Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by classicrock »

Vic4773 wrote:
classicrock wrote: 08 May 2021, 05:36
Vic4773 wrote:Halo. Apakah ada yg pernah coba Continental Comfort Contact 6 (CCC 6)?
Ban ini banyak logo not musiknya.
Saya lagi pakai om. Sejauh ini udah jalan 4000an km. Yang pasti ban nya empuk dan senyap.
Dibandingkan merk apa lebih baik om?
Kalau kelas mgkn setara turanza, LM sport ya?
Sepertinya bukan kelas eco ya.
Grip nya aman?
Sebelum ganti saya pakai BS Ecopia (bawaan mobil). Senyap dan empuk yang tadi saya bilang terbilang signifikan kalo dibanding sama Ecopia. Kalau dibanding merk dan tipe lainnya belum bisa kasih review.

Oh iya pas beli harganya malah sama dengan Ecopia...makanya saya ambil CC6.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by kompresorz »

baru ganti dong dr turanza ar 20 ke t005A...ya kepengen ganti aja gitu...

jd depan blakang sudah sama....siap gaspollll......ngesot...


bagus loh ini ban...senyap...kuat..grip...terjangkau....

terbukti di mobil angkot terbang terbangan poldur...lobang....mentok spido...gak pernah benjol....

bridgestone jaminan mutu....sesuai jalan indo....

Screenshot_20210508-194633_Gallery.jpg
Screenshot_20210508-194633_Gallery.jpg (276.6 KiB) Viewed 3097 times
Screenshot_20210508-194623_Gallery.jpg
Screenshot_20210508-194623_Gallery.jpg (230.64 KiB) Viewed 3097 times
Screenshot_20210508-194645_Gallery.jpg
Screenshot_20210508-194645_Gallery.jpg (225.8 KiB) Viewed 3097 times
Screenshot_20210508-201604_Gallery.jpg
Screenshot_20210508-201604_Gallery.jpg (350.93 KiB) Viewed 3097 times
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 01 Nov 2017, 16:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Vic4773 »

classicrock wrote: 08 May 2021, 17:49
Vic4773 wrote:
classicrock wrote: 08 May 2021, 05:36 Saya lagi pakai om. Sejauh ini udah jalan 4000an km. Yang pasti ban nya empuk dan senyap.
Dibandingkan merk apa lebih baik om?
Kalau kelas mgkn setara turanza, LM sport ya?
Sepertinya bukan kelas eco ya.
Grip nya aman?
Sebelum ganti saya pakai BS Ecopia (bawaan mobil). Senyap dan empuk yang tadi saya bilang terbilang signifikan kalo dibanding sama Ecopia. Kalau dibanding merk dan tipe lainnya belum bisa kasih review.

Oh iya pas beli harganya malah sama dengan Ecopia...makanya saya ambil CC6.

Nice info om. Terima kasih.
Pilihan lagi selain LM 705 ya mungkin.
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by classicrock »


Vic4773 wrote:
Nice info om. Terima kasih.
Pilihan lagi selain LM 705 ya mungkin.
Sama sama om.....

Oh iya ada yang unik dari ban CC6 ini. Saya pakai di Avanza dan saya kasih tekanan 35 untuk depan, 38 untuk belakang. Anehnya kalau tekanan angin ban kurang dari itu, ban nya malah terasa keras saat melewati polisi tidur dan jalan bergelombang.

Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by alvin23 »

Vic4773 wrote: 08 May 2021, 05:23 Halo. Apakah ada yg pernah coba Continental Comfort Contact 6 (CCC 6)?
Ban ini banyak logo not musiknya.
Not musiknya itu buat pamer kalau dia ban senyap. Ya beneran senyap sih
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by paidjho »

Vic4773 wrote:Halo. Apakah ada yg pernah coba Continental Comfort Contact 6 (CCC 6)?
Ban ini banyak logo not musiknya.
Kalau bisa cari spek UE label nya saja...

Ada db nya, dibawah contoh nya
images.jpg
images.jpg (58.53 KiB) Viewed 2969 times
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wicaksono99 »

paidjho wrote: 07 May 2021, 20:34
josomba wrote:
DJpapi wrote: 06 May 2021, 13:28

Beda, empukan GY Triplemax 2 .. itu instant lgs dirasain - dikomparasi sama LM705 dgn tekanan angin ban yg sama sesuai sticker di pintu.

Tapi saya ngga tahu setelah bbrp ribu KM, apakah bakal mengeras nanti bannya .. krn si LM705 malah jd empuk sekitar 1minggu-an sebelum insiden kmrn, padahal tekanan angin ban sama jg, karena saya rutin cek dan isi angin 1x tiap minggu
Noted om, kalau gitu masuk radar ane deh kalau next ganti2 ban buat si triplemax 2 ini hahaa.

Kalau yg triplemax 1 sih, dr awal pasang sampe saya buang di 4k KM konstan terus keras kek batunya :big_slap:
Om Josomba, tripplemax 2 impresi nya gimana? Terutama saat wet?

Thanks


Edit: baru baca terbyata dah ada review nya diatas...

[emoji16][emoji16]
Kebetulan saya pakai GY Triplemax2 di new ertiga suzuki sport saya. Ukuran dinaikin jadi 195/65 R15 (standarnya 185 enasave) dan udah jalan 3rb km dalam 1 bulan. Yang dirasain dibanding dengan enasave :
1. kenyamanan : empuknya masih tergolong empuk dengan perbandingan enasave dan gejala goyang2 parah kalau ketemu jalan jelek udah ga ada, ketika ada guncangan langsung diredam (sidewall 2 polyester juga soalnya). Pakai tekanan depan 37 belakang 36 suhu panas empuknya enak, terakhir dicoba tekanan depan 37 belakang 38 jadi lebih keras, lebih nyaman depan 37 belakang 36. karena mobil dah pakai tpms dari kondisi ban panas ke dingin bisa berkurang tekanan 4psi.
2. kebisingan : lebih senyap sedikit dibanding enasave.
3. grip : kondisi kering gripnya bagus, kondisi basah udah kaya raja jalanan aja.. gripnya super bener, alur buangan air ada 4 ditambah teknologi hydrotred bikin lengket di jalan basah, 110kpj masih aman. cornering selap selip juga limbung karna ban berkurang jauh.
4. harga : berhubung ngambil langsung ke koperasi tempat kerja kk saya di pabrik GY, dapet harga 635rb/ban (195/65 R15) tahun pembuatan 2 minggu sebelum saya beli bannya :mky_03: belum termasuk bongkar pasang & balancing ban. pasang & balancing + 40rb/ban dibengkel luar. garansi 1 tahun / 20rb km apapun kerusakan yang terjadi pada ban yg tidak bisa diperbaiki langsung ganti baru.

Sampai saat ini ban masih baik2 saja. kecepatan paling tinggi yg pernah dibawa pakai ban ini 160kpj. mobil seringnya diisi 2 orang.
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by akbarfit »

PhotoGrid_Plus_1620630122785.jpg
PhotoGrid_Plus_1620630122785.jpg (181.35 KiB) Viewed 2917 times

Review Hankook Dynapro AT-m

235/70 R16

Naik 3 ukuran dari standar X-Trail 2007
Aslinya 215/65 R16

Saat awal senyap... Nggak beda dg ban HT biasa.
Performa juga bagus ini ban, basah kering enak semua. 160km/h juga masih oke.


Setelah 10.000 km lebih... Mulai terasa dengung. Kembangan masih tebal.
Awalnya dikira bearing. Sudah ganti semua masih tetap dengung. Cari solusi kemana-mana nggak ketemu.
Sampai coba tukeran ban HT milik Xpander. Jauh beda senyapnya. Akhirnya ke toko ban di Malang, Yoppy Sulfat.

Disitu dia raba ban nya... Kayak orang ndukun gitu... Semuanya sambil diem.. ditanyai ga mau jawab.

Setelah selesai ditanya apa dengung parah? Salah satu ban iya lebih parah. Tadi di belakang kanan, setelah tukeran ban dg xpander tadi, jadi kiri depan.
Overall semua dengung. Tapi ban satu ini paling parah. Entah kenapa..

Yang jelas support shock semua belum ganti. Shockbreaker semua sudah ganti tidak lama sebelum ganti ban.
Ada satu baut kaki-kaki di depan kanan diberi baut camber utk koreksi spooring.

Ternyata karena habis tidak rata.
Sepertinya banyak penyebab,
1. Karakter ban AT dg groove lebih siku dan dalam.
2. Bisa karena ukuran yang lebih besar, ban lebih melendut.
3. Karakter kaki-kaki mobil yg tidak banyak bisa disetel.
4. Kaki-kaki mobil yang tidak prima seutuhnya, ada beberapa yang belum/tidak diganti saat maintenance sektor kaki-kaki karena memang bukan mobil usia muda.

