Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Fri Aug 27, 2021 3:56
Or4cle wrote: Fri Aug 28, 2020 10:01

Dulu Jazz GE8/Civic FD pakai geared AT walaupun inhouse, masih gak terlalu refine transmisinya ; lemot di RPM bawah & boros.
Sekarang jamannya CVT, Geared AT sudah ketinggalan jaman kalau DCT masih terlalu komplek secara mechanical & software.
apakah salah di gearboxnya??? karena saya pasangin ecushop boost v2 buat atur sensitif bukaan throtlenya larinya jadi enak banget dan lebih response :big_think:

ditambah honda emang karakter mesinnya lemot di tarikan bawah makannya kenapa pake SOHC :big_think:

kalo saya bilang selama ini potensinya dirusak sama setelan bukaan throtle yang ampas, sebelom ge8 saya pasang ecushop pajero saya ud enak banget abis overhaul ganti pipa depan, sekarang malah tuh pajero malah jadi gak enak karena tiap di gas jadi berasa delay....... :big_bored:
Mbah dekan Omnibus bilang ada yg beda geared AT nya.
Kemungkinan di setelan throtle bisa juga, injakan gas gak sensitif ada delay sekian detik baru respons.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by slapnuts »

Auanz wrote: Wed Aug 26, 2020 10:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04
Auanz wrote: Wed Aug 26, 2020 10:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by alvin23 »

vincewonk wrote: Tue Nov 30, 2021 17:10
slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04
Auanz wrote: Wed Aug 26, 2020 10:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
Supir taksi thailand kl udh suruh ngebut emang jago. Sy jg pernah tuh buru2 ke suvarna, Innova tp yg dipake ngetrack hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04
Auanz wrote: Wed Aug 26, 2020 10:35
Bodohnya orang2 banyak yg pake cvt tp ga tau cara pakenya. Main asal gas geber3. Yaaa ngeslip itu transmisi. Masuk safemode. Di kirain ATM conventional yg semakin di gas semakin kenceng.
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:
ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 2:54
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Dec 01, 2021 3:03
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by Pugman »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 3:24
b0ku wrote: Wed Dec 01, 2021 3:03
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:

jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
Jadi inget Peugeot 107, dibuka kap mesin, eh mesinnya Toyota Aygo 😂😂
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

Pugman wrote: Wed Dec 01, 2021 3:38
Jadi inget Peugeot 107, dibuka kap mesin, eh mesinnya Toyota Aygo 😂😂
wkwkwkwk makanya klo udah biasa liat mobil sih gak bakal kemakan gimmick suppliernya mana mana aja lah sekring2 di mobil jepang juga kadang bikinan bosch :big_weee: kita yang ribut, yang kaya supplier partsnya dia terima orderan dari lebih dari 10 pabrikan sekali bikin. brantem bagusan mana wuling ama toyota pdhl sama sama ngambil di pabrik yang sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 3:24
makanya gw yang heran tuh kenapa nama besar supplier jadi bahan promosi buseet ketauan marketnya bukan orang ngerti mobil ini mah. klo orang ngerti mobil ya biasa aja liat mobil capnya apa isinya apa. gak tau aja turbo oem tuh banyak yang mitsubishi punya capnya.

tar udah cape cape jelekin mobil jepang eh partnya sama lagi suppliernya jepang :big_biglaugh: diliat dulu tuh electronic ama AC pake apa jangan2 denso lagi

biasanya klo blom pernah coba CVT enak, pasti bilang CVT itu lemot bla bla bla. ya klo masih living in early 2000s ya bener atau minimal beli mobil baru CVT yang gak terlalu proper fine tuningnya. soalnya CVT tuh emang transmisi paling enak tuning bisa lebih fleksibel dengan biaya rendah cukup mainin rasio pulley dan modif pake torcon / clutch mechanism makanya banyak dipake.

orang ini civic ama CRV mobil satu platform nyaris share ampir semua komponen sama aja bisa dibedain tuning CVTnya. malah maren gw baru liat ada orang ud brani modif CVTnya civic biar kuat handle torsi lebih kan gila.
mendingan honda lah bikin sendiri jd dia bisa tuning dari blueprinntnya makannya kenapa mobil honda enak banget tunningannya soalnya semua dia bikin sendiri :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Dec 01, 2021 4:01
mendingan honda lah bikin sendiri jd dia bisa tuning dari blueprinntnya makannya kenapa mobil honda enak banget tunningannya soalnya semua dia bikin sendiri :big_biglaugh:
honda kl mau fine tuning gak susah dan buang waktu juga klo butuh revisi tinggal ke RnD center.

