seberapa "irit" kah mobil diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07 balik lagi yg dicari apa sih dari kata 'irit'? 1 liter mau dapet brp liter?

kita ngmg price range aja ya. contoh unit utk perwakilan diesel kita pake anki. kenapa? karena price range gede mulai dari 350jtan tipe g sampe hampir 500jt di venturer. mesin 2gd, cukup lah ya utk perwakilan vrz. pengalaman saya pake 2gd kombinasi dapet 1:14-1:15 full ac nyala sampe row 2, 20derajat, fan 1. kalo utk allnew dakkar? sorry, cuma dapet 1:9-10 aja dengan gaya berkendara saya.

kita ngomong fuel cons ya.
di price range 350jtan tipe g diesel vs hrv 1.5cc. hrv saya dapet 1:15 juga, isi pertamax.
di price range venturer vs crv 1.5cc turbo. coba aja tanya user crv turbo, dapetnya cuma brp doang per liter.

tapi ya kalo pake diesel harus ngalah dengan getaran khas diesel yang tetap ada dan raungan mesin yang nggak seintense bensin. tapi nggak masalah, toh saya pakai mobil gk ngebut2 kok. paling top speed 120 doang. itu juga jarang.

nah utk hrv dan crv, kita sama2 tau dapetnya kualitas peredaman gimana sih? suara masuk gimana sih? built quality? hajar lobang gradak gruduk nya kaya gimana sih? ini smua saya rasa harus masuk pertimbangan logis kita juga. inget, pilih mobil itu udah kaya pilih whole package. nggak bisa pilih, nyaman, irit, durability, rv smua paling bagus. pasti ada plus minus.

kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
wkwkwk mainnya kurang jauh, sini mampir ke spin diesel, erti diesel. kalau rawatan ala beres ganti oli per 7500 km pake biosol ya ga lama jg serangan jantung :big_biglaugh:
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by thirdstar7 »

Serangan jantung gmna om?
Jd ikutan nimbrung ane wkwk.
Apa tagihan langsung jut jut gitu kah om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 3:59
iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07
kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
wkwkwk mainnya kurang jauh, sini mampir ke spin diesel, erti diesel. kalau rawatan ala beres ganti oli per 7500 km pake biosol ya ga lama jg serangan jantung :big_biglaugh:
sy pikir perlu dibedakan juga diesel nya mobil berbasis dobel kabin macem ANKI/ANF/Pajero dan mobil mobil sejenisnya dengan ertidies/spindies/captiva/BMW BMW an / hyundai... tdk semua bisa pukul rata gapapa pakai solar 5150.

enjin 2GD / 4D56 / 4N15 itu sudah dilakukan penyesuaian spek pastinya krn dasarnya adalah mobil dobel kabin yg akan dipake ke tambang dengan kondisi solar tidak menentu.

sedangkan mobil yang murni passenger diesel ya pastinya tidak akan di adjust seperti itu... makanya mereka rekom nya dex dan tidak tolerate bbm lain. uda denger beberapa cerita BMW ga sengaja diminumin 5150 lalu berakhir macem-macem dari yang "cuma" cek enjin nyala sampe harus bongkar utuh :big_biglaugh:

pernah koq di sini ada yang cerita kayaknya BMW nya harus turun mesin utuh karena mobil pakean supir ga ketauan diisi biosolar akhirnya keluar deh tagihan bengkel ajaib a la si baling baling bambu keparat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by iwansiagian »

syafimsa wrote:selamat pagi siang sore malam rekan2 dan suhu SM sekalian dan salam hormat utk para momod, saya disini mau cerita agak panjang semoga

sblmnya saya pernah buat trit "mobil pensiunan" utk ortu saya, namun pilihan dr mobil tsb dicoret semua dari list, karena pandemi, kemungkinan akan mudik ke jateng menggunakan mobil yg ada saat ini (camry xv50 dan disupirin) dan permasalahannya bootsize yg tidak terlalu besar (biasanya naek transportasi umum) sehingga model sedan sptnya akan dicoret dari list..

setelah bbrpa kali diskusi, akhirnya condong ke suv ladder frame(fortuner vrz/trd FL), karena stlh saya kasih referensi voxy dan alphard bekas 2013 2014an apabila sometimes nyetir sendiri berasa kaya supir dan gabisa menikmati kelebihan utama mpv roti tawar yaitu 2nd row nya[emoji23], tapi dikeluarga besar kami blm pernah ada yg pengalaman piara mobil diesel

yg saya tanyakan apa mobil diesel seirit itu? terutama kalo saat macet2an, karena diesel commonrail disarankan pake solar sekelas dex dkk yg harganya lumayan diatas pertamax.. ortu sih fine2 aja dngn fuelcons camry nya skrg (1:7-8 dalkot aga macet), cuma mengingat kosongnya pengalaman dgn mobil diesel maka saya bertanya[emoji23]

dan akan se "reliable" itu setidaknya 7 tahun dipake? dibandingkan merawat mesin bensin?

karena saya baca2 thread di SM banyak yg teliti ke perawatannya terutama di supply bbm nya spt rajin ganti filsol dsb, karna yg make mostly supir dan ortu, dan takutnya saya jrg ngecek2 mobil spt dulu lg dan malah bakal merepotkan ortu nantinya...

