ini yg ada dipikiran saya juga pas ada wacana pengurangan pajak mobil baru
[NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3938
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Dari faktor pengalinya aja udah keliatan om yg mana yg paling banyak populasi kendaraannyaAndaru wrote: βThu Jan 28, 2021 12:11 Tapi kira2 jika ditotal banyak mana ya
99/1000 tapi jumlah penduduk keseluruhannya 270jt
Sedangkan Malaysia 490/1000 tapi jumlah penduduknya 32jt
Atau Thailand 240/1000 & jumlah penduduknya 77jt, terlepas hal memang produksi di Thailand lebih banyak karna mungkin untuk kebutuhan ekspor juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 809
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Yg ane pikirin:
- sebagian org yg punya mobil emang punya mobil lebih dr 1. Jadi klo dianggap jumlah kendaraan terdaftar dibagi jumlah penduduk ya mgkn dpt angka itu. Tapi klo dihitungbdr jumlah org yg punya mobil terhadap total penduduk mgkn lbh kecil lagi angkanya
- kenapa dihitung dgn rasio jumlah mobil terhadap penduduk? Kenapa bukan jumlah mobil terhadap jumlah keluarga, karena bisa jd 1 keluarga udah ada mobil n merasa ga perlu nambah lagi
- dgn kondisi angka itu aja rasanya kemacetan n kesemrawutan mobil di jalan berasa bgt, blm lagi ketersediaan lahan parkir, menyedihkan
- gmn komparasinya dgn singapore? Kan disana mobil mahal bgt tuh. Penasaran jg sih negara lain kyk filipin, vietnam, dsb
- sebagian org yg punya mobil emang punya mobil lebih dr 1. Jadi klo dianggap jumlah kendaraan terdaftar dibagi jumlah penduduk ya mgkn dpt angka itu. Tapi klo dihitungbdr jumlah org yg punya mobil terhadap total penduduk mgkn lbh kecil lagi angkanya
- kenapa dihitung dgn rasio jumlah mobil terhadap penduduk? Kenapa bukan jumlah mobil terhadap jumlah keluarga, karena bisa jd 1 keluarga udah ada mobil n merasa ga perlu nambah lagi
- dgn kondisi angka itu aja rasanya kemacetan n kesemrawutan mobil di jalan berasa bgt, blm lagi ketersediaan lahan parkir, menyedihkan
- gmn komparasinya dgn singapore? Kan disana mobil mahal bgt tuh. Penasaran jg sih negara lain kyk filipin, vietnam, dsb
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Apr 08, 2020 0:37
- Location: Jember
- Daily Vehicle: Honda Scoopy
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Maka dari itu om menurut saya seharusnya Indonesia masih jadi pertimbangan untuk investasi industri otomotif karna meskipun rasionya kecil tapi jumlah keseluruhannya besar
Last edited by Andaru on Thu Jan 28, 2021 13:56, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
gimana ya om, ngmg jelek aja deh ga tau faktanya gimana, di Indo masih buanyak banget rumah yg scr lebar jalannya ga muat dimasukin mobil, dalam artian infrastruktur ga mendukung, mau gimana pake mobil coba meskipun harganya masuk di kantong mereka?pradit_d wrote: βThu Jan 28, 2021 13:36 Yg ane pikirin:
- sebagian org yg punya mobil emang punya mobil lebih dr 1. Jadi klo dianggap jumlah kendaraan terdaftar dibagi jumlah penduduk ya mgkn dpt angka itu. Tapi klo dihitungbdr jumlah org yg punya mobil terhadap total penduduk mgkn lbh kecil lagi angkanya
- kenapa dihitung dgn rasio jumlah mobil terhadap penduduk? Kenapa bukan jumlah mobil terhadap jumlah keluarga, karena bisa jd 1 keluarga udah ada mobil n merasa ga perlu nambah lagi
- dgn kondisi angka itu aja rasanya kemacetan n kesemrawutan mobil di jalan berasa bgt, blm lagi ketersediaan lahan parkir, menyedihkan
- gmn komparasinya dgn singapore? Kan disana mobil mahal bgt tuh. Penasaran jg sih negara lain kyk filipin, vietnam, dsb
ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
nah ini keywordnya... per capita.albertusac wrote: βThu Jan 28, 2021 13:47 ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
kalo ngomongin mobil (=harta) ya korelasikan aja dengan pendapatan (income per capita) yang "cuma segitunya". meski masi potensial, jangan terlalu ngarep ngorek cuan dari market indo lah. apalagi pabrikan lokal kebanyakan bikin mobil jelata yang rasanya mirip2. yang punya duit males lah mau nambah. yang ga punya duit ya mending motoran ato taxol daripada ngeridit. apalagi covid gini, gak ada yang butuh mobil buat gegayaan dateng kawinan.
mending kasi fasilitas/policy apa kek buat mancing pabrikan bikin mobil berkualitas, ato paling bener ya kasi insentif pabrik mobil listrik, biar makin mudah garap filipin n aussie yg incomenya lumayan tapi bukan negara produsen.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
data kaya gini kan namanya saja data. gaikindo ya "pedege" ya berhak si klaim kaya gitu. sama ya yg jualan kopi, org indo itu kurang ngopi padahal banyak produksi kopi, masa kalah dari swedia yang nomor satu dunia per kapital. padahal bisa jadi org sono doyan ngopi karena bosen ngebir buat bikin badan anget.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
OOT dan lagi iseng..
iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..
kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)
ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..
Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih..
Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);
Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..
kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)
ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..
Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih..
Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);
Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1568
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Pajak yg berbenturan dgn vehicles per capita : pajak progresif 1 KK yg kerja 2 org suami istri butuh mobil 2 krna arah jalannya beda kena pajak lebih mahal, ini pajak atas objek atau atas subyek?
Klo atas objek knp mobil jenis sama tp mobil kedua pajaknya beda, tp klo atas subyek knp atas mobil sama nama pemiliknya beda pajaknya beda
Klo alasannya mengurangi macet, ga pernah ada kajian pasca aturan pajak progresif
Akhirnya sampe sekarang saya msh belum nemu filosofisnya..
Klo atas objek knp mobil jenis sama tp mobil kedua pajaknya beda, tp klo atas subyek knp atas mobil sama nama pemiliknya beda pajaknya beda
Klo alasannya mengurangi macet, ga pernah ada kajian pasca aturan pajak progresif
Akhirnya sampe sekarang saya msh belum nemu filosofisnya..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
apalagi kalo liat data gaikindo, wholesales 2020, walau ga tau real retail salesnya gimana, ngeliat data penjualan cuma <400.000 unit itu kadang2 wajar ngeliat ATPM sunat sini sunat sana, kalo ngeliat US (ya gak apple to apple emg), penjualan keseluruhan atpm di Indo aja ga sampe penjualannya Ford F series, blm mobil2 yg lainracho wrote: βThu Jan 28, 2021 14:44nah ini keywordnya... per capita.albertusac wrote: βThu Jan 28, 2021 13:47 ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
kalo ngomongin mobil (=harta) ya korelasikan aja dengan pendapatan (income per capita) yang "cuma segitunya". meski masi potensial, jangan terlalu ngarep ngorek cuan dari market indo lah. apalagi pabrikan lokal kebanyakan bikin mobil jelata yang rasanya mirip2. yang punya duit males lah mau nambah. yang ga punya duit ya mending motoran ato taxol daripada ngeridit. apalagi covid gini, gak ada yang butuh mobil buat gegayaan dateng kawinan.
mending kasi fasilitas/policy apa kek buat mancing pabrikan bikin mobil berkualitas, ato paling bener ya kasi insentif pabrik mobil listrik, biar makin mudah garap filipin n aussie yg incomenya lumayan tapi bukan negara produsen.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
setuju om. sistem pajak kita emg harus direform biar lebih adil dan merata (orang2nya jg perlu direform biar gak dikorup mulu buat proyekan). kalo sy liat ya, orang2 yang dekat dengan pemangku kebijakan itu bisa dengan gampang ngemplang pajak. ane punya denger pol*s* kalo punya kendaraan gak pernah bayar pajak tapi stnk n plat nomor bisa idup terus. apalagi perusahaan2 tuh, banyak jg kan yg sebenere pada manipulasi lapkeu buat ngemplang pajakChZ wrote: βThu Jan 28, 2021 8:37
saya setuju klo buat mitigasi hal ini kita butuh relaksasi pajak... tapi buat semua sektor industri... di sini apa-apa pajak aturannya serba membingungkan. orang pengusaha kerja jujur yah lebih pusing ngurusin pajaknya drpd ngitungin cuan penghasilan.
yang ngga perlu dipajakin malah dipajakin, yang perlu dipajakin malah dibiarin
wang pajaknya kemana? mboh, dudu urusanmu. pokoknya ya kewajiban elu harus bayar.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
kalau sy sekarang lihatnya korupsi itu bukan krn orangnya. tp ya memang sistemik aja... yang lucunya selalu "celah" nya selalu terbuka lebar.MaddMaxx wrote: βFri Jan 29, 2021 0:52
setuju om. sistem pajak kita emg harus direform biar lebih adil dan merata (orang2nya jg perlu direform biar gak dikorup mulu buat proyekan). kalo sy liat ya, orang2 yang dekat dengan pemangku kebijakan itu bisa dengan gampang ngemplang pajak. ane punya denger pol*s* kalo punya kendaraan gak pernah bayar pajak tapi stnk n plat nomor bisa idup terus. apalagi perusahaan2 tuh, banyak jg kan yg sebenere pada manipulasi lapkeu buat ngemplang pajak
yah ngga ada habisnya bahas korup di negeri kita tercinta ini. mau diterjang arusnya terlalu deras.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 287
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...
Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.
Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.
Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.
Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.
Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
ya itu pertanyaan yang sama : duidnya kemane aje ? kesenjangan masih tinggi, fasilitas publik hanya bangun baru terus tapi tidak dirawat berkala, ngaspal jalan yang diaspal jalan mulus gak kenapa-napa sementara jalan yang bolong-bolong dibiarin...roadmap wrote: βFri Jan 29, 2021 2:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...
Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.
Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.
Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
kalo gak bayar pajak kendaraan aja ngejernya ke ujung bumi niat banget...
bener, setiap ada pejabat korup ketangkep selalu koq bawa-bawa nama di sekitarnya yang diduga dapet jatah juga... artinya ya memang lagi apes aja makanya kena ciduk. doi ngga terima dong, yang ditangkep kok saya doank, tuh temen temen saya juga ngelakuin periksa dong
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Klo ingat ini ingat sepupu, gara2 kantor dia nanganin suatu kasus korupsi, yang ujung2nya aliran uang merembet dan kena ke salah satu pejabat publik yang jadi media darling dan sumber liputan di Indonesia (dari parpol paling besar). Laporan dan Berita Acara Pemeriksaan akhirnya dibatalkan, eh masih kurang lagi dia dan tim beserta tim penyelidik dan penyidik semua kena mutasi ke propinsi ujung di Indonesia Timur. Mereka bukan cuman kebal hukum, tapi bisa menghukum juga, klo diusik atau tidak sengaja terusik...roadmap wrote: βFri Jan 29, 2021 2:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...
Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.
Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.
Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
ChZ wrote: βThu Jan 28, 2021 8:14mobil bahkan di bbrp negara itu bkn barang mewah. sesuatu yang everyone can afford. ditambah makin mudah dengan sistem lease.bensinsolar wrote: βThu Jan 28, 2021 8:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 18jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
kelas "buruh" di amrik atau oz mungkin bawaannya mobil yang menurut kita "mewah" di sini, camry misalnya
chevrolet corvette aja dibilang blue collar (= buruh) hero... lah bused blue collar aja naiknya sebangsa corvette. di sini mandor aja blom tentu pake motor nopekgo sese...
Ya begitulah. Homestay saya waktu SMA punya Nissan Patrol, kalo ketinggalan bus saya numpang mobil dia ke sekolah. Dia tanya, kalau di jkt (ortu) nyetir apa? Nissan Terrano. Dia mkgn bingung koq yg bayar saya mobilnya lebih jelek
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Kalau tinggal daerah suburb, mobilnya taro pinggir jalan dengan tulisan for sale: $500-800albertusac wrote: βThu Jan 28, 2021 8:16soak dikit jadi besi tua kali yah? daripada ngebenerin murahan beli baru kalibensinsolar wrote: βThu Jan 28, 2021 8:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
mantap2bensinsolar wrote: βFri Jan 29, 2021 3:28Kalau tinggal daerah suburb, mobilnya taro pinggir jalan dengan tulisan for sale: $500-800albertusac wrote: βThu Jan 28, 2021 8:16soak dikit jadi besi tua kali yah? daripada ngebenerin murahan beli baru kalibensinsolar wrote: βThu Jan 28, 2021 8:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
pantesan di luar banyak yg eksperimen sama sekali ga berperikemobilan, jalan 100 dimasukin R paksa lah, jalan 100 dimasukin gigi 1, dst dst
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3938
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Yup ane agaknya setuju KKN itu pelumas pembangunan..roadmap wrote: βFri Jan 29, 2021 2:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...
Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.
Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.
Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
Tp disini itu terlalu over..
Ane tau sendiri lah itu, kebetulan ane berkecimpung di dunia auditing. Kebetulan jg ane pernah terlibat audit umum PT yg bangun tol trans sumatera ngeri
Tol jorr juga ane tau ceritanya sewaktu hak konsesi pemegang sblmnya habis..krn ane pernah terlibat audit umum disitu
Bahkan ane dpt info dari mantan auditor pemerintah (karena nggk kuat akhirnya beliau milih dipecat dgn tidak hormat ). Infonya yg ane dpt itu sebenernya biaya untuk bangun sebuah proyek infrastruktur, katakanlah jalan tol, itu hanya sekitar 25% dari ARB yg udah di set. Ngeri nggk tuh Selisih sebanyak itu kmn?
Belum lagi cerita dari rekan, yg ketua tim-nya mencium bangke ketika ngaudit sektor pemerintahan. Endingnya? ybs ditemukan tewas bersimbah darah di kmr hotel. Ngeriii bet
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
ini sih, jangan sampe anak cucu kita masa depannya surem karena mismanagement yg ditinggalkan kita-kita ini generasi sebelumnyafl4b1e wrote: βThu Jan 28, 2021 17:01 OOT dan lagi iseng..
iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..
kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)
ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..
Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih..
Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);
Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
jadi ingat dulu om NR pernah bilang kalau market indo ga pernah dianggap penting.fl4b1e wrote: βThu Jan 28, 2021 17:01
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
skrg ada statistik ini makin menjelaskan apa maksud om NR...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
fyi om memang sepertinya korup itu budaya mayoritas dunia. korsel keliatannya sama merahnya kaya indo, tapi entah kenapa korsel leading di segala hal (kecuali jumlah penduduk) dibanding indo walopun merdekanya cuma beda 2 hari sama indo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Couldn't agree anymore yg saya bold Om..fl4b1e wrote: βThu Jan 28, 2021 17:01 OOT dan lagi iseng..
iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..
kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)
ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..
Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih..
Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);
Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
OOT: Ada saudara saya, anaknya udh 1 thn lebih tapi blm bisa jalan & kecil bgt. lebih kecil dari anak saya yg wkt itu 8 bulan.
Saya langsung mikir, pemenuhan nutrisi anak di Indonesia itu sangat buruk, 1 dari 3 anak stunting.
Kalau udh stunting, nanti larinya kemampuan otaknya gak sebagus anak yg cukup nutrisi.
Kalau kemampuan otaknya gak bagus, sekolahnya gak bagus..
kalau sekolahnya gak bagus, nanti waktu dewasa bisa jadi kemampuan untuk kerja/usaha juga gak bagus.
ujung2nya malah ke jurang kemiskinan. Sedih juga kalau dipikir2, masa depan bangsa itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 635
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
saya punya bbrp pegawai yang kerja dengan sistem upah borongan.FR6 wrote: βMon Feb 01, 2021 12:12 Couldn't agree anymore yg saya bold Om..
OOT: Ada saudara saya, anaknya udh 1 thn lebih tapi blm bisa jalan & kecil bgt. lebih kecil dari anak saya yg wkt itu 8 bulan.
Saya langsung mikir, pemenuhan nutrisi anak di Indonesia itu sangat buruk, 1 dari 3 anak stunting.
Kalau udh stunting, nanti larinya kemampuan otaknya gak sebagus anak yg cukup nutrisi.
Kalau kemampuan otaknya gak bagus, sekolahnya gak bagus..
kalau sekolahnya gak bagus, nanti waktu dewasa bisa jadi kemampuan untuk kerja/usaha juga gak bagus.
ujung2nya malah ke jurang kemiskinan. Sedih juga kalau dipikir2, masa depan bangsa itu
penghasilan rata2 mereka tiap minggu sktr 600-750rb.
mereka lebih suka beli rokok dan kopi instan supermanis daripada makan siang.
andaipun beli makan siang, itupun hanya mie instan dan nasi sepiring, kadang ditambah lauk tahu/tempe.
saya pernah tanya teman, mereka pun cerita pegawainya juga seperti begitu gaya hidupnya.
sekarang gimana mau ngomongin masa depan bangsa ini, kalau life style nya saja seperti begitu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
seharusnya pakai rasio panjang jalan vs jumlah kendaraan