Solusi? Dibalik inside-outside.
Dengung berkurang jauh. Dari skor 8 jadi 3.

Lumayan lah... Tapi ya begitulah ban AT
Dari sini saya ber-refleksi diri. Untuk harian, lebih enak HT.

Sebaiknya, review kesenyapan dan performa ban, setelah 10.000 km.
Semua ban kalo baru pasti enak, apalagi habis dari ban yg mau habis usia pakainya. Jelas drastis.

Bonus foto dengan Momod FRD
PhotoGrid_Plus_1620630049194.jpg
PhotoGrid_Plus_1620630049194.jpg (271.11 KiB) Viewed 2917 times
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

akbarfit wrote: 10 May 2021, 14:11 PhotoGrid_Plus_1620630122785.jpg


Review Hankook Dynapro AT-m

235/70 R16

Naik 3 ukuran dari standar X-Trail 2007
Aslinya 215/65 R16

Saat awal senyap... Nggak beda dg ban HT biasa.
Performa juga bagus ini ban, basah kering enak semua. 160km/h juga masih oke.


Setelah 10.000 km lebih... Mulai terasa dengung. Kembangan masih tebal.
Awalnya dikira bearing. Sudah ganti semua masih tetap dengung. Cari solusi kemana-mana nggak ketemu.
Sampai coba tukeran ban HT milik Xpander. Jauh beda senyapnya. Akhirnya ke toko ban di Malang, Yoppy Sulfat.

Disitu dia raba ban nya... Kayak orang ndukun gitu... Semuanya sambil diem.. ditanyai ga mau jawab.

Setelah selesai ditanya apa dengung parah? Salah satu ban iya lebih parah. Tadi di belakang kanan, setelah tukeran ban dg xpander tadi, jadi kiri depan.
Overall semua dengung. Tapi ban satu ini paling parah. Entah kenapa..

Yang jelas support shock semua belum ganti. Shockbreaker semua sudah ganti tidak lama sebelum ganti ban.
Ada satu baut kaki-kaki di depan kanan diberi baut camber utk koreksi spooring.

Ternyata karena habis tidak rata.
Sepertinya banyak penyebab,
1. Karakter ban AT dg groove lebih siku dan dalam.
2. Bisa karena ukuran yang lebih besar, ban lebih melendut.
3. Karakter kaki-kaki mobil yg tidak banyak bisa disetel.
4. Kaki-kaki mobil yang tidak prima seutuhnya, ada beberapa yang belum/tidak diganti saat maintenance sektor kaki-kaki karena memang bukan mobil usia muda.

Solusi? Dibalik inside-outside.
Dengung berkurang jauh. Dari skor 8 jadi 3.

Lumayan lah... Tapi ya begitulah ban AT
Dari sini saya ber-refleksi diri. Untuk harian, lebih enak HT.

Sebaiknya, review kesenyapan dan performa ban, setelah 10.000 km.
Semua ban kalo baru pasti enak, apalagi habis dari ban yg mau habis usia pakainya. Jelas drastis.

Bonus foto dengan Momod FRD
PhotoGrid_Plus_1620630049194.jpg
Ini ban emang pola alurnya kasar banget sih om Dokter..

Kemaren jg nyari ban H/T, tapi ditawarin Grandtrek AT25 copotan, ane ambil lah

Untung alurnya ga terlalu kasar, masih kayak ban aspal. Selama 2 minggu ini sih aman2 aja, noise masih oke.

Tapi baru pake 400 km sih, semoga sampe 5 tahun masih aman.. Hahahaha.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DJpapi »

Saya coba rangkum dengan singkat ya ban yg pernah saya pake di Grand Veloz saya ukuran 185/65R15:

BRIDGESTONE Ecopia:
(+) lincah manuver di dalkot
(+) bensin irit
(+) akselerasi dari diam, instant entengnya
(-) berisik
(-) keras
(-) harga mahal

DUNLOP LM705:
(+) grip segala kondisi superB
(+) senyap
(+) harga relatif murah
(+/-) keras tp empuk sendiri setelah bbrp ribu kilometer
(-) akselerasi dari diam jadi berat, ngeden nge gasnya
(-) batu kecil sering bgt nyelip di ulirnya

GOODYEAR Triplemax 2:
(+) grip hampir banget menyamai DUNLOP LM705 di segala kondisi
(+) senyap
(+) empuk, lewat speedtrap bunyinya deb-deb-deb, yg lain masih dug-dug-dug :big_biglaugh:
(+) garansi 1thn/20rb KM
(+) harga murah banget
(-) ... ... ... :ungg: ... ... ... :big_think:

