KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by imansyx »

Halo suhu-suhu SM semua, semoga di tengah pandemi ini kita selalu diberikan kesehatan dan kelancaran di berbagai hal dalam hidup kita.. Amin.

Sesuai judul, mau review pemakaian mobil yang kebetulan jadi pengganti Honda Freed saya yang ada di thread ini viewtopic.php?t=23636

Why?

Sudah dari 2019 Ortu saya minta untuk diganti Freed tersebut, udah saya coba tahan-tahan dari 2019 tapi akhirnya kejadian juga di awal 2021.. pasang iklan ole eks, tiba2 ada mbak-mbak datang liat mobil ke kantor terus gregetan mau bayar langsung, besoknya saya tanyain apakah jadi mau beli freed saya eh dia bilang udah saya lunasin, waktu cek mbanking lah beneran udah dilunasin :big_slap: emang jodoh ga ada yang tahu tiba2 laku.

Sebetulnya saya nyaman sekali dengan form factor triangle + square yang dimiliki Freed, namun saya tahan-tahan karena ga ada lagi yang punya form factor tersebut dan amenities seperti Freed di rentang harga 250-300 selain Sienta yang maaf banget bentuknya sampai sekarang ga masuk di mata saya. Akhirnya kami memutuskan untuk move on, dan memilih mobil bentuk konvensional lagi. Kandidatnya saat awal tahun kemarin adalah mobil dengan harga 260-280 dan di rentang harga tersebut ada:

1. Toyota Yaris
2. KIA Sonet

Setelah test drive keduanya, impresi kami:

Untuk Yaris, saya rasa suhu-suhu dimari sudah khatam dengan mobil ini, mesin sharing dengan teman2 line-up T lainnya, CVT, bantingan empuk, kabin LEGA, BQ bagus, bagasi lumayan, tapi entah kenapa.. di dalam mobil ini kami ga merasa spesial. Ada feel generiknya dari rasa tombol, rasa dan suara bantingan pintu, yang membuat kita sadar "oh iya toyota" which is not a bad thing, tapi nothing stands out saja.. kami pun pulang dari A2K setelah hitung-hitungan diskon + ppnbm ada di 269 jeti.

Untuk Sonet, Lekukan bodinya gemuk tapi mini, BQ lumayan meski ada beberapa plastik yg kelihatan bertema cost-cutting terutama di door trim, tapi desain dasbornya sesuatu yang berbeda di rentang harga mobil ini, synthetic perforated leather, sunroof, HU in-dash, sayang sekali kabin lebih sempit dari Yaris (memang size ga bohong sih). Ketika TD dua ortu saya diam tidak ada yang komentar.. saya udah bingung. Setelah hitung-hitungan ada di 260 jeti pas.

Sampai di rumah, tidak ada satu pun yang menanyakan Yaris, langsung open voting warna Sonet dan trim yang dipilih maunya apa.

Setelah berembuk, akhirnya dipilih Sonet Dynamic warna Aurora Black. Selain daripada 6 balon dan ventilated seats, saya rasa sisa fitur dengan selisih 25 jutanya agak kurang worth it (mepet budget juga sih hehe :mky_05: ) entah kenapa saya ga suka audio Bose nya... lebih ke arah boomy boom boom (gimana ya jelasin ini) karakter suaranya. Saya gak suka, rasanya ga clear aja untuk lagu-lagu favorit saya.

Exterior

Mobil ini sebenernya kecil, tapi..... kelewat lebar? untuk desain saya ga mau bahas karena ini selera masing-masing orang, tapi kejadian di saya adalah kang parkir minta duit parkir lebih dari biasanya dan tetangga ada yg bilang wah mobilnya bagus ya.. pasti mahal nih (padahal sama mobilio harganya beti). Pertama kali saya bawa pulang mobil ini dan parkir di garasi, baru berasa betapa lebarnya mobil ini dan ternyata lebarnya ini tebel di bagian outer shell body instead of gede di kabin. Hal ini cukup berimbas akses-keluar masuk kabin yang agak susah karena harus agak reach out ke kursi, baik di depan maupun belakang.

Unit yang saya dapat BQ & fit n finish exteriornya bagus, saya udah expect ada belang warna/mismatch kancing bumper seperti kejadian di Xp saya dulu dan ternyata ga ada sama sekali wew. Yang ada malah kang asesoris masang talang air custom agak kurang nutup masih ada celah sedikit. Catatan terbesar adalah mobil ini kena genangan sedikit akan muncrat kemana2 airnya karena bannya agak ke-ekspos keluar dari bodi. Fix dari problem ini berarti harus cari mudflaps baik depan maupun belakang. Lampu-lampu juga sejauh ini aman sentosa tidak ada yang berembun.

Untuk lampu depan mobil ini pakai LED reflektor, yang ternyata menurut mata saya cukup terang! udah takut sama komplen orang2 terkait LED jenis ini tapi ternyata lumayan untuk mata saya.

Interior

Compared to mobil2 saya sebelumnya, yes ini saya downgrade size interior. Untuk desain menurut saya bagus, beda dari yang lain di rentang harga segini. BQ plastik keras semua dan ada yang plastik keras bagus bertekstur, contoh seperti di dasbor, lis AC, dan beberapa bagian doortrim, tapi ada juga yang cheapo sekali kalau disinari lampu, seperti trim plastik yang mengelilingi tombol power window di ke-4 pintunya.

Untuk tipe2 Sonet, ternyata dibeda-bedakan option pilihan warna & stitchnya dan ga keliatan di brosur unless liat barangnya langsung. Contoh untuk varian 5 seater:

Active: Fabric seats, Jok baris ke-2 headrest model pocong, setir bulat, door trim full plastik, sisanya lupa...

Smart: Fabric seats, Doortrim Black leather+white stitch, Steering Black leather flat+black stitch, Shift knob Black leather+black stitch, Lis AC+trim Silver plastic dengan tekstur yang bergradasi

Dynamic: Leather seats+perforated+red stitch, Doortrim Black leather+red stitch, Steering Black leather+red stitch, Shift knob black leather+red stitch, Lis AC+trim Silver plastic dengan tekstur yang bergradasi.

Premiere: sama dengan Dynamic, tapi Lis AC+trim warna piano black.

Untuk 7 Seater beda lagi, alias urutan di atas dikocok2 lagi :big_slap: Seinget saya trim Smart7 bahkan doortrim full plastic alias disunat leathernya tapi dapat lis AC+trim sama dengan Premiere5. Jadi kalau mau beli mobil ini, take notes dan pastikan TD/ lihat unit dengan tipe sama yang diinginkan karena option interiornya ternyata beda-beda.

*update dari teman2 di komunitas Sonet, ternyata di unit Premiere yang datang bulan Juni kemarin, Wireless chargingnya tidak ada cooler fannya! termasuk indikator charging di HU hilang, dan notification hp ketinggalan di charger juga hilang. Bener2 ajaib.

Jok mobil ini menurut saya keras dan kaku baik di depan dan belakang, masih belum tahu sih ini good atau bad untuk long termnya. Armrest baik di Sonet5 dan Sonet7 tipe apapun berbahan soft touch warna hitam...... tapi ternyata di Sonet7 armrest ini bisa dislide ke depan, sementara di Sonet5 armrest ini mati dan cuma bisa buka tutup aza. Do take notes bahwa kursi belakang Sonet5 gabisa recline dan slide tapi tebal dan konfigurasinya sama dengan di depan. Tinggi saya 183an dan masih ada ruang kepala dan kaki meski mepet dengan posisi duduk saya nyetir di depan. Sebenernya kalau bisa direbahkan sedikit lagi bagus sih, agak tegak menurut saya.

Untuk bagasi ukurannya cukup luas, 1 koper bagasi + 1 koper kabin masuk kok, pelipatan kursi belakang full sudah saya pikirkan matang-matang tidak apa2 deh. Untuk Sonet apapun selain Sonet5 Premiere tidak ada yang dapat Tonneau Cover bagasi ya. Mau beli di onlen belum ada dan cari di diler bisa pesan tapi sistem by order.

Yang kurang di mobil ini adalah konsistensi akan fit and finishnya. Beberapa owner Sonet ngalamin ada rattling di doortrim seperti kancing pintu (diundi ya pintu manapun bisa aja bergetar tikk..trrr..) ketika dibawa jalan. Kalau di saya ga ada masalah itu tapi ada bunyi dari pintu driver di sebelah kanan atas, setelah diliat ternyata trim plastik di bagian lancip ujungnya ada yang menganga/ mau otw copot :big_biglaugh:

Driving Impression

Entah kenapa saya suka sekali suara starter mesin Smartstream ini (selera ya ini), saya ga akan bahas spec sheet tapi saya bahas yg saya rasakan sehari-hari aja. Mesin ini dipadukan dengan CVT (disebut IVT sama KIA) dan kombinasi ini untuk saya yang pemakaian dalkot, eco-driving dengan kaki sekolah sangat-sangat enak. Toel dikit udah maju dan haluss rasanya. Ketika dibuat nyalip juga rasanya ga kepayahan dan sigap :big_exellent: dibandingkan 4ATnya mitsu dan 5ATnya honda, big improvement :off_good_job: Dengan Driving Mode Normal, engine brakenya berasa sekali.. sementara di Eco, bisa diajak gliding. Untuk mode Sport karena RPM langsung naik saya gasuka malah gapernah make, mungkin kalo lukot baru diicip ya. Karena diberikan pilihan, saya ga bisa komplen sih ini sebenernya.

Oooh compare sedikit ke CVTnya Yaris, saya ngerasa ketika diinjek 2-3 ribuan RPM, CVT Sonet much much linear dibanding CVT Yaris. Di Yaris entah kenapa berasa sekali RPMnya naik tapi respon transmisinya ga sigap. CVT KIA menurut saya 11-12 pintarnya sama CVT GK5.

Konsumsi BBM, dengan oktan 92 dan rasio dalkot vs tol 90%:10%, saya dapet rata-rata di angka 15,9an KM/L setelah 2800an KM. Menurut saya irit...

Rasa setir mobil ini, hmm.... menurut saya EPSnya berasa hidup, much improvement dibanding KIA terakhir yg saya coba yaitu Picanto, tapi tidak sehidup dan seasyik Honda punya dan terasa jauh lebih hidup jauh dibanding Mitsu.

Bantingan mobil, di polisi tidur pelan rasanya empuk tapi di jalan rasanya kaku dan stiff tapi tidak gedubrakan. Lagi-lagi ini selera ya tapi saya prefer setup seperti ini karena tidak begitu berasa limbung jadinya. Bantingannya somehow berasa "beda" dibanding mobil Jepang. Saya gak ngerti gimana jelasin bedanya tapi pantat saya berkata demikian :mky_01:

Kekedapan kabin, kekedapannya lumayan tapi not wow. Dari samping suara motor tetep masuk, hujan juga masih ada suara tiktik hujan. Suara mesin yang paling tidak kedengaran tapi suara klakson kerasa sekali di kabin dan untungnya suara klaksonnya bagus sekali two horn.

Satu yang sangat saya tidak suka di mobil ini adalah road noisenya, berisik. Saya curiga besar ini ban Apollonya yang berisik banget, dibandingkan Freed pake CC6 dan Xpander pake Ecopia, mobil ini lebih berisik. (Tekanan ban udah bener).

Kelemahan lain dari mobil ini adalah (untuk saat ini), Fakturnya seluruh batch baru jadi bulan Juni!. Jadi sejak Delivery perdana NIK 2020 sampai sekarang, seluruh Sonet di Indonesia belum ada yang punya STNK until bulan Juni. Semua masih plat sementara dengan STCK :big_slap:

Saya akhirnya jadi pas 3 bulan setelah delivery.

Verdict

Mobil ini kencang, irit, stabil, a looker , tapi sempit, ga praktis, dan lebar bener ternyata.

Apakah saya puas dengan mobil ini? sejauh ini yes. Tapi ada satu lagi yang belum ketahuan.. reliability. Saya harap dengan teknologi yang ga aneh2 harusnya badak2 saja sih.. apalagi warrantynya 7 tahun.

Image
Image
Image
Image
Image
Image
Last edited by imansyx on Sun Jul 11, 2021 6:13, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by maastricht889 »

Wih bagus om reviewnya, dr sudut pandang user biasa yang pakai buat daily.

Buat ban, kalo mobil CBU india yg di sini kayanya itu PR besar sih om harus diganti yg lebih proper. Walaupun sizenya soneta ini seinget saya sedikit ga umum, 215/60/16. Penasaran legroom baris 2nya gimana om, krn saya wkt tes duduk di raize sangat2 seneng row 2nya selega itu walaupun positioningnya tinggi, advantage yg baik sebenernya buat orang2 tua kl positioning kursi belakangnya tinggi+sudut bukaan pintu yang lebar kaya di raize/crv.

Di kota saya udah mulai keliatan beberapa, bahkan nemu yang masih gress udah langsung pasang lowering kit ntah merk apa. Lumayan sih tampilannya stl ganti per itu walaupun velg-ban masih asli semua

Dari foto yg ada magnit abu2 sih cukup menjelaskan ya om ada sesuatu di sana :big_peace:

Cukup menarik nunggu carnival baru sama sorento launching
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by rakyatwkwkland »

Wah, nice review oom, cukup detail, bahkan sebelumnya ane gak mudeng kalo ternyata beda trim beda detail interior yak si sonet ini :mky_02:

Itu konsumsi bbm irit amat yak untuk 90% dalkot dan 10% tol, bisa 15,9 km/L dongg...

Dua minggu lalu pas lagi nyerpis mobil di beres sijuki, karena beres tempat ane nyerpis satu komplek dgn merek2 jualannya mobil indo yg lain, jd ada jg batumakam, kia, vewe, hino dll. Kebetulan di sebelahnya sijuki adalah kia, melipir bentar lah ane ke sorum nya kia. Yg dipajang isinya sonet semua dan sebiji grand sedona (tumben seltos kagak keliatan). Karena penasaran, numpang duduk bentar lah di sonet.

Impresi ane, build quality nya buat so called 'mobil india' gak jelek2 amat keliatannya, panel gap sekilas cukup konsisten, trim2 gak ada yg goyang2, plastik2nya ngeliat dari foto bakal jadi plastik dgn finishing yg jelek, eh ternyata pas ane liat dari dekat dan ane raba jg gak jelek2 amat. Cuma setelah baca tulisan ente kalo laporan dari komunitas kalo ada yg rattle setelah dipake jalan, ane berkesimpulan bahwa emang ngenilai bq mobil itu susah2 gampang ya. Emang bener seperti yg dikatakan beberapa member sini tempo hari pernah ada yg diskusi, kalo bq mobil itu sebenernya salah satu penentu bagus engga nya baru ketauan setelah dipakai sekian lama itu interior rattle gak. Btw, kalo ane ngeliat yg review2 komparasi dgn rocky raize kok malah ada yg bilang bagusan bq ini dikit yak? Rocky raize bq nya jg ga bagus2 amat kah?

Terus menurut oom TS jok nya sonet ini rada keras, kalo menurut ane malah engga. Ane nyoba duduk yg di jok kulit maupun jok fabric menurut ane sama2 lumayan empuk. Kebetulan ane baru abis numpang duduk di jok nya scross di sorum sijuki, menurut ane msh kerasan joknya scross... :big_slap: Tapi untuk urusan kualitas kulit, menurut ane msh enakan kulitnya scross, walau kulitnya sonet jg menurut ane bagus sih untuk harga segitu.

Oh ya, kebetulan ane jg ada numpang duduk di tipe smart7, ternyata AC digitalnya kena pangkas jd analog yak. Awalnya ane bingung tipe apa ini? Lampu LED, velg dual tone, layar HU lebar, tapi kok AC nya analog cetekan kompor gas... :big_slap: :big_bored:

Oh ya oom TS, kalo cruising santai di 100 kpj rpm nya berapa?

Semoga mobilnya awet dan pakai mobilnya puas ya oom..... :big_smile] :big_deal:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by FR6 »

itu fitur wireless charging dkk yang hilang apa krn faktor krisis chip ya? soalnya pernah baca, kalo ga salah ngaruh ke pengurangan beberapa fitur. CMIIW
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by maastricht889 »

FR6 wrote: Mon Jul 12, 2021 4:51 itu fitur wireless charging dkk yang hilang apa krn faktor krisis chip ya? soalnya pernah baca, kalo ga salah ngaruh ke pengurangan beberapa fitur. CMIIW
Sptnya iya deh om, BMW" produksian per bulan ini juga bakal ilang itu wireless chargernya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by Pboyz97 »

nice review om, dan congrats buat mobil barunya. kia sonet ini memang cukup bagus dikelasnya dari segi exterior dan interior + fiturnya juga lumayan lengkap, sayang brand image dan ASS nya masih blm sekuat brand jepang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by martinnn »

:big_love: Cakep boilnya om
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by dany_pos »

Nice review om, kebetulan ane jg ambil yg premiere buat gantiin xpander istri. Komen dia yg ga ngerti mobil n ga ngerti fun to drive cuman bilang lebih menyenangkan bawa sonet ketimbang xpander. Sama nih, ane jg stnk blm jadi n blm ada kabar. Agak nyesel sih kenapa ga ambil yg dynamic bisa hemat bbrp jt buat fitur yg istri ane ga perlu, atau kenapa ga nambah dikit buat ambil seltos, kmrn agak ragu ama dct nya seltos aja
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by imansyx »

erwinign wrote: Sun Jul 11, 2021 5:51 Wih bagus om reviewnya, dr sudut pandang user biasa yang pakai buat daily.

Buat ban, kalo mobil CBU india yg di sini kayanya itu PR besar sih om harus diganti yg lebih proper. Walaupun sizenya soneta ini seinget saya sedikit ga umum, 215/60/16. Penasaran legroom baris 2nya gimana om, krn saya wkt tes duduk di raize sangat2 seneng row 2nya selega itu walaupun positioningnya tinggi, advantage yg baik sebenernya buat orang2 tua kl positioning kursi belakangnya tinggi+sudut bukaan pintu yang lebar kaya di raize/crv.

Di kota saya udah mulai keliatan beberapa, bahkan nemu yang masih gress udah langsung pasang lowering kit ntah merk apa. Lumayan sih tampilannya stl ganti per itu walaupun velg-ban masih asli semua

Dari foto yg ada magnit abu2 sih cukup menjelaskan ya om ada sesuatu di sana :big_peace:

Cukup menarik nunggu carnival baru sama sorento launching
Iya nih om, kayaknya tahun depan pas udah bisa jalan-jalan keluar kota aja deh baru ganti antara CC6/LM705.

Wah kalo yang om cari kelegaan baris ke-2, langsung coret Sonet om :big_dunno: duo R&R jauhhh lebih lega saya bisa confirm.

Yang 2 terakhir saya terkekeh kecil dulu aja ya omm wkwk
rakyatwkwkland wrote: Sun Jul 11, 2021 7:50 Wah, nice review oom, cukup detail, bahkan sebelumnya ane gak mudeng kalo ternyata beda trim beda detail interior yak si sonet ini :mky_02:

Itu konsumsi bbm irit amat yak untuk 90% dalkot dan 10% tol, bisa 15,9 km/L dongg...

Dua minggu lalu pas lagi nyerpis mobil di beres sijuki, karena beres tempat ane nyerpis satu komplek dgn merek2 jualannya mobil indo yg lain, jd ada jg batumakam, kia, vewe, hino dll. Kebetulan di sebelahnya sijuki adalah kia, melipir bentar lah ane ke sorum nya kia. Yg dipajang isinya sonet semua dan sebiji grand sedona (tumben seltos kagak keliatan). Karena penasaran, numpang duduk bentar lah di sonet.

Impresi ane, build quality nya buat so called 'mobil india' gak jelek2 amat keliatannya, panel gap sekilas cukup konsisten, trim2 gak ada yg goyang2, plastik2nya ngeliat dari foto bakal jadi plastik dgn finishing yg jelek, eh ternyata pas ane liat dari dekat dan ane raba jg gak jelek2 amat. Cuma setelah baca tulisan ente kalo laporan dari komunitas kalo ada yg rattle setelah dipake jalan, ane berkesimpulan bahwa emang ngenilai bq mobil itu susah2 gampang ya. Emang bener seperti yg dikatakan beberapa member sini tempo hari pernah ada yg diskusi, kalo bq mobil itu sebenernya salah satu penentu bagus engga nya baru ketauan setelah dipakai sekian lama itu interior rattle gak. Btw, kalo ane ngeliat yg review2 komparasi dgn rocky raize kok malah ada yg bilang bagusan bq ini dikit yak? Rocky raize bq nya jg ga bagus2 amat kah?

Terus menurut oom TS jok nya sonet ini rada keras, kalo menurut ane malah engga. Ane nyoba duduk yg di jok kulit maupun jok fabric menurut ane sama2 lumayan empuk. Kebetulan ane baru abis numpang duduk di jok nya scross di sorum sijuki, menurut ane msh kerasan joknya scross... :big_slap: Tapi untuk urusan kualitas kulit, menurut ane msh enakan kulitnya scross, walau kulitnya sonet jg menurut ane bagus sih untuk harga segitu.

Oh ya, kebetulan ane jg ada numpang duduk di tipe smart7, ternyata AC digitalnya kena pangkas jd analog yak. Awalnya ane bingung tipe apa ini? Lampu LED, velg dual tone, layar HU lebar, tapi kok AC nya analog cetekan kompor gas... :big_slap: :big_bored:

Oh ya oom TS, kalo cruising santai di 100 kpj rpm nya berapa?

Semoga mobilnya awet dan pakai mobilnya puas ya oom..... :big_smile] :big_deal:
Pokoknya saya naik tol itu cuma 2x ke PIK bolak balik dari saya tinggal, berarti 120KM, sisanya full dalkot ke kantor/ ngemall/ antri swab atau mekdi om.. Entah MIDnya yang terlalu optimis atau emang beneran irit nih mobil.

Pokoknya yang menjadi masalah umum Sonet tuh kancing pintunya geter om, tinggal dikomplen aja ke beres dikasih busa/solatip kancingnya jadi nggak main..

Nah kalo duo R&R itu saya juga penasaran dulu sebenernya, tapi setelah tau yang rakit ADM bukan TAM langsung mundur saya om. Pertanyaan terkait BQ duo R&R mungkin bisa saya bantu tampilkan dari penggunanya di forum mereka sbb om, kalo saya yg bilang nanti dibilang fanboy sonet :mky_01:

Image
Image
Image

Saya pindah dari jok Xp dan Freed yg udah dibekleed jadi lebih keras om :glodak: nganu om.. setau saya joknya scross itu genuine deh cmiiw :big_think:

umm kayaknya ada di 1800-2000 deh om cruise di 100 kmh, saya jarang banget masup tol soalnya :mky_01: Thank u omm amin
FR6 wrote: Mon Jul 12, 2021 4:51 itu fitur wireless charging dkk yang hilang apa krn faktor krisis chip ya? soalnya pernah baca, kalo ga salah ngaruh ke pengurangan beberapa fitur. CMIIW
Nah.. bisa jadi ya om, masalahnya ga dikasih info tiba2 cilukbaa kok ga ada fannya.
Pboyz97 wrote: Mon Jul 12, 2021 5:18 nice review om, dan congrats buat mobil barunya. kia sonet ini memang cukup bagus dikelasnya dari segi exterior dan interior + fiturnya juga lumayan lengkap, sayang brand image dan ASS nya masih blm sekuat brand jepang
Thank you om.... ASSnya sih om menurut saya dan waktu liat harga fast moving partsnya -- saya sebagai orang yang lama merawat L15A agak syok karena impor semuaa wkwk
martinnn wrote: Mon Jul 12, 2021 5:37 :big_love: Cakep boilnya om
thank youu om..
dany_pos wrote: Mon Jul 12, 2021 6:51 Nice review om, kebetulan ane jg ambil yg premiere buat gantiin xpander istri. Komen dia yg ga ngerti mobil n ga ngerti fun to drive cuman bilang lebih menyenangkan bawa sonet ketimbang xpander. Sama nih, ane jg stnk blm jadi n blm ada kabar. Agak nyesel sih kenapa ga ambil yg dynamic bisa hemat bbrp jt buat fitur yg istri ane ga perlu, atau kenapa ga nambah dikit buat ambil seltos, kmrn agak ragu ama dct nya seltos aja
Saya yg sempet pake Xp juga setuju om lebih asyik bawa Sonet. STNK ditunggu aja om, lumayan pajaknya mundur :big_biglaugh: Dynamic menurut saya udh komplit banget buat kebutuhan sehari-hari.. saya agak ngeri misalnya itu jok ventilated ketumpahan atau gimana terus eror bakal gimana ya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by maastricht889 »

imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
erwinign wrote: Sun Jul 11, 2021 5:51 Wih bagus om reviewnya, dr sudut pandang user biasa yang pakai buat daily.

Buat ban, kalo mobil CBU india yg di sini kayanya itu PR besar sih om harus diganti yg lebih proper. Walaupun sizenya soneta ini seinget saya sedikit ga umum, 215/60/16. Penasaran legroom baris 2nya gimana om, krn saya wkt tes duduk di raize sangat2 seneng row 2nya selega itu walaupun positioningnya tinggi, advantage yg baik sebenernya buat orang2 tua kl positioning kursi belakangnya tinggi+sudut bukaan pintu yang lebar kaya di raize/crv.

Di kota saya udah mulai keliatan beberapa, bahkan nemu yang masih gress udah langsung pasang lowering kit ntah merk apa. Lumayan sih tampilannya stl ganti per itu walaupun velg-ban masih asli semua

Dari foto yg ada magnit abu2 sih cukup menjelaskan ya om ada sesuatu di sana :big_peace:

Cukup menarik nunggu carnival baru sama sorento launching
Iya nih om, kayaknya tahun depan pas udah bisa jalan-jalan keluar kota aja deh baru ganti antara CC6/LM705.

Wah kalo yang om cari kelegaan baris ke-2, langsung coret Sonet om :big_dunno: duo R&R jauhhh lebih lega saya bisa confirm.

Yang 2 terakhir saya terkekeh kecil dulu aja ya omm wkwk
Kalo feel material, saya lihat teksturnya standar kia korea yg mirip plastik2 honda jaman ferio/stream ya om. Wkt saya ke sorum kia di korea tes duduk di kia ray itu feel plastiknya honda jadul banget se-tekstur2nya, mgkn di sonet kl dilihat fisik teksturnya thok yang mirip.

Menarik ya om, kayanya sih kombinasi mesin-transmisi-bobotnya enak ini ya soneta. Ditunggu long term reviewnya om, termasuk servis2nya gimana, krn saya lihat yg cukup questionable ini soal ASSnya walaupun temen saya yg pegang kia sih dia bilang soal klaim garansinya cepet approve.

Yg india kaya soneta aja sptnya buat ukuran kelas gitu cukup oke ya om, saya pernah nyetir optima ya jg enak sih :mky_01:

Oya, siti gold yg di solo apa kabar om?
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by yudhisuwandono »

sy juga bingung mau upgrade freed, tapi jadi apa?
kl menurut om, overall enak freed atau sonet.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by darrelund »

imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
Pokoknya saya naik tol itu cuma 2x ke PIK bolak balik dari saya tinggal, berarti 120KM, sisanya full dalkot ke kantor/ ngemall/ antri swab atau mekdi om.. Entah MIDnya yang terlalu optimis atau emang beneran irit nih mobil.

Pokoknya yang menjadi masalah umum Sonet tuh kancing pintunya geter om, tinggal dikomplen aja ke beres dikasih busa/solatip kancingnya jadi nggak main..

Nah kalo duo R&R itu saya juga penasaran dulu sebenernya, tapi setelah tau yang rakit ADM bukan TAM langsung mundur saya om. Pertanyaan terkait BQ duo R&R mungkin bisa saya bantu tampilkan dari penggunanya di forum mereka sbb om, kalo saya yg bilang nanti dibilang fanboy sonet :mky_01:

Image
Image
Image
wah om jangankan raize, fortuner aja begitu. keluarga saya dirumah pakai dari fortuner trd (facelift 2, non vnt) sampe fortuner trd 2017 renggang mulu, kalo ga bagian add on ya bumpernya melar sendiri. dibawa ke beres dan sembuh ga lama renggang lagi :big_biglaugh:
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by yaseinotulip »

BQ selama bukan mobil premium kelasnya ga usah terlalu dipusingin deh tar malah jd kecewa. yg penting ngga rattle dan senyap setelah sekian lama dipakai IMHO ya..

Mobil sy HRV 2019 aja ada yg ga kenceng di spoiler belakang, dash klo dicari jg ada yg kurang pas jg... tp dipake ga rattle, ga ada gluduk2 ya cukup lah tenang sy haha..

Sonet ini model luar nya ok, tp syg interior/ dashboard nya ga suka blas (subjective ya)..

Tapi fitur2 nya lengkap ya :big_exellent:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by rakyatwkwkland »

darrelund wrote: Mon Jul 12, 2021 9:19
imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
Pokoknya saya naik tol itu cuma 2x ke PIK bolak balik dari saya tinggal, berarti 120KM, sisanya full dalkot ke kantor/ ngemall/ antri swab atau mekdi om.. Entah MIDnya yang terlalu optimis atau emang beneran irit nih mobil.

Pokoknya yang menjadi masalah umum Sonet tuh kancing pintunya geter om, tinggal dikomplen aja ke beres dikasih busa/solatip kancingnya jadi nggak main..

Nah kalo duo R&R itu saya juga penasaran dulu sebenernya, tapi setelah tau yang rakit ADM bukan TAM langsung mundur saya om. Pertanyaan terkait BQ duo R&R mungkin bisa saya bantu tampilkan dari penggunanya di forum mereka sbb om, kalo saya yg bilang nanti dibilang fanboy sonet :mky_01:

Image
Image
Image
wah om jangankan raize, fortuner aja begitu. keluarga saya dirumah pakai dari fortuner trd (facelift 2, non vnt) sampe fortuner trd 2017 renggang mulu, kalo ga bagian add on ya bumpernya melar sendiri. dibawa ke beres dan sembuh ga lama renggang lagi :big_biglaugh:
Ane jd inget perkataan seseorang yutuber, kl gasalah yutuber yg kadang suka digibahin di sini... :mky_03:

TRD = "Tempelan Renggang Dikit" :ngacir: :ngacir:

Kalo menurut standard ane sih kalo body kit yg renggang msh dapat dimaklumilah soalnya itukan semacam add on tempelan gitu, bukan bagian yg bener2 dicetak langsung ke mobilnya. Yg kurang dapat dimaklumi itu kalo yg renggang panel gap interior atau gap antara panel body seperti yg di foto 1 dan 2 :D
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by gaspol »

Ternyata masalah surat2 kendaraan masih menghantui KIA walopun udah pindah manajemen. Jadi inget zaman sebelum dipegang indomobil surat2 kendaraan KIA saya baru jadi selama 1,5 tahun. Selama 1,5 tahun itu pakai plat bantuan terus..hahaha

Btw nice review om..saya pernah Test Duduk aja ini sonet, nyerah deh sama legroom nya sempit bgt
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by 1203L »

Selamat ya om sdh menikmati mini suv Korea yg paling tidak suspensinya dewasa spt mobil Eropa :big_blushing:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by yohanesw »

nice review om, komentar dikit soal gearbox, kenapa sangat fun to drive dan sigap karena kia pakai belt baja, bukan belt elastis seperti umumnya cvt jadi respon mesinnya sangat gesit mau diajak selow ataupun ngebut [emoji1303] makanya pihak kia ga mau disebut cvt tapi jadinya IVT [emoji16]
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
rathalleya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jan 01, 2020 0:47

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by rathalleya »

yohanesw wrote:nice review om, komentar dikit soal gearbox, kenapa sangat fun to drive dan sigap karena kia pakai belt baja, bukan belt elastis seperti umumnya cvt jadi respon mesinnya sangat gesit mau diajak selow ataupun ngebut [emoji1303] makanya pihak kia ga mau disebut cvt tapi jadinya IVT [emoji16]
Grand Livina sy CVTnya juga belt baja om...tapi tetep lemot hihihi
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by pendoli »

imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
Saya yg sempet pake Xp juga setuju om lebih asyik bawa Sonet. STNK ditunggu aja om, lumayan pajaknya mundur :big_biglaugh: Dynamic menurut saya udh komplit banget buat kebutuhan sehari-hari.. saya agak ngeri misalnya itu jok ventilated ketumpahan atau gimana terus eror bakal gimana ya
Om imansyx

Setelah beberapa bulan ini gimana om, ada issues ga di sonetnya?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by imansyx »

pendoli wrote: Sat Sep 25, 2021 22:09
imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
Saya yg sempet pake Xp juga setuju om lebih asyik bawa Sonet. STNK ditunggu aja om, lumayan pajaknya mundur :big_biglaugh: Dynamic menurut saya udh komplit banget buat kebutuhan sehari-hari.. saya agak ngeri misalnya itu jok ventilated ketumpahan atau gimana terus eror bakal gimana ya
Om imansyx

Setelah beberapa bulan ini gimana om, ada issues ga di sonetnya?
Sekalian saya masukin impresi setelah ownership 6 bulan / 5400 KMan ya Oom yang saya inget..

1. Lampu foglampnya bagus banget karena projector :mky_01: garisnya tegas begitu ya (pertama kali punya mobil yg ada projectornya).

2. Kap mesin saya pasangin peredam... beli Group Buy di komunitas Sonet dapet harga di bawah harga di Olshop terkemuka, suara kayanya sama aja tapi sekarang kap mesin tidak panas lagi.

3. Ban Apollo masih tetap berisik menurut saya, tapi sempet nyobain HRV PFL temen kok malah lebih berisik HRV.... karena ga urgent akhirnya dibiarin aja.

4. Sempet nyenggol motor di fender kanan depan, dan disenggol ibu2 naik motor di kiri belakang.. Anehnya bekasnya ga ada sama sekali padahal mobil sampe berasa gerak (mungkin kena claddingnya).

5. Masih tetap kesusahan masuk atau keluar ke dalam kabinnya, menurut saya jarak antara shell bodi ke kursi ketebelan.

6. Door trim pintu depan (kadang driver kadang penumpang) ada suara "tek..tek" sedikit kalau kena jalan tidak rata.

7. Wireless Apple CarPlay mobil ini bisa saya bilang useless untuk penggunaan di dalam kota karena sensitif sekali intervensi sinyal lain, sering muncul notification popup "Phone not Responding" dan mental keluar ke menu utama HU tapi tidak sampai membuat disconnect CarPlaynya. Frekuensinya tidak bisa ditebak bahkan bisa 3 menit sekali dan mental ke menu utama. Menyusahkan sekali kalo lagi nyetir butuh liat Maps.

8. Sesuai prediksi saya, door trim bagian plastiknya yg keliatan cost cutting udah ada baret karena kena sabuk celana karena berusaha masuk mobil dari tempat sempit.

9. AC dingin dan halus banget, compared to Yaris sodara yg belinya barengan sama saya, magnetic clutch di Sonet hampir ga berasa ketika lagi engage sementara di Yaris ketika idle bahkan kerasa ctek dan RPM sampai terpengaruh sedikit karena magnetic clutch engage. AC selalu saya set 25 mau siang atau malam

10. Servis KM 10 ribu / 6 bulan, total biaya 1 juta lebih sedikit cuma ganti oli Total 0W20 dan filter oli. Yang paling bikin ketawa adalah harga filter olinya! 418 ribu :big_biglaugh: ngalahin harga filter olinya F30

11. TPMS sangat akurat, kalau mundur kamera parkir yg hi-res juga ada garis pandu yang ikut belok setir ngasih perkiraan masuk atau ngga ke spot parkir.

12. Konsumsi bahan bakar saya hitung pakai aplikasi Gas Manager (bukan dari MID) full dalam kota macet-macetan pakai ron 92 ada di 12,9 Km/l

13. Klaksonnya beneran bagus banget dan ga malu maluin buat nglakson orang hahaha

14. Pesan Mud Flaps depan belakang set harga 98 ribu ke Beres inden di 26 Juni 2021 kalo ga salah, sampai sekarang barangnya belum datang :big_biglaugh:

15. Transmisi IVTnya kalau jalan 40 kurang terus kita lepas gas, berasa sekali engine brakenya (ngga mau ngeloyor - gliding gitu). Kalau mau gliding harus dipindah driving mode Eco.

16. Pajak kalau mobil ke-1 ada di 3,8 dan mobil ke-2 di 4,9 juta (Jaktim)

17. Komentar terepic dari temen saya yang numpang di kursi depan = ini hybrid ya? :big_biglaugh: mobil dia HRV n ortunya Corcross Hybrid dan MK7, kata dia dari dalem suara dan getaran mesinnya di idle / kecepatan rendah minim sekali

Sejauh ini puas dan masalah yang lumayan gemes ada di Nomor 7 aja sih....
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by pendoli »

I see.. thanks om! Nomer 7 kayanya problem head unit yah, tapinkalo ganti aftermrket masi susa kayanya :(
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by Kaleng »

no 10 filter oli 418rb, ini gak salah harga om? diganti setiap ganti oli kah ?
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by maydhi09 »

imansyx wrote: Thu Oct 21, 2021 8:46
pendoli wrote: Sat Sep 25, 2021 22:09
imansyx wrote: Mon Jul 12, 2021 7:40
Saya yg sempet pake Xp juga setuju om lebih asyik bawa Sonet. STNK ditunggu aja om, lumayan pajaknya mundur :big_biglaugh: Dynamic menurut saya udh komplit banget buat kebutuhan sehari-hari.. saya agak ngeri misalnya itu jok ventilated ketumpahan atau gimana terus eror bakal gimana ya
Om imansyx

Setelah beberapa bulan ini gimana om, ada issues ga di sonetnya?
Sekalian saya masukin impresi setelah ownership 6 bulan / 5400 KMan ya Oom yang saya inget..

1. Lampu foglampnya bagus banget karena projector :mky_01: garisnya tegas begitu ya (pertama kali punya mobil yg ada projectornya).

2. Kap mesin saya pasangin peredam... beli Group Buy di komunitas Sonet dapet harga di bawah harga di Olshop terkemuka, suara kayanya sama aja tapi sekarang kap mesin tidak panas lagi.

3. Ban Apollo masih tetap berisik menurut saya, tapi sempet nyobain HRV PFL temen kok malah lebih berisik HRV.... karena ga urgent akhirnya dibiarin aja.

4. Sempet nyenggol motor di fender kanan depan, dan disenggol ibu2 naik motor di kiri belakang.. Anehnya bekasnya ga ada sama sekali padahal mobil sampe berasa gerak (mungkin kena claddingnya).

5. Masih tetap kesusahan masuk atau keluar ke dalam kabinnya, menurut saya jarak antara shell bodi ke kursi ketebelan.

6. Door trim pintu depan (kadang driver kadang penumpang) ada suara "tek..tek" sedikit kalau kena jalan tidak rata.

7. Wireless Apple CarPlay mobil ini bisa saya bilang useless untuk penggunaan di dalam kota karena sensitif sekali intervensi sinyal lain, sering muncul notification popup "Phone not Responding" dan mental keluar ke menu utama HU tapi tidak sampai membuat disconnect CarPlaynya. Frekuensinya tidak bisa ditebak bahkan bisa 3 menit sekali dan mental ke menu utama. Menyusahkan sekali kalo lagi nyetir butuh liat Maps.

8. Sesuai prediksi saya, door trim bagian plastiknya yg keliatan cost cutting udah ada baret karena kena sabuk celana karena berusaha masuk mobil dari tempat sempit.

9. AC dingin dan halus banget, compared to Yaris sodara yg belinya barengan sama saya, magnetic clutch di Sonet hampir ga berasa ketika lagi engage sementara di Yaris ketika idle bahkan kerasa ctek dan RPM sampai terpengaruh sedikit karena magnetic clutch engage. AC selalu saya set 25 mau siang atau malam

10. Servis KM 10 ribu / 6 bulan, total biaya 1 juta lebih sedikit cuma ganti oli Total 0W20 dan filter oli. Yang paling bikin ketawa adalah harga filter olinya! 418 ribu :big_biglaugh: ngalahin harga filter olinya F30

11. TPMS sangat akurat, kalau mundur kamera parkir yg hi-res juga ada garis pandu yang ikut belok setir ngasih perkiraan masuk atau ngga ke spot parkir.

12. Konsumsi bahan bakar saya hitung pakai aplikasi Gas Manager (bukan dari MID) full dalam kota macet-macetan pakai ron 92 ada di 12,9 Km/l

13. Klaksonnya beneran bagus banget dan ga malu maluin buat nglakson orang hahaha

14. Pesan Mud Flaps depan belakang set harga 98 ribu ke Beres inden di 26 Juni 2021 kalo ga salah, sampai sekarang barangnya belum datang :big_biglaugh:

15. Transmisi IVTnya kalau jalan 40 kurang terus kita lepas gas, berasa sekali engine brakenya (ngga mau ngeloyor - gliding gitu). Kalau mau gliding harus dipindah driving mode Eco.

16. Pajak kalau mobil ke-1 ada di 3,8 dan mobil ke-2 di 4,9 juta (Jaktim)

17. Komentar terepic dari temen saya yang numpang di kursi depan = ini hybrid ya? :big_biglaugh: mobil dia HRV n ortunya Corcross Hybrid dan MK7, kata dia dari dalem suara dan getaran mesinnya di idle / kecepatan rendah minim sekali

Sejauh ini puas dan masalah yang lumayan gemes ada di Nomor 7 aja sih....
No 10. Kalau bener gak salah ketik, sadis nan kejam filter oli 400rb, bisa dpt oli 1 galon haha,
tororidho
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Sep 24, 2018 4:48
Location: Bekasi

Re: KIA Sonet Dynamic Ownership Review

Post by tororidho »

Filter oli klo liat di link ini

https://tokopedia.link/h17XPtmdykb

Sepertinya bener ya harganya segitu