2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
nice review, om..
btw di baris kedua, headroom dan legroom lebih besar mana dibanding mazda 2?
btw di baris kedua, headroom dan legroom lebih besar mana dibanding mazda 2?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 402
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Harusnya nggak beda jauh, tapi somehow saya merasa CX-3 masih lebih lega dari Mazda 2. Mungkin karena struktur atapnya yg juga beda bikin pas masuk masih kerasa lega. Saya pernah coba masuk Mazda 2 sempitnya bikin ga nyaman banget, tapi pas ambil CX-3 ini jok belakangnya not bad (selama yg nyetir tingginya 170an cm). Kalau jok depan dimundurin banget, jelas sempit. Saya udah sempet bawa ke luar kota sekitar 300 kilometer sehari, semobil isi 4 orang 170cm @70kg, penumpang nggak ada yang ngeluh Padahal temen saya salah satunya selalu mabok darat kalau duduk di jok belakang, tapi baru kemarin dia bilang ga pusing sama sekali. Nyaman sih tetep.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 402
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Update penggunaan selama 6 bulan. Masih serba 'from-home' jadi ga jalan terlalu banyak, sampai hari hari ini baru jalan 3000an KM. Kemarin sudah servis 6 bulan.
- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.
- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean?
Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.
Menu Servis
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!
Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri
BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg
- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.
- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean?
Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.
Menu Servis
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!
Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri
BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Untuk servis selanjutnya selektif sahaja om, itu servis 20rb bisa kena 2 juta estimasinya karena mau dicekokin aneka macam obat mujarab dan jamu deh. Wkwkwk.
Btw MGO 0w20 udah kena d harga 178.500/L sebelum ppn ye.. aji gile idemitsu aja padahal..
Btw MGO 0w20 udah kena d harga 178.500/L sebelum ppn ye.. aji gile idemitsu aja padahal..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2533
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Brarti bener yah berasa jg mesin cenggo cc agak kurang powernya buat body CX-3 .. paling mantep yg 2.0 sehhhmarvelio wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 14:01
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu.
Jadi pengen remap
Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
Remap aja om
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
beberapa tipe mazda yg pernah saya pake selalu terasa optimal bila minum ron95 keatasmarvelio wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 14:01 - Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
coba um kl dah rutin pake bensin perta turbo ntar masih kepengen remap ga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
nice review om . kalo soal poin pertama yg saya bold. dulu saya juga ngalamin. mazda dari dulu emg terkenal soal STNK nya yg lumayan lama dibanding merek lain. pas GIIAS 2018 lalu kan saya SPK AN CX5 Elite. nah, mobil sampai kerumah saya pas bulan september 2018 lalu dengan plat sementara. dijanjiin sm salesnya 1-2 bulan lagi kelar STNKnya. eh udh 1-2 bulan , masih gaada kejelasan, mesti saya push dulu tiap hari baru diurusin. dimana pas november 2018 lalu , plat sementara yg baru telat dateng lagi , padahal plat sementara saya yg lama (yg bawahnya bulan oktober udh abis masa berlakunya) . jadinya saya ditiliang polisi deh , gara2 pake plat sementara yg masa berlakunya udh abis. kejadiannya noveber 2018 lalu dan plat sementara yg saya pake masih bulan 10 bawahnya. sampe akhirnya, setelah penantian selama 5 bulan lamanya, STNK dan plat asli saya jadi pas januari 2019 lalumarvelio wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 14:01 Update penggunaan selama 6 bulan. Masih serba 'from-home' jadi ga jalan terlalu banyak, sampai hari hari ini baru jalan 3000an KM. Kemarin sudah servis 6 bulan.
- STNK ga ada kejelasan, dari sales info faktur udah jadi, sempat problem di polda, lalu difollow up lagi katanya terhambat di samsat, dan masih banyak la-la-la lainnya. Terakhir kemarin dari sales kirim info bahwa TPT dan surat impor dari Kemenperin dan Kemendag sudah terbit (nah tiba2 kesebut masalah TPT yg sebelumnya ga pernah disebut). Thank God saya dihandle sales ini yg supportif sekali dan mau nurutin urus surat jalan setiap bulan (sales yg urus pembelian mobil saya lepas tangan urusan STNK dan sangat tidak professional, saya contact sales lain yg saya kenal utk bantu handle segala sesuatu yg saya butuhkan). Pusingnya ya ini mobil belum bisa keluar JaTeng. Geseran dikit ke Jogja harap-harap cemas biar ga sampe disetopin polisi iseng utk cek surat.