Image
Image
Image
Image
Image

Buat saya pilih GY/DUNLOP ngga salah krn emang 11-12, sesuaikan mobilnya aja .. krn ada yg bawaan std mblnya udah empuk,nyaman dan kedap .. lebih baik pake DUNLOP krn bsa dpt maksimal GRIP dgn harga yg mnurut saya murah cman skitar 600rb/pcs

Tapi kalo mblnya kek saya yg ngga empuk, handling jg plg tdk bagus dibanding sekelasnya .. GY beneran bsa mengakomodir smuanya .. :big_smile]

Oh iya .. itu si GY Triplemax 2 saya test setelah bbrp hari kena hujan terus dan emang pgn tahu sbrp OK gripnya di kecepatan rendah ...
Image
Last edited by DJpapi on 10 May 2021, 16:43, edited 2 times in total.
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by akbarfit »

sintoni wrote: 10 May 2021, 14:29
Ini ban emang pola alurnya kasar banget sih om Dokter..

Kemaren jg nyari ban H/T, tapi ditawarin Grandtrek AT25 copotan, ane ambil lah

Untung alurnya ga terlalu kasar, masih kayak ban aspal. Selama 2 minggu ini sih aman2 aja, noise masih oke.

Tapi baru pake 400 km sih, semoga sampe 5 tahun masih aman.. Hahahaha.
Itu kan ori nya Pajero Sport ya... Itungan HT itu...
Kyk Grandtrek AT20 nya GrandVitara
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

akbarfit wrote: 10 May 2021, 17:35
sintoni wrote: 10 May 2021, 14:29
Ini ban emang pola alurnya kasar banget sih om Dokter..

Kemaren jg nyari ban H/T, tapi ditawarin Grandtrek AT25 copotan, ane ambil lah

Untung alurnya ga terlalu kasar, masih kayak ban aspal. Selama 2 minggu ini sih aman2 aja, noise masih oke.

Tapi baru pake 400 km sih, semoga sampe 5 tahun masih aman.. Hahahaha.
Itu kan ori nya Pajero Sport ya... Itungan HT itu...
Kyk Grandtrek AT20 nya GrandVitara
Ya kah om Dokter?

PS lama atau baru?

Kalau Dakar yang lama bawaanya Dueler H/T.

Ini lg cek2 ripiu Dakar baru di SM ada yg dapat Toyo ada yang Grandtrek AT20.

Pertama ngincar Dynapro HT, susah cari di kota ane, jadinya ngincer Savero SUV, eh ditawarin Grandtrek AT25 ya sikat aja lah
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by gwsecretc »

sintoni wrote: 10 May 2021, 17:49
akbarfit wrote: 10 May 2021, 17:35
sintoni wrote: 10 May 2021, 14:29
Ini ban emang pola alurnya kasar banget sih om Dokter..

Kemaren jg nyari ban H/T, tapi ditawarin Grandtrek AT25 copotan, ane ambil lah

Untung alurnya ga terlalu kasar, masih kayak ban aspal. Selama 2 minggu ini sih aman2 aja, noise masih oke.

Tapi baru pake 400 km sih, semoga sampe 5 tahun masih aman.. Hahahaha.
Itu kan ori nya Pajero Sport ya... Itungan HT itu...
Kyk Grandtrek AT20 nya GrandVitara
Ya kah om Dokter?

PS lama atau baru?

Kalau Dakar yang lama bawaanya Dueler H/T.

Ini lg cek2 ripiu Dakar baru di SM ada yg dapat Toyo ada yang Grandtrek AT20.

Pertama ngincar Dynapro HT, susah cari di kota ane, jadinya ngincer Savero SUV, eh ditawarin Grandtrek AT25 ya sikat aja lah
Sekedar nambahin, kalo dakar baru pas awal” emang dapetnya ada toyo ada juga dunlop grandtrek.

Kalo sekarang dapetnya kalo ga dunlop grandtrek ya bs dueler ht secara saya dapatnya yang dueler ht :big_peace:

Dakar dipakein grandtrek at ga berisik kah om?
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by akbarfit »

Lupa om sintoni...
Kyknya ANPS...
CMIIW yah...

Kalo ga AT22 ya AT25

Memang, main safe dimanapun jangan keluar dari BS, Dunlop, GTRadial.
Accelera dan achilles jg bisa jadi pilihan utk kelas setelah itu td.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

gwsecretc wrote: 10 May 2021, 21:20
Sekedar nambahin, kalo dakar baru pas awal” emang dapetnya ada toyo ada juga dunlop grandtrek.

Kalo sekarang dapetnya kalo ga dunlop grandtrek ya bs dueler ht secara saya dapatnya yang dueler ht :big_peace:

Dakar dipakein grandtrek at ga berisik kah om?
Ohh, baru tau bisa dapat antara 2.

Ane pake cuma dalam kota sih om, maks cuma 40-50 km per jam karena tinggal di kota kecil jadi ga ada jalan tol. Karena itu kalau berisik ane ga terlalu ngerasain sihz apalg kemaren perbandingannya si Dueler yang sudah 7 tahun, jadi ya kerasa kedap aja si Grandtrek ini.

Penjualnya jg ngmg ini Grandtrek yang AT25 sudah banyak improvement dari yang AT20 yang banyak di pasaran.

Ane cek emang si AT25 ini cuma keluarin 2 size doang, 265/65/17 sama 265/60/18.
akbarfit wrote: 10 May 2021, 21:24 Lupa om sintoni...
Kyknya ANPS...
CMIIW yah...

Kalo ga AT22 ya AT25

Memang, main safe dimanapun jangan keluar dari BS, Dunlop, GTRadial.
Accelera dan achilles jg bisa jadi pilihan utk kelas setelah itu td.
Nah, karena ane tinggal di kota kecil ya emang pilihannya cuma 3 itu aja om.

Si BS Dueler, Dunlop Grandtrek atau GT Savero.

Kalau ga salah dulu bawaan si T30 jg Grandtrek kan? Cuma ane lupa yang mana, kalau ga salah ST30 ya?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ricz »

sintoni wrote: 10 May 2021, 17:49
akbarfit wrote: 10 May 2021, 17:35
sintoni wrote: 10 May 2021, 14:29
Ini ban emang pola alurnya kasar banget sih om Dokter..

Kemaren jg nyari ban H/T, tapi ditawarin Grandtrek AT25 copotan, ane ambil lah

Untung alurnya ga terlalu kasar, masih kayak ban aspal. Selama 2 minggu ini sih aman2 aja, noise masih oke.

Tapi baru pake 400 km sih, semoga sampe 5 tahun masih aman.. Hahahaha.
Itu kan ori nya Pajero Sport ya... Itungan HT itu...
Kyk Grandtrek AT20 nya GrandVitara
Ya kah om Dokter?

PS lama atau baru?

Kalau Dakar yang lama bawaanya Dueler H/T.

Ini lg cek2 ripiu Dakar baru di SM ada yg dapat Toyo ada yang Grandtrek AT20.

Pertama ngincar Dynapro HT, susah cari di kota ane, jadinya ngincer Savero SUV, eh ditawarin Grandtrek AT25 ya sikat aja lah
Nubie bantu jawab,

Untuk ANPS dapatnya Dunlop AT25, OPJS dptnya Dunlop AT20....

Dakar kalo engga salah kebanyakan dptnya Dueler HT, tp ada bbrp unit yg gw liat (mayoritas yg FL) dptnya Dunlop...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

ricz wrote: 10 May 2021, 23:19
Nubie bantu jawab,

Untuk ANPS dapatnya Dunlop AT25, OPJS dptnya Dunlop AT20....

Dakar kalo engga salah kebanyakan dptnya Dueler HT, tp ada bbrp unit yg gw liat (mayoritas yg FL) dptnya Dunlop...
Kalau OPS Dakar rasanya dapat Dueler HT.
bluedrag
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 30 May 2019, 05:47

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by bluedrag »

Halo gan, ana mau ganti ban xpander. cari ban yg silent dan grip lumayan rekomendasinya apa ya? dan ukurannya yg paling enak pakai brp dengan velg standard bawaan?
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by fajarrian »

bluedrag wrote: 16 May 2021, 07:00 Halo gan, ana mau ganti ban xpander. cari ban yg silent dan grip lumayan rekomendasinya apa ya? dan ukurannya yg paling enak pakai brp dengan velg standard bawaan?
LM705, naikin 1 ukuran dari std masih oke
ikyeye
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jan 2020, 12:55

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ikyeye »

Halo agan-agan semua.
mau tanya, untuk velg GL L11 standar dengan ukuran ban bawaan 185/65 R15, kalau mau upsize ban, yang aman dan nyaman, max di ukuran berapa ya gan?
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

akbarfit wrote: 10 May 2021, 14:11 PhotoGrid_Plus_1620630122785.jpg

Ternyata karena habis tidak rata.
Sepertinya banyak penyebab,
1. Karakter ban AT dg groove lebih siku dan dalam.
2. Bisa karena ukuran yang lebih besar, ban lebih melendut.
3. Karakter kaki-kaki mobil yg tidak banyak bisa disetel.
4. Kaki-kaki mobil yang tidak prima seutuhnya, ada beberapa yang belum/tidak diganti saat maintenance sektor kaki-kaki karena memang bukan mobil usia muda.

Solusi? Dibalik inside-outside.
Dengung berkurang jauh. Dari skor 8 jadi 3.

Lumayan lah... Tapi ya begitulah ban AT
Dari sini saya ber-refleksi diri. Untuk harian, lebih enak HT.

Sebaiknya, review kesenyapan dan performa ban, setelah 10.000 km.
Semua ban kalo baru pasti enak, apalagi habis dari ban yg mau habis usia pakainya. Jelas drastis.

Bonus foto dengan Momod FRD
PhotoGrid_Plus_1620630049194.jpg
Saya jg pake ban ini di Blazer saya. saya pernah coba 3 ban A/T yg berbeda (Dueler A/T 689, Grantrek AT2, sama Dynapro AT-M)

Review singkat Dynapro AT-M:
1. Ini ban AT yg paling lunak dibanding 2 brand lain yg saya pernah pake, gripnya ok dan umurnya paling pendek
2. paling nyaman di onroad dibanding dua merek sebelumnya. dueler AT udah kayak geledek bunyinya dan gripnya parah pas udah lewat 10rb km.
3. desain kembangnya bikin batu suka nyelip2

Plus pake ban A/T:
1. kebetulan rute saya banyak ranjau paku,ban tipe ini ga ada issue. H/T? wah cape dah hahaha
2. Jalan berlubang proteksinya lebih aman, sekali lagi ban H/T sih mudah benjol
3. Mobil ini memang sering saya pake camping lewat jalan gravel dan tanah kering, lumayan membantu

Minus pake ban A/T:
1. Gripnya jauh dibanding H/T, saya bingung banyak fortuner atau pajero pakai ban A/T bahkan M/T ugal2an di jalan apalagi jalan tol. mungkin nyawanya 10. telapak yg nempel ke jalan dikit saya rasa, jadi gripnya kurang banget.
2. Sidewallnya flexingnya sih parah. kalau dipakai nikung kerasa melendut2 dan letoy.
3. Bannya berat dan bikin bensin jd lebih boros. asumsi saya ada efek ke beban kaki2 juga.
4. Berisik!!! hahaha
shuvi7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 07 Feb 2019, 12:36

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by shuvi7 »

DJpapi wrote: 10 May 2021, 16:33 Saya coba rangkum dengan singkat ya ban yg pernah saya pake di Grand Veloz saya ukuran 185/65R15:

BRIDGESTONE Ecopia:
(+) lincah manuver di dalkot
(+) bensin irit
(+) akselerasi dari diam, instant entengnya
(-) berisik
(-) keras
(-) harga mahal

DUNLOP LM705:
(+) grip segala kondisi superB
(+) senyap
(+) harga relatif murah
(+/-) keras tp empuk sendiri setelah bbrp ribu kilometer
(-) akselerasi dari diam jadi berat, ngeden nge gasnya
(-) batu kecil sering bgt nyelip di ulirnya

GOODYEAR Triplemax 2:
(+) grip hampir banget menyamai DUNLOP LM705 di segala kondisi
(+) senyap
(+) empuk, lewat speedtrap bunyinya deb-deb-deb, yg lain masih dug-dug-dug :big_biglaugh:
(+) garansi 1thn/20rb KM
(+) harga murah banget
(-) ... ... ... :ungg: ... ... ... :big_think:

Image
Image
Image
Image
Image

Buat saya pilih GY/DUNLOP ngga salah krn emang 11-12, sesuaikan mobilnya aja .. krn ada yg bawaan std mblnya udah empuk,nyaman dan kedap .. lebih baik pake DUNLOP krn bsa dpt maksimal GRIP dgn harga yg mnurut saya murah cman skitar 600rb/pcs

Tapi kalo mblnya kek saya yg ngga empuk, handling jg plg tdk bagus dibanding sekelasnya .. GY beneran bsa mengakomodir smuanya .. :big_smile]

Oh iya .. itu si GY Triplemax 2 saya test setelah bbrp hari kena hujan terus dan emang pgn tahu sbrp OK gripnya di kecepatan rendah ...
Image
wah nice info om...kebetulan lagi cari-cari ban untuk gantiin LM704..
jadi secara sidewall seharusnya lebih kuat GY daripada dunlop?

btw ini GY udah pemakaian berapa km om?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

Sharing review penggantian ban dari Yokohama Advan dB ke Dunlop LM705.

Kenapa downgrade? Singkat cerita kemarin mengalami musibah sidewall nya Yokohama Advan dB sobek, ngga bs diselamatkan. Solusi sementara pakai ban serep.

Mau tidak mau harus cari segera pengganti ban yg sobek, karena ngga mungkin terus2an pakai ban serep yg berbeda ukuran. Risiko ganti velg cuma 4 pcs aja

Niatnya mau cari merek, tipe dan ukuran yg sama. Cuma Yokohama Advan dB tidak ada yg ready stock, inden estimasi 2-4 minggu. Otomatis langsung dicoret.

Berpaling ke merek bridgestone, nyari Potenza RE003, mau gak mau ubah ukuran dr 225/55R18 ke 235/50R18. Di beberapa tempat biasa hunting ban itu ngga ready, ada di salah satu toko ban lain ada tp produksi 2019. Sebenernya ada alternatif lain Turanza T005a, cuma karena ngga sreg jd hold dulu aja.

Nah iseng2 cari Dunlop LM705 ukuran yg sama 235/50R18, surprisingly dapet di salah satu toko yg gak terlalu jauh dr tempat saya dan buka sampe malem, toko2 ban yg saya hubungi sebelumnya itu tutup rata2 jam 16.00. Barang jg ready stock, produksi 2021, ditawarkan dengan harga cukup menggiurkan jg. Akhirnya langsung eksekusi deh LM705 menggantikan Yokohama Advan dB jam 18.00 dan ternyata masih rame banget antrian ganti ban nya di bengkel itu

Review setelah penggunaan kurang lebih 70km

+ Grip lebih OK dibanding Yokohama kondisi 50%
+ Silent mirip2 dengan Yokohama Advan dB kondisi baru
+ Harga hampir ⅓ nya Yokohama Advan dB
+ Empuk mirip2 Yokohama Advan dB kondisi 50%

- Kayaknya cepet botak karena baru dipake 70km itu rambut2 dan garis merah udah ilang
- Sidewall nya agak membulat jd kalo ngincer penampilan yg oke sih agak kurang.
- Tapak ban nya ngga sampe TWI, jd kayaknya kondisi 50% nanti itu tapak nya udah ngga ada tinggal got2 besar nya aja

Sekian review nya, ada sedikit foto mungkin bs membantu penilaian. Terima kasih
:big_peace:
P_20210517_165252.jpg
P_20210517_165252.jpg (78.3 KiB) Viewed 2530 times
P_20210517_165300.jpg
P_20210517_165300.jpg (83.74 KiB) Viewed 2530 times
IMG-20210517-WA0024.jpg
IMG-20210517-WA0024.jpg (78.78 KiB) Viewed 2530 times
IMG-20210517-WA0020.jpg
IMG-20210517-WA0020.jpg (67.81 KiB) Viewed 2530 times
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

evanbngdor wrote: 19 May 2021, 10:33 Sharing review penggantian ban dari Yokohama Advan dB ke Dunlop LM705.

Kenapa downgrade? Singkat cerita kemarin mengalami musibah sidewall nya Yokohama Advan dB sobek, ngga bs diselamatkan. Solusi sementara pakai ban serep.

Mau tidak mau harus cari segera pengganti ban yg sobek, karena ngga mungkin terus2an pakai ban serep yg berbeda ukuran. Risiko ganti velg cuma 4 pcs aja

Niatnya mau cari merek, tipe dan ukuran yg sama. Cuma Yokohama Advan dB tidak ada yg ready stock, inden estimasi 2-4 minggu. Otomatis langsung dicoret.

Berpaling ke merek bridgestone, nyari Potenza RE003, mau gak mau ubah ukuran dr 225/55R18 ke 235/50R18. Di beberapa tempat biasa hunting ban itu ngga ready, ada di salah satu toko ban lain ada tp produksi 2019. Sebenernya ada alternatif lain Turanza T005a, cuma karena ngga sreg jd hold dulu aja.

Nah iseng2 cari Dunlop LM705 ukuran yg sama 235/50R18, surprisingly dapet di salah satu toko yg gak terlalu jauh dr tempat saya dan buka sampe malem, toko2 ban yg saya hubungi sebelumnya itu tutup rata2 jam 16.00. Barang jg ready stock, produksi 2021, ditawarkan dengan harga cukup menggiurkan jg. Akhirnya langsung eksekusi deh LM705 menggantikan Yokohama Advan dB jam 18.00 dan ternyata masih rame banget antrian ganti ban nya di bengkel itu

Review setelah penggunaan kurang lebih 70km

+ Grip lebih OK dibanding Yokohama kondisi 50%
+ Silent mirip2 dengan Yokohama Advan dB kondisi baru
+ Harga hampir ⅓ nya Yokohama Advan dB
+ Empuk mirip2 Yokohama Advan dB kondisi 50%

- Kayaknya cepet botak karena baru dipake 70km itu rambut2 dan garis merah udah ilang
- Sidewall nya agak membulat jd kalo ngincer penampilan yg oke sih agak kurang.
- Tapak ban nya ngga sampe TWI, jd kayaknya kondisi 50% nanti itu tapak nya udah ngga ada tinggal got2 besar nya aja

Sekian review nya, ada sedikit foto mungkin bs membantu penilaian. Terima kasih
:big_peace:

IMG-20210517-WA0020.jpgIMG-20210517-WA0024.jpgP_20210517_165300.jpgP_20210517_165252.jpg
Velgnya bikin saya ngiler om :big_love:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: 19 May 2021, 10:50
evanbngdor wrote: 19 May 2021, 10:33 Sharing review penggantian ban dari Yokohama Advan dB ke Dunlop LM705.

Kenapa downgrade? Singkat cerita kemarin mengalami musibah sidewall nya Yokohama Advan dB sobek, ngga bs diselamatkan. Solusi sementara pakai ban serep.

Mau tidak mau harus cari segera pengganti ban yg sobek, karena ngga mungkin terus2an pakai ban serep yg berbeda ukuran. Risiko ganti velg cuma 4 pcs aja

Niatnya mau cari merek, tipe dan ukuran yg sama. Cuma Yokohama Advan dB tidak ada yg ready stock, inden estimasi 2-4 minggu. Otomatis langsung dicoret.

Berpaling ke merek bridgestone, nyari Potenza RE003, mau gak mau ubah ukuran dr 225/55R18 ke 235/50R18. Di beberapa tempat biasa hunting ban itu ngga ready, ada di salah satu toko ban lain ada tp produksi 2019. Sebenernya ada alternatif lain Turanza T005a, cuma karena ngga sreg jd hold dulu aja.

Nah iseng2 cari Dunlop LM705 ukuran yg sama 235/50R18, surprisingly dapet di salah satu toko yg gak terlalu jauh dr tempat saya dan buka sampe malem, toko2 ban yg saya hubungi sebelumnya itu tutup rata2 jam 16.00. Barang jg ready stock, produksi 2021, ditawarkan dengan harga cukup menggiurkan jg. Akhirnya langsung eksekusi deh LM705 menggantikan Yokohama Advan dB jam 18.00 dan ternyata masih rame banget antrian ganti ban nya di bengkel itu

Review setelah penggunaan kurang lebih 70km

+ Grip lebih OK dibanding Yokohama kondisi 50%
+ Silent mirip2 dengan Yokohama Advan dB kondisi baru
+ Harga hampir ⅓ nya Yokohama Advan dB
+ Empuk mirip2 Yokohama Advan dB kondisi 50%

- Kayaknya cepet botak karena baru dipake 70km itu rambut2 dan garis merah udah ilang
- Sidewall nya agak membulat jd kalo ngincer penampilan yg oke sih agak kurang.
- Tapak ban nya ngga sampe TWI, jd kayaknya kondisi 50% nanti itu tapak nya udah ngga ada tinggal got2 besar nya aja

Sekian review nya, ada sedikit foto mungkin bs membantu penilaian. Terima kasih
:big_peace:

IMG-20210517-WA0020.jpgIMG-20210517-WA0024.jpgP_20210517_165300.jpgP_20210517_165252.jpg
Velgnya bikin saya ngiler om :big_love:
Cuma velg OEM yg pasaran ini Om, bukan velg resink branded gitu kok
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post