Review VW Tiguan Allspace 2019

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

evolution21 wrote: 03 Feb 2021, 19:53 Salam sesama pemilik tiguan um,
Kebetulan saya yg cbu masi 5 seater

Saat ini km udah 28rb

Awalnya cukup puas tp lama2 sedikit timbul rasa penasaran. Coba2 lah upgrade audio n chip
Pas km 20rb ane memutuskan pasang racechip

Pasang sendiri. Baca2 manual book tp agak bingung, kebetulan di youtube ada, lebih mudah dipahami

Tergolong cukup mudah pasangnya.

Berikut foto2nya

Lumayan tenaganya jd lebih enteng terutama buat jalan di tol, overtake di kecepatan tinggi lebih mudah
Masih mikir2 antara remap sama pasang tuning box ini om...
ada yg bisa share pro n con antara keduanya? yg jelas remap bikin warranty void yah?

sementara ini sih masih maenin di driving mode nya...
kl mo ugal2an pake SPORT...
kl kebelet pipis pake NORMAL....
kl mo ngehindarin tukang tagih utang pake COMFORT atau malah ECO sekalian :big_cry: :big_cry:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by benzz89 »

eriwow wrote:
evolution21 wrote: 03 Feb 2021, 19:53 Salam sesama pemilik tiguan um,
Kebetulan saya yg cbu masi 5 seater

Saat ini km udah 28rb

Awalnya cukup puas tp lama2 sedikit timbul rasa penasaran. Coba2 lah upgrade audio n chip
Pas km 20rb ane memutuskan pasang racechip

Pasang sendiri. Baca2 manual book tp agak bingung, kebetulan di youtube ada, lebih mudah dipahami

Tergolong cukup mudah pasangnya.

Berikut foto2nya

Lumayan tenaganya jd lebih enteng terutama buat jalan di tol, overtake di kecepatan tinggi lebih mudah
Masih mikir2 antara remap sama pasang tuning box ini om...
ada yg bisa share pro n con antara keduanya? yg jelas remap bikin warranty void yah?

sementara ini sih masih maenin di driving mode nya...
kl mo ugal2an pake SPORT...
kl kebelet pipis pake NORMAL....
kl mo ngehindarin tukang tagih utang pake COMFORT atau malah ECO sekalian :big_cry: :big_cry:
Imho berdasarkan sales ane di beres PIK, kalau mau pasang tuning box di tempat mereka, bisa bantu dipasangin kok. Mengenai warranty yah seharusnya void... hanya katanya mereka sih enggak kaku2 banget kok policynya, mereka tetap mempertimbangkan untuk kasih good will kalau kita dari awal beli mobil selalu service di tempat mereka.

DSG mechatronic good will bisa sampai 5 taon, meski warranty hanya 2 taon. Mereka tau sikon lalin di indo sini yang kurang ramah buat DSG mereka yang dry clutch. Kalau yang wet clutch sih robust lah yah karena dipakai di kelas GTI.

Yah namanya mobil pewe ini semi hobby, komunitasnya juga di support oleh beres, mau gak mau beres harus bisa akomodasi apa2 aja yang menjadi kebutuhan komunitasnya. Stage 1 sampai stage 3 sampai yang [cencored] yah servicenya disana2 juga.

Harusnya sih mereka sudah taulah batasan2 aman tunning box untuk daily drive sekedar menambah sisi fun to drivenya si tiguan all space. Gak usah sampai stage 1 juga sudah enak banget harusnya.

Mechatronic juga mereka up-date terus kok softwarenya. Asalkan rutin service di tempat mereka harusnya sih amanlah pasang tunning box di pewe, tapi kalau remap diluar yah ane gak tau deh gimana good will nya.