mungkin itu dulu yg saya tanyakan mengenai mobil diesel commonrail, mohon maaf apabila saya terlalu polos menanyakan ini karena bener2 "nol" pengalaman tentang diesel modern ini, semoga rekan2 bisa membantu saya, terima kasih warga SM[emoji120][emoji120][emoji120][emoji120]
Kebetulan saya pake kijang diesel AT 6 speed 2019 dan satu lagi bensin turbo 1200 cc 7 speed.
Rute saya PP 100 km/hari kombinasi tol/non tol 70/30%
Kalo lancar kijang diesel 16 km/liter.
Yang bensin turbo 1200 cc 18-19 km/liter
Kalo zen driving di tol, kijang diesel 20 km/liter, bensin turbo 1200 cc bisa 23-24 km /liter

Kalo macet parah dalam kota lebih boros bensin turbo nya bisa 8-9 km/liter, sedangkan kijang dieselnya bisa 11-12 km/liter( mungkin terbantu torsi besar diesel di rpm rendah)

Kalo dibanding kan kubikasi nya yang 2x lipat antara bensin dan diesel, ya jauh lebih efisien diesel.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by iamwewe »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 3:59
iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07 balik lagi yg dicari apa sih dari kata 'irit'? 1 liter mau dapet brp liter?

kita ngmg price range aja ya. contoh unit utk perwakilan diesel kita pake anki. kenapa? karena price range gede mulai dari 350jtan tipe g sampe hampir 500jt di venturer. mesin 2gd, cukup lah ya utk perwakilan vrz. pengalaman saya pake 2gd kombinasi dapet 1:14-1:15 full ac nyala sampe row 2, 20derajat, fan 1. kalo utk allnew dakkar? sorry, cuma dapet 1:9-10 aja dengan gaya berkendara saya.

kita ngomong fuel cons ya.
di price range 350jtan tipe g diesel vs hrv 1.5cc. hrv saya dapet 1:15 juga, isi pertamax.
di price range venturer vs crv 1.5cc turbo. coba aja tanya user crv turbo, dapetnya cuma brp doang per liter.

tapi ya kalo pake diesel harus ngalah dengan getaran khas diesel yang tetap ada dan raungan mesin yang nggak seintense bensin. tapi nggak masalah, toh saya pakai mobil gk ngebut2 kok. paling top speed 120 doang. itu juga jarang.

nah utk hrv dan crv, kita sama2 tau dapetnya kualitas peredaman gimana sih? suara masuk gimana sih? built quality? hajar lobang gradak gruduk nya kaya gimana sih? ini smua saya rasa harus masuk pertimbangan logis kita juga. inget, pilih mobil itu udah kaya pilih whole package. nggak bisa pilih, nyaman, irit, durability, rv smua paling bagus. pasti ada plus minus.

kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
wkwkwk mainnya kurang jauh, sini mampir ke spin diesel, erti diesel. kalau rawatan ala beres ganti oli per 7500 km pake biosol ya ga lama jg serangan jantung :big_biglaugh:
waduh ini mah maennya udah kejauhan. jelas2 TS udah bilang pengen ganti suv ladder fortuner, ini lagi bawa2 spin diesel erti diesel. uda dijelasin juga dari sisi saya user anki dan allnewdakkar, pake bawa2 lagi mobil gituan, ampun bang jago :big_weee: :big_biglaugh:
ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 4:13
sy pikir perlu dibedakan juga diesel nya mobil berbasis dobel kabin macem ANKI/ANF/Pajero dan mobil mobil sejenisnya dengan ertidies/spindies/captiva/BMW BMW an / hyundai... tdk semua bisa pukul rata gapapa pakai solar 5150.

enjin 2GD / 4D56 / 4N15 itu sudah dilakukan penyesuaian spek pastinya krn dasarnya adalah mobil dobel kabin yg akan dipake ke tambang dengan kondisi solar tidak menentu.

sedangkan mobil yang murni passenger diesel ya pastinya tidak akan di adjust seperti itu... makanya mereka rekom nya dex dan tidak tolerate bbm lain. uda denger beberapa cerita BMW ga sengaja diminumin 5150 lalu berakhir macem-macem dari yang "cuma" cek enjin nyala sampe harus bongkar utuh :big_biglaugh:

pernah koq di sini ada yang cerita kayaknya BMW nya harus turun mesin utuh karena mobil pakean supir ga ketauan diisi biosolar akhirnya keluar deh tagihan bengkel ajaib a la si baling baling bambu keparat
dimaklumin aja om model2 gini mah......

makanya yg dibahas sama saya juga scopenya gk jauh2 dari gnki anki dan dakkar

maklum lah, 5150 lover forever muachhh :big_love:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 4:56 Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
kalau bandingannya counterpart fortuner gasoline dan diesel ya pastinya tetap diesel om... mesin bensin fortuner gasoline khan juga tidak didesain untuk efficiency. lbh ke supaya badak aja jd power ratingnya pun tidak besar.

kalau tidak butuh 7-seats masih ada CRV CX-5 X-Trail dan Tiguan Allspace utk gasoline... anggap saja tiguan dan CRV setara krn power ratingnya juga mirip dengan 2.0 - 2.5 liter NA.

tp ya kalau harus 7 seater tetap pilihannya ya harus lari ke yang mahal macem mazda CX-8 dan 9... atau MPV roti tawar sekalian.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

thirdstar7 wrote: Thu Jan 28, 2021 4:07 Serangan jantung gmna om?
Jd ikutan nimbrung ane wkwk.
Apa tagihan langsung jut jut gitu kah om
ya gampangnya gentong, mulai dari blowby tambah banyak sampai oli muncrat2 di lubang dipstik. tp benerinnya jg sepertinya sdh murah kok.

ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 4:13
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 3:59
iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07
kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
wkwkwk mainnya kurang jauh, sini mampir ke spin diesel, erti diesel. kalau rawatan ala beres ganti oli per 7500 km pake biosol ya ga lama jg serangan jantung :big_biglaugh:
sy pikir perlu dibedakan juga diesel nya mobil berbasis dobel kabin macem ANKI/ANF/Pajero dan mobil mobil sejenisnya dengan ertidies/spindies/captiva/BMW BMW an / hyundai... tdk semua bisa pukul rata gapapa pakai solar 5150.

enjin 2GD / 4D56 / 4N15 itu sudah dilakukan penyesuaian spek pastinya krn dasarnya adalah mobil dobel kabin yg akan dipake ke tambang dengan kondisi solar tidak menentu.

sedangkan mobil yang murni passenger diesel ya pastinya tidak akan di adjust seperti itu... makanya mereka rekom nya dex dan tidak tolerate bbm lain. uda denger beberapa cerita BMW ga sengaja diminumin 5150 lalu berakhir macem-macem dari yang "cuma" cek enjin nyala sampe harus bongkar utuh :big_biglaugh:

pernah koq di sini ada yang cerita kayaknya BMW nya harus turun mesin utuh karena mobil pakean supir ga ketauan diisi biosolar akhirnya keluar deh tagihan bengkel ajaib a la si baling baling bambu keparat

iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 4:36
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 3:59
iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07 balik lagi yg dicari apa sih dari kata 'irit'? 1 liter mau dapet brp liter?

kita ngmg price range aja ya. contoh unit utk perwakilan diesel kita pake anki. kenapa? karena price range gede mulai dari 350jtan tipe g sampe hampir 500jt di venturer. mesin 2gd, cukup lah ya utk perwakilan vrz. pengalaman saya pake 2gd kombinasi dapet 1:14-1:15 full ac nyala sampe row 2, 20derajat, fan 1. kalo utk allnew dakkar? sorry, cuma dapet 1:9-10 aja dengan gaya berkendara saya.

kita ngomong fuel cons ya.
di price range 350jtan tipe g diesel vs hrv 1.5cc. hrv saya dapet 1:15 juga, isi pertamax.
di price range venturer vs crv 1.5cc turbo. coba aja tanya user crv turbo, dapetnya cuma brp doang per liter.

tapi ya kalo pake diesel harus ngalah dengan getaran khas diesel yang tetap ada dan raungan mesin yang nggak seintense bensin. tapi nggak masalah, toh saya pakai mobil gk ngebut2 kok. paling top speed 120 doang. itu juga jarang.

nah utk hrv dan crv, kita sama2 tau dapetnya kualitas peredaman gimana sih? suara masuk gimana sih? built quality? hajar lobang gradak gruduk nya kaya gimana sih? ini smua saya rasa harus masuk pertimbangan logis kita juga. inget, pilih mobil itu udah kaya pilih whole package. nggak bisa pilih, nyaman, irit, durability, rv smua paling bagus. pasti ada plus minus.

kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
wkwkwk mainnya kurang jauh, sini mampir ke spin diesel, erti diesel. kalau rawatan ala beres ganti oli per 7500 km pake biosol ya ga lama jg serangan jantung :big_biglaugh:
waduh ini mah maennya udah kejauhan. jelas2 TS udah bilang pengen ganti suv ladder fortuner, ini lagi bawa2 spin diesel erti diesel. uda dijelasin juga dari sisi saya user anki dan allnewdakkar, pake bawa2 lagi mobil gituan, ampun bang jago :big_weee: :big_biglaugh:
ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 4:13
sy pikir perlu dibedakan juga diesel nya mobil berbasis dobel kabin macem ANKI/ANF/Pajero dan mobil mobil sejenisnya dengan ertidies/spindies/captiva/BMW BMW an / hyundai... tdk semua bisa pukul rata gapapa pakai solar 5150.

enjin 2GD / 4D56 / 4N15 itu sudah dilakukan penyesuaian spek pastinya krn dasarnya adalah mobil dobel kabin yg akan dipake ke tambang dengan kondisi solar tidak menentu.

sedangkan mobil yang murni passenger diesel ya pastinya tidak akan di adjust seperti itu... makanya mereka rekom nya dex dan tidak tolerate bbm lain. uda denger beberapa cerita BMW ga sengaja diminumin 5150 lalu berakhir macem-macem dari yang "cuma" cek enjin nyala sampe harus bongkar utuh :big_biglaugh:

pernah koq di sini ada yang cerita kayaknya BMW nya harus turun mesin utuh karena mobil pakean supir ga ketauan diisi biosolar akhirnya keluar deh tagihan bengkel ajaib a la si baling baling bambu keparat
dimaklumin aja om model2 gini mah......

