kalo saya ngebayanginnya si mbah ono ngerjain gituan pake kaca pembesar yang nempel di mata kaya teknisi arloji.
pas mau pipis dia lupa ngelepas kaca pembesarnya, dan pingsan ngeliat itu as kopel jadi gede banget...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
tadinya mau ikutin profile nya ngk iridium ix atau denso iridium power. ada bagian yg dipangkas. eh trus pikir2 hajar aja bikin segitiga lancip.
ngelatih picingan mata dan kestabilan tangan agar tidak godek.
barusan sih ane liat2 lagi engga mbah, belom ada yg lepas. tapi wong busi ga diapa2in jg pasti ada erosi mbah, jadi serbuk2 metal gitu dan kebawa asep ke knalpot.
bukan suhu tp mau ikut nyerocos aja anebenzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 8:41 Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.
Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.
Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.
Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.
Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.
Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
Thank you mbah suhu buat penjelasannya, sgt detail hahahah... bukannya gak mau ada getaran sama sekali sih, karakter mobil memang beda2, mungkin ada mesin2 yg imo well "balance" tp ada jg yg kurang fine tune balancenya.Omnibus wrote:bukan suhu tp mau ikut nyerocos aja anebenzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 8:41 Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.
Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.
Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.
Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.
Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.
Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
pemahaman ane, kita samain persepsi dulu.
apakah sebelumnya om benz pernah ngerasain mobil ini ngga spt skrg yg rpm nya drop n geter2? atau emang dr pertama om punya mobil ini udah kaya skrg?
kl dulunya ga kaya skrg berarti emang ada yg salah dan bisa diperbaiki kaya dulu. cuman, emang jatohnya semi trial and error (demikian jg keluar wang nya buat beli ini itu termasuk ongkosnya)
step 1: hrs ada baseline ttg keadaan yg skrg. caranya agak urdu nih tp sering dipake. ambil botol air mineral boleh yg 600ml atau yg 1500ml, isi pakai air sampai yg ga ada lekukannya jd bisa dilihat permukaan airnya dgn baik (jd ga perlu pake kaca pembesar watchmaker, takut lupa dicopot kl ke wc kata mbah reqtor). jd sebelum mobil dicoba perbaikan apapun taruh itu botol diatas mesin sambil idle posisi N dan D. video in pake hp spy goncangan permukaan airnya direkam utk jadi baseline.
step 2: krn udah ada baseline, baru trial n error dimulai. namanya juga fine tuning. customernya jg super demanding. ga mau ada sedikitpun geter di mesin 2az-fe nya kl lagi idle. [emoji1787][emoji2960]
maka kita mulai dr yg paling mudah, colokin scanner dan dilihat rpm drop nya segimana jauh antara N idle dan D idle. keluarin juga mode graphic nya kl perlu jd bisa keliatan up n down nya. sbg perbandingan di jazz gk ane ngga berubah, tetep di 700 rpm. demikian jg ketika lampu/ac dinyalain tetap di 750 rpm dlm kedua kondisi tersebut. kl di step 2 ini rpm drop nya jauh bedanya, berarti ada masalah di idle up (atau idle control mesin). dr sini baru repair dilakukan mulai dr sensor2 (perisa/bersihkan), throttle body, intake termasuk tumble flaps kayanya 2az ada cmiiw, intake port, vacuum lines barangkali ada crack/leak, busi cek, O2 sensor cek/periksa kekencangan. jatuhnya semua emang satu per satu disambangin krn udah kategori fine tuning.
step 3: kl di step 2 pass tdk ada rpm drop yg signifikan tapi getaran tetap berasa berarti kemungkinannya ke enjin monting. kenapa geter meskipun rpm ga drop, krn kan udah engage ke trans udah ga free spinning krn ada daya yg tersalurkan utk muterin torque converter beserta atf di dalamnya.
trial n error = keluar wang pasti tp hasil belum tentu. he he he [emoji23]
oya kl seandainya jadi ganti busi, tempat duduk busi yg di dalem lubang busi itu wajib dibersihin. jangan sampai ada kerak carbon bikin seal ga bagus. n busi baru kl udah dipasang dan ditorsi pake TW jangan dibuka lagi. nanti sealingnya ga serapet awal, mirip prinsip ring washer drain plug. lbh parah krn ini nahan pressured gas. kl yg awal si ring washernya udah membentuk perfect sealing dgn permukaan gasket seat di lubang busi.
oya nambah lagi, cek juga trouble code ada ngga utk fuel evap purge control valve leak. valve ini yg dr fuek tank utk ngeluarin fuel fumes ke intake, kl stuck open bisa bikin idle goyang juga.
