seberapa "irit" kah mobil diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by syafimsa »

selamat pagi siang sore malam rekan2 dan suhu SM sekalian dan salam hormat utk para momod, saya disini mau cerita agak panjang semoga

sblmnya saya pernah buat trit "mobil pensiunan" utk ortu saya, namun pilihan dr mobil tsb dicoret semua dari list, karena pandemi, kemungkinan akan mudik ke jateng menggunakan mobil yg ada saat ini (camry xv50 dan disupirin) dan permasalahannya bootsize yg tidak terlalu besar (biasanya naek transportasi umum) sehingga model sedan sptnya akan dicoret dari list..

setelah bbrpa kali diskusi, akhirnya condong ke suv ladder frame(fortuner vrz/trd FL), karena stlh saya kasih referensi voxy dan alphard bekas 2013 2014an apabila sometimes nyetir sendiri berasa kaya supir dan gabisa menikmati kelebihan utama mpv roti tawar yaitu 2nd row nya😂, tapi dikeluarga besar kami blm pernah ada yg pengalaman piara mobil diesel

yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu? terutama kalo saat macet2an, karena diesel commonrail disarankan pake solar sekelas dex dkk yg harganya lumayan diatas pertamax.. ortu sih fine2 aja dngn fuelcons camry nya skrg (1:7-8 dalkot aga macet), cuma mengingat kosongnya pengalaman dgn mobil diesel maka saya bertanya😂

dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?

karena saya baca2 thread di SM banyak yg teliti ke perawatannya terutama di supply bbm nya spt rajin ganti filsol dsb, karna yg make mostly supir dan ortu, dan takutnya saya jrg ngecek2 mobil spt dulu lg dan malah bakal merepotkan ortu nantinya...

mungkin itu dulu yg saya tanyakan mengenai mobil diesel commonrail, mohon maaf apabila saya terlalu polos menanyakan ini karena bener2 "nol" pengalaman tentang diesel modern ini, semoga rekan2 bisa membantu saya, terima kasih warga SM🙏🙏🙏🙏
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

syafimsa wrote: Wed Jan 27, 2021 5:36 selamat pagi siang sore malam rekan2 dan suhu SM sekalian dan salam hormat utk para momod, saya disini mau cerita agak panjang semoga

sblmnya saya pernah buat trit "mobil pensiunan" utk ortu saya, namun pilihan dr mobil tsb dicoret semua dari list, karena pandemi, kemungkinan akan mudik ke jateng menggunakan mobil yg ada saat ini (camry xv50 dan disupirin) dan permasalahannya bootsize yg tidak terlalu besar (biasanya naek transportasi umum) sehingga model sedan sptnya akan dicoret dari list..

setelah bbrpa kali diskusi, akhirnya condong ke suv ladder frame(fortuner vrz/trd FL), karena stlh saya kasih referensi voxy dan alphard bekas 2013 2014an apabila sometimes nyetir sendiri berasa kaya supir dan gabisa menikmati kelebihan utama mpv roti tawar yaitu 2nd row nya😂, tapi dikeluarga besar kami blm pernah ada yg pengalaman piara mobil diesel

yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu? terutama kalo saat macet2an, karena diesel commonrail disarankan pake solar sekelas dex dkk yg harganya lumayan diatas pertamax.. ortu sih fine2 aja dngn fuelcons camry nya skrg (1:7-8 dalkot aga macet), cuma mengingat kosongnya pengalaman dgn mobil diesel maka saya bertanya😂

dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?

karena saya baca2 thread di SM banyak yg teliti ke perawatannya terutama di supply bbm nya spt rajin ganti filsol dsb, karna yg make mostly supir dan ortu, dan takutnya saya jrg ngecek2 mobil spt dulu lg dan malah bakal merepotkan ortu nantinya...

mungkin itu dulu yg saya tanyakan mengenai mobil diesel commonrail, mohon maaf apabila saya terlalu polos menanyakan ini karena bener2 "nol" pengalaman tentang diesel modern ini, semoga rekan2 bisa membantu saya, terima kasih warga SM🙏🙏🙏🙏
masalah irit atau boros, itu relative...

kalau bicara diesel CRDi zaman now, across the board, dengan kubikasi 2000-2500 cc maka rata rata 1:10-13 rata rata dalkot.
ada juga sih 1:9
lukot lebih irit lagi..

