Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Selamat pagi/siang/sore/malam om2 tante2 SM yang saya cintai, di kesempatan kali ini saya akan mereview singkat mobil Mitsubishi Xpander Cross 2021 A/T.
Jadi mobil ini merupakan mobil harian orang tua di kota Balikpapan, dikarenakan ortu ada berangkat ke luar kota, jadi mobil sudah dititipkan kepada saya selama 10 hari.
Eksterior
Dilihat dari depan, Xpander Cross ini cukup terlihat ganteng dengan penggunaan grill dark chrome, berbeda dengan Xpander biasa. Model lampu utama dan lampu sein yang terpisah jg cukup modern.
Velg palang 5 17 inci dibalut ban Dunlop Enasave 205/55 jg cukup macho, sayang offset velg terlalu masuk mengurangi kesan kekar mobil ini dari samping. Terdapat jg roof rail untuk menambah kesan LSUV dan berguna untuk memasang roof rack.
Dari belakang, lapisan piano black dibawah kaca belakang dan penggunaan clading plastik malah menambah rame model eksterior belakang, saya sendiri lebih suka bagian belakang dari Xpander biasa.
Warna putih mobil ini terlihat kurang cocok karena clading plastik di sekeliling mobil terlihat terlalu rame, saya pribadi lebih suka Xpander Cross berwarna abu2 atau hitam untuk menyamarkan clading plastik tsb.
Interior:
Masuk ke kursi pengemudi si Xpander Cross, lumayan enak joknya, tebal dan cukup suportif. Desain dashboard tidak ada beda dengan Xpander biasa, hanya saja warna interior hitam dan coklat tua. Headunit jg sudah menganut fitur Apple CarPlay dan Android Auto.
Pindah ke jok kedua, tidak ada yang istimewa, tebal jok cukup lumayan mungkin paling tebal di kelasnya, terdapat tempat sandaran tangan yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk penumpang kanan dan kiri. Ruang kaki jg cukup lebar dan ruang kepala jg cukup untuk penumpang dengan tinggi 180++ cm.
Jok ketiga jg cukup lebar sehingga 2 orang dewasa bisa duduk dengan nyaman, sayang ruang kaki cukup terbatas.
Cup holder dan tempat penyimpanan Xpander Cross ini cukup banyak dan cukup rapi tersedia di setiap baris. Material yang digunakan jg cukup biasa didominasi oleh plastik keras, lumrah untuk kelas LMPV. Untung saja build quality cukup rapi.
On the Road
Kembali ke kursi pengemudi, menyalakan mesin dengan tombol Start Stop, suara mesin cukup tersamar, peredaman mobil cukup baik. Pengaturan setir sudah tilt dan teleskopik, sayang posisi kursi rasanya terlalu rendah, sehingga terasa sulit untuk melihat ujung kap mesin, padahal seting kursi sudah diatur setinggi mungkin.
Tenaga mesin 4A91 dengan tenaga maksimal 105hp cukup responsif pada RPM rendah, sayang mulai ngos2an ketik mencapai RPM 3.5++. Perpindahan gigi transmisi 4 otomatis jg cukup halus. Peredaman suspensi jg lembut, tetapi cukup terasa bodyroll ketika bermanuver
Konsumsi BBM MID yang didapat adalah 1:10.2, menurut ane cukup irit untuk mobil sebesar ini apalg penggunaan dalam kota denagn rute mayoritas jarak pendek dibawah 5km sekali jalan. BBM yang digunakan adalah Pertalite.
Kesimpulan:
Mobil yang enak untuk menyetir santai dikarenakan suspensi yang lembut dan peredaman yang mantap. Tidak cocok untuk mengebut karena bodyroll yang sangat terasa dan mesin yang loyo di RPM tinggi.
Untuk eksterior jg cukup macho, hanya kurang di ban yang terlalu masuk.
Interior cukup lega dengan finishing yang rapi dengan banyak tempat penyimpanan minuman maupun barang.