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap Karena sebenarnya tenaganya ada tapi power band nya tidak selebar itu. Akhirnya hari ini saya cobain pake Pertamax Turbo yg harganya sekarang cukup gila untuk ukuran saya. Surprisingly setelah jalan 50an KM berasa sedikit terbantu, ketika di RPM tinggi mesin lebih halus, putaran bawahnya sedikit lebih enak buat nyodok-nyodok.
- Apple CarPlay mulai bulan ke-3 entah kenapa sering putus dan susah koneknya lagi. Kemarin servis ke BeRes belum ada solusi.
- Gejala rpm drop getar geli geli kecil saat idle di lampu merah hilang setelah servis. Efek Carb Clean?
Beberapa dokumentasi servis ke-2 di BeRes Mazda Semarang kemarin. Ini pertama kalinya saya main ke BeRes karena servis pertama KaBeng nya main ke rumah sekalian berangkat kerja diservisin.
Menu Servis
Ruang tunggunya nyaman dan dingin, yg paling penting bersih dan pelayanannya mantap. Sayang wifi di ruang tunggu pas-pasan speednya, padahal sinyal Tsel di dalam cukup jelek.
Service Bay. Mekaniknya ramah dan ga jutek kalo diliatin seperti beberapa mekanik merk lain hehehe
Nyempetin ngolong karena penasaran sama kolongnya
Break-in oil alias oli fabriek setelah dipakai 6 bulan udah kentel banget dan hitam meski baru 2900an KM. Menurut saya terlalu lama harus nunggu 6 bulan untuk drain oli fabriek, 6 bulan jalan masih kecampur gram-gram dari mesin pertama nyala. Memang sebelum servis udah kerasa ga seenak pertama tarikannya. Olinya pakai Mazda Genuine Oil 0W-20 yg sudah API SN.
Kondisi brake disc setelah 6 bulan pemakaian, terlihat sedikit lecet lalu dibersihkan dan diamplas oleh mekanik.
Bagian ini apakah memang semua mobil gampang karatan? Di ANKI saya juga kejadian persis seperti ini, velgnya udah keren tapi tengahnya karatan. Padahal kotor lgsg cuci kotor lgsg cuci. Tetep karatan.
Shock belakang, meski mobil CBU Japan tapi part banyak juga yg buatan Thailand.
Spot paling PeWe utk nunggu servis karena kursinya enak dan AC nya dingin. Bisa ngecharge juga. Terpenting: BERSIH!
Nah untuk menjawab kebutuhan netizen dan warga SM tentang biaya servis, servis yg kali ini masih free jasa sehingga nggak menyentuh angka 1 juta rupiah, dan masih kena diskon sekitar 50 rebu. Dapat free cuci yang meskipun ga detail banget bersihnya tapi cara cucinya proper. Pakai Microfiber bagus dan diblow airnya sampai tetes terakhir. Good job Mazda Semarang.
Estimasi servis selanjutnya 2 juta rupiah. Jasa servisnya 700 rb sendiri
BTW, denger2 customer yg pesen after launching belum ada yg nyampe barangnya sampe skrg
cuma mobilnya sendiri memuaskan sih. dan surprisingly durable juga. pemakaian sudah hampir 4 tahun dengan odometer di angka yg nyari 50rb, gaada masalah apa2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. dan poin kedua yg saya bold juga saya setuju. kebetulan saya sendiri juga make mazda udh 8 tahun, dari 2013 sampe sekarang. beres di kota saya, jakarta pun pelayanannya mirip2 sm bengkel tempat om servis. tempatnya cukup bersih + SA dan juga mekaniknya cukup ramah kepada customernya menurut saya.
Last edited by Pboyz97 on Fri Sep 24, 2021 7:46, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?
Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.
Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.
Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya heheheJenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
marvelio wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 14:01 Update penggunaan selama 6 bulan.
- Selama 6 bulan saya cekokin Pertamax 92, makin lama makin kerasa kelemahan yg agak nyebelin yaitu tenaga dan torsi di RPM rendahnya (below 2000) letoy banget. Buat nyelip kendaraan depan di jalan yg datar pasti downshift dulu dan main di RPM 2000 an baru ada tenaganya yg sangat ngejambak itu. Jadi pengen remap
menurut :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Skyactiv#1.5_L
85 kW (114 hp) at 6,000 rpm and 111 lb⋅ft (150 N⋅m) of torque at 4,000 rpm (Asia Markets)
..dan anda ngarep mesin twincam dapet tenaga di RPM 2000? coba swap mesin ke C223 saja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3414
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya.Jenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
I see, berarti musti pilih2 dealerya om. Alhasil kemaren saya melipir balik ke ahond lagi, ambil City Hatchback RS. Memang overall rasanya d bawah cx3, tapi at least gajauh2 amat dan dengan jaminan bengkel ahond yg banyak akhirnya merem pass dlu mazda. Saya bener2 bingung, kok bisa kinerja staff kaya gitu pada diterima jadi sales hadehh...kendibocor wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 9:42Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya.Jenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Bener om, mazda saya liat uda semi2 ala Eropa. Sayang tpi pelayanan salesnya mohon maaf bahkan kalah drpda mobil cina. Saya ke pameran d mall aja sales mobil cina rasa Inggris lebih atentif dan niat jualan.Pboyz97 wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:49waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya heheheJenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".erwinign wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?
Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.
Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 402
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Kayaknya ini karena memang belum ada unit lagi yg dikirim ke dealer om. Nggak heran saya. Tapi selain CX-3, pasti ada unitnya sih.Jenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Persis sama yg kemarin sempat kepikir. Transmisinya ini kalo shifting emang cepet dan halus, tapi somehow kerasa kurang pinter buat menaklukkan jalan yg banyak tanjakan naik turun. Atau, ECU nya belum adapt abis jalan lurus terus ya Mazda emang ga mau kuras ATF, ditanya alesannya kenapa jawabannya ya karena longlife itu jadi ga perlu. Tp masa kalo kita minta, mereka ga mau ya? Penasaran adakah yg ganti ATF nya SkyActiv dan apa efek positif negatifnya.erwinign wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?
Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.
Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
ga gitu juga mbahmarmut wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 8:04
menurut :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Skyactiv#1.5_L
85 kW (114 hp) at 6,000 rpm and 111 lb⋅ft (150 N⋅m) of torque at 4,000 rpm (Asia Markets)
..dan anda ngarep mesin twincam dapet tenaga di RPM 2000? coba swap mesin ke C223 saja...
Saya emang ga expect tenaga di RPM segitu, meski di 2200an RPM dia udah mulai ngisi. Cuma kalo ngegasnya agak dalem dikit, dia otomatis downshift yg bikin agak kaget penumpang di dalem. Padahal niatnya cuma mau nyusul mobil depan. Mau ga mau nyelipnya kalem alias gasnya diurut
Ntar deh nunggu garansi abis. Selain diesel dieselan, agak cupu nyali saya om remap2. Apalagi mobil yg terbilang canggih kaya gini meski bnyk juga yang udah remap mobil2 CBU macem BMW MINI Audi dll. Saya prefer nunggu garansi abisKielConstantine wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 0:34
Brarti bener yah berasa jg mesin cenggo cc agak kurang powernya buat body CX-3 .. paling mantep yg 2.0 sehhh
Remap aja om
Wkwkwk sebenernya ga mahal2 amat juga jamu jamuannya paling @50k atau @70k. Ya sesekali ga apa. Jasa nya itu lho sampe 750k
Soal oli, mau coba yg laen juga prefer nunggu warranty abis om karena kalo ada apa2 semua yang kita ganti pasti bisa jadi kambing hitam BeRes . Om di M2 biasa pakai oli apa?
Last edited by DrivingPotato on Fri Sep 24, 2021 14:45, edited 1 time in total.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 402
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Yang inden sejak April akhir / Mei kemarin aja banyak yg belum dikirimkendibocor wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 9:42
Ke mazda puri om, kemaren saya TD disana. Tp jangan kaget ya kalo mo ambil indennya skrng sampe januari-februari 2022. Kata salesnya mulai pengiriman okt apa nov dapet unit yg uda bisa wireless charging hp. Disc dapet 10 pengajuan. Soal tenaga, emang dibawah 2000rpm agak boyo yah (saya pake mazda 2 juga). Entah diatas kertas powerbandnya gmn tapi yg saya rasain sih sweet spot tenaga dia di 2500-4500. Diatas itu kayanya uda ngempos juga. Menurut pengamatan ngasal saya.
Setuju om. 2000 rpm naik dikit udah narik dia, alias pasti downshift. Mau nyetir halus tuh jd susah gitu loh. Mana suaranya kalo RPM tinggi cukup kedengeran lagi. Sporty sih suaranya, tapi berasa kebut-kebutan dan kurang nyaman kalo lg ada penumpang
Tapi saya jd bertanya2 sih, apakah saya merasa begini karena sebelumnya pake Altis yg displacementnya 1800 cc (tenaga & torsi lebih gede) plus CVT yg pasti dia gapake downshift. Juga karena saya udah ngerasain pake ANKI Diesel plus CRV 2.0 meski gak CVT. Seakan2 standar enak nya udah meningkat jd kalo ketemu yg geli2 tenaganya di RPM rendah agak gatel
2 hari ini pake RON 98 mulai kerasa om perbedaannya. Jadi nyesel baru nyoba pertamax turbo setelah harganya jadi 12300 Padahal sebelumnya kemaren cuma selisih 800 rupiah sama RON 92. Btw, sempet juga baca ada warga SM yg bikin thread Mazda 2 SkyActiv nya check engine nyala setelah ganti ke pertamax turbo. So far di mobil saya masih aman. Kayaknya bakalan sesekali doang pake Pertamax Turbo karena harganya dah mulai gila utk ukuran saya yg biasa ngisi ANKI pake BioSol 200ribu dapet hampir 40 literevolution21 wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 2:20 beberapa tipe mazda yg pernah saya pake selalu terasa optimal bila minum ron95 keatas
coba um kl dah rutin pake bensin perta turbo ntar masih kepengen remap ga
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Berarti kayanya TCU learningnya model sopir taksi ya om, oper2an gigi serendah mungkin tapi jatuhnya power delivery jd "nggremet".josomba wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 13:06Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".erwinign wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:47 Soal power delivery di rpm 2000an apa juga kepengaruh di kualitas ATF ya?
Pas awal2 pake mazda 2 lama masih atf bawaan pabrik itu oper2an giginya selalu nahan agak mirip honda 5sp. Akhirnya kuras atf pake ptt automat 1a langsung sembuh itu gejala nahannya, dan oper2an giginya jg responsif tapi alus banget.
Anehnya, atf mazda skyactiv itu katanya longlife dan mereka emoh kuras, padahal mesin atf changernya ada. Entah metode kurasnya transmisi 6at ini kl pake mesin ada beda apa enggak
Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
Aduh sport mode kayanya ga bs sante ya om, apalg kl modelannya pake atf sama oli mesin genuine itu. Biasa perbandingannya dr normal mode dr oper2an giginya kaya kasar tapi ada ngempos2nya dikit pas rpm agak tinggi di sport mode itu.
Tak rasain kl pake oli mesin sama atf proper, kayanya problem itu bakal berkurang banyak jd lebih smooth ya om. Di rpm tinggi power delivery tetep alus, kickdown ato puteran bawah mungkin agak terobati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3414
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Kalo itu mah gawsa heran om, dlu saya beli agustus 2018, platnya baru keluar januari 2019. Liat sisi positifnya aja, nanti pas mo jual bisa nulis iklannya mobil tahun 2019
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Unit nya emg lama ya.. adek sy sama di semarang juga indent mazda cx-3 ini dari juni dan di janjiin unit september, sampe skrg blm ada tanda2 dateng
Kayanya kena efek shortage chip itu ya..
Trua klo baca pengalaman bro marvelio, nunggu STNK 6 bln pusing jg ya haha
Kayanya kena efek shortage chip itu ya..
Trua klo baca pengalaman bro marvelio, nunggu STNK 6 bln pusing jg ya haha
-
- SM Specialist
- Posts: 15569
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.josomba wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 13:06
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".
Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
kan sesuai slogan nya jinba ittai mbah. kl naik kuda kan jinba ittai nya pas di cruising speed (mid rpm), kl lg full speed dikejar2 koboi ngamuk atau low speed kuda lg mau parkir mana ada jinba ittai nya.ChZ wrote: ↑Sat Sep 25, 2021 7:33nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.josomba wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 13:06
Anu om, TCU si EW6A-EL ini owe perhatikeun hobby-nya buru2 perintahin naik ganti gigi om. Jadinya seperti lemot deh karena terlalu "eco mode".
Dikasih "sport" mode tp buat dalam kota jd terlalu "kasar" perpindahannya karena dia biasa nahan rpm di 3000-4000 rpm baru ganti gigi.
maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Kalau biaya jasa.... Ane gabisa komen hahaha.marvelio wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 14:34 -cut-
Wkwkwk sebenernya ga mahal2 amat juga jamu jamuannya paling @50k atau @70k. Ya sesekali ga apa. Jasa nya itu lho sampe 750k
Soal oli, mau coba yg laen juga prefer nunggu warranty abis om karena kalo ada apa2 semua yang kita ganti pasti bisa jadi kambing hitam BeRes . Om di M2 biasa pakai oli apa?
Saya ndak tentu om, tergantung lg yg promo aja. Bisa unil opal 0-20, bisa ptt 0-30, nah ini sekarang lg nyetok aisin 0-20 buat next ganti oli.
Betul mbah, kalau dah 5500rpm ke atas malah juga dah bengek ngeraung aja neh si p5-vps wkwkwk. Kadang kangen juga sehh si l15 hondaChZ wrote: ↑Sat Sep 25, 2021 7:33 nah iya mbah, dan sialnya di enjin mazdut sky 1.5 - 2.0, torsinya gak segalak 2.5 dan keluarnya di RPM 4k dimana yang 2.5 liter keluarnya di 3250. akhirnya dengan mode lugging begini jadi kesannya mazdut 1.5 - 2.0 itu ble'e gak ada larinya, tp dipindah sport mode malah meraung-raung... plus enjinnya gak karakter high revving macem ahond punya.
maka nya pegang mazdut yang baru baru ini rasanya impoten banget performanya pdhl sebenernya bisa di maksimalin lagi...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Sep 25, 2021 15:42
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV Turbo
Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport
Ikutan komen. Pengalaman pribadi waktu GIIAS 2017, saya dan istri nyari mobil baru dengan pilihan antara CRV Turbo dan CX-5. Beda jauh antara pelayanan sales ahond dengan mazda. Kondisi memang agak ramai, kami datangnya hari sabtu. Di stand ahond salesnya gercep handle, begitu saya celingak celinguk sekeliling mau nanya2. Di stand mazda bahkan saya yang samperin sales nya. Apa efek saya kelihatan gembelJenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 12:50Bener om, mazda saya liat uda semi2 ala Eropa. Sayang tpi pelayanan salesnya mohon maaf bahkan kalah drpda mobil cina. Saya ke pameran d mall aja sales mobil cina rasa Inggris lebih atentif dan niat jualan.Pboyz97 wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:49waduh . yg sabar ya om. padahal dulu pas saya SPK AN CX5 Elite tahun 2018 lalu aftersalesnya gak gini2 amat. semoga aja mazda Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanannya, jadi bisa kembali diminati konsumen dan loyalisnya seperti dulu hehehe. dan saya setuju, mobilnya emg quality top notch. susah nyari yg seenak ini di range harga yg sama kalo mobil jepang. paling pilihannya kalo ga naik kelas ke mobil eropa ya beli mazda lagi or korean brand kek hyundai or kia kalo mau nyari yg setara atau lebih baik dari mazda ini menurut saya heheheJenson wrote: ↑Fri Sep 24, 2021 7:44 Mobil yang sangat menyeangkan dan buil qualitynya top notch. Cmn sayang pengalaman saya agak buruk terhadap salesnya. Kemarin sempet lihat-lihat, uda janjian sama salah satu sales d bilangan Jakarta Utara, pas saya tanya ada unit TD ga, ktanya ada tapi ternyata sampe sana gaada. Unit display juga gabisa diliat, jadi masa disuru beli kucing dalem karung. Melipir ke dealer cabang lain, jawabannya sebelas dua belas gaada unit test ataupun display, ditambah yg jualnga niat blg gatau datengnya kapan. Belom-belom beli jadi waswas kalo APM nya model begini. Padahal jujur penasaran pengen pake Mazda.
Setelah dari pameran GIIAS juga sales mazda tidak ada yg follow up. Mungkin juga buat sebagian buyer lain tidak suka ditelp sales bikin risih, tapi ritual yg ginian buat saya merasa kalau suatu brand niat jualan. Jangan sampai jualan saja tidak niat apalagi setelah beli ada masalah dimobil, bisa2 lepas tangan.
Ternyata setelah sekian lama belum berubah cara jualan sales mazda