factor irit itu ada 2 sebab :
- harga per liter fuel
- ratio jumlah liter ke kilometer

saran saya kalau mau buat ortu, mau pensiun, maka belilah mobil yang : biaya akuisisi lbh murah, gampang diurus, jaringan luas, gak rewelan, gak perlu banyak ritual ini itu, dan irit FCnya.

saran saya : ANKI dan Mu-X
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by b0ku »

kalo saya bilang mobilnya babon macem pajero tapi FCnya kayak HONDA jazz, kalo biasa naek jazz pindah ke pajero ya kagak berasa, coba biasa naek fortuner / innova bensin lsg berasa :wkkk:

kalo masalah awet kalo asal gelinding sih gak di rawat ok2x aja tapi kalo mau performanya maksimal ritualnya lebih banyak dari mobil bensin :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Omnibus »

sbg ex user camry xv50 dan skrg pengguna anf vrz trd sptnya sy dlm posisi bisa ksh sedikit perbandingan yg jd concern TS di atas.

fuel cons
dalkot/lukot (bandung): camry 8-9/16-17 kpl vs 10-11/13-14 kpl fortuner

maintenance
engine oil capacity: camry 4.4L vs 7.5L fortuner
mesin diesel umumnya lbh mahal parts n labornya, juga biasanya lebih sering frekuensinya yg kaya bersih2 EGR n fisol.

kepraktisan
lebar mobil: camry 1840mm vs 1855mm fortuner
tp somehow bawa camry berasa kikuk kl jalan sempit. sementara bawa fortuner kaya bawa mobil kecil, feelingnya spt bawa kijang kapsul yg lincah dibanding innova yg geda.

bawa barang ga usah ditanya. dgn bangku row3 dilipat masuk 2 koper besar, 1 koper kecil, 1 dus, 4 tas jinjing, 2 buntelan laundry (nongol2 agak ngalangin pandangan dr rear view mirror). kl bangku row3 dilepas dr mobil barang yg sama bisa rata senderan bangku row2.
camry? no contest meski dia besar jg di kelasnya.

bantingan
enakan camry kl jalan jauh di tol. tp kl injek lubang lbh ga peduli fortuner krn ladder frame. belom lagi kl ketemu banjir2 kecil.
tp ga enaknya pertama datang fortuner sukses bikin sy mabok darat dan mau (maaf) muntah. kl ada dana tinggal ganti shock absorber pakai merk old man emu jd jauh bedanya. cukup shock aja ga perlu lain2.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by whitehorse4 »

Irit = biaya yg dikeluarkan utk isi bbm = cari yg bisa biosolar

Innova, mu-x, bisa jadi pilihan
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by whitehorse4 »

"Diesel contains more energy per mass unit than gasoline, meaning that you have to burn less fuel to get the same amount of power out of the engine.

Diesel engines run with a much higher compression ratio than gasoline engines. This increases the expansion space during the ignition/combustion part of the engine cycle allowing more energy to be extracted from the fuel burn.

gas/petrol engines rely on a spark plug to ignite the fuel. This means that you must put in enough fuel to guarantee that at least a tiny bit is close enough to the plug to ignite when it sparks. This is sometimes more fuel than is required to make the power needed.
Diesel engines do not have spark plugs and just compress the air until it is so hot that the fuel ignites. This means that it does not need fuel in a specific location inside the combustion chamber, so you can put in only the bare minimum required to create the power needed at that moment. This saves a lot of fuel at idle and a little bit under cruising conditions."
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by pengendiesel »

Diesel murah kalo pake biosol. Kalo pake dex, sekali isi full tank macem fortuner pajero gitu bisa 600rebu, bisa jalan 500-600km dalkot. Masih hemat, tapi nggak superior lagi.

Reliable untuk 7 tahun? Pastinya. Tapi mobil bensin dipake 7 tahun juga enteng. Diesel justru perawatannya perlu lebih teliti.

Satu lagi untuk ortu yang sudah pensiun, naik turun forti/pajero itu perlu diperhitungkan karena sesuatu banget. Pas naik butuh kekuatan otot kaki dan tangan, pas turun butuh kelincahan dan kekuatan dengkul untuk nahan beban tubuh :big_biglaugh:
Nah untuk ortu, kondisi fisik semakin tahun kemungkinan besarnya semakin melemah. Apakah ok untuk naik turun mobil tinggi?