makanya yg dibahas sama saya juga scopenya gk jauh2 dari gnki anki dan dakkar

maklum lah, 5150 lover forever muachhh :big_love:
tenang2 saya paham, saya cuma ketrigger sama kata2 om "semua mobil diesel" ya saya hanya kasih insight saja kalau ada mobil diesel lain yg perlu kasih sayang merawatnya :big_peace:

saya bkn oneliner yg cari rusuh sana sini :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:05
ya gampangnya gentong, mulai dari blowby tambah banyak sampai oli muncrat2 di lubang dipstik. tp benerinnya jg sepertinya sdh murah kok.

tenang2 saya paham, saya cuma ketrigger sama kata2 om "semua mobil diesel" ya saya hanya kasih insight saja kalau ada mobil diesel lain yg perlu kasih sayang merawatnya :big_peace:

saya bkn oneliner yg cari rusuh sana sini :big_biglaugh:
sy kalau ingat emang sepertinya selain requirement untuk dex juga dasarnya mesin D13A di spin / ertiga terkenal kurang reliabel ya oom. so as diesel buatan VM motori lain macem captiva 2.0 juga. diperparah captiva awal yang spek bbm dan olinya kacau sekali. jaman tuh mobil muncul dex masih dikit banget. oli jg sy lupa detilnya kalo nggak salah dulu GM Indonesia speknya ga cocok dengan kondisi bbm indonesia.

ada teman saya juga waktu itu punya spin 1.3 diesel odometer baru jalan 20 ribuan sempat olinya tiba-tiba berkurang banyak hampir 1/2 kalo nggak salah. pdhl ya rutin servis ke beres.

ampe hrs adu mulut ama orang bengkel gegara diagnosisnya ngaco.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by NYoman »

Kalau saya sih jujur saja karena bawa mobil diesel dan bensin.. Tapi berdasar pengalaman yang saya miliki..

Yaris 2NR CVT Saya pakai Dalkot rata-rata 1:14km/l kalau santai tapi saya jarang bawa agresif sih kalau di kota
Untuk LuKot pengalaman perjalanan ke tol full dan berhenti hanya untuk isi bbm dan makan 1x ( panjang perjalanan 750km rumah surabaya-rumah bekasi) 1:18km/l dengan rata-rata speed 95kpj

Innova 2KD 5MT dalkot nya sekitar 1:10-11km/l dan lukot dengan rute sama dapat sekitar 1:13km/l

Innova 2TR AT dalkot 1:8.5km/l dan lukot 1:12km/l dengan rute yang sama.. seperti diatas

HiAce 1GD MT dalkot belum tau, lukot nya saya lihat kemarin dapat 1:12an dengan muatan agak penuh (8 penumpang dengan barang) bukan sy yg bawa tapi ya sy cum aliat MID nya tp rute sama :D

Mesin bensin pakai pertamax dan yg diesel menggunakan dex.. Saya belum sempat mencoba yang disel terbaru dan lebih irit "harusnya"


Sedikit kesimpulan, mobil bensin yg sekarang udah cukup irit kalau dibandingkan dengan mesin diesel untuk rute tol yg sekarang makin banyak di bangun, bisa dibilang diesel irit nya kalau beli biosolar aja :D

Sama satu lagi
Innova need 6MT definetly! Mesin ini meraung cukup tinggi di versi manual nya mau yang di 2KD dan 2GD apabila dibandingkan dengan yang AT jauh lebih anteng~ (HiAce pun lebih anteng lho mesin nya waktu speed 100kph)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 7:28
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:05
ya gampangnya gentong, mulai dari blowby tambah banyak sampai oli muncrat2 di lubang dipstik. tp benerinnya jg sepertinya sdh murah kok.

tenang2 saya paham, saya cuma ketrigger sama kata2 om "semua mobil diesel" ya saya hanya kasih insight saja kalau ada mobil diesel lain yg perlu kasih sayang merawatnya :big_peace:

saya bkn oneliner yg cari rusuh sana sini :big_biglaugh:
sy kalau ingat emang sepertinya selain requirement untuk dex juga dasarnya mesin D13A di spin / ertiga terkenal kurang reliabel ya oom. so as diesel buatan VM motori lain macem captiva 2.0 juga. diperparah captiva awal yang spek bbm dan olinya kacau sekali. jaman tuh mobil muncul dex masih dikit banget. oli jg sy lupa detilnya kalo nggak salah dulu GM Indonesia speknya ga cocok dengan kondisi bbm indonesia.

ada teman saya juga waktu itu punya spin 1.3 diesel odometer baru jalan 20 ribuan sempat olinya tiba-tiba berkurang banyak hampir 1/2 kalo nggak salah. pdhl ya rutin servis ke beres.

ampe hrs adu mulut ama orang bengkel gegara diagnosisnya ngaco.
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

iamwewe wrote: Thu Jan 28, 2021 2:07 balik lagi yg dicari apa sih dari kata 'irit'? 1 liter mau dapet brp liter?