Hmmm... gitu yah mbah, coba ane pertimbangkan deh, emang rada2 jg nih penjual busi, kita nanyanya apa tp direkomendasikan yg lainnya, cuman memang jd penasaran aja apakah memang performanya signifikan banding yg tertulis di buku manual fabriekan.DOHC wrote:nubi numpang jawapbenzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 8:41 Suhu2 perbusian mau tanya mengenai busi iridium double needle.
Jd ane rencana mau ganti busi 2AZ-FE, di buku manual kl merek denso pakai yg SK20R11.
Lalu ane tanya2 di official store toko ijo tp di sarankan pakai denso IK20TT (iridium double needle), katanya ini versi paling bagusnya banding SK20R11.
Kelebihan IK20TT adalah sbb:
- 2 Jarum / Needle.
- 1 Elektroda dari bahan Iridium DAN Platinum di ground elektroda.
- Jarum Elektroda paling kecil sedunia 0.4mm.
- Menaikan Horse Power lebih baik dari Busi Iridium.
- Menaikan Akselerasi lebih baik dari Busi Iridium.
- Bahan bakar menjadi lebih irit +/- 2.4% dibandingkan busi iridium dan +/- 7.5% dari busi standard.
- Pembakaran jauh lebih sempurna dari Busi Iridium.
- Umur mesin menjadi lebih panjang.
- Life time busi bisa sampai 120.000 KM.
Pertanyaannya apakah busi double needle ini sesuai dgn klaim dr seller yah? Harga 150 ribu per busi x 4 busi = 600 ribu.
Ane mau pakai busi yg enak, gak penting longevity tp lbh ke more power, cold start & idle mesin lebih smooth & stabil.
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
kl yg jawapan toko official itu, jgn tralu diikutin mbah
saya nanya buat inofa ribon saya, dsuru pake yg iridium twin tip (sbiji nya 200 rebu) krn mereka kekeuh kl bawaan yg FK20HR itu jg twin tip, jd subtitusi nya jg wajip twin tip , kl ga ntar mesin pincang lah, geter lah dsb
trus saya nanya yg nikel k20hr ama nikel twin tip k20tt, katanya jg ga bole, itu buat inofa lama doank
trus yg ikh20 iridium power, lagi ga bole katanya krn buat inofa lama doank
akhirnya... saya bandel tetep beli yg ikh20, toh inofa lama ama baru, busi sama aja koq heat range, drat, ulir dsb
so far so good ga ad masalah... pedal to kampret always pake pertalite jg tetep aja ga masalah
DOHC wrote: ↑Thu May 27, 2021 16:09
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokal
Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium
Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
berarti bagi kebanyakan org yg om maksud ini mungkin undetectable ya. dikit banget berarti, beneran ga ada masalah apa2 cuma hrs fine tuning.benzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 13:17 Thank you mbah suhu buat penjelasannya, sgt detail hahahah... bukannya gak mau ada getaran sama sekali sih, karakter mobil memang beda2, mungkin ada mesin2 yg imo well "balance" tp ada jg yg kurang fine tune balancenya.
Mesin HR lipindut itu dr N ke D hampir gak ada bedanya. Golf mk7, mazdut 8, yaris, fortuner, HRV, CX-30 itu smooth semua. CRV RE, Camry XV40, KIA optima dr N ke D terasa agak sedikit vibrasi bawaan oroknya, jd kl ada pengapian yg kurang sempurna, atau ada yg kotor di TB, MAF itu lebih terasa lg perbedaannya.
Makanya mau tanya apakah pemakaian busi double needle ini bisa bantu memperbaiki bawaan orok tsb, kl gak salah kan om josomba jg pake yah buat mazdut 2 nya yg jg ada kendala rpm sering nge-drop & katanya berhasil mengurangi gejala2 tsb.
Hehehe...Omnibus wrote: ↑Sat May 29, 2021 13:39
ok, kl buat ane toyota itu lbh cocok pake busi denso. honda nissan lbh cocok ngk. tp itu cuma opini. even heat range nya sama tetep ada bedanya.
iridium biasa vs tt baru aja ane baca2 banyak bgt artikel, intinya ga ada beda secara performance cuma beda durability nya aja (service life). jd kl mau coba2 pake yg lbh murah dulu beli yg denso iridium biasa.