bayangin klo yang gak inhouse transmisi butuh revisi balik ke RnD center nanti kasih notes ke pabrik transmisinya dicoba lagi makin buang buang tenaga dan waktu makanya mungkin yang bikin susah bikin fine tuningnya ya gini kali ya.

biarpun yah klo yang bisa enak banget jadinya mahal banget macem BMW atau mazda gitu kali :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by the-mantal »

Kebetulan dipinjemin wuling cortez ma koko saya bbrp bulan ini disuruh pakai drpd ngga kepakai gara2 ppkm kmrn. Hrsnya basis cortez sama ya sama almaz cvt nya... Dan benar itu cvt berasa bolot banget. Dimana2 org injak gas kl lbh dalem harapannya ya rpm naik dan speed naik, ini mobil klo diinjek lbh dalem gas nya malah rpm turun n speed nya malah naik turun alias jd ajrut2an. Masih perlu wkt pengembangan utk bs setara honda / toyota.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

b0ku wrote: Wed Dec 01, 2021 3:03
slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04
Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
cvt boleh beli dari bosch turbonya beli dari honeywell mungkin cuma asal plek tempel gelinding ud tuningnya gak di test kemana2x cuma di test di jalan datar :big_biglaugh:
ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 2:54
dari logika postnya aja udah ngaco.

"main gas asal geber geber ya ngeslip itu transmisi".

semua transmisi matic (AT / CVT) ya pasti ngeslip kalo digeber. orang torcon nya belum lock-up. ada perbedaan speed antara torcon dan engine itu pasti selip dan again balik ke fine tuning AT/CVTnya. tp sifatnya cuma meminimalisir kecepatan lock nya.

"AT konvensional digas makin kenceng"

wrong again, digas kenceng dan enggak itu kan powerband, klo powerbandnya bengek di atas ya mau dikasih manual close ratio pun digeber tetep gak kemana-mana juga.

udah 2021 ini, avanza aja udah pake cvt.... klo cvt seringkih dan selemah itu hari ini jalan gak macet coy yang rame bengkel antri semua. klo tinggal di kota metro macem jakarta sih di jalan 70% nya aja mobil baru artinya most of them pake cvt dan udah pasti cara pakenya gak semua alus. klo ada cvt yang hobi masuk safe mode ya memang kurang fine tuned aja pake acara nyalahin usernya :big_bored:

contoh paling jelasnya HRV sih yang batch pertama aja masih muter muter keliaran di jalan.
jd inget livina L11 ud demen2x dapet pinjeman kantor L11 115hp :mky_02:

eeeeh gak tau CVTnya kaduut parah 115hp buat nutupin CVTnya aja gak dapet malah lebih loyo dari 4ATnya asal nempel doank tuh cvt kalo di bejek ngeden parah........ :big_biglaugh:

pas pertama bawa CVT honda mobilio baru kaget buseet CVT kenceng jugaaa.... :big_biglaugh:
Honeywell air purifier dirumah saya awet tuh mbah. Sering pake turbo modenya padahal :big_peace:
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by vincewonk »

alvin23 wrote: Wed Dec 01, 2021 2:12
vincewonk wrote: Tue Nov 30, 2021 17:10
slapnuts wrote: Tue Nov 30, 2021 14:04

Ahh ga juga om, yang bodoh orangnya atau mobilnya yak? Saya pakai cvt GK5, Outlander dan HRV 1.8 adik, sering main manual di tol dan luar kota, geber-geber untuk italian tune up, main tiptronik di tanjakan panjang tawangmangu-sarangan, bromo via pasuruan, dieng via tambi, kawah ijen via banyuwangi, semuanya no problemo, ga ada istilah safemode atau overheat yang mengharuskan menepi untuk mendinginkan.

Yang saya perhatikan di grup Almaz/DFSK dan video Youtube, ini mobil transmisinya gampang masuk safemode, entah RnD yang kurang matang untuk jalan Indo atau memang butuh ATF Cooler. Yang lucu komen dan saran-saran di video tersebut yang katanya gaboleh RPM tinggi di tanjakan, jangan main manual di tanjakan dsb. Banyak bener aturannya.
Paling hebat pas naik corolla 1.6 cng matic yg jd taxi di thailand. Kbetulan drivernya bs bhs inggris. Bawanya wah schumacher abis hahaha. 2019 ngejar pesawat di suvarnabhumi ngebut2 lari 140 150 pedal to the metal.
Ternyata udah 420rb km, cvtnya masih smooth. Masih asli dr baru gearboxnya. :big_chicken:
Supir taksi thailand kl udh suruh ngebut emang jago. Sy jg pernah tuh buru2 ke suvarna, Innova tp yg dipake ngetrack hahaha
Lebih jago lagi cetek2 sein terus om. Ternyata argonya jd tambah kenceng hahaha
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ariswp »

Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Dec 01, 2021 4:14
honda kl mau fine tuning gak susah dan buang waktu juga klo butuh revisi tinggal ke RnD center.

bayangin klo yang gak inhouse transmisi butuh revisi balik ke RnD center nanti kasih notes ke pabrik transmisinya dicoba lagi makin buang buang tenaga dan waktu makanya mungkin yang bikin susah bikin fine tuningnya ya gini kali ya.

biarpun yah klo yang bisa enak banget jadinya mahal banget macem BMW atau mazda gitu kali :big_biglaugh:
jgn lupa buang2x waktu buat meetingnya jd inget dulu kerja di daikin dikit2x meeting kapan gw kerjanya aseem bener :big_biglaugh:
ariswp wrote: Wed Dec 01, 2021 13:05 Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker

yaris palingan pake AISIN :big_biglaugh: gk dulu pertama TEST drive tuh saya lsg keinget acclnya GOLF TSI yang pernah saya test drive sebelom cobain gk nariknya mirip2x biarpun gak mungkin kenceng kayak golf tsi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by ChZ »

the-mantal wrote: Wed Dec 01, 2021 6:27 Kebetulan dipinjemin wuling cortez ma koko saya bbrp bulan ini disuruh pakai drpd ngga kepakai gara2 ppkm kmrn. Hrsnya basis cortez sama ya sama almaz cvt nya... Dan benar itu cvt berasa bolot banget. Dimana2 org injak gas kl lbh dalem harapannya ya rpm naik dan speed naik, ini mobil klo diinjek lbh dalem gas nya malah rpm turun n speed nya malah naik turun alias jd ajrut2an. Masih perlu wkt pengembangan utk bs setara honda / toyota.
torque sensingnya kacau berarti niatnya mau shift cepet tapi kecepetan belum dapet tenaga udah naikin rasio. terus giliran tau drivernya injek gas terus dia panik turunin rasio pulley lagi :big_biglaugh:

klo CVTnya saya dulu almaz dan cortez gak terlalu bisa in depth tapi engine nya memang aneh di atas 3000 rpm kayak gak ada tenaga. pdhl harusnya boost masuk. timing dan boost nya gak main banyak berarti.
b0ku wrote: Wed Dec 01, 2021 13:16
jgn lupa buang2x waktu buat meetingnya jd inget dulu kerja di daikin dikit2x meeting kapan gw kerjanya aseem bener :big_biglaugh:
ariswp wrote: Wed Dec 01, 2021 13:05 Jadi inget di throttle house,
Akhirnya inhouse aneh 5AT/6AT "semi automated manual transaxle" nya honda dipensiunkan,
9AT yang ZF-supplied juga perlahan dipensiunkan
Gantinya inhouse common "planetary gear" 10AT yang refined dan sangat disukai oleh user di US
Accord touring sukses ngasepin rivalnya termasuk mazda 6 dan corolla lumayan telak
menariknya honda accord dan acura tlx dengan engine dan tranny yg sama, rasa tranny nya bisa berbeda, yg satu dibuat alus, yg satu dibuat sporty
bener sih kata om chriz, klo inhouse tranny begini pabrikan bisa lebih refined dalam ngetuning,
Dulu 9AT ZF ny honda sempat ada issue juga khan sampe honda bolak balik rilis update software TCU hingga update ATF type 3.0 yg murni rebranding zf lubeguard ke ATF tipe 3.1 yg sudah "dicooking" ulang oleh honda

dan bukan bermaksud jadi fanboy honda,
rasa jazz gk5 imho lebih enak, lebih proper dan lebih kencang daripada cvt di yaris joker

yaris palingan pake AISIN :big_biglaugh: gk dulu pertama TEST drive tuh saya lsg keinget acclnya GOLF TSI yang pernah saya test drive sebelom cobain gk nariknya mirip2x biarpun gak mungkin kenceng kayak golf tsi :big_biglaugh:
yup toyota biasanya aisin sih. ya outsource gini irit ongkos RnD dan kalo kenapa napa tinggal lapor komplain yang kena pabrik transmisinya macem dulu urusan jedug di VRZ lama, spare parts juga gampang krn interchangeable dengan merek lain krn suppliernya sama. cuma definitely susah kalo mau cari drivability apalagi di mobil low end. makanya honda buat mobil low end drivetrainnya berasa refined bgt.

