preferensi pribadi. kalo sy emang gak nyaman bgt sama bau knalpot solar, jadi pilih yg bensin. trus gak terlalu suka sama getaran & noise mesin disel yg gimanapun lebih terasa daripada mesin bensin. udah itu aja. klo pun misal harga disel tahun yg sama setara dengan bensin, sy akan tetep beli yg bensin karena alasan2 diatas heu
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

MaddMaxx wrote: Mon Jan 11, 2021 1:27 ngomongin bagus mana innova bensin vs disel emang gada habisnya. yg jelas keduanya teruji sangat reliable asal dirawat bener2. tinggal dicocokin aja sama preferensi pribadi. kalo sy emang gak nyaman bgt sama bau knalpot solar, jadi pilih yg bensin. trus gak terlalu suka sama getaran & noise mesin disel yg gimanapun lebih terasa daripada mesin bensin. udah itu aja. klo pun misal harga disel tahun yg sama setara dengan bensin, sy akan tetep beli yg bensin karena alasan2 diatas heu
menurut analisa ngasal ane kebanyakan orang yang pick gasoline dibanding diesel biasanya krn pengen inofa tapi gak suka disel... kayak alm dosen ane jg beli V gasoline 2016 metik krn gak suka diesel tapi kepengen inofa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

3xuo wrote: Sun Jan 10, 2021 5:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
Menarik...
Hanya untuk perihal cost, karena sama2 baru, dan isinya minimal dexlite vs pertamax, kayanya sih (saya ga ngitung beneran) :
- running costnya palingan ya mirip2
- nah, karena sama2 baru, bisa jadi di kemudian hari, kalau resale value masuk itungan, yang bensin bisa nyungsep kaya kijang yang lama - tapi selisih ini bisa jadi impas dengan selisih harga barunya

IMHO, hehe
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by B064RT »

ransyah1234 wrote: Mon Jan 11, 2021 3:38
3xuo wrote: Sun Jan 10, 2021 5:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
Menarik...
Hanya untuk perihal cost, karena sama2 baru, dan isinya minimal dexlite vs pertamax, kayanya sih (saya ga ngitung beneran) :
- running costnya palingan ya mirip2
- nah, karena sama2 baru, bisa jadi di kemudian hari, kalau resale value masuk itungan, yang bensin bisa nyungsep kaya kijang yang lama - tapi selisih ini bisa jadi impas dengan selisih harga barunya

IMHO, hehe
coba hitung2an excel nya dikluarken om... barangkali bisa buat pencerahan warga dimari.. ANKI diesel vs ANKI bengsin...
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

B064RT wrote: Mon Jan 11, 2021 8:22 coba hitung2an excel nya dikluarken om... barangkali bisa buat pencerahan warga dimari.. ANKI diesel vs ANKI bengsin...
adanya excel Escape bensin vs Escape avtur

:ngacir:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

ChZ wrote: Wed Jan 06, 2021 3:57 mantap oom...

kijang inofa bensin metik ini underrated bgt padahal harganya murah dibanding diesel counterpartnya dan masih toyota, masih mudah perawatannya dan masih badak. boros borosnya masih bisa pertalit gpp lah...

lagian 2KD kalo dibiarin bone stock larinya gak lebih enak dari TR... yahh cuma kalo udah ngomong upgrade baru lbh enak beli 2KD...
thanks oom...kalau nemu premium isi juga sih :big_grin:
tapi udah ga ada deket rumah sih jadi ya udahlah isi pertamax turbo aja :big_smoking:
sintoni wrote: Sat Jan 09, 2021 1:58 Nais ripiu om.

Ini mobil emang badak, ortu sampe skrg masih punya di Kalimantan untuk sehari2 yang varian G manual.

Beli dari baru November 2004 sampe sekarang.
...
Image
thanks oom...di luar jakarta yang manual lebih favorit kayanya ya
saya beli ginian bekas kan biar kaya 'old money...itu rumah2 segede2 apa pondok indah n menteng, ada aja lah kijangnya :big_biglaugh:
User avatar
3xuo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sun May 06, 2007 9:00

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by 3xuo »

DOHC wrote: Sun Jan 10, 2021 6:07 [quote=3xuo post_id=<a href="tel:1152779">1152779</a> time=<a href="tel:1610256399">1610256399</a> user_id=4158]
Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
Saya pemakai inofa anki bensin metik, dan november kmaren br aj lepas inofa V manual 2006

Kl om ga bgitu pentingin powerrr powerrr powerrr.. ga sgitu ngotot pengen mentokin speedo mulu maka anki bensin ud lebi dr ckup koq, pake pertalit saya selama psbb dalkot slalu dapet nyaris 1:9 jakarta, full tol transjawabahn dpt 1:12.5, waktu kondisi jakarta sblom korona dapet nya slalu 1:8an.. padahal saya nyetir bukan aliran siksa diri yg nginjek gas takut2, dan anki saya metik pula, dan sering ngaso d mobil jg jd genset berjem2

Kl dbandingin inofa sblom anki, ud jauh banget irit nya

Dl pake inofa lama jg cuman rutin ganti oli doank, dilepas pas odo 230an rebu, nyaris ga ad masalah apapun.. ini anki bensin jg mirip ama inofa lama, jd mustinya sama lah minim perawatan
[/quote]


