[NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by roadmap »

Rame juga ini diskusi powerbank ada rodanya. Heheheh..
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by McLaren »

sintoni wrote: Tue Feb 02, 2021 5:50 Enak bawa ANKI 2GD aja sih, ga bingung cas.

Kalau nyetir lulusan dokter UI maks 80-90, angin ban 33++ bisa dapat 1:20 mungkin.

Isi Biosolar + aditif ga sampe 6 ribu buat jalan 20km.

Anggap aja jarak Jakarta - Banyuwangi 1080 km butuh 54 liter x 6rb: 324rb.

Ga perlu isi solar lg dong ya secara ANKI kan kapasitas tangki 55 liter.
Nyetir 2GD kecepatan 80-90 itu butuh kesabaran biksu Tong om .. 😁
Mobil listrik asalkan dapat insentif pajak 0 persen, saya yakin banyak yg beli.
Kita tunggu nanti per oktober 2021, ketika skema pajak baru berlaku.
Yg on the rise : mobil 4x4, AWD, dan mobil listrik
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by bisti »

coba diskusi ini kita pertahankan mungkin 5-7 taun lg..nanti mungkin yg ngremehin mobil listrik akan tersenyum lg liat komennya duluu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by b0ku »

black2345 wrote: Thu Feb 04, 2021 12:37
dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Setuju banget sama pendapat yg ini..
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..

Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco :big_bored: yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenya :big_grin:

di mata saya yang suka mobil second beli EV second harga miring tapi resiko kelaurin duit kayak beli mobil baru buat benerin batre ujung2xnya mendingan beli mobil baru juga yang murah sekalian kalo harus EV, kan ujung2xnya malah jd lebih konsumtif :big_dunno:
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by Kent »

b0ku wrote: Sat Feb 06, 2021 9:48
black2345 wrote: Thu Feb 04, 2021 12:37
dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Setuju banget sama pendapat yg ini..
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..

Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco :big_bored: yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenya :big_grin:

di mata saya yang suka mobil second beli EV second harga miring tapi resiko kelaurin duit kayak beli mobil baru buat benerin batre ujung2xnya mendingan beli mobil baru juga yang murah sekalian kalo harus EV, kan ujung2xnya malah jd lebih konsumtif :big_dunno:
ya tech makin canggih pzt improve and solve problem, tp per sekarang tech ini masih mahal.
yang beli y yg memang goal nya technology atau go green (klo indo jg debate, wong PLN aja Batu Bara majority)
soal irit y irit, secara tech nya sgt efficient dibanding ICE (yg % byk jd heat)
hingga saat ini jg mobil kan paling mahal ENGINE nya, mobil mewah jg ENGINE nya ambil porsi cukup besar.
ICE lbh awet aja, walo saya yakin setelah 150rb pzt sudah turun performance dan efficiency (tp setidaknya biaya nya gk significant)

tunggu aja 5 thn lg, ini kita baru perkenalan.
nanti 10 thn bru mature tech nya, bru semua orang pakai

saya sih itung2 gk untung pakai electric car, invest mahal pertama.
mending di itung2 gw beli buat bayar bensin, di cicil tanpa bunga lg bayar nya.
service ICE jg brp gede sih biaya nya 1 thn max 2x service klo mobil pribadi (aka 20k km)
sisa nya komponen ICE dan Electric kan sama (Ban, Kursi, engsel, shock)
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by marr »

bisti wrote: Sat Feb 06, 2021 8:13 coba diskusi ini kita pertahankan mungkin 5-7 taun lg..nanti mungkin yg ngremehin mobil listrik akan tersenyum lg liat komennya duluu
Ngeremehin gmn om?
Well for me, mobil listrik kalo dipake daily dalkot mah enak2 aja kok , range sekitar 300-400km buat pp rumah kntr jabodetabek dah cukup , dicharge tinggal tidur besoknya dah penuh lg

Cuma ya kl mau buat jalan jauh ya lucu aja, gak kebayang bangun infrastrukturnya mau segila apa wkwkwkwkwk
Coba kalo dari jkt surabaya pake fortuner 2gd tangki nya 80 L fc 1:13-1:15 ya secara teoritis gak perlu isi bahan bakar, range nya tembus 1200km bahkan bs lebih kalo kaki sekolah

Mungkin saya bakal beli mobil listrik kalau rangenya bisa tembus >500km dan sekali ngecasnya gak sampe 10 menit wkwkwkwkwkwkkwkwkw
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by r1409 »

mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by b0ku »

r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 2:36 mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
gak cukup boss mau berapa lama??? listrik rumah aja kadang kagak kuat..... :wkkk:

gak sekaliannya pake baling2x di depan buat dapetin listrik keknya bisa dapet lebih banyak tuh :wkkk:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by r1409 »

b0ku wrote: Mon Feb 08, 2021 2:40
r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 2:36 mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
gak cukup boss mau berapa lama??? listrik rumah aja kadang kagak kuat..... :wkkk:

gak sekaliannya pake baling2x di depan buat dapetin listrik keknya bisa dapet lebih banyak tuh :wkkk:
tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?

kalo parkir bbrp jam saja dapet sekian persen kan lumayan, free energy. toh namanya juga charge gratis. ini berguna buat orang yg tiap hari mobilnya diparkir lama waktu siang (misal orang kantoran), kalau misal 8 jam tiap hari kan harusnya lumayan tuh dapet 40 jam ngecharge, kalau conversion rate solar chargingnya bagus harusnya bisa dapet lumayan banyak untuk charging selama itu.
kalau buat yg jalan siang (misal taksi, sales keliling dll), lumayan setidaknya memperlama abisnya batere karena berjam-jam ngecharge sambil jalan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by b0ku »

r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 3:09
b0ku wrote: Mon Feb 08, 2021 2:40
r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 2:36 mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
gak cukup boss mau berapa lama??? listrik rumah aja kadang kagak kuat..... :wkkk:

gak sekaliannya pake baling2x di depan buat dapetin listrik keknya bisa dapet lebih banyak tuh :wkkk:
tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?

kalo parkir bbrp jam saja dapet sekian persen kan lumayan, free energy. toh namanya juga charge gratis. ini berguna buat orang yg tiap hari mobilnya diparkir lama waktu siang (misal orang kantoran), kalau misal 8 jam tiap hari kan harusnya lumayan tuh dapet 40 jam ngecharge, kalau conversion rate solar chargingnya bagus harusnya bisa dapet lumayan banyak untuk charging selama itu.
kalau buat yg jalan siang (misal taksi, sales keliling dll), lumayan setidaknya memperlama abisnya batere karena berjam-jam ngecharge sambil jalan.
cost pasang X hasilnya gak sebanding makanya gak ad yang pake solar panel mending colok aja sekalian :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by ChZ »

r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 2:36 mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.

tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.

kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by r1409 »

ChZ wrote: Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.

tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.

kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by ChZ »

r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 3:32
ChZ wrote: Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.

tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.

kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?
ini saya cite dari salah 1 sumber ya

https://www.solyndra.com/why-dont-elect ... -the-roof/

Solar panels work by converting energy from the sun into electric power. Modern solar panels are very efficient, with many capable of turning more than 60 percent of the sun’s power into electricity. However, they still have some significant limitations.

On average, a 10 square foot solar panel can generate approximately 50 watts with direct sunlight. This is the equivalent of a single lightbulb. Since most cars only have 10 to 25 square feet of space on their roof, the maximum amount of power they can generate is 50 to 150 watts.

