Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Taufiq6210 »

ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33 Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.

Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).

Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.

Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.

yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
Saya sih kurang setuju alasan ini om, karena menurut saya informasi yang diberi untuk pengendara belakang lebih sedikit manfaatnya dibandingkan kebingungan yang dialami oleh pengendara dari depan (samping) yang hanya melihat sein sebelah. Toh walaupun TL mati, para pengendara juga umumnya otomatis memperlambat laju kendaraannya ketika sudah dekat persimpangan kok.
masnanas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sun May 01, 2016 12:37

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by masnanas »

:big_bored: Masalahnya kepolisian kampanye aturan berkendara sendiri belum pernah nemuin, om. Padahal itu juga buat pencegahan, kan? Dan itu juga ranah kepolisian. Jadinya seakan-akan kesalahan berkendara ini dibiarkan gitu aja. Padahal kita tau kalo mayoritas pengendara itu SIMnya nembak. :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

Taufiq6210 wrote: Mon Jan 11, 2021 13:46
Saya sih kurang setuju alasan ini om, karena menurut saya informasi yang diberi untuk pengendara belakang lebih sedikit manfaatnya dibandingkan kebingungan yang dialami oleh pengendara dari depan (samping) yang hanya melihat sein sebelah. Toh walaupun TL mati, para pengendara juga umumnya otomatis memperlambat laju kendaraannya ketika sudah dekat persimpangan kok.
ya menurut sy kalau ada perubahan kecepatan tiba tiba hazard tetap diperlukan sih. anggep aja kondisinya ada kendaraan berhenti mendadak di depan. krn kadang TL mati itu ngga ketahuan dari jauh, pace kendaraan udah enak tau-tau di depan TL mati kendaraan pada melambat.

mksd saya kalo in case berenti mendadak saja di kondisi demikian... gatau yah kondisi traffic tiap kota bisa beda kadang bbrp kota chaos bgt ampe udah melintas aja msh pada diterjang.

apapun perubahan pace kendaraan yang secara tiba-tiba selalu sy pasang hazard.

kalo jalan lurus kosong mah ngga perlu artinya sdh aman buat melintas. saya mah ngga pernah setuju orang pasang hazard waktu jalan lancar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ilhami »

Bikin sebel tuh lampu hazard,
Disangka mau belok jadi kita bisa lurus,
ternyata dia motong jalan kita :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

Saya prefer hazard nyala...
Hujan kalau parah banget perlu ada tanda2 mobil didepan
Jadi bisa jaga jarak

Soalnya emanb bener lampu belakang mobil2 di Indonesia minim banget...

Dueller sebenarnya oke2 aja kok di jalanan basah
Cuma ya... emang beberapa kali saya pernah berpikiran tobat pas bannya licin kena aquaplaning
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by bensinsolar »

Berdasarkan experience driving di Australian road >10 yrs & hold Victorian driving license yg ga mungkin nembak. Bisa dibilang kalau weather bener2 buruk/pandangan terbatas boleh nyalain hazard (better safe than sorry). Untuk persimpangan lampu merah yg TLnya rusak juga boleh nyalain hazard karena ada kemungkinan mobil kita menjadi bahaya/hazard dari mobil/lingkungan sekeliling kita.

Note: driving di jalur paling kanan waktu di tol walau ud max speed e.g. 100kmh juga salah. Siap2 kena road rage bule2 kalo melakukannya. Theoretically, jalur paling kanan cm bwt overtake (briefly) [emo-police]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Tue Jan 12, 2021 8:02 Berdasarkan experience driving di Australian road >10 yrs & hold Victorian driving license yg ga mungkin nembak. Bisa dibilang kalau weather bener2 buruk/pandangan terbatas boleh nyalain hazard (better safe than sorry). Untuk persimpangan lampu merah yg TLnya rusak juga boleh nyalain hazard karena ada kemungkinan mobil kita menjadi bahaya/hazard dari mobil/lingkungan sekeliling kita.

Note: driving di jalur paling kanan waktu di tol walau ud max speed e.g. 100kmh juga salah. Siap2 kena road rage bule2 kalo melakukannya [emo-police]
nah makanya lagi-lagi depends on where we live. ngga semua aturan berlaku one size fits all.

sebelum bingung hazard dipake buat apa baiknya kita start dari titik yang sama mendefinisikan emergency situation. buat saya pace traffic melambat saja itu emergency. lagi lari 100 km/h tiba-tiba traffic melambat jd 60 itu emergency.

artinya ada sesuatu yang tidak lazim di depan jadi pengemudi di belakang juga diharap berhati-hati. bahkan road construction nutup separuh jalan tol saja itu menurut saya ngga salah nyalain hazard. wong ya mau pindah jalur kemana kalo jalurnya jadi bottleneck :big_biglaugh:

tp lepas situasi itu dan pace normal kembali ya dimatikan.

biarpun praktiknya di indonesia hampir semua tol ngga ada yang stabil trafficnya, bisa tiba-tiba melambat cuma karena ada truk besar mau overtaking atau ada lanehogger di jalur cepat :big_biglaugh:

yang dari dulu sampai sekarang ngga pernah setuju itu penggunaan hazard kalo lagi konvoi kendaraan. seakan legitimasi kalo boleh semena-mena di jalan klo udh hazard konvoi. apalagi klo cm sekedar konvoi kleb mobil SUV yang tdk ada urgensinya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 23, 2020 5:47 Kl ga salah ane pernah baca di mana gitu, ada yg bilang kl esc sebenarnya ga guna buat mencegah aquaplanning. Kl dah aquaplanning, mau ada ga ada esc ga ngaruh karena yg namanya aquaplanning ban itu udah kehilangan grip, meanwhile esc kan bermainnya lewat sistem pengereman dan abs. Kalo ga salah bilangnya begitu yaaa (CMIIW)

Kalo mobil tinggi sendiri macam passport dan fortun sih emang secara logika dan hukum fisika ya emang harusnya lebih gampang aquaplanning yah soalnya faktor kurang stabilnya ladder sendiri ditambah lagi gc tinggi. Jd ya emang harusnya potensi aquaplanning lebih besar dibandingkan let say sedan, hatchback, atau bahkan dibanding SUV monokok msh stabilan monokok. Faktor lain juga ban harusnya pengaruh. Ban kelas sultan dgn ban 3M (murah meriah mencret) macam ban eco2 dan ena2 ya jangan dibandingkan, harga beda grip juga beda...

Kl nubie sendiri sih salah satu tips menghindari aquaplanning sih, YA KALO ADA GENANGAN AIR YA LEPAS GAS LAHHH, jangan malah pedal to carpet. :big_slap: Plus kalo ujan ya tahu diri lah ga perlu ngebut2, paling max kecepatan sekitar 70-80 sesuaikan kondisi mobil.

Lebih baik lambat sekitar setengah jam sampai kat tujuan daripada tak boleh sampai bilamanapun... :big_grin:
Saya juga pernah mengalami aquaplaning di toll bintaro. sy dr arah veteran mau ke bintaro, lokasi antara masjid sector 2 dan stasiun pondok ranji.
itu memang baru selesai ujan deras, sisa hujan masih ada. tapi jalan basah dan ada genangan di beberapa. jadi saya jalan saja 80 kmpj.
lalu tiba-tiba ada genangan dan air muncraat juga..
mobil serasa kayak meluncur maka sy rem pelan aja dan stir lurus….untung sendirian dan gak ada mobil di depan..

kejadian kedua, di toll trans sumatera Bakauheni ke Plbang waktu mudik Desember lalu.
tapi saya masih sempat ngurangi kecepatan...tp di dekat kami ada Terios lama melintir dan ban nya udah diatas..

Kalaua dari pengamatan saya :
- ESC tidak berguna kalau kedua ban udah hilang traksi karena mekanismenya adalah membaca selisih putaran ban kiri dan kanan.dan mengurangi tenaga ke roda yang tanpa traksi (muter lebih kenceng), kerja sama dgn Traction Control
- Kalau bisa kenali kontur jalan toll. umumnya genangan ada di sisi toll yang rendah. mostly genangan ada di sisi kanan (jalur cepat), maka dari itu pilih sisi kiri karena airnya gak ada..perhatikan kemiringan jalan toll...miring kiri atau kanan permukaannya…
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Omnibus »

b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 10:54 barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 10:54 barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ginting »

b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 10:54 barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
kalau speed cuma 80 maka fixed masalah 2 :
- cara nyentak gas
- ban sudah old, kompon udah keras atau grip udah menururn
(siapkan dana buat beli ban baru)
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by sukerdan02 »

CMIIW,
salah satu faktor utamanya ya selain karena gaya mengemudi, jenis ban dan gerak belakang..

mobil FF akan lebih mudah dikontrol kalau mengalami aquaplaning dibandingnkan mobil FRD :big_smoking: :big_smoking:
karena saat mobil kehilangan traksi dan kemudian dikurangi kecepatan, saat mobil FF dapat traksi lagi, ban depan akan bantu menarik mobil ke arah yang dituju setir.. sementara kalau gerak belakang, walaupun ban depan dapet traksi, tapi hanya bisa pasrah karena tenaga mesin hanya tersalur ke ban belakang.. yang paling aman ya tetep AWD atau full time 4wd
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

kalau sudah aquaplanning, itu ban udah engga napak di aspal lagi, alias "terbang/melayang" di atas aer.
mau 4 WD, mau 6WD bahkan 8WD sekali kena aquaplanning engga ngaruh.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 10:54 barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
itu sih mungkin ban sudah botak, atau skill driving anda kurang.

banyak kok yg sudah remapan/tuned 250hp-450++nm, engga sampe melintar melintir kalau di gas. :big_weee:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 10:54 barusan mobil gw cuma lagi agak di tarik dikit gas paling cuma 1/4 depan astra sunter tiba2x ban belakang narik kanan kiri kayak selip lsg saya lepas gas aja sambil rem pelan2x untung bisa stabil lag, kondisi jalan basah tapi gak ujan masih gerimis gak ada genangan, kenapa ya??? :big_think:

dakkar 2012 pake DEX :ngacir:
mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
waduh ban 2012 sih pemicu utama itu Om, bukan karena powernya. Atau ya faktor jalanan yang mungkin ada tumpahan oli.

Temen pake VNT 2015, 281hp, 700nm lebih torsinya itu bahkan sengaja kick down di jalanan cor yang relatif lebih licin drpd aspal dari 0-140. Tp aman2 aja tuh, ngga spin sama sekali itu ban. mobil juga tetep terkendali.

Catatan: Ban Yokohama Geolandar AT produksi 2019
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MSU »

lamatlancah wrote: Thu Jan 14, 2021 3:44 kalau sudah aquaplanning, itu ban udah engga napak di aspal lagi, alias "terbang/melayang" di atas aer.
mau 4 WD, mau 6WD bahkan 8WD sekali kena aquaplanning engga ngaruh.
setuju om....
rasanya mau ada vsc abd ebd dll dst itu jg ga ngefek lha namanya jg melayang
dulu saya pernah ngalami....untungnya mobil masih jalan lurus tp nggeser ke arah kanan (pembatas tol)...ya cm bs pegang stir kencang2 aja
kl di counter2 malah kayaknya bakalan parah
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MSU »

ginting wrote: Tue Jan 12, 2021 8:28
rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 23, 2020 5:47 Kl ga salah ane pernah baca di mana gitu, ada yg bilang kl esc sebenarnya ga guna buat mencegah aquaplanning. Kl dah aquaplanning, mau ada ga ada esc ga ngaruh karena yg namanya aquaplanning ban itu udah kehilangan grip, meanwhile esc kan bermainnya lewat sistem pengereman dan abs. Kalo ga salah bilangnya begitu yaaa (CMIIW)

Kalo mobil tinggi sendiri macam passport dan fortun sih emang secara logika dan hukum fisika ya emang harusnya lebih gampang aquaplanning yah soalnya faktor kurang stabilnya ladder sendiri ditambah lagi gc tinggi. Jd ya emang harusnya potensi aquaplanning lebih besar dibandingkan let say sedan, hatchback, atau bahkan dibanding SUV monokok msh stabilan monokok. Faktor lain juga ban harusnya pengaruh. Ban kelas sultan dgn ban 3M (murah meriah mencret) macam ban eco2 dan ena2 ya jangan dibandingkan, harga beda grip juga beda...

Kl nubie sendiri sih salah satu tips menghindari aquaplanning sih, YA KALO ADA GENANGAN AIR YA LEPAS GAS LAHHH, jangan malah pedal to carpet. :big_slap: Plus kalo ujan ya tahu diri lah ga perlu ngebut2, paling max kecepatan sekitar 70-80 sesuaikan kondisi mobil.

Lebih baik lambat sekitar setengah jam sampai kat tujuan daripada tak boleh sampai bilamanapun... :big_grin:
Saya juga pernah mengalami aquaplaning di toll bintaro. sy dr arah veteran mau ke bintaro, lokasi antara masjid sector 2 dan stasiun pondok ranji.
itu memang baru selesai ujan deras, sisa hujan masih ada. tapi jalan basah dan ada genangan di beberapa. jadi saya jalan saja 80 kmpj.
lalu tiba-tiba ada genangan dan air muncraat juga..
mobil serasa kayak meluncur maka sy rem pelan aja dan stir lurus….untung sendirian dan gak ada mobil di depan..

kejadian kedua, di toll trans sumatera Bakauheni ke Plbang waktu mudik Desember lalu.
tapi saya masih sempat ngurangi kecepatan...tp di dekat kami ada Terios lama melintir dan ban nya udah diatas..

Kalaua dari pengamatan saya :
- ESC tidak berguna kalau kedua ban udah hilang traksi karena mekanismenya adalah membaca selisih putaran ban kiri dan kanan.dan mengurangi tenaga ke roda yang tanpa traksi (muter lebih kenceng), kerja sama dgn Traction Control
- Kalau bisa kenali kontur jalan toll. umumnya genangan ada di sisi toll yang rendah. mostly genangan ada di sisi kanan (jalur cepat), maka dari itu pilih sisi kiri karena airnya gak ada..perhatikan kemiringan jalan toll...miring kiri atau kanan permukaannya…
lokasi-nya kira2 sama dengan saya sekitar 10thn lalu om...
dulu abis bayar tol bintaro ke arah BSD...jalur kanan
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

lamatlancah wrote: Thu Jan 14, 2021 3:48
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36

mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
itu sih mungkin ban sudah botak, atau skill driving anda kurang.

banyak kok yg sudah remapan/tuned 250hp-450++nm, engga sampe melintar melintir kalau di gas. :big_weee:
waktu pake bensin jelek sih gak gitu soalnya pas di gas suka ada lag jd gak lsg lari sejak bensinnya dex jd tambah enteng ud kejadian ke3 sih sejak ganti dex, lagian kondisi ban taon 2012 dan kemungkinan supensi depan juga dah lemah makanya lagi mikir mau pake standart lagi apa ganti aftermarket yang lebih bagus mumpung belom beli yang depan, belakang kemaren sih baru ganti tapi std bilstein

yang remap biasa ud pake balance arm, old man emu, kalo ini budget mepet shock alakadarnya plus ban pabrik dengan treatmen asal mobil sehat asl mobil gelinding :big_weee:

iya lah kebiasaan ngegass seenak udel kalo bawa mobil atu lagi, yg ini musti tahan nafsu :big_weee:

maklum belom pengalaman bawa truck mini :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

evanbngdor wrote: Thu Jan 14, 2021 5:04
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 11:36

mungkin ada solar (minyak/oli) di jalanan yg keangkat kena gerimis.
kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
waduh ban 2012 sih pemicu utama itu Om, bukan karena powernya. Atau ya faktor jalanan yang mungkin ada tumpahan oli.

Temen pake VNT 2015, 281hp, 700nm lebih torsinya itu bahkan sengaja kick down di jalanan cor yang relatif lebih licin drpd aspal dari 0-140. Tp aman2 aja tuh, ngga spin sama sekali itu ban. mobil juga tetep terkendali.

Catatan: Ban Yokohama Geolandar AT produksi 2019
bannya yang ngaruh bokap baru ganti bridgestone AT di exceednya katanya kalo kena ujan malah enak ya tapi kelas bapak2x bawa kalem2x aja :mky_03:

ditambah biasa kalo ud ngetune gitu biasa suspensi ud ganti dan belakang ud kepasang balance arm kalo std mah ngeri :ngacir:
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

seumur2 saya pake PS mau di isi dex atau solbus, tetep aja tarikannya segitu2 aja.
mau tarikannya enteng ya di remap / pake piggybck.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by lamatlancah »

b0ku wrote: Thu Jan 14, 2021 6:11

ditambah biasa kalo ud ngetune gitu biasa suspensi ud ganti dan belakang ud kepasang balance arm kalo std mah ngeri :ngacir:
balance arm is garbage.