Ini sih berdasarkan kata sales ane yah yang di PIK, coba aja om konsul mengenai hal ini di beres tempat biasa om service, bagusnya lagi kalau om belinya di beres itu juga, jadi historicalnya jelas, karena beres pewe blom online deh satu sama lainnya setau ane yah, ntah kalau saat ini sudah saling connect.
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

Thanks om benzz buat infonya... sangat membantu sekali.
Nanti pas service 10k coba nanya ke SA nya kl mo pasang TB. Saya sempet ngobrol sama SA yg di BSD (karena ambil unit disana) soal TB ini... emang kata dia sih cincay lah asal pasang di beres ajah dan banyak unit udah dipasangin juga so far gak pernah ada masalah.... nah saya belom sempet follow up keburu ditutup itu bengkel.

Memang sih gak ngejar buat kebut2an karena gimanapun ini SUV...hanya penasaran ajah ama performa enjinnya yg saya pikir ini enjin bisa lebih garang, bisa lebih fun to drive buat ngimbangin DSG nya.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by benzz89 »

eriwow wrote:Thanks om benzz buat infonya... sangat membantu sekali.
Nanti pas service 10k coba nanya ke SA nya kl mo pasang TB. Saya sempet ngobrol sama SA yg di BSD (karena ambil unit disana) soal TB ini... emang kata dia sih cincay lah asal pasang di beres ajah dan banyak unit udah dipasangin juga so far gak pernah ada masalah.... nah saya belom sempet follow up keburu ditutup itu bengkel.

Memang sih gak ngejar buat kebut2an karena gimanapun ini SUV...hanya penasaran ajah ama performa enjinnya yg saya pikir ini enjin bisa lebih garang, bisa lebih fun to drive buat ngimbangin DSG nya.
Beneran tutup yah om beres yang di BSD? Terakhir ane service disana sih, ambil unit di PIK. Terakhir kesana malah lagi di renov itu showroomnya & si bule germannya pas lagi datang liat2 ke sana juga.

Rame kalau ane liat bengkelnya mah... karena yang di tangerang dan sekitarnya yah service ke sana semuanya, sayang sekali di tutup yah jadi jauh yang punya pewe kalau mau service harus ke jakarta.

Kalau dulu sih ane di golf mk7 tsi sudah merasa lebih dari cukuplah tenaganya karena body & ban nya kecil, tapi kalau di tiguan memang bisa ane rasakan power to weight rationya berkurang. Ane juga sudah pernah tes drive tiguan all space ini, memang lebih asyik sih di tambah tunning box om hehehe... (racun mode on).

Kalau mau up grade2 tenaga yah ke beres yang di PIK lah om, cari Pak Maryono kepala bengkelnya, itu sudah bangkotan nya disana, banyak yang dari beres pewe lain kalau sudah mentok yah larinya pada ke beres PIK, jangan sampai bubar aja deh itu beres PIK kaya yang di BSD, makin berkurang aja antusiasme orang mau pakai merek ini.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 03 Sep 2014, 12:49

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by wekiweko »

salken dari sesama pengguna om eriwow. Untuk bengkel selain PIK bisa juga ke Puri Indah, MT Haryono atau TB Simatupang om. Semoga bisa saling sharing juga om wkwkwkwk
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

wekiweko wrote: 04 Feb 2021, 14:41 salken dari sesama pengguna om eriwow. Untuk bengkel selain PIK bisa juga ke Puri Indah, MT Haryono atau TB Simatupang om. Semoga bisa saling sharing juga om wkwkwkwk
Salam kenal juga om... banyak juga ternyata yg punya Tiguan di sini jadi bisa berbagi pengalaman.
Udah pernah ke bengkel yg TB Simatupang atau MT haryono kah Om? apa sudah online datanya sama bengkel VW yg lain om? KL PIK sama Kemayoran saya pernah cek, mereka sudah online. jadi tinggal input no mobil keluar semua datanya. Waktu dulu tanya ke SA yg BSD, memang dianjurinnya ke bengkel VW yg di PIK atau kl gak yg di Kemayoran.