kita ngmg price range aja ya. contoh unit utk perwakilan diesel kita pake anki. kenapa? karena price range gede mulai dari 350jtan tipe g sampe hampir 500jt di venturer. mesin 2gd, cukup lah ya utk perwakilan vrz. pengalaman saya pake 2gd kombinasi dapet 1:14-1:15 full ac nyala sampe row 2, 20derajat, fan 1. kalo utk allnew dakkar? sorry, cuma dapet 1:9-10 aja dengan gaya berkendara saya.

kita ngomong fuel cons ya.
di price range 350jtan tipe g diesel vs hrv 1.5cc. hrv saya dapet 1:15 juga, isi pertamax.
di price range venturer vs crv 1.5cc turbo. coba aja tanya user crv turbo, dapetnya cuma brp doang per liter.

tapi ya kalo pake diesel harus ngalah dengan getaran khas diesel yang tetap ada dan raungan mesin yang nggak seintense bensin. tapi nggak masalah, toh saya pakai mobil gk ngebut2 kok. paling top speed 120 doang. itu juga jarang.

nah utk hrv dan crv, kita sama2 tau dapetnya kualitas peredaman gimana sih? suara masuk gimana sih? built quality? hajar lobang gradak gruduk nya kaya gimana sih? ini smua saya rasa harus masuk pertimbangan logis kita juga. inget, pilih mobil itu udah kaya pilih whole package. nggak bisa pilih, nyaman, irit, durability, rv smua paling bagus. pasti ada plus minus.

kalo untuk value uang per liter bbmnya, jelas seperti suhu2 disini smua. 5150 nggak ada lawan. dan tenang aja, mitos2 WAJIB ISI dex, bagi saya sndiri itu nggak ada. smua mobil diesel saya dari jaman dulu sampe skrg isi solar biasa nggak ada masalah. kalo ada yg sampe turun mesin dkk, yaaa mgkn aja ada. tapi at least saya nggak pernah ngalamin itu. aman sentosa jaya, terakhir saya pake kalo gk salah 120rb apa 140rb km ya itu inova 2kd. nggak ada masalah sama sekali full 5150 tanpa aditif. skrg venturer isi apa? dakkar isi apa? ya 5150 lah ya. hahaha. venturer udh 33rb km, dakkar udh 60rban km, sering pp jakarta bali aman jaya sentosa. oh, fyi dakkar udh di remap di ACT juga.
demen dah....


pake diesel truk gak perlu lagi pikir sberapa irit....di gas.........errrr.......jossssss...zzzzzzzzz...

enyakkkkkkkk...


yang pasti isi dompet gw selalu tebal...penuh isi duit jd susah ngelipet....krn irit....


fortuner n pajero....the best....the world is mine....

klo kijang sering sangkut trotoar itu tarikan towing sama bemper...kadang serudukin trotoar parkiran...jd gak the world is mine.... :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53 kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
ahh brarti emang penyakitnya yahh si spindies ... temen saya juga curiga lah kaga ada tumpahan oli di garasi diliat mesin kering2 aja. kecurigaannya ya itu tiap serpis ga slalu diganti oli. mobilnya taun 2013 jd kayaknya masih ikut jadwal yang 15.000 sekali ganti oli.

saya ga tau mgkn apakah krn yang sama terjadi di ertidies makanya tidak dilanjutin lagi penjualan ertidies di sini... blom pernah denger sih dari user ertidies, barangkali krn saking dikitnya unitnya :ungg:

nahh bner ini disel cc kecil gini iritnya gila ane dl pake ngider2 seharian pake ertidies unit test nyetir sruntulan bejeg2 MID ga pernah kurang dari 1:13 :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53
ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 7:28
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:05
ya gampangnya gentong, mulai dari blowby tambah banyak sampai oli muncrat2 di lubang dipstik. tp benerinnya jg sepertinya sdh murah kok.

tenang2 saya paham, saya cuma ketrigger sama kata2 om "semua mobil diesel" ya saya hanya kasih insight saja kalau ada mobil diesel lain yg perlu kasih sayang merawatnya :big_peace:

saya bkn oneliner yg cari rusuh sana sini :big_biglaugh:
sy kalau ingat emang sepertinya selain requirement untuk dex juga dasarnya mesin D13A di spin / ertiga terkenal kurang reliabel ya oom. so as diesel buatan VM motori lain macem captiva 2.0 juga. diperparah captiva awal yang spek bbm dan olinya kacau sekali. jaman tuh mobil muncul dex masih dikit banget. oli jg sy lupa detilnya kalo nggak salah dulu GM Indonesia speknya ga cocok dengan kondisi bbm indonesia.

ada teman saya juga waktu itu punya spin 1.3 diesel odometer baru jalan 20 ribuan sempat olinya tiba-tiba berkurang banyak hampir 1/2 kalo nggak salah. pdhl ya rutin servis ke beres.

ampe hrs adu mulut ama orang bengkel gegara diagnosisnya ngaco.
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
jangan lupa,...kalau ada kasus GENTONG , segeralah ke PRM bengkel di Jalan Raya Puspitek Serpong,,hubungi Ki Gentong PAMUNGKAS alias oom Hikmat Ginanjar..
dia udah khatam urusan Gentong gentongan….
simak di Proleevo channel aja diskusinya, kenapa sampai gentong, lalu brp jeti biayanya…

