Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2an
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by iwansiagian »

Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Sama om Omni.. mata saya langsung sakit liat Hazard kelap kelip gitu
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.

gubrak dah speechless.....
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by walid_007 »

Klo lihat video yg bikin jadi kaco ya ops yg kaget n telat ngerem. Yg lain belom ciuman /walopun udah juga pelan bgt.. ops datang dan jadi mesra semua

Dan saat beruntun tuh hrc udah di jalur sebaliknya.. jd tu anps keknya kaget shock dan penasaran

Btw klo hujan we klo d tol selalu mode gas n glide sambil posisi "nyalakn lmapu rem " walopun deselarasi jya nyaris gada".. biar d belakang juga waspada
Klo mobil pake rear fog gaperlu . Krn mmg lampu belakang di sore hujan kurang keliatan/tembus..
engine roaring!
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by sh00t »

slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Waktunya hujan deras, waktunya banyak patwal... :big_biglaugh:
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maswewe »

Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

tapi kan ban tidak flat dan bukannya tidak beralur. kl begitu apakah kl mobil pakai ban motor akan tidak aquaplanning? sptnya malah akan melintir kl lewat genangan air.

mau lebar pun ga masalah yg terpenting kemampuan ban tsb memecah genangan air, berapa debitnya yg sanggup dipompa keluar via alurnya dlm speed tertentu. semakin bisa memompa keluar artinya semakin besar proporsi tapak yg bisa bersentuhan dgn aspal dan dapat traksi.
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maswewe »

Enggi...

Makin beralur makin baik.
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bembenk95 »

erwinign wrote: Sun Jan 10, 2021 1:08
slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01
P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.

Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2an
kalo cuma di 1 jalur terus di tol , hazard nyala pas hujan deres masih bisa di mengerti. masalahnya byk juga yg sambul pindah jalur.
Ane kalo hujan deres jarak pandang minim, ane kasih Sign kanan saja.
sama Blink light terus-menerus itu bikin mata yg lihat cepat lelah dan kadang malah buat distraksi dgn sekitar.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bembenk95 »

maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:
ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.

Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

bembenk95 wrote: Mon Jan 11, 2021 1:41
maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.

Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.

Ya... daripada bengong baca. :big_grin:
ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.

Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.
betul, aquaplanning lebih ke karakter pola alur ban drpd size ban.

makanya sy heran kenapa di blakang ada yg ribut pajero dikasih ban kecil ampe ngata ngatain... pdhl yang dibahas ya ngga relevan. jip era eighties nineties juga pake ban kurus kurus. lebih parah drpd pajero dikasih 215 malahan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by jessboy »

benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33
Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini

saya anggap itu sebagai salah satu budaya.
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by chaprizone »

agak repot kalo di perempatan jalan kecil yg gk ada traffic lightnya, liat dr samping orang yg pake hazard cm keliatan lampu sein salah satu sisi aja :mky_01:
:big_okay:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by satriakarisma »

Nah ini, hazard di per4an/per3an.
Ketemu lawan arah yang pakai hazard, begitu kita masuk eh gak taunya dia lurus gak ke arah kita.
Amsyiong kalo gak ati2
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by adityabp »

lamatlancah wrote: Sun Jan 10, 2021 4:52 bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.

gubrak dah speechless.....
Loh, memang bener jalanan gak kliatan.
Hanya saja, kalo di depan dah kliatan pantat mobil, mbok yao dimatiken itu highbeam-nya.
:mky_01:
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by hafizh »

marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 3:52
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
saya anggap itu sebagai salah satu budaya.
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by marmut »

hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...

ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.

dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by hafizh »

marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 9:57
hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...

ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.

dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.
Iya om posisi papasan, klo ngekor bis jg pernah, klo bus sein kanan terus biasanya aman utk ngekor cuma kadang takut jadi diambil mobil belakang yg ngekor...
masnanas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sun May 01, 2016 12:37

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by masnanas »

ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33 Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

masnanas wrote: Mon Jan 11, 2021 10:32
ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53

untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.
betul sekali.

tp rasanya kita semua dlm satu titik pernah membuat kekeliruan serupa. yg terpenting skrg kita tau mana yg benar dan mana yg kurang tepat sehingga kedepannya perbaikan dimulai dari diri kita sendiri dulu.

kalo bukan skrg kapan lagi. kalo bukan dr diri sendiri siapa lagi. untuk keselamatan bersama kok coba2. (gitu kan ceritanya kaya iklan ....)

:mky_03:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by timbermaniac123 »

Hayo, yang salah jangan dibenarkan. Biasanya budaya orang indonesia gitu "benar karena terbiasa" Toh demi keselamatan bersama.