Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by anadzir »

Salam untuk semua, pendahuluan dulu ya..

Sebelumnya sy pengguna anps dengan piggyback, akhirnya anps dijual diganti dengan Prado 2013. Yang dirasakan sekarang untuk jalanan menanjak sangat boyo tenaganya, kalau untuk city driving cukup. Solusi sekarang pakai pertabo, lumayan improve tenaganya.

Ada bayangan pasang piggyback (sy ada nganggur bekas mobil bensin non turbo) dan konfirm dituner bisa dipasang, tapi gosipnya kenaikan performa gak akan signifikan(?). Oh iya, piggyback anps sudah dipindah ke anf.

Nah, bagaimana cara pas untuk up performa 2TR-FE dengan price to value yg berimbang? Kalau bisa plus budgetnya. Up performa mksd saya ini real by data ya, bukan butt dyno atau barang omongan reviewer otomotif bayaran..

Thanks beforehand :big_deal:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by maastricht889 »

Maaf om, belum pernah coba beginian. Nggak lirik ke remap aja om ke mbah bebonk? 2TR 2.7 di fortuner lama sama 1TR 2.0 di innova lama bs diremap
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by anadzir »

erwinign wrote: Tue Apr 06, 2021 7:08 Maaf om, belum pernah coba beginian. Nggak lirik ke remap aja om ke mbah bebonk? 2TR 2.7 di fortuner lama sama 1TR 2.0 di innova lama bs diremap
dah ada piggyback nganggur om, sy lebih nyaman pakai piggyback :big_smile]
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by doge »

by design ini mesin reliability sm affordability oriented sih.. (sori bkn ngejek, tp prado 2.7 itu tipe mesin terendah prado; tau sndiri lah namanya tipe bwh mau bagus segimana jg) jd performance pasti g msk itungan...

mesin petrol N/A emg gbs naik banget... biasa sekitar 10% itu udh bagus... krn design approach mesin N/A sm turbo beda jauh... apalagi turbodiesel
----
bnernya ada turbo/supercharger kit bwt 2TR (ini mesin jg dipake di US untungnya (tyt tacoma 2.7) ; jd ada yg ngulik jg); mahal sih... pasti puluhan jt... 30+jt mungkin? blm lg reliability pasti nurun...

klo yg price to performance ok... imo drpd ruwet" modif sana sini mending gnti bpkb sih haha

aku krg tw tp prado yg msk indo mesin apa aja; tp bwt gambaran kasar, klo mmg ada di indo cb cri prado 1kd ato klo harus banget petrol, tp cc gede gpp cri yg mesin 4.0 v6 (1GR-FE)
:ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by KielConstantine »

Yup.. paling bener install supercharger. Biasa pake HKS punya.
Remap / pasang pigiback cuma nolong sikit aja.. Coz ini mesin N/A ..

Masih minim info ane jg urusan bginian... Coba kontek Rev Engineering atau XS Automotive.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by jessboy »

anadzir wrote: Tue Apr 06, 2021 7:05 Salam untuk semua, pendahuluan dulu ya..

Sebelumnya sy pengguna anps dengan piggyback, akhirnya anps dijual diganti dengan Prado 2013. Yang dirasakan sekarang untuk jalanan menanjak sangat boyo tenaganya, kalau untuk city driving cukup. Solusi sekarang pakai pertabo, lumayan improve tenaganya.

Ada bayangan pasang piggyback (sy ada nganggur bekas mobil bensin non turbo) dan konfirm dituner bisa dipasang, tapi gosipnya kenaikan performa gak akan signifikan(?). Oh iya, piggyback anps sudah dipindah ke anf.

Nah, bagaimana cara pas untuk up performa 2TR-FE dengan price to value yg berimbang? Kalau bisa plus budgetnya. Up performa mksd saya ini real by data ya, bukan butt dyno atau barang omongan reviewer otomotif bayaran..

Thanks beforehand :big_deal:
prado dgn kapasitas mesin 2.700 cc gak kuat nanjak :big_dunno:
perlu dituneup kali om :big_think:
masa kalah sama mobil avanza yg cuma 1.300 cc :big_biglaugh:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by bsetiawan »

2TR mau nampol disupercharge:
URD2TRTQ.jpg
https://urdusa.com/urd-mk3-supercharger ... -cylinder/
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by Leonhart »

Harusnya ambil yg 1KD om
Dijamin nampol

Temen ane pake yg 1KD 2014
Sampe skrg msh enteng nanjak ataupun mau lari 200 di tol

Minum jg biosolar aja gocengan
Filsol aja 3-4 bulan sekali ganti

Kaki2 masih senyap
Rattle minim (ada dikit)
Mesin msh enak
Transmisi msh sehat
Kaki2 90% msh ok

Padahal odo udah 150rb KM

Gk tau bakalan rusak gk tuh mobil
Badak bgt

Cuma minus di handling dia aja
Doi blg klo handling lbh enak mazda cx3 doi jauhh

Ya iyalah ladder frame vs monocoque
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by vanosz »

Leonhart wrote: Tue Apr 06, 2021 19:31 Harusnya ambil yg 1KD om
Dijamin nampol

Temen ane pake yg 1KD 2014
Sampe skrg msh enteng nanjak ataupun mau lari 200 di tol

Minum jg biosolar aja gocengan
Filsol aja 3-4 bulan sekali ganti

Kaki2 masih senyap
Rattle minim (ada dikit)
Mesin msh enak
Transmisi msh sehat
Kaki2 90% msh ok

Padahal odo udah 150rb KM

Gk tau bakalan rusak gk tuh mobil
Badak bgt

Cuma minus di handling dia aja
Doi blg klo handling lbh enak mazda cx3 doi jauhh

Ya iyalah ladder frame vs monocoque
prado kan truk

cx 3 mobil

cx 3 cocoknya sama yaris gr kynya om
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by vanosz »

jessboy wrote: Tue Apr 06, 2021 13:24
anadzir wrote: Tue Apr 06, 2021 7:05 Salam untuk semua, pendahuluan dulu ya..

Sebelumnya sy pengguna anps dengan piggyback, akhirnya anps dijual diganti dengan Prado 2013. Yang dirasakan sekarang untuk jalanan menanjak sangat boyo tenaganya, kalau untuk city driving cukup. Solusi sekarang pakai pertabo, lumayan improve tenaganya.

Ada bayangan pasang piggyback (sy ada nganggur bekas mobil bensin non turbo) dan konfirm dituner bisa dipasang, tapi gosipnya kenaikan performa gak akan signifikan(?). Oh iya, piggyback anps sudah dipindah ke anf.

Nah, bagaimana cara pas untuk up performa 2TR-FE dengan price to value yg berimbang? Kalau bisa plus budgetnya. Up performa mksd saya ini real by data ya, bukan butt dyno atau barang omongan reviewer otomotif bayaran..

Thanks beforehand :big_deal:
prado dgn kapasitas mesin 2.700 cc gak kuat nanjak :big_dunno:
perlu dituneup kali om :big_think:
masa kalah sama mobil avanza yg cuma 1.300 cc :big_biglaugh:
wahh bensin bobot truk sih susah lari cepat walo cc gede

klo avanza mah terbukti larinya ky org diuber dogi


ane punya avanza 1.3 matik taun 2017 baru keluar sowrom langsung di tol jakarta gas ampir 170 enteng aja tol jkt naik turun

gak tau top speed berapa.siang jalan rame.itu aja berasa alay kanan kiri br punya mobil kt orang
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by anadzir »

doge wrote: Tue Apr 06, 2021 7:38 by design ini mesin reliability sm affordability oriented sih.. (sori bkn ngejek, tp prado 2.7 itu tipe mesin terendah prado; tau sndiri lah namanya tipe bwh mau bagus segimana jg) jd performance pasti g msk itungan...

mesin petrol N/A emg gbs naik banget... biasa sekitar 10% itu udh bagus... krn design approach mesin N/A sm turbo beda jauh... apalagi turbodiesel
----
bnernya ada turbo/supercharger kit bwt 2TR (ini mesin jg dipake di US untungnya (tyt tacoma 2.7) ; jd ada yg ngulik jg); mahal sih... pasti puluhan jt... 30+jt mungkin? blm lg reliability pasti nurun...

klo yg price to performance ok... imo drpd ruwet" modif sana sini mending gnti bpkb sih haha

aku krg tw tp prado yg msk indo mesin apa aja; tp bwt gambaran kasar, klo mmg ada di indo cb cri prado 1kd ato klo harus banget petrol, tp cc gede gpp cri yg mesin 4.0 v6 (1GR-FE)
Worth sih kalo kisaran 30jt plus, apalagi biaya facelift model 2015 paling murah bisa 35jtan. Finishingnya juga meh..

Jarang sepertinya IU yang mau masukin 1GR atau dieselnya, mungkin perihal pajak mobil cc besar makanya yg masuk kebanyakan versi 2TR. Kalo dipaksa masuk sepertinya harga bakal mepet sama LC200 ATPM.

Jadi agak fanatik sm mesin bensin, haluss dibanding anps dulu, apalagi diesel commonrail kalau dipasang piggy suaranya jadi makin kasar.
KielConstantine wrote: Tue Apr 06, 2021 12:31 Yup.. paling bener install supercharger. Biasa pake HKS punya.
Remap / pasang pigiback cuma nolong sikit aja.. Coz ini mesin N/A ..

Masih minim info ane jg urusan bginian... Coba kontek Rev Engineering atau XS Automotive.
Noted om, thanks referensinya!
Leonhart wrote: Tue Apr 06, 2021 19:31 Harusnya ambil yg 1KD om
Dijamin nampol

Temen ane pake yg 1KD 2014
Sampe skrg msh enteng nanjak ataupun mau lari 200 di tol

Minum jg biosolar aja gocengan
Filsol aja 3-4 bulan sekali ganti

Kaki2 masih senyap
Rattle minim (ada dikit)
Mesin msh enak
Transmisi msh sehat
Kaki2 90% msh ok

Padahal odo udah 150rb KM

Gk tau bakalan rusak gk tuh mobil
Badak bgt

Cuma minus di handling dia aja
Doi blg klo handling lbh enak mazda cx3 doi jauhh

Ya iyalah ladder frame vs monocoque
1KD prado 2014 impor darimana? biasanya agak rewel mesin diesel pasar LN, pakai DPF yg ketat soalnya. sama kejadian seperti LC200 batch awal.
bsetiawan wrote: Tue Apr 06, 2021 15:05 2TR mau nampol disupercharge:
URD2TRTQ.jpg
https://urdusa.com/urd-mk3-supercharger ... -cylinder/
Duly noted om, thanks referensinya!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by DOHC »

Saran agak nyeleneh dikit

Ud coba di PnP om TS ? Seinget saya di adik nya si 1TR , lobang intake nya jelek banget casting nya, banyak bekas moulding kasar banget ga d alusin, trus coakan2 jg ga di rapihin, belom lg kulit jeruknnya jg kasar.. siapa tau si 2TR kl ud d PnP jd mendingan

Toh itung2 skalian servis penyegaran mesin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by anadzir »

jessboy wrote: Tue Apr 06, 2021 13:24
prado dgn kapasitas mesin 2.700 cc gak kuat nanjak :big_dunno:
perlu dituneup kali om :big_think:
masa kalah sama mobil avanza yg cuma 1.300 cc :big_biglaugh:
Nanjak mah kuat om, tapi musti kickdown bener bener atau pinter-pinter ganti giginya. gak nyaman kalau kickdown di D, terlalu ngehentak. Issuenya di Power to Weight rationya, njomplang ke weight hehehe
DOHC wrote: Thu Apr 08, 2021 2:37 Saran agak nyeleneh dikit

Ud coba di PnP om TS ? Seinget saya di adik nya si 1TR , lobang intake nya jelek banget casting nya, banyak bekas moulding kasar banget ga d alusin, trus coakan2 jg ga di rapihin, belom lg kulit jeruknnya jg kasar.. siapa tau si 2TR kl ud d PnP jd mendingan

Toh itung2 skalian servis penyegaran mesin
Noted om, penyegaran sih belum perlu sepertinya om, km masih 68k dan historynya cukup dirawat mobil ini. Biaya PnP sm pasang piggy sepertinya beda tipis ya om? Ada sih temen saranin di T**S andalan kerjaan bengkel P**V*S, cuma kok reviewnya too good to be true dan kurang masuk akal.. yah pembahasan dilain post hehehe
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by whitehorse4 »

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by Or4cle »

anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:41
jessboy wrote: Tue Apr 06, 2021 13:24
prado dgn kapasitas mesin 2.700 cc gak kuat nanjak :big_dunno:
perlu dituneup kali om :big_think:
masa kalah sama mobil avanza yg cuma 1.300 cc :big_biglaugh:
Nanjak mah kuat om, tapi musti kickdown bener bener atau pinter-pinter ganti giginya. gak nyaman kalau kickdown di D, terlalu ngehentak. Issuenya di Power to Weight rationya, njomplang ke weight hehehe
DOHC wrote: Thu Apr 08, 2021 2:37 Saran agak nyeleneh dikit

Ud coba di PnP om TS ? Seinget saya di adik nya si 1TR , lobang intake nya jelek banget casting nya, banyak bekas moulding kasar banget ga d alusin, trus coakan2 jg ga di rapihin, belom lg kulit jeruknnya jg kasar.. siapa tau si 2TR kl ud d PnP jd mendingan

Toh itung2 skalian servis penyegaran mesin
Noted om, penyegaran sih belum perlu sepertinya om, km masih 68k dan historynya cukup dirawat mobil ini. Biaya PnP sm pasang piggy sepertinya beda tipis ya om? Ada sih temen saranin di T**S andalan kerjaan bengkel P**V*S, cuma kok reviewnya too good to be true dan kurang masuk akal.. yah pembahasan dilain post hehehe
Mohon maaf jump in ...
Untuk PNP ane rekomendasi ke Lucky Motor Sport (ex-tuner F*rna Protechnik)
Mau di PNP+++ (3 angle, flow bench, slip head, etc) bisa dikerjain semua :big_exellent:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by agathos »

anadzir wrote: Tue Apr 06, 2021 7:05 Salam untuk semua, pendahuluan dulu ya..

Sebelumnya sy pengguna anps dengan piggyback, akhirnya anps dijual diganti dengan Prado 2013. Yang dirasakan sekarang untuk jalanan menanjak sangat boyo tenaganya, kalau untuk city driving cukup. Solusi sekarang pakai pertabo, lumayan improve tenaganya.

Ada bayangan pasang piggyback (sy ada nganggur bekas mobil bensin non turbo) dan konfirm dituner bisa dipasang, tapi gosipnya kenaikan performa gak akan signifikan(?). Oh iya, piggyback anps sudah dipindah ke anf.

Nah, bagaimana cara pas untuk up performa 2TR-FE dengan price to value yg berimbang? Kalau bisa plus budgetnya. Up performa mksd saya ini real by data ya, bukan butt dyno atau barang omongan reviewer otomotif bayaran..

Thanks beforehand :big_deal:
Saya Pake Prado 150 juga om, baru aja beli TRJ150 dan kebetulan ada Prado 1GR-FE V6 4.0, GRJ120 power band nya beda jauh banget dua mobil itu. hahahaha.

low end 2TR-FE ok, tapi begitu hit 60 langsung berasa kehambat nya. saya sendiri lagi proses pasang turbo-charger di Ko Teddy - Rev, rencana minggu ini mobil masuk untuk mulai pengerjaan.

sisi internal mesin gak di sentuh jadi nya boost nya low aja buat longevity dan saya opsi pake remap gak piggy-back supaya bisa maintain safety feature bawaan ecu dan fuel trim nya bisa dynamic. piggyback yang std dia gak bisa baca safety parameter mobil dan harus potong kabel ke ecu juga bikin males.

nanti kalau udah jadi saya kabarin deh. :big_peace:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by doge »

anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:26
Worth sih kalo kisaran 30jt plus, apalagi biaya facelift model 2015 paling murah bisa 35jtan. Finishingnya juga meh..

Jarang sepertinya IU yang mau masukin 1GR atau dieselnya, mungkin perihal pajak mobil cc besar makanya yg masuk kebanyakan versi 2TR. Kalo dipaksa masuk sepertinya harga bakal mepet sama LC200 ATPM.

Jadi agak fanatik sm mesin bensin, haluss dibanding anps dulu, apalagi diesel commonrail kalau dipasang piggy suaranya jadi makin kasar.
wktu aku bilang 30+ itu mksdnya minim banget 30jt dg sky is the limit haha..

aku asumsi 30jt itu pke barang seken ato custom dan g gnti internal sm skali...

eh kok ya pas ada sm-er lg bikin 2TR turbo
agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:11 Saya Pake Prado 150 juga om, baru aja beli TRJ150 dan kebetulan ada Prado 1GR-FE V6 4.0, GRJ120 power band nya beda jauh banget dua mobil itu. hahahaha.

low end 2TR-FE ok, tapi begitu hit 60 langsung berasa kehambat nya. saya sendiri lagi proses pasang turbo-charger di Ko Teddy - Rev, rencana minggu ini mobil masuk untuk mulai pengerjaan.

sisi internal mesin gak di sentuh jadi nya boost nya low aja buat longevity dan saya opsi pake remap gak piggy-back supaya bisa maintain safety feature bawaan ecu dan fuel trim nya bisa dynamic. piggyback yang std dia gak bisa baca safety parameter mobil dan harus potong kabel ke ecu juga bikin males.

nanti kalau udah jadi saya kabarin deh. :big_peace:
om ntar bikin reviewnya y.. penasaran mesin TR naik turbo jdnya gmn... jarang banget yg main" sm TR engine..
:ngacir:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by agathos »

doge wrote: Thu Apr 08, 2021 6:23
anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:26
Worth sih kalo kisaran 30jt plus, apalagi biaya facelift model 2015 paling murah bisa 35jtan. Finishingnya juga meh..

Jarang sepertinya IU yang mau masukin 1GR atau dieselnya, mungkin perihal pajak mobil cc besar makanya yg masuk kebanyakan versi 2TR. Kalo dipaksa masuk sepertinya harga bakal mepet sama LC200 ATPM.

Jadi agak fanatik sm mesin bensin, haluss dibanding anps dulu, apalagi diesel commonrail kalau dipasang piggy suaranya jadi makin kasar.
wktu aku bilang 30+ itu mksdnya minim banget 30jt dg sky is the limit haha..

aku asumsi 30jt itu pke barang seken ato custom dan g gnti internal sm skali...

eh kok ya pas ada sm-er lg bikin 2TR turbo
agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:11 Saya Pake Prado 150 juga om, baru aja beli TRJ150 dan kebetulan ada Prado 1GR-FE V6 4.0, GRJ120 power band nya beda jauh banget dua mobil itu. hahahaha.

low end 2TR-FE ok, tapi begitu hit 60 langsung berasa kehambat nya. saya sendiri lagi proses pasang turbo-charger di Ko Teddy - Rev, rencana minggu ini mobil masuk untuk mulai pengerjaan.

sisi internal mesin gak di sentuh jadi nya boost nya low aja buat longevity dan saya opsi pake remap gak piggy-back supaya bisa maintain safety feature bawaan ecu dan fuel trim nya bisa dynamic. piggyback yang std dia gak bisa baca safety parameter mobil dan harus potong kabel ke ecu juga bikin males.

nanti kalau udah jadi saya kabarin deh. :big_peace:
om ntar bikin reviewnya y.. penasaran mesin TR naik turbo jdnya gmn... jarang banget yg main" sm TR engine..
siapp om - mungkin bakal di review sama om Jejelogy juga nanti kalau udah jadi hehehehe
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by maastricht889 »

agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:27
doge wrote: Thu Apr 08, 2021 6:23
anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:26
Worth sih kalo kisaran 30jt plus, apalagi biaya facelift model 2015 paling murah bisa 35jtan. Finishingnya juga meh..

Jarang sepertinya IU yang mau masukin 1GR atau dieselnya, mungkin perihal pajak mobil cc besar makanya yg masuk kebanyakan versi 2TR. Kalo dipaksa masuk sepertinya harga bakal mepet sama LC200 ATPM.

Jadi agak fanatik sm mesin bensin, haluss dibanding anps dulu, apalagi diesel commonrail kalau dipasang piggy suaranya jadi makin kasar.
wktu aku bilang 30+ itu mksdnya minim banget 30jt dg sky is the limit haha..

aku asumsi 30jt itu pke barang seken ato custom dan g gnti internal sm skali...

eh kok ya pas ada sm-er lg bikin 2TR turbo
agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:11 Saya Pake Prado 150 juga om, baru aja beli TRJ150 dan kebetulan ada Prado 1GR-FE V6 4.0, GRJ120 power band nya beda jauh banget dua mobil itu. hahahaha.

low end 2TR-FE ok, tapi begitu hit 60 langsung berasa kehambat nya. saya sendiri lagi proses pasang turbo-charger di Ko Teddy - Rev, rencana minggu ini mobil masuk untuk mulai pengerjaan.

sisi internal mesin gak di sentuh jadi nya boost nya low aja buat longevity dan saya opsi pake remap gak piggy-back supaya bisa maintain safety feature bawaan ecu dan fuel trim nya bisa dynamic. piggyback yang std dia gak bisa baca safety parameter mobil dan harus potong kabel ke ecu juga bikin males.

nanti kalau udah jadi saya kabarin deh. :big_peace:
om ntar bikin reviewnya y.. penasaran mesin TR naik turbo jdnya gmn... jarang banget yg main" sm TR engine..
siapp om - mungkin bakal di review sama om Jejelogy juga nanti kalau udah jadi hehehehe
Prado 1GR kok saya langsung keinget fortuner UAE-DM ya om :big_biglaugh: kasarnya ya prado 1GR ini fortuner 1GR yg kualitas casingnya sebagus harrier XU30+4WD+standar CBU jepang (material interiornya mirip harrier seinget saya)
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by chaprizone »

agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:27
doge wrote: Thu Apr 08, 2021 6:23
anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:26
Worth sih kalo kisaran 30jt plus, apalagi biaya facelift model 2015 paling murah bisa 35jtan. Finishingnya juga meh..

Jarang sepertinya IU yang mau masukin 1GR atau dieselnya, mungkin perihal pajak mobil cc besar makanya yg masuk kebanyakan versi 2TR. Kalo dipaksa masuk sepertinya harga bakal mepet sama LC200 ATPM.

Jadi agak fanatik sm mesin bensin, haluss dibanding anps dulu, apalagi diesel commonrail kalau dipasang piggy suaranya jadi makin kasar.
wktu aku bilang 30+ itu mksdnya minim banget 30jt dg sky is the limit haha..

aku asumsi 30jt itu pke barang seken ato custom dan g gnti internal sm skali...

eh kok ya pas ada sm-er lg bikin 2TR turbo
agathos wrote: Thu Apr 08, 2021 6:11 Saya Pake Prado 150 juga om, baru aja beli TRJ150 dan kebetulan ada Prado 1GR-FE V6 4.0, GRJ120 power band nya beda jauh banget dua mobil itu. hahahaha.

low end 2TR-FE ok, tapi begitu hit 60 langsung berasa kehambat nya. saya sendiri lagi proses pasang turbo-charger di Ko Teddy - Rev, rencana minggu ini mobil masuk untuk mulai pengerjaan.

sisi internal mesin gak di sentuh jadi nya boost nya low aja buat longevity dan saya opsi pake remap gak piggy-back supaya bisa maintain safety feature bawaan ecu dan fuel trim nya bisa dynamic. piggyback yang std dia gak bisa baca safety parameter mobil dan harus potong kabel ke ecu juga bikin males.

nanti kalau udah jadi saya kabarin deh. :big_peace:
om ntar bikin reviewnya y.. penasaran mesin TR naik turbo jdnya gmn... jarang banget yg main" sm TR engine..
siapp om - mungkin bakal di review sama om Jejelogy juga nanti kalau udah jadi hehehehe
ikutan mantau Om, meski gk punya mobilnya :big_slap:
:big_okay:
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by Leonhart »

anadzir wrote: Thu Apr 08, 2021 2:26
Leonhart wrote: Tue Apr 06, 2021 19:31 Harusnya ambil yg 1KD om
Dijamin nampol

Temen ane pake yg 1KD 2014
Sampe skrg msh enteng nanjak ataupun mau lari 200 di tol

Minum jg biosolar aja gocengan
Filsol aja 3-4 bulan sekali ganti

Kaki2 masih senyap
Rattle minim (ada dikit)
Mesin msh enak
Transmisi msh sehat
Kaki2 90% msh ok

Padahal odo udah 150rb KM

Gk tau bakalan rusak gk tuh mobil
Badak bgt

Cuma minus di handling dia aja
Doi blg klo handling lbh enak mazda cx3 doi jauhh

Ya iyalah ladder frame vs monocoque
1KD prado 2014 impor darimana? biasanya agak rewel mesin diesel pasar LN, pakai DPF yg ketat soalnya. sama kejadian seperti LC200 batch awal.

Jepang kyknya om
Bener DPF nya ngeselin
Dulu dex masih susah 2014 kmrn
Jd sempet nganggur setengah taon lbh mblnya
Karena dex langka waktu itu di sini

Jd mau gk mau terpaksa di remove dpf nya...

Jd bisa minum solar gocengan lg
Sejak itu malah jd ketagihan

Tenaga sadis
Daily cost murah lg karena solar goceng

Sampe skrg masih dipake
2019 kmrn aja odo udah ampir 150rb

Msh sehat2 aja..

Tp dia blkgan byk nyetir cx3 karena lbh gesit ktnya buat nyelip2
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Improve Performa Toyota Prado 2.7L 2TR-FE

Post by ChZ »

Nah, bagaimana cara pas untuk up performa 2TR-FE dengan price to value yg berimbang? Kalau bisa plus budgetnya. Up performa mksd saya ini real by data ya, bukan butt dyno atau barang omongan reviewer otomotif bayaran..
yang pasti pasti real naik tenaganya ya

hardware
- catless downpipe / header, kalau bisa ganti se resonatornya aja. muffler ga usah biar ga brisik.
- PnP supaya airflow ke intake lebih bagus.

krn TR ini old architecture yang lebih ke durability drpd performance jd performanya ya sgitu sgitu aja. kl mau enak sudah pasti opsinya forced induction, jangan turbo tapi, supercharger aja.

sisanya tuning deh. cm kalau pasang supercharger pasti harus diimbangi piggyback ya biar tuningnya optimal, stock ECU sepertinya gak support.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7