Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

classicrock wrote: Fri May 21, 2021 1:54
DJpapi wrote:
triport13 wrote: Fri May 21, 2021 0:50
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pake
Image

Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..

Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe :big_smile]

Image
Hehehe sama om, Avanza 2017 saya selama ini pake SAE 90 terus untuk gardan. Intervalnya tiap 20 rb km saya ganti.

Selama ini pake Rored HDA 90 (GL5). Sejauh ini baik baik aja, km udah masuk 56 rb.

Yang unik kapasitas oli gardannya ini mobil kok ya gede banget. Baru kali ini saya miara mobil kecil tapi oli gardannya 3,7 ltr.
Setahu saya kapasitas oli gardan utk Avanza/Xenia versi dual vvt-i ini sudah sedikit lebih sedikit dibanding yg sblmnya, karena ada perbedaan case rumah gardan dan jumlah giginya jg.

Waktu ganti saya cuman habis 3ltr .. ditambahin lg ya luber terus olinya .. jd ngga sampe 3.7ltr
Mungkin krn banyak ngendap jg di roda giginya.
Makanya bentukannya lebih gepeng kalo diliat dari belakang sedangkan sblmnya masih gembung hehehe .. :big_biglaugh:

Oh pake Pertamina ya om, berarti sama kek ane yah pake Daihatsu, yg katanya versi re-brand/re-pack annya .. :mky_01:

Mbl saya baru 20rb++ odometernya, soalnya jarang pake .. tp ya seneng dgrnya kalo pake versi Pertamina aja normal gardannya .. :big_deal:
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by classicrock »


DJpapi wrote:
Setahu saya kapasitas oli gardan utk Avanza/Xenia versi dual vvt-i ini sudah sedikit lebih sedikit dibanding yg sblmnya, karena ada perbedaan case rumah gardan dan jumlah giginya jg.

Waktu ganti saya cuman habis 3ltr .. ditambahin lg ya luber terus olinya .. jd ngga sampe 3.7ltr
Mungkin krn banyak ngendap jg di roda giginya.
Makanya bentukannya lebih gepeng kalo diliat dari belakang sedangkan sblmnya masih gembung hehehe .. :big_biglaugh:

Oh pake Pertamina ya om, berarti sama kek ane yah pake Daihatsu, yg katanya versi re-brand/re-pack annya .. :mky_01:

Mbl saya baru 20rb++ odometernya, soalnya jarang pake .. tp ya seneng dgrnya kalo pake versi Pertamina aja normal gardannya .. :big_deal:
Sejauh ini aman sih di saya om. Kebetulan saya dulu 18 tahun pake Taft, untuk oli gardan dan gearbox + transfer case sepanjang tahun itu memang pake Rored terus. Kalo gardan yang HDA 90 (GL5), kalo gearbox dan transfer case pake yang EPA 90 (GL4). Taft saya terakhir jalan sampai 255 rb km dan ga ada masalah.

Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

classicrock wrote: Fri May 21, 2021 2:21 Sejauh ini aman sih di saya om. Kebetulan saya dulu 18 tahun pake Taft, untuk oli gardan dan gearbox + transfer case sepanjang tahun itu memang pake Rored terus. Kalo gardan yang HDA 90 (GL5), kalo gearbox dan transfer case pake yang EPA 90 (GL4). Taft saya terakhir jalan sampai 255 rb km dan ga ada masalah.
HaH .. gile buset .. udah ampe 200K :big_chicken: yah .. yakinlah saya jg dgn sekelas RORED aja udah tahan bertahun tahun dan ratusan rb KM, proteksinya bagus.

Terima kasih om infonya .. :big_deal: .. sangat bermanfaat
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

sintoni wrote: Fri May 21, 2021 2:07 SAE90 untuk mobil penumpang sudah cukup.

Terlalu kental jg berakibat ke akselerasi / fuel economy.

Ada terasa mobil ga bs meluncur mulus gitu.

Mungkin pencantuman single grade bukan multi grade jg buat marketing kali om.

Biasa pengguna Avanza ini kan menggunakan buat daily car atau jg sebagian sebagai taksi online, jadi pasti milih yang seekonomis mungkin.

Kalau ditulis di buku manual harus double grade, bisa menurunkan pandangan kalau Avanza ini bukan mobil manja, "masak oli gardan aja harus yang mahal / multigrade"
Mungkin di buku panduan avansa kecatet gitu jg biar sapu jagat aja ya om pilihan merk oli gardannya, asalkan syarat minimal GL5 sama buntut 90 masuk
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

erwinign wrote: Fri May 21, 2021 2:41
sintoni wrote: Fri May 21, 2021 2:07 SAE90 untuk mobil penumpang sudah cukup.

Terlalu kental jg berakibat ke akselerasi / fuel economy.

Ada terasa mobil ga bs meluncur mulus gitu.

Mungkin pencantuman single grade bukan multi grade jg buat marketing kali om.

Biasa pengguna Avanza ini kan menggunakan buat daily car atau jg sebagian sebagai taksi online, jadi pasti milih yang seekonomis mungkin.

Kalau ditulis di buku manual harus double grade, bisa menurunkan pandangan kalau Avanza ini bukan mobil manja, "masak oli gardan aja harus yang mahal / multigrade"
Mungkin di buku panduan avansa kecatet gitu jg biar sapu jagat aja ya om pilihan merk oli gardannya, asalkan syarat minimal GL5 sama buntut 90 masuk
Iya om ,, masuk akal sih kalau itu alasannya, jd berbeda sama branding mbl tempur yg dipengenin Toyota dan udah dipahamin sama kebanyakan masyarakat di sini, ditambah harga oli single grade VS multi grade lgs lompat 2-3x lebih tinggi misalkan standarnya pake DGO :big_think:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 3:25
Iya om ,, masuk akal sih kalau itu alasannya, jd berbeda sama branding mbl tempur yg dipengenin Toyota dan udah dipahamin sama kebanyakan masyarakat di sini, ditambah harga oli single grade VS multi grade lgs lompat 2-3x lebih tinggi misalkan standarnya pake DGO :big_think:
Ga beda jauh loh.

Paling beda 20-30 rb paling banyak kalau dari single ke multi.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

sintoni wrote: Fri May 21, 2021 3:39
DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 3:25
Iya om ,, masuk akal sih kalau itu alasannya, jd berbeda sama branding mbl tempur yg dipengenin Toyota dan udah dipahamin sama kebanyakan masyarakat di sini, ditambah harga oli single grade VS multi grade lgs lompat 2-3x lebih tinggi misalkan standarnya pake DGO :big_think:
Ga beda jauh loh.

Paling beda 20-30 rb paling banyak kalau dari single ke multi.
Hm .. :big_think: SAE-90 Daihatsu saya beli cman 35rb++ kalo ga salah /ltr.
Kalo ganti sekelas Motul HD-X SAE 80W-90 hrgnya langsung di atas 150rb/ltr.

Maksud saya om kalo ganti spek, maunya ganti jg brand dan pilih yg terbaik dri data PDS nya, hehehe .. :ungg:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 4:03
sintoni wrote: Fri May 21, 2021 3:39
DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 3:25
Iya om ,, masuk akal sih kalau itu alasannya, jd berbeda sama branding mbl tempur yg dipengenin Toyota dan udah dipahamin sama kebanyakan masyarakat di sini, ditambah harga oli single grade VS multi grade lgs lompat 2-3x lebih tinggi misalkan standarnya pake DGO :big_think:
Ga beda jauh loh.

Paling beda 20-30 rb paling banyak kalau dari single ke multi.
Hm .. :big_think: SAE-90 Daihatsu saya beli cman 35rb++ kalo ga salah /ltr.
Kalo ganti sekelas Motul HD-X SAE 80W-90 hrgnya langsung di atas 150rb/ltr.

Maksud saya om kalo ganti spek, maunya ganti jg brand dan pilih yg terbaik dri data PDS nya, hehehe .. :ungg:
Ga lirik oli gardan sinopec wuling om? Sy udah pake di avansa sama innova lama, dg harganya sih oke. 75W90 GL5. Kemasan 1,5 lt sktr 140k; kl diitung per lt jatuhnya 80an. Shell spirak seinget saya per lt lbh mahal lg
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

erwinign wrote: Fri May 21, 2021 4:09 Ga lirik oli gardan sinopec wuling om? Sy udah pake di avansa sama innova lama, dg harganya sih oke. 75W90 GL5. Kemasan 1,5 lt sktr 140k; kl diitung per lt jatuhnya 80an. Shell spirak seinget saya per lt lbh mahal lg
Iya saya sempet baca-baca page belakang, oli ini dibahas .. tp mungkin belom dulu,
Cuman masih khawatir kalo kejauhan jenjang viskositasnya .. malah tdnya mau coba ganti ke 85W-90 nemunya cman brand ADNOC .. tapi boleh masukannya saya catat krn lihat reviewnya sih malah bsa beresin masalah di gearbox ya ..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 4:13
erwinign wrote: Fri May 21, 2021 4:09 Ga lirik oli gardan sinopec wuling om? Sy udah pake di avansa sama innova lama, dg harganya sih oke. 75W90 GL5. Kemasan 1,5 lt sktr 140k; kl diitung per lt jatuhnya 80an. Shell spirak seinget saya per lt lbh mahal lg
Iya saya sempet baca-baca page belakang, oli ini dibahas .. tp mungkin belom dulu,
Cuman masih khawatir kalo kejauhan jenjang viskositasnya .. malah tdnya mau coba ganti ke 85W-90 nemunya cman brand ADNOC .. tapi boleh masukannya saya catat krn lihat reviewnya sih malah bsa beresin masalah di gearbox ya ..
Girboknya kenapa om? Dan di avansa itu?
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

Kalau untuk oli transmisi A/T apakah ada yg layak dicoba? .. :big_smile] .. selain PTT ATF-1A ? Gulf ATF-MV bagaimana? Karena saya cek lg promo jg hrg /ltrnya menarik sekali

Saat ini saya pakai Aisin AFW+ karena baca-baca di SM juga, jd banyak info saya lihatin.Gantiin bawaannya yg perlu spek Toyota T-IV.
IMG-20210313-092554.jpg
Ini saya ganti pake ATF Changer, cuman habis 7ltr. Saya kuras karena pas nge-tap doang, keluarnya cman 1.5ltr .. udah ditungguin sampe ngga netes lg .. akhirnya ya saya pengen buang smua krn ganti merk, :mky_01:

Ganti di odometer sblm 20rb KM, warna di tabung kaca udah merah cokelat .. pdhl kalo dicek pake dipstick dan dilap tissue, warnanya terang bgt merahnya.
IMG-20210313-181920.jpg
IMG-20210313-181943.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

erwinign wrote: Fri May 21, 2021 4:16 Girboknya kenapa om? Dan di avansa itu?
Saya baca bbrp page ke belakang si om jg ada bahas oli SGMW Sinopec

Kalo mblnya mah .. temen pakai Ertiga M/T udah ratusan rb km, maunya yg agak kental katanya krn udah aus jg komponennya dia cobain, jd smooth pindah tuas persnelingnya .. tp ya ga tau ke depannya .. krn saya blg secara spek aja udah beda, yg ori minta 75W-80 GL-4, yg Sinopec kan 75W-90.

Maaf .. jd ini saya bukan bahas SINOPEC yg utk dituang ke gardan blkg ya om :mky_01:

Makanya td saya blg di atas jg kayaknya skip dl karena kejauhan rentang viskositasnya, kalo 80W/85W - 90, masih berani ane cobain hehehe :big_smile]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 4:35
erwinign wrote: Fri May 21, 2021 4:16 Girboknya kenapa om? Dan di avansa itu?
Saya baca bbrp page ke belakang si om jg ada bahas oli SGMW Sinopec

Kalo mblnya mah .. temen pakai Ertiga M/T udah ratusan rb km, maunya yg agak kental katanya krn udah aus jg komponennya dia cobain, jd smooth pindah tuas persnelingnya .. tp ya ga tau ke depannya .. krn saya blg secara spek aja udah beda, yg ori minta 75W-80 GL-4, yg Sinopec kan 75W-90.

Maaf .. jd ini saya bukan bahas SINOPEC yg utk dituang ke gardan blkg ya om :mky_01:

Makanya td saya blg di atas jg kayaknya skip dl karena kejauhan rentang viskositasnya, kalo 80W/85W - 90, masih berani ane cobain hehehe :big_smile]
Wah kl ertiga ya aman2 75W80 aja om, dl saya pake ertiga manual juga. Tp jangan salah, kl ertiga MT itu oper2an giginya memang agak alot kok om. Terutama kl mau masuk 1, 3, sama atret. Waktu servis 20rb km dulu ganti MTF susuki 75W80, oper2an jadi enak lagi sih.

Tp itu pendapat saya asumsinya kl gearboxnya ga pernah bongkaran ya om, kl udh bongkaran sih ga bs buat patokan krn special case

Avansa saya skrg juga jalan hampir 260rb saya kasih MTF wuling oke2 aja sih om, sblmnya rawatan seadanya juga. Innova saya jg kasi MTF wuling udh jalan 7rb km aman2 aja dg kondisi asal gelinding
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 4:21
karena pas nge-tap doang, keluarnya cman 1.5ltr .. udah ditungguin sampe ngga netes lg ..

masih ada 1 liter lagi kalo divakum dari lubang dipstick.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

DJpapi wrote: Fri May 21, 2021 4:21 Kalau untuk oli transmisi A/T apakah ada yg layak dicoba? .. :big_smile] .. selain PTT ATF-1A ? Gulf ATF-MV bagaimana? Karena saya cek lg promo jg hrg /ltrnya menarik sekali

Saat ini saya pakai Aisin AFW+ karena baca-baca di SM juga, jd banyak info saya lihatin.Gantiin bawaannya yg perlu spek Toyota T-IV.

IMG-20210313-092554.jpg

Ini saya ganti pake ATF Changer, cuman habis 7ltr. Saya kuras karena pas nge-tap doang, keluarnya cman 1.5ltr .. udah ditungguin sampe ngga netes lg .. akhirnya ya saya pengen buang smua krn ganti merk, :mky_01:

Ganti di odometer sblm 20rb KM, warna di tabung kaca udah merah cokelat .. pdhl kalo dicek pake dipstick dan dilap tissue, warnanya terang bgt merahnya.

IMG-20210313-181920.jpg
IMG-20210313-181943.jpg
ATF sapu jagat sih ini. Udah umum banget dipake, harga jg oke lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ilhamr
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27

Post by ilhamr »

Permisi suhu2 mau tanya seputar transmisi innova diesel 2kd, km 83xxxrb-an

Jadi ceritanya kemarin baru aja ganti oli trans dan gardan dan minyak rem di beres, nah hari ini ane agak sedikit aggresif bawanya, nah biasanya kalau lampu lalu lintas sudah terlihat dari jauh mau merah saya kecepatan 50-60an posisi gear 4 akan ganti ke gear 2 tapi kopling saya angkat pelan supaya engine brakenya ngga terlalu signifikan (tidak sampai engine meraung) berbarengan dengan rem untuk berhenti. Masalahnya saat ini saya sudah pastikan tekan kopling habis saat perpindahan dari gear 4 ke 2 tapi kenapa pas saya mau lepas kopling terjadi bunyi "grek" gear spt belum engage sempurna sudah 2x kejadi kejadian spt itu, klw turun normal 4-3-2 tidak ada kejadian spt itu, dan saat sblm ganti oli ngga ada gejala spt itu saya bisa dari gear 4 langsung ke gear 2 tanpa suara "grek" itu.

Nah mumpung masih dalam masa garansi pengerjaan dari beres, kira2 ada masalah dimana itu ya? Kopling set blm pernah ganti dan kemarin saat servis juga minta di cek kelayakan (kampas kopling set) menurut mereka masih layak blm perlu ganti,

Mau tanya jg di innova itu reservoir minyak kopling menyatu dengan minyak rem kah?
Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re:

Post by evanbngdor »

ilhamr wrote: Wed May 26, 2021 6:47 Permisi suhu2 mau tanya seputar transmisi innova diesel 2kd, km 83xxxrb-an

Jadi ceritanya kemarin baru aja ganti oli trans dan gardan dan minyak rem di beres, nah hari ini ane agak sedikit aggresif bawanya, nah biasanya kalau lampu lalu lintas sudah terlihat dari jauh mau merah saya kecepatan 50-60an posisi gear 4 akan ganti ke gear 2 tapi kopling saya angkat pelan supaya engine brakenya ngga terlalu signifikan (tidak sampai engine meraung) berbarengan dengan rem untuk berhenti. Masalahnya saat ini saya sudah pastikan tekan kopling habis saat perpindahan dari gear 4 ke 2 tapi kenapa pas saya mau lepas kopling terjadi bunyi "grek" gear spt belum engage sempurna sudah 2x kejadi kejadian spt itu, klw turun normal 4-3-2 tidak ada kejadian spt itu, dan saat sblm ganti oli ngga ada gejala spt itu saya bisa dari gear 4 langsung ke gear 2 tanpa suara "grek" itu.

Nah mumpung masih dalam masa garansi pengerjaan dari beres, kira2 ada masalah dimana itu ya? Kopling set blm pernah ganti dan kemarin saat servis juga minta di cek kelayakan (kampas kopling set) menurut mereka masih layak blm perlu ganti,

Mau tanya jg di innova itu reservoir minyak kopling menyatu dengan minyak rem kah?
Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin
Ganti oli transmisi&gardan sih harusnya gak ngefek sampe 'grek' gitu sih, spek nya sesuai kan?

Bunyi 'grek' gitu bisa jadi jd cross joint yg udah seret, bisa juga kopling yg udah menipis karena kalo saya baca Om suka main kopling untuk engine brake ya. Odo jg udah 80rb jd baiknya coba dicek dulu apa kopling nya udah abis. FYI kopling innova diesel itu agak sensitif, pas masih garansi baru saya sampe ganti kopling set 3 kali baru ngga geter, padahal sama2 ori.

Reservoir jadi satu sama minyak rem, coba pastiin ngga ada angin di saluran kopling nya, coba kuras aja yg ada di saluran minyak kopling nya, kalo gak salah ada 3 nipple yg bisa dibuka untuk kuras minyak kopling. Semua mobil berpenggerak belakang itu pasti pake kopel, mungkin dia ngga tau kalo Innova itu penggerak belakang, maklumi aja mungkin bukan orang yg paham otomotif, cuma orang yg paham administrasi bengkel
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re:

Post by DOHC »

ilhamr wrote: Wed May 26, 2021 6:47 Permisi suhu2 mau tanya seputar transmisi innova diesel 2kd, km 83xxxrb-an

Jadi ceritanya kemarin baru aja ganti oli trans dan gardan dan minyak rem di beres, nah hari ini ane agak sedikit aggresif bawanya, nah biasanya kalau lampu lalu lintas sudah terlihat dari jauh mau merah saya kecepatan 50-60an posisi gear 4 akan ganti ke gear 2 tapi kopling saya angkat pelan supaya engine brakenya ngga terlalu signifikan (tidak sampai engine meraung) berbarengan dengan rem untuk berhenti. Masalahnya saat ini saya sudah pastikan tekan kopling habis saat perpindahan dari gear 4 ke 2 tapi kenapa pas saya mau lepas kopling terjadi bunyi "grek" gear spt belum engage sempurna sudah 2x kejadi kejadian spt itu, klw turun normal 4-3-2 tidak ada kejadian spt itu, dan saat sblm ganti oli ngga ada gejala spt itu saya bisa dari gear 4 langsung ke gear 2 tanpa suara "grek" itu.

Nah mumpung masih dalam masa garansi pengerjaan dari beres, kira2 ada masalah dimana itu ya? Kopling set blm pernah ganti dan kemarin saat servis juga minta di cek kelayakan (kampas kopling set) menurut mereka masih layak blm perlu ganti,

Mau tanya jg di innova itu reservoir minyak kopling menyatu dengan minyak rem kah?
Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin
As kopel ga bsa d tembak vet ?

SA mana tuh, coba sebut sini namanya

Kl saya seh beneran ta ladenin tuh suru angkat mobilnya, ampe ketemu, ta konciin ybs bareng igun nasar suru maen2an as kopel biar tau rasa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re:

Post by marmut »

ilhamr wrote: Wed May 26, 2021 6:47 Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin

innova fortuner ada nipple cross joint.
avanza xenia tidak ada.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Re:

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu May 27, 2021 2:27
ilhamr wrote: Wed May 26, 2021 6:47 Permisi suhu2 mau tanya seputar transmisi innova diesel 2kd, km 83xxxrb-an

Jadi ceritanya kemarin baru aja ganti oli trans dan gardan dan minyak rem di beres, nah hari ini ane agak sedikit aggresif bawanya, nah biasanya kalau lampu lalu lintas sudah terlihat dari jauh mau merah saya kecepatan 50-60an posisi gear 4 akan ganti ke gear 2 tapi kopling saya angkat pelan supaya engine brakenya ngga terlalu signifikan (tidak sampai engine meraung) berbarengan dengan rem untuk berhenti. Masalahnya saat ini saya sudah pastikan tekan kopling habis saat perpindahan dari gear 4 ke 2 tapi kenapa pas saya mau lepas kopling terjadi bunyi "grek" gear spt belum engage sempurna sudah 2x kejadi kejadian spt itu, klw turun normal 4-3-2 tidak ada kejadian spt itu, dan saat sblm ganti oli ngga ada gejala spt itu saya bisa dari gear 4 langsung ke gear 2 tanpa suara "grek" itu.

Nah mumpung masih dalam masa garansi pengerjaan dari beres, kira2 ada masalah dimana itu ya? Kopling set blm pernah ganti dan kemarin saat servis juga minta di cek kelayakan (kampas kopling set) menurut mereka masih layak blm perlu ganti,

Mau tanya jg di innova itu reservoir minyak kopling menyatu dengan minyak rem kah?
Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin
As kopel ga bsa d tembak vet ?

SA mana tuh, coba sebut sini namanya

Kl saya seh beneran ta ladenin tuh suru angkat mobilnya, ampe ketemu, ta konciin ybs bareng igun nasar suru maen2an as kopel biar tau rasa
iya coba diladenin ya sampe angkat mobil. penasaran pengen liat muka nya, menahan malu atau msh ngeles n ngegas juga tuh si SA.
kl ane ketemu yg gituan pasti pindah beres, udah ketauan ga ngerti dia. mekaniknya jg pasti yg ijo.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Thu May 27, 2021 3:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
coba buka baut pengisiannya aja (fill plug) dan masukin obeng atau apa yg gunanya sbg dipstick utk colok dikit sampai ke permukaan olinya. nanti kan ketauan warna dan kondisinya spt apa om.

sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 3:21
Profith83 wrote: Thu May 27, 2021 3:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
coba buka baut pengisiannya aja (fill plug) dan masukin obeng atau apa yg gunanya sbg dipstick utk colok dikit sampai ke permukaan olinya. nanti kan ketauan warna dan kondisinya spt apa om.

sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
Terima kasih sudah reply om. Nanti saya praktekan

13 rb, rentang berapa tahun om?
Saya kebayang umur 2 thn apa oli tidak merusak seal seal karetnya? yang dilewati oli gardan sepertinya ada seal karet yah.

Apakah bisa dilihat dan dirasakan/diraba pakai tangan. Kondisi oli bagaimana yang menyebabkan oli gardan bisa merusak seal karet?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Thu May 27, 2021 3:30
Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 3:21
Profith83 wrote: Thu May 27, 2021 3:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
coba buka baut pengisiannya aja (fill plug) dan masukin obeng atau apa yg gunanya sbg dipstick utk colok dikit sampai ke permukaan olinya. nanti kan ketauan warna dan kondisinya spt apa om.

sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
Terima kasih sudah reply om. Nanti saya praktekan

13 rb, rentang berapa tahun om?
Saya kebayang umur 2 thn apa oli tidak merusak seal seal karetnya? yang dilewati oli gardan sepertinya ada seal karet yah.

Apakah bisa dilihat dan dirasakan/diraba pakai tangan. Kondisi oli bagaimana yang menyebabkan oli gardan bisa merusak seal karet?
Saya sih oli gardan ganti setiap 20rb km atau 1 tahun, pake Eneos jg. Tp biasanya 20rb km duluan yg lebih cepet sampe

Biasanya ada gram itu yg bahaya sih di oli gardan, tp tergantung oli jg kadang bisa dikit bisa banyak gram nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Re:

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 3:17
DOHC wrote: Thu May 27, 2021 2:27
ilhamr wrote: Wed May 26, 2021 6:47 Permisi suhu2 mau tanya seputar transmisi innova diesel 2kd, km 83xxxrb-an

Jadi ceritanya kemarin baru aja ganti oli trans dan gardan dan minyak rem di beres, nah hari ini ane agak sedikit aggresif bawanya, nah biasanya kalau lampu lalu lintas sudah terlihat dari jauh mau merah saya kecepatan 50-60an posisi gear 4 akan ganti ke gear 2 tapi kopling saya angkat pelan supaya engine brakenya ngga terlalu signifikan (tidak sampai engine meraung) berbarengan dengan rem untuk berhenti. Masalahnya saat ini saya sudah pastikan tekan kopling habis saat perpindahan dari gear 4 ke 2 tapi kenapa pas saya mau lepas kopling terjadi bunyi "grek" gear spt belum engage sempurna sudah 2x kejadi kejadian spt itu, klw turun normal 4-3-2 tidak ada kejadian spt itu, dan saat sblm ganti oli ngga ada gejala spt itu saya bisa dari gear 4 langsung ke gear 2 tanpa suara "grek" itu.

Nah mumpung masih dalam masa garansi pengerjaan dari beres, kira2 ada masalah dimana itu ya? Kopling set blm pernah ganti dan kemarin saat servis juga minta di cek kelayakan (kampas kopling set) menurut mereka masih layak blm perlu ganti,

Mau tanya jg di innova itu reservoir minyak kopling menyatu dengan minyak rem kah?
Oot, sa beres saat saya minta untuk lumasi nepel cross joint gardan dia bilang itu cuma buat 4wd, padahal seingat saya om turboman pernah nyaranin untuk lumasi cros joint innova kan ya?, saat saya konfimasi ulang sa yakin sm argumen dia dan bahkan ngajak cek fisik dgn mobil diangkat, cuma karena saya dah males akhirnya ngga saya ladenin
As kopel ga bsa d tembak vet ?

SA mana tuh, coba sebut sini namanya

Kl saya seh beneran ta ladenin tuh suru angkat mobilnya, ampe ketemu, ta konciin ybs bareng igun nasar suru maen2an as kopel biar tau rasa
iya coba diladenin ya sampe angkat mobil. penasaran pengen liat muka nya, menahan malu atau msh ngeles n ngegas juga tuh si SA.
kl ane ketemu yg gituan pasti pindah beres, udah ketauan ga ngerti dia. mekaniknya jg pasti yg ijo.
Dl saya perna mbah

Waktu bawa inofa jadul

Perihal baut drain coolant dr enjin block

SA kekeuh ga ad, cuman drain dr radiator bawah, bahkan ampe ta buka tu kap mesin unit yg d showroom tunjukin pun doi masi blg bukan, itu buat oli lah, dll

Akhirnya balik lg ke bengkel saya suru montir nya buka tu baut di inofa saya, kl ampe isi nya yg kuar oli mesin, ta bayar itu ongkos jasa dan oli nya... pas d buka ehh yg coolant donk yg kuar

Lgs ta ngegas, blg baca lg tu manual book yg bener, jgn cuman jd pajangan workshop atau kl ga buat saya aj sini
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: