Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

pcx wrote: Tue Jan 26, 2021 6:26 Ampyun Um@smgandi :mrgreen:

T30 masih ada ato dah dilego, Um ?

:drinking:
Salam Um kakak pembina@pcx :big_deal:
Teo msh ada, bahkan ada fotonya di halaman 4 kalau kangen silakan dilihat. :big_exellent:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

Tats wrote: Sat Jan 23, 2021 5:16 Dulu pas masih pegang captiva awd ga pernah kena aquaplaning
Pake mobil rwd (saloon) dan fwd (suv) ber-vsc ga pernah aquaplaning juga
Menurut sy vsc sangat membantu utk cuaca2 seperti ini, walau behaviour dan ilmu pengemudi juga berpengaruh juga
Sy harap pemerintah indo mewajibkan esp/vsc sebagai fitur standar, ga hanya abs doang
Tp ya tau sendiri lah, kalau 4x4 aja dikasih pajak lebih berarti pemerintahnya seperti apa...
Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Tats »

Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Salvanost »

erwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54
Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40
Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 4:55 Masalahnya mayoritas menjawab jaga setir sama jangan gas dan rem kalau aquaplaning

Padahal ABS mau nyala ya tekan rem
VSC atau ESP mau nyala ya tekan gas

Jadi kembali ke masalah ban juga
Harus bagus bannya
Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar
Ngerem ABS om
Kalau mobil lama pedalnya dikocok
Kalau udah ABS injak pedal rem full

Dulu saya kaya orang bego
Mobil ABS pedal rem saya kocok
Hasilnya dah 500 meter juga masih kenceng mobilnya :off_no:

Untung main setir aman...

Ya Tuhan saya beneran trauma ketemu orang rem dadakan di tol

Dah 2x kejadian no sen, kec 10-30km/jam potong jalurs

Sampai sekarang saya kalau lihat ada pintu keluar toll
Harus waspada

Ada orang bego rem mendadak sama potong ke jalur paling kiri ke bahu jalan (dengan maksud mau keluar tol tapi kelupaan)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

Salvanost wrote: Sat Jan 30, 2021 11:55
erwinign wrote: Sat Jan 30, 2021 8:54
Tats wrote: Sat Jan 30, 2021 8:40

Ya om betul byk faktor lainnya juga
Yg paling utama kondisi mobil dan skill/pengalaman nyetir kalau mobilnya ga ada perangkat keselamatan aktif
Tapi karena sy pernah "diselamatkan" oleh esp akhirnya esp jadi salah satu pertimbangan sy dalam pemilihan mobil hehe
Saya pernah jg om naik crv re fl. Lg turun kenceng tau2 dr lanjur sblh saya ada mbak2 bawa motor motong jalan saya mau belok gang di seberang saya. Saya ngerem dalem+klakson+banting stir ke lajur lawan (untung kosong) dan saya bs simpulin (mungkin) gara2 ada VSA (saya ga liat indikator VSA nyala apa ngga wkt itu) mobil masih bener2 undercontrolled buat ngehindar
Ngerem ABS om
Kalau mobil lama pedalnya dikocok
Kalau udah ABS injak pedal rem full

Dulu saya kaya orang bego
Mobil ABS pedal rem saya kocok
Hasilnya dah 500 meter juga masih kenceng mobilnya :off_no:

Untung main setir aman...

Ya Tuhan saya beneran trauma ketemu orang rem dadakan di tol

Dah 2x kejadian no sen, kec 10-30km/jam potong jalurs

Sampai sekarang saya kalau lihat ada pintu keluar toll
Harus waspada

Ada orang bego rem mendadak sama potong ke jalur paling kiri ke bahu jalan (dengan maksud mau keluar tol tapi kelupaan)
Gini om, oke saya wkt itu persis ngerem ABS aktif. Cuma VSA perannya stl ngerem juga sedikit banyak membantu di intervensi masing2 ban buat ngatur ngerem di masing2 ban kl saya pelajarin biar traksi ban ke aspal ttp optimal di sikon begitu. Jadi hasilnya setelah ngerem mendadak saya masih bisa manuver menghindar dr mbak2 itu dg mulus
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by k1493nk »

Anti aquaplaning...

smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Pjs ane sdh ada temannya oiiiii, ada yg nyungkringin pjs juga.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by darrelund »

Clonz wrote: Thu Dec 24, 2020 5:13
erwinign wrote:
Clonz wrote: Wed Dec 23, 2020 12:23 Innova reborn diesel G AT pake ban michelin primacy 4, pernah jalan di tol ujan2, di geber 120-140 aman, dan grip berasa masih nggigit ke jalan (di sini kerasa banget kelebihannya primacy4).

Di genangan2 dalam kota jg dilibas dengan enaknya serasa nabi nih mau leaat.

