seberapa "irit" kah mobil diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by F272 »

ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 4:56 Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
Selamat ya om atas mobil baru nya... Fortuner Diesel..

Pasti Road Trip nya makin semangat .. :big_exellent: :big_grin: :big_biglaugh: :mky_02:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

iamwewe wrote: Fri Jan 29, 2021 4:33

my favorite :big_exellent:

sama percis sy nggak pernah purging seumur pake diesel... bedanya saya juga gak pernah ganti filter solar dari awal beli mobil sampe dijual walo isi solar goceng :big_love: :big_love:
:big_chicken: ...

sbenarnya kepengen jg ganti filter sampe nyala indikator...sberapa jauh sih...

cuma ngejar performa n harganya murah gak sampe goban ya ganti ajalah... :big_biglaugh:

biar jangan menghambat nikmatnya torsi diesel...di gas eerrr....jossssss....beuhhhhh ngennncessss.....


HaykelAdityawarman wrote: Fri Jan 29, 2021 4:44
kompresorz wrote: Fri Jan 29, 2021 3:12
HaykelAdityawarman wrote: Fri Jan 29, 2021 0:52 Di 2GD sama 2KD gaada bedanya pake solbus sama dex/lite secara performa. Klo ngomongin kemungkinan breakdown krn pake fuel jelek, selama rutin purging/ganti filsol bakal awet juga, dan pastinya dari segi biaya masih jauh lebih efisien dibanding pake fuel mahal :D

Pergunakan bahan bakar sesuai mobilnya, mesin kelas rakyat mubasir dikasih BB bagus, mesin kelas sultan cari penyakit klo diisi BB jelek....
panjang om soal boleh atau enggak boleh....tergantung mobilnya lagi..


soal oli pun panjang...

soal pertalite peetamak peetamak turbo pun panjang....


intinya cobain aja sendiiri....

klo bikin rusak ya jgn diterusin...
Sepaham om. Klo ga rusak2 ya berarti aman, terusin aja gausah kuatiran yang ga perlu..
nah itu om.... :big_okay:


banyak yg bilang a b c.....ehhh sudah hebohhh..wah nanti ktnya bisa bgini...wah nanti bgtu...tanya sana..tanya sini..tanya sono...


main mobil itu hiburan sendiri...kalo bisa pake mobil dengan pengeluaran yang murah meriah yah knp gak dicobain..

sing penting dompet tetap susah dilipat krn isinya duit banyak gak cepat habis.... :big_biglaugh:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by VanzMatic »

Betul juga sih ya, kalo udh rusak ya mosok masi tega boongin diri sendiri bahwa aman aman aja kan ya ga mungkin, jadi ya memang jalanin aja sendiri.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by evanbngdor »

kompresorz wrote: Sun Jan 31, 2021 13:57
iamwewe wrote: Fri Jan 29, 2021 4:33

my favorite :big_exellent:

sama percis sy nggak pernah purging seumur pake diesel... bedanya saya juga gak pernah ganti filter solar dari awal beli mobil sampe dijual walo isi solar goceng :big_love: :big_love:
:big_chicken: ...

sbenarnya kepengen jg ganti filter sampe nyala indikator...sberapa jauh sih...

cuma ngejar performa n harganya murah gak sampe goban ya ganti ajalah... :big_biglaugh:

biar jangan menghambat nikmatnya torsi diesel...di gas eerrr....jossssss....beuhhhhh ngennncessss.....
Temen ada yg pake 2GD sih indikator baru nyala pas di KM 88rb, pemakaian full biosolar busuk tanpa aditif.
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by iamwewe »

evanbngdor wrote: Mon Feb 01, 2021 1:20
kompresorz wrote: Sun Jan 31, 2021 13:57
iamwewe wrote: Fri Jan 29, 2021 4:33

my favorite :big_exellent:

sama percis sy nggak pernah purging seumur pake diesel... bedanya saya juga gak pernah ganti filter solar dari awal beli mobil sampe dijual walo isi solar goceng :big_love: :big_love:
:big_chicken: ...

sbenarnya kepengen jg ganti filter sampe nyala indikator...sberapa jauh sih...

cuma ngejar performa n harganya murah gak sampe goban ya ganti ajalah... :big_biglaugh:

biar jangan menghambat nikmatnya torsi diesel...di gas eerrr....jossssss....beuhhhhh ngennncessss.....
Temen ada yg pake 2GD sih indikator baru nyala pas di KM 88rb, pemakaian full biosolar busuk tanpa aditif.
:mky_03:
nanti saya coba ah... 2kd 120rban km apa 140rban km saya lupa sih nggak pernah nyala tuh indikator filsol.. 4n15 66rban belum nyala.. 2gd masih kecil nih km nya... malu ah :big_grin:
dimas26putra
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 16, 2016 0:06

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by dimas26putra »

evanbngdor wrote: Fri Jan 29, 2021 3:38
dimas26putra wrote: Fri Jan 29, 2021 3:25
ChZ wrote: Fri Jan 29, 2021 2:49

susuki buat bengsin rasanya rekomen 5000 km karena olinya masih API SM yg lain udah SN bahkan SN+...

apa skrg udah SN ? terakhir piara susuki gak pernah ke beres soalnya.

tp apapun itu klo oli pabrikan SN pun tetap ane ganti stengah taun / 5000 sih. gak yakin aja sama kualitasnya.
Sekarang kalo servis di beres sijuki pake nya oli Ecstar yang API nya SN sih, dan di stikernya diganti per 10000. Tapi kayanya terlalu panjang kalo nunggu sampe 10000 :big_slap:
Wah tumben BeRes Suzuki nulis 10rb di stickernya. Temen service di SBT Suzuki selalu tiap 5rb sih tulisan di stickernya
Saya servis di RMK Suzuki om, terakhir service di bulan desember kemarin. Aga kaget juga tumben ditulis nya 10rb di stikernya
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

iamwewe wrote: Mon Feb 01, 2021 1:34
evanbngdor wrote: Mon Feb 01, 2021 1:20
kompresorz wrote: Sun Jan 31, 2021 13:57

:big_chicken: ...

sbenarnya kepengen jg ganti filter sampe nyala indikator...sberapa jauh sih...

cuma ngejar performa n harganya murah gak sampe goban ya ganti ajalah... :big_biglaugh:

biar jangan menghambat nikmatnya torsi diesel...di gas eerrr....jossssss....beuhhhhh ngennncessss.....
Temen ada yg pake 2GD sih indikator baru nyala pas di KM 88rb, pemakaian full biosolar busuk tanpa aditif.
:mky_03:
nanti saya coba ah... 2kd 120rban km apa 140rban km saya lupa sih nggak pernah nyala tuh indikator filsol.. 4n15 66rban belum nyala.. 2gd masih kecil nih km nya... malu ah :big_grin:
:big_biglaugh: ...

punya saya udah ampir 80 ribu msh jos....

harian masih biasa sebisa larinya aja.... :big_weee:


biosolar tuh...pigibak tuh...ac tetap on com sdingin kulkas.. :wkkk:

di gas.....eeerrrrrr...joooossssss.....zzzzz..... :weekk:


kluar sowrom langsung pigibak...dari orok balapan trs... :wkkk:


Screenshot_20210201-161606_VideoPlayer.jpg
Screenshot_20210201-161716_Video Player.jpg
Screenshot_20210201-162046_Gallery.jpg
Screenshot_20210201-162102_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by VanzMatic »

Mobil bobrok buduk bikinan 2002 menepi dulu sajalah.. mobil2 baru dan kinyiss biarkan lewat..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

ahhhh....keluar juga nih diesel angkot buat kerja...ktnya pengen bawa...sperti biasa sih kalem nyetirnya tapi akhirnya kencang...maklum orgnya gak perhatiin spido...taunya gaspolll enak aja...yah namanya cewe....lagi gak sabar nungguin diesel truk 1 lagi pertengahan bulan....dikasih yaris GR gak mau...borosin isi dompet ktnya.... :wkkk:

yah walo angkot juga bikin senang ownernya....keren canggih pula... :big_biglaugh:


Screenshot_20210202-071619_Gallery.jpg
Screenshot_20210202-071901_Gallery.jpg
Screenshot_20210202-071918_Gallery.jpg
Screenshot_20210202-071835_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

ehh iya btw....

sberapa irit ya....liat MID aja ya....grasak grusuk..pedal nempel karpet...sampe nyendal nyendul pedal n spido naik turun brasa krn kena sepit limit... kenangan waktu gw bawa...long long time ago...kok gak ada emoticon ngencesss sih...

yahh klo jaman trit midnight run 200 sih mobil TS n pendukungnya yang berasa wow tuh di telan sama ini...
apalg skrg sentul sudah 15 kecil brapa bulan lalu...

mungkin skrg 14 detikan....

kawan yg punya ipah 13,5 detik sentul n a45 amg 450 hp...udah rasain VRZ tuner albet alekon...skrg sibuk pengen beli ....enakkkk...gaswattt dah..ktnya...


klo gw sih udah alon alon aja....harian enak....dulu udah gw sponsorin GD itu bisa.....bukan ktnya ktnya....

mau bikin 400 hp juga bisa ....waktu ketemu tedi ngobrol panjang...apa aja sih yg harus ganti...

yahhh tedi sih kasi nasehat ...udahlah lu mah gak usah lagi...cukup.....

biar yang baru aja mulai lagi....

itu orang isi kepalanya lagi gak benar....

biasanya klo lagi benar mah ini org susah di tanya walo udab kenal....eh ini gw di ajak ngobrol...di bawain akua pula....malah mau dituker salah ambil dingin...
selesai ngobrol juga karena gw malas panjang lebar...gw bilang mau balik... :wkkk:

yahhh walo angkot tapi mobil gw keren sih....gak bikin susah...apalg isi dompet cepat abis...nanti dilipat jadi kempes dah klo gak ada isi...apalg yang ada tagihan utang...wahhhh amsiong tuh...bisa harakihri....kcuali ya gak punya malu.... :big_slap:
Screenshot_20210202-064643_Video Player.jpg
Screenshot_20210202-071341_Video Player.jpg
Screenshot_20210202-071409_Video Player.jpg
Screenshot_20210202-071449_Video Player.jpg
Screenshot_20210202-071425_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by VanzMatic »

Dijel 1980 nyimak aja deh gpp *cari aman
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ariswp »

buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,

so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun

kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by evanbngdor »

ariswp wrote: Tue Feb 02, 2021 1:34 buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,

so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun

kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Reviewer sih selalu ngasih data dengan asumsi optimis, bukan pesimis. Selalu kecepatan rata-rata dalkot nya itu 22 km/jam. Buat saya sih itu udah termasuk dalkot lancar. Anggep aja dr pinggiran Jakarta ke tengah kota dengan jarak 22 km itu dalam waktu 1 jam. Udah termasuk OK.

Dulu saya sehari-hari kecepatan rata-rata itu malah 11-12 km/jam. Karena jarak 20an KM itu ditempuh dalam waktu hampir 2 jam. Itu pake 2KD dapetnya 1:8-9an. Bandingin dengan Ertiga dengan rute yg sama itu Ertiga lebih boros 1 KM/liter.

Begitu jg sama rute tol yg di klaim, itu kan kecepatan konstan, meskipun ya rata2 juga nyebutnya. Tp aktualnya mana bisa kecepatan konstan gitu di tol. Tiba2 ada truk nyelonong ke kanan mau ngga mau ngerem, abis itu akselerasi lg. Itu yg bikin boros.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Taufiq6210 »

evanbngdor wrote: Tue Feb 02, 2021 4:03
ariswp wrote: Tue Feb 02, 2021 1:34 buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,

so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun

kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Reviewer sih selalu ngasih data dengan asumsi optimis, bukan pesimis. Selalu kecepatan rata-rata dalkot nya itu 22 km/jam. Buat saya sih itu udah termasuk dalkot lancar. Anggep aja dr pinggiran Jakarta ke tengah kota dengan jarak 22 km itu dalam waktu 1 jam. Udah termasuk OK.

Dulu saya sehari-hari kecepatan rata-rata itu malah 11-12 km/jam. Karena jarak 20an KM itu ditempuh dalam waktu hampir 2 jam. Itu pake 2KD dapetnya 1:8-9an. Bandingin dengan Ertiga dengan rute yg sama itu Ertiga lebih boros 1 KM/liter.

Begitu jg sama rute tol yg di klaim, itu kan kecepatan konstan, meskipun ya rata2 juga nyebutnya. Tp aktualnya mana bisa kecepatan konstan gitu di tol. Tiba2 ada truk nyelonong ke kanan mau ngga mau ngerem, abis itu akselerasi lg. Itu yg bikin boros.
Terkait reviewer ngetes dalkot dalam kondisi lancar mungkin untuk konsistensi pengujian antar berbagai tipe mobil juga. Karena kan kalau disengaja ngetes dalkot kondisi paling macet, bisa jadi antar tipe mobil malah beda tingkat kemacetannya. Misalnya pas lagi review mobil A kebetulan bisa dapet rute yang kondisi jalannya betul-betul macet, sementara pas lagi review mobil B malah susah nyari rute jalan yang macet. Lain halnya kalau dalkot lancar kapanpun pasti bisa selalu dapet lah rutenya, meskipun mungkin harus di pinggiran kota.

*disclaimer: jarang banget nonton review mobil, jadi ga tau apa reviewer biasanya gitu atau engga
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by classicrock »

Baca thread ini jadi inget kalo pernah lama piara diesel generasi purba. Ini perbandingan antara mantan Taft saya vs Avanza yang sekarang masih dipakai.

Taft 2800 cc diesel N/A manual tahun 2002, dari awal pakai sampai dijual selalu solar murah vs Avanza 1300 cc bensin metik tahun 2017 selalu pertamax.

Ga jauh beda ya FC nya untuk lalu lintas Jakarta?
IMG_20210202_114538.jpg
Screenshot_2021-02-02-11-45-01-20.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by VanzMatic »

ariswp wrote:buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,

so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun

kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Nah itu salah satu poin saya kenapa kalo dalkot doang saya keukeuh pake Dex ketimbang dexlite apalagi solbus: aroma sulfur terlalu menyengat. Pake Dex, udah ga pernah lagi ada aroma menyengat. Aroma hanya tercium saat berada di radius 2m dari kendaraan.

Kalo sedang seneng tarik tarikan, saya pakai dexlite sama jamu. Kompresi mesin bobrok begini masih 21:1. Kalau pakai Dex untuk kecepatan tinggi, performa malah turun secara pasti. Awalnya bisa 140-145, 15 menit kemudian pasti cuman di 125-130. Tapi kalo diisikan Dexlite, performa di rpm tinggi (3000-3700) sangat stabil.

Seberapa irit? Ga ngitung. Wong di brosurnya duluu tahun 2002, merk satu itu kan ga pernah bilang “irit dan bertenaga”.

Perna sih dulu sebelum turun bospom akibat jebol selama hidupnya minum solbus, hanya bisa 6km:1. Jangan percaya saya, pasti dikata bohong. Solbus kan dah bagus. Gapapa. Paling irit cuman 9:1. Full solbus. Awal2 pake jamu jamuan solbus ya cuman sejak 2012. Kuras tengki di 2013. Lumayan, solbus sama jamu, paling boros cuman 8:1.

Lemari besi bobrok ga bisa buat patokan.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: Sun Jan 31, 2021 13:57 sing penting dompet tetap susah dilipat krn isinya duit banyak gak cepat habis.... :big_biglaugh:
Apalagi tiap awal bulan macam hari gini ya om kompre ?


Tinggal nagih aja ke penghuni tiap kamar.... “Ayo bayar ayo bayar ..” ehh malah pada bayar pake cash. Ud disuru trf ke bank pdhl.


Jadinya dompet makin susah dilipet .. kebuka aja lebar bgitu ga bs nutup :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Valach »

ANPS saya kok stabil di 10KM/Ltr ya? termasuk boros gak ya suhuu?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sintoni »

Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 6:55 ANPS saya kok stabil di 10KM/Ltr ya? termasuk boros gak ya suhuu?
10km/l untuk ANPS ya wajar om untuk sehari-hari dalam kota.
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Valach »

sintoni wrote: Wed Mar 10, 2021 7:20
Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 6:55 ANPS saya kok stabil di 10KM/Ltr ya? termasuk boros gak ya suhuu?
10km/l untuk ANPS ya wajar om untuk sehari-hari dalam kota.
begitu ya om? ekspektasi saya kirain mpe tembus 15km/lt :big_blushing:

mungkin ekspektasi saia yang terlalu tinggi :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 8:57
sintoni wrote: Wed Mar 10, 2021 7:20
Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 6:55 ANPS saya kok stabil di 10KM/Ltr ya? termasuk boros gak ya suhuu?
10km/l untuk ANPS ya wajar om untuk sehari-hari dalam kota.
begitu ya om? ekspektasi saya kirain mpe tembus 15km/lt :big_blushing:

mungkin ekspektasi saia yang terlalu tinggi :big_biglaugh:
saya juga MUX dipakai realnya dalkot, rute Ciputat, Rempoa, Deplu, Pdk, Indah, Pakubuwono, Plaza Senayan, PP..
FC cuma sekitar 1:10
tapi karena pakai biosolar 5150 ya gak mahal lah..
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by walid_007 »

enak alpat klo org tua biar g manjat2 naik mobil. lebih lega juga duduk an nya

lagian disel awal2 doang menarik lama2 bosen
engine roaring!
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by timbermaniac123 »

ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 4:56 Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
Pertanyaan real nya : Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Tapi harga fortuner bensin lebih murah. Apakah orang akan berahlih dari diesel ?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sintoni »

timbermaniac123 wrote: Wed Mar 10, 2021 12:25
ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 4:56 Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
Pertanyaan real nya : Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Tapi harga fortuner bensin lebih murah. Apakah orang akan berahlih dari diesel ?
Kalau ane suka keluar kota mungkin diesel om, tapi kalau jarang keluar kota mungkin milih bensin.

Tinggal diitung cost tahunannya aja, sama faktor tenaga diesel atau keheningan bensin.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

sintoni wrote: Wed Mar 10, 2021 13:18
timbermaniac123 wrote: Wed Mar 10, 2021 12:25
ginting wrote: Thu Jan 28, 2021 4:56 Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Lalu orang butuh SUV, karena sering ke luar kota yg kondisi jalan agak agak khas +62

pilihan cuma ada Fortuner bensin 2.7 dan Fortuner VRZ 2.4 diesel.
sama sama Toyota
sama sama isinya 7 seat, naikan sama
harga more less sama

kira kita orang akan pilih sama (asumsikan saja orangnya tahan bau solar, tahan guncangan ladder frame) ?

saya kok merasa orang masih akan milih diesel..

Btw, yang bikin gak enak di Indo market adalah untuk rentang kubikasi 2500 cc, gak banyak pilihan untuk mobil bensin.
dan kalau ada pun, FCnya jadi boros juga
mungkin bensin bisa 1:7-8
diesel bisa 1:10-11
(sama sama SUV 2500 cc)
Pertanyaan real nya : Bayangkan kalau Bio solar gak ada lagi.
adanya Dex dan Pertamax/Pertamax Turbo..

Tapi harga fortuner bensin lebih murah. Apakah orang akan berahlih dari diesel ?
Kalau ane suka keluar kota mungkin diesel om, tapi kalau jarang keluar kota mungkin milih bensin.

Tinggal diitung cost tahunannya aja, sama faktor tenaga diesel atau keheningan bensin.
mungkin sebagian akan beralih ke bensin, terutama yg selama ini focus di factor "irit".
kalau yg suka sensasi torsinya, mungkin akan tetap diesel.
anggap saja yg diesel pakai Dex, yg bensin pakai Pertamax.
maka FC yg bensin paling dapat 1:7
yang diesel mungkin masih bisa 1:9-10
jadi masih ada selisih tifis dimenangkan diesel.