Thanks om pencerahannya, berarti sebenernya tenaga ANKI bensin uda cukupan dan konsumsi BBM juga normal-normal aja ya om. Mindset yang terbentuk soalnya klo bensin itu cape bawanya, dan BBMnya juga boros.
Memang uda terbukti banget ya berarti awetnya klo memang dirawat secara normal.
MaddMaxx wrote: Mon Jan 11, 2021 1:27 ngomongin bagus mana innova bensin vs disel emang gada habisnya. yg jelas keduanya teruji sangat reliable asal dirawat bener2. tinggal dicocokin aja sama preferensi pribadi. kalo sy emang gak nyaman bgt sama bau knalpot solar, jadi pilih yg bensin. trus gak terlalu suka sama getaran & noise mesin disel yg gimanapun lebih terasa daripada mesin bensin. udah itu aja. klo pun misal harga disel tahun yg sama setara dengan bensin, sy akan tetep beli yg bensin karena alasan2 diatas heu
Yes om, yang paling mengganjal dari diesel buat saya cuma bau asap solarnya aja, untuk getaran mesin-mesin zaman now masih bisa kompromi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

3xuo wrote: Mon Jan 11, 2021 11:41
DOHC wrote: Sun Jan 10, 2021 6:07
Saya pemakai inofa anki bensin metik, dan november kmaren br aj lepas inofa V manual 2006

Kl om ga bgitu pentingin powerrr powerrr powerrr.. ga sgitu ngotot pengen mentokin speedo mulu maka anki bensin ud lebi dr ckup koq, pake pertalit saya selama psbb dalkot slalu dapet nyaris 1:9 jakarta, full tol transjawabahn dpt 1:12.5, waktu kondisi jakarta sblom korona dapet nya slalu 1:8an.. padahal saya nyetir bukan aliran siksa diri yg nginjek gas takut2, dan anki saya metik pula, dan sering ngaso d mobil jg jd genset berjem2

Kl dbandingin inofa sblom anki, ud jauh banget irit nya

Dl pake inofa lama jg cuman rutin ganti oli doank, dilepas pas odo 230an rebu, nyaris ga ad masalah apapun.. ini anki bensin jg mirip ama inofa lama, jd mustinya sama lah minim perawatan

Thanks om pencerahannya, berarti sebenernya tenaga ANKI bensin uda cukupan dan konsumsi BBM juga normal-normal aja ya om. Mindset yang terbentuk soalnya klo bensin itu cape bawanya, dan BBMnya juga boros.
Memang uda terbukti banget ya berarti awetnya klo memang dirawat secara normal.

sebnernya mindset yg inofa bensin itu loyo ga salah2 amat koq om.. mmg kl dibandingin ama yg 2GD mah kalah jauh si anki bensin.. tp kl dibandingin ama rush terios expander livina, anki bensin itu ga beda jauh koq.. sama lemot nya

cuman yah mmg beda nya anki bensin skrg itu lebi irit aj dbanding inofa dulu.. dan kl mau irit justru musti ambil anki bensin metik.. krn yg manual ud perna saya coba sendiri, jatoh nya lebi boros

keawetan ?? cuman perlu modalin oli 5.5 liter aj tiap 6 bulan skali.. udah ckup koq utk bekerja spanjang hayat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Mon Jan 11, 2021 11:53
3xuo wrote: Mon Jan 11, 2021 11:41
DOHC wrote: Sun Jan 10, 2021 6:07
Saya pemakai inofa anki bensin metik, dan november kmaren br aj lepas inofa V manual 2006

Kl om ga bgitu pentingin powerrr powerrr powerrr.. ga sgitu ngotot pengen mentokin speedo mulu maka anki bensin ud lebi dr ckup koq, pake pertalit saya selama psbb dalkot slalu dapet nyaris 1:9 jakarta, full tol transjawabahn dpt 1:12.5, waktu kondisi jakarta sblom korona dapet nya slalu 1:8an.. padahal saya nyetir bukan aliran siksa diri yg nginjek gas takut2, dan anki saya metik pula, dan sering ngaso d mobil jg jd genset berjem2

Kl dbandingin inofa sblom anki, ud jauh banget irit nya

Dl pake inofa lama jg cuman rutin ganti oli doank, dilepas pas odo 230an rebu, nyaris ga ad masalah apapun.. ini anki bensin jg mirip ama inofa lama, jd mustinya sama lah minim perawatan

Thanks om pencerahannya, berarti sebenernya tenaga ANKI bensin uda cukupan dan konsumsi BBM juga normal-normal aja ya om. Mindset yang terbentuk soalnya klo bensin itu cape bawanya, dan BBMnya juga boros.
Memang uda terbukti banget ya berarti awetnya klo memang dirawat secara normal.

sebnernya mindset yg inofa bensin itu loyo ga salah2 amat koq om.. mmg kl dibandingin ama yg 2GD mah kalah jauh si anki bensin.. tp kl dibandingin ama rush terios expander livina, anki bensin itu ga beda jauh koq.. sama lemot nya

cuman yah mmg beda nya anki bensin skrg itu lebi irit aj dbanding inofa dulu.. dan kl mau irit justru musti ambil anki bensin metik.. krn yg manual ud perna saya coba sendiri, jatoh nya lebi boros

keawetan ?? cuman perlu modalin oli 5.5 liter aj tiap 6 bulan skali.. udah ckup koq utk bekerja spanjang hayat
Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T