Kl emang bisa di MT haryono khan enak banget... deket rumah.
chikiciuw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 25 Mar 2015, 12:48

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by chikiciuw »

gadjahalphien wrote: 03 Feb 2021, 09:16
chikiciuw wrote: 02 Feb 2021, 23:03 Nice review om...
sekedar tambahan beres VW di Kemayoran juga ada.. ane suka kesana.. tempatnya agak kecil. Tapi so far oke juga disana..
Um, gmana damage cost untuk service ringan di beres vs autoservice?
Tentu lebih mahal di beres.. hahaha biasanya biaya jasa nya yg mahal plus tax segala 🤣..
A3 nya udah kelar restore om?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by arfs »

benzz89 wrote: 04 Feb 2021, 12:04 Imho berdasarkan sales ane di beres PIK, kalau mau pasang tuning box di tempat mereka, bisa bantu dipasangin kok. Mengenai warranty yah seharusnya void... hanya katanya mereka sih enggak kaku2 banget kok policynya, mereka tetap mempertimbangkan untuk kasih good will kalau kita dari awal beli mobil selalu service di tempat mereka.

DSG mechatronic good will bisa sampai 5 taon, meski warranty hanya 2 taon. Mereka tau sikon lalin di indo sini yang kurang ramah buat DSG mereka yang dry clutch. Kalau yang wet clutch sih robust lah yah karena dipakai di kelas GTI.

Yah namanya mobil pewe ini semi hobby, komunitasnya juga di support oleh beres, mau gak mau beres harus bisa akomodasi apa2 aja yang menjadi kebutuhan komunitasnya. Stage 1 sampai stage 3 sampai yang [cencored] yah servicenya disana2 juga.

Harusnya sih mereka sudah taulah batasan2 aman tunning box untuk daily drive sekedar menambah sisi fun to drivenya si tiguan all space. Gak usah sampai stage 1 juga sudah enak banget harusnya.

Mechatronic juga mereka up-date terus kok softwarenya. Asalkan rutin service di tempat mereka harusnya sih amanlah pasang tunning box di pewe, tapi kalau remap diluar yah ane gak tau deh gimana good will nya.

Ini sih berdasarkan kata sales ane yah yang di PIK, coba aja om konsul mengenai hal ini di beres tempat biasa om service, bagusnya lagi kalau om belinya di beres itu juga, jadi historicalnya jelas, karena beres pewe blom online deh satu sama lainnya setau ane yah, ntah kalau saat ini sudah saling connect.
Yang ane bold, jadi inget kemarin pas nonton vlog nya sonny willim sama mekanik beresnya VW PIK dibercandain kalau beres VW PIK itu sebetulnya bengkel racing berkedok bengkel resmi (Just for jokes) :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 03 Sep 2014, 12:49

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by wekiweko »

eriwow wrote: 04 Feb 2021, 17:02
wekiweko wrote: 04 Feb 2021, 14:41 salken dari sesama pengguna om eriwow. Untuk bengkel selain PIK bisa juga ke Puri Indah, MT Haryono atau TB Simatupang om. Semoga bisa saling sharing juga om wkwkwkwk
Salam kenal juga om... banyak juga ternyata yg punya Tiguan di sini jadi bisa berbagi pengalaman.
Udah pernah ke bengkel yg TB Simatupang atau MT haryono kah Om? apa sudah online datanya sama bengkel VW yg lain om? KL PIK sama Kemayoran saya pernah cek, mereka sudah online. jadi tinggal input no mobil keluar semua datanya. Waktu dulu tanya ke SA yg BSD, memang dianjurinnya ke bengkel VW yg di PIK atau kl gak yg di Kemayoran.

Kl emang bisa di MT haryono khan enak banget... deket rumah.
Saya ke yang TB simatupang cuma numpang nempel dudukan plat nomor aja om wkwkwk. Ambil dari puri tapi servis di PIK (dari sejak bawa Mk.7 2014-2019 udah servis di sana walau ambilnya dari MT Haryono). Kemarin pas servis pertama kan kata sales saya perlu register dulu ya, ternyata datanya udah ada juga di bengkel PIK jadi sepertinya sudah online yah (I would assume kalau mobil dari dealer puri datanya udah masuk di bengkel PIK, yang lain mungkin juga demikian)

Kalau pengalaman ke bengkel VW lain untuk bener2 servis sih saya belum pernah om, somehow lebih prefer ke PIK selain karena udah tau SA nya juga di PIK pas mobil diservis bisa ditinggal kulineran wkwkwk
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by lamatlancah »

mau nanya apa ada yg bisa bantu cara aktivasi high beam assist ?

saya sudah coba cara dari manual booknya tapi kok engga bisa2.
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

Ada bbrp kondisi buat high beam ini
1. Gak ada org/benda di depan
2. Kl gak salah minimum kecepatan itu sktr 40kpj

Punya saya udah bawaan otomatis maen sendiri itu high beam... kl papasan dgn mobil didepan lgsg ke normal. Mobil lewat hidup lagi secara otomatis hidup lg high beam
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by lamatlancah »

eriwow wrote: 07 Feb 2021, 10:12 Ada bbrp kondisi buat high beam ini
1. Gak ada org/benda di depan
2. Kl gak salah minimum kecepatan itu sktr 40kpj

Punya saya udah bawaan otomatis maen sendiri itu high beam... kl papasan dgn mobil didepan lgsg ke normal. Mobil lewat hidup lagi secara otomatis hidup lg high beam

kalau yg saya baca di buku manual, main beam control harus secara manual diaktifasi oleh user sebelum mobil dikendarai.
dan kalau sudah aktif akan ada tanda seperti main beam ON disertai huruf A pada iconnya.

nah saya sudah coba aktifasi tapi yg muncul cuma icon high beam doang, tanpa ada huruf A yang menandakan auto high beam is ON.
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: 28 Sep 2015, 23:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by BrianK3 »

benzz89 wrote: 04 Feb 2021, 13:20 Beneran tutup yah om beres yang di BSD? Terakhir ane service disana sih, ambil unit di PIK. Terakhir kesana malah lagi di renov itu showroomnya & si bule germannya pas lagi datang liat2 ke sana juga.

Rame kalau ane liat bengkelnya mah... karena yang di tangerang dan sekitarnya yah service ke sana semuanya, sayang sekali di tutup yah jadi jauh yang punya pewe kalau mau service harus ke jakarta.

Kalau dulu sih ane di golf mk7 tsi sudah merasa lebih dari cukuplah tenaganya karena body & ban nya kecil, tapi kalau di tiguan memang bisa ane rasakan power to weight rationya berkurang. Ane juga sudah pernah tes drive tiguan all space ini, memang lebih asyik sih di tambah tunning box om hehehe... (racun mode on).

Kalau mau up grade2 tenaga yah ke beres yang di PIK lah om, cari Pak Maryono kepala bengkelnya, itu sudah bangkotan nya disana, banyak yang dari beres pewe lain kalau sudah mentok yah larinya pada ke beres PIK, jangan sampai bubar aja deh itu beres PIK kaya yang di BSD, makin berkurang aja antusiasme orang mau pakai merek ini.
Cuma temporary, sudah buka lagi skrg. By the way service di BSD OK nggak sih? Selama ini biasa di PIK tapi jauh juga dari TangSel.

Saya baru pakai Tiguan juga sekitar 1 tahunan, very underrated car. Kalau sudah bawa ini jadi males balik ke Japanese lagi. :big_biglaugh:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by benzz89 »


BrianK3 wrote:
benzz89 wrote: 04 Feb 2021, 13:20 Beneran tutup yah om beres yang di BSD? Terakhir ane service disana sih, ambil unit di PIK. Terakhir kesana malah lagi di renov itu showroomnya & si bule germannya pas lagi datang liat2 ke sana juga.

Rame kalau ane liat bengkelnya mah... karena yang di tangerang dan sekitarnya yah service ke sana semuanya, sayang sekali di tutup yah jadi jauh yang punya pewe kalau mau service harus ke jakarta.

Kalau dulu sih ane di golf mk7 tsi sudah merasa lebih dari cukuplah tenaganya karena body & ban nya kecil, tapi kalau di tiguan memang bisa ane rasakan power to weight rationya berkurang. Ane juga sudah pernah tes drive tiguan all space ini, memang lebih asyik sih di tambah tunning box om hehehe... (racun mode on).

Kalau mau up grade2 tenaga yah ke beres yang di PIK lah om, cari Pak Maryono kepala bengkelnya, itu sudah bangkotan nya disana, banyak yang dari beres pewe lain kalau sudah mentok yah larinya pada ke beres PIK, jangan sampai bubar aja deh itu beres PIK kaya yang di BSD, makin berkurang aja antusiasme orang mau pakai merek ini.
Cuma temporary, sudah buka lagi skrg. By the way service di BSD OK nggak sih? Selama ini biasa di PIK tapi jauh juga dari TangSel.

Saya baru pakai Tiguan juga sekitar 1 tahunan, very underrated car. Kalau sudah bawa ini jadi males balik ke Japanese lagi. :big_biglaugh:
Wah goodlah kalau cuman temporary, makanya ane bingung kok tutup? Setau ane baru di renov & rame itu bengkelnya, the one & only beres VW di tangerang.

Kalau cuman service rutin & sudah online antara PIK & BSD mah mending di BSD aja om, kecuali mau yang "aneh2" yah ke bolehlah ke PIK.

Buat ane sih dulu cuman service rutin yah oke2 aja sih, cuman memang gak sebagus PIK lah beresnya, ntah sekarang setelah renov yah.
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 06 Feb 2021, 18:16
Location: Tangerang Selatan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by sbm22 »

BrianK3 wrote: 12 Feb 2021, 01:33
Cuma temporary, sudah buka lagi skrg. By the way service di BSD OK nggak sih? Selama ini biasa di PIK tapi jauh juga dari TangSel.
Saya hari ini servis rutin 20rb km VW Polo di bengkel VW BSD. Layanannya standar dan ok-ok saja untuk servis rutin. Booking via whatsapp atau website sebelum hari H servis. Saat di bengkel diberi estimasi apa saja yang perlu diservis/ganti dan perkiraan ongkos. Mobil tidak perlu ditungguin (bisa ditinggal makan/jalan-jalan) dan saat selesai servis saya langsung di-telpon untuk pengambilan mobil.
Kalau untuk servis rutin dan fast moving parts menurut saya ok saja.

Mungkin kalau onderdilnya bukan yg fast moving, kita perlu inden dulu 1-2 minggu.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by Mkresnap »

Sebenernya mobil vw group enak enak, tapi sayang yang di indonesia tinggal polo sama tiguan, polo juga yang lama gen baru belum masuk, padahal keren banget gen barunya
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 06 Feb 2021, 18:16
Location: Tangerang Selatan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by sbm22 »

Mkresnap wrote: 13 Feb 2021, 19:11 Sebenernya mobil vw group enak enak, tapi sayang yang di indonesia tinggal polo sama tiguan, polo juga yang lama gen baru belum masuk, padahal keren banget gen barunya
Bisa jadi nanti yg dimasukkan ke Indonesia bukan vw Polo New gen. Mungkin yg bakal datang vw Taigun, compact suv-nya vw untuk pasar asia pasifik.
w168
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 23 Sep 2015, 04:47

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by w168 »

Hai para pecinta VW,

Kebetulan aki si rocco udah waktunya ganti, terpikir upsize daya yg agak gedean karena ada instalasi audio.
Adakah rekomendasi merk aki diluar produk bengkel resmi?
Bhazi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 08 Apr 2019, 21:26
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Chevrolet Trax

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by Bhazi »

Salam kenal sesama pengguna Tiguan All Space.
Moga2 makin banyak populasi kendaraannya dan Beres-nya juga nambah banyak ya..
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 03 Sep 2014, 12:49

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by wekiweko »

w168 wrote: 13 Feb 2021, 21:02 Hai para pecinta VW,

Kebetulan aki si rocco udah waktunya ganti, terpikir upsize daya yg agak gedean karena ada instalasi audio.
Adakah rekomendasi merk aki diluar produk bengkel resmi?
Hi om saya dulu pas pake Mk.7 ganti aki bawaan pabrik dengan varta om. pesen di toko langganan namanya cakra motor, mereka kirim ke tempat tinggal kita untuk ganti
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

Tidak terasa ternyata sudah hampir setahun si Tiggy menjadi anggota keluarga besar.
Mulai tanggal 17 Maret kemarin di odo sekitar 8500an, si Tiggy mulai ngasih warning bahwa sudah waktunya ganti oli. Bulan madu di tahun awal dilalui dengan aman dan alhamdulillah tidak ada drama sama sekali. Selama ini hanya saya dan istri yang pakai mobil ini jadi semua lebih terkontrol dalam hal pemakaian. Semoga bulan madunya berlanjut tanpa drama yg menguras airmata dan tabungan. Dan semoga bisa menjadi seperti merek Toyota yang sanggup menjaga tabungan pemiliknya untuk tidak mengalir keluar dengan deras. :big_love: :big_love:

Mobil ini belum ada modifikasi apapun baik untuk ekterior dan interior juga di mesin. Sepertinya akan tetap dibuat seperti ini entah sampai kapan. Yang paling dekat mungkin kepikiran untuk beli Tuning Box APR untuk ningkatin performa mesin sedangkan buat remap ke om Bebonk masih belum berani. he...he...he...
Beberapa barang/asesoris yg saya beli di AliCepat karena memang khusus dibuat untuk Tiguan:
1- Screen protector/anti gores buat MID dan HU. Ukurannya presisi sehingga nyaris tidak kelihatan dan juga tidak berpengaruh ke sensivity nya touch Screen di HU.
2. Extra tray buat di Glove box karena kompartemennya terlalu dalam. Lumayan buat narok pritilan kecil2.
3. Beli OBDII scanner merek Ancel. Ini hanya buat iseng2 ajah. Hanya sekedar buat "nice to know''' :big_smile]
4. Ancel Battery tester. Ini akibat nonton DiagnosticDan yg katanya buat mobil VW, kelistrikan yg sehat andalah kunci dari awet atau tidaknya sensor2 yg ada di mobil. Kelistrikan yg sehat dimulai dari battery yg sehat. Jangan sampai aki sampai tekor atau kinerjanya berkurang. Aki Tiguan sendiri memakai merek Varta yg AMG 52Ah. Setelah satu tahun dipakai, kondisinya masih 100% menurut battery tester. Entah bener atau gak he..he..he..
5. Kaca film depan saya ganti pakai Chyrsalline 40 karena bawaan dari dealer gak jelas 3M jenis apa (katanya BB sih). Sementara SKKB saya lapisin lagi (di dobel) jadi dari aslinya 60% naik ke 70%.
Tiguan.jpg
Tiguan.jpg (50.25 KiB) Viewed 1834 times

Baru sempet meluncur ke VW BSD buat servis di tanggal 26 Maret karena faktor kesibukan dan rasa malas yg lumayan besar.
Tidak ada keluhan ataupun anomali di mobil ini. Masuk bengkel intinya hanya sekedar ganti oli dan pengecekan keseluruhan system yang semuanya masih berjalan normal. Sekalian juga apdet software ECU ke versi yg terbaru.

Oli yg dipake Mobil Super 3000 5W-40 (502.00) bukan Oli sultan2 amat... tapi karena ini Beres maka harganya melonjak 2x lipat.
Sempet baca untuk tagihan service di 10000km itu diangka 2.89jt sahaja.... :big_cry: untung semua masih gratis.
Mobil Super 3000.jpg
Mobil Super 3000.jpg (48.92 KiB) Viewed 1834 times
Sempet nanya beberapa hal seperti:
1- Cruise Control apakah bisa di apgret jadi Adaptive ... jawabannya tidak bisa karena sudah diluar dari spek :big_slap:
2- Apakah bisa munculin atau mindahin Google Map di MID atau daripada hanya muncul di HU saja.... jawabannya tidak bisa karena itu bukan speknya Tiguan untuk pasar Indonesia.... again :big_slap:
3- Apakah bisa air circulation valve ditutup permanen karena sedikit annoying setiap nyalain mesin selalu harus mencet itu switch.... jawabannya tidak bisa karena sudah regulasi dr VW nya.
4- Apakah brake pad buat roda depan dan belakang berbeda bahannya karena velg bagian depan cepat sekali kotornya sedangkan yg belakang normal2 aja. Jawabannya adalah depan dan belakang bahannya sama. yg berbeda hanya beban kerja. Bagian depan lebih berat kerjanya sehingga residunya lebih banyak... :big_biglaugh: :big_biglaugh: Semua mobil jaman sekarang FWD semua bapak... tapi gak ada yg seperti si Tiggy ini.
***** note: next servis mau coba ke PIK. Moga2 mereka bisa kasih solusi yg menyenangkan pemakai mobil VW ini****

Selesai servis besoknya langsung dipake buat ke Jogja karena kebetulan ada urusan disana sekalian ajak jalan2 keluarga.
Nah sambil menyelam minum air, saya ingin menuntaskan rasa penasaran soal seberapa handal ini mobil kalau digeber di rpm tinggi untuk waktu yg cukup lama karena sewaktu dipake ke Bali kemarin masih ada perasaan gak yakin dan juga sayang karena masih inreyen jadi masih takut2 mau disiksa.
Etape pertama adalah di segmen Semarang-Boyolali/Klaten yg kontur jalurnya naik turun tetapi kualitas jalannya relatif mulus. Etape selanjutnya ketika jalan pulang di segmen Ungaran selepas rest area km 456 sampai dengan Kanci-Pejagan.
Kesannya sama seperti sebelumnya... Ini mobil torsi maksimalnya di putaran bawah dan di putaran atas berasa ngempos,. .
Ada dua faktor mungkin yg jadi alasan:
1. Transmisi memang sengaja disetting seperti ini untuk ngejar FC yg rendah karena seperti yg saya bilang sebelumnya transmisi ini terlalu cepat untuk berpindah gigi ke gigi yg lebih tinggi. Sehingga sampai satu titik ketika kita membutuhkan tenaga jadi terasa seperti nge-lag, nunggu shift -down dulu yg mana ada jeda bbrp saat walaupun saya kick-down. Hal ini masih bisa saya akalin dengan menggunakan mode Sport tapi efek negatifnya suspensi menjadi sangat ridgid. Untuk ruas Semarang - Boyolali tidak terlalu menyiksa tetapi di ruas Semarang - Pejagan sangat berasa karena kondisi jalan yg tidak bagus terutama di setiap sambungan jembatan.
2. Ciri khas mesin turbo dan juga mungkin memang karateristik 1.4 TSI yg tidak memungkinan punya torsi yg merata di semua putaran. Bukan tipe yg saya sukai sebenernya karena saya lebih suka mesin dengan karateristik yg maksimum torsinya ada diputaran atas sehingga terasa nafasnya lebih panjang.

Kesan lainnya adalah nyali dan stamina saya gak sanggup untuk ngelayani duo penguasa JavaBahn...Entah punya ilmu apa kok mereka bisa kuat nyetir dengan kecepatan tinggi dengan rentang waktu yg cukup lama di jalan yg tidak mulus.... :big_cry: :big_cry:

Selama pemakaian di jalan tol average FC ketika cruising di 110-120kpj itu dapet sekitar 14.5km/l dan suhu oli maksimal di sekitar 105degC. Ada sedikit yg menarik soal temperatur oli ini... ketika dipake bulan desember kemarin, rerata temperature ketika dipake cruising di 110-120kpj bisa mencapai 112degC sedangkan kmrn ketika digeber hanya maksimum di 107degC. Sama2 di siang menjelang sore hari. Entah ini karena pengaruh oli yg masih baru atau merek oli yg berbeda.

Oh ya ada satu fitur yg saya sukai di Tiggy ini, yaitu alarm untuk mengingatkan kita agar beristirahat ketika kita sudah nyetir non-stop melebihi 3-4jam. Saya masih kurang yakin ini berdasarkan waktu atau jarak. Kemarin alarm itu bunyi di tol Cipali setelah berkendara kurleb 3-4 jam dimana waktu mulai perjalanan dari rest area km 456 selepas maghrib. Ini bagus untuk keamanan pengemudi dan juga kendaraan. :big_okay:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by evolution21 »

saya baru ngerasain gejala aki lemah
dari pembelian 2018
2021 maret, brarti 2.5 tahun
pas start terasa berat. untungnya ga sampe gagal start (mogok)

ganti aki di tempat aki biasa
pas sesudah ganti aki sempet terjadi audio semua ga nyala (termasuk radio), menu headunit seperti kena resert , harus masuk2in data profile, tanggal dll lagi

selisih 1 hari tiba2 udah normal semua termasuki audionya, padahal ga diapa2in
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 03 Sep 2014, 12:49

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by wekiweko »

eriwow wrote: 03 Apr 2021, 08:13
Selesai servis besoknya langsung dipake buat ke Jogja karena kebetulan ada urusan disana sekalian ajak jalan2 keluarga.
Nah sambil menyelam minum air, saya ingin menuntaskan rasa penasaran soal seberapa handal ini mobil kalau digeber di rpm tinggi untuk waktu yg cukup lama karena sewaktu dipake ke Bali kemarin masih ada perasaan gak yakin dan juga sayang karena masih inreyen jadi masih takut2 mau disiksa.
Etape pertama adalah di segmen Semarang-Boyolali/Klaten yg kontur jalurnya naik turun tetapi kualitas jalannya relatif mulus. Etape selanjutnya ketika jalan pulang di segmen Ungaran selepas rest area km 456 sampai dengan Kanci-Pejagan.
om mau nanya dong pas dibawa ke Bali gampang ga nyari SPBU yang ada Pertabo? ini lewat rute tol only atau gonta ganti rute non tol? kepikiran juga nyoba bawa road trip ke Bali tapi suka mules mikir gampang ngga nya nyari SPBU yang ada Pertabo nya wkwkwkwk
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by eriwow »

Sepanjang jalan sampai banyuwangi sih aman pertabo om... hanya pas di bali agak susah dapetinnya. Setelah keliling daerah kuta sama nanya2 ke petugas pom bensin diikasih tau hanya ada satu spbu yg nyetok pertabo di daerah Sanur. Kl dari arah kuta ngelewatin rumah sakit bali mandara kira2 2km, terus puter balik.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Review VW Tiguan Allspace 2019

Post by iwansiagian »

wekiweko wrote:
eriwow wrote: 03 Apr 2021, 08:13
Selesai servis besoknya langsung dipake buat ke Jogja karena kebetulan ada urusan disana sekalian ajak jalan2 keluarga.
Nah sambil menyelam minum air, saya ingin menuntaskan rasa penasaran soal seberapa handal ini mobil kalau digeber di rpm tinggi untuk waktu yg cukup lama karena sewaktu dipake ke Bali kemarin masih ada perasaan gak yakin dan juga sayang karena masih inreyen jadi masih takut2 mau disiksa.
Etape pertama adalah di segmen Semarang-Boyolali/Klaten yg kontur jalurnya naik turun tetapi kualitas jalannya relatif mulus. Etape selanjutnya ketika jalan pulang di segmen Ungaran selepas rest area km 456 sampai dengan Kanci-Pejagan.
om mau nanya dong pas dibawa ke Bali gampang ga nyari SPBU yang ada Pertabo? ini lewat rute tol only atau gonta ganti rute non tol? kepikiran juga nyoba bawa road trip ke Bali tapi suka mules mikir gampang ngga nya nyari SPBU yang ada Pertabo nya wkwkwkwk
Kalo sepanjang tol trans Jawa sihh aman kok om.
Kalo di Bali saya biasanya isi di jl Hayam Wuruk Denpasar yang Pertamina COCO.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post