Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by paidjho »

nyotsaeba wrote:
paidjho wrote:
faridrach wrote:
ANKI saya dr awal sampai KM 43rb full pertadex, setelah itu beralih ke Bio solar sampai skrg KM 65rb, memang secara tarikan beda ya.
Alasan pindah dari dex? setelah pelajari seluk beluk mesin 2GD saya mengambil kesimpulan mesin ini aman utk konsumsi bio solar. Mulai dari type injectornya yg masih solenoid, output tenaga yg tdk superior, dan faktor2 lainnya.

Menurut saya 2GD = durability oriented engine.
Sedangkan perbandingan kompetitornya 4N15 = performance oriented engine (dgn piezzo elektrik injectornya).
Mungkin kalo saya pakai pajero akan saya minumin dex selalu.

Trivia sedikit : bahkan Hyundai Tucson diesel sejak tahun 2017 beralih injector dari piezzo ke solenoid. Dengan alasan? Kejar durabilitas. (Confirmed by product head Hyundai)

Mari kita masuk ke nominal rupiah bahan bakar:

Jarak 200km luar kota

Diesel saya rute luar kota bahkan rata2 15km/l maka butuh 13.3 liter bio solar yg berarti 69rb rupiah

Bensin rute luar kota mungkin 10km/l maka butuh 20 liter pertalite berarti 153rb rupiah

Jadi not even half ya ongkosnya om :big_exellent:
Nahhh betul sekali... Setuju ama ini... Salam pemakai diesel...


But.... Coba kita keluarin excel nya.

Compare kalau setahun dipakai 5-7rb km, biaya maintenance (ganti oli, filsol, dll) ama bensin, compare ke selisih harga & resale value, mungkin 5 tahun break even.

Kalau bicara total cost ownership yaaa...
Real life daily use saya sebulan 1500 km.
Dulu pakek gnki biaya pertalite 1,5jtan sebulan.
Ganti anki bisol biaya bbm 750rb sebulan. Rute sama plek dari hari ke hari.

Sekarang anki saya usia 42 bulan. Udah saving 750rb x 42 = 31 jt an which is sebesar selisih harga baru anki diesel sama bensin.

Bandingin harga jual seken nya anki bensin sama diesel selisih bisa 40 jutaan, cek aja di oelex.

Di saya, Mau itungan pake apapun ga bisa ngalahin murahnya cost of ownership tu anki diesel.
Couldnt agree more, saya pake diesel setahun 20-25k km...

But, yg pake jarang ya mending bensin.

Harga beli juga beda.
Maintenance 2 kali lipat.



Tapi gak semua orang pake biat kuda kaki
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 16 Jan 2021, 08:57
DOHC wrote: 15 Jan 2021, 17:59 sebenernya dr disain enjin jg si inofa bensin tuh bukan yg low end tork enjin mbah... lah dia square enjin gt, makanya tarikan bawah nya kalem banget.. plus didisain noken as ganda yah lengkap lah sudah, tp itu jg yg bkin doi bsa mentokin speedo (kl jalanan kosong dan nyali gede)
Ah yaaa 1TR karakternya square engine banget sih rataaaaa ampe atas :big_biglaugh:

Gw lebih demen mesin gini drpd yang low end nya galak macem tilu silinder dan disel... Gak enak, kurang alus. Klo manual pasti susah ngepasin ganti gigi yang bener.
Justru jd pinter manual sekalian ngehalusin pindah gigi
:mky_03:

Saya malah seneng perbandingan ratio gear dan power nya innova 2KD manual buat dalam kota Jakarta dan sekitarnya, toel dikit pake jempol langsung ngacir, pindah gigi jg smooth tanpa entakan, ya harus pinter2 main kopling nya, jgn kayak dominic toretto
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by MaddMaxx »

nyotsaeba wrote: 17 Jan 2021, 21:45 Real life daily use saya sebulan 1500 km.
Dulu pakek gnki biaya pertalite 1,5jtan sebulan.
Ganti anki bisol biaya bbm 750rb sebulan. Rute sama plek dari hari ke hari.

Sekarang anki saya usia 42 bulan. Udah saving 750rb x 42 = 31 jt an which is sebesar selisih harga baru anki diesel sama bensin.

Bandingin harga jual seken nya anki bensin sama diesel selisih bisa 40 jutaan, cek aja di oelex.

Di saya, Mau itungan pake apapun ga bisa ngalahin murahnya cost of ownership tu anki diesel.
berarti sumber penghematan itu paling besar emang di pemakaian biosol ya. ada 2 faktor penentu keekonomian antara disel vs bensin yaitu 1) jarak tempuh bulanan (base 1000km/bln) dan 2) periode kepemilikan (base 5th). kesimpulan yg bisa sy tarik:

opsi 1: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan lama = disel
opsi 2: jarak tempuh rendah, periode kepemilikan lama = bensin
Opsi 3: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan singkat = disel
Opsi 4: Jarak tempuh rendah, periode kepemilikan singkat = bensin

gitu gak ya kira2? :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 18 Jan 2021, 08:35
Justru jd pinter manual sekalian ngehalusin pindah gigi
:mky_03:
gatau yahh om tergantung gear rationya jg kali ya. dl sempat sering dititipin ayla manual jarak gigi 1 ama 2 nya jau bener... dapet feel pindahin gigi nya yang alus susah. kirain apa ane emang ga terbiasa dgn manual jadi gini, tapi jd tau itu emang karakternya soalnya waktu ada yg nitip briok satya manual rasanya gampang bgt ngepasin pindah gigi yang alus :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 18 Jan 2021, 09:22
evanbngdor wrote: 18 Jan 2021, 08:35
Justru jd pinter manual sekalian ngehalusin pindah gigi
:mky_03:
gatau yahh om tergantung gear rationya jg kali ya. dl sempat sering dititipin ayla manual jarak gigi 1 ama 2 nya jau bener... dapet feel pindahin gigi nya yang alus susah. kirain apa ane emang ga terbiasa dgn manual jadi gini, tapi jd tau itu emang karakternya soalnya waktu ada yg nitip briok satya manual rasanya gampang bgt ngepasin pindah gigi yang alus :big_biglaugh:
Kalo soal ratio gear apalagi tipikal nyetir agresif sih emang racikan honda paling pas. di CRV RM juga pas menurut saya itu 6 speed nya, cuma emang dr 5 ke 6 terlalu mepet, harusnya bisa dibikin agak jauh, cuma takutnya ntar bisa tembus 200 kalo dibikin agak jauh
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by nyotsaeba »

MaddMaxx wrote:
nyotsaeba wrote: 17 Jan 2021, 21:45 Real life daily use saya sebulan 1500 km.
Dulu pakek gnki biaya pertalite 1,5jtan sebulan.
Ganti anki bisol biaya bbm 750rb sebulan. Rute sama plek dari hari ke hari.

Sekarang anki saya usia 42 bulan. Udah saving 750rb x 42 = 31 jt an which is sebesar selisih harga baru anki diesel sama bensin.

Bandingin harga jual seken nya anki bensin sama diesel selisih bisa 40 jutaan, cek aja di oelex.

Di saya, Mau itungan pake apapun ga bisa ngalahin murahnya cost of ownership tu anki diesel.
berarti sumber penghematan itu paling besar emang di pemakaian biosol ya. ada 2 faktor penentu keekonomian antara disel vs bensin yaitu 1) jarak tempuh bulanan (base 1000km/bln) dan 2) periode kepemilikan (base 5th). kesimpulan yg bisa sy tarik:

opsi 1: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan lama = disel
opsi 2: jarak tempuh rendah, periode kepemilikan lama = bensin
Opsi 3: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan singkat = disel
Opsi 4: Jarak tempuh rendah, periode kepemilikan singkat = bensin

gitu gak ya kira2? :big_peace:
Kalau bisa dan mau bayar lebih mahal di awal ya tetap beli diesel, karena
Harga beli diesel baru lebih mahal 30jt+
Harga jual diesel seken lebih mahal 40 jt +

Jadi buat yg masa kepemilikan singkat ya pasti lebih untung diesel
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by paidjho »

nyotsaeba wrote:
MaddMaxx wrote:
nyotsaeba wrote: 17 Jan 2021, 21:45 Real life daily use saya sebulan 1500 km.
Dulu pakek gnki biaya pertalite 1,5jtan sebulan.
Ganti anki bisol biaya bbm 750rb sebulan. Rute sama plek dari hari ke hari.

Sekarang anki saya usia 42 bulan. Udah saving 750rb x 42 = 31 jt an which is sebesar selisih harga baru anki diesel sama bensin.

Bandingin harga jual seken nya anki bensin sama diesel selisih bisa 40 jutaan, cek aja di oelex.

Di saya, Mau itungan pake apapun ga bisa ngalahin murahnya cost of ownership tu anki diesel.
berarti sumber penghematan itu paling besar emang di pemakaian biosol ya. ada 2 faktor penentu keekonomian antara disel vs bensin yaitu 1) jarak tempuh bulanan (base 1000km/bln) dan 2) periode kepemilikan (base 5th). kesimpulan yg bisa sy tarik:

opsi 1: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan lama = disel
opsi 2: jarak tempuh rendah, periode kepemilikan lama = bensin
Opsi 3: jarak tempuh tinggi, periode kepemilikan singkat = disel
Opsi 4: Jarak tempuh rendah, periode kepemilikan singkat = bensin

gitu gak ya kira2? :big_peace:
Kalau bisa dan mau bayar lebih mahal di awal ya tetap beli diesel, karena
Harga beli diesel baru lebih mahal 30jt+
Harga jual diesel seken lebih mahal 40 jt +

Jadi buat yg masa kepemilikan singkat ya pasti lebih untung diesel
Let's say, dgn perhitungan itu selisih 20jt
Selisih 20jt di recover selisih pertalite vs biosol bisa free 60rb km an loh.
Blm biaya maintenance diesel 2x lipat.

Tinggal balik user nya dipakai berapa lama, setahun berapa km?
Kalau setahun 10rb km, tetep masih untung bensin.

Kok dipakai nya jarang? Kan user beda2:
- ada yg rumah kantor deket
- ada yg mobil nya dah ada 3
- ada yg pake keluar kota doang
Dan gak ada yg salah kan...

Hanya hitungan matematis, terlepas dr preference subjective seperti: aku seneng torsi diesel, pengen coba diesel, dll.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 18 Jan 2021, 10:24
ChZ wrote: 18 Jan 2021, 09:22
evanbngdor wrote: 18 Jan 2021, 08:35
Justru jd pinter manual sekalian ngehalusin pindah gigi
:mky_03:
gatau yahh om tergantung gear rationya jg kali ya. dl sempat sering dititipin ayla manual jarak gigi 1 ama 2 nya jau bener... dapet feel pindahin gigi nya yang alus susah. kirain apa ane emang ga terbiasa dgn manual jadi gini, tapi jd tau itu emang karakternya soalnya waktu ada yg nitip briok satya manual rasanya gampang bgt ngepasin pindah gigi yang alus :big_biglaugh:
Kalo soal ratio gear apalagi tipikal nyetir agresif sih emang racikan honda paling pas. di CRV RM juga pas menurut saya itu 6 speed nya, cuma emang dr 5 ke 6 terlalu mepet, harusnya bisa dibikin agak jauh, cuma takutnya ntar bisa tembus 200 kalo dibikin agak jauh
:mky_01:
Krn gigi 6 d honda itu cuman buat lucu2an doank om

Jd inget dl d buku manual nya honda2 jadul macam cielo ferio cityZ, mreka smua cantumin utk gigi ke 5 aj kec max nya sblom nyentuh redline adalah "kecepatan tertinggi"
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mayreza
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: 15 Jan 2020, 19:30
Location: Bintaro
Daily Vehicle: Innova

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by mayreza »

3xuo wrote: 10 Jan 2021, 12:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.

Kebingungan yang sama dengan saya waktu memilih ANKI empat tahun yang lalu om........setelah dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memilih ANKI diesel yang lebih sesuai dengan karakater saya he he he.......jadi saran saya harus disesuaikan dengan karakter om sendiri biar tidak ada penyesalan di belakang hari.....masalah cost of ownership itu gak akan menjadi masalah kalau kita sudah sesuai dengan selera kita om......semua type mobil pasti ada plus dan minusnya masing masing tapi kalau sudah cinta pasti semua minus jadi plus dan semua plus jadi plus plus....... :big_grin:

Dulu alasan saya milih diesel sbb :
- Karakter nyetir saya kakinya gak disekolahin om.......gak ngebut tapi cepat sampai om.......
- Mobil bongsor tapi sangat lincah di tikungan dan pegunungan........biarpun kenceng tapi keluarga malah tidur semua......
- Harga mahal, pajak mahal, service mahal tapi operasional murah karena masih recomended pake biosol
- Bobot mesin/kendaraan diesel lebih berat sehingga lebih stabil pada kecepatan tinggi
- Blok mesin diesel lebih tebal agar lebih tahan panas mesin untuk perjalanan jauh makanya mesin diesel lebih berat dibanding mesin bensin
- Mesin 2GD turbo plus intercooler.........torsinya itu yang bikin gak nahan........untuk akselerasi tidak kalah dengan mobil bensin yang pakai pertamax
- Lebih asyik buat dipakai road trip jarak jauh, powerfull dan irit.......udah 2 kali Jakarta - Banda Aceh pp, jakarta - denpasar pp, dll
- Banyak yang naksir.......kakak ipar malah pingin ngambil yang diesel juga setelah nyobain nyetir di lintas sumatera....

Gitu om bebarapa pertimbangan saya dulu dan karena sudah sesuai dengan karakter saya makanya tidak ada penyesalan dan makin suka dengan ANKI diesel.
Nah tinggal om pelajari aja karakter om lebih sesuai yang bensin atau yang diesel.......sampingin dulu masalah biaya karena "driving must be enjoying" :big_grin:

Semoga bisa memutuskan dan segera meminang innova idaman om...... :big_okay:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by quyquy »

faridrach wrote: 17 Jan 2021, 17:41
ANKI saya dr awal sampai KM 43rb full pertadex, setelah itu beralih ke Bio solar sampai skrg KM 65rb, memang secara tarikan beda ya.
Alasan pindah dari dex? setelah pelajari seluk beluk mesin 2GD saya mengambil kesimpulan mesin ini aman utk konsumsi bio solar. Mulai dari type injectornya yg masih solenoid, output tenaga yg tdk superior, dan faktor2 lainnya.

Menurut saya 2GD = durability oriented engine.
Sedangkan perbandingan kompetitornya 4N15 = performance oriented engine (dgn piezzo elektrik injectornya).
Mungkin kalo saya pakai pajero akan saya minumin dex selalu.

Trivia sedikit : bahkan Hyundai Tucson diesel sejak tahun 2017 beralih injector dari piezzo ke solenoid. Dengan alasan? Kejar durabilitas. (Confirmed by product head Hyundai)

Mari kita masuk ke nominal rupiah bahan bakar:

Jarak 200km luar kota

Diesel saya rute luar kota bahkan rata2 15km/l maka butuh 13.3 liter bio solar yg berarti 69rb rupiah

Bensin rute luar kota mungkin 10km/l maka butuh 20 liter pertalite berarti 153rb rupiah

Jadi not even half ya ongkosnya om :big_exellent:
Hmm... saya tetep gak berani Om pake Biosol,

karena mobilnya hanya dipakai jika akan jarak jauh luar kota.
Jika pake biosol bisa2 ngendap itu B30nya.

Trus orientasi pemakaiannya untuk dipakai 15 tahun kedepan.
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Jul 2017, 17:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by Tennoheika »

sedikit nyambung innova bensin, pernah baca artikel ORD (produsen lokal exhaust system lokal & gak maksud promosi), innova 1TR gen awal itu ukuran pipa exhaustnya kegedean, klo gak salah diturunin 1 step (lupa aslinya ukuran berapa jadi berapa). karena pipanya kegedean, terlalu bablas di rpm bawah. dengan turunnya ukuran exhaust (mungkin dari downpipe ke belakang) hasilnya torque low rpm nya lebih dapet, fuel cons juga mendingan.
klo gak salah ya...
mungkin ada yg pernah coba metodenya, monggo testinya dibeberkan
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 26 Jul 2015, 13:33

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by sarwani »

jadi pengen cerita juga..
2005 beli innova G bensin light green metalic,satu2nya mobil di keluarga kami yg beli dari baru,masih dipake ibu smp sekarang.. km 238.000
ada yg lebih muda juga ga mau naik,pilih innova aja.. pertimbangan ambil light green saat itu adalah mungkin akan terlihat susah kotor dibanding warna hitam,dan ternyata terbukti sampai sekarang.. jarang di lap tapi terlihat bersih hanya bermodal ban yg hitam mengkilap karena disemir :big_blushing:
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 26 Jul 2015, 13:33

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by sarwani »

Tennoheika wrote: 06 Feb 2021, 21:54 sedikit nyambung innova bensin, pernah baca artikel ORD (produsen lokal exhaust system lokal & gak maksud promosi), innova 1TR gen awal itu ukuran pipa exhaustnya kegedean, klo gak salah diturunin 1 step (lupa aslinya ukuran berapa jadi berapa). karena pipanya kegedean, terlalu bablas di rpm bawah. dengan turunnya ukuran exhaust (mungkin dari downpipe ke belakang) hasilnya torque low rpm nya lebih dapet, fuel cons juga mendingan.
klo gak salah ya...
mungkin ada yg pernah coba metodenya, monggo testinya dibeberkan
ini sy udah nyoba om.. dari sambungan pipa di depan muffler ganti pipa dg diameter sedikit lebih kecil smp belakang (muffler standar)..
hasilnya torsi lebih terasa di rpm lebih rendah,ga perlu rpm tinggi utk nyalip,fc harusnya lebih irit..
yg jelas ketika di jalan non tol ini sangat berguna..
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 11 Feb 2014, 20:33
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by piggypig77 »

Tennoheika wrote: 06 Feb 2021, 21:54 sedikit nyambung innova bensin, pernah baca artikel ORD (produsen lokal exhaust system lokal & gak maksud promosi), innova 1TR gen awal itu ukuran pipa exhaustnya kegedean, klo gak salah diturunin 1 step (lupa aslinya ukuran berapa jadi berapa). karena pipanya kegedean, terlalu bablas di rpm bawah. dengan turunnya ukuran exhaust (mungkin dari downpipe ke belakang) hasilnya torque low rpm nya lebih dapet, fuel cons juga mendingan.
klo gak salah ya...
mungkin ada yg pernah coba metodenya, monggo testinya dibeberkan
Metode ini masih berlaku di venturer 2019 om udah saya cobain, torsi dari 1800-1900 rpm lebih joss
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by maastricht889 »

sarwani wrote: 25 Feb 2021, 07:54 jadi pengen cerita juga..
2005 beli innova G bensin light green metalic,satu2nya mobil di keluarga kami yg beli dari baru,masih dipake ibu smp sekarang.. km 238.000
ada yg lebih muda juga ga mau naik,pilih innova aja.. pertimbangan ambil light green saat itu adalah mungkin akan terlihat susah kotor dibanding warna hitam,dan ternyata terbukti sampai sekarang.. jarang di lap tapi terlihat bersih hanya bermodal ban yg hitam mengkilap karena disemir :big_blushing:
Kesenengan saya ini om warnanya ijo telor asin. Sayang wrn ini udah banyak menghilang, either pudar or memang udah pada repaint wrn lain :big_biglaugh:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: 25 Feb 2021, 08:56
sarwani wrote: 25 Feb 2021, 07:54 jadi pengen cerita juga..
2005 beli innova G bensin light green metalic,satu2nya mobil di keluarga kami yg beli dari baru,masih dipake ibu smp sekarang.. km 238.000
ada yg lebih muda juga ga mau naik,pilih innova aja.. pertimbangan ambil light green saat itu adalah mungkin akan terlihat susah kotor dibanding warna hitam,dan ternyata terbukti sampai sekarang.. jarang di lap tapi terlihat bersih hanya bermodal ban yg hitam mengkilap karena disemir :big_blushing:
Kesenengan saya ini om warnanya ijo telor asin. Sayang wrn ini udah banyak menghilang, either pudar or memang udah pada repaint wrn lain :big_biglaugh:
Iya betul, dulu lumayan banyak beredar tuh warna hijau telur asin. Hero color nya juga soalnya kan, di brosur aja warna nya itu. Mungkin udah repaint atau jadi besi rongsok ya
:mky_01:

Sama kayak Avanza warna champagne, dulu lumayan banyak, skg hampir ngga pernah liat avanza gen 1 yg warna itu, avanza gen 1 aja udah jarang banget liat
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

erwinign wrote: 25 Feb 2021, 08:56
sarwani wrote: 25 Feb 2021, 07:54 jadi pengen cerita juga..
2005 beli innova G bensin light green metalic,satu2nya mobil di keluarga kami yg beli dari baru,masih dipake ibu smp sekarang.. km 238.000
ada yg lebih muda juga ga mau naik,pilih innova aja.. pertimbangan ambil light green saat itu adalah mungkin akan terlihat susah kotor dibanding warna hitam,dan ternyata terbukti sampai sekarang.. jarang di lap tapi terlihat bersih hanya bermodal ban yg hitam mengkilap karena disemir :big_blushing:
Kesenengan saya ini om warnanya ijo telor asin. Sayang wrn ini udah banyak menghilang, either pudar or memang udah pada repaint wrn lain :big_biglaugh:
Anu...luntur jadi balik warna asli telor bebek...putih... :big_biglaugh:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

piggypig77 wrote: 25 Feb 2021, 08:54
Tennoheika wrote: 06 Feb 2021, 21:54 sedikit nyambung innova bensin, pernah baca artikel ORD (produsen lokal exhaust system lokal & gak maksud promosi), innova 1TR gen awal itu ukuran pipa exhaustnya kegedean, klo gak salah diturunin 1 step (lupa aslinya ukuran berapa jadi berapa). karena pipanya kegedean, terlalu bablas di rpm bawah. dengan turunnya ukuran exhaust (mungkin dari downpipe ke belakang) hasilnya torque low rpm nya lebih dapet, fuel cons juga mendingan.
klo gak salah ya...
mungkin ada yg pernah coba metodenya, monggo testinya dibeberkan
Metode ini masih berlaku di venturer 2019 om udah saya cobain, torsi dari 1800-1900 rpm lebih joss
Om...japri yak...eheheheh
setiadiw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 16 Jun 2021, 13:34
Location: CIBINONG,KAB.BOGOR
Daily Vehicle: Innova 2KD

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by setiadiw »

ransyah1234 wrote: 04 Jan 2021, 20:08
- Seluruh oli – by Auto Cartrix
- Cooling system – by bengkel rekomendasi member SM yang pake Everest putih guede banget
- AC – by Koolkars
Hi Om,

Kebetulan juga awal tahun kemarin saya angkat model yang sama, tapi pilihan diesel.
kebetulan karena saya pernah pegang sebentar diesel eropa, dan cukup menikmati.

brand innova , ini juga jadi pertimbangan mengingat lega (bocah sdh 5) dan matic karena istri juga pengen nyupir lagi.
Ditambah lagi, harga parts toyota yg menurut saya terjangkau.

Boleh dong japri, rekondisi 3 item di atas.

Terima kasih.
Salam.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

setiadiw wrote: 16 Jun 2021, 22:58
ransyah1234 wrote: 04 Jan 2021, 20:08
- Seluruh oli – by Auto Cartrix
- Cooling system – by bengkel rekomendasi member SM yang pake Everest putih guede banget
- AC – by Koolkars
Hi Om,

Kebetulan juga awal tahun kemarin saya angkat model yang sama, tapi pilihan diesel.
kebetulan karena saya pernah pegang sebentar diesel eropa, dan cukup menikmati.

brand innova , ini juga jadi pertimbangan mengingat lega (bocah sdh 5) dan matic karena istri juga pengen nyupir lagi.
Ditambah lagi, harga parts toyota yg menurut saya terjangkau.

Boleh dong japri, rekondisi 3 item di atas.

Terima kasih.
Salam.
Hi om, maaf baru balas
Info apa yg harus saya japri? Harga?
Disini aja ya

Oli2 dan cairan2 tergantung pilih2 merk om...2-3 jutaan kalo ga salah deh total (mesin transmisi gardan brake psteering radiator)

Cooling, isunya cuma perkara thermostat, ori 200-300 rb spertinya, radiator koyorad 900 rban...cek tipe disel matic sesuai mobil

AC bebersih copot dashboard dan double blower ganti dryer ini 1-2 jt an

Sparepart toyota murah? I kinda disagree
Yg ori merk toyota ya ga gimana2 beda sama merk lain lah mestinya

Yg bikin kesan murah kan banyak pilihan aftermarketnya

Ya buat saya mah ngurus kijang ga bole mahal...hahaha
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post