mau enak ya ganti shock dan pernya sekalian yg matched.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by evanbngdor »

b0ku wrote: Thu Jan 14, 2021 6:11
evanbngdor wrote: Thu Jan 14, 2021 5:04
b0ku wrote: Tue Jan 12, 2021 13:18

kayaknya gitu karena torsinya gede akhirnya selip melintir ke kanan saya counter ke kiri sambil lepas gas sama ngerem pelan2x gila jantung mau copot untung gak melintir padahal larinya paling lagi accl ke 80 :big_bored:

emang sejak ganti dari shell ke dex gasnya jadi ngeri banget di tol aja saya ud gak berani gas pol cuma ngegas dikit2x itu aja kadang larinya masih ganas ud gitu makin berasa suspensi depan keknya emang ud gak beres ditambah lagi ban 2012 semua :big_dunno:
waduh ban 2012 sih pemicu utama itu Om, bukan karena powernya. Atau ya faktor jalanan yang mungkin ada tumpahan oli.

Temen pake VNT 2015, 281hp, 700nm lebih torsinya itu bahkan sengaja kick down di jalanan cor yang relatif lebih licin drpd aspal dari 0-140. Tp aman2 aja tuh, ngga spin sama sekali itu ban. mobil juga tetep terkendali.

Catatan: Ban Yokohama Geolandar AT produksi 2019
bannya yang ngaruh bokap baru ganti bridgestone AT di exceednya katanya kalo kena ujan malah enak ya tapi kelas bapak2x bawa kalem2x aja :mky_03:

ditambah biasa kalo ud ngetune gitu biasa suspensi ud ganti dan belakang ud kepasang balance arm kalo std mah ngeri :ngacir:
Ngga pake balance arm, cuma ganti shock&per pake OME aja.

Kalo dueler AT sih dia menang awetnya aja sebenernya itu, secara grip kurang banget dan berisik pula kalo udah 50% sisa nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by b0ku »

evanbngdor wrote: Thu Jan 14, 2021 6:19
b0ku wrote: Thu Jan 14, 2021 6:11
evanbngdor wrote: Thu Jan 14, 2021 5:04

waduh ban 2012 sih pemicu utama itu Om, bukan karena powernya. Atau ya faktor jalanan yang mungkin ada tumpahan oli.

Temen pake VNT 2015, 281hp, 700nm lebih torsinya itu bahkan sengaja kick down di jalanan cor yang relatif lebih licin drpd aspal dari 0-140. Tp aman2 aja tuh, ngga spin sama sekali itu ban. mobil juga tetep terkendali.

Catatan: Ban Yokohama Geolandar AT produksi 2019
bannya yang ngaruh bokap baru ganti bridgestone AT di exceednya katanya kalo kena ujan malah enak ya tapi kelas bapak2x bawa kalem2x aja :mky_03:

ditambah biasa kalo ud ngetune gitu biasa suspensi ud ganti dan belakang ud kepasang balance arm kalo std mah ngeri :ngacir:
Ngga pake balance arm, cuma ganti shock&per pake OME aja.

Kalo dueler AT sih dia menang awetnya aja sebenernya itu, secara grip kurang banget dan berisik pula kalo udah 50% sisa nya
nah itu pengenya ganti OME cuma mahal banget 4 biji 8jt :big_think:
lamatlancah wrote: Thu Jan 14, 2021 6:18
b0ku wrote: Thu Jan 14, 2021 6:11

ditambah biasa kalo ud ngetune gitu biasa suspensi ud ganti dan belakang ud kepasang balance arm kalo std mah ngeri :ngacir:
balance arm is garbage.

mau enak ya ganti shock dan pernya sekalian yg matched.
:mky_01: hahah jadi ngerti deh sekarang gak usah pake balance arm ya jadi mending beli shock aja sama pernya??? :big_think: soalnya emang mau improve di handlingnya aja sama rem mesin biarin aja secara ud lebih dari cukup malah sekarang bonus saya bilang

kalo profender + per std kira2x gimana ya???? maunya sih OME tapi sayang kalo sampe 8jt :big_think:
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Redboost »

banyaknya aquaplanning yang terjadi di Indonesia ya karena minimnya pengetahuan akan mengemudi dengan baik. sampai ada spanduk nyuruh nyalain hazzard pas hujan di salah satu ruas tol kok :mky_01:
1996 Honda GL100 CDI
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2006 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE M/T
2018 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE A/T