In comparison, most electric vehicles use a 240-volt outlet when parked at home. On average, these 240-volt outlets can provide approximately 30 miles of range for each hour they are charged. With solar power, a vehicle would only be able to attain approximately one to three miles of range for each hour charged.
possible ? ya bisa. tapi rasanya 10% tidak sampai. tergantung mobilnya sih. klo kayak kona EV rasanya tidak bisa. kecuali nanti mobil EV kecil yang range nya cuma 100-150 kilometer khusus buat city driving aja. atau mungkin motor listrik macem gesit ya lumayan buat mamang gojek sambil ngetem nunggu orderan...

dan kalau mau diperhatikan 8 hours itu direct sunlight nya paling cuma di peak jam 12 sampai jam 2 siang saja ini di musim panas. jelek-jelek ya sampai jam 3 lah. artinya kita dapat optimum charging cuma maksimal 3 - 4 jam. di luar jam-jam segitu pasti kemampuannya berkurang not to mention musim hujan seperti sekarang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by MaddMaxx »

dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by b0ku »

MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 4:48
dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
ya balik lagi sih 200-300jt kalo yang keluar modelan agya sama aja boong pada beli HRV yang ada :big_bored:

hyundai 600jt aja saingannya bukan kelasnya dia tapi SUV kelas pekerja yang di bikin mewah dengan biaya bensin bisa di atur 5100/lt range 400km sekali fulltank tambah lagi bisa muat 7 orang, bisa berenang 1meter pulak sama kalo parkir kerjaannya tinggal lindes sana sini top speed 180kmh :mky_03:

paling gampang ngecheat aja BAN ICE......... :wkkk:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by dsign1990 »

MaddMaxx wrote: Mon Feb 08, 2021 4:48
dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
harusnya bisa bisa aja bahkan buat saat ini juga
di china ada wuling yg segede smart fortwo dijual mulai 60jt an saja
kalau pajaknya ada insentif sampai 0% paling nambah kena biaya shipping gak mustahil sampai sini bisa dibawah 100jt
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by dsign1990 »

black2345 wrote: Thu Feb 04, 2021 12:37
dsign1990 wrote: Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM

batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Setuju banget sama pendapat yg ini..
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..

Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
soalnya gak nutup kemungkinan benerin mobil ev ganti batre nya ibarat benerin tv ganti panel LCD nya hehehehe
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by MaddMaxx »

marr wrote: Sun Feb 07, 2021 6:38
bisti wrote: Sat Feb 06, 2021 8:13 coba diskusi ini kita pertahankan mungkin 5-7 taun lg..nanti mungkin yg ngremehin mobil listrik akan tersenyum lg liat komennya duluu
Ngeremehin gmn om?
Well for me, mobil listrik kalo dipake daily dalkot mah enak2 aja kok , range sekitar 300-400km buat pp rumah kntr jabodetabek dah cukup , dicharge tinggal tidur besoknya dah penuh lg

Cuma ya kl mau buat jalan jauh ya lucu aja, gak kebayang bangun infrastrukturnya mau segila apa wkwkwkwkwk
Coba kalo dari jkt surabaya pake fortuner 2gd tangki nya 80 L fc 1:13-1:15 ya secara teoritis gak perlu isi bahan bakar, range nya tembus 1200km bahkan bs lebih kalo kaki sekolah

Mungkin saya bakal beli mobil listrik kalau rangenya bisa tembus >500km dan sekali ngecasnya gak sampe 10 menit wkwkwkwkwkwkkwkwkw
kalo sy malah kepikiran ide gila nih om, gimana kalo nanti konsep ev itu gak charging tp battery swap? jadi nanti ada semacam spbu yg nyediain batre dalam kondisi 100% charged, tinggal tuker aja. bisa2 waktu swap nya 10 menit jg. gmn tuh om haha :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by ChZ »

dsign1990 wrote: Mon Feb 08, 2021 7:15
soalnya gak nutup kemungkinan benerin mobil ev ganti batre nya ibarat benerin tv ganti panel LCD nya hehehehe
ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru... :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by papico »

Btw, limbah baterenya nasibnya gimana ya? Bukannya termasuk limbah bahaya? Atau nanti ada trade in dengan harga layak, kemudian bisa didaur ulang?
Kalo saat ini trade in accu mobil kan paling diharga 50rb-120rb an tergantung kapasitas....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by b0ku »

papico wrote: Mon Feb 08, 2021 8:45 Btw, limbah baterenya nasibnya gimana ya? Bukannya termasuk limbah bahaya? Atau nanti ada trade in dengan harga layak, kemudian bisa didaur ulang?
Kalo saat ini trade in accu mobil kan paling diharga 50rb-120rb an tergantung kapasitas....
Teorinya sih di recycle cuma kebayang gak sih di luar sana ada kebiasaan mobil2x scrap cuma di taro gitu aja di tanah kosong sampe busuk, lama2x membusuk terus batrenya apa gak nempel tuh sama tanah??? :big_bored:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by KielConstantine »

r1409 wrote: Mon Feb 08, 2021 3:32
ChZ wrote: Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.

tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.

kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?
Ohhh tenang om. Orang kita paling jago urusan kek gini..

Inget kan fenomena BRQ; hurricane xcs; simota cylone2; curut yihii ampas ga jelas yg sempet booming dulu

Misalnya beneran EV booming di indo, ga lama bakal muncul barang2 modif ga jelas lg buat ditempel ; add on ke EV cars.

Dengan iklan-iklan: memperlama usia baterai, mempercepat akselerasi, mempercepat isi batre, mobil diem aja diparkiran bisa auto isi batre; dll dll :mky_07:

Kita tunggu tanggal mainnya :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
dhanuindra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Mon Nov 20, 2017 3:47
Location: semarang
Daily Vehicle: bhb2017

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by dhanuindra »

Iklan yang lucu di superbowl 2021

dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by dsign1990 »

ChZ wrote: Mon Feb 08, 2021 7:43
dsign1990 wrote: Mon Feb 08, 2021 7:15
soalnya gak nutup kemungkinan benerin mobil ev ganti batre nya ibarat benerin tv ganti panel LCD nya hehehehe
ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru... :big_bored:
ini sebenarnya yg bikin penasaran seberapa bertahannya booming EV disini

orang sini rata2 paling ogah keluarin duit gede buat service/repair coba liat2 forum otomotif di FB orang yg mobilnya 500jt kebawah yg abis repair mobil diatas 10 jt rata2 dg bangganya nentengin billing bengkel kayak abis hole in one waktu main golf kayak bener2 gue lain daripada yg lain

pun nanti EV ini... boleh lah mungkin dia laku diawal saat misalnya perang mobil EV disini baru mulai dg banjir produk di range 500jutaan ke bawah kalau ada lineup nya, tapi begitu masuk ranah mobkas tar banyak stereotipe komponen2 yg seakan jadi bom waktu saat minta jajan akibatnya dlm jangka panjang EV cuma bakal ttp jadi mainan konsumen menengah ke atas yg gak mentingin resale value, istilahnya buang duit aja waktu beli mobil cukup pakai dan nikmati

dan lucunya kalau diperhatiin sepertinya pemerintah sebenarnya sadar akan hal ini makanya di daerah2 ( yg ane tahu di priangan timur) BUMDES rata2 bukan bangun charging point tapi malah bangun pertashop wwkwkwkwk
dualock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Apr 19, 2017 8:33
Daily Vehicle: toyota

Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!

Post by dualock »

Menurut saya kesuksesan EV tergantung harga jual listrik. Setelah ev booming biasanya harga listrik akan pelan2 naik dan sebaliknya harga bensin/solar bisa turun bisa juga tidak.

Jadi ingat iklan naik panther 44k ke bali, waktu itu solar lebih murah dari bensin. Setelah diesel booming harga solar merayap naik (non subsidi) jadi lebih mahal dari bensin.

Akhirnya kijang mendapat varian baru ... Innova EV.
:big_peace: .