#bukan-promosi
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 8:02
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53 kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
ahh brarti emang penyakitnya yahh si spindies ... temen saya juga curiga lah kaga ada tumpahan oli di garasi diliat mesin kering2 aja. kecurigaannya ya itu tiap serpis ga slalu diganti oli. mobilnya taun 2013 jd kayaknya masih ikut jadwal yang 15.000 sekali ganti oli.

saya ga tau mgkn apakah krn yang sama terjadi di ertidies makanya tidak dilanjutin lagi penjualan ertidies di sini... blom pernah denger sih dari user ertidies, barangkali krn saking dikitnya unitnya :ungg:

nahh bner ini disel cc kecil gini iritnya gila ane dl pake ngider2 seharian pake ertidies unit test nyetir sruntulan bejeg2 MID ga pernah kurang dari 1:13 :big_biglaugh:
yg ANE harusnya udah mesin baru 1.5 diesel deh, di India dieselnya sulfur 50 ppm yah? kyknya kok anteng2 banget pake mesin2 begituan

kalo udah diganti boring baja + timing chain gedean dikit, wah no debat deh bisa buat gantiin L300 itu si defesek superkap :big_exellent: dijamin cuan cuan :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 8:12 yg ANE harusnya udah mesin baru 1.5 diesel deh, di India dieselnya sulfur 50 ppm yah? kyknya kok anteng2 banget pake mesin2 begituan

kalo udah diganti boring baja + timing chain gedean dikit, wah no debat deh bisa buat gantiin L300 itu si defesek superkap :big_exellent: dijamin cuan cuan :big_okay:
nahh iya diem diem bbm solar di india rasanya udah jauh lbh bagus... small disel engine populer loh di sana. klo liat rakitnya di sana brarti infrastrukturnya juga udah mendukung dan high demand...

berarti wiki ngaco yah ini masa dibilang tetep pake 1.3 liter... saya kroscek ke yang lain bilang 1.5 soalnya
https://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_Er ... (NC;_2018)

https://www.carwale.com/marutisuzuki-ca ... i15diesel/

ahh ya saya koq baru nyadar itu enjin 1.3 di superkeb punya si VM Motori juga.

L300 malah saya punya 2 biji yang current model ini diem diem radiator dikecilin jd malah lumayan tidak reliabel... yg seekor udah benerin radiator ada 2x... blom accunya gampang koit... kali kali jg penyebabnya tuh mesin panas pendinginan ga optimal panasnya bikin accu ga awet :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by NYoman »

Kalau ga salah India udah dulu nerapin BS IV atau setara Euro4 sejak 2010 dan harus jadi standar nasional tahun 2016-17.. Kyknya itu juga yg bikin mereka bikin low sulfur bbm dan sudah mulai menjalankan BS VI (Euro6) sejak 2017-2018 an dan harus jadi standard di 2020 ini..

Ngomong2 indo udah masuk EURO4 ndak sih bbm nya :D
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 8:26
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 8:12 yg ANE harusnya udah mesin baru 1.5 diesel deh, di India dieselnya sulfur 50 ppm yah? kyknya kok anteng2 banget pake mesin2 begituan

kalo udah diganti boring baja + timing chain gedean dikit, wah no debat deh bisa buat gantiin L300 itu si defesek superkap :big_exellent: dijamin cuan cuan :big_okay:
nahh iya diem diem bbm solar di india rasanya udah jauh lbh bagus... small disel engine populer loh di sana. klo liat rakitnya di sana brarti infrastrukturnya juga udah mendukung dan high demand...

berarti wiki ngaco yah ini masa dibilang tetep pake 1.3 liter... saya kroscek ke yang lain bilang 1.5 soalnya
https://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_Er ... (NC;_2018)

https://www.carwale.com/marutisuzuki-ca ... i15diesel/

ahh ya saya koq baru nyadar itu enjin 1.3 di superkeb punya si VM Motori juga.

L300 malah saya punya 2 biji yang current model ini diem diem radiator dikecilin jd malah lumayan tidak reliabel... yg seekor udah benerin radiator ada 2x... blom accunya gampang koit... kali kali jg penyebabnya tuh mesin panas pendinginan ga optimal panasnya bikin accu ga awet :big_bored:
pernah baca si engine 1.3 ini macem jual desain sana sini, material mau pake apa tergantung si yg request mau minta harga berapa, mgkn itu salah satu kenapa JTD yg dijual disini gampang ngegentong ya, a.k.a. cost down.

nah makanya, nehi2 doyan small displacement diesel engine ya karena udah mumpuni solarnya. 2020 setau saya BS6 (setara euro6?) emission sudah diterapkan secara nationwide, disini mah selama 5150 masi ada ya kayaknya gitu2 aja. entah yg di Jakarta ngewajibin uji regulasi tapi solarnya ga mengikuti yg diminta aturan ini gimana ceritanya :big_childish:

bener2 yah si elsape, mentang2 udah dikenal bandel udah solusi jitu buat "confirmation bias" para pelanggannya, padahal kenyataannya ga sebandel itu :mky_01:

btw radiator jebol emg knp om mod? jedingers kah?