Jadi mobil ini merupakan mobil harian orang tua di kota Balikpapan, dikarenakan ortu ada berangkat ke luar kota, jadi mobil sudah dititipkan kepada saya selama 10 hari.
Eksterior
Dilihat dari depan, Xpander Cross ini cukup terlihat ganteng dengan penggunaan grill dark chrome, berbeda dengan Xpander biasa. Model lampu utama dan lampu sein yang terpisah jg cukup modern.
Velg palang 5 17 inci dibalut ban Dunlop Enasave 205/55 jg cukup macho, sayang offset velg terlalu masuk mengurangi kesan kekar mobil ini dari samping. Terdapat jg roof rail untuk menambah kesan LSUV dan berguna untuk memasang roof rack.
Dari belakang, lapisan piano black dibawah kaca belakang dan penggunaan clading plastik malah menambah rame model eksterior belakang, saya sendiri lebih suka bagian belakang dari Xpander biasa.
Warna putih mobil ini terlihat kurang cocok karena clading plastik di sekeliling mobil terlihat terlalu rame, saya pribadi lebih suka Xpander Cross berwarna abu2 atau hitam untuk menyamarkan clading plastik tsb.
Interior:
Masuk ke kursi pengemudi si Xpander Cross, lumayan enak joknya, tebal dan cukup suportif. Desain dashboard tidak ada beda dengan Xpander biasa, hanya saja warna interior hitam dan coklat tua. Headunit jg sudah menganut fitur Apple CarPlay dan Android Auto.
Pindah ke jok kedua, tidak ada yang istimewa, tebal jok cukup lumayan mungkin paling tebal di kelasnya, terdapat tempat sandaran tangan yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk penumpang kanan dan kiri. Ruang kaki jg cukup lebar dan ruang kepala jg cukup untuk penumpang dengan tinggi 180++ cm.
Jok ketiga jg cukup lebar sehingga 2 orang dewasa bisa duduk dengan nyaman, sayang ruang kaki cukup terbatas.
Cup holder dan tempat penyimpanan Xpander Cross ini cukup banyak dan cukup rapi tersedia di setiap baris. Material yang digunakan jg cukup biasa didominasi oleh plastik keras, lumrah untuk kelas LMPV. Untung saja build quality cukup rapi.
On the Road
Kembali ke kursi pengemudi, menyalakan mesin dengan tombol Start Stop, suara mesin cukup tersamar, peredaman mobil cukup baik. Pengaturan setir sudah tilt dan teleskopik, sayang posisi kursi rasanya terlalu rendah, sehingga terasa sulit untuk melihat ujung kap mesin, padahal seting kursi sudah diatur setinggi mungkin.
Tenaga mesin 4A91 dengan tenaga maksimal 105hp cukup responsif pada RPM rendah, sayang mulai ngos2an ketik mencapai RPM 3.5++. Perpindahan gigi transmisi 4 otomatis jg cukup halus. Peredaman suspensi jg lembut, tetapi cukup terasa bodyroll ketika bermanuver
Konsumsi BBM MID yang didapat adalah 1:10.2, menurut ane cukup irit untuk mobil sebesar ini apalg penggunaan dalam kota denagn rute mayoritas jarak pendek dibawah 5km sekali jalan. BBM yang digunakan adalah Pertalite.
Kesimpulan:
Mobil yang enak untuk menyetir santai dikarenakan suspensi yang lembut dan peredaman yang mantap. Tidak cocok untuk mengebut karena bodyroll yang sangat terasa dan mesin yang loyo di RPM tinggi.
Untuk eksterior jg cukup macho, hanya kurang di ban yang terlalu masuk.