Tapi ga berarti bebas aquaplanning, kmrn terakhir november 2020 pernah hujan sangat deras di tol banget sampe ga kelihatan objek di depan, masih berani jalan 100km/h karena feel ban masih grip bagus, tp pas ngelewatin jalan genangan yg agak dalem, lgsg aja setirnya hilang kendali.

Beneran ini ban beda lo efeknya. Investasi yg ga sia2.
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).

Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.

Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)

Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.

Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.

Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.

Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.

Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.

Ga jauh2 ya reborn ini lah.

Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
wah saya pernah baca nih om, soal ban OEM. ternyata benar seperti yg oom bilang soal ban OEM yang emg dasarnya kasta paling bawah

mereka sendiri sebagai pabrikan pun sadar om kalo ban yang mereka kasih emg seadanya dan tahu kalo ada ban yang lebih bagus.

tapi selain faktor ngirit cost mereka juga ngejar efisiensi supaya fuel cons yang ada di real life itu sama sperti yg ada di brosur, bahaya om kalo perbedaan fuel cons real life sama brosur terlalu jauh perbedaannya, bisa kena false marketing itu :big_biglaugh:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Duvebriliant0 »

wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by MSU »

Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Profith83 »

MSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36
Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt an
Dilawan ban yang 1 biji segede gaban cuma 1 jt an
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Fri May 28, 2021 3:47
MSU wrote: Fri May 28, 2021 3:36
Duvebriliant0 wrote: Fri May 28, 2021 3:14

wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
ngaco ni ownernya...
tau2 innova pake P-Zero...beliau cuma ban standard
Iya jangan2x Innova pakai Yokohama atau Toyo yang 1 biji harganya 2 jt lebih. bahkan ada yang 4 jt an
Dilawan ban yang 1 biji segede gaban cuma 1 jt an
Ban AT bawaan pabrik pula ya
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by iwansiagian »

Duvebriliant0 wrote:
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by Profith83 »

iwansiagian wrote: Fri May 28, 2021 4:53
Duvebriliant0 wrote:
wah niatnya ga baik :big_dunno: "Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan,"
Yang di kejar innova nya FM jangan jangan [emoji16]
lain cerita kalau mercedes keluaran tahun baru ngikutin Innova.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by pengendiesel »

erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33
Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by maastricht889 »

pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26
erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 5:33

Cara berpikirnya kok gitu banget ya....
Udah ujan, jalan 140, gandeng nyawa sama mobil depan lagi.
Asal ngebut itu gampang, anak sd juga bisa. Yang susah itu garansi selamatnya
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
Makanya om, saya jg heran begituan. Emang sih buat puas2in nafsu mo kenceng aja bener, cuma lama2 ya saya ga setuju juga. Saya seumur2 nyetir itu namanya pegang HP terus potret2 aja susahnya minta ampun, pol2an cm terima telpon sambil stir. Saya tau mobil saya dg kemampuan mesinnya bisa reach 180kmh, tapi saya rasain nyetir mobil ini poin amannya ya cruising di 120-140. 180kmh aja kl pas sikon bener2 mendukung di tol misalnya, itupun saya beraninya cm beberapa detik. Ngeri soalnya, fokus dan konsentrasi saya udah kelewat bates kl nyetir sekenceng itu buat handle kl ada situasi tak terduga.

Di tol kaya transjawa teladan saya ya bis2 pariwisata, dr bis2 ini saya justru seneng krn dg cara pak supirnya nyetir jadi saling nolongin driver mobil2 lain di sekitar saya. Misal kaya kasih sein kanan terus2an buat nandain jangan salip kiri gr2 ada kendaraan pelan2, itung2 bs ngebuka jalan buat mobil2 di belakang saya. Begitu ada disel2 kenceng lewat, yurop2 lewat, CRV turbo lewat sih saya kasih jalan aja, males ngeladenin krn ga bs nikmatin nyetir lukot :big_biglaugh: emang dah yg sering posting2 begituan saya akuin nyawanya dobel semua om wkwkwkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26
erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake

Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.

Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Ane setuju buanget nget nget sama ini.
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral :big_biglaugh:
Padahal imho, pure luck
maklum om... ingin dekat pada yang kuasa... :big_weee:

rekam rekam top speed buat kepuasan pribadi gapapa asal jangan supirnya pegang hp minimal passengernya atau ada phone holder di setir.

yah pembalap yang terbiasa dengan high speed dan high-G aja masih butuh navigator dan tim...

yang ane ngeri tuh kadang-kadang pake mobil yang tidak didesain untuk kecepatan tinggi dan bone stock se ban-bannya dan rem-remnya. udah gitu mau nyampe top speednya juga lama abis ngebayangin itu supirnya gimana jantungnya kalo misal tetiba ada truk meleng pindah jalur.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7