Saya jg ganti pake ngk ngikutin mbah omnibusBadip wrote: ↑Sat May 29, 2021 13:37 Sama nih kejadiannya, waktu erpih 1.5 diserpis 10 rebu km iseng tanya SA beres apa bisa businya diganti iridium yang biasa dipake emprit.
Jawabnya gak bisa karena masing2 mobil settingnya beda. Yowislah males debat sambil ngakak dalam hati. Sambil nunggu serpisnya kelar brosing toko ijo dapetlah denso IK20TT. Beli dari official store, tiba barangnya langsung pasang sendiri. No problem no setting-setting.
Kenapa pengen ganti? Pengen cari yang awet, kalo misalnya mesin lebih mudah distart, fc lebih irit dll anggap saja bonus.
DOHC wrote: ↑Thu May 27, 2021 16:09
Iya, itu yg FR6F nikel beneran bawaan pabrik utk enjin2 L15 rakitan lokal
Bengong kan .. Padahal dr jaman city GM2, jazz GE aj dikasi iridium
Bahkan lucunya lg, beberapa kl saya iseng waktu dl lg ke beres, saya tiap kl nanya mo ganti busi, slalu dbilang ga perlu pak, nanti aj pas 100 rebu km, kcuali mesin mendadak pincang.. waktu saya blg busi bawaan hrv itu nikel, mreka ngeyel, blg itu utk brio doank
dulu ipah jadul ane ta coba kasih ngk iridium ix, larinya malah kosong rpm bawahnya. udah gitu cepet ngarbon n kl udah ngarbon tambah ga enak.DOHC wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:12
Hehehe...
Yg toyota bagusan denso, itu jg saya sering baca seh d forum2 luar (btw, batu makam yg enjin2 kerja sama ama renault, atau yg kerja sama ama chrysler, mitsu, itu jg katanya bagusan denso).. honda mitsu bagusan NGK
Makanya saya jg slalu ikutin pakem itu, inofa kasi denso, hrv ngk
Cuman yg binggung si 1KR-GTE maha resing.. entha musti kasi apa, daihatsu resing development entah ngasinya apa.. apa ngikutin hedon kaya mbah 69 aj yah, kasi busi masda, sbiji gopeceng
Inofa nya seblom euro mbah ? Kl iya, tosss, inofa jadul saya jg non euro dl, itu emg rajin carbon fouling banget, makanya waktu itu saya minta setting CO potensiometernya biar agak lean, busi jd agak berkurang foulingnya, cuman tarikan bawahnya jd agak lelet, cuman kl di cekokin pertabo, wuihhh iritnya dapet, tarikan jg lgs nonjokOmnibus wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:48dulu ipah jadul ane ta coba kasih ngk iridium ix, larinya malah kosong rpm bawahnya. udah gitu cepet ngarbon n kl udah ngarbon tambah ga enak.DOHC wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:12
Hehehe...
Yg toyota bagusan denso, itu jg saya sering baca seh d forum2 luar (btw, batu makam yg enjin2 kerja sama ama renault, atau yg kerja sama ama chrysler, mitsu, itu jg katanya bagusan denso).. honda mitsu bagusan NGK
Makanya saya jg slalu ikutin pakem itu, inofa kasi denso, hrv ngk
Cuman yg binggung si 1KR-GTE maha resing.. entha musti kasi apa, daihatsu resing development entah ngasinya apa.. apa ngikutin hedon kaya mbah 69 aj yah, kasi busi masda, sbiji gopeceng
kayanya pabrik busi develop businya kan biasanya tergantung request client (pabrikan mobil) dan itu pairing sm coil bawaan si mobil. jd mungkin dimaksimalin dapet spark nya terbagus sesuai sm coil bawaan (ampere nya beda). ya sotoy emang pendapat ane ini. soalnya kemaren baca di mamarika lbh aneh lagi mbah. ada toyota v6 yg bank 1 (depan) pake ngk 3 biji tapi bank 2 (firewall) pake denso 3 biji dan ini dr pabrik. konon itu juga gimana supplier availability nya. ane garuk2 pala, mobil begitu kl ownernya spt om benz pas serah terima di dealer langsung dikomplen ma doi. ga cukup halus katanya, masih geter2, not acceptable for a v6.
daihatsu? ya denso mbah. orang segrup ama abangnya.
Ud kepikiran seh mbah
iya yg sebelum euro yg msh pake potensiometer. masih ada tuh sy SST nya buat muterin itu beli di toyota dulu wkwkwkDOHC wrote: ↑Sun May 30, 2021 6:49Inofa nya seblom euro mbah ? Kl iya, tosss, inofa jadul saya jg non euro dl, itu emg rajin carbon fouling banget, makanya waktu itu saya minta setting CO potensiometernya biar agak lean, busi jd agak berkurang foulingnya, cuman tarikan bawahnya jd agak lelet, cuman kl di cekokin pertabo, wuihhh iritnya dapet, tarikan jg lgs nonjokOmnibus wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:48dulu ipah jadul ane ta coba kasih ngk iridium ix, larinya malah kosong rpm bawahnya. udah gitu cepet ngarbon n kl udah ngarbon tambah ga enak.DOHC wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:12
Hehehe...
Yg toyota bagusan denso, itu jg saya sering baca seh d forum2 luar (btw, batu makam yg enjin2 kerja sama ama renault, atau yg kerja sama ama chrysler, mitsu, itu jg katanya bagusan denso).. honda mitsu bagusan NGK
Makanya saya jg slalu ikutin pakem itu, inofa kasi denso, hrv ngk
Cuman yg binggung si 1KR-GTE maha resing.. entha musti kasi apa, daihatsu resing development entah ngasinya apa.. apa ngikutin hedon kaya mbah 69 aj yah, kasi busi masda, sbiji gopeceng
kayanya pabrik busi develop businya kan biasanya tergantung request client (pabrikan mobil) dan itu pairing sm coil bawaan si mobil. jd mungkin dimaksimalin dapet spark nya terbagus sesuai sm coil bawaan (ampere nya beda). ya sotoy emang pendapat ane ini. soalnya kemaren baca di mamarika lbh aneh lagi mbah. ada toyota v6 yg bank 1 (depan) pake ngk 3 biji tapi bank 2 (firewall) pake denso 3 biji dan ini dr pabrik. konon itu juga gimana supplier availability nya. ane garuk2 pala, mobil begitu kl ownernya spt om benz pas serah terima di dealer langsung dikomplen ma doi. ga cukup halus katanya, masih geter2, not acceptable for a v6.
daihatsu? ya denso mbah. orang segrup ama abangnya.
Tp ad efek negatipnya jg, itu saya perhatikan umur busi nikelnya jd pendek pake banget, 20 rebu kurang ud wajib ganti
Ganti pake k20Tt ikutin saran mbah mods hansen, ini lmayan, umur busi jd agak panjang sikit dgn stelan lean
Mengenai enjin V6, ini saya perna baca malah utk enjin J35 honda yg ad VCM nya, itu yg bank deket firewall (atau yg depan, lupa saya, pokoknya yg bank bsa dimatiin punya biar eco) itu malah dipakein busi yg lebi "panas" .. krn banyak kasus yg jd enjin sludge, carbon, dsb
benzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 8:41 -cut-
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
Ahh sip kamsia mbah
Waste spark tau mbahOmnibus wrote: ↑Sun May 30, 2021 7:44iya yg sebelum euro yg msh pake potensiometer. masih ada tuh sy SST nya buat muterin itu beli di toyota dulu wkwkwkDOHC wrote: ↑Sun May 30, 2021 6:49Inofa nya seblom euro mbah ? Kl iya, tosss, inofa jadul saya jg non euro dl, itu emg rajin carbon fouling banget, makanya waktu itu saya minta setting CO potensiometernya biar agak lean, busi jd agak berkurang foulingnya, cuman tarikan bawahnya jd agak lelet, cuman kl di cekokin pertabo, wuihhh iritnya dapet, tarikan jg lgs nonjokOmnibus wrote: ↑Sun May 30, 2021 5:48
dulu ipah jadul ane ta coba kasih ngk iridium ix, larinya malah kosong rpm bawahnya. udah gitu cepet ngarbon n kl udah ngarbon tambah ga enak.
kayanya pabrik busi develop businya kan biasanya tergantung request client (pabrikan mobil) dan itu pairing sm coil bawaan si mobil. jd mungkin dimaksimalin dapet spark nya terbagus sesuai sm coil bawaan (ampere nya beda). ya sotoy emang pendapat ane ini. soalnya kemaren baca di mamarika lbh aneh lagi mbah. ada toyota v6 yg bank 1 (depan) pake ngk 3 biji tapi bank 2 (firewall) pake denso 3 biji dan ini dr pabrik. konon itu juga gimana supplier availability nya. ane garuk2 pala, mobil begitu kl ownernya spt om benz pas serah terima di dealer langsung dikomplen ma doi. ga cukup halus katanya, masih geter2, not acceptable for a v6.
daihatsu? ya denso mbah. orang segrup ama abangnya.
Tp ad efek negatipnya jg, itu saya perhatikan umur busi nikelnya jd pendek pake banget, 20 rebu kurang ud wajib ganti
Ganti pake k20Tt ikutin saran mbah mods hansen, ini lmayan, umur busi jd agak panjang sikit dgn stelan lean
Mengenai enjin V6, ini saya perna baca malah utk enjin J35 honda yg ad VCM nya, itu yg bank deket firewall (atau yg depan, lupa saya, pokoknya yg bank bsa dimatiin punya biar eco) itu malah dipakein busi yg lebi "panas" .. krn banyak kasus yg jd enjin sludge, carbon, dsb
mbah tau sistem pengapian waste spark ngga? kl ga salah di mitsu ada deh. yg silinder 4 tp coil nya 2. atau silinder 6 tp coil 3. kan ada momen busi ngespark tp pas bukan di compression cycle, nah itu spark nya kebalik loncatnya jadi dr elektroda negatif ke elektroda tengah. yg kaya gitu wajib pake twintip spy ga cepet erosi n renggang. tp skrg mobil baru udah ga ada yg kaya gitu, semua COP.
mbah, barusan test drive GK. maknyus mbah. beli mbah buat hrv, enak pake banget. awas kena palsu tapi. kl dalem kota pake aja heat range 5 (zfr5fix-11) n jangan sentuh2 apapun termasuk gap nya jangan disentuh. langsung pasang aja.
Mbah
Kijang doyok tp drat ampe sgitu panjang
Ane rasa emang sdh bawaan oroknya begitu mbah... sensitive mesinnya apabila pengapian kurang sempurna, TB, MAF & filter udara kotor, atau filter bensin jg sdh kotor.josomba wrote:benzz89 wrote: ↑Sat May 29, 2021 8:41 -cut-
2AZ-FE ini pas lg stop & posisi matic lg di D itu mesin kadang getar halus tipis krn RPM agak turun dikit tapi kadang dia bisa stabil juga meski gak bisa se-smooth spt kl lg di N (tanpa beban engage transmisinya sama sekali) jd ane merasa ini kaya ada yg kurang smooth.
Maunya ane sih saat dr N ke D itu tidak ada perbedaan getaran mesin sama sekali jd mesin smooth. Ada beberapa mobil yg dr N ke D itu tdk ada perbedaan sama sekali di vibrasi mesin, tp ada jg yg sedikit ada vibrasi pd saat engage transmisi, ntah itu krn posisi engine mounting atau ada faktor2 lainnya. Asumsi TB & MAF sama2 normal bersih.
Mbah suhu @Omnibus pernah saranin ganti yg denso IK20 (tanpa TT) tp ama denso toko ijo disaraninnya pakai yg double needle, makanya mau dengar pendapat dr suhu2 dimari jg. Oh yah posisi busi yg terpasang saat ini adalah NGK iridium IFR6A11 (sesuai dgn buku manual jg). Trims sebelumnya [emoji120]
Mbah, ini ane juga ngalamin nih.
Kalau lg d lampu merah abis di N terutama >30 detik, masuk ke D n masih nahan rem kek ada vibrasi continuous.
Tp ntar kalau dah jalan terus pas berhenti lagi, n nahan rem ya ga ada vibrasinya. Terus masuk N <30 detik, masuk D, tahan rem juga ga ada vibrasi.
Tp ga sampe excessive banget sih, jd ane ga gitu masalahin. Ga pernah bandingin maslaah ini ama mobil yg sama tp punya orang
Cuman kadang kepo aja kenapa kitu. Cek mounting transmisi, aman. Ganti fluida matic dah rutin. Ganti busi, dah pernah pake 3 merk berbeda. Oiya, kejadian ini dah muncul semenjak awal pungut ni mobil ampe sekarang. Getarannya ga makin parah juga sih, segitu2 aja