accu dibeliin cover yg model aluminium sama busa ga ngaruh om mod? sapa tau rambat panas mesinnya bisa berkurang
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sesame »

ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 8:04
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53
ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 7:28

sy kalau ingat emang sepertinya selain requirement untuk dex juga dasarnya mesin D13A di spin / ertiga terkenal kurang reliabel ya oom. so as diesel buatan VM motori lain macem captiva 2.0 juga. diperparah captiva awal yang spek bbm dan olinya kacau sekali. jaman tuh mobil muncul dex masih dikit banget. oli jg sy lupa detilnya kalo nggak salah dulu GM Indonesia speknya ga cocok dengan kondisi bbm indonesia.

ada teman saya juga waktu itu punya spin 1.3 diesel odometer baru jalan 20 ribuan sempat olinya tiba-tiba berkurang banyak hampir 1/2 kalo nggak salah. pdhl ya rutin servis ke beres.

ampe hrs adu mulut ama orang bengkel gegara diagnosisnya ngaco.
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
jangan lupa,...kalau ada kasus GENTONG , segeralah ke PRM bengkel di Jalan Raya Puspitek Serpong,,hubungi Ki Gentong PAMUNGKAS alias oom Hikmat Ginanjar..
dia udah khatam urusan Gentong gentongan….
simak di Proleevo channel aja diskusinya, kenapa sampai gentong, lalu brp jeti biayanya…

#bukan-promosi
kemarin Spin kena juga, mesin suka tiba2 ilang tenaga.. Dibawa ke PRM, analisanya rusak Fuel Injector Pump (Bosch Pump), disarankan tuker tambah baru kena 5 jutaan.. ga percaya,kl rusak Fuel Injector Pump, mestinya mesin mati ato ilang tenaga terus.. bawa ke Beres di Bintaro, ternyata problemnya cuma di rumah filter solarnya, beli di toped, pasang di Beres.. untung ga jadi di PRM.. kelar kagak, dompet kempes :weekk:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by gobale »

diesel chevy ? good modern diesel with wrong SOP salah GM nya...ngejar TCO irit alhasil manual servicepun bersalahan....oli terlalu maksa makai dexos2 demi ego itu bule2, ga jelas ngelarang atau ngebolehin biosol, harusnya pasti tahu konsumen mostly bakal ngisi biosol, interval service diperpendek,SOP diubah, ga ada SOP bersihin injector....diesel yurop tapi mau disamain SOP service dengan diesel truk, blom lagi harga part dihajar mahal...

baru2 ini aja pemilik chevy merdeka harga parts, setelah GM out malah partsnya bejibun, harga turun jauh, KW pada banjir...
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

sesame wrote: Thu Jan 28, 2021 8:41
ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 8:04
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
jangan lupa,...kalau ada kasus GENTONG , segeralah ke PRM bengkel di Jalan Raya Puspitek Serpong,,hubungi Ki Gentong PAMUNGKAS alias oom Hikmat Ginanjar..
dia udah khatam urusan Gentong gentongan….
simak di Proleevo channel aja diskusinya, kenapa sampai gentong, lalu brp jeti biayanya…

#bukan-promosi
kemarin Spin kena juga, mesin suka tiba2 ilang tenaga.. Dibawa ke PRM, analisanya rusak Fuel Injector Pump (Bosch Pump), disarankan tuker tambah baru kena 5 jutaan.. ga percaya,kl rusak Fuel Injector Pump, mestinya mesin mati ato ilang tenaga terus.. bawa ke Beres di Bintaro, ternyata problemnya cuma di rumah filter solarnya, beli di toped, pasang di Beres.. untung ga jadi di PRM.. kelar kagak, dompet kempes :weekk:
ini pasti error 89 yg misterius itu :big_biglaugh:
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

gobale wrote: Thu Jan 28, 2021 8:51 diesel chevy ? good modern diesel with wrong SOP salah GM nya...ngejar TCO irit alhasil manual servicepun bersalahan....oli terlalu maksa makai dexos2 demi ego itu bule2, ga jelas ngelarang atau ngebolehin biosol, harusnya pasti tahu konsumen mostly bakal ngisi biosol, interval service diperpendek,SOP diubah, ga ada SOP bersihin injector....diesel yurop tapi mau disamain SOP service dengan diesel truk, blom lagi harga part dihajar mahal...

baru2 ini aja pemilik chevy merdeka harga parts, setelah GM out malah partsnya bejibun, harga turun jauh, KW pada banjir...
ga diriset kali mbah cuma pokok jual aja :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ChZ »

albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 8:38 pernah baca si engine 1.3 ini macem jual desain sana sini, material mau pake apa tergantung si yg request mau minta harga berapa, mgkn itu salah satu kenapa JTD yg dijual disini gampang ngegentong ya, a.k.a. cost down.

nah makanya, nehi2 doyan small displacement diesel engine ya karena udah mumpuni solarnya. 2020 setau saya BS6 (setara euro6?) emission sudah diterapkan secara nationwide, disini mah selama 5150 masi ada ya kayaknya gitu2 aja. entah yg di Jakarta ngewajibin uji regulasi tapi solarnya ga mengikuti yg diminta aturan ini gimana ceritanya :big_childish:

bener2 yah si elsape, mentang2 udah dikenal bandel udah solusi jitu buat "confirmation bias" para pelanggannya, padahal kenyataannya ga sebandel itu :mky_01:

btw radiator jebol emg knp om mod? jedingers kah?

accu dibeliin cover yg model aluminium sama busa ga ngaruh om mod? sapa tau rambat panas mesinnya bisa berkurang
Si nehi nehi mahh gila jg yah diem2 ga kliatan tp lebih maju drpd kita. Kalah kita yang suka ngetawain bollywood :big_weee:

Nah itulah pertimbangan beli elsape jg confirmation bias ni mobil badak... Eee kok malah :big_childish:

Dua kali yang pertama ini faktor human error supir bongkar di proyek kena kait ga kliatan... ntu pipa radiatornya pecah. Yg kampret ntu part cari di mitsu ga ada. Cari copotan beda design ama L300 lama hrs beli se radiatornya. Yowes waktu itu kayaknya dibeliin copotan ini.

Yg kedua tiba tiba upper tanknya bocor tanpa sebab pas lg ngirim :big_bored:

Hmmm bisa juga ya ntar d kalo koit lagi baru pasang thx infonya om :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Jan 28, 2021 7:28
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:05
ya gampangnya gentong, mulai dari blowby tambah banyak sampai oli muncrat2 di lubang dipstik. tp benerinnya jg sepertinya sdh murah kok.

tenang2 saya paham, saya cuma ketrigger sama kata2 om "semua mobil diesel" ya saya hanya kasih insight saja kalau ada mobil diesel lain yg perlu kasih sayang merawatnya :big_peace:

saya bkn oneliner yg cari rusuh sana sini :big_biglaugh:
sy kalau ingat emang sepertinya selain requirement untuk dex juga dasarnya mesin D13A di spin / ertiga terkenal kurang reliabel ya oom. so as diesel buatan VM motori lain macem captiva 2.0 juga. diperparah captiva awal yang spek bbm dan olinya kacau sekali. jaman tuh mobil muncul dex masih dikit banget. oli jg sy lupa detilnya kalo nggak salah dulu GM Indonesia speknya ga cocok dengan kondisi bbm indonesia.

ada teman saya juga waktu itu punya spin 1.3 diesel odometer baru jalan 20 ribuan sempat olinya tiba-tiba berkurang banyak hampir 1/2 kalo nggak salah. pdhl ya rutin servis ke beres.

ampe hrs adu mulut ama orang bengkel gegara diagnosisnya ngaco.
Itu spin diesel yg pernah jd salah satu armada taksi di jogja, kondisinya udah mengenaskan banget. Suara mesinnya ngga lebih halus drpd mesin selep padi
:mky_01:

Mesin jg berasa brebet2 pas naik itu mobil, untung AC nya masih dingin
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

sesame wrote: Thu Jan 28, 2021 8:41
ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 8:04
albertusac wrote: Thu Jan 28, 2021 7:53
kebetulan saya udah lepas unitnya,
cuma bisa gedeg aja sama gmi yg set interval di 15.000 km di awal2 penjualannya, ga lama 3-4 th mulai dah banyak yg soak distater ga bisa ternyata udah abis olinya, kena metal2nya :big_biglaugh: untung di 2015-16 udah dikasih service bulletin di 7500, itupun masi terlalu panjang kata saya

katanya si pake lining coating Al-Si (cmiiw, di ANKI reborn jg kaga sih? tp mgkn gara2 karternya macem perut onta, minum olinya lahap banget jadi ga terlalu signifiman), ga pake boring2an, jadi kena asem si biosol sadis, si oli jg rekomen dexos 2 low saps, kombinasi yg mantep buat ngegerus silindernya. blm lagi timing chain yg ga lebih lebar dari rantai sepeda ontel :big_biglaugh:

satu tali dua uang deh sama captiva, untung mobilnya irit :big_exellent:
jangan lupa,...kalau ada kasus GENTONG , segeralah ke PRM bengkel di Jalan Raya Puspitek Serpong,,hubungi Ki Gentong PAMUNGKAS alias oom Hikmat Ginanjar..
dia udah khatam urusan Gentong gentongan….
simak di Proleevo channel aja diskusinya, kenapa sampai gentong, lalu brp jeti biayanya…

#bukan-promosi
kemarin Spin kena juga, mesin suka tiba2 ilang tenaga.. Dibawa ke PRM, analisanya rusak Fuel Injector Pump (Bosch Pump), disarankan tuker tambah baru kena 5 jutaan.. ga percaya,kl rusak Fuel Injector Pump, mestinya mesin mati ato ilang tenaga terus.. bawa ke Beres di Bintaro, ternyata problemnya cuma di rumah filter solarnya, beli di toped, pasang di Beres.. untung ga jadi di PRM.. kelar kagak, dompet kempes :weekk:
waduhh, gawat nih kalau salah diagnose..untung akhirnya gak jadi ganti..bisa kelelep uang 5 jeti..