Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2115
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
nice review, om
bagasinya dibanding hrv lebih lebar dan tinggi mana, om?
bagasinya dibanding hrv lebih lebar dan tinggi mana, om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
product planning nya HPM skrg kayaknya rajin survey ke forum otomotif dan ngamatin komentar video yucub...Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04 liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
btw suspensi soft kayaknya lbh ke damper dan bushing yang lebih bagus kl liat karakter softnya honda-honda skrg... soalnya kl bandingin glodakannya kaki kaki brio yang skrg juga jauh bngt berkurangnya dibanding brio pantat tepos...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
HPM mulai implements Scrum,ChZ wrote: ↑Sat Jun 19, 2021 4:03product planning nya HPM skrg kayaknya rajin survey ke forum otomotif dan ngamatin komentar video yucub...Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04 liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
btw suspensi soft kayaknya lbh ke damper dan bushing yang lebih bagus kl liat karakter softnya honda-honda skrg... soalnya kl bandingin glodakannya kaki kaki brio yang skrg juga jauh bngt berkurangnya dibanding brio pantat tepos...
when the voice of the customer tends to be prioritized
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
oalah, cara ngitungnya gitu toh, saya kira selama ini, mainin gear ratio saja cukup. ternyata mesti dihitung juga ya engine load, alias kuat ga tu mesinFR6 wrote: ↑Thu Jun 17, 2021 4:43 sorry oot, yang saya bold itu menurut saya tergantung power-curve si engine di 2000 RPM.
kalau powernya cukup buat bawa beban (berat total mobil + berat penumpang + total hambatan) sih bisa2 aja. intinya sih power = top speed x beban total.
saya nemu presentasi engine-transmission matching di indianautosblog:
kalau di gigi 5 @6000 RPM powernya cukup buat kecepatan 200, tapi transmisinya gak pas, jadi turun deh top speed nya. keliatan juga itu kalo kecepatan 100, masuk di RPM sekitar 3000an. tapi ini hanya grafik transmisi & RPM engine, gak di input itu grafik powernya.
ini grafik powernya:
jadi keinget jaman kuliah, engine-propeller matching
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 544
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Udah skeptis ama spec mesin on paper yg mirip gk5 tapi body melar jauh.. eh pas liat top speed
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
theoritically CRV dan accord 2.4 lama aja itu kalau berdasar gear ratio top speednya bisa sampai 240 - 260 km/h... kalau tidak salah.kunaskun wrote: ↑Sat Jun 19, 2021 6:30oalah, cara ngitungnya gitu toh, saya kira selama ini, mainin gear ratio saja cukup. ternyata mesti dihitung juga ya engine load, alias kuat ga tu mesinFR6 wrote: ↑Thu Jun 17, 2021 4:43 sorry oot, yang saya bold itu menurut saya tergantung power-curve si engine di 2000 RPM.
kalau powernya cukup buat bawa beban (berat total mobil + berat penumpang + total hambatan) sih bisa2 aja. intinya sih power = top speed x beban total.
saya nemu presentasi engine-transmission matching di indianautosblog:
kalau di gigi 5 @6000 RPM powernya cukup buat kecepatan 200, tapi transmisinya gak pas, jadi turun deh top speed nya. keliatan juga itu kalo kecepatan 100, masuk di RPM sekitar 3000an. tapi ini hanya grafik transmisi & RPM engine, gak di input itu grafik powernya.
ini grafik powernya:
jadi keinget jaman kuliah, engine-propeller matching
tapi mesinnya ya sanggupnya cuma segitu segitu aja 190 sudah ngos ngosan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4602
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Nice review om, city hatchback emg bentuknya bukan selera semua orang termasuk saya, masih lebih suka desainnya gk5 dibanding city hatch ini, cuma kalo pengen hatchback dengan akomodasi yg luas, serta punya peforma, handling dan driving feel yg lumayan oke + suka dengan bentuknya, mobil ini bisa jadi pilihan, walaupun sebenernya termasuk nanggung. Mending beli brio yg lebih murah atau naik kelas ke HRV sekalian hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Saya malah penasaran sama 6-Speed manualnya. Karena baru kali ini ada produk honda lokal yang proper yang dikasih 6-Speed. Sebelumnya ada tapi malah di crossover kaya CR-V, BR-V dan HR-V.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagiSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04 liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
yah biar COGS minim waktu jaman the legend jonmobilkutu wrote: ↑Sun Jun 20, 2021 5:19Menurut gw semenjak jonf*s legend fandi turun dan di pegang org japan langsung, banyak sekali perubahan, terutama suspensi yg soft dan dashboard yg ga rattle lagiSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 15:04 liat review2nya di youtube.
BQ adequately
NVH okay
Suspensi soft
appears as some changes happen in HPM management
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
oot.
well done civic
Mazda 3 2.5 Geared AT 186hp
Civic 1.5T CVT 180hp
Corolla 2.0 CVT 169hp
well done civic
Mazda 3 2.5 Geared AT 186hp
Civic 1.5T CVT 180hp
Corolla 2.0 CVT 169hp
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
bisa jadi,xfraps wrote: ↑Sun Jun 20, 2021 20:50 sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
- dikasih pertalite (minimal bgt pertamax buat dia sih)
- tekanan ban kurang
- masih break-in period
- salesnya yg nemenin oversize
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
wkwkwkwk.ChZ wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 3:21kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
it's a coincidence aja, kebetulan pergantian jajaran direksi, ini meliputi om jon.
jadi doi jd bulan2an.
padahal urusan product planning itu ranahnya Prodcut develeopment & ops.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Desain depan cakep mirip Civic yang dikurangin lebarnya.
Belakang juga cakep sekilas mirip stoplamp Outlander or BMW.
Bagian samping, haduhh, entah proporsinya aneh atau bagaimana, tapi itu ukuran lingkar roda terlihat kekecilan di bodi sebongsor itu, jadinya kurang “mendelep” masuk aja rodanya. Mungkin karena desain ujung bumper depan dan belakangnya membulat jadi terkesan gembung.
Memang benar lah sejak City GM lahir, desainnya salalu “terinspirasi” dari 3-series, tak terkecuali City GN5 ini
Hahahaa
Belakang juga cakep sekilas mirip stoplamp Outlander or BMW.
Bagian samping, haduhh, entah proporsinya aneh atau bagaimana, tapi itu ukuran lingkar roda terlihat kekecilan di bodi sebongsor itu, jadinya kurang “mendelep” masuk aja rodanya. Mungkin karena desain ujung bumper depan dan belakangnya membulat jadi terkesan gembung.
Memang benar lah sejak City GM lahir, desainnya salalu “terinspirasi” dari 3-series, tak terkecuali City GN5 ini
Hahahaa
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Nov 18, 2003 9:37
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.ChZ wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 3:21 kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
betul mbah... marketing in concept memang sebagai ujung tombak utk pemasaran produk seperti apa product yang diminati market dll... feedback konsumen akan jadi pertimbangan utk produk berikutnya yang akan muncul.watanabe wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 7:11
Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
tapi marketing jelas bukan eksekutor kalau urusan spek apa yang dimasukkan ke sini atau harganya berapa. yah mungkin marketing bisa kasi pandangan harga sekian kemahalan, bagian product dev bakal cari-cari apa yang bs dikurangin lagi atau keluarin spek sunatan dengan harga lebih murah dll
yah walaupun teorinya spt ini di lapangan tetep aja ada mobil yang speknya tidak masuk akal dan harganya juga lebih tidak masuk akal
apalagi urusan piso sunat HPM itu yang paling parah sebenernya bukan pada fitur tapi build quality, alias tidak ada kaitannya langsung dengan om jon. doi bagian dibully aja kalo itu mah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Denger2 city hatchback ini laku bgt lho sampe indent nya lama..
Ortu di Semarang ada mau beli dari bln Mei blg indent sampe agustus.. harga ga mau ngikat.. perpanjang ppnbm sales nya ga ngomong jg malah blg tinggal 50%..
Akhir nya ga jadi ambil, beralih ke cx-3
Padahal fanatik Honda, tapi kelakuan sales nya bikin males katanya
Ortu di Semarang ada mau beli dari bln Mei blg indent sampe agustus.. harga ga mau ngikat.. perpanjang ppnbm sales nya ga ngomong jg malah blg tinggal 50%..
Akhir nya ga jadi ambil, beralih ke cx-3
Padahal fanatik Honda, tapi kelakuan sales nya bikin males katanya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Berarti honda city hatchback ini sdh improve di sisi suspensi & nvh nya yah. Good job honda.xfraps wrote:sy mau review dadakan nih om
mumpung uda ada thread nya
kmarin di aeon bsd ada pameran
tanya sama sales unit test drive, ada langsung di parkiran
abis makan langsung test drive
kluar parkiran (kata sales nya tinggal claim ke kantor bayar parkir nya)
keliling lewat ICE sampe Q-BIG, enak banget bantingan nya,
rata2 bnyk speed bump di bsd enak bgt gausah rem masi empuk, kcuali speedbump yg tebel banget ya pasti ngerem
beda sama jazz yg masi standar juga keras bngt jazz, ban sama2 turanza padahal
interior nya kalo malem gelap bet, bagian plafon bludru nya warna hitam penuh soalnya
full merah resing (speedo, headunit, knop ac)
cuma yg masih penasaran kalo di gas berat banget, ap gara2 di pakein oli kentel kali ya?
berat banget uda pake triptonic juga ke 60km/h
sekedar review dadakan dr saya
Utk gas yg kerasa berat umumnya berasa dibandingkan yg biasa dibawa. Kalau biasa bawa yg torsi besar pasti berasa berat begitu bawa yg torsi jauh dibawahnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Mungkin kalo pake CVT, bisa lebih mudah sampe top speed, soalnya ratio gear bisa berubah bebas, plus transmisi bisa nahan di peak powernya biar dapet top speed. tapi gak tau juga apakah losses nya lebih gede/ngga.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
bukan nya bilang city HB itu lemot, engga
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
cvt GK5 nya knp om?xfraps wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 12:16sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
bukan nya bilang city HB itu lemot, engga
kapan terakhir ganti hcf2?
idealnya sih ganti tiap 2 thn / 20rb km untuk kondisi sini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58
Re: Review : 2021 Honda City Hatchback RS (GN5)
Setuju banget om. Untuk short term product jelek bisa di-cover dengan marketing program yang gila2an. Tapi untuk long-term tetap product nomor 1. Dan ini sekarang yang terjadi pada Intel & AMD. Intel selama ini lebih fokus ke marketing strategy & lawsuit sehingga most of their resources dialokasikan ke sana dibandingkan R&D.watanabe wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 7:11Kurang tau di HPM gmana, tapi Marketing-led Company, peran Marketing besar - selalu seputar 4P: Product, Price, Place, Promo.ChZ wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 3:21 kayaknya lebih ke orang product planning yang diganti (?)
soalnya om jon itu urusannya lebih ke marketing dan aftersales sih. doi ga ad andil kalo ngurusin build quality fitur sunat menyunat dll.
berhubung namanya paling sering kita denger aja doi jadi bulan bulanan
Product ini justru paling penting. Kita orang marketing ngeliat banget. Mulai dari konsep nya hingga jadi, jualan gmana, respon pasar gmana, dll. Product planning lebih ke short-mid term. Cuma long term kenapa harus ada produk ini, ditambah fitur, dimatikan, dll adalah tugas utama Marketing
Build quality, sunat menyunat kan ujung-ujung nya ke profit perusahaan - dan lagi-lagi urusan tim Marketing,
Sedangkan AMD alokasikan sebagian besar resources mereka untuk R&D dibandingkan ke marketing. Dengan perbedaan fokus ini maka AMD bisa balikkan stigma jika product mereka inferior dibandingkan Intel. Mereka bisa buktikan jika saat ini AMD lebih superior dari sisi teknologi dibandingkan Intel. Apalagi dengan adanya internet dan sosmed saat ini dimana banyak reviewer2 independen yang bisa buktikan superioritas AMD dibandingkan Intel maka marketing strategy conventional sudah sangat berkurang impact-nya.
Semoga pabrikan2 mobil juga bisa belajar dari sini. Semakin lama customer akan semakin well-informed dan bisa membandingkan dengan sangat mudah. Toyota selama ini terkenal dengan reliability product-nya, namun itu tidak akan cukup jika hanya andalkan reliability saja untuk kedepannya. Mereka juga harus hadirkan product yang reliable namun juga fun to drive dan kaya fitur. Era baru ini terlihat dengan duo raize-rocky yang kaya fitur untuk harga 200juta an.
Selama ini honda, terutama di Indonesia, terkenal productnya fun to drive namun kurang di sisi BQ dan NVH. Ke depannya jika masih mau bersaing maka tidak bisa hanya andalkan fun to drive saja. Maka untuk product2 honda kedepannya seharusnya akan ada perbaikan dari sisi BQ dan NVH. Dan ini sudah mulai terlihat dari product2 yang di-launching di tahun 2021 ini.
Apalagi dengan masuknya Wuling & Hyundai yang berani untuk invest besar2an dengan membangun pabrik dan jaringan ass. Semakin banyak kompetisi maka konsumen yang akan semakin diuntungkan.
Bisa jadi om. Padahal seharusnya mobil contoh diberikan oli & BBM yang bagus karena jangan sampai customer yang tadinya interest malah jadi batal gara2 diberikan oli & bbm yang jelek.xfraps wrote: ↑Mon Jun 21, 2021 12:16sy kan ada jazz gk5 om, jd sy bandingin dengan jazz
malah jazz sy CVT nya uda rada 00n (rusak), tapi jazz enteng karena sy pake oli encer 0w20
ecu standar
asumsi saya pribadi ini lho ya, oli nya di pakein oli kentel maka berat nge-gas nya
bukan nya bilang city HB itu lemot, engga