bahkan klo mau jujur ngomong apa adanya tanpa kemakan jargon dan romantisasi sheer repai... eh driving pleasure... 8speed ZF di BMW juga gak terlalu refine sebenernya jadi keseringan pindah gigi. dia untung bikin mesinnya spool nya udah dari 1250RPM jd gak kehilangan momentum. lesson : kalo gak bisa bikin tranny sendiri minimal mesin bisa bikin sendiri lah jd klo kenapa napa gak terasa kacrut mobilnya :big_biglaugh:

wuling disastrousnya kena tiga tiganya : mobil low end masspro, tranny outsource, dan mesinnya gak nolong lebih gak refined lagi.

accord turbo sih gile 10speed 252hp power paling rendah dari mazda6 2.5t dan camry tapi drag race bisa ninggal jauh :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gmash
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Feb 21, 2011 10:11

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by gmash »

(Mau bikin review yg agak proper kok males, maafkeun)

Almaz yg saya review dari terakhir, sekarang sudah mau menuju 140rb km.
Btw,
skrg sudah gak kerja rodi 200km sehari lagi, sudah agak berkurang, krn kerjaan gak kaya dulu lagi.
Jadi mungkin sudah ga lagi jadi Almaz dengan odo tertinggi di Indonesia :p

Overall masih lancar jaya,
ga ada masalah,
yg lumayan menakjubkan, ban conti masih sangat oke dipakai sejauh ini.
alur masih lumayan bagus.
Luar biasa continental, good job!

Gitu aja deh
nanti mungkin kalo sudah tembus 150rb km
saya tulis reviewnya lagi.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by iwansiagian »

gmash wrote:(Mau bikin review yg agak proper kok males, maafkeun)

Almaz yg saya review dari terakhir, sekarang sudah mau menuju 140rb km.
Btw,
skrg sudah gak kerja rodi 200km sehari lagi, sudah agak berkurang, krn kerjaan gak kaya dulu lagi.
Jadi mungkin sudah ga lagi jadi Almaz dengan odo tertinggi di Indonesia [emoji14]

Overall masih lancar jaya,
ga ada masalah,
yg lumayan menakjubkan, ban conti masih sangat oke dipakai sejauh ini.
alur masih lumayan bagus.
Luar biasa continental, good job!

Gitu aja deh
nanti mungkin kalo sudah tembus 150rb km
saya tulis reviewnya lagi.
Road warrior juga nih almaz nya [emoji16].. belum 2 tahun udah 140K. Ditunggu om review 150K nya
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by satriakarisma »

gmash wrote: Mon Jun 27, 2022 9:04 (Mau bikin review yg agak proper kok males, maafkeun)

Almaz yg saya review dari terakhir, sekarang sudah mau menuju 140rb km.
Btw,
skrg sudah gak kerja rodi 200km sehari lagi, sudah agak berkurang, krn kerjaan gak kaya dulu lagi.
Jadi mungkin sudah ga lagi jadi Almaz dengan odo tertinggi di Indonesia :p

Overall masih lancar jaya,
ga ada masalah,
yg lumayan menakjubkan, ban conti masih sangat oke dipakai sejauh ini.
alur masih lumayan bagus.
Luar biasa continental, good job!

Gitu aja deh
nanti mungkin kalo sudah tembus 150rb km
saya tulis reviewnya lagi.
mantavv..
itu selama ini servis rutin ke beres W om?
gmash
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Feb 21, 2011 10:11

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by gmash »

iwansiagian wrote: Mon Jun 27, 2022 9:29 Road warrior juga nih almaz nya [emoji16].. belum 2 tahun udah 140K. Ditunggu om review 150K nya
udah lebih om kalo 2th
saya belinya di mei 2019

satriakarisma wrote: Mon Jun 27, 2022 9:36
mantavv..
itu selama ini servis rutin ke beres W om?
selalu om,
selain krn garansi, terutama karena murah
walau terakhir2 nembus 2jt juga
dulu2 pas masih gratis jasa
bisa cuman 600rb an
lalu di skitar 1 jt an
dari 1jtan kecil ke mepet 2jt

skrg kalo service besar / km genap di 2jtan
kalo biasa di 1jtan kira2lah
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by rakyatwkwkland »

gmash wrote: Mon Jun 27, 2022 9:04 (Mau bikin review yg agak proper kok males, maafkeun)

Almaz yg saya review dari terakhir, sekarang sudah mau menuju 140rb km.
Btw,
skrg sudah gak kerja rodi 200km sehari lagi, sudah agak berkurang, krn kerjaan gak kaya dulu lagi.
Jadi mungkin sudah ga lagi jadi Almaz dengan odo tertinggi di Indonesia :p

Overall masih lancar jaya,
ga ada masalah,
yg lumayan menakjubkan, ban conti masih sangat oke dipakai sejauh ini.
alur masih lumayan bagus.
Luar biasa continental, good job!

Gitu aja deh
nanti mungkin kalo sudah tembus 150rb km
saya tulis reviewnya lagi.
Ngeliat mobilnya oom TS, kayanya semua kendaraan nubi di rumah jadi pada minder sama odometernya :big_blushing:

Kalo nanti tahun ini tercapai 150k km, artinya butuh waktu 3 tahun buat nempuh 150k km, 1 tahun kira2 50k km lah ya

Nanti pas mau dijual, orang pada nanya, "Almaz nya bekas dipake narik taksi online ya?" :ngacir:

Btw luar biasa banget itu conti masa di atas 100k km masih belon ganti juga? Ajegile itu conti :frm_salut:
Bolehlah nanti oom TS sekali2 dilampirin lagi juga foto conti nya, penasaran ane dipake di atas 100 rb km udah sisa seberapa kembangannya
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by carlzeiss »

Btw yang bilang almaz boros udh pernah pakai almaz blm ya atau dibandingkan dengan apa ?

Saya user almaz 2019 km sekarang sdh 43 ribu
Konsumsi ron 92 PP gading serpong - alsut seminggu isi 300 rb sisa seperempat
Pagi ngejer waktu di gas pol, malem santai tapi macet parah depan binus alsut sampe depan gading serpong

Klo lukot
PP Gadser - bandung muter lembang PP 1 tangki kurleb 450 ribuan

Kira kira wajar ga ? Seboros itu kah ?
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by alexand »

carlzeiss wrote: Fri Jul 01, 2022 5:34 Btw yang bilang almaz boros udh pernah pakai almaz blm ya atau dibandingkan dengan apa ?

Saya user almaz 2019 km sekarang sdh 43 ribu
Konsumsi ron 92 PP gading serpong - alsut seminggu isi 300 rb sisa seperempat
Pagi ngejer waktu di gas pol, malem santai tapi macet parah depan binus alsut sampe depan gading serpong

Klo lukot
PP Gadser - bandung muter lembang PP 1 tangki kurleb 450 ribuan

Kira kira wajar ga ? Seboros itu kah ?
kalo pake metode Full to Full konsumsi 1 liter pertamax bisa jalan berapa km ?
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Wuling Almaz, tembus 50.000 km...

Post by DrivingPotato »

carlzeiss wrote: Fri Jul 01, 2022 5:34 Btw yang bilang almaz boros udh pernah pakai almaz blm ya atau dibandingkan dengan apa ?

Saya user almaz 2019 km sekarang sdh 43 ribu
Konsumsi ron 92 PP gading serpong - alsut seminggu isi 300 rb sisa seperempat
Pagi ngejer waktu di gas pol, malem santai tapi macet parah depan binus alsut sampe depan gading serpong

Klo lukot
PP Gadser - bandung muter lembang PP 1 tangki kurleb 450 ribuan

Kira kira wajar ga ? Seboros itu kah ?
Saya sih bandinginnya sama mobil-mobil yg ada di rumah saya lainnya om (saat itu, udh dijual setelah 1.5th pake)
CRV RM 2.0 A/T
Corolla Altis 1.8 A/T
Ford Fiesta 1.6 M/T

BBM semua mobil isinya RON 92
Konsumsi BBM susah banget nembus 1:10 buat harian rute kota Semarang dengan kaki sopan. Padahal bukan yg selalu macet cet macem di ibukota. Belum lg kalo ketemu rute nanjak ke Semarang atas, wah dari 1:9 bisa drop ke 1:7.5 langsung setelah nanjak tanjakan Gombel cuma 1 km an.
Rute luar kota full tol rata masa cuma maksimal 1:13 :big_biglaugh:
CR-V saya yg 2.0 dipake luar kota masih bisa 1:16, dalem kota stop n go kaki ngawur masih bisa 1:9.
Akhirnya bete, didukung bete sama karakter akselerasi dan engine brakenya, jual aja dah wkwkwk
Dan saat itu udah rusak CVT di odo 19rb KM, diganti CVT assembly meskipun free jd gak tenang aja pake selanjutnya. Padahal pemakaian CVT sangat halus gapernah pake ngawur.

Yg perlu saya akui enak banget adalah suspensi dan ban continentalnya. Top banget dah.

Note: Almaz saya yang batch pertama banget baru rilis. Beli Mei 2019, jual Desember 2020.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE