seberapa "irit" kah mobil diesel?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 27 Mar 2017, 08:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by severmaya »

ariswp wrote: 02 Feb 2021, 08:34 buat saya diesel irit selama mampu minum solar 5150 dengan efek samping minimal beserta interval dan pengerjaan item servis fast moving yg berhubungan dengan asupan solar td juga dalam taraf "normal"
Kalo konsumsi per liternya sih susah dijadikan patokan, karena twrgantung kaki dan medan yg dilalui beda2 tiap orang
Misal kayak yg di channel2 otomotif gtu, mereka bisa klaim dalkot dan lukot/tol irit2 bgt, tapi kenyataannya saya pake 2GD kantor ya gak bisa seirit itu channel, paling ya 9-10km/l,

so far untuk disel modern macem 2KD, 2GD, 4D56T, 4N15 sih tergolong tahan solbus, dengan kombinasi tenaga dan torsi cocok bgt sama indonesia yg banyak stop and go, naik turun

kedepan ada keinginan juga punya diesel, tapi untuk saat ini masih tertahan masalah aroma asep yg buat saya terganggu,
Tetangga manasin 2GD yg rumahnya selisih 2 rumah aja masi kecium di ruang tamu saya dan bikin selera sarapan jadi menurun,
Makanya klo ke pagi saya malah ga pernah manasin, pokoknya masuk mobil, stater, tanpa nurunin power window langsung jalan, yah klo masalah aroma mungkin saya aja yg ndeso hehe,
Ini salah satu faktor juga om, ortu dari kantor itu dikasih reborn diesel, cuma karena beliau ga suka berisik dan baunya ditukar reborn bensin 2.0.
Bahkan 2kd nya aja sekarang sering tukaran garasi sama t30 saya yang beliau bawa. :big_childish:
:mky_04:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by bensinsolar »

Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by evanbngdor »

bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Herman7103 »

evanbngdor wrote:
bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
Mirip pengalaman saya saat konvoy wisata ke pulau Jawa dari pulau Sumatera beberapa tahun yg lalu. Saat itu adik ipar saya bawa 2KD Diesel dan saya bawa mobil bensin dan hasilnya mirip dengan pengalaman Om. Cuma menurut saya penyebabnya bukan hanya rasio gear saja tapi bobot mobil nya sendiri dalam keadaan kosong saja sudah jauh lebih berat dari bobot mobil bensin yg saya gunakan jadi walaupun adik ipar bbm nya solar 5150 tapi masih lebih kecil pengeluaran bbm bensin saya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by elraedrew »

evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24
bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by ginting »

elraedrew wrote: 19 Mar 2021, 06:33
evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24
bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 27 Feb 2018, 05:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by albertusac »

ginting wrote: 19 Mar 2021, 15:41
elraedrew wrote: 19 Mar 2021, 06:33
evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24

Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by benzz89 »

albertusac wrote:
ginting wrote: 19 Mar 2021, 15:41
elraedrew wrote: 19 Mar 2021, 06:33 om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.

kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.

Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.

Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 27 Feb 2018, 05:50
Daily Vehicle: RU1

Re: seberapa

Post by albertusac »

benzz89 wrote: 19 Mar 2021, 16:32
albertusac wrote:
ginting wrote: 19 Mar 2021, 15:41

membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.

kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.

Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.

Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: seberapa

Post by ginting »

albertusac wrote: 19 Mar 2021, 18:54
benzz89 wrote: 19 Mar 2021, 16:32
albertusac wrote: gak level kalo sama 1.3 Diesel JTD om.. 1:20 dengan begitu mudahnya itu mesin..
Ane pake fortuner 2KD Jakarta - Kuningan 250 KM kondisi full loaded dapat 1:13-14, itu pun harus masuk jalan alternative ke hutan yang sempit karena pas exit tol ditutup ada pelantikan pejabat jadi macet total & sempat diam lumayan lama gak gerak sama sekali. Catatan kaki kanan sopan normal yah, bejek2 kalau overtaking aja.

kalau lancar2 aja sih yakin tembus diatas 1:14 lah. Bio solar + racun + dastek + oli 5W-40. Kalau innova 2KD sih bisa lebih irit lagi harusnya karena lebih ringan & ban nya kecil.

Fortuner 2KD ane kalau full non tol & kecepatan rata2 di 22 kpj baru dapetnya 1:8-9, gak pernah dibawah itu seboros2nya. Geard A/T 4 speed jaman purba mah sudah bagus banget dapat segitu, jangan dibandingin ama CVT yang saat high speed tapi RPM bisa sangat rendah.

Sekarang pakai oli 5W-30 Amsoil Max Duty SS wah jauh lebih enteng lagi larinya, makin yakin bisa lebih irit lagi konsumsi solarnya, sudah gak mau pindah 5W-40 lagi [emoji5]
saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
mungkin mereka dulu testnya di track...sementara kita ngetesnya di jalanan.
mereka mungkin cuma 1 pax, kita isi 7 pax,

anggap aja iklan, oom….
pasti agak agak bombastis
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: seberapa

Post by kunaskun »

albertusac wrote: 19 Mar 2021, 18:54 saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
namanya aja jualan. yg kecap selalu nomor satu.
lagian kalau klaim thermal efficiency bisa jadi bukan buat irit bbm tapi power output? karena mesin 2GD itu kan secara kapasitas lebih kecil dikit dair 2KD tapi power dan torque nambah banyak banget.
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by camarokid »

Pas remap pake turbo std, Tangsel - Jogja dapet si 1:17 - 19, driving style anteng pake cruise control 80-100kmh. Sekali2 di geber. Kondisi mobil stage 1 udah kumplit semua (exhaust, air filter replacement, superground achien, bobok restrictor)

Udah ganti turbo 1GD, di remap.. dari tengki stgh, sampe Carita masih ada di antara 1/2 dan 1/4 (est.perjalanan 170km). MID 1:14 (kombinasi dalkot juga sblm berangkat ke Carita). Driving style agak sedikit nakal kaki kanan nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by DOHC »

jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..

mungkin itu 40 % itungan pure dr enjin nya doank, lupa dimasukin faktor bobot mobil nya skrg yg najong berat bener
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 27 Aug 2017, 16:46

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by Lolol »

ginting wrote: 19 Mar 2021, 15:41
elraedrew wrote: 19 Mar 2021, 06:33
evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24

Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
om jkarta-solo 500km lebih
pertalite 7.650 ya ? itu kepakai 185rb berarti sekitar 24liter.
500 / 24 : itu 1: 20 lewat

solar paling enak jalan arteri. klo dibawa kebut2an di tol memang ga terasa irit di 1: berapanya...
membandingkan irit diesel vs bensin itu harus apple to apple.
kalau 2KD maka harus dibandingkan dengan mesin bensin 2500 cc

atau minimal pound to pound, yaitu cari yg kisaran berat body nya sama sama..sepantar…

kalau xpander bensin mau dibanding dengan diesel maka ambillah Spin Diesel, Ertiga Diesel..
320i sama 320d mungkin ya kalo mau Apple to Apple, sama2 2L turbo, ada yang pernah bandingin mungkin antara dua mobil itu ?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by KielConstantine »

DOHC wrote: 19 Mar 2021, 21:45 jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by adiputra4 »

2GD ane 9.4 L / 100 KM ... termasuk irit ga segini?

80 persen tol lancar, kalo kosong lgsg bejek poll.. kondisi std.. bbm full biosolar.. buat dapetin 170 lumayan cepet sih walopun ga cepet2 amat, maklum std..

Itu normal mode di S6, aslinya masih gigi 5..

Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sintoni »

2GD mah termasuk irit lah, waktu dulu bawaan punya ortu di Sby selalu dapat 1:11an lebih, sama kayak 1NZ ane di Kalimantan.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 27 Mar 2017, 08:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by severmaya »

evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24
bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
2kd emang ga seirit yang saya kira, kirain diesel itu iritnya jauh sama bensin :big_dunno:
Cuma kok 2kd om boros bgt lukot cuma 1:10 ya, 2kd ortu itu masih dapet 1:12 rute Jakarta Jogja.
Beti sama qr25 saya, lukot rute sama ga pernah dibawah 1:11. Kecepatan juga rata rata 100-140. Tapi memang begitu dalkot ya cuma 1:6 apa 1:7, kalah telak sama 2kd.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: seberapa

Post by ChZ »

albertusac wrote: 19 Mar 2021, 18:54 saya herannya knp GD engine ini iritnya ga se yg digembor2in toyota yah?
"Toyota claims they have a maximum thermal efficiency of 44 percent, "top class" at the time of introduction.", saya lansir dari halaman GD engine di wiki, bisa liat di footnote original sourcenya, tp kalo segitu efisiennya, harusnya bisa lebih bagus dari kawan2 di sini bilang kan ya? mengingat berat mobilnya jg gitu2 aja
"thermal" efficiency om.

kalau thermal efficiency ngomongnya bukan km per liter tapi Qin / Qout... alias energi masuk berbanding energi keluaran. artinya seberapa banyak panas yang digunakan menjadi energi dari mesin dengan kapasitas xxxx cc.

saya gak tau matematikanya tapi dengan asumsi kasar kalau lihat power ratingnya ya benar, 2GD itu powernya 149 hp, 2KD (non-VNT) 102hp. hampir 50% itu malah. cuma skali lagi 2KD indo spec adalah 2KD yang dipaksa mimik biosolar... di luar ada yang 110 hp.

dan fakta bahwa 2GD punya displacement 100cc lebih kecil. yang 1KD / 1GD malah lebih kecil 200 cc.

mungkin yang dimaksud toyota adalah "at max" seperti kalo diskon "up to 50%" jg tidak semua barang 50% :mky_01:

karena KD dan GD sendiri specnya bisa berbeda-beda, belum kalo bicara masih ada KD-VNT. jadi tidak semua KD-GD engine mempertahankan rasio 44% nya itu tadi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 00:09
DOHC wrote: 19 Mar 2021, 21:45 jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu :big_grin:
Iya mbah kiel

Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer

Belom lg panjang body yg lebi panjang

Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama

Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa

Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by sh00t »

DOHC wrote: 20 Mar 2021, 11:23
KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 00:09
DOHC wrote: 19 Mar 2021, 21:45 jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu :big_grin:
Iya mbah kiel

Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer

Belom lg panjang body yg lebi panjang

Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama

Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa

Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
Lebih sleeper lagi kalau di swap ke 1KD with turbo hybrid. :big_smoking: :mky_01:
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by andyez86 »

DOHC wrote: 20 Mar 2021, 11:23
KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 00:09
DOHC wrote: 19 Mar 2021, 21:45 jgn lupa jg itu mesin2 GD bersemayam di body inofa dan fortuner yg jauhhhhhhhhh lebi berat dr pendahulu nya, ga tanggung2 beda nya 200- 300 kg lebi berat..
Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu :big_grin:
Iya mbah kiel

Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer

Belom lg panjang body yg lebi panjang

Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama

Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa

Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
reborn itu peredam nya minim bgt om...aplagiyg di lantai...duduk di bagian driver dan sampingnya itu berasa ngga terlalu kaleng krn di lantai nya bagian bawah dashboard ada semacam sterofoam tebal....saya ud pernah liat krn reborn saya pasang full peredam audio di lantai nya mulai dari bawah dashboard sampe ke blkg....buat perjalanan jauh di tol jg berasa lebih anteng dan kedap...titik berat mbl ada di bawah...hhehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by DOHC »

andyez86 wrote: 20 Mar 2021, 11:39
DOHC wrote: 20 Mar 2021, 11:23
KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 00:09

Ane baru tau loh mod klep. Bagus deh innova 2kd klo lebih enteng. Enggak mubazir di build 600 bhp klo gitu :big_grin:
Iya mbah kiel

Ribon itu dr type G aj ud full peredam lantai, apalagi yg type V dan venturer

Belom lg panjang body yg lebi panjang

Makanya inofa ribon itu panjang dan berat nya = fortuner lama

Kl Vrz yah = entahlah seberat siapa

Makanya inofa disel lama = the real sleeper car
reborn itu peredam nya minim bgt om...aplagiyg di lantai...duduk di bagian driver dan sampingnya itu berasa ngga terlalu kaleng krn di lantai nya bagian bawah dashboard ada semacam sterofoam tebal....saya ud pernah liat krn reborn saya pasang full peredam audio di lantai nya mulai dari bawah dashboard sampe ke blkg....buat perjalanan jauh di tol jg berasa lebih anteng dan kedap...titik berat mbl ada di bawah...hhehe
Maksud saya kl dbandingin ama inofa gen lama seh ribon ud jauh lebi banyak om, tp ya kl dbanding ama mobil2 laen sehh yah jelas pelit medit dit dit dia

Dl saya ad inofa gen lama, itu perna saya bongkar karpet dek lantai nya full smua ampe bare metal, lah itu peredam aspal nya aj secuil2 doank, peditnya lg yg bagian row 3 malah ga ad peredam aspal samsek, bener2 full bare metal kaleng doank, padahal itu type V loh.

Nah kl d ribon saya jg perna bongkar karpet dek nya, nahh ternyata ud lumayan tercover banyak peredam aspal nya, bahkan yg row 3 aj ud full peredam aspal smua, padahal ini ribon saya type G doank


Ini soal peredam ternyata perna dibahas jg ama fitra eri waktu ribon baru kuar, kl dr info yg dia dpet dr internal TAM nya, mmg ribon itu NVH nya dirancang lebi baik drpd inofa seblom nya, terutama dr chassis, dan peredam
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by evanbngdor »

severmaya wrote: 20 Mar 2021, 09:06
evanbngdor wrote: 18 Mar 2021, 11:24
bensinsolar wrote: 18 Mar 2021, 09:54 Kalau isi bio solar pasti terasa hematnya.
Tp bwt saya pengguna ANF full Dex mirip2 sama mbl bensin OS isi selang seling Pertamax Pertabo.
Jalur yg sama OS bisa 1:13-14 juga kalau kaki agak sekolah, ternyata OS ga boros2 amat (60 tol : 40 dalkot).
Tp ya itu OS dikondisi saat ini lbh sering di 1:10 karena sering pedal to metal & ANF jarang pedal to metal karena ud tersalurkan di OS..
Apalagi kalo perbandingannya pertalite dan mobil baru.

Saya pernah bandingin 2KD saya sama xpander sodara, sama-sama dr Jakarta ke Solo, konvoi. Speed di tol ya 100-130 lah. Itu secara nominal full to full malah lebih sedikit biaya yg dikeluarkan pake xpander. Saya butuh 220rb biosolar, sodara pake xpander nya 185rb pertalite.

Faktor rasio gear juga sih yg bikin 2KD saya jd boros, cuma dapet 1:9-10an, sedangkan Xpander nya bisa 1:14-15an
2kd emang ga seirit yang saya kira, kirain diesel itu iritnya jauh sama bensin :big_dunno:
Cuma kok 2kd om boros bgt lukot cuma 1:10 ya, 2kd ortu itu masih dapet 1:12 rute Jakarta Jogja.
Beti sama qr25 saya, lukot rute sama ga pernah dibawah 1:11. Kecepatan juga rata rata 100-140. Tapi memang begitu dalkot ya cuma 1:6 apa 1:7, kalah telak sama 2kd.
Tergantung rute dan kondisi jalan yg dilewatin Om. Sebagai info, dulu sebelum ada trans jawa, itu saya pake 2KD manual jg dr TangSel full tank, sampe di Boyolali itu isi sekitar 45 literan, Tol cuma sampe cikampek, dan Semarang-Ungaran.

Sekarang lewat trans jawa, secara jarak mungkin jauh terpangkas bisa selisih 100km lebih, cuma ya sama aja sampe Boyolali itu isi sekitar segituan jg.

Kenapa bisa seperti itu, karena faktor rasio gear, di jalan non tol paling speed nya rata2 60-80, RPM stabil di 2000-2500 gear 5. Sedangkan kalo di tol, speed 100 aja RPM nya udah 2500 lebih, 120 itu 3000an, jelas lebih banyak bensin yg disembur. Itu yg bikin boros.

Beda cerita kalo 2KD yg matic, pasti jauh lebih irit dengan speed yg sama di tol
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: seberapa "irit" kah mobil diesel?

Post by kompresorz »

bensin gak bakal bisa lbih irit dr diesel...

liat aja rpm...

ini sudah ngesot bawanya sampe keluar tol nih...pedal ke karpet....langsung tekuk lemparin buntut....sesekali ktemu kawan nguber.....show off gitu cerita ne...

mobilnya ajib....walo mobil mak mak antar anak sekolah...tapi berasa sedan spek type r.... kaku kakinya...ky dipantek...

pigibak pula....jangan di uber yeee....krn gak senang liat mobil mamak mamak pedal ke karpet .... :big_weee:

klo trek lurus sama2 kik don...merk shir repair plisur standar sih...di makan...

asal jgn diatas 200....kalah mobil mamak mamak..ngaku aja yee mobil mamak kalah....
Screenshot_20210322-142923_Video Player.jpg
Screenshot_20210322-142923_Video Player.jpg (116.76 KiB) Viewed 333 times
Screenshot_20210322-142940_Video Player.jpg
Screenshot_20210322-142940_Video Player.jpg (117.89 KiB) Viewed 333 times
Screenshot_20210322-143037_Gallery.jpg
Screenshot_20210322-143037_Gallery.jpg (171.64 KiB) Viewed 333 times
Screenshot_20210322-143028_Gallery.jpg
Screenshot_20210322-143028_Gallery.jpg (173.46 KiB) Viewed 333 times
Screenshot_20210322-143232_Gallery.jpg
Screenshot_20210322-143232_Gallery.jpg (174.17 KiB) Viewed 333 times
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post