Interior cukup lega dengan finishing yang rapi dengan banyak tempat penyimpanan minuman maupun barang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
nice review om
sebagai mantan pengguna xpander ultimate dari 2018 - 2020 setuju sama yg om bilang diatas. kelebihan mobil ini ada di desain, row 2 dan row 3 yg lega, storage banyak, cukup fun to drive , handlingnya lumayan dan juga putaran tengah - atasnya lumayan ngisi. cuma minusnya ya ada di bantingan suspensinya yg agak keras buat ukuran lmpv, tenaga putaran bawah yg kurang dan juga durability yg biasa aja menurut saya. kalo xpander cross entah kenapa buat saya pribadi kurang worth it, apalagi perbedaan fiturnya ga terlalu banyak, cuma beda di GC tinggi sm aksesoris saja, lebih baik ambil yg biasa saja kalo ga butuh2 amat gc tinggi, kecuali beda fiturnya lumayan daripada yg biasa (ac digital, airbag minimal 3 hehehe)
sebagai mantan pengguna xpander ultimate dari 2018 - 2020 setuju sama yg om bilang diatas. kelebihan mobil ini ada di desain, row 2 dan row 3 yg lega, storage banyak, cukup fun to drive , handlingnya lumayan dan juga putaran tengah - atasnya lumayan ngisi. cuma minusnya ya ada di bantingan suspensinya yg agak keras buat ukuran lmpv, tenaga putaran bawah yg kurang dan juga durability yg biasa aja menurut saya. kalo xpander cross entah kenapa buat saya pribadi kurang worth it, apalagi perbedaan fiturnya ga terlalu banyak, cuma beda di GC tinggi sm aksesoris saja, lebih baik ambil yg biasa saja kalo ga butuh2 amat gc tinggi, kecuali beda fiturnya lumayan daripada yg biasa (ac digital, airbag minimal 3 hehehe)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Kalau menurut ane dibanding si Xpander Ultimate malah mending ini om, beda kalau ga salah ga sampe 10 jt.
Dapat velg lebih gede, interior dual tone sama bodykit dll loh..
Dapat velg lebih gede, interior dual tone sama bodykit dll loh..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 544
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Setuju banget ini. Good city commuter, bawa lansia juga katanya nyaman karena di kelasnya memang kedap sekali.
Untuk salip2an jalan antar provinsi kurang cocok, lemot bokkk diatas 3500 ilang tenaganya. Dikentutin deh sama granmax
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 255
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
xpander pengaturan setirnya sudah tilt & teleskopik ya?
terakhir nyetir xpander mertua malah nggak saya setel2 itu setirnya.
kirain cuma tilt doang....
terakhir nyetir xpander mertua malah nggak saya setel2 itu setirnya.
kirain cuma tilt doang....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Tadi abis bawa lagi, malah diatas 3k dah mulai ilang om tenaganya. Haha. Tapi emang alus sih peredaman ama suspensinya.whitehorse4 wrote: ↑Sat Aug 14, 2021 13:46
Setuju banget ini. Good city commuter, bawa lansia juga katanya nyaman karena di kelasnya memang kedap sekali.
Untuk salip2an jalan antar provinsi kurang cocok, lemot bokkk diatas 3500 ilang tenaganya. Dikentutin deh sama granmax
Dah telescopic om.. Lumayan loh, pertama x di kelasnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
xpander cross klo jalanan agak gelombang berasa agak limbung ngga om?
ane pake xpander biasa berasa agak limbung ya, sblm nya pake ertiga malah berasa nya lebih mantep, krn lebih tinggi kli ya GC nya di xpander
cm klo kekedapan kabin sih terbaik kayak nya buat lmpv, sm vios aja yg harga nya 100 jt lebih mahal masih lebih kedap xpander
ane pake xpander biasa berasa agak limbung ya, sblm nya pake ertiga malah berasa nya lebih mantep, krn lebih tinggi kli ya GC nya di xpander
cm klo kekedapan kabin sih terbaik kayak nya buat lmpv, sm vios aja yg harga nya 100 jt lebih mahal masih lebih kedap xpander
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Lumayan sih om, tapi ya wajar aja secara suspensi empuk..kenop wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 5:10 xpander cross klo jalanan agak gelombang berasa agak limbung ngga om?
ane pake xpander biasa berasa agak limbung ya, sblm nya pake ertiga malah berasa nya lebih mantep, krn lebih tinggi kli ya GC nya di xpander
cm klo kekedapan kabin sih terbaik kayak nya buat lmpv, sm vios aja yg harga nya 100 jt lebih mahal masih lebih kedap xpander
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
oh saya kira klo cross lbh stabil bantingannya krn shock lbh keras.
tp mungkin krn lbh tinggi jg, jadi hasilnya more or less are same dibanding xpander non cross.
emang ni mbl nyaman dan tenang klo lg cruising @100-120 km/h.
gak buat aksel, nyalip2an, dan klo dah di atas 120 an km/h cenderung ngayun
tp mungkin krn lbh tinggi jg, jadi hasilnya more or less are same dibanding xpander non cross.
emang ni mbl nyaman dan tenang klo lg cruising @100-120 km/h.
gak buat aksel, nyalip2an, dan klo dah di atas 120 an km/h cenderung ngayun
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Nah masalahnya sih ane ga pernah bandingin sama Xpander yg biasa sih om, soalnya ga perna bawa atau numpang yg lama.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 6:55 oh saya kira klo cross lbh stabil bantingannya krn shock lbh keras.
tp mungkin krn lbh tinggi jg, jadi hasilnya more or less are same dibanding xpander non cross.
Tapi pas pertama x naik ini lumayan ga ngira LSUV/LMPV bisa nyaman sama kedap gini, bandingin sama ANR TRD 2019 punya mertua sama Freed sodara cewek jauh lebih nyaman ini.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
iya value propositionnya xpander di peredaman.sintoni wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 6:57Nah masalahnya sih ane ga pernah bandingin sama Xpander yg biasa sih om, soalnya ga perna bawa atau numpang yg lama.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 6:55 oh saya kira klo cross lbh stabil bantingannya krn shock lbh keras.
tp mungkin krn lbh tinggi jg, jadi hasilnya more or less are same dibanding xpander non cross.
Tapi pas pertama x naik ini lumayan ga ngira LSUV/LMPV bisa nyaman sama kedap gini, bandingin sama ANR TRD 2019 punya mertua sama Freed sodara cewek jauh lebih nyaman ini.
karena nambah peredam = extra cost + effort ngabisin waktu bbrp hari ke specialist audio
gak praktis untuk orang2 yg waktunya dah sibuk kerja / bangun bisnis.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
xpander ini terasa enak emang kalo jadi penumpang belakang, ayunan suspensi enak, interior kedap, serasa diatas kelas LMPV lainnya, apalagi dibandingin ANR
tapi kalo nyetir sendiri rasanya biasa aja
untuk performa, habis nyetir xpander rasanya saya sudah gak ada alasan untuk komplain tarikan 1TR dual vvti
tapi kalo nyetir sendiri rasanya biasa aja
untuk performa, habis nyetir xpander rasanya saya sudah gak ada alasan untuk komplain tarikan 1TR dual vvti
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Ya om, emang kalau performa sama handling ya gitu2 aja, tapi kalau manu nyetir sante enak sih ini. Respon mesin di RPM rendah lumayan jg, jadi kalau nyalip2 sante dalam kota masih mumpuni.ariswp wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 7:08 xpander ini terasa enak emang kalo jadi penumpang belakang, ayunan suspensi enak, interior kedap, serasa diatas kelas LMPV lainnya, apalagi dibandingin ANR
tapi kalo nyetir sendiri rasanya biasa aja
untuk performa, habis nyetir xpander rasanya saya sudah gak ada alasan untuk komplain tarikan 1TR dual vvti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
wih akhirnya ada yang bahas xp cross
saya sebagai pengguna juga udah pas setahun minang xp cross buat gantiin livina L11, sofar puas sih sama fiturnya2, kabinnya dengan harga segitu peredamannya bagus sekali, beda banget sama livina L11 sama hrv bokap aja jauh banget
Pindah dari L11 ke xp cross dari segi kenyamanan kaya ga berubah sama sekali, cuma posisi driving jadi lebih tinggi aja, bahkan feel ngeremnya sama persis kaya L11 super lembut (kalo yang kebiasa bawa honda bakal kagok banget)
fuel consumption juga buat dalkot masih gampang banget dapet 1:12-13, buat luar kota bisa 1:16-18 by full to full
soal tenaga mesin emang tenaga so so sih, apalagi respon throttlenya kaya lemot gitu (misal di injek gas 30, kayanya output cuma 20), tapi setelah di remap + ganti air filter replacement udah mendingan sih lumayan naik 20an HP by dynotest
Buat suspensi di atas apeed 120 buat saya terlalu ngayun, akhirnya saya tambain front strut bar ultra racing, di tol buat high speed jadi lebih stabil, next mau nambahin rear strut bar, sama center strut bar
saya sebagai pengguna juga udah pas setahun minang xp cross buat gantiin livina L11, sofar puas sih sama fiturnya2, kabinnya dengan harga segitu peredamannya bagus sekali, beda banget sama livina L11 sama hrv bokap aja jauh banget
Pindah dari L11 ke xp cross dari segi kenyamanan kaya ga berubah sama sekali, cuma posisi driving jadi lebih tinggi aja, bahkan feel ngeremnya sama persis kaya L11 super lembut (kalo yang kebiasa bawa honda bakal kagok banget)
fuel consumption juga buat dalkot masih gampang banget dapet 1:12-13, buat luar kota bisa 1:16-18 by full to full
soal tenaga mesin emang tenaga so so sih, apalagi respon throttlenya kaya lemot gitu (misal di injek gas 30, kayanya output cuma 20), tapi setelah di remap + ganti air filter replacement udah mendingan sih lumayan naik 20an HP by dynotest
Buat suspensi di atas apeed 120 buat saya terlalu ngayun, akhirnya saya tambain front strut bar ultra racing, di tol buat high speed jadi lebih stabil, next mau nambahin rear strut bar, sama center strut bar
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Nice review om
Dulu pernah test drive ni Om
Berangkat keluar dari the park solo kan jalannya model paving gitu, surprisingly suspensinya meredamnya enak banget, gak terlalu banyak nyoba kecepatan tinggi soalnya jalan rame
Tapi setujuh banget sama review Om, buat cruising dalkot santai kelas lmpv paling enak emg untuk saat ini xpander ini.
Dulu pernah test drive ni Om
Berangkat keluar dari the park solo kan jalannya model paving gitu, surprisingly suspensinya meredamnya enak banget, gak terlalu banyak nyoba kecepatan tinggi soalnya jalan rame
Tapi setujuh banget sama review Om, buat cruising dalkot santai kelas lmpv paling enak emg untuk saat ini xpander ini.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
xp cross ini idle upnya masih problem gk yah
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Dibawah RPM 3rb ms ada aja sih om tenaganya, tapi diatas itu sudah lemes tenaganya, emang gitu ya om?
Emang lumayan irit sih om, padahal cuma bodi lumayan gede + velg 17. Ini ortu cuma dapat 1:10an mungkin karena rute pendek2 aja sih.
Makasih om, emang enak ini untuk nyante2. Empuk sama senyap. Ane malah ngerasa malah lebih enak suspensinya ini dibanding Venturer ortu, bantingannya pas ga kayak si Venturer terlalu lembut.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Iya om, wajarlah cuma 1500 buat body segede itusintoni wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 13:57Dibawah RPM 3rb ms ada aja sih om tenaganya, tapi diatas itu sudah lemes tenaganya, emang gitu ya om?
Emang lumayan irit sih om, padahal cuma bodi lumayan gede + velg 17. Ini ortu cuma dapat 1:10an mungkin karena rute pendek2 aja sih.
Makasih om, emang enak ini untuk nyante2. Empuk sama senyap. Ane malah ngerasa malah lebih enak suspensinya ini dibanding Venturer ortu, bantingannya pas ga kayak si Venturer terlalu lembut.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
nice review, om.. menurut ane, mobil ini salah satu yang punya desain eksterior dan interior yang terbaik di kelasnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Fri Mar 11, 2016 15:00
- Location: SUB
- Daily Vehicle: 4A91
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Om fajarrian, ini kalo boleh tau pake air filter merk apa ya?fajarrian wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 11:38 wih akhirnya ada yang bahas xp cross
saya sebagai pengguna juga udah pas setahun minang xp cross buat gantiin livina L11, sofar puas sih sama fiturnya2, kabinnya dengan harga segitu peredamannya bagus sekali, beda banget sama livina L11 sama hrv bokap aja jauh banget
Pindah dari L11 ke xp cross dari segi kenyamanan kaya ga berubah sama sekali, cuma posisi driving jadi lebih tinggi aja, bahkan feel ngeremnya sama persis kaya L11 super lembut (kalo yang kebiasa bawa honda bakal kagok banget)
fuel consumption juga buat dalkot masih gampang banget dapet 1:12-13, buat luar kota bisa 1:16-18 by full to full
soal tenaga mesin emang tenaga so so sih, apalagi respon throttlenya kaya lemot gitu (misal di injek gas 30, kayanya output cuma 20), tapi setelah di remap + ganti air filter replacement udah mendingan sih lumayan naik 20an HP by dynotest
Buat suspensi di atas apeed 120 buat saya terlalu ngayun, akhirnya saya tambain front strut bar ultra racing, di tol buat high speed jadi lebih stabil, next mau nambahin rear strut bar, sama center strut bar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Nope, standart om gasuka knalpot yg berisik, tapi pas dyno isi full pke pertamax turbo
Padahal mah kalo daily pake 92 terus
Om fajarrian, ini kalo boleh tau pake air filter merk apa ya?TechManiac wrote: ↑Mon Aug 16, 2021 2:10 [quote=fajarrian post_id=<a href="tel:1184047">1184047</a> time=<a href="tel:1629027532">1629027532</a> user_id=61554]
wih akhirnya ada yang bahas xp cross
saya sebagai pengguna juga udah pas setahun minang xp cross buat gantiin livina L11, sofar puas sih sama fiturnya2, kabinnya dengan harga segitu peredamannya bagus sekali, beda banget sama livina L11 sama hrv bokap aja jauh banget
Pindah dari L11 ke xp cross dari segi kenyamanan kaya ga berubah sama sekali, cuma posisi driving jadi lebih tinggi aja, bahkan feel ngeremnya sama persis kaya L11 super lembut (kalo yang kebiasa bawa honda bakal kagok banget)
fuel consumption juga buat dalkot masih gampang banget dapet 1:12-13, buat luar kota bisa 1:16-18 by full to full
soal tenaga mesin emang tenaga so so sih, apalagi respon throttlenya kaya lemot gitu (misal di injek gas 30, kayanya output cuma 20), tapi setelah di remap + ganti air filter replacement udah mendingan sih lumayan naik 20an HP by dynotest
Buat suspensi di atas apeed 120 buat saya terlalu ngayun, akhirnya saya tambain front strut bar ultra racing, di tol buat high speed jadi lebih stabil, next mau nambahin rear strut bar, sama center strut bar
[/quote]
Pake k&n om
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 465
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Selamat Um! cocok bgt buat ortu inimah, naik turun gak se susah Innova tapi tetep tinggi, peace of mind di jalan rusak. apalagi ada gratis service+jasa kan?sintoni wrote: ↑Sat Aug 14, 2021 8:41 Selamat pagi/siang/sore/malam om2 tante2 SM yang saya cintai, di kesempatan kali ini saya akan mereview singkat mobil Mitsubishi Xpander Cross 2021 A/T.
Jadi mobil ini merupakan mobil harian orang tua di kota Balikpapan, dikarenakan ortu ada berangkat ke luar kota, jadi mobil sudah dititipkan kepada saya selama 10 hari.
-CUT-
Kesimpulan:
Mobil yang enak untuk menyetir santai dikarenakan suspensi yang lembut dan peredaman yang mantap. Tidak cocok untuk mengebut karena bodyroll yang sangat terasa dan mesin yang loyo di RPM tinggi.
Untuk eksterior jg cukup macho, hanya kurang di ban yang terlalu masuk.
Interior cukup lega dengan finishing yang rapi dengan banyak tempat penyimpanan minuman maupun barang.
Xpander saya pemain trans jawa, menurut saya per depan lumayan keras Um, suspensi belakang malah agak floaty. Next nya saya mau pasang anti roll bar buat di belakang, strut bar gak perlu krn udh cukup kaku yg depanfajarrian wrote: ↑Sun Aug 15, 2021 11:38 wih akhirnya ada yang bahas xp cross
saya sebagai pengguna juga udah pas setahun minang xp cross buat gantiin livina L11, sofar puas sih sama fiturnya2, kabinnya dengan harga segitu peredamannya bagus sekali, beda banget sama livina L11 sama hrv bokap aja jauh banget
Pindah dari L11 ke xp cross dari segi kenyamanan kaya ga berubah sama sekali, cuma posisi driving jadi lebih tinggi aja, bahkan feel ngeremnya sama persis kaya L11 super lembut (kalo yang kebiasa bawa honda bakal kagok banget)
fuel consumption juga buat dalkot masih gampang banget dapet 1:12-13, buat luar kota bisa 1:16-18 by full to full
soal tenaga mesin emang tenaga so so sih, apalagi respon throttlenya kaya lemot gitu (misal di injek gas 30, kayanya output cuma 20), tapi setelah di remap + ganti air filter replacement udah mendingan sih lumayan naik 20an HP by dynotest
Buat suspensi di atas apeed 120 buat saya terlalu ngayun, akhirnya saya tambain front strut bar ultra racing, di tol buat high speed jadi lebih stabil, next mau nambahin rear strut bar, sama center strut bar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Jan 25, 2017 10:49
Re: Review Singkat Xpander Cross 2021 A/T
Selamat om sintoni ,untuk rezeki mobil keluarga barunya
. Memang mitsubishi expander bagus di :
1. suspensi batingan empuk untuk low speed jalanan Indonesia jelek ,bolong ,bergelombang .
2. Model di sukai selera orangtua Indonesia sekali ,tapi kalau menurut saya biasa aja lmpv.
3. Mobil harus muat banyak orang dan barang walaupun harus kecil biar radius putar,masuk jalan kecil gang atau desa juga harus masuk garasi semua keluaga indonesia.
4. Bensin harus irit dalam kota ,luar kota dan tol . Harus bisa pakai bensin buruk di seluruh indonesia. Walaupun teknologi mesin ,bobot berat mobil ,cd dan transmisi 4 at /5 mt yang sederhana tahun 2000 .
5. Mobil perawatan harus murah sekali ,mudah dan ketahanan harus bagus.
6. Mobil bisa keluarga pribadi,rental,taxi,operasional kantor ,overloading,jalanan offroad seperti di luar jawa,mobil perang .Harus bisa jalan dan dirawat.
. Memang mitsubishi expander bagus di :
1. suspensi batingan empuk untuk low speed jalanan Indonesia jelek ,bolong ,bergelombang .
2. Model di sukai selera orangtua Indonesia sekali ,tapi kalau menurut saya biasa aja lmpv.
3. Mobil harus muat banyak orang dan barang walaupun harus kecil biar radius putar,masuk jalan kecil gang atau desa juga harus masuk garasi semua keluaga indonesia.
4. Bensin harus irit dalam kota ,luar kota dan tol . Harus bisa pakai bensin buruk di seluruh indonesia. Walaupun teknologi mesin ,bobot berat mobil ,cd dan transmisi 4 at /5 mt yang sederhana tahun 2000 .
5. Mobil perawatan harus murah sekali ,mudah dan ketahanan harus bagus.
6. Mobil bisa keluarga pribadi,rental,taxi,operasional kantor ,overloading,jalanan offroad seperti di luar jawa,mobil perang .Harus bisa jalan dan dirawat.