Kalo masih tetep diesel, saran saya sih anki. Gc lebih manusiawi meskipun tetap masih jauh kalo dibandingin roti tawar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

syafimsa wrote: Wed Jan 27, 2021 5:36 selamat pagi siang sore malam rekan2 dan suhu SM sekalian dan salam hormat utk para momod, saya disini mau cerita agak panjang semoga

sblmnya saya pernah buat trit "mobil pensiunan" utk ortu saya, namun pilihan dr mobil tsb dicoret semua dari list, karena pandemi, kemungkinan akan mudik ke jateng menggunakan mobil yg ada saat ini (camry xv50 dan disupirin) dan permasalahannya bootsize yg tidak terlalu besar (biasanya naek transportasi umum) sehingga model sedan sptnya akan dicoret dari list..

setelah bbrpa kali diskusi, akhirnya condong ke suv ladder frame(fortuner vrz/trd FL), karena stlh saya kasih referensi voxy dan alphard bekas 2013 2014an apabila sometimes nyetir sendiri berasa kaya supir dan gabisa menikmati kelebihan utama mpv roti tawar yaitu 2nd row nya😂, tapi dikeluarga besar kami blm pernah ada yg pengalaman piara mobil diesel

yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu? terutama kalo saat macet2an, karena diesel commonrail disarankan pake solar sekelas dex dkk yg harganya lumayan diatas pertamax.. ortu sih fine2 aja dngn fuelcons camry nya skrg (1:7-8 dalkot aga macet), cuma mengingat kosongnya pengalaman dgn mobil diesel maka saya bertanya😂

dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?

karena saya baca2 thread di SM banyak yg teliti ke perawatannya terutama di supply bbm nya spt rajin ganti filsol dsb, karna yg make mostly supir dan ortu, dan takutnya saya jrg ngecek2 mobil spt dulu lg dan malah bakal merepotkan ortu nantinya...

mungkin itu dulu yg saya tanyakan mengenai mobil diesel commonrail, mohon maaf apabila saya terlalu polos menanyakan ini karena bener2 "nol" pengalaman tentang diesel modern ini, semoga rekan2 bisa membantu saya, terima kasih warga SM🙏🙏🙏🙏
bicara soal fuel cons ini relative perbandingannya.

di indonesia bias bahwa diesel itu lebih irit disebabkan oleh kemampuan diesel engine average diesel cars di indonesia yang mampu menenggak biosolar seharga 5.150 yang artinya rp 3.850/liter lebih hemat dibanding pertamax dan 2.500/liter dibanding pertalite.

tetapi kalau sama-sama dex dan pertamax turbo ya... saya ada pengalaman miara CR-V 1.500cc turbo vs hyundai santafe 2.2 CRDi.

CR-V 1.5 turbo dalam kota semarang bisa dapat 9-10 km/liter.
SantaFe hanya dapat 7-9 km/liter.

ini tentu saja bias karena kita belum perhitungkan faktor CR-V yang transmisi CVT vs SantaFe 6 speed, bobot SantaFe lebih berat, dll... tapi SantaFe unggul di torque yang artinya bobot bisa diabaikan dan theoritically harusnya hanya main di sekitaran 2.000 rpm dalam kota dimana CR-V sering main di atas 3.000 untuk gain power terutama di toll roads.

CR-V power 190 ps / 240Nm.
SantaFe power 197 ps / 445 Nm.

lebih hemat CR-V ? tunggu dulu.
CR-V punya displacement hanya 1.500cc walau pakai turbo. SantaFe digimanakan tetaplah 2.200cc secara ukuran displacement tentu saja kalah.

so lebih efficient SantaFe ? Efficient juga relatif.

diesel engine punya torque besar krn desain engine cenderung undersquare (longstroke) dan compression ratio tinggi tp bhp rendah krn peak rpm hanya paling tinggi sampai 4.000 lebih dikit.

gasoline engine unggul di bhp besar krn desain engine square bahkan beberapa ada oversquare (shortstroke) jadi bisa mencapai putaran mesin lebih tinggi (>5.500 RPM) therefore generates more peak power.

cc nya SantaFe 2.200cc bisa dapat fuel cons segitu dan power segitu jelas kalau dibandingkan engine 2.200cc di gasoline mau turbo mau N/A juga tetap pasti lebih hemat. 2.200cc gasoline turbo sulit dapat lebih hemat dari itu.

Tapi produksi output bhp per liter nya dia inferior. hanya selisih 7 bhp dari CR-V dengan cc lebih kecil 700. jadi utk mengimbangi output sebuah diesel 2 liter keatas petrol hanya butuh cc sekecil 1.4 - 1.8 liter saja. Volkswagen Tiguan 1.4 powernya setara Fortuner 2GD yang 2.4 Liter.

tapi sekali lagi results may vary. tergantung mobil dieselnya apa. toyota 2GD lebih irit yang jelas dibanding hyundai R2.2

jadi real world fuel consumption sebenarnya diesel mirip-mirip saja dengan bensin jika dilihat dari sisi output (bhp/liter) nya. tp dari sisi displacement diesel relatif lebih hemat.

tapi case nya seperti ini :

di real world driving kecuali anda adalah orang yang seperti saya yang kakinya rada sedikit nakal tiap jalanan kosong suka injek gas sampe bikin karet ban menyerah maka angka bhp besar sebenarnya tidak terlalu perlu.

yang beberapa orang sukai dari diesel adalah vibes nyetir santai walau itu hanya sebuah 2GD fortuner yang bhpnya "cuma" 149hp. early torque nya enak sekali untuk salip menyalip di perkotaan dan highway cruise tidak perlu rpm tinggi-tinggi yang akan terkesan ugal-ugalan.

utk maintenance diesel relatif lebih butuh oli banyak (displacement lebih besar, turbo juga), butuh purging dan mengganti filter solar cepat yang sebenarnya bisa diperlama kalau pakai dex. keuntungannya tidak perlu ganti busi.

reliabel selama itu berasal dari established brand spt toyota ya it can run forever. GD engine sudah teruji di neraka pertambangan kalimantan dengan solar kwalitas terburuk sekalipun.
Last edited by ChZ on Wed Jan 27, 2021 7:43, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by fenrir »

syafimsa wrote: Wed Jan 27, 2021 5:36 yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu?
iya, kalo pake biosolar, reborn posisi jarum 1/4, 200rb full tank kalo isi di coco, full macet 1:10 dapet, kombinasi dalkot 1:15 mid, 1:14 real

tapi ya sama dengan pendapat master-master diatas, perawatannya harus lebih teliti, filter solar ganti berkala atau lebih cepat, bebersih intake & egr, +additif bila diperlukan, kalau cuma asal pakai masih mending bensin sih, banyak kok contohnya di utube pakai reborn belum 3 tahun udah gembos.
syafimsa wrote: Wed Jan 27, 2021 5:36 dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?
7 tahun ya? kalo dirawat pasti bakal awet sih, kalo mau untuk 7 tahun, saya sih prefer ke fortuner VNT taun paling muda, kenapa? 2KD cenderung lebih teruji ketangguhannya, plus 2KD masi pake liner untuk cylinder blocknya, 2GD langsung block tanpa liner.

kalo mobil dipake gak terlalu sering sih saya prefer bensin sih om.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sh00t »

ChZ wrote: Wed Jan 27, 2021 7:25
syafimsa wrote: Wed Jan 27, 2021 5:36 selamat pagi siang sore malam rekan2 dan suhu SM sekalian dan salam hormat utk para momod, saya disini mau cerita agak panjang semoga

sblmnya saya pernah buat trit "mobil pensiunan" utk ortu saya, namun pilihan dr mobil tsb dicoret semua dari list, karena pandemi, kemungkinan akan mudik ke jateng menggunakan mobil yg ada saat ini (camry xv50 dan disupirin) dan permasalahannya bootsize yg tidak terlalu besar (biasanya naek transportasi umum) sehingga model sedan sptnya akan dicoret dari list..

setelah bbrpa kali diskusi, akhirnya condong ke suv ladder frame(fortuner vrz/trd FL), karena stlh saya kasih referensi voxy dan alphard bekas 2013 2014an apabila sometimes nyetir sendiri berasa kaya supir dan gabisa menikmati kelebihan utama mpv roti tawar yaitu 2nd row nya😂, tapi dikeluarga besar kami blm pernah ada yg pengalaman piara mobil diesel

yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu? terutama kalo saat macet2an, karena diesel commonrail disarankan pake solar sekelas dex dkk yg harganya lumayan diatas pertamax.. ortu sih fine2 aja dngn fuelcons camry nya skrg (1:7-8 dalkot aga macet), cuma mengingat kosongnya pengalaman dgn mobil diesel maka saya bertanya😂

dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?

karena saya baca2 thread di SM banyak yg teliti ke perawatannya terutama di supply bbm nya spt rajin ganti filsol dsb, karna yg make mostly supir dan ortu, dan takutnya saya jrg ngecek2 mobil spt dulu lg dan malah bakal merepotkan ortu nantinya...

mungkin itu dulu yg saya tanyakan mengenai mobil diesel commonrail, mohon maaf apabila saya terlalu polos menanyakan ini karena bener2 "nol" pengalaman tentang diesel modern ini, semoga rekan2 bisa membantu saya, terima kasih warga SM🙏🙏🙏🙏
bicara soal fuel cons ini relative perbandingannya.

di indonesia bias bahwa diesel itu lebih irit disebabkan oleh kemampuan diesel engine average diesel cars di indonesia yang mampu menenggak biosolar seharga 5.150 yang artinya rp 3.850/liter lebih hemat dibanding pertamax dan 2.500/liter dibanding pertalite.

tetapi kalau sama-sama dex dan pertamax turbo ya... saya ada pengalaman miara CR-V 1.500cc turbo vs hyundai santafe 2.2 CRDi.

CR-V 1.5 turbo dalam kota semarang bisa dapat 9-10 km/liter.
SantaFe hanya dapat 7-9 km/liter.

ini tentu saja bias karena kita belum perhitungkan faktor CR-V yang transmisi CVT vs SantaFe 6 speed, bobot SantaFe lebih berat, dll... tapi SantaFe unggul di torque yang artinya bobot bisa diabaikan dan theoritically harusnya hanya main di sekitaran 2.000 rpm dalam kota dimana CR-V sering main di atas 3.000 untuk gain power terutama di toll roads.

CR-V power 190 ps / 240Nm.
SantaFe power 197 ps / 445 Nm.

lebih hemat CR-V ? tunggu dulu.
CR-V punya displacement hanya 1.500cc walau pakai turbo. SantaFe digimanakan tetaplah 2.200cc secara ukuran displacement tentu saja kalah.

so lebih efficient SantaFe ? Efficient juga relatif.

diesel engine punya torque besar krn desain engine cenderung undersquare (longstroke) dan compression ratio tinggi tp bhp rendah krn peak rpm hanya paling tinggi sampai 4.000 lebih dikit.

gasoline engine unggul di bhp besar krn desain engine square bahkan beberapa ada oversquare (shortstroke) jadi bisa mencapai putaran mesin lebih tinggi (>5.500 RPM) therefore generates more peak power.

cc nya SantaFe 2.200cc bisa dapat fuel cons segitu dan power segitu jelas kalau dibandingkan engine 2.200cc di gasoline mau turbo mau N/A juga tetap pasti lebih hemat. 2.200cc gasoline turbo sulit dapat lebih hemat dari itu.

Tapi produksi output bhp per liter nya dia inferior. hanya selisih 7 bhp dari CR-V dengan cc lebih kecil 700. jadi utk mengimbangi output sebuah diesel 2 liter keatas petrol hanya butuh cc sekecil 1.4 - 1.8 liter saja. Volkswagen Tiguan 1.4 powernya setara Fortuner 2GD yang 2.4 Liter.

tapi sekali lagi results may vary. tergantung mobil dieselnya apa. toyota 2GD lebih irit yang jelas dibanding hyundai R2.2

jadi real world fuel consumption sebenarnya diesel mirip-mirip saja dengan bensin jika dilihat dari sisi output (bhp/liter) nya. tp dari sisi displacement diesel relatif lebih hemat.

tapi case nya seperti ini :

di real world driving kecuali anda adalah orang yang seperti saya yang kakinya rada sedikit nakal tiap jalanan kosong suka injek gas sampe bikin karet ban menyerah maka angka bhp besar sebenarnya tidak terlalu perlu.

yang beberapa orang sukai dari diesel adalah vibes nyetir santai walau itu hanya sebuah 2GD fortuner yang bhpnya "cuma" 149hp. early torque nya enak sekali untuk salip menyalip di perkotaan dan highway cruise tidak perlu rpm tinggi-tinggi yang akan terkesan ugal-ugalan.

utk maintenance diesel relatif lebih butuh oli banyak (displacement lebih besar, turbo juga), butuh purging dan mengganti filter solar cepat yang sebenarnya bisa diperlama kalau pakai dex. keuntungannya tidak perlu ganti busi.

reliabel selama itu berasal dari established brand spt toyota ya it can run forever. GD engine sudah teruji di neraka pertambangan kalimantan dengan solar kwalitas terburuk sekalipun.
SantaFemu boros amat om? Punya saya gen 4 aja masih bisa dapat 1:11 dalam kota. :big_biglaugh:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by quyquy »

Pertanyaan yang sangat mendasar: Seberapa sering nanti mobilnya dipakai?

Jika sering dipakai, ambil diesel commonrail. Oiya ingat jangan lupa getaran diesel itu lebih kerasa ketimbang bensin. Buat badan2 lansia cukup bikin capek.

Jika jarang dipakai ambil mobil bensin aja yg getarannya halus dan harganya jauh lebih murah.

Kalo sudah ambil diesel, kudu pake DEX. Jng pakai biosol karena ngerepoti ortu nanti.
Ngerepoti bagaimana?
Iya, pakai biosol kudu:
1. Rajin pake aditif. Maklum ya krn biosol mengandung B30. Apalagi klo jarang dipake bisa2 ngendap itu B30nya
Beli aditif pun nggak semudah kayak beli air aki yang mudah didapat.
2. Ganti oli mesinnya lebih pendek
3. Nyetok filsol, siapat tahu mampet di tengah jalan.

So gimana, the choice is yours..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

sh00t wrote: Wed Jan 27, 2021 7:51 SantaFemu boros amat om? Punya saya gen 4 aja masih bisa dapat 1:11 dalam kota. :big_biglaugh:
ya oom. transmisinya ngaruh kali ya DM 6-speed dan emang software tuningnya 6-speed di DM kurang bagus. ditambah di semarang rute rata-rata ya short trip aja.

dulu di surabaya iritan dikit 1:10 msh bisa tp itupun seringnya 1:9 juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sh00t »

ChZ wrote: Wed Jan 27, 2021 8:32
sh00t wrote: Wed Jan 27, 2021 7:51 SantaFemu boros amat om? Punya saya gen 4 aja masih bisa dapat 1:11 dalam kota. :big_biglaugh:
ya oom. transmisinya ngaruh kali ya DM 6-speed dan emang software tuningnya 6-speed di DM kurang bagus. ditambah di semarang rute rata-rata ya short trip aja.

dulu di surabaya iritan dikit 1:10 msh bisa tp itupun seringnya 1:9 juga.
Udah dibawa ke mbah bebonk belum om?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by farizfsa »

camry xv50 bagi saya untuk mobil ukuran segitu cukup hemat, cuma kalo lawannya fortuner diesel kayanya sama aja konsumsinya, kalau pake dex cost per km lebih mahal.

ga semua diesel itu irit jg sih, audi diesel saya sih seboros fortuner diesel ya, paling dalam kota cuma dapet 1:8. cuma kalo dipikir ya masi irit, karena mobil lebih besar dan berat, all wheel drive dan pake velg R22. kalau pake bmw diesel saya bisa dapet 1:13an rute dan macet yg sama.

kalo saya malah dr pilihan itu, ya alphard saja, punya driver kan dan mungkin ga akan sering nyetir sendiri.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sukerdan02 »

Irit, nyaris low maintenance, biosol, bengkel sembarang masih paham, pilihannya 2..
innova, atau panther wkwkwkkw
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by KielConstantine »

Jawaban gw ud pasti senada sama rekan2 lain disini..

Satu2nya yg bikin mobil diesel “irit” ya krn bisa nenggak biosolar.. Rp 5.150 / liter . Jaman dulu pake old pajero sport kapasitas tanki 70 liter. Skali full tank biosolar cuman kluar duit 350k. Skarang pake innova 2kd skali full tank cuman kluar Rp 200-220k (kapasitas tank 50L kynya)

Diesel2 laen yg wajib isi pertamina dex / dexlite. Apalagi sampe TTD kontrak warranty void klo isi BBM selain pertadex. Sorry to say, borosnya mirip2 mesin bensin. Skalian aja pelihara bensin lebih enak; halus; senyap; bisa high rev; suara exhaust & engine note lebih menggugah.

Jika suatu saat Biosolar dihapus, atau harga BBM diesel setingkat sama pertamax / pertabo with no other cheap varian. Spertinya ud kg ada alasan lagi bagi gw utk pelihara mobil with diesel engine.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by lemonadelovers »

KielConstantine wrote: Wed Jan 27, 2021 17:58 Jawaban gw ud pasti senada sama rekan2 lain disini..

Satu2nya yg bikin mobil diesel “irit” ya krn bisa nenggak biosolar.. Rp 5.150 / liter . Jaman dulu pake old pajero sport kapasitas tanki 70 liter. Skali full tank biosolar cuman kluar duit 350k. Skarang pake innova 2kd skali full tank cuman kluar Rp 200-220k (kapasitas tank 50L kynya)

Diesel2 laen yg wajib isi pertamina dex / dexlite. Apalagi sampe TTD kontrak warranty void klo isi BBM selain pertadex. Sorry to say, borosnya mirip2 mesin bensin. Skalian aja pelihara bensin lebih enak; halus; senyap; bisa high rev; suara exhaust & engine note lebih menggugah.

Jika suatu saat Biosolar dihapus, atau harga BBM diesel setingkat sama pertamax / pertabo with no other cheap varian. Spertinya ud kg ada alasan lagi bagi gw utk pelihara mobil with diesel engine.
Setuju nih. Utk pemakaian diesel diisi solar subsidi, mesti jaga2 jg seandainya distribusi solar subsidi dibatasi hanya untuk kendaraan niaga plat kuning. Saya terpikir ini krna lihat keputusan pemerintah hapus premium d jkt diganti dgn pertalite harga premium tp dibatasi hanya untuk motor dan mobil plat kuning
Patut dipertimbangkan klo suatu saat pemerintah tiru ini buat atur distribusi solar subsidi hanya untuk plat kuning n kendaraan niaga
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by whitehorse4 »

KielConstantine wrote: Wed Jan 27, 2021 17:58 Jawaban gw ud pasti senada sama rekan2 lain disini..

Satu2nya yg bikin mobil diesel “irit” ya krn bisa nenggak biosolar.. Rp 5.150 / liter . Jaman dulu pake old pajero sport kapasitas tanki 70 liter. Skali full tank biosolar cuman kluar duit 350k. Skarang pake innova 2kd skali full tank cuman kluar Rp 200-220k (kapasitas tank 50L kynya)

Diesel2 laen yg wajib isi pertamina dex / dexlite. Apalagi sampe TTD kontrak warranty void klo isi BBM selain pertadex. Sorry to say, borosnya mirip2 mesin bensin. Skalian aja pelihara bensin lebih enak; halus; senyap; bisa high rev; suara exhaust & engine note lebih menggugah.

Jika suatu saat Biosolar dihapus, atau harga BBM diesel setingkat sama pertamax / pertabo with no other cheap varian. Spertinya ud kg ada alasan lagi bagi gw utk pelihara mobil with diesel engine.
Well said om...
Intinya yg bikin irit ya biosolar biosolar biosolar..
:big_grin:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by gobale »

5150 lah yg bikin mobil diesel itu irit...
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by F272 »

Sebelum 2013, saya selalu pilih mobil bensin... padahal saat itu sudah banyak teman dan relasi pada pilih mobil Diesel...katanya hemat, kuat tenaga nya dan kencang...
:mky_02: :mky_02:

Entah kenapa tiba2 aja saya beli Fortuner VNTurbo di tahun 2013 dan mulai lah menggunakan mesin Diesel, saya maish ingat pertama kali itu mobil diantar oleh Dealer ke Garasi, saya langsung isi nya pake bahan bakar di SPBU TOTAL Bogor yang berlokasi di Air Mancur Jl. Sudirman.. (sekarang baru aja Tutup..spt nya bangkrut) Full Tank.. saat itu habis sekitar 400 atau 500 ribu gitu.. selanjutnya sih saya isi Bio Solar sampai dijual nya 2016 dengan odo sekitar 100.000 KM ...

Menurut saya, irit kalo kita pake Biosolar... kalo pake Dex mah sama aja.. habis nya banyak hahaha :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Wed Jan 27, 2021 17:58 Jawaban gw ud pasti senada sama rekan2 lain disini..

Satu2nya yg bikin mobil diesel “irit” ya krn bisa nenggak biosolar.. Rp 5.150 / liter . Jaman dulu pake old pajero sport kapasitas tanki 70 liter. Skali full tank biosolar cuman kluar duit 350k. Skarang pake innova 2kd skali full tank cuman kluar Rp 200-220k (kapasitas tank 50L kynya)

Diesel2 laen yg wajib isi pertamina dex / dexlite. Apalagi sampe TTD kontrak warranty void klo isi BBM selain pertadex. Sorry to say, borosnya mirip2 mesin bensin. Skalian aja pelihara bensin lebih enak; halus; senyap; bisa high rev; suara exhaust & engine note lebih menggugah.

Jika suatu saat Biosolar dihapus, atau harga BBM diesel setingkat sama pertamax / pertabo with no other cheap varian. Spertinya ud kg ada alasan lagi bagi gw utk pelihara mobil with diesel engine.
Diesel in global market sudah kehilangan peminat selain krn uprising mobil hybrid electric juga krn skandal dieselgate yang (ternyata) ga cuma VW aja, tapi juga menyeret nama seperti mercedes dan baling baling bambu keparat :big_biglaugh:

Harus gw akui walau gw gak suka EV tapi kesadaran lingkungan jg ternyata masuk consideration pembeli di EU sana. Abis skandal pada rame rame buang mobilnya krn merasa dikhianati secara moral ama VW... :big_biglaugh:

Di indonesia mana ada begitu... Skandal ya skandal aja. Penting biosolar mamennn :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by iamwewe »

balik lagi yg dicari apa sih dari kata 'irit'? 1 liter mau dapet brp liter?

kita ngmg price range aja ya. contoh unit utk perwakilan diesel kita pake anki. kenapa? karena price range gede mulai dari 350jtan tipe g sampe hampir 500jt di venturer. mesin 2gd, cukup lah ya utk perwakilan vrz. pengalaman saya pake 2gd kombinasi dapet 1:14-1:15 full ac nyala sampe row 2, 20derajat, fan 1. kalo utk allnew dakkar? sorry, cuma dapet 1:9-10 aja dengan gaya berkendara saya.

kita ngomong fuel cons ya.
di price range 350jtan tipe g diesel vs hrv 1.5cc. hrv saya dapet 1:15 juga, isi pertamax.
di price range venturer vs crv 1.5cc turbo. coba aja tanya user crv turbo, dapetnya cuma brp doang per liter.

tapi ya kalo pake diesel harus ngalah dengan getaran khas diesel yang tetap ada dan raungan mesin yang nggak seintense bensin. tapi nggak masalah, toh saya pakai mobil gk ngebut2 kok. paling top speed 120 doang. itu juga jarang.

nah utk hrv dan crv, kita sama2 tau dapetnya kualitas peredaman gimana sih? suara masuk gimana sih? built quality? hajar lobang gradak gruduk nya kaya gimana sih? ini smua saya rasa harus masuk pertimbangan logis kita juga. inget, pilih mobil itu udah kaya pilih whole package. nggak bisa pilih, nyaman, irit, durability, rv smua paling bagus. pasti ada plus minus.

kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

sh00t wrote: Wed Jan 27, 2021 9:16
Udah dibawa ke mbah bebonk belum om?
ngga remap mbah bebonk tapi sempat pasang unichip Q+ bekas pindah pindah mobil :big_biglaugh:

powernya nambah tp ya konsumsinya tetep segitu segitu aja.

dulu pertama shifting ke santi sempat ada ekspektasi konsumsi lebih irit eh ternyata ya ngga juga malah lebih boros. sblmnya pake civic FB 1.8 dalem kotaan surabaya bisa 1:10-11 dengan gampang. tp ya saya pikir terbayar dengan power lebih besar jauh (140-150 hp vs 200hp) ya let it slide aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by marama »

Kalau dari temen temen saya yg pakai diesel modern, kok lebih ke performa ya om mereka pilih diesel, irit sdh bukan yg utama lagi , beda sama era2 diesel konvensional dulu bela2in geter2 berisik ya krn mau irit operasional.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

marama wrote: Thu Jan 28, 2021 2:48 Kalau dari temen temen saya yg pakai diesel modern, kok lebih ke performa ya om mereka pilih diesel, irit sdh bukan yg utama lagi , beda sama era2 diesel konvensional dulu bela2in geter2 berisik ya krn mau irit operasional.
nah ini. klo anak muda ampe middle aged biasanya mikir disel selain solar 5150 juga bisa modip ampe kalap... terutama KD GD pajero. lihat grafik penambahan tenaganya yg bisa lebih dr 100% power standarnya udah bikin org*sm* . :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7