persis kaya yang saya pikirkan oom. culture dan paradigma konsumennya sangat penting.dsign1990 wrote: ↑09 Feb 2021, 10:24ini sebenarnya yg bikin penasaran seberapa bertahannya booming EV disiniChZ wrote: ↑08 Feb 2021, 14:43ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru...
orang sini rata2 paling ogah keluarin duit gede buat service/repair coba liat2 forum otomotif di FB orang yg mobilnya 500jt kebawah yg abis repair mobil diatas 10 jt rata2 dg bangganya nentengin billing bengkel kayak abis hole in one waktu main golf kayak bener2 gue lain daripada yg lain
pun nanti EV ini... boleh lah mungkin dia laku diawal saat misalnya perang mobil EV disini baru mulai dg banjir produk di range 500jutaan ke bawah kalau ada lineup nya, tapi begitu masuk ranah mobkas tar banyak stereotipe komponen2 yg seakan jadi bom waktu saat minta jajan akibatnya dlm jangka panjang EV cuma bakal ttp jadi mainan konsumen menengah ke atas yg gak mentingin resale value, istilahnya buang duit aja waktu beli mobil cukup pakai dan nikmati
dan lucunya kalau diperhatiin sepertinya pemerintah sebenarnya sadar akan hal ini makanya di daerah2 ( yg ane tahu di priangan timur) BUMDES rata2 bukan bangun charging point tapi malah bangun pertashop wwkwkwkwk
mobil itu di indonesia masih dipandang sebagai barang sangat mewah. di amerika pekerja kelas buruh bisa beli mobil camry dll, di sini pangkat udah mandor aja blom tentu bisa beli mobil bagus brand new, mentok-mentok nyicil elsegese atau motuba di bawah 100 juta lah...
klo di indonesia beli mobil sekelas CRV aja masih mikir perawatan dan jual kembali... nah EV ? giliran rusak batre harus ganti keluar tagihan setengah atau sepertiga harga mobilnya udah lah alamat makan indomie tiga bulan... klo kata salah seorang member disini miara BMW bikin orang dari BCA prioritas ke tahapan BCA... ini mah udah ngga jadi tahapan lagi... ATMnya dibekukan
yah udah kliatan sih bakalnya jadi maenan orang kaya doank ini mah. yang beli golongan influenser otomotif dan selebritis... dan tentu saja orang kota metro macem jakarta dan surabaya yang pasokan listriknya relatif stabil.
klo listrik masih byar-pet sering kena pemadaman bergilir ya jangan mimpi punya EV dulu lah ujungnya